• 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Napkin atau serbet cantik di atas piring ibarat bunga centerpiece di meja makan. Napkin yang dilipat akan terlihat menarik di atas piring Anda, apalagi jika motifnya indah dan berbahan linen lembut. Untuk acara spesial, napkin kertas bermotif elegan juga mampu memperindah meja buffet.


Untuk Anda yang sedang mencari napkin, baik untuk keperluan dinner maupun sebagai konten properti foto, silakan simak artikel ini. Kami akan mengulas sepuluh merek napkin yang bagus, seperti Pompon Studio, mnw.curated, hingga IKEA. Yuk, buat meja dan peralatan makan Anda lebih berwarna dengan napkin cantik!

  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2021
  • 10.000 Views
Daftar isi

Cara memilih napkin

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata napkin atau serbet makan? Mungkin Anda akan langsung membayangkan suasana elegan pada perjamuan makan, ya. Nah, keindahan napkin tersebut tentu tak lepas dari bahan dan desainnya. Di bawah ini, kami akan memberikan tips memilih napkin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketahui bahan napkin yang Anda butuhkan

Ada dua jenis napkin berdasarkan bahannya, yaitu kain dan kertas. Jika Anda menginginkan napkin yang bisa dicuci berulang-ulang, pilihlah yang berbahan kain. Namun, jika Anda menginginkan napkin yang praktis untuk pesta besar, napkin kertas akan lebih praktis untuk dipilih. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Paper napkin, lebih ekonomis dan praktis

Apakah Anda menginginkan serbet bermotif cantik dalam jumlah banyak? Paper napkin atau serbet kertas akan lebih cocok untuk Anda! Napkin kertas bisa dibeli dalam kemasan satu pak isi banyak. Dibandingkan dengan napkin kain, harga paper napkin tergolong lebih hemat. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa membeli lebih banyak untuk disimpan sebagai stok.

Anda bisa menggunakan paper napkin sebagai penghias piring, bahkan sebagai kantong permen. Karena terbuat dari kertas, napkin ini hanya untuk satu kali pemakaian dan langsung dibuang setelah selesai digunakan. Beberapa produk paper napkin ada yang terbuat dari bahan kertas daur ulang. Untuk memastikannya, periksalah bahannya terlebih dahulu sebelum Anda membeli. 

Napkin kain, bisa digunakan berulang kali

Napkin kain, bisa digunakan berulang kali
Keunggulan napkin kain tentu saja karena bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Ukurannya pun lebih beragam, bahkan bisa dibuat custom sehingga lebih fleksibel untuk peralatan makan Anda. Untuk kesan yang lebih personal, napkin kain juga bisa ditambahi bordir atau sulaman kecil berisi nama atau inisial Anda.

Pada umumnya, serbet kain terbuat dari bahan katun, poliester, dan linen. Bahan katun dinilai awet dan nyaman saat digunakan. Sementara itu, bahan poliester umumnya memiliki warna yang bagus dan mengilap, tetapi kurang baik dalam menyerap air. Di sisi lain, kain linen terbuat dari serat alami tumbuhan rami atau tanaman flax. Kain linen rami tahan panas dan tetap awet meski dicuci berulang kali. 

Sesuaikan ukuran napkin dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran napkin dengan kebutuhan Anda
Ketika memilih serbet makan, jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya. Napkin berukuran kecil lebih cocok dipakai untuk penghias piring camilan. 

Untuk makan malam formal, pilihlah serbet berukuran 50–75 cm. Untuk makan siang, ukuran 40–50 cm akan lebih pas. Jika Anda mengadakan pesta koktail, pilihlah ukuran yang lebih kecil seperti 30–40 cm. Namun, tentunya ukuran-ukuran ini tidaklah mutlak. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan perlengkapan makan atau menu jamuan makan yang sudah Anda persiapkan.


Pada restoran fine dining atau hotel berbintang, napkin berukuran besar biasanya ditaruh di meja dengan cara dilipat (napkin folding). Kreasi folding pada serbet makan ini juga bermacam-macam, misalnya standing folding, folding berbentuk bunga, mahkota, dan bentuk unik lainnya.

Senadakan warna napkin dengan tema acara Anda

Senadakan warna napkin dengan tema acara Anda

Napkin hadir dalam motif dan warna yang beragam. Jadi, napkin seperti apa yang sebaiknya dipilih? Anda bisa menyesuaikan napkin berdasarkan tema acara Anda. 


Untuk candle light dinner bertema rustic misalnya, Anda dapat memilih napkin berwarna earth tone, seperti beige, sage, atau abu-abu. Napkin berbahan linen akan sangat pas untuk dipilih karena tekstur serta warnanya mendukung kesan rustic tersebut.


Berbeda lagi jika Anda hendak mengadakan jamuan makan malam pada malam natal. Kombinasi warna khas natal antara lain ada merah, hijau, gold, atau silver. Untuk tema tersebut, napkin kain yang agak mengilap serta berwarna merah, hijau, atau gabungan keduanya bisa Anda pilih. 

10 Rekomendasi napkin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk napkin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

SoulstitchSerbet linen napkins peony

Mulai dari Rp 107.000,00

Ukuran40 cm x 40 cm
Bahan45% katun, 55% linen
Pilihan desainOff white polos dengan bordir
9

Pompom StudioChristmas Napkin

Mulai dari Rp 45.000,00

Ukuran35 cm x 45 cm
BahanCotton flanel
Pilihan desainKotak-kotak
8
Ukuran30 cm x 30 cm
BahanKertas
Pilihan desainPutih polos
7

IKEAMOTTAGA Serbet kertas

Mulai dari Rp 49.000,00

Ukuran38 cm x 38 cm
BahanKertas
Pilihan desainHitam polos
6

IKEASMAKSINNE Paper napkin flower

Mulai dari Rp 39.900,00

Ukuran33 cm x 33 cm
BahanKertas
Pilihan desainFloral
5

KamarusticNapkin motif japanese pattern

Mulai dari Rp 30.000,00

Ukuran50 cm x 50 cm
BahanLinen
Pilihan desainMotif Japanese (neko, ramen, laut, dolphin)
4
Ukuran50 cm x 50 cm
BahanKain damask
Pilihan desainPolos
3

Pompom StudioCherry Napkin

Mulai dari Rp 45.000,00

Ukuran35 cm x 45 cm
BahanCotton muslin (100% cotton)
Pilihan desainMotif buah ceri
2

KinenLinen Napkins Plain Series

Mulai dari Rp 14.000,00

Ukuran30 x 30 cm & 40 x 40 cm
BahanLinen
Pilihan desainPolos
1

mnw.curatedCotton Napkin

Mulai dari Rp 20.000,00

Ukuran35 cm x 45 cm
BahanKatun Jepang
Pilihan desainMotif kotak-kotak

Tabel perbandingan produk napkin terbaik

Gambar produk
1
mnw.curated Cotton Napkin 1

mnw.curated

2
Kinen Linen Napkins Plain Series 1

Kinen

3
Pompom Studio Cherry Napkin 1

Pompom Studio

4
IndoLinen Serbet Makan 1

IndoLinen

5
Kamarustic Napkin motif japanese pattern 1

Kamarustic

6
IKEA SMAKSINNE Paper napkin flower 1

IKEA

7
IKEA MOTTAGA Serbet kertas  1

IKEA

8
IKEA STORÄTARE Paper Napkin White 1

IKEA

9
Pompom Studio Christmas Napkin  1

Pompom Studio

10
Soulstitch Serbet linen napkins peony 1

Soulstitch

Nama produk

Cotton Napkin

Linen Napkins Plain Series

Cherry Napkin

Serbet Makan

Napkin motif japanese pattern

SMAKSINNE Paper napkin flower

MOTTAGA Serbet kertas

STORÄTARE Paper Napkin White

Christmas Napkin

Serbet linen napkins peony

Keunggulan

Napkin kotak-kotak dengan pilihan warna yang kalem

Menarik untuk dijadikan properti foto!

Napkin untuk konten home cafe yang estetik

Serbet makan ala resto berbintang

Motif ala Negeri Sakura untuk pencinta sajian Jepang

Corak floral untuk dinner romantis bersama pasangan

Paper napkin untuk permainan warna yang outstanding

Isinya banyak dan harganya hemat, cocok untuk pesta partai besar

Napkin untuk makan malam di hari natal

Dilengkapi bordir bunga peony yang cantik

Harga mulai dariRp 20.000,00Rp 14.000,00Rp 45.000,00Rp 25.000,00Rp 30.000,00Rp 39.900,00Rp 49.000,00Rp 19.900,00Rp 45.000,00Rp 107.000,00
Ukuran35 cm x 45 cm30 x 30 cm & 40 x 40 cm35 cm x 45 cm50 cm x 50 cm50 cm x 50 cm33 cm x 33 cm38 cm x 38 cm30 cm x 30 cm35 cm x 45 cm40 cm x 40 cm
BahanKatun JepangLinenCotton muslin (100% cotton)Kain damaskLinenKertasKertasKertasCotton flanel45% katun, 55% linen
Pilihan desainMotif kotak-kotakPolosMotif buah ceriPolosMotif Japanese (neko, ramen, laut, dolphin)FloralHitam polosPutih polosKotak-kotak Off white polos dengan bordir
Tautan produk

Tips menggunakan napkin

Apakah Anda sudah memilih napkin favorit Anda? Selanjutnya, kami memberikan panduan mengenai beberapa cara menggunakan napkin.

Etika yang benar dalam menggunakan napkin

Etika yang benar dalam menggunakan napkin
Ketika Anda menghadiri acara formal seperti gala dinner, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan. Jika serbet diletakkan di atas piring makan restoran, tidak sopan apabila Anda tidak menggunakan serbet tersebut.

Pertama, bukalah serbet tersebut, kemudian letakkan di atas pangkuan Anda sebelum makan. Ketika tangan atau mulut Anda kotor, Anda dapat menyekanya dengan bagian dalam serbet yang tersembunyi. Jika Anda ingin meninggalkan meja sebentar, letakkanlah serbet tersebut di kursi, bukan di atas meja. Hal itu menandakan bahwa Anda masih belum selesai makan dan hanya meninggalkan meja sebentar saja.

Supaya mudah dibawa, bungkus peralatan makan Anda dengan napkin

Supaya mudah dibawa, bungkus peralatan makan Anda dengan napkin
Ketika Anda membawa alat makan, seperti sumpit dan sendok, apakah Anda memiliki tas khusus untuk membawa peralatan tersebut? Jika tidak, kami menyarankan Anda untuk membungkus peralatan makan dengan napkin. Cukup ikat saja dengan pita agar terlihat lebih manis. Dengan cara ini, garpu atau pisau yang tajam tidak akan melukai tangan Anda atau menggores barang-barang di dalam tas dan ransel.

Napkin cantik juga cocok untuk membungkus permen dan kukis, lho

Napkin cantik juga cocok untuk membungkus permen dan kukis, lho
Untuk Anda yang sedang menyiapkan bingkisan ulang tahun, Anda bisa membungkus permen dan biskuit mungil dengan napkin, lho. Terlebih paper napkin yang tipis dan memiliki ragam motif penuh warna yang manis. Permen yang sudah dibungkus dengan napkin akan mudah dibawa di dalam tas, cocok untuk dibawa pergi berpiknik.

Anda dapat melipatnya menjadi bermacam-macam bentuk

Anda dapat melipatnya menjadi bermacam-macam bentuk

Serbet, terutama yang berukuran besar, dapat Anda lipat menjadi berbagai bentuk. Contohnya, Anda dapat menyusun beberapa serbet segitiga untuk dijadikan pohon natal seperti gambar di atas. Anda juga dapat membuat berbagai bentuk origami hewan, kapal, atau bunga. Dijamin, tamu Anda akan terpukau dengan lipatan serbet makan nan cantik di atas piring mereka. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan meja makan lainnya di sini

Untuk melengkapi acara jamuan makan Anda di rumah, Anda tak hanya butuh napkin. Anda juga butuh perlengkapan lainnya, seperti taplak, tatakan gelas, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mari simak ulasan perlengkapan lainnya pada tautan yang telah kami siapkan di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca tips di atas, apakah Anda sudah menemukan napkin yang Anda incar? Dengan napkin kertas ataupun napkin kain, penampilan piring dan meja makan Anda pun akan terlihat lebih estetik.

Warna napkin yang senada tema meja makan Anda juga tentu akan meningkatkan suasana menyenangkan di acara perjamuan. Selamat memilih produk napkin terbaik sesuai kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini cukup populer dan sering digunakan sebagai alat bantu memasak. Model dan mereknya pun beragam mulai dari Sharp, Cosmos, Philips, Oxone, dan lain-lain. Karena banyaknya ukuran dan fungsi yang tersedia, Anda perlu berhati-hati ketika memilihnya.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan tips memilih blender yang baik dan perbedaannya dengan produk serupa. Selanjutnya, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk blender terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Jadi, simak terus sampai akhir, ya!
    Aksesori dapur
    130.119 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini, Anda dapat membeli kulkas yang berukuran kurang dari 100 liter. Anda akan menemukan kulkas mini, seperti kulkas satu pintu, kulkas yang dilengkapi peredam kebisingan, atau berdaya listrik kecil. Apakah Anda jadi bingung dalam menentukan pilihan?Untuk membantu Anda, kami akan merekomendasikan berbagai kulkas mini yang bagus di dalam artikel ini. Anda akan menemukan produk dari merek ternama, seperti Panasonic, Electrolux, GEA, dan sebagainya. Simaklah dengan baik beberapa tips dari kami untuk menemukan kulkas mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Aksesori dapur
    122.989 Views
  • 10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teko listrik bermanfaat saat Anda ingin merebus air dalam jumlah sedikit dengan waktu singkat. Karena sumber energinya adalah listrik, teko ini terbilang lebih aman dibandingkan memasak air menggunakan gas. Dewasa ini, teko listrik banyak dilirik tidak hanya karena fungsinya, tetapi juga karena desainnya yang menarik.Ada berbagai merek teko listrik yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Maspion, SHARP, De’Longhi, dan lainnya. Nah, agar Anda tidak pusing lagi, mari cari tahu cara memilih teko yang tepat melalui artikel ini. Tengok juga rekomendasi produknya dan pilih yang paling menarik hati Anda!
    Aksesori dapur
    45.202 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat cuaca panas, minuman dingin dengan es batu merupakan pilihan menyegarkan. Namun, terkadang kulkas hanya dapat membuat es batu berjumlah terbatas. Apabila Anda menggunakan es batu dalam jumlah banyak, saatnya Anda pertimbangkan untuk membeli mesin pembuat es batu.Kali ini, kami akan menjelaskan tips penting dalam memilih mesin pembuat es batu. Setelahnya, kami juga merekomendasikan berbagai produk terbaiknya untuk Anda dari merek Fomac, Hicon, Tomori, dan lainnya. Yuk, kita simak bersama!
    Aksesori dapur
    53.097 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik yang Berkapasitas Besar (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik yang Berkapasitas Besar (Terbaru Tahun 2021)
    Kapasitas kulkas yang besar dapat membuat Anda menyimpan makanan dalam jumlah banyak. Untuk itu, kulkas ini cocok bagi Anda yang suka memasak dan ingin lebih berhemat. Anda yang memiliki anggota keluarga banyak juga pasti akan membutuhkannya. Pastikan Anda jeli ketika memilih di antara beragamnya kulkas berkapasitas besar yang ada di pasaran.Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kulkas berkapasitas besar untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk kulkas terbaik keluaran Samsung, Hitachi, LG, dan sebagainya. Simaklah dan temukan produk yang paling sesuai untuk Anda!
    Aksesori dapur
    56.277 Views
  • 10 Rekomendasi Eco Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eco Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak diberlakukannya kebijakan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan, tren berbelanja dengan eco bag mulai mewabah di Indonesia. Eco bag adalah tas belanja ramah lingkungan dari bahan kain yang bisa dipakai berkali-kali (reusable). Pemakaian eco bag tak sebatas untuk menjaga lingkungan, tetapi juga mendukung gaya hidup eco friendly. Selain fungsional, beberapa eco bag didesain fashionable dengan model tote bag dan foldable shopping bag. Anda bisa memilih eco bag rekomendasi dari merek IKEA, UNIQLO, dan Avani dengan ukuran 30x40cm atau 38x45cm. Untuk mengetahui tips memilih eco bag yang bagus, simaklah artikelnya.
    Aksesori dapur
    6.276 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori