• 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun menjadi semakin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.

Berbagai variasi pot tanaman gantung tersedia di pasaran saat ini. Untuk membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang chic dan praktis, simaklah ulasan berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung berkualitas keluaran IKEA dan sebagainya untuk Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 12.422 Views
Daftar isi

Apa itu pot tanaman gantung?

Apa itu pot tanaman gantung?
Sesuai namanya, pot tanaman gantung digunakan untuk menanam bunga dan tanaman hias yang dipasang dalam posisi menggantung. Pot ini umumnya digantung di beranda rumah atau taman. Ada juga beberapa tipe pot yang dapat digantung di dalam ruangan. Karena itu, pot tanaman gantung dianggap memiliki nilai estetika tersendiri dibanding pot biasa.
Memang pot tanaman gantung banyak digunakan untuk menanam berbagai macam bunga musiman. Meski begitu, produk ini juga tepat digunakan untuk sukulen atau air plant sebagai dekorasi ruangan. Hal tersebut membuatnya semakin populer sebagai salah benda penghias ruangan yang mudah digunakan.

Cara memilih pot tanaman gantung

Terdapat dua jenis pot gantung, yakni tipe wall mounted dan tipe hanging. Cara penggunaannya pun berbeda, jadi pahamilah karakteristik keduanya agar Anda mudah menentukan pilihan.

Pilih produk berdasarkan tipenya

Pesona dan daya tarik pot tanaman gantung tentu berbeda-beda sesuai masing-masing jenisnya. Daya tarik apakah yang membedakan tiap jenis pot gantung?

Tipe wall mounted, jadikan dinding ruangan atau beranda makin stylish

Tipe wall mounted, jadikan dinding ruangan atau beranda makin stylish
Tipe pot gantung ini biasanya dipajang di dinding. Umumnya tipe ini menggunakan pengait yang dapat dipasangkan pada handrail di beranda rumah atau di susuran balkon apartemen. Tipe ini juga cocok dipasang di taman rumah atau veranda. Selama pengaitnya bisa dipasangkan, Anda bisa menggunakan produk tipe ini di mana pun. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan berbagai tanaman pada jarak yang pas dengan arah pandang.
Saat dikaitkan ke handrail, beranda, kisi-kisi, atau dinding, pastikan Anda mengaitkannya ke bagian yang stabil. Jika tidak dikaitkan dengan benar, pot bisa terjatuh akibat terkena angin, guncangan, dan sebagainya. Sebaiknya Anda mengencangkannya lagi dengan baut atau paku.
Anda senang menumbuhkan bunga musiman dan berbagai tanaman di bawah sinar matahari langsung di luar ruangan? Produk ini tepat Anda pilih.

Tipe hanging, bebas dipajang untuk memperindah lokasi mana pun

Tipe hanging, bebas dipajang untuk memperindah lokasi mana pun
Produk tipe hanging dapat dengan mudah Anda pasang di mana pun Anda mau. Anda bisa menggantungkannya di dinding, langit-langit, furnitur ruangan, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa menikmati keindahan tanaman bahkan di dapur atau ruang tamu sekalipun, asyik!
Saat hendak menggantungkan produk tipe hanging, pastikan Anda menggantungnya di tempat yang stabil dan kuat. Penting untuk diingat, bobot tanah dan tanaman tentu akan membuat pot semakin berat. Selain itu, air yang Anda siramkan pada tanaman juga akan semakin memperberat bobot pot. Jadi, jangan sampai Anda menggantungnya misalnya di papan yang hanya ditempelkan ke dinding. Tempat seperti itu tentu akan kurang kuat untuk menahan pot. Di samping itu, pastikan juga untuk mengecek kekuatan pengait pot pilihan Anda.

Periksa kapasitas dari pot tanaman gantung

Periksa kapasitas dari pot tanaman gantung
Kemampuan pot untuk menampung banyaknya tanah dan tanaman berbeda-beda antara satu produk dengan produk lainnya. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kapasitas dari pot tanaman gantung yang hendak dibeli.
Jika akar tanaman bertumbuh terlalu padat dan berdekatan satu sama lain, tanaman tersebut pun akan sulit tumbuh optimal. Pastikan bahwa masih ada sedikit ruang tersisa dalam pot untuk mendukung pertumbuhan tanaman Anda.

Pilih produk dengan ukuran sesuai lokasi penempatannya

Pilih produk dengan ukuran sesuai lokasi penempatannya
Pot tanaman gantung tersedia dalam beragam ukuran. Selain kapasitas, Anda juga perlu mengecek ukuran dari produk pilihan Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko pot yang dibeli terlalu besar dan menonjol dalam ruangan atau malah terlalu kecil.
Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memilih produk yang ukurannya sesuai dengan lokasi penempatannya. Sebagai contoh, Anda bisa mempertimbangkan kesesuaian pot tersebut dengan area penempatan dan nuansa interior ruangan.

Pilih produk berdasarkan materialnya

Pot tanaman gantung dibuat menggunakan material yang berbeda-beda. Impresi yang ditimbulkan bisa berubah tergantung pada material yang digunakan. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Jalinan tali kain, membuat tampilan pot terlihat makin natural

Jalinan tali kain, membuat tampilan pot terlihat makin natural
Pot tanaman gantung berbentuk jalinan tali berbahan kain, misalnya linen, katun, dan sebagainya belakangan ini kian populer. Hal tersebut dikarenakan produk seperti ini cocok dengan beragam gaya interior ruangan.
Selain itu, desainnya pun tergolong sangat variatif dan menarik. Potnya juga bisa Anda pisahkan dari tali dan Anda pajang begitu saja. Anda pun memiliki fleksibilitas lebih untuk memajang baik tergabung maupun terpisah dengan tali.

Kayu, hadirkan nuansa warm yang natural

Kayu, hadirkan nuansa warm yang natural
Produk berbahan kayu sangat populer karena mampu menghadirkan atmosfer warm yang alami saat dipajang. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang kecil hingga besar.
Berdasarkan tampilan ada pot kayu bergaya Asia, Scandinavian, dan sebagainya. Anda hanya perlu memilih yang paling sesuai dengan interior ruangan.

Metal, terlihat stylish saat dipajang

Metal, terlihat stylish saat dipajang
Pot berbahan metal seperti besi, baja, dan sebagainya sangat tepat dipadukan dengan interior bergaya industrial atau Brooklynstyle. Ukuran dan desain pot metal juga variatif sekaligus cocok dipadukan dengan sukulen dan air plant. Tampak sangat stylish saat dipajang!

Plastik, berbobot ringan dan mudah dibersihkan

Plastik, berbobot ringan dan mudah dibersihkan
Pot plastik umumnya berbobot ringan, sangat pas digantungkan di berbagai tempat. Variasi warnanya pun sangat beragam sehingga tepat dipilih untuk ruangan bergaya kasual atau pop.
Pot plastik juga tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran, Anda bisa memilih yang paling disuka. Harganya pun bersahabat, tepat dipilih oleh Anda yang baru pertama menggunakan pot tanaman gantung. Mudah digunakan dan mudah dibersihkan, tidak heran bila banyak orang menyukai pot plastik, bukan?

10 Rekomendasi pot tanaman gantung terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan rekomendasi pot tanaman gantung terbaik. Pilihlah produk yang paling Anda suka dan sesuai dengan kebutuhan, ya!
10
TipeWall mounted
Ukuran20 cm × 20 cm
MaterialKayu pinus jati Belanda
9
TipeWall mounted
Ukuran9,5 cm × 8 cm × 10 cm
MaterialBesi
8
TipeHanging
Ukuran25 cm × 20 cm
MaterialSerabut kelapa
7
TipeHanging
Ukuran13 cm × 9,5 cm
MaterialBaja
6
TipeHanging
Ukuran13 cm × 9,5 cm
MaterialPP (polipropilena), keramik, dan metal
5
TipeHanging
Ukuran±8 cm × 14 cm
MaterialKaca
4
TipeHanging
Ukuran21 cm × 8 cm × 12 cm
MaterialPlastik
3
TipeWall mounted
Ukuran25 cm × 25 cm; 30 cm × 30 cm; 35 cm × 35 cm; dan 40 cm × 40 cm
MaterialBesi dan kelapa
2

IKEASOCKER Hanging Planter

Rp 167.700,00

TipeHanging
Ukuran19 cm × 20 cm
MaterialGalvanized steel
1
TipeHanging
Ukuran36,8 cm × 29,2 cm
MaterialBaja dan bambu

Tabel perbandingan produk pot tanaman gantung terbaik

Gambar produk
1
IKEA BITTERGURKA Hanging Planter 1

IKEA

2
IKEA SOCKER Hanging Planter 1

IKEA

3
Wall Hanging Planter Half Round 1

4
Florina Hanging Flower Pot 1

5
Pot Gantung Bohlam 1

6
Upside Down Hanging Plant Pot 1

7
IKEA SKURAR Hanging Planter 1

IKEA

8
Pot Gantung Ijuk Serabut Kelapa 1

9
Multicolor Hanging Pot 1

10
Natural Wooden Wall Planter Pot 1

Nama produk

BITTERGURKA Hanging Planter

SOCKER Hanging Planter

Wall Hanging Planter Half Round

Florina Hanging Flower Pot

Pot Gantung Bohlam

Upside Down Hanging Plant Pot

SKURAR Hanging Planter

Pot Gantung Ijuk Serabut Kelapa

Multicolor Hanging Pot

Natural Wooden Wall Planter Pot

Keunggulan

Cantik dan multifungsi, tampilan ruangan pun makin menawan

Material galvanized steel jadikan produk ini makin awet

Hadirkan atmosfer vintage dalam ruangan

Ada space penyimpanan air, tanaman pun segar senantiasa

Tampil unik dengan desain ala bohlam

Bisa memajang tumbuhan secara terbalik, kekinian banget!

Hiasannya seperti renda, sangat chic!

Kuatkan nuansa alami saat dipajang

Warnanya sangat beragam, makin bebas berkreasi

Bikin ruangan bergaya rustic makin warm dan cozy

HargaRp 218.500,00Rp 167.700,00Rp 73.000,00Rp 25.500,00Rp 150.000,00Rp 151.000,00Rp 118.900,00Rp 35.000,00Rp 35.000,00Rp 24.500,00
TipeHangingHangingWall mountedHangingHangingHangingHangingHangingWall mountedWall mounted
Ukuran36,8 cm × 29,2 cm19 cm × 20 cm25 cm × 25 cm; 30 cm × 30 cm; 35 cm × 35 cm; dan 40 cm × 40 cm21 cm × 8 cm × 12 cm±8 cm × 14 cm13 cm × 9,5 cm13 cm × 9,5 cm25 cm × 20 cm9,5 cm × 8 cm × 10 cm20 cm × 20 cm
MaterialBaja dan bambuGalvanized steelBesi dan kelapaPlastikKacaPP (polipropilena), keramik, dan metalBajaSerabut kelapaBesiKayu pinus jati Belanda
Tautan produk

Tanaman yang direkomendasikan untuk pot tanaman gantung

Pada dasarnya, Anda dapat menanam beragam tanaman di pot tanaman gantung. Meski begitu, ada tanaman-tanaman tertentu yang sangat direkomendasikan. Berikut akan kami jelaskan lebih detail.

Tanaman dedaunan untuk tipe wall mounted

Tanaman dedaunan untuk tipe wall mounted
Banyak produk tipe wall mounted yang dapat menampung tanah. Anda bisa menggunakannya untuk menanam tanaman lidah mertua, dischidia, peperomia, sugar vine, atau tanaman dedaunan lainnya. Tentu saja Anda juga bisa memilih pot wall mounted untuk memajang bunga hias dan bunga musiman.
Pajanglah seluruh tanaman tersebut dalam jumlah secukupnya dan berikan sentuhan akhir yang elegan. Jika Anda berencana memajangnya di luar ruangan, cek terlebih dahulu ketahanannya akan suhu panas dan dingin, ya!

Sukulen dan air plant untuk tipe hanging

Sukulen dan air plant untuk tipe hanging
Selain tanaman yang membutuhkan tanah, pot tipe hanging pun cocok untuk memajang sukulen, air plant, dan tanaman lainnya. Kebanyakan orang memajang tanaman ini di dalam ruangan. Jadi, Anda juga perlu mengetahui frekuensi penyiraman dan bisa tidaknya tanaman tersebut tumbuh tanpa terpapar matahari.

Baca juga rekomendasi tanaman lainnya di sini

Bagi Anda yang tidak ingin terlalu kerepotan dalam pemeliharaan, tanaman hias yang mudah dirawat adalah pilihan tepat. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk pun merupakan cara alami untuk mencegah Anda diganggu oleh nyamuk dalam ruangan. Ketahui lebih jauh mengenai kedua produk tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Pot tanaman gantung dapat mempercantik tidak hanya area dalam ruangan, tetapi juga luar ruangan. Anda bisa memilih produk dengan material yang paling Anda suka. Berbeda material, berbeda pula daya tarik dan aksen yang diberikan.
Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan tipe dan kapasitas yang Anda butuhkan. Ukuran pun jangan sampai luput dari perhitungan Anda. Pilihlah produk yang paling Anda suka dan nikmatilah keindahan beragam tanaman di depan mata Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    142.995 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    53.090 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    29.413 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    35.917 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    21.426 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    10.611 Views
  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    2.692 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori