1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Dust Plug Earphone Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Dust plug earphone adalah aksesoris yang berguna untuk mencegah masuknya debu atau air ke dalam lubang earphone. Nama lainnya adalah pluggy, earplug, earphone jack plug, atau audio 3.5mm dust plug. Size dan desainnya beragam sehingga bisa digunakan untuk HP Android, iPhone, hingga tablet. 

Jangan biarkan slot earphone rusak akibat tidak terlindungi. Kami membagikan tips memilih serta merekomendasikan dust plug earphone yang bagus. Ada dust plug merk Xiaomi yang dapat dipakai mengakses aplikasi smartphone. Ada juga model charm kawaii karakter lucu dengan ring atau gantungan. Manakah yang cocok menghiasi gadget Anda?
Diperbaharui 04-19-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa yang terjadi jika Anda membiarkan lubang earphone HP tanpa penutup?

Apa yang terjadi jika Anda membiarkan lubang earphone HP tanpa penutup?
Apakah Anda membiarkan lubang earphone HP terbuka begitu saja? Sebenarnya, tidak masalah membiarkan lubang earphone tetap terbuka. Namun, apabila terus dibiarkan terbuka, lubang earphone bisa menjadi rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Lubang earphone yang kemasukan debu dapat merusak perangkat earphone. Hal yang sama terjadi apabila lubang earphone kemasukan air. Earphone Anda jadi tidak bisa mengeluarkan suara.


Jika hal-hal di atas terjadi, tentu Anda akan membutuhkan tenaga dan biaya untuk memperbaikinya, bukan? Jadi, pasanglah earphone jack plug untuk melindungi lubang atau slot earphone HP Anda.


Ada banyak variasi dust plug penutup lubang earphone. Selain untuk melindungi lubang earphone, dust plug membuat penampilan HP, tablet, atau gadget Anda lainnya lebih keren dan modis. Jika Anda bingung bagaimana cara memilihnya, berikut ini akan kami berikan tipsnya.

Cara memilih dust plug earphone

Pilihlah dust plug yang tidak hanya mampu melindungi dari debu atau air saja, tetapi juga tahan terhadap benturan dan tekanan. Selain itu, ada juga tipe dust plug yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Berikut ini penjelasannya.

① Lindungi slot earphone dengan dust plug anti debu dan anti air

Lindungi slot earphone dengan dust plug anti debu dan anti air
Banyak orang sering meletakkan gadget di saku atau di tas saat bepergian. Meskipun begitu, sebetulnya debu dapat tetap masuk. Jika Anda sering membawa HP ke tempat-tempat yang rawan terkena air, seperti dapur atau toilet, gunakanlah dust plug yang tahan air untuk melindungi smartphone Anda.


Dust plug umumnya memiliki harga yang terjangkau. Namun, jika dust plug Anda hanya dapat menutup lubang earphone saja, HP Anda hanya terlindung dari debu. Produk tersebut kurang efektif dalam menahan air dalam jumlah besar, misalnya air hujan. Jadi, periksalah seberapa efektif earphone jack plug yang Anda pilih dalam melindungi lubang earphone dari air dan debu.

② Pastikan bahannya elastis dan kuat

Pastikan bahannya elastis dan kuat
Dust plug berbahan plastik rentan patah karena tidak elastis. Yang merepotkan adalah dust plug mengalami patah dan sisa patahannya tertinggal di dalam lubang earphone. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengeluarkan sisa patahan tersebut atau membawanya ke tempat servis. Untuk mencegah hal tersebut, pilihlah dust plug yang kuat dan elastis di bagian ujungnya.


Jika bagian dust plug yang patah dikeluarkan secara paksa, hal ini dapat menyebabkan kerusakan sehingga lubang earphone tidak lagi dapat berfungsi. Apabila Anda harus memperbaikinya sendiri, berhati-hatilah saat mengutak-atik perangkat tersebut. Namun, bahan plastik mudah dibentuk sehingga jack plug berbahan plastik tersedia dalam berbagai pilihan desain.


Bahan lembut seperti PVC memiliki elastisitas yang baik dan kuat sehingga tidak mudah patah. Namun, karena berbahan lembut, tipe ini tidak cukup kuat untuk digantungi beban yang terlalu berat. Tipe ini masih mampu menahan bobot hiasan mungil, tetapi tidak cocok untuk menggantungkan tali atau strap aksesori HP.


Untuk dust plug yang terbuat dari bahan keras seperti aluminium alloy, periksalah dahulu sekitar lingkarannya. Pilihlah dust plug yang dilengkapi karet pelindung. Jika tidak terdapat karet atau bahan lembut lainnya, jack plug tipe ini dapat menggesek dan menimbulkan goresan di lubang earphone Anda. Jadi, berhati-hatilah!

③ Periksa fungsi speaker di smartphone Anda

Periksa fungsi speaker di smartphone Anda
Untuk beberapa tipe smartphone, suara speaker akan mati otomatis ketika dust plug dimasukkan. Jika Anda sering menggunakan headset untuk mendengarkan musik, mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda terbiasa mendengarkan musik dengan speaker HP, periksalah apakah speaker tetap berfungsi atau tidak saat Anda menggunakan dust plug.


Jika Anda ingin speaker tetap menyala bersamaan dengan penggunaan dust plug, Anda dapat menggunakan menu pengaturan manual di HP Android untuk menyalakannya. Namun, tidak semua Android menyediakan pengaturan audio ouput manual untuk menyalakan speaker dan earphone. Untuk itu, Anda dapat mengunduh aplikasi yang sekiranya kompatibel dengan HP Anda.

④ Pilih dust plug dengan fitur tambahan

Selain tahan air dan debu, ada juga berbagai macam fitur dust plug yang dapat Anda pilih. Simaklah penjelasan kami di bawah ini.

Dust plug berlubang tali: Bisa untuk menggantung aksesoris HP

Dust plug berlubang tali: Bisa untuk menggantung aksesoris HP
Tipe ini memiliki lubang untuk tali atau ring di ujungnya yang dapat digunakan untuk menggantung aksesori atau hiasan HP. Karena dirancang untuk menahan beban gantungan, tipe ini dapat melekat dengan kuat di lubang earphone sehingga efektif mencegah masuknya debu atau air. 

Namun, kemampuan setiap produk dalam menahan beban tentu berbeda-beda. Anda sebaiknya memeriksa terlebih dahulu gantungan yang akan dipasang dan sesuaikan dengan kemampuan dust plug tersebut.

Dust plug dengan tombol tambahan: Untuk kemudahan akses aplikasi

Dust plug dengan tombol tambahan: Untuk kemudahan akses aplikasi
Dust plug tipe ini melengkapi HP Anda dengan fitur tombol shortcut aplikasi yang dipasang melalui lubang earphone. Dengan menekan tombol tambahan tersebut, Anda dapat menjalankan aplikasi tertentu di HP Anda. Misalnya, Anda dapat mengakses kamera, galeri, dan lain sebagainya hanya dengan satu kali hingga tiga kali klik. 

Tergantung pada mereknya, ada juga earphone jack plug yang dapat difungsikan untuk memotret tanpa suara. Karena jenis dust plug ini digunakan bersama dengan aplikasi di dalam smartphone, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu apakah OS smartphone Anda sudah kompatibel.

⑤ Cek apakah dust plug sudah kompatibel dengan gadget Anda

Cek apakah dust plug sudah kompatibel dengan gadget Anda
Tergantung pada jenis smartphone atau gadget yang Anda gunakan, beberapa tipe dust plug mungkin tidak kompatibel. Jika earphone jack plug ingin dihubungkan dengan suatu aplikasi, pastikan OS smartphone Anda kompatibel dengan produk tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dust plug earphone yang dijual sepaket dengan dust plug type C untuk USB charging port atau slot lainnya.

10 Rekomendasi dust plug earphone terbaik

Jangan biarkan lubang earphone Anda jadi rusak dan tidak berfungsi akibat kemasukan debu. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh dust plug yang bagus di bawah ini. Anda dapat menemukan beragam dust plug yang dapat digunakan sebagai penahan debu atau hanya berupa aksesori cantik bagi gadget Anda. Selamat memilih!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Lovely Pearl Jewelry Pluggy

 Lovely Pearl Jewelry Pluggy 1枚目

Earphone jack plug plus phone charm yang bikin HP makin kawaii!

2

Xiaomi

MiKey

Xiaomi MiKey 1枚目

Mengakses aplikasi smartphone lebih mudah dengan smart dust plug

3

Dust Plug Charger Port Type C & Audio Jack 3.5mm

 Dust Plug Charger Port Type C & Audio Jack 3.5mm 1枚目

Tak lagi bingung membuka slot simcard

4

Stylus Mini Crystal Rhinestone with Dust Plug

 Stylus Mini Crystal Rhinestone with Dust Plug 1枚目

Menyimpan dan memakai stylus kapan pun tanpa ribet

5

Romane

Hello Geeks Cleaner Earcap

Romane Hello Geeks Cleaner Earcap 1枚目

Dust plug yang bisa dipakai mengelap layar HP Anda!

6

Dust Plug Karakter Manik-Manik Diamond

 Dust Plug Karakter Manik-Manik Diamond 1枚目

Lebih mewah dengan manik permata bentuk karakter

7

DIY Anti Dust Plug Ear Cap Polos Kosong

 DIY Anti Dust Plug Ear Cap Polos Kosong 1枚目

Gantung tali, ring, dan hiasan HP suka-suka!

8

Crown Pluggy

 Crown Pluggy 1枚目

Lubang earphone bawah juga tak boleh kalah cantik

9

Niconico

Nekomura Plug Earphone Jack Accessory

Niconico Nekomura Plug Earphone Jack Accessory 1枚目

Anjing dan kucing lucu bikin hari lebih ceria!

10

Diamond Pluggy

 Diamond Pluggy 1枚目

HP tampil menawan berkat pluggy kristal warna-warni

Perincian produk
Close
No.1

Earphone jack plug plus phone charm yang bikin HP makin kawaii!

Sebagian dari Anda mungkin lebih memilih earphone jack plug berdesain simpel. Namun, beberapa dari Anda barangkali lebih senang menghias HP dengan beberapa buah phone charm atau gantungan HP yang lebih ramai. Dust plug ternyata ada juga yang memiliki desain menyerupai gantungan HP, lho. 


Earphone jack plug ini tampak menjuntai dengan hiasan pita, rantai, kalung mutiara, hingga bandul rumbai yang cute. Sudah saatnya Anda melepas semua gantungan HP yang Anda miliki dan menggantinya dengan sebuah dust plug earphone ini, nih!

No.2

Mengakses aplikasi smartphone lebih mudah dengan smart dust plug

Xiaomi MiKey adalah salah satu produk earphone jack plug cerdas yang menawarkan fitur tombol shortcut aplikasi. Anda dapat mengakses berbagai aplikasi smartphone, seperti kamera, galeri, senter, dan lainnya hanya dengan mengeklik tombolnya. Xiaomi juga memproduksi banyak pilihan warna untuk cover-nya yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.
No.3

Dust Plug Charger Port Type C & Audio Jack 3.5mm

Mulai dari Rp15.000,00

Tak lagi bingung membuka slot simcard

Set ini terdiri dari dua buah tipe dust plug, yaitu dust plug untuk lubang earphone dan dust plug type C untuk lubang charger type C. Dust plug earphone-nya memiliki bentuk tusukan seperti jarum tumpul. Selain untuk melindungi lubang earphone dari debu, jarum tumpulnya dapat dimanfaatkan sebagai tusukan simtray di HP Anda.

Ketika dipasang, produk ini hanya terlihat seperti tambahan tombol di tepi gadget. Anda yang mencari set dust plug simpel dan praktis untuk gadget Anda bisa memilih produk ini. Selain warna hitam, produk ini juga tersedia dalam warna-warni lainnya yang dapat disesuaikan dengan casing gawai Anda.

No.4

Stylus Mini Crystal Rhinestone with Dust Plug

Mulai dari Rp9.900,00

Menyimpan dan memakai stylus kapan pun tanpa ribet

Jika Anda terbiasa memakai stylus untuk mengoperasikan smartphone, tablet, atau gawai lainnya, produk ini pas untuk Anda. Dengan bagian stylus yang tersambung ke gantungan plug, Anda tak perlu lagi memusingkan tempat penyimpanannya. Di sisi lain, strap yang elastis membuat Anda lebih leluasa menggunakan stylus tanpa harus melepas dust plug terlebih dahulu.
No.5

RomaneHello Geeks Cleaner Earcap

Mulai dari Rp20.000,00

Dust plug yang bisa dipakai mengelap layar HP Anda!

Anda mencari dust plug yang tak hanya imut, tetapi juga multifungsi? Inilah pilihannya! Dust plug yang memiliki beragam pilihan karakter ini sudah dilengkapi dengan screen wipe alias pembersih layar smartphone, lho. Tak perlu mencari tisu atau lap lagi untuk membersihkan layar. Saat layar ponsel Anda mulai buram, tinggal dilap saja dengan aksesori yang cute ini.

No.6

Dust Plug Karakter Manik-Manik Diamond

Mulai dari Rp9.900,00

Lebih mewah dengan manik permata bentuk karakter

Anda wanita bergaya feminin atau penyuka hiasan bling-bling? Dandani gadget Anda dengan dust plug berhias manik-manik diamond imitasi yang berkilauan ini. Ada belasan pilihan bentuk dan desain, mulai dari kura-kura, lumba-lumba, sampai karakter Hello Kitty dan My Melody. 


Dust plug earphone cantik ini juga tersedia dalam bentuk ring atau gantungan bandul hingga model karakter 3D yang menonjol. Dipasang di HP mana pun akan membuat tampilan gadget Anda menjadi secantik pemiliknya!

No.7

DIY Anti Dust Plug Ear Cap Polos Kosong

Mulai dari Rp1.500,00

Gantung tali, ring, dan hiasan HP suka-suka!

Produk ini terbuat dari bahan plastik polos dengan tiga pilihan warna sesuai selera, yaitu transparan, hitam, dan putih. Lubang di bagian ujungnya dapat Anda gunakan untuk mengaitkan ring, strap, hingga gantungan aksesori HP favorit Anda lainnya. Bebas! Anda dapat berkreasi dengan berbagai hiasan HP atau membuatnya menjadi dust plug charm karakter favorit Anda.

No.8

Lubang earphone bawah juga tak boleh kalah cantik

Pilihlah produk ini apabila tipe lubang earphone Anda terletak di bagian bawah HP. Pluggy cantik berbentuk mahkota mungil ini didesain khusus untuk melindungi lubang earphone yang terletak di bagian bawah HP Anda. Simpel, tetapi tetap manis, ya. Mahkota mungil ini siap menghias cantik gawai Anda!
No.9

NiconicoNekomura Plug Earphone Jack Accessory

Mulai dari Rp99.000,00

Anjing dan kucing lucu bikin hari lebih ceria!

Melihat koleksi earphone jack plug yang satu ini membuat kita gemas, ya! Pilihan bentuknya sangat cute dan beragam. Badan puppy dan kitten 3D yang lebar ini dapat menutupi seluruh area lubang earphone Anda, lho. Hal ini membuat lubang earphone Anda lebih terlindungi dari percikan air dan debu! Kami menyarankannya untuk Anda yang menyukai hiasan karakter lucu, terutama bagi puppy and cat lovers.

No.10

HP tampil menawan berkat pluggy kristal warna-warni

Siapa yang tak senang melihat kilauan kristal menghias sudut smartphone Anda? Dust plug ini direkomendasikan untuk Anda yang menyukai pernak-pernik HP yang cantik dan elegan, tetapi tetap simpel. Pluggy ini tentunya memiliki beragam pilihan warna. Dengan demikian, Anda dapat membeli beberapa varian untuk digunakan bergantian sesuai dengan mood.

Baca juga rekomendasi aksesoris HP lainnya di sini

Selain dust plug, apakah Anda membutuhkan aksesori lainnya untuk melengkapi atau mempercantik tampilan gawai Anda? Tak perlu khawatir! Kami telah menulis beberapa artikel rekomendasi aksesori handphone terbaik lainnya. Mulai dari ring light, casing, hingga kaca antigores untuk iPhone dapat Anda temukan di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips memilih earphone jack plug yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Berbeda jenis gawai, berbeda pula fitur yang dapat digunakan. 

Ada desain dust plug charm karakter model kawaii yang lebih cocok untuk aksesori HP wanita. Ada pula pluggy yang dapat difungsikan sebagai tombol tambahan smartphone. Maka dari itu, pertimbangkan dust plug yang sesuai dengan selera ataupun kebutuhan Anda, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

5 Rekomendasi Dust Plug Earphone terbaik

No. 1Lovely Pearl Jewelry Pluggy

No. 2XiaomiMiKey

No. 3Dust Plug Charger Port Type C & Audio Jack 3.5mm

No. 4Stylus Mini Crystal Rhinestone with Dust Plug

No. 5RomaneHello Geeks Cleaner Earcap

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer