10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Napkin atau serbet cantik di atas piring ibarat bunga di atas meja makan. Napkin yang dilipat akan terlihat menarik di atas piring Anda, apalagi jika berwarna indah dan berbahan katun linen lembut. Untuk acara spesial, napkin kertas bermotif elegan dan unik juga dapat memperindah meja buffet.

Manakah napkin yang bagus untuk Anda miliki? Kami memberikan rekomendasi sepuluh produk terbaik dari merek terkenal IKEA dan lainnya yang mudah dibeli di toko online seperti Tokopedia. Yuk, buat meja dan peralatan makan Anda lebih modis dengan napkin cantik di bawah ini!

Daftar isi

Cara memilih napkin

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata napkin atau serbet piring? Mungkin Anda akan membayangkan bahan dan warna. Di bawah ini, kami akan memberikan tips cara memilih napkin yang sesuai dengan kebutuhan. Silakan merujuk kepada poin-poin di bawah ini.

Manakah yang lebih baik? Serbet kertas atau serbet kain?

Ada dua pilihan yang bisa Anda beli, yaitu serbet kain atau serbet kertas. Apabila Anda menginginkan serbet cantik yang bisa dicuci berulang-ulang, untuk suasana elegan dan perjamuan makan, pilihlah napkin berbahan kain. Serbet makan kain bisa Anda pakai dalam waktu lama sehingga dapat menghemat pengeluaran. Jangan lupa untuk memilih bahan yang berkualitas.

Bagaimana jika Anda menginginkan serbet dengan motif warna cantik, tekstur tipis, atau digunakan saat berpesta untuk orang banyak sehingga mudah dibuang? Paper napkin, yang biasa disebut juga dengan serbet kertas atau kertas tisu, akan lebih cocok untuk Anda! Serbet kertas bisa ditempatkan sebagai penghias piring dan bahkan untuk membungkus permen. Paper napkin bisa langsung dibuang setelah digunakan. Jadi, Anda bisa membelinya dengan jumlah yang sesuai kebutuhan dan tak perlu disimpan dalam waktu lama.

Perhatikan bahan dan tekstur napkin

Perhatikan bahan dan tekstur napkin

Serbet kain umumnya dijual dengan bahan katun, poliester, dan kain linen rami. Bahan katun dinilai awet dan nyaman saat digunakan. Di sisi lain, kain linen terbuat dari serat alami tumbuhan rami atau tanaman flax. Kain linen rami tahan panas dan tetap awet meski dicuci berulang kali. Sementara itu, bahan poliester umumnya memiliki warna yang baik dan mengilat, tetapi kurang kami rekomendasikan sebab kurang mampu menyerap air. Pilihlah serbet kain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk paper napkin, umumnya terbuat dari bahan kertas daur ulang. Ada yang kuat dan ada juga yang rapuh. Beberapa juga ada yang memiliki campuran bahan rayon. Periksalah terlebih dahulu bahannya sebelum membeli. Tergantung pada tekstur kain atau kertas napkin tersebut, suasana meja dan piring Anda bisa berubah secara drastis.

Sesuaikanlah ukuran napkin dengan kebutuhan Anda

Sesuaikanlah ukuran napkin dengan kebutuhan Anda

Tergantung bagaimana Anda akan menggunakan serbet tersebut, ukurannya bisa berbeda-beda. Napkin yang dipakai untuk acara pesta atau sebagai penghias piring makanan ringan lebih cocok berukuran kecil dan tipis. Sementara itu, untuk meja makan formal atau piring restoran berbintang akan membutuhkan serbet yang berukuran besar, tergantung bagaimana cara melipatnya.

Untuk makan malam formal, pilihlah serbet berukuran 50-75 cm. Untuk makan siang, pilihlah ukuran 40-50 cm. Pada saat minum teh atau mengadakan pesta koktail, pilihlah ukuran yang lebih kecil seperti 30-40 cm. Ketika memilih serbet, jangan lupa untuk memperhatikan ukuran dan kegunaannya!

Saat berbelanja online, jangan lupa memeriksa kuantitas!

Saat berbelanja online, jangan lupa memeriksa kuantitas!

Tentu saja kualitas harus diperhatikan, tetapi pada saat berbelanja online, banyak orang sering luput memperhatikan kuantitas. Terkadang beberapa seller mematok harga yang cukup tinggi, lalu Anda akan berpikir bahwa serbet yang dijual sudah dalam bentuk set. Padahal, harga setiap serbet berbeda-beda. Ada yang dijual dalam set dan ada pula yang satuan. Satu set paper napkin biasanya berisi puluhan lembar. Sementara itu, serbet kain biasanya dijual satuan atau dalam satu setnya hanya berjumlah kurang dari sepuluh helai. Apakah satu pak kertas tisu isi lima puluh lembar sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pesta Anda? Pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu sebelum membeli.

10 Rekomendasi napkin terbaik

Apakah Anda menggunakan napkin untuk kebutuhan acara pesta atau hanya sekadar menghias meja makan? Sepuluh produk di bawah ini bisa jadi pilihan!

10. Decoupage Napkins

10. Decoupage Napkins

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.930

Awas kalap belanja napkin cantik! Motif kucingnya sungguh menggemaskan

Paper napkin bisa jadi barang yang menggemaskan. Dari motif kucing seperti di gambar, wajah Marilyn Monroe, taman bunga segala warna, hingga motif lukisan flamingo semuanya bisa Anda dapatkan. Toko online ini menawarkan lebih dari 200 pilihan motif, lho!

Kertas tisu aneka motif ini rata-rata memiliki ukuran 33 cm x 33 cm. Karenanya, selain dipakai sebagai tisu makan, Anda dapat menjadikannya sebagai pembungkus makanan, alas meja, atau sampul bingkisan. Bagaimana? Mungkin Anda bisa membungkus homemade cookies dengan decoupage napkin ini sebagai hadiah kejutan untuk sang kekasih.

9. ELHA Napkin Set

9. ELHA Napkin Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Tertarik mencoba permainan warna yang kontras? Letakkan serbet makan hitam di atas piring putih Anda

Serbet makan basic idealnya berwarna putih yang cocok diletakkan di segala piring. Bagaimana dengan warna hitam? Suasana meja makan dapat berubah. ELHA Napkin Set cocok untuk Anda yang memiliki ruang makan bergaya modern minimalis dengan furnitur hitam putih.

Selain itu, serbet makan ini terbuat dari katun rami dengan ukuran 39 cm x 40 cm. Dalam satu paknya, Anda mendapatkan empat helai napkin. Jumlah tersebut ideal untuk sebuah keluarga kecil. Letakkan di atas paha saat makan dan tak perlu mencemaskan tumpahan noda karena warnanya yang hitam pekat.

8. IKEA SPILLTID Paper Napkin Assorted Colors

8. IKEA SPILLTID Paper Napkin Assorted Colors

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.900

Bukan coraknya saja yang bagus, daya serapnya juga bagus!

Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata SPILLTID? Sebagai salah satu produk napkin populer IKEA, kertas tisu ini diandalkan dalam urusan membersihkan makanan dan minuman yang tumpah. Daya serapnya sangat baik sebab memiliki tiga lapisan kertas bertekstur lembut.

Serbet kertas ini mempunyai motif simpel, tiga warna lembut, dan ukuran 33 cm x 33 cm yang convenient. Harganya yang dinilai cukup terjangkau membuat banyak keluarga membelinya secara berkala. Bahkan acara makan camilan biasa pun bisa menjadi spesial!

7. IKEA GULLMAJ Napkin Lace White

7. IKEA GULLMAJ Napkin Lace White

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.900

Paduan katun lembut dan linen mengilat untuk basic napkin terbaik!

Siapakah yang bisa menolak pesona serbet putih bersih di atas piring makan? Dengan teksturnya yang halus dan jahitannya yang kokoh, serbet ini menjadi salah satu yang menempati peringkat pertama untuk produk napkin terlaris.

Ikea Gullmaj terbuat dari material alami terbaik untuk serbet kain yaitu 48% bahan katun dan 52% bahan linen. Serbet berukuran 40 cm ini cocok diletakkan di atas berbagai bentuk piring atau untuk mengelap tangan. Untuk setiap pembelian satu set, Anda mendapat dua helai serbet.

6. IKEA HEMMASTADD Paper Napkin Multicolor

6. IKEA HEMMASTADD Paper Napkin Multicolor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.900

Motif garis di atas piring minimalis? Piring makan mana pun bisa terlihat lebih modis

Tidak ada yang pernah salah dari corak garis abadi ini. Anda bisa meletakkannya di atas piring putih sederhana untuk membuatnya lebih modis. Anda juga bisa membungkus sendok dan garpu dengannya, lalu lihatlah bagaimana kertas tisu ini dapat memperindah suasana meja makan.

Seperti paper napkin dari IKEA lainnya, HEMMASTADD memiliki daya serap yang baik dan dijual dalam bentuk set berisi tiga puluh lembar. Paper napkin yang stylish ini pasti akan mendatangkan pujian saat digunakan untuk pesta kecil Anda akhir pekan ini!

5. IKEA STORÄTARE Paper Napkin White

5. IKEA STORÄTARE Paper Napkin White

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.900

Kertas tisu yang satu ini pasti jadi langganan pada setiap acara Anda!

Anda membutuhkan serbet kertas berjumlah besar untuk pesta? Checked. Butuh yang berwarna putih bersih atau polos? Checked. Butuh produk berkualitas tinggi dari merek ternama IKEA? Seluruhnya checked. Ini bisa menjadi kertas tisu terbaik untuk Anda miliki.

Paper napkin ini memiliki panjang dan lebar 30 cm yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan baik untuk makan harian maupun perlengkapan pesta. Dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapatkan sebanyak 250 lembar serbet kertas dalam setiap satu pak. Tunggu apa lagi?

4. Guest Napkin Hotel Standard

4. Guest Napkin Hotel Standard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.000

Apakah polos dan elegan saja tak cukup?

Bayangkan saat tamu Anda menggunakan serbet makan di restoran. Mereka mungkin menginginkan serbet yang tampak berkelas saat diletakkan di atas paha. Serbet yang satu ini telah disesuaikan dengan standar dining room untuk keperluan makan restoran hotel dan rumah makan.

Serbet ini berbahan 100% katun dengan ukuran 50 cm x 50 cm, memudahkan Anda untuk melipatnya menjadi bentuk yang menarik. Tampak motif bunga berwarna serasi dan tidak berlebihan untuk menonjolkan kesan berkelas. Anda bisa memilih warna hijau, merah, putih, oranye, dan lainnya yang sesuai dengan dekorasi restoran Anda.

3. Davidoff Store Serbet Polos

3. Davidoff Store Serbet Polos

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.900

Hadir dalam berbagai warna sesuai permintaan Anda!

Anda lebih suka produksi lokal berkualitas yang mudah didapatkan di toko online? Davidoff Store telah memproduksi produknya untuk berbagai hotel di Indonesia. Anda pun dapat memesan napkin berdesain bordir dengan warna pilihan sesuai permintaan.

Serbet makan kain ini berbahan 100% katun tebal, bertekstur halus, dan memiliki daya serap air yang baik. Ada sepuluh warna yang bisa Anda pilih, seperti biru navy, hitam, offwhite, cokelat gold, dan lainnya. Dengan bahan dan jahitan yang kuat, kami merekomendasikannya untuk Anda yang menginginkan serbet makan yang awet.

2. IKEA LACKTICKA Tea towel Landscape/patterned

2. IKEA LACKTICKA Tea towel Landscape/patterned

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.900

Tea towel sekaligus napkin untuk dining room yang modern

Tea towel memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya sebagai napkin. Dengan ukuran sebesar 50 x 70 cm, Anda dapat berkreasi dengan serbet makan lipat yang cantik. Corak kotak hitam putih bersama lukisan pemandangan terlihat serasi melengkapi meja makan bergaya kontemporer.

IKEA memaksimalkan kualitas produk ini dengan bahan dasar 100% renewable cotton. Dalam satu pak, Anda akan mendapatkan dua helai tea towel berbeda motif. Saat tidak sedang digunakan sebagai napkin, di ujung towel-nya terdapat lubang untuk digantung di dapur. Praktis!

1. IKEA FANTASTISK Paper Napkin

1. IKEA FANTASTISK Paper Napkin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 54.900

Bigger, better, more colors, and it’s OK to spill! Segala yang Anda butuhkan dari paper napkin

IKEA selalu menawarkan produk yang tak akan mengecewakan Anda. Dengan bahan renewable paper ramah lingkungan, FANTASTISK memiliki fitur yang sama dengan SPILLTID dalam hal daya serap yang fantastis. Napkin ini melindungi pakaian Anda saat terjadi insiden minuman dan makanan tumpah.

Jadi, apa yang membuat produk ini menempati urutan pertama? Pertama, ukurannya yang besar yaitu 40 x 40 cm. Kedua, satu paketnya berisi lima puluh lembar tisu makan dengan harga yang terjangkau. Ketiga, ada banyak sekali pilihan warna beraksen pop yang sempurna dengan segala gaya dan acara.

Tips menggunakan napkin

Apakah Anda sudah memilih serbet makan favorit Anda? Selanjutnya, kami akan memberikan panduan mengenai beberapa cara menggunakan napkin. Silakan menyimak empat poin di bawah ini.

1. Etika yang benar dalam menggunakan napkin

1. Etika yang benar dalam menggunakan napkin

Ketika Anda menghadiri acara formal seperti gala dinner, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan. Jika serbet diletakkan di atas piring makan restoran, tidak sopan apabila Anda tidak menggunakan serbet tersebut.

Pertama, bukalah serbet tersebut, kemudian letakkan di atas pangkuan Anda sebelum makan. Ketika tangan atau mulut Anda kotor, Anda dapat menyekanya dengan bagian dalam serbet yang tersembunyi. Apabila Anda ingin pergi ke toilet atau berjalan meninggalkan meja, letakkanlah serbet tersebut di kursi, bukan di atas meja. Dengan demikian, Anda secara tidak langsung memberitahu kepada pelayan bahwa Anda masih belum selesai makan dan hanya meninggalkan meja sebentar saja.

2. Supaya mudah dibawa, bungkus peralatan makan Anda dengan napkin

2. Supaya mudah dibawa, bungkus peralatan makan Anda dengan serbet

Ketika Anda membawa alat makan seperti sumpit dan sendok, apakah Anda memiliki tas khusus untuk membawa peralatan tersebut? Apabila tidak, kami menyarankan Anda untuk membungkus peralatan makan dengan napkin. Cukup ikat saja dengan karet atau pita agar terlihat lebih manis. Dengan cara ini, garpu atau pisau yang tajam tidak akan melukai tangan Anda atau menggores barang-barang di dalam tas dan ransel.

3. Napkin cantik juga cocok untuk membungkus permen dan lainnya

3. Napkin cantik juga cocok untuk membungkus permen dan lainnya

Untuk Anda yang sedang menyiapkan bingkisan ulang tahun, mengapa tidak membungkus permen dan biskuit mungil itu dengan napkin? Terutama paper napkin yang tipis dan memiliki ragam motif penuh warna yang manis. Permen yang sudah dibungkus dengan napkin akan mudah dibawa di dalam tas, cocok untuk dibawa pergi berpiknik.

4. Anda dapat melipatnya menjadi bermacam-macam bentuk

4. Anda dapat melipatnya menjadi bermacam-macam bentuk

Serbet, terutama yang berukuran besar, dapat Anda lipat menjadi berbagai bentuk. Contohnya, Anda dapat menyusun beberapa serbet segitiga untuk dijadikan pohon natal seperti gambar di atas. Anda juga dapat membuat berbagai bentuk origami hewan. Sesuaikan saja dengan tema acaranya. Dijamin para tamu Anda akan terpukau dengan susunan serbet makan cantik di atas piring mereka. Ide ini juga bisa dipakai untuk acara ulang tahun anak-anak. Mereka pasti akan menyukainya!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menetapkan pilihan kepada salah satu produk napkin di atas? Baik paper napkin maupun serbet kain, penampilan piring dan meja makan Anda pun akan terlihat lebih stylish. Dengan memilih serbet sesuai tema dan gaya, hal ini tentu saja akan meningkatkan suasana hati dan memeriahkan pesta Anda. Silakan memilih produk napkin berdasarkan kebutuhan!