10 Rekomendasi Buku Cerita Bahasa Inggris Terbaik untuk Balita (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Buku Cerita Bahasa Inggris Terbaik untuk Balita (Terbaru Tahun 2018)

Mengajarkan keahlian berbahasa asing kepada anak, seperti bahasa Inggris, sangat penting untuk dilakukan sejak dini. Salah satu cara yang efektif untuk mengajarkan anak adalah melalui buku bergambar. Desain buku untuk anak juga telah dibuat penuh warna dengan beragam karakter menarik, serta terkadang dibuat versi pop up 3D agar anak semakin tertarik membacanya.

Lalu, buku cerita bahasa Inggris seperti apa yang pas untuk anak balita Anda? Kami akan mengulasnya di dalam artikel ini. Tak hanya tentang cara memilih buku cerita bahasa Inggris, kami juga akan memberikan rekomendasi buku-buku menarik untuk anak Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih buku cerita bahasa Inggris untuk balita

Pertama-tama, kami akan menjelaskan tentang cara memilih buku cerita dalam bahasa Inggris untuk anak balita. Ada banyak buku yang menceritakan tentang alam, dongeng, hewan, dan sebagainya. Namun, pilihlah buku sesuai usia anak Anda dan genre yang membuatnya tertarik.

Pilih berdasarkan usia dan pemahaman bahasa Inggris si kecil

Buku cerita dalam bahasa Inggris memiliki berbagai variasi pilihan, seperti buku dengan onomatopoeia words atau kata yang meniru suara, buku dengan tulisan-tulisan sederhana, serta buku dongeng. Tipe apa pun yang Anda pilih, Anda harus menyesuaikan buku tersebut dengan usia dan pemahaman bahasa Inggris si kecil.

Buku bergambar dengan frasa berulang sangat cocok untuk batita

Buku bergambar dengan frasa berulang sangat cocok untuk batita

Untuk anak yang mulai tertarik dengan kata-kata atau anak sampai usia 2 tahun, buku gambar yang berisi frasa atau kata berulang sangat direkomendasikan. Pilihlah buku yang tidak memiliki terlalu banyak karakter dan memiliki ilustrasi sederhana untuk dapat Anda ceritakan kepada si kecil. Pilihlah buku sesederhana mungkin dengan tebal hanya sekitar 15 halaman sehingga mudah untuk dibaca berulang-ulang.

Kata-kata salam dan sapaan atau frasa berulang di dalam cerita biasanya digambarkan dengan ilustrasi. Dengan adanya ilustrasi, anak akan semakin mudah mengingat dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Untuk anak kecil yang baru pertama kali mengenal bahasa Inggris, tipe buku seperti ini direkomendasikan karena sederhana dan mudah dimengerti.

Buku bergambar dengan cerita pas untuk anak yang terbiasa dengan bahasa Inggris

Buku bergambar dengan cerita pas untuk anak yang terbiasa dengan bahasa Inggris

Buku cerita bergambar sangat mudah digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris karena jalan ceritanya menggunakan kata-kata yang sederhana. Tipe ini sangat pas untuk memberikan tantangan baru bagi anak usia di atas 3 tahun atau anak yang tertarik dengan bahasa Inggris. Setelah menjelaskan cerita terlebih dahulu dalam bahasa Indonesia, anak-anak akan mengerti saat Anda menceritakan ulang dalam bahasa Inggris dengan melihat ilustrasinya.

Tergantung bukunya, frasa yang sama dapat muncul berulang sehingga anak akan lebih mudah mengingatnya saat melihat ilustrasi. Jumlah kata dalam bahasa Inggris akan bertambah, tetapi si kecil akan mampu mengingatnya dengan mengingat jalan cerita dalam buku. Buku bergambar dengan alur cerita yang jelas sangat pas untuk mengajari anak belajar bahasa Inggris. Karena itu, pilihlah cerita yang sederhana.

Untuk buku pertama, pilihlah buku dengan cerita dan karakter terkenal

Untuk buku pertama, pilihlah buku dengan cerita dan karakter terkenal

Ketika si kecil akan menikmati buku cerita bahasa Inggris untuk pertama kali, pilihlah buku dengan karakter yang terkenal di Indonesia. Ada beberapa buku cerita terkenal yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, seperti buku-buku karangan Hans Christian Andersen, Disney, dan sebagainya. Orang dewasa yang membaca buku cerita bergambar pun dapat menceritakan kembali kepada anak-anak setelah mengerti isinya dengan baik.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih karakter yang diketahui semua orang, seperti Cinderella dan Snow White. Pilihan lainnya, Anda bisa memilih buku cerita yang hadir dari kisah film kartun seperti Frozen, Thomas, Cars, dan sebagainya. Malah, orang dewasa yang membaca buku cerita pun akan mudah memahami isinya bila karakter dan latar ceritanya sudah diketahui.

Ketika Anda kesulitan memilih buku bahasa Inggris pertama bagi si kecil, pilihlah buku dengan cerita dan karakter yang sudah dikenal.

Bingung memilih? Pilih sesuai genre favorit si kecil saja!

Bingung memilih? Pilih sesuai genre favorit si kecil saja!

Apakah Anda melihat si kecil mempunyai ketertarikan terhadap hewan atau kendaraan? Di sisi lain, Anda mungkin merasa khawatir apakah si kecil akan menyukai buku yang Anda belikan atau tidak. Jika sudah begitu, pilihlah buku cerita sesuai hal yang disukai si kecil.

Jika si kecil menyukai hewan, pilihlah buku yang memiliki banyak karakter hewan sehingga si kecil dapat dengan mudah menghafal nama hewan dalam bahasa Inggris. Dengan adanya ilustrasi, si kecil akan lebih mudah mengingat nama-nama hewan serta dapat menyanyikan lagu tentang hewan dalam bahasa Inggris.

Kendaraan seperti mobil, bus, dan kereta api juga pas untuk anak-anak yang menyukai kendaraan. Bahkan, mereka dapat mengenal kendaraan-kendaraan unik yang hanya ada di luar negeri, lho! Jadi, perhatikanlah hal apa yang disukai anak Anda saat hendak membelikan buku cerita berbahasa Inggris untuknya.

Jadikan belajar lebih menyenangkan dengan buku interaktif

Jadikan belajar lebih menyenangkan dengan buku interaktif

Buku yang interaktif akan sangat disukai oleh anak-anak. Anda dapat memilih buku dengan model pop up, lift-the-flap, atau tipe touch and feel agar kegiatan belajar anak Anda semakin menyenangkan. Bahkan, ada pula buku interaktif tipe play-a-sound yang dapat mengeluarkan suara saat si kecil menekan tombol pada bukunya.

Selagi anak mendengarkan suara yang dihasilkan buku, Anda dapat menikmati waktu berkualitas bersama anak Anda dengan memencet tombol bersama-sama dan membolak-balik halaman buku. Hal ini juga dapat dilakukan pada buku tipe touch and feel. Pastinya pembelajaran anak Anda akan lebih menyenangkan dan mudah dipahami ketika melibatkan kelima indera. Karena itu, buku tipe ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati komunikasi dengan anak Anda sembari mengajarinya bahasa Inggris saat bermain.

CD dan lagu untuk pelafalan bahasa Inggris yang lebih baik

CD dan lagu untuk pelafalan bahasa Inggris yang lebih baik

Pastinya Anda ingin si kecil dapat melafalkan bahasa Inggris yang tepat. Namun, mungkin ada penyebutan beberapa kata yang kurang dikuasai bahkan oleh Anda. Karena itu, buku yang dilengkapi dengan CD dan lagu dapat membantu si kecil untuk melafalkan kata bahasa Inggris dengan benar.

Buku cerita yang dilengkapi dengan CD dapat meningkatkan pengalaman si kecil dalam membaca buku sembari mendengarkan native speaker membacakan cerita. Anda dapat menikmati buku bersama anak Anda, bahkan bernyanyi bersamanya mengenai isi cerita dalam buku agar si kecil dapat belajar dengan lebih menyenangkan.

Jika Anda sebagai orang tuanya juga ingin belajar bahasa Inggris, Anda dapat mempelajari bahasa Inggris bersama anak Anda dengan lebih menyenangkan bila buku tersebut dilengkapi dengan CD atau lagu. Lebih asyik, bukan, belajar bersama si kecil?

10 Rekomendasi buku cerita bahasa Inggris terbaik untuk balita

Berikutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi buku cerita bahasa Inggris yang terbaik untuk si kecil. Pilih dan temukan buku favorit untuk anak Anda!

10. Where’s Spot Lift-the-Flap Book

10. Where's Spot Lift-the-Flap Book

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Kosakatanya yang sederhana akan mudah ditangkap anak Anda

Bila Anda ingin mulai memperkenalkan bahasa Inggris sederhana pada anak Anda yang berusia di bawah tiga tahun, buku ini layak dipertimbangkan. Buku ini sendiri hanya berisi 12 halaman dengan berbagai kosakata sederhana yang menjadikannya mudah untuk Anda ceritakan berulang kali kepada anak Anda.

Kemudian, pengulangan frasa yang ada pada buku ini juga akan membuat anak Anda dapat mempelajari bahasa Inggris dengan lebih cepat. Meski ilustrasi pada buku ini terkesan simpel, tetapi karena desain lift-the-flap miliknya, buku ini tetap akan terlihat menarik di mata si kecil.

9. Happy Pop – The Big Race

9. Happy Pop - The Big Race

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Vroom! Vroom! Pop up berbentuk mobil pastinya sangat menarik untuk si kecil!

Apakah si kecil menyenangi kendaraan? Jika ya, buku yang satu ini pastinya sangat cocok untuk dihadiahkan kepadanya. Di dalam buku ini terdapat berbagai karakter kendaraan seperti mobil dan kereta api dalam bentuk pop up sehingga si kecil akan semakin tertarik untuk membacanya.

Buku ini memiliki 8 halaman sehingga sangat mudah untuk menceritakannya kembali kepada si kecil. Ceritanya pun sangat sederhana, yaitu tentang balapan antar mobil. Ditambah warnanya yang cerah dan semarak, anak Anda pasti akan semakin bersemangat mempelajari bahasa Inggris melalui buku ini.

8. Play-a-Sound Board Book

8. Play-a-Sound Board Book

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 126.000

Nikmati momen seru belajar sambil bernyanyi bersama si kecil

Anak-anak biasanya senang bernyanyi, apalagi jika ditambah dengan gerakan dan lirik yang mudah dihafal. Metode mengajarkan bahasa Inggris dalam lirik nyanyian tentunya merupakan metode yang baik terlebih untuk anak yang gemar bernyanyi. Pastinya kegiatan belajar tidak akan terasa membosankan lagi.

Pada buku ini, terdapat 6 tombol yang akan mengeluarkan melodi berbeda. Anda dapat melihat liriknya pada halaman buku tersebut ditambah adanya ilustrasi hewan yang menggemaskan. Kemudian, buku ini memiliki pegangan pada bagian atas untuk memudahkan si kecil menentengnya ke mana-mana.

7. Tri Wijaya Sentosa – Fairy Tale Jigsaw Fun Pinocchio

7. Tri Wijaya Sentosa - Fairy Tale Jigsaw Fun Pinocchio

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Yuk, belajar bahasa Inggris sambil melatih motorik anak!

Kisah klasik tentunya tak lekang oleh waktu, memiliki nilai moral, dan dapat Anda kisahkan berulang kali kepada si kecil tanpa bosan. Salah satu kisah klasik dalam bahasa Inggris yang dapat Anda ceritakan adalah Pinocchio, si boneka kayu yang dapat hidup seperti manusia.

Tak hanya belajar bahasa Inggris, buku ini juga memiliki aktivitas menyusun jigsaw puzzle dengan ilustrasi gambar. Jigsaw puzzle ini pun sangat mudah disusun oleh anak balita karena hanya terdapat 9 keping puzzle. Jadi, Anda ingin mengajarkan bahasa Inggris sembari melatih motorik anak? Produk inilah jawabannya!

6. Baby Animals Touch and Feel Board Book

6. Baby Animals Touch and Feel Board Book

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Berikan sensasi baru pada anak saat belajar menggunakan buku ini

Sejak kecil, anak akan tertarik untuk memegang banyak hal di sekitarnya, termasuk hewan. Namun, ada anak yang mungkin masih takut untuk memegang hewan sungguhan. Untuk mengenalkan mereka kepada hewan sambil belajar bahasa Inggris, buku cerita ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Buku ini dilengkapi dengan tekstur bulu yang dapat diraba oleh si kecil. Bulu-bulu tersebut dirancang agar menyerupai tekstur bulu hewan-hewan sesungguhnya. Tak hanya itu, pada setiap hewan terdapat penjelasan singkat mengenai suara dan hal-hal yang sering dilakukan hewan tersebut. Sangat menarik!

5. Usborne Magnet Book Airport

5. Usborne Magnet Book Airport

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 197.000

Bukunya dapat ditempeli magnet? Pasti beraktivitas dengan anak jadi makin seru

Mengajari anak kosakata bahasa Inggris pastinya lebih mudah daripada membaca cerita secara keseluruhan. Nah, di dalam buku ini, terdapat potongan-potongan magnet tentang benda apa saja yang ada di bandara dalam kosakata bahasa Inggris. Karena itu, buku ini cocok untuk dipakai mengajari anak Anda bahasa Inggris secara perlahan.

Pada buku cerita ini, terdapat 10 halaman cerita yang dapat ditempeli potongan-potongan magnet. Anda dapat bercerita tentang apa saja yang ada di setiap bagian bandara sambil beraktivitas bersama menempelkan gambar-gambar tersebut. Desain penempatan magnet ini pun sudah dirancang agar mudah dilepas pasang.

4. Igloo Books Snow White Play-a-Sound Board Book

4. Igloo Books Snow White Play-a-Sound Board Book

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 189.900

Buat cerita semakin semarak dengan efek suaranya

Untuk anak yang kurang suka mendengar cerita atau membaca, buku interaktif dengan efek suara ini akan membantu mereka agar lebih tertarik mendengarkan cerita. Selain menarik untuk si kecil, efek suara yang ada juga akan menambah semarak cerita. Dengan demikian, konsentrasinya akan terpusat pada buku tersebut.

Di dalam buku ini terdapat 30 efek suara untuk setiap cerita dengan berbagai ilustrasi imut yang menarik. Anda dapat mengajarkan si kecil untuk mencocokkan simbol pada cerita dengan tombol yang ada. Kisah klasik Snow White juga sangat pas untuk anak Anda yang menyukai Disney Princess.

3. Look and Tell Fairy Tales

3. Look and Tell Fairy Tales

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 112.000

Lihat, dengar, dan ceritakan kembali!

Belajar sambil mendengarkan cerita memang menarik untuk si kecil. Namun, Anda juga harus menumbuhkan kepercayaan diri si kecil dengan mengajarkannya berani bercerita. Buku dongeng klasik ini memiliki kisah klasik singkat yang dapat diceritakan ulang oleh si kecil.

Membaca cerita di dalamnya pun sangat menarik karena adanya simbol-simbol yang harus dihafalkan pada kiri halaman cerita. Simbol-simbol yang ada akan membantu anak Anda untuk mudah mengingat secara visual. Yuk, ajarkan si kecil lebih percaya diri sedari dini!

2. My Favourite Princesses 5 Read-along Stories

2. My Favourite Princesses 5 Read-along Stories

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Latih kemampuan mendengar bahasa Inggris anak Anda dengan cara mudah

Siapa yang tidak mengetahui kisah sepanjang zaman para putri cantik ini? Kini, Anda pun dapat meneruskan dongeng ini kepada anak Anda sembari mengajarinya bahasa Inggris. Terdiri dari 5 buku cerita dan 1 CD narasi, Anda dapat mempelajari bahasa Inggris bersama anak Anda dengan cara yang mudah.

Anak Anda dapat belajar membaca, melihat ilustrasi menarik, sekaligus mendengarkan narator membacakan cerita dalam bahasa Inggris. Karena itu, Anda yang ingin membiasakan anak untuk mendengarkan pelafalan bahasa Inggris akan cocok dengan buku ini. Tentunya hal ini akan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris si kecil.

1. Usborne Lift-the-Flap Colours

1. Usborne Lift-the-Flap Colours

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

All about colours!

Hal yang paling sering dilihat anak-anak adalah warna. Jadi, mulai mengajarkan bahasa Inggris tentang warna melalui buku ini kepada si kecil adalah pilihan tepat karena hal tersebut menarik dan mudah dimengerti. Di dalamnya pun terdapat berbagai ilustrasi menarik yang membuat si kecil senang melihatnya.

Di dalam buku ini, Anda dapat mengajarkan tentang pencampuran warna, menghitung, menemukan objek, dan menebak karakter hewan. Jenis buku berupa lift-the-flap tentunya akan membuat buku ini semakin menarik untuk si kecil. Dengan begitu, anak Anda akan senang dan terus bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan tips dalam memilih buku cerita bahasa Inggris untuk balita serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Ingat untuk selalu mempertimbangkan jalan cerita, genre, serta usia anak agar Anda dapat memberikan buku yang tepat.

Semoga Anda terbantu dengan artikel ini. Membaca serta mengajari anak akan menjadi aktivitas yang menarik tentunya. Selamat memilih buku yang tepat untuk si kecil!