10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Penggunaan pot tanaman gantung membuat bunga dan tanaman hias Anda menjadi lebih stylish, serta membuat suasana di ruangan rumah Anda semakin cozy. Tidak seperti pot tanaman pada umumnya, penggunaan pot tanaman gantung akan membantu Anda untuk memajang berbagai variasi bunga dan tanaman.

Berbagai variasi pot tanaman gantung tersedia di pasaran saat ini. Untuk membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang chic dan praktis, simaklah ulasan berikut ini sampai tuntas. Kami juga merekomendasikan produk pot tanaman gantung yang unik untuk di rumah, beberapa di antaranya dari IKEA, untuk Anda.

Daftar isi

Apa itu pot tanaman gantung?

Apa itu pot tanaman gantung?

Pot tanaman gantung, sesuai dengan namanya, digunakan untuk menanam bunga dan tanaman hias yang dipasang dalam posisi menggantung. Pot ini umumnya digantung di beranda rumah, di taman, dan ada beberapa tipe pot yang dapat digantung di dalam ruangan. Karena itu, pot tanaman gantung dinilai memiliki nilai estetika tersendiri dibandingkan dengan pot biasa.

Pot tanaman gantung  juga dapat Anda gunakan untuk menanam berbagai macam bunga musiman. Untuk menggantung tanaman hias di dalam ruangan, pilihlah jenis pot gantung yang memiliki model dan desain yang fashionable untuk semakin mempercantik ruangan Anda. Pot gantung model ini terlihat lebih apik dibandingkan dengan pot tanaman biasa yang diletakkan di lantai.

Cara memilih pot tanaman gantung

Pot tanaman gantung memiliki berbagai tipe. Untuk memudahkan Anda memilih pot tanaman gantung yang sesuai dengan selera, simaklah penjelasan masing-masing dari tipe pot gantung berikut ini.

Daya tarik pot tanaman gantung berbeda-beda tergantung pada tipenya

Pesona dan daya tarik pot tanaman gantung tentunya berbeda-beda sesuai dengan masing-masing jenisnya. Daya tarik apakah yang membedakan tiap jenis pot gantung?

Pot gantung yang dipajang di dinding atau susuran: cocok untuk dipasang di taman dan balkon rumah

Pot gantung yang dipajang di dinding atau susuran: cocok untuk dipasang di taman dan balkon rumah

Tipe pot gantung ini biasanya dipajang di dinding. Pada umumnya, tipe ini menggunakan sebuah pengait yang dapat dipasangkan dengan mudah pada handrail di beranda rumah atau di susuran balkon apartemen Anda. Tipe ini juga paling cocok dipasang di taman rumah atau veranda. Dengan demikian, Anda dapat membeli beberapa buah pot dan menata berbagai jenis tanaman hias dan bunga. Cukup gantungkan saja dengan pengaitnya.

Sekalipun pot tipe ini dapat pula dipasang di dalam ruangan atau indoor, untuk keamanan agar pot gantungnya tidak mudah terjatuh, pastikan Anda memasang kaitannya secara kuat.

Jika Anda akan menanam seasonal flowers atau tanaman hias yang membutuhkan banyak sinar matahari, pilihlah tipe pot gantung dinding ini.

Pot yang menggantung di langit-langit: item dekorasi yang cocok untuk melengkapi interior ruangan

Pot yang menggantung di langit-langit: item dekorasi yang cocok untuk melengkapi interior ruangan

Untuk menyemarakkan suasana di dalam ruangan Anda, pot tanaman dengan tipe menggantung ini dapat menjadi pilihan. Umumnya, pot ini dapat digantungkan di langit-langit rumah Anda dan bentuknya pun sangat beragam. Anda bisa menggantungnya di area ruang keluarga atau dapur Anda. Selain itu, Anda juga bisa menanam tanaman hias yang sedang trendy saat ini dan menggantungkannya di jendela rumah Anda.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk pot tipe ini adalah kekuatan pengait gantungnya. Anda perlu mempertimbangkan berat pot gantung, berat tanah, dan tanaman yang diisikan ke dalamnya, serta air yang disiramkan. Pastikan pengaitnya kuat dan langit-langit tempat Anda menggantungnya pun mampu menahan beban pot gantung beserta isinya.

Apabila Anda ingin mendekorasi bagian dalam rumah Anda dengan tanaman hias dan bunga, kami rekomendasikan pot dengan tipe menggantung ini.

10 Rekomendasi pot tanaman gantung terbaik

Sekalipun hanya dua jenis tipe pot tanaman gantung yang tersedia, tetapi beberapa jenis pot memiliki beragam desain dan fungsi. Untuk mempermudah Anda memilih pot tanaman gantung, di bawah ini kami merekomendasikan sepuluh produk terbaik berdasarkan fitur dan harganya.

10. Easy Grow Plant Pouch Pot

10. Easy Grow Plant Pouch Pot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.000

Terdapat delapan buah lubang tanam untuk bunga musiman Anda!

Pot gantung yang berbentuk seperti kantong ini memiliki delapan buah lubang tanam yang bisa Anda gunakan. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang senang menanam bunga musiman yang memiliki jenis bunga rimbun. Jika bunga sudah rimbun, pot akan dikelilingi oleh bunga dan daun sehingga berbentuk seperti bola yang dipenuhi bunga-bunga cantik.

Pot gantung ini pun bisa digunakan berulang kali. Apabila Anda bosan dengan satu jenis bunga, Anda bisa membongkarnya dan menanam bunga jenis lainnya. Pot gantung ini bisa Anda gunakan untuk menggantung tanaman hias di langit-langit teras depan rumah dan di balkon rumah Anda.

9. Multicolor Hanging Pot

9. Multicolor Hanging Pot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 60.000

Pot gantung dinding ini hadir dengan berbagai warna pilihan kesukaan Anda

Untuk Anda yang senang menghias beranda rumah Anda dengan bunga dan pot warna-warni, pot gantung dengan berbagai warna ini bisa menjadi pilihan Anda. Didesain dengan kaitan yang kuat dan berbagai warna cerah, pot ini dijamin akan semakin menceriakan dan menyegarkan suasana beranda rumah Anda.

Anda dapat mengombinasikan warna pot gantungnya dengan jenis bunga yang berwarna kontras untuk menonjolkan suasana segar di beranda apartemen. Misalnya, Anda dapat mengisi pot bunga biru dengan bunga matahari. Ada sepuluh pilihan warna yang dapat Anda pilih! Tunggu apa lagi?

8. Pot Gantung Ijuk Serabut Kelapa

8. Pot Gantung Ijuk Serabut Kelapa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Dengan desain dan bahan natural bagi Anda pencinta suasana alami

Untuk menghiasi rumah kayu tempat peristirahatan Anda yang berada di daerah pegunungan, Anda bisa memadukan tanaman hias Anda dengan pot gantung dari ijuk kelapa ini.  Warnanya yang cokelat pasti berpadu cantik dengan desain rumah kayu Anda yang bernuansa cokelat alami.

Selain terbuat dari material alami ijuk kelapa untuk kesan natural yang alami, pot gantung ijuk ini membuat tanaman Anda tumbuh alami dan membantu menjaga kelembapan tanaman. Akan tetapi, pot ini memiliki tali yang dirancang tidak terlalu tebal. Untuk memastikan pot ini dapat bertahan lama, isilah dengan jenis tanaman yang berbobot ringan.

7. Pot Gantung Putih

7. Pot Gantung Putih

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 41.000

Simpel dengan nuansa putih yang cocok untuk segala interior

Pot bunga gantung berwarna putih ini didesain dengan model yang simpel dan minimalis, cocok untuk berbagai interior ruangan. Kami rekomendasikan pot gantung ini untuk Anda yang senang menanam tanaman hias bernuansa hijau tanpa bunga-bungaan. Kombinasi warna dedaunan hijau dan pot putih ini akan menonjolkan kesan minimalisnya.

Anda bisa menggantungnya di dapur rumah Anda. Selain dapat memperindah ruangan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk tanaman pangan yang simpel. Misalnya, Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman hijau untuk memasak makanan atau untuk minuman, seperti tanaman mint, basil, dan sejenisnya.

6. Upside Down Hanging Plant Pot

6. Upside Down Hanging Plant Pot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Langit-langit rumah jadi lebih trendy dengan pot gantung terbalik ini!

Salah satu keunikan dari pot gantung ini adalah desainnya yang dibuat upside down, yang sekilas terlihat seperti menyerupai kap lampu. Keunikan desainnya membuat tanaman yang ada seperti tumbuh ke bawah. Pot ini sangat cantik untuk mendekorasi ruangan kantor Anda. Pastinya akan memberikan suasana rileks dan mengurangi tekanan stres akibat terlalu lama bekerja.

Karena posisinya yang terbalik, maka yang perlu Anda perhatikan adalah sebisa mungkin memilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak air dan tahan hidup di media yang kering. Karena posisi pot yang terbalik ini mengharuskan Anda untuk tidak menyiramkan air terlalu banyak. Model pot ini juga dinilai sangat unik dan cukup populer saat ini, cocok bagi Anda yang tak mau ketinggalan trend.

5. Pot Gantung Bohlam Kaca

5. Pot Gantung Bohlam Kaca

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 44.000

Pencinta barang unik? Model pot berbentuk bohlam ini dapat menjadi pilihan

Anda sedang mencari pot gantung untuk tanaman hidroponik yang stylish? Pot gantung light bulb ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Desainnya yang unik menyerupai bola lampu kaca sangat cocok digunakan untuk menonjolkan kecantikan tanaman-tanaman hidroponik Anda di rumah.

Anda bisa menggantungnya di area indoor rumah Anda, seperti ruang keluarga, dapur, dan di jendela. Untuk semakin mempercantik pot gantung ini, Anda bisa menggunakan bebatuan warna-warni sebagai media tanah untuk tanaman hidroponik Anda. Desainnya yang stylish akan semakin menyemarakkan ruangan minimalis di rumah Anda.

4. Florina Hanging Flower Pot

4. Florina Hanging Flower Pot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.500

Tidak perlu khawatir air siraman bunga Anda akan bocor!

Anda yang menginginkan pot gantung multifungsi untuk ruangan indoor dan outdoor, kami rekomendasikan pot gantung ini. Karena keunikan desainnya yang dilapisi dengan penampung air di bagian bawahnya, pot ini tetap aman digantung di dalam rumah.

Pot ini pun sangat cocok untuk digunakan di ruang terbuka. Pada pagi hari, Anda bisa memindahkan tanaman Anda ke beranda rumah agar tanaman mendapatkan sinar matahari. Setelahnya, Anda bisa menggantungnya kembali di dalam ruangan. Sangat praktis dengan dua kegunaan! Yuk, segera pesan produk ini.

3. Vallenca Pot Tanaman Merambat Gantung

3. Vallenca Pot Tanaman Merambat Gantung

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 35.100

Media tanam lebih lebar dan luas, Anda jadi dapat mengombinasikan berbagai variasi bunga

Pot gantung yang tersedia umumnya berukuran bulat dan tidak terlalu besar. Namun, kali ini hadir pot gantung dinding yang berukuran lebih lebar sehingga Anda bisa menanam lebih banyak. Apabila Anda menginginkan bunga musiman dan tanaman rambat cantik Anda tumbuh bermekaran dengan rimbun, silakan memilih pot ini.

Pot ini cocok untuk menghiasi susuran, dinding balkon, atau veranda di taman Anda. Namun, karena ukurannya yang lebih lebar, tentu saja bobotnya lebih berat dikarenakan media tanah dan tanaman yang diisikan ke dalamnya lebih banyak. Gantunglah dengan hati-hati dan pasang pengaitnya dengan kuat.

2. IKEA Socker Hanging Planter

2. IKEA Socker Hanging Planter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.900

Lengkapi ruangan bergaya industrial Anda dengan pot bunga metalik perak ini!

Pot bunga umumnya didominasi dengan material plastik, keramik, atau kayu. Apakah Anda mencari pot bermaterial kokoh dengan warna metalik yang bergaya futuristis? Kami merekomendasikan IKEA Socker untuk Anda! Pot gantung ini terbuat dari bahan galvanized steel yang kuat dan kokoh, cocok untuk diletakkan di ruangan bergaya industrial.

Karena IKEA merancang produk ini untuk dapat digunakan sebagai pot outdoor, tentu Anda juga bisa menggantungnya di beranda. Dengan rantai yang kokoh, Anda tidak perlu mencemaskan stabilitasnya saat pot digantung di langit-langit. Gantunglah pot ini bersama tanaman hias kehijauan. Ruangan kerja Anda yang didominasi dengan perabotan stainless steel akan terasa lebih segar!

1. IKEA Bittergurka Hanging Planter

1. IKEA Bittergurka Hanging Planter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 223.900

Modern, praktis, dan minimalis! Interior rumah Anda menjadi lebih chic

Bagi Anda yang mencari pot dengan desain modern dan minimalis untuk mempercantik interior rumah, kami merekomendasikan produk dari IKEA ini. Dengan warna putih dan bentuk yang bulat, pot ini sangat pas untuk dipadukan dengan tanaman hias baik bernuansa hijau maupun bunga berwarna-warni.

Anda bisa menggunakan pot ini sebagai media tanam langsung. Anda juga bisa memadupadankan beberapa jenis tanaman bunga di dalam satu pot gantung dengan menggunakan beberapa pot plastik berukuran kecil yang berisikan tanaman yang berbeda. Apabila langit-langit rumah Anda cukup tinggi, Anda bisa menggantung lebih dari tiga susun pot untuk semakin memperindah ruangan. Keren dan praktis, bukan?

Hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan

Keuntungan dari pot tanaman gantung adalah ventilasi udaranya yang lebih baik dibandingkan dengan pot tanaman biasa yang diletakkan di lantai atau meja. Karena itu, Anda jadi tidak perlu merisaukan timbulnya hama tanaman karena ventilasi udara yang buruk. Di samping itu, pot tanaman gantung akan memberikan atmosfer yang baik untuk pertumbuhan tanaman dan bunga. Namun, kerugiannya adalah media tanaman gantung ini umumnya lebih cepat kering karena ventilasi udara yang terbuka. Untuk itu, tanaman harus lebih sering disiram dengan air.

Untuk mencegah media tanah yang terbuang atau merembes keluar bersama air setiap kali Anda menyiram tanaman, kami anjurkan Anda untuk meletakan spons di bagian bawah pot sebelum memasukkan tanah. Hal ini akan membantu Anda dalam mencegah banyaknya air dan tanah yang terbuang.

Kesimpulan

Setelah menyimak ulasan di atas, sudahkah Anda menemukan pot tanaman gantung yang pas untuk mendekorasi beranda, balkon, dan ruangan di rumah Anda? Berbagai pilihan desain tersedia untuk Anda, pilihlah yang paling Anda sukai dan pas dengan interior rumah Anda. Pertimbangkan juga faktor harga dan kecocokan pot tanaman gantung yang akan Anda pilih dengan interior ruangan. Yuk, segera pesan dan dapatkan pot tanaman gantung untuk menambah cantik tanaman hias dan bunga-bunga Anda di rumah!