mybest
Nampan & serbet

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Napkin atau serbet cantik di atas piring ibarat bunga centerpiece di meja makan. Napkin yang dilipat akan terlihat menarik di atas piring Anda, apalagi jika motifnya indah dan berbahan linen lembut. Untuk acara spesial, napkin kertas bermotif elegan juga mampu memperindah meja buffet.


Untuk Anda yang sedang mencari napkin, baik untuk keperluan dinner maupun sebagai konten properti foto, silakan simak artikel ini. Kami akan mengulas produk dari merek napkin yang bagus, seperti Pompon Studio hingga IKEA. Yuk, buat meja dan peralatan makan Anda lebih berwarna dengan napkin cantik!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih napkin

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata napkin atau serbet makan? Mungkin Anda akan langsung membayangkan suasana elegan pada perjamuan makan, ya. Nah, keindahan napkin tersebut tentu tak lepas dari bahan dan desainnya. Di bawah ini, kami akan memberikan tips memilih napkin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
1

Ketahui bahan napkin yang Anda butuhkan

Ada dua jenis napkin berdasarkan bahannya, yaitu kain dan kertas. Jika Anda menginginkan napkin yang bisa dicuci berulang-ulang, pilihlah yang berbahan kain. Namun, jika Anda menginginkan napkin yang praktis untuk pesta besar, napkin kertas akan lebih praktis untuk dipilih. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Paper napkin, lebih ekonomis dan praktis

Paper napkin, lebih ekonomis dan praktis
Sumber: ikea.co.id
Apakah Anda menginginkan serbet bermotif cantik dalam jumlah banyak? Paper napkin atau serbet kertas akan lebih cocok untuk Anda! Napkin kertas bisa dibeli dalam kemasan satu pak isi banyak. Dibandingkan dengan napkin kain, harga paper napkin tergolong lebih hemat. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa membeli lebih banyak untuk disimpan sebagai stok.

Anda bisa menggunakan paper napkin sebagai penghias piring, bahkan sebagai kantong permen. Karena terbuat dari kertas, napkin ini hanya untuk satu kali pemakaian dan langsung dibuang setelah selesai digunakan. Beberapa produk paper napkin ada yang terbuat dari bahan kertas daur ulang. Untuk memastikannya, periksalah bahannya terlebih dahulu sebelum Anda membeli. 

Napkin kain, bisa digunakan berulang kali

Napkin kain, bisa digunakan berulang kali
Keunggulan napkin kain tentu saja karena bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Ukurannya pun lebih beragam, bahkan bisa dibuat custom sehingga lebih fleksibel untuk peralatan makan Anda. Untuk kesan yang lebih personal, napkin kain juga bisa ditambahi bordir atau sulaman kecil berisi nama atau inisial Anda.

Pada umumnya, serbet kain terbuat dari bahan katun, poliester, dan linen. Bahan katun dinilai awet dan nyaman saat digunakan. Sementara itu, bahan poliester umumnya memiliki warna yang bagus dan mengilap, tetapi kurang baik dalam menyerap air. Di sisi lain, kain linen terbuat dari serat alami tumbuhan rami atau tanaman flax. Kain linen rami tahan panas dan tetap awet meski dicuci berulang kali. 

2

Sesuaikan ukuran napkin dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran napkin dengan kebutuhan Anda
Ketika memilih serbet makan, jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya. Napkin berukuran kecil lebih cocok dipakai untuk penghias piring camilan. 

Untuk makan malam formal, pilihlah serbet berukuran 50–75 cm. Untuk makan siang, ukuran 40–50 cm akan lebih pas. Jika Anda mengadakan pesta koktail, pilihlah ukuran yang lebih kecil seperti 30–40 cm. Namun, tentunya ukuran-ukuran ini tidaklah mutlak. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan perlengkapan makan atau menu jamuan makan yang sudah Anda persiapkan.


Pada restoran fine dining atau hotel berbintang, napkin berukuran besar biasanya ditaruh di meja dengan cara dilipat (napkin folding). Kreasi folding pada serbet makan ini juga bermacam-macam, misalnya standing folding, folding berbentuk bunga, mahkota, dan bentuk unik lainnya.

3

Senadakan warna napkin dengan tema acara Anda

Senadakan warna napkin dengan tema acara Anda

Napkin hadir dalam motif dan warna yang beragam. Jadi, napkin seperti apa yang sebaiknya dipilih? Anda bisa menyesuaikan napkin berdasarkan tema acara Anda. 


Untuk candle light dinner bertema rustic misalnya, Anda dapat memilih napkin berwarna earth tone, seperti beige, sage, atau abu-abu. Napkin berbahan linen akan sangat pas untuk dipilih karena tekstur serta warnanya mendukung kesan rustic tersebut.


Berbeda lagi jika Anda hendak mengadakan jamuan makan malam pada malam natal. Kombinasi warna khas natal antara lain ada merah, hijau, gold, atau silver. Untuk tema tersebut, napkin kain yang agak mengilap serta berwarna merah, hijau, atau gabungan keduanya bisa Anda pilih. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi napkin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk napkin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

mnw.curated

Cotton Napkin

mnw.curated Cotton Napkin 1

Rp20.000

Agak Murah

Napkin kotak-kotak dengan pilihan warna yang kalem

2

Kinen

Linen Napkins Plain Series

Kinen Linen Napkins Plain Series 1

Rp14.000

Lebih Murah

Menarik untuk dijadikan properti foto!

3

Pompom Studio

Cherry Napkin

Pompom Studio Cherry Napkin 1

Rp45.000

Agak Mahal

Napkin untuk konten home cafe yang estetik

4

IndoLinen

Serbet Makan

IndoLinen Serbet Makan 1

Rp25.000

Menengah

Serbet makan ala resto berbintang

5

Kamarustic

Napkin motif japanese pattern

Kamarustic Napkin motif japanese pattern 1

Rp30.000

Menengah

Motif ala Negeri Sakura untuk pencinta sajian Jepang

6

Pompom Studio

Christmas Napkin

Pompom Studio Christmas Napkin  1

Rp45.000

Agak Mahal

Napkin untuk makan malam di hari natal

7

IKEA

SMAKSINNE Paper napkin flower

IKEA SMAKSINNE Paper napkin flower 1

Rp39.900

Menengah

Corak floral untuk dinner romantis bersama pasangan

8

IKEA

MOTTAGA Serbet kertas

IKEA MOTTAGA Serbet kertas  1

Rp49.000

Agak Mahal

Paper napkin untuk permainan warna yang outstanding

9

IKEA

STORÄTARE Paper Napkin White

IKEA STORÄTARE Paper Napkin White 1

Rp19.900

Agak Murah

Isinya banyak dan harganya hemat, cocok untuk pesta partai besar

10

Soulstitch

Serbet linen napkins peony

Soulstitch Serbet linen napkins peony 1

Rp107.000

Lebih Mahal

Dilengkapi bordir bunga peony yang cantik

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

mnw.curatedCotton Napkin

Cotton Napkin 1
Sumber: shopee.co.id
Cotton Napkin 2
Sumber: shopee.co.id
Cotton Napkin 3
Sumber: shopee.co.id
Cotton Napkin 4
Sumber: shopee.co.id
Cotton Napkin 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp20.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp20.000
Agak Murah

Napkin kotak-kotak dengan pilihan warna yang kalem

mnw.curated adalah brand asal Bandung yang memproduksi perlengkapan home decor dengan desain yang manis. Alas piring bermotif kotak-kotak ini adalah salah satu produk terlarisnya. 


Hadir dalam warna-warna pastel yang kalem, napkin ini akan membuat momen tea-time Anda terasa bagaikan di kafe. Terbuat dari kain katun Jepang, kualitas bahan napkin ini tak perlu diragukan lagi. Anda juga bisa melengkapinya dengan tatakan gelas bermotif serupa yang bisa Anda beli di mnw.curated!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

KinenLinen Napkins Plain Series

Harga referensi
Rp14.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp14.000
Lebih Murah

Menarik untuk dijadikan properti foto!

Kain linen terkenal sebagai kain yang bagus untuk properti foto. Hal tersebut berkat tekstur kain linen dengan wrinkle naturalnya yang apik saat tertangkap kamera. Jika Anda mencari kain yang bagus untuk properti foto produk, napkin dari Kinen bisa Anda pertimbangkan. Dipakai untuk makan malam bertema rustic atau vintage pun, produk ini tentunya akan sangat cocok!

No.3

Pompom StudioCherry Napkin

Cherry Napkin 1
Sumber: shopee.co.id
Cherry Napkin 2
Sumber: shopee.co.id
Cherry Napkin 3
Sumber: shopee.co.id
Cherry Napkin 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal

Napkin untuk konten home cafe yang estetik

Sejak pandemi, banyak content creator, terutama dari Korea yang mengunggah video home cafe di Instagram dan YouTube. Video tersebut berisi konten menyajikan minuman atau makanan ala kafe yang dikemas secara indah dan estetik. 


Nah, untuk membuat konten estetik tersebut dibutuhkan properti yang mendukungnya. Napkin dari Pompom Studio ini adalah properti yang wajib ada untuk mempercantik tampilan home cafe Anda. Warnanya cenderung netral dengan ornamen buah ceri kecil yang makin mempermanis tampilannya.

No.4

IndoLinenSerbet Makan

Harga referensi
Rp25.000
Menengah

Serbet makan ala resto berbintang

Resto atau hotel berbintang biasanya melipat napkin-nya dengan bentuk yang unik-unik. Jika Anda perhatikan dengan saksama, jenis kain yang biasanya dipakai adalah kain damask. Kain ini memiliki tekstur yang halus sekaligus tebal sehingga memudahkan saat dilipat atau dibentuk. 


Napkin damask yang kami rekomendasikan kali ini berasal dari brand IndoLinen. Produk dari IndoLinen ini telah banyak dipakai oleh restoran berbintang di Bali, lho. Jadi, kualitas produknya tak perlu Anda ragukan. 

No.5

KamarusticNapkin motif japanese pattern

Harga referensi
Rp30.000
Menengah

Motif ala Negeri Sakura untuk pencinta sajian Jepang

Motif dan gambar khas Jepang memang selalu menarik untuk diperhatikan. Untuk Anda yang ingin mengadakan sajian makan atau minum teh ala Jepang, silakan lengkapi meja Anda dengan napkin ini! Jika Anda memiliki perlengkapan makan yang bertema Jepang juga, seperti sumpit dan mangkuk ramen, tentu akan lebih sempurna!

No.6

Pompom StudioChristmas Napkin

Christmas Napkin  1
Sumber: shopee.co.id
Christmas Napkin  2
Sumber: shopee.co.id
Christmas Napkin  3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal

Napkin untuk makan malam di hari natal

Produk perlengkapan meja makan dari Pompom Studio memang tak pernah biasa saja. Hadir dengan tone warna khas Natal, napkin ini cocok untuk meramaikan dinner Anda di malam Natal. 


Untuk mendekor meja makan Anda agar lebih bernuansa natal, Anda bisa menambahkan taplak meja berwarna merah. Kemudian, letakkan beberapa napkin dan tatakan gelas bertema natal dari Pompom Studio juga. Sebagai finishing, tambahkan lilin dan hiasan bunga sebagai centerpiece

No.7

IKEASMAKSINNE Paper napkin flower

Harga referensi
Rp39.900
Menengah

Corak floral untuk dinner romantis bersama pasangan

Anda ingin mengadakan dinner romantis di rumah untuk memperingati anniversary bersama pasangan? Bagaimana jika Anda mempertimbangkan napkin bertema floral dari IKEA ini? 

Selain cantik, serbet kertas ini dapat diandalkan untuk membersihkan makanan dan minuman yang tumpah. Daya serapnya sangat baik sebab memiliki tiga lapisan kertas bertekstur halus. Dalam satu pak, produk ini berisi 30 lembar kertas. Karena isinya yang cukup banyak, Anda bisa menyimpan lebihan produknya untuk acara makan malam yang selanjutnya.

No.8

IKEAMOTTAGA Serbet kertas

MOTTAGA Serbet kertas  1
Sumber: ikea.com
MOTTAGA Serbet kertas  2
Sumber: ikea.com
MOTTAGA Serbet kertas  3
Sumber: ikea.com
Harga referensi
Rp49.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp49.000
Agak Mahal

Paper napkin untuk permainan warna yang outstanding

Serbet makan kebanyakan berwarna putih dan turunannya sehingga cocok dipasangkan dengan segala warna piring. Namun, bagaimana dengan napkin warna hitam? Jika piring serta alat makan Anda didominasi warna putih, menambahkan napkin hitam akan menampilkan kesan elegan dan outstanding, lho. 


Jika Anda ingin napkin dengan tema monokrom, silakan pertimbangkan napkin dari IKEA ini. Dalam satu paknya, Anda mendapatkan 25 lembar napkin. Jumlah tersebut ideal untuk pesta kecil-kecilan. Tertarik mencoba permainan warna yang kontras? Letakkan serbet hitam di atas piring putih Anda!
No.9

IKEASTORÄTARE Paper Napkin White

Harga referensi
Rp19.900
Agak Murah

Isinya banyak dan harganya hemat, cocok untuk pesta partai besar

Anda membutuhkan serbet kertas berjumlah besar untuk pesta? Butuh yang berwarna putih bersih atau polos? Butuh produk berkualitas tinggi dari merek ternama? Jika iya, berarti yang Anda butuhkan adalah STORÄTARE Paper Napkin White ini.

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda akan mendapatkan 250 lembar serbet per pak, lho. Singkat kata, napkin ini adalah produk terbaik untuk melengkapi acara pesta Anda!
No.10

SoulstitchSerbet linen napkins peony

Harga referensi
Rp107.000
Lebih Mahal

Dilengkapi bordir bunga peony yang cantik

Siapakah yang bisa menolak pesona napkin berdesain klasik ini? Perpaduan antara natural linen dan kain katun yang lembut, menjadikan napkin ini sayang untuk tak dimiliki. Ditambah dengan sulaman berbentuk bunga peony yang mengelilingi keempat sisi serbet, produk ini terlihat makin cantik. Ketika Anda membeli produk ini, Anda akan mendapatkan dua lembar napkin sekaligus. Cukup worth it, bukan?

Tips menggunakan napkin

Apakah Anda sudah memilih napkin favorit Anda? Selanjutnya, kami memberikan panduan mengenai beberapa cara menggunakan napkin.

Etika yang benar dalam menggunakan napkin

Etika yang benar dalam menggunakan napkin
Ketika Anda menghadiri acara formal seperti gala dinner, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan. Jika serbet diletakkan di atas piring makan restoran, tidak sopan apabila Anda tidak menggunakan serbet tersebut.

Pertama, bukalah serbet tersebut, kemudian letakkan di atas pangkuan Anda sebelum makan. Ketika tangan atau mulut Anda kotor, Anda dapat menyekanya dengan bagian dalam serbet yang tersembunyi. Jika Anda ingin meninggalkan meja sebentar, letakkanlah serbet tersebut di kursi, bukan di atas meja. Hal itu menandakan bahwa Anda masih belum selesai makan dan hanya meninggalkan meja sebentar saja.

Supaya mudah dibawa, bungkus peralatan makan Anda dengan napkin

Supaya mudah dibawa, bungkus peralatan makan Anda dengan napkin
Ketika Anda membawa alat makan, seperti sumpit dan sendok, apakah Anda memiliki tas khusus untuk membawa peralatan tersebut? Jika tidak, kami menyarankan Anda untuk membungkus peralatan makan dengan napkin. Cukup ikat saja dengan pita agar terlihat lebih manis. Dengan cara ini, garpu atau pisau yang tajam tidak akan melukai tangan Anda atau menggores barang-barang di dalam tas dan ransel.

Napkin cantik juga cocok untuk membungkus permen dan kukis, lho

Napkin cantik juga cocok untuk membungkus permen dan kukis, lho
Untuk Anda yang sedang menyiapkan bingkisan ulang tahun, Anda bisa membungkus permen dan biskuit mungil dengan napkin, lho. Terlebih paper napkin yang tipis dan memiliki ragam motif penuh warna yang manis. Permen yang sudah dibungkus dengan napkin akan mudah dibawa di dalam tas, cocok untuk dibawa pergi berpiknik.

Anda dapat melipatnya menjadi bermacam-macam bentuk

Anda dapat melipatnya menjadi bermacam-macam bentuk

Serbet, terutama yang berukuran besar, dapat Anda lipat menjadi berbagai bentuk. Contohnya, Anda dapat menyusun beberapa serbet segitiga untuk dijadikan pohon natal seperti gambar di atas. Anda juga dapat membuat berbagai bentuk origami hewan, kapal, atau bunga. Dijamin, tamu Anda akan terpukau dengan lipatan serbet makan nan cantik di atas piring mereka. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan meja makan lainnya di sini

Untuk melengkapi acara jamuan makan Anda di rumah, Anda tak hanya butuh napkin. Anda juga butuh perlengkapan lainnya, seperti taplak, tatakan gelas, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mari simak ulasan perlengkapan lainnya pada tautan yang telah kami siapkan di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca tips di atas, apakah Anda sudah menemukan napkin yang Anda incar? Dengan napkin kertas ataupun napkin kain, penampilan piring dan meja makan Anda pun akan terlihat lebih estetik.

Warna napkin yang senada tema meja makan Anda juga tentu akan meningkatkan suasana menyenangkan di acara perjamuan. Selamat memilih produk napkin terbaik sesuai kebutuhan Anda!

5 Rekomendasi Napkin terbaik

No. 1: mnw.curatedCotton Napkin

No. 2: KinenLinen Napkins Plain Series

No. 3: Pompom StudioCherry Napkin

No. 4: IndoLinenSerbet Makan

No. 5: KamarusticNapkin motif japanese pattern

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.