10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2018)

Makanan bayi organik haruslah aman, lezat, dan mudah dikonsumsi. Untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi yang baik pastinya Anda akan memilih bubur bayi organik yang bebas dari zat berbahaya seperti pestisida. Produk bubur bayi organik bermacam-macam, misalnya bubur bayi kemasan retort, freeze dried, bubuk, dan botol.

Banyaknya merek dan jenis bubur bayi organik di pasaran mungkin membuat Anda bingung. Kami akan memberi informasi terkait hal-hal penting yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih bubur bayi organik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan bubur bayi yang bagus berdasarkan popularitas, harga, dan review dari pembeli lain.

Daftar isi

Alasan mengapa bubur bayi organik banyak direkomendasikan

Alasan mengapa bubur bayi organik banyak direkomendasikan

Tubuh bayi lebih kecil dibandingkan dengan orang dewasa sehingga ketika bersentuhan dengan pestisida dan bahan kimia lainnya akan berdampak besar walaupun jumlahnya hanya sedikit. Meskipun tidak berbahaya bagi kita, ada kemungkinan akan berdampak pada bayi. Selain itu, selama bayi memasuki periode makan, tubuh bayi berkembang dengan lebih cepat dan akan menyerap segala nutrisi dan energi. Semakin banyak bayi menyerap pestisida serta bahan kimia, dampak negatifnya akan semakin besar.

Selain itu, bayi harus mengonsumsi makanan khusus bayi karena organ pencernaan mereka seperti perut dan usus, belum sepenuhnya berkembang. Kemampuan bayi untuk detoksifikasi racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh masih belum optimal sehingga pestisida yang terkandung dalam makanan menumpuk dengan cepat di dalam tubuh bayi.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda pasti memahami mengapa kami merekomendasikan bubur bayi organik. Jumlah bubur bayi organik yang dijual memang tidak sebanyak dengan bubur anorganik dan harganya cenderung lebih tinggi. Namun, kesehatan bayi adalah hal yang paling penting, bukan? Mari berikan bubur bayi yang aman agar bayi Anda selalu sehat.

Cara memilih bubur bayi organik

Jika Anda sudah membaca penjelasan di atas dan merasa bahwa Anda ingin memberikan bubur organik yang aman untuk bayi Anda, pilihlah bubur organik yang aman dan lezat dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Organik = bukan berarti bebas pestisida

Organik = bukan berarti bebas pestisida

Kriteria bubur bayi organik di Indonesia harus disetujui oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) dan sesuai dengan standar SNI (Standar Nasional Indonesia). Bubur organik belum tentu bebas pestisida karena terkadang penyemprotannya masih menggunakan pestisida anorganik yang diperbolehkan mengikuti standar ADI (Acceptance Daily Intake). Oleh karena itu, sebaiknya cek kembali kandungan bubur bayi Anda atau jenis pestisida apa yang digunakan pada produk tersebut.

Jangan mudah tertipu dengan label organik

Jangan mudah tertipu dengan label organik

Untuk semua makanan organik di Indonesia harus tersertifikasi oleh BPOM dan SNI, serta lebih baik lagi jika memenuhi ADI. Jadi bila tidak ada tanda tersebut sebaiknya Anda berhati-hati karena bisa saja label organik yang ada pada produk tersebut dikeluarkan oleh produsennya sendiri. Oleh karena itu, diharapkan Anda lebih berhati-hati sebelum membeli.

Standar internasional juga dapat Anda pilih

Standar internasional juga dapat Anda pilih

Banyak makanan bayi organik masuk ke Indonesia bahkan dijual tidak hanya di supermaket melainkan banyak juga dijual secara online. Jika makanan organik tersebut merupakan produk impor, tentunya standar organik yang dimiliki berdasar pada standar negara tersebut.

Ada standar sertifikasi dunia misalnya JAS untuk negara Jepang, ECOCERT untuk negara Perancis dan BioLand untuk negara Jerman. Jadi sebaiknya pertimbangkan dengan baik standar keamanan bubur organik mana yang aman menurut Anda.

Pilih bubur organik yang sesuai dengan usia bayi

Pilih bubur organik yang sesuai dengan usia bayi

Ketika bayi mulai makan artinya bayi memasuki tahap perkembangan organ pencernaan gastrointestinal. Tekstur makanan yang dapat dicerna bergantung pada usianya. Jika tidak tepat pemilihan makanannya dapat menyebabkan diare dan penyakit lainnya. Pastikan memilih bubur bayi organik sesuai dengan tubuh dan usia bayi karena selalu tertera informasi yang jelas untuk usia berapa produk tersebut diperuntukkan.

Periksa bahan pengawet dan zat aditif yang digunakan

Periksa bahan pengawet dan zat aditif yang digunakan

Walaupun tidak mengandung pestisida, Anda harus memeriksa apakah terdapat bahan pengawet dan zat aditif di dalamnya. Terkadang untuk memperpanjang masa kedaluwarsa produk, produsen menggunakan bahan pengawet dan aditif pada produknya. Anda harus memeriksa dengan teliti apakah bubur bayi organik yang Anda pilih bebas dari bahan kimia berbahaya dan zat pewarna yang tidak dibutuhkan.

Kenali zat pemicu alergi dengan saksama

Kenali zat pemicu alergi dengan saksama

Organ pencernaan pada bayi belum berkembang secara sempurna sehingga sangat rentan terhadap risiko alergi. Periksa bubur bayi Anda apakah mengandung 7 bahan penyebab utama reaksi alergi seperti telur, produk susu, gandum, kacang, soba, udang, dan kepiting. Sedikit saja zat pemicu alergi masuk ke tubuh bayi bisa mengakibatkan reaksi yang intens. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati dan memeriksa produk dengan baik jika bayi Anda alergi terhadap suatu makanan.

Rasa yang hambar lebih aman dan mudah diatur variasi menunya

Rasa yang hambar lebih aman dan mudah diatur variasi menunya

Periode makan bayi yang dimulai saat berusia 5 bulan. Pada saat itu, indera perasa bayi mulai terbentuk dan dilatih melalui makanan. Hindari bubur bayi dengan rasa yang kuat terlebih dahulu sampai bayi Anda terbiasa. Mulailah dengan rasa yang hambar agar mudah diatur variasi menunya, mudah dibuat, dan bayi dapat merasakan rasa masakan rumahan. Jangan lupa untuk menambahkan variasi makanan agar bayi makan dengan nikmat.

Mudah dan nyaman untuk dibawa kemana-mana

Mudah dan nyaman untuk dibawa kemana-mana

Kelebihan dari bubur bayi adalah Anda bisa membawanya kemana-mana. Ada berbagai tipe bubur bayi yang dapat Anda pilih seperti bubur bayi dalam kemasan retort pouch, dalam stoples, dan tipe freeze dry yang dapat kembali ke bentuk semula saat ditambahkan air panas. Pilihlah bubur bayi organik yang mudah dibawa dan bisa disantap dalam perjalanan.

Pilihlah makanan bayi yang dapat dibagi dan disimpan

Pilihlah makanan bayi yang dapat dibagi dan disimpan

Setiap bayi memiliki nafsu makan yang berbeda-beda dan seringkali bayi tidak dapat menghabiskan makanan yang banyak sekaligus sehingga menyisakan banyak makanan. Oleh karena itu, kami sarankan Anda memilih produk yang dapat dibagi dalam beberapa bagian semaksimal mungkin. Anda dapat menggunakan wadah es batu untuk produk yang tidak tahan lama setelah dibuka. Isi wadah es batu, lalu bekukan dalam lemari pendingin, gunakan sesegera mungkin.

10 Rekomendasi bubur bayi organik terbaik yang enak dan aman dikonsumsi

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan bubur bayi organik yang enak dan aman untuk dikonsumsi bayi. Yuk, kita lihat!

10. Mamia Organic Baby Food Veggie

10. Mamia Organic Baby Food Veggie

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Sayuran sehat dengan rasa yang enak!

Untuk Anda yang ingin mengenalkan sayuran organik sejak dini kepada bayi, maka produk ini sangat cocok untuk Anda. Dengan menggunakan bahan sayuran premium, bayi Anda dapat merasakan kualitas sayuran yang baik dari awal mereka mulai makan. Rasanya pun enak karena dibuat dengan bahan-bahan pilihan. Mereka akan mencoba aroma serta rasa yang baru.

Makanan bayi ini sangat aman untuk bayi Anda karena tidak mengandung bahan pewarna, perasa buatan, gula, garam, dan bahan pengawet. Anda dapat memberikan makanan ini pada bayi Anda sejak usia 4 bulan ke atas. Kemasannya pun praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

9. Nayz Bubur Organik Lebrania Rasa Salmon

9. Nayz Bubur Organik Lebrania Rasa Salmon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Bayi cerdas dengan bubur bayi bernutrisi tinggi

Anda mencari bubur bayi dengan manfaat ekstra? Bubur ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Terbuat dari beras organik, sayuran organik, dan ikan salmon pilihan yang tinggi kandungan omega 3 dapat membantu perkembangan daya ingat dan fungsi otak pada bayi Anda.

Produk ini telah terdaftar di BPOM, tersertifikasi halal, tidak mengandung bahan pewarna, gula, garam dan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi oleh bayi Anda. Penyajiannya pun mudah, cukup dimasak menggunakan rice cooker maupun slow cooker dan siap untuk disajikan. Makanan ini dapat dikonsumsi pada bayi berusia 6 bulan ke atas.

8. Plum Organics Apple, Plum, Berry and Barley

8. Plum Organics Apple, Plum, Berry and Barley

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Kombinasi rasa buah dan sayur pilihan dalam genggaman

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas dan Anda ingin mengenalkan berbagai rasa makanan pada bayi Anda maka produk ini adalah pilihan yang tepat. Produk ini menawarkan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian pilihan dalam satu produk sehingga bayi Anda akan belajar merasakan tekstur, rasa, dan warna makanan yang berbeda saat mengonsumsinya.

Produk ini telah tersertifikasi menggunakan bahan organik dan bukan merupakan produk GMO sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Anda akan sangat menyukai produk ini karena menggunakan kemasan BPA free dan sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Sangat aman dan praktis bukan?

7. Gasol Organik Tepung Ubi

7. Gasol Organik Tepung Ubi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Bubur organik lokal yang aman dari risiko alergi

Apakah Anda mencari produk hasil pertanian organik dari Indonesia? Jika iya, maka bubur ini dapat Anda jadikan pilihan. Bubur ini sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI serta dapat Anda variasikan jus ataupun yoghurt untuk bayi yang lebih besar. Terbuat dari ubi, karbohidrat yang mudah dipecah sehingga lebih cepat dicerna oleh bayi.

Jangan khawatir bila bayi Anda mempunyai alergi karena produk ini tidak mengandung susu, gluten, dan telur. Selain itu, produk ini sudah bersertifikat internasional untuk keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Dengan warna dari bubur bayi organik yang keungu-unguan mungkin menarik perhatian bayi Anda, dan dapat meningkatkan selera makan bayi Anda.

6. Bellamy’s Organic Spring Vegetable Macaroni

6. Bellamy's Organic Spring Vegetable Macaroni

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Belajar mengunyah lebih sehat dan menyenangkan

Jika Anda mencari makanan bayi yang dapat mendorong anak untuk mengunyah makanan, maka produk ini pilihan yang tepat. Produk ini cocok untuk bayi yang sedang belajar mengonsumsi makanan padat karena bubur bayi ini memiliki gumpalan-gumpalan kecil dengan tekstur yang lembut sehingga bayi akan terdorong untuk mengunyah makanan.

Berisi berbagai sayuran, buah-buahan, dan beras coklat, makaroni bersertifikasi organik ini akan melengkapi nutrisi bayi Anda. Produk ini juga memiliki tutup pengaman kemasan yang mencegah bayi Anda tersedak ketika mengonsumsi makanan ini. Menyenangkan, bukan?

5.  Topfer Bio Organic Whole Grain Spelt Cereal

5.  Topfer Bio Organic Whole Grain Spelt Cereal

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 97.100

Tingkatkan imunitas si kecil dengan tepung gandum spelt!

Pernahkah Anda mendengar bahan makanan bernama spelt? Spelt adalah jenis gandum yang telah ditanam dan dibudidayakan sejak ribuan tahun yang lalu. Spelt kaya akan manfaat dan nutrisi seperti zat besi, mangan, tembaga, fosfor, potasium, seng, vitamin B6, dan asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan tulang, saraf dan sistem imun bayi Anda.

Selain dari ASI, tingkatkan juga sistem kekebalan tubuh bayi melalui produk ini! Bubur organik bayi ini terbuat dari tepung gandum spelt utuh, tanpa bahan pengawet, perasa, pewarna, dan pemanis buatan. Produk ini dapat dikonsumsi oleh bayi berusia 6 bulan ke atas. Untuk bayi yang berusia lebih besar bisa Anda tambahkan buah dan yoghurt sesuai selera agar bayi tidak bosan.

4. Why not? Organic 3 Fruits Cereal

4. Why not? Organic 3 Fruits Cereal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 230.000

Bayi sembelit? Ganti bubur bayi Anda dengan yang mudah dicerna

Saat bayi baru mulai makan, bayi terkadang mengalami sembelit akibat makanan yang sulit dicerna. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena produk ini memakai bahan baku quinoa dan sereal beras organik yang mudah untuk dicerna oleh tubuh bayi. Produk yang kaya protein ini juga akan membantu membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh bayi Anda yang rusak.

Jangan ragukan rasa dari bubur ini. Walaupun tidak menggunakan gula dan garam, bubur ini tetap terasa lezat berkat tambahan rasa dari buah pisang, jeruk, dan pir organik yang memberi rasa manis. Bukan hanya lezat, semua bahan yang digunakan bebas pestisida, herbisida, dan aditif buatan. Luar biasa, bukan?

3. Only Organic Banana Blueberry & Quinoa Pouch

3. Only Organic Banana Blueberry & Quinoa Pouch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 56.000

Bubur bayi yang mudah ditelan dengan kelezatan alami

Produk makanan bayi yang sangat terkenal di Australia dan Selandia baru ini menggunakan berbagai bahan organik pilihan yang bersertifikat. Setiap nilai nutrisi yang terkandung sangat diperhatikan oleh ahlinya sehingga bayi mendapatkan gizi optimal yang dibutuhkan. Selain itu, semua bahan diolah oleh koki profesional sehingga makanan akan terasa lezat di mulut bayi.

Menggunakan buah pisang, blueberry, dan quinoa yang dibuat secara slow cooked dan dicampur hingga halus sehingga bayi yang berusia 6 bulan ke atas dapat menelan makanan ini dengan baik tanpa khawatir akan tersedak. Sangat cocok dimakan saat sarapan atau sebagai cemilan sehat saat bepergian keluar rumah.

2. Heinz Organic Tender Beef with Vegetable Mash

2. Heinz Organic Tender Beef with Vegetable Mash

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 54.900

Nutrisi daging sapi pilihan dalam kemasan botol kaca

Jika Anda mencari produk makanan organik untuk usia 8 bulan ke atas maka produk ini dapat menjadi pilihan. Terbuat dari bahan-bahan bersertifikasi organik seperti tomat, ubi jalar, zukini, kentang, wortel, labu, nasi, dan daging sapi organik sehingga kaya nutrisi. Bubur bayi ini juga tidak mengandung penyedap atau pengawet buatan, sehat untuk bayi, bukan?

Teksturnya yang lembut akan membantu bayi dalam mengunyah makanan. Dikemas menggunakan botol kaca sehingga dapat disimpan selama dua hari di dalam lemari es setelah dibuka. Sangat praktis untuk Anda yang sibuk dan tidak sempat menyiapkan makanan untuk buah hati Anda. Gizinya lengkap, kemasannya premium, harganya juga terjangkau, menguntungkan, bukan?

1. Organix Raspberry and Banana Muesli

1. Organix Raspberry and Banana Muesli

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 128.000

Ajak bayi Anda mengeksplorasi rasa dan tekstur yang lebih menantang!

Seiring dengan semakin bertambahnya usia bayi Anda, semakin dekat pula Ia dengan makanan orang dewasa. Terkadang Anda suka bingung harus memberikan makanan seperti apa untuk bayi yang sudah agak besar agar mendapatkan variasi makanan yang lebih menantang. Produk ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk bayi Anda saat sudah berumur 10 bulan ke atas.

Produk ini menggunakan muesli yang lezat dengan menggabungkan oat chunky, buah lembut dan puff renyah yang akan membuat mulut bayi Anda benar-benar mengunyah dan merasakan sensasi baru yang menarik. Dengan demikian, bayi Anda terbantu untuk mengeksplorasi berbagai tekstur serta membiasakan bayi untuk selalu makan makanan yang sehat dan bergizi.

Kesimpulan

Untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi yang baik tentunya Anda ingin memberikan bubur organik terbaik untuk bayi Anda. Usahakan memilih produk bubur bayi organik yang telah tersertifikasi dan periksa terlebih dahulu kandungan di dalamnya.

Apakah Anda sudah menemukan bubur bayi organik yang sesuai untuk bayi Anda? Pastikan semua bahan yang digunakan organik dan bebas pestisida agar bayi Anda selalu sehat. Yuk, pilih makanan bayi yang aman dan bergizi!