10 Rekomendasi Makanan Bayi Terbaik Yang Aman Untuk Dikonsumsi Dari Umur 1 Tahun (Terbaik Tahun 2018)

10 Rekomendasi Makanan Bayi Terbaik Yang Aman Untuk Dikonsumsi Dari Umur 1 Tahun (Terbaik Tahun 2018)

Ketika memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai makan selain minum susu. Awalnya mungkin hanya beberapa suap saja, tetapi seiring pertumbuhan usia, nafsu makan anak bisa berubah. Untuk itu dibutuhkan makanan bayi yang aman dikonsumsi sejak umur 1 tahun.

Banyak makanan bayi yang dijual di supermarket maupun toko online. Namun, apakah Anda tahu kandungan di dalamnya aman untuk anak Anda atau tidak? Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih makanan bayi yang aman untuk anak berumur 1 tahun dan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti Indofood, Heinz, Nestle, dan lainnya untuk Anda. Baca penjelasan kami sampai selesai ya!

Daftar isi

Cara memilih makanan bayi terbaik yang aman untuk dikonsumsi dari umur 1 tahun

Apakah Anda mengetahui kriteria dalam memilih makanan bayi? Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih makanan bayi yang aman untuk dikonsumsi dari umur 1 tahun

Pilihlah produk yang tidak mengandung pewarna, pewangi, pengawet, serta tidak menimbulkan alergi

Pilihlah produk yang tidak mengandung pewarna, pewangi, pengawet, serta tidak menimbulkan alergi

Oleh karena makanan ini untuk dikonsumsi anak-anak, maka produk yang mengandung bahan pewarna, pewangi, dan pengawet harus Anda hindari. Lebih baik memilih yang terdapat zat aditif tanpa dilengkapi dengan bahan kimia lainnya. Jika anak Anda memiliki alergi terhadap suatu makanan, sebaiknya periksa juga kandungan makanan tersebut dengan benar agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Biasanya makanan bayi dibuat dengan standar dan kualitas yang baik untuk keamanan yang mengonsumsinya. Di Indonesia sendiri, pabrik-pabrik yang memproduksi makanan bayi memiliki standar yang tinggi dari sisi kualitas produk dan kebersihan. Tentunya hal ini akan memberikan perasaan yang nyaman dan tenang untuk para ibu yang akan memberikan makanan bayi ke anaknya.

Pilihlah produk dengan bahan baku yang jelas

Pilihlah produk dengan bahan baku yang jelas

Tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk anak Anda. Oleh karena itu, produk makanan dengan bahan baku yang jelas merupakan pilihan yang utama untuk Anda. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual produk makanan bayi dengan bahan baku organik yang tentunya bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk anak Anda.

Mengetahui bahan baku produk akan membuat Anda merasa lebih aman dalam memberikan makanan ke anak Anda. Sebaiknya sebelum membeli produk tersebut, Anda bisa memeriksa bahan kandungannya terlebih dahulu di internet atau di situs resmi produk makanan tersebut.

Pilihlah produk dalam kemasan yang sesuai dengan kenyamanan Anda

Pilihlah produk dalam kemasan yang sesuai dengan kenyamanan Anda

Memilih kemasan makanan bayi merupakan hal penting yang harus Anda pikirkan. Sesuaikanlah kemasan makanan bayi dengan pola makan bayi, terutama untuk bayi berumur 1 tahun yang biasanya aktif bergerak dengan pola makan yang belum teratur. Anda dapat memilih produk dalam kemasan botol yang praktis dan mudah disimpan di dalam kulkas jika bayi Anda tidak menghabiskannya.

Untuk Anda yang bepergian dengan bayi keluar rumah, sebaiknya memilih makanan bayi dalam kemasan kantong atau botol kecil portabel. Produk kemasan kantong ini lebih praktis dan bisa Anda bawa dengan mudah di dalam tas. Ada juga produk makanan bayi yang dikemas dalam bentuk plastik dengan penutup. Model seperti ini agak sulit dibawa, tetapi lebih aman karena makanan tidak mudah tumpah dan Anda dapat memasukkan banyak lauk atau berbagai jenis makanan lain ke dalamnya. Selain itu, juga ada dalam kemasan kardus dengan cara penyajian yang ringkas. Cukup campurkan dengan air hangat dan langsung dapat disajikan ke bayi Anda.

Pilihlah tekstur makanan yang sesuai dengan perkembangan anak

Pilihlah tekstur makanan yang sesuai dengan perkembangan anak

Ketika anak berumur satu tahun, giginya akan mulai tumbuh sehingga tidak masalah jika Anda memberikannya makanan dengan tekstur yang lembut, karena tidak akan menyakiti gigi dan gusi anak Anda. Pada usia tersebut, sangat dianjurkan untuk bisa sesekali mengenalkan bayi Anda dengan jenis makanan padat. Jika bayi Anda termasuk bayi yang senang makan, kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk mengenalkannya dengan berbagai macam bahan makanan.

Di lain sisi, ada anak yang pertumbuhan giginya sedikit lamban sehingga menjadi susah makan karena merasa tidak nyaman ketika mengunyah makanan. Karena kita sebagai orang tua tidak tahu apa yang membuat bayi tidak menyukai makanan tersebut, dari mulai umur beberapa bulan, pilihlah beberapa jenis makanan yang mudah dimakan, tetapi jangan berlebihan jenisnya karena kita juga perlu memikirkan apa yang bayi Anda sukai maupun tidak disukainya.

10 Rekomendasi makanan bayi terbaik yang aman untuk dikonsumsi dari umur 1 tahun

Selanjutnya kami akan merekomendasikan makanan bayi yang aman untuk dikonsumsi dari umur 1 tahun. Silakan memilih yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

10. Wakodo Baby Food Japanese Simmered Salmon & Potatoes

10. Wakodo Baby Food Japanese Simmered Salmon & Potatoes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Potongan ikan salmon dan kentang dengan kaldu yang menggugah selera

Makanan instan dari Jepang ini sudah teruji kualitasnya dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dimakan oleh anak. Makanan bayi ini terdiri dari campuran ikan salmon dan kentang dengan kaldu yang tentunya membangkitkan selera makan anak. Cara menyiapkannya juga mudah, cukup rendam dengan air hangat selama 2-3 menit, lalu tuangkan di atas nasi atau bubur anak Anda.

Kemasannya yang praktis membuat makanan instan ini cocok dibawa oleh Anda untuk bepergian keluar kota bersama dengan anak dan keluarga. Selain itu, Anda tidak perlu membawa perlengkapan memasak untuk anak Anda sehingga menghemat waktu Anda dalam menyiapkan makanan.

9. Indofood SUN Tim Instan Ati Ayam

9. Indofood SUN Tim Instan Ati Ayam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Tim instan rasa ati ayam dengan segudang manfaat untuk pertumbuhan bayi Anda

SUN sudah dikenal sebagai makanan pendamping ASI di Indonesia dengan berbagai macam rasa yang menjadi favorit bayi. SUN menyediakan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh bayi Anda, seperti lima belas vitamin,  delapan mineral, DHA yang menstimulasi perkembangan otak. Selain itu, terdapat zat besi untuk sel darah merah, kalsium, dan asam amino untuk pertumbuhan tulang dan gigi sehat.

Tim instan dengan paduan rasa ati ayam ini memiliki beberapa manfaat, yaitu membantu pembentukan darah merah, bagus untuk mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh anak Anda. Makanan instan ini mudah disiapkan sehingga cocok untuk Anda membutuhkannya di luar rumah saat pergi bersama dengan si kecil dan suami.

8. Heinz Creamy Pasta and Tuna Mornay

8. Heinz Creamy Pasta and Tuna Mornay

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 52.400

Creamy & tasty! Padu padan pasta dan tuna yang serasi

Perpaduan pasta dan tuna dengan tekstur creamy yang lezat dan bergizi. Kandungan nutrisi dari ikan tuna di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan gizi anak Anda.  Pasta dan tuna yang bertekstur ini cocok untuk anak Anda yang sedang belajar mengunyah. Selain itu, ada juga varian lezat lainnya yaitu beef & vegetable casserole.

Kandungannya juga aman untuk anak yang memiliki alergi karena tidak terdapat kacang kedelai dan gluten di dalamnya. Produk ini mudah dibawa ke mana pun saat Anda travelling berkat kemasan botolnya yang praktis. Jika tidak habis, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk disajikan pada sore atau malam harinya.

7. Bitzy Baby Puree

7. Bitzy Baby Puree

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Homemade dan organik dengan sembilan macam rasa!

Makanan bayi ini dibuat homemade dengan bahan organik berkualitas baik untuk anak. Dijual dalam kemasan 100 ml, makanan bayi ini bisa dikonsumsi oleh Anda untuk satu kali makan. Ada sembilan macam rasa yang akan membuat bayi Anda tidak akan bosan menyantapnya! Ada juga bisa membelinya setiap hari untuk berganti-ganti rasa.

Dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, makanan bayi ini dapat bertahan 2-3 hari di dalam kulkas biasa dan sebulan apabila di dalam freezer. Untuk ibu yang sibuk bekerja, makanan bayi ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak Anda di mana saja.

6. Rafferty’s Garden Baby Bolognese with Macaroni Lumpy Food

6. Rafferty's Garden Baby Bolognese with Macaroni Lumpy Food

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 62.000

Tiga macam sayuran di dalam satu kemasan. Praktis dan bergizi!

Diimpor dari Australia, makanan bayi ini terdiri dari pasta makaroni dengan campuran tomato puree, wortel, daging sapi, bawang bombai, dan tomat cincang. Pasta dan saus tomat merupakan perpaduan yang serasi dan disukai oleh hampir semua orang, termasuk anak-anak.

Perpaduan tiga macam sayuran di dalamnya juga bagus untuk perkembangan tubuh anak Anda pada usia 10 bulan ke atas. Kandungan gluten di dalamnya mungkin saja dapat memicu alergi pada anak Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek komposisi kandungan makanan ini terlebih dahulu.

5. Indofood Promina Sup Mi Ayam dan Sayur

5. Indofood Promina Sup Mi Ayam dan Sayur

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.900

Anak bosan makan nasi? Coba sup mi, yuk!

Sup mi dengan rasa ayam dan sayur ini bisa menjadi pilihan jika anak Anda sedang bosan dengan menu nasi atau bubur. Tekstur mi yang halus akan memudahkan anak Anda untuk menelan makanan tanpa membuatnya tersedak. Kebutuhan nutrisi anak pun akan tercukupi dengan sup mi ini.

Rasanya yang lezat akan membuat anak Anda makan dengan lahap. Dalam satu kotaknya terdapat tiga sachet untuk tiga kali makan. Selain rasa ayam dan sayur, sup mi ini juga tersedia dengan rasa daging dan sayur yang dapat disesuaikan dengan selera makan anak Anda.

4. Heinz Organic Tender Beef with Vegetable Mash

4. Heinz Organic Tender Beef with Vegetable Mash

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.500

Perpaduan daging dan sayuran yang lezat dengan tekstur lembut untuk anak Anda

Dibuat dengan campuran daging sapi, beras, dan sayuran organik, Heinz memproduksi makanan yang aman dikonsumsi anak Anda dengan rasa yang enak. Produk ini juga tidak menggunakan pewarna, pengawet, dan penambah rasa sehingga Anda bisa memberikannya kepada anak tanpa rasa khawatir.

Teksturnya yang lembut juga memudahkan anak Anda untuk mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Kandungannya juga aman untuk anak Anda yang memiliki beberapa alergi makanan karena tidak mengandung telur, kacang, ikan, wijen, gluten, kedelai, susu, dan gandum.

3. Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu Wortel Bayam & Labu

3. Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu Wortel Bayam & Labu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.000

Mengandung banyak asupan nutrisi tambahan untuk si kecil!

Bubur serealia ini dapat dimakan oleh bayi dari usia 6-24 bulan dengan rasa wortel, bayam, dan labu yang lezat. Kandungan zat besi dan yodium di bubur ini dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk anak Anda.

Selain itu, bubur serealia ini juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh anak Anda. Tekstur buburnya yang lembut mudah dicerna oleh anak Anda. Harganya yang juga terjangkau membuat produk ini menjadi salah satu pilihan makanan bergizi yang bisa Anda berikan kepada anak.

2. Hero Baby Food Jars

2. Hero Baby Food Jars

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.900

Buat bayi Anda senang dengan camilan bayi rasa buah-buahan segar

Paduan dari buah pir, jeruk, dan pisang ini memiliki rasa yang segar dan kaya akan vitamin C. Dapat dikonsumsi oleh anak umur 1-3 tahun, makanan bayi ini bisa menjadi selingan atau camilan untuk anak Anda di sore hari. Rasa manisnya alami tanpa menggunakan perasa tambahan apa pun.

Produk ini juga bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh semua anak. Kemasan jar berukuran kecil memudahkan Anda membawa produk ini saat sedang bepergian dengan anak Anda. Produk ini juga memiliki beberapa rasa lainnya yang bisa Anda selang-seling supaya anak tidak bosan.

1. Peachy Chicken and Corn Soup

1. Peachy Chicken and Corn Soup

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Jagung manis dan ayam? Dijamin anak pasti akan ketagihan dengan rasanya

Peachy selalu memproduksi makanan bayi dengan bahan pilihan yang aman dikonsumsi. Produk ini memiliki rasa seperti masakan rumahan yang membuat bayi Anda merasa nyaman untuk memakannya. Rasa jagung yang manis dengan daging ayam yang lembut akan terasa semakin lezat jika dicampur dengan nasi atau bubur.

Kemasannya yang berupa pouch juga terlihat simpel dengan tutup yang mudah dibuka. Produk ini dibuat tanpa perasa tambahan seperti gula garam dan dapat dikonsumsi dari bayi umur 7 bulan ke atas. Warna kemasannya yang cerah juga akan menarik minat anak Anda untuk makan.

Tips memberikan makanan kepada bayi Anda

Saat anak Anda memasuki usia 1 tahun, banyak variasi makanan yang dapat dimakan dan anak mulai makan dengan menggunakan tangannya sendiri. Kami telah merangkum tindakan pencegahan yang perlu Anda cermati agar acara makan dapat berjalan dengan menyenangkan untuk Anda dan anak tersayang.

Pastikan jam praktik dokter anak Anda

Pastikan jam praktik dokter anak Anda

Ketika anak Anda sudah menginjak usia 1 tahun, sebagian anak akan mulai mengonsumsi makanan orang dewasa. Sebaiknya Anda berhati-hati dengan bahan makanan yang Anda berikan kepada anak karena tidak semua makanan dewasa cocok untuk anak. Jika anak Anda memiliki gejala alergi akibat makanan yang dimakan, lebih baik membawanya ke rumah sakit untuk ke dokter anak. Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti jam praktik dokter anak di rumah sakit terdekat Anda.

Jangan menyimpan makanan yang sudah tersentuh mulut dan tangan anak

Jangan menyimpan makanan yang sudah tersentuh mulut dan tangan anak

Banyak anak yang makan sambil bermain sehingga ada kemungkinan makanan yang telah dibuka tidak habis dalam satu waktu. Untuk makanan yang dalam kemasan kantong, sebaiknya Anda segera menyimpan di wadah yang bisa ditutup dengan rapat. Selain itu, jangan menggunakan sendok yang sudah dipakai untuk mengambil makanan dari kemasan berbentuk botol. Ada baiknya Anda menggunakan sendok baru yang belum digunakan oleh anak Anda.

Pastikan makanan tersebut habis di hari berikutnya. Karena penyebaran kuman lebih mudah di mulut dan tangan anak, lebih baik jangan menyimpan makanan yang sudah terkena mulut atau tangan anak Anda agar tidak timbul penyakit.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda? Tidak seperti saat awal MPASI, makanan untuk bayi berusia 1 tahun memiliki berbagai macam bumbu dan menu. Selain membuatnya sendiri, Anda juga bisa memilih beberapa macam makanan bayi yang aman untuk anak Anda konsumsi. Dengan demikian, Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu mempersiapkan dan memasak untuk bayi Anda. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda menemukan makanan baru yang bisa menjadi favorit Anda dan bayi Anda.