• 10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Makanan pendamping ASI (MPASI) diperlukan agar tumbuh kembang buah hati Anda lebih optimal. MPASI bisa berupa bubur bayi organik yang bebas dari zat berbahaya, seperti pestisida. Terdapat berbagai macam bubur organik, misalnya yang dibuat tanpa susu sapi dan yang bisa disajikan tanpa perlu dimasak.

Kali ini, kami akan berbagi informasi cara memilih bubur bayi organik. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik berdasarkan rasa, kandungan nutrisi, serta teksturnya. Deretan merek bubur bayi organik yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Gasol, akan kami ulas. Simak juga komentar ahli gizi kami, Leona Victoria.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Alasan bubur bayi organik banyak direkomendasikan

Alasan bubur bayi organik banyak direkomendasikan

Tubuh dan organ pencernaan bayi belum berkembang sempurna layaknya orang dewasa. Kemampuan bayi dalam menyaring dan mengeluarkan racun pun masih belum optimal. Saat bayi mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, misalnya pestisida, hal itu berisiko memberikan dampak buruk. Jika mengonsumsinya secara terus-menerus, racun dapat menumpuk di dalam tubuh bayi.


Pemberian bubur organik lebih direkomendasikan untuk bayi karena mudah dicerna. Bubur organik terbuat dari bahan-bahan organik yang lebih sehat, minim pengawet, dan gizinya lebih tinggi dibanding bubur biasa.


Jumlah bubur organik yang dijual memang tidak sebanyak bubur biasa dan harganya cenderung lebih tinggi. Meski begitu, bubur bayi organik memiliki banyak manfaat dan keunggulan, misalnya sebagai berikut:


  • Minim paparan pestisida sehingga lebih aman untuk bayi
  • Lebih ramah lingkungan
  • Rasanya lebih enak dan mudah dicerna
  • Bergizi tinggi dan kaya vitamin
  • Kaya akan antioksidan yang baik untuk sistem imun bayi
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Label organik biasanya mengacu pada tidak dipakainya bahan sintetik seperti pestisida dan pupuk sintetik atau buatan. Bahan-bahan tersebut biasanya berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Permasalahan utama dengan label organik adalah sulitnya mengecek keaslian label tersebut, apakah betul semua bahan pembentuk bubur memenuhi standar label.


Tanpa label organik pun sebenarnya BPOM dan SNI sudah mengatur batas aman kadar logam berat dan cemaran. Selain itu, BPOM dan SNI juga mengatur batas aman pemakaian pengawet pada bubur bayi yang boleh dijual di Indonesia.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bubur bayi organik

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda mungkin ingin mulai memberikan bubur organik yang aman untuk bayi. Pilihlah bubur organik yang aman dan lezat dengan mempertimbangkan poin-poin berikut ini.

Periksa kandungan pestisida di dalamnya

Periksa kandungan pestisida di dalamnya
Kriteria bubur bayi organik harus lulus uji oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Namun, bubur bayi dengan bahan organik belum tentu bebas pestisida.

Bubur berbahan organik terkadang masih menggunakan bahan kimia yang diperbolehkan sesuai standar acceptance daily intake (ADI). Oleh karena itu, sebaiknya cek kembali kandungan bubur bayi Anda dan periksa adakah pestisida di dalamnya.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Memeriksa kandungan pestisida pada bubur bayi organik akan sangat sulit dilakukan. Hal ini disebabkan oleh sumber bahan baku produk makanan untuk anak biasanya berasal dari tempat yang berbeda-beda. Anda bisa berupaya dengan memilih produk dari brand yang tepercaya dan sering melakukan cek jaminan kualitas pada produknya.

Perhatikan label organiknya dengan saksama

Perhatikan label organiknya dengan saksama

Semua makanan organik di Indonesia harus mengantongi izin dari BPOM, SNI dan standar acceptance daily intake (ADI). Oleh karena itu, berhati-hatilah apabila produk yang ingin Anda beli tidak memiliki tanda tersebut.


Sebab, ada kemungkinan label organik pada kemasan suatu produk dibuat sendiri oleh produsennya. Jika bubur bayi organik telah dilabeli lulus uji BPOM dan SNI, dapat dipastikan bahwa produk tersebut aman dikonsumsi.

Pilih juga yang memiliki standar internasional

Pilih juga yang memiliki standar internasional
Tak hanya buatan lokal, beberapa makanan bayi organik yang dijual di supermarket dan marketplace Indonesia berasal dari luar negeri. Jika makanan organik tersebut merupakan produk impor, tentunya standar organik yang dimiliki berdasar pada standar negara tersebut.

Ada beberapa standar sertifikasi dunia, misalnya JAS (Jepang), ECOCERT (Perancis), dan BioLand (Jerman). Jadi, sebaiknya pertimbangkan dengan baik standar keamanan bubur organik mana yang aman menurut Anda.

Ketahui teksturnya dan sesuaikan dengan usia bayi

Ketahui teksturnya dan sesuaikan dengan usia bayi

Tekstur makanan yang bisa dicerna oleh bayi berbeda-beda tergantung usianya. Pemilihan makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan diare dan penyakit lainnya. Jadi, periksalah rekomendasi usia yang biasanya dicantumkan pada kemasan bubur bayi. Berikut adalah acuan yang bisa Anda gunakan saat memilih tekstur makanan bayi.


  • Bayi usia 6 bulan: Bubur yang halus dan agak cair (semilikuid).
  • Bayi usia 7-8 bulan: Bubur yang lebih kental dan agak bertekstur.
  • Bayi usia 9-10 bulan: Bubur bertekstur kasar atau dicincang dan finger food.
  • Bayi usia 11 bulan: Bubur nasi yang lembek atau bubur tim.
  • Bayi usia 12 bulan ke atas: Boleh mengonsumsi makanan yang sama dengan orang dewasa.
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Bubur bayi biasanya mempunyai level yang sesuai dengan usia bayi. Selalu usahakan agar tekstur MPASI anak terus naik sesuai dengan usianya meskipun menggunakan bubur fortif atau buatan. Kenaikan tekstur ini penting guna melatih kemampuan anak untuk mengunyah dan menelan.

Pastikan produk bebas bahan pengawet dan tidak mengandung zat aditif

Pastikan produk bebas bahan pengawet dan tidak mengandung zat aditif

Untuk memperpanjang umur simpan, terkadang produsen menggunakan bahan pengawet dan zat aditif pada produknya. Utamakanlah produk bubur bayi organik yang bebas dari bahan kimia berbahaya maupun zat pewarna yang tidak dibutuhkan.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Bahan tambahan buatan bisa ada dalam bentuk pewarna, perasa, pemanis, pengental (thickener), dan pengawet makanan. Bahan tambahan sintetik ini biasanya diberi kode E diikuti 3–4 angka di belakangnya, seperti E120 atau E1400.

Kenali kandungan zat pemicu alergi dengan cermat

Kenali kandungan zat pemicu alergi dengan cermat

Organ pencernaan pada bayi belum berkembang sempurna sangat rentan terhadap risiko alergi. Oleh karena itu, cermatilah kandungan bahan-bahan alergen yang ada dalam bubur oragnik. Contoh bahan penyebab utama reaksi alergi adalah telur, produk susu, gandum, kacang, soba, udang, dan kepiting.


Sedikit saja masuk ke tubuh bayi, zat pemicu alergi bisa mengakibatkan reaksi yang hebat. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati dan selalu periksa produk dengan baik jika bayi Anda alergi terhadap suatu makanan.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Jika ada riwayat alergi dalam keluarga, ada baiknya Anda lebih berhati-hati saat mengenalkan makanan yang tinggi risiko sebagai pemicu alergi. Ada cara yang bisa Anda coba untuk mengetahui apakah komponen tunggal makanan yang akan diberikan tinggi risiko atau tidak.


Oleskan sedikit komponen tersebut ke lengan atau bibir anak lalu lihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi alergi, Anda boleh memberikannya dalam jumlah lebih banyak atau sebagai campuran dalam bubur MPASI.

Hindari bubur dengan rasa kuat

Hindari bubur dengan rasa kuat
Makanan pendamping ASI mulai dibutuhkan bayi ketika berusia 6 bulan. Usia ini merupakan periode penting saat indera perasa bayi mulai terbentuk dan perlu dilatih melalui makanan. Sebisa mungkin, hindarilah bubur dengan rasa yang kuat.

Mulailah dengan bubur organik yang rasanya hambar dan mudah digunakan atau dimodifikasi sendiri sesuai selera. Dengan menambahkan variasi pada makanan bayi, buah hati Anda juga akan lebih menikmati makanannya.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Bubur dengan rasa tunggal seperti oatmeal, tepung beras, atau tepung ubi dapat Anda kreasikan dengan buah atau sayur yang dilembutkan (puree) lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan cita rasa makanan yang berbeda-beda kepada anak. Anda juga bisa tambahkan protein hewani dan lemak tambahan agar sesuai dengan prinsip menu lengkap.

Pertimbangan produk yang mudah dibawa

Pertimbangan produk yang mudah dibawa
Kelebihan dari bubur bayi adalah Anda bisa membawanya ke mana-mana. Ada berbagai tipe bubur bayi yang dapat Anda pilih, misalnya bubur bayi dalam kemasan retort pouch dan stoples. Terdapat pula bubur organik tipe freeze-dried yang dapat kembali ke bentuk semula saat ditambahkan air panas. Pilihlah bubur bayi organik yang mudah dibawa dan bisa disantap dalam perjalanan.
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Bentuk bubur dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika berpergian dengan mobil, kereta, atau pesawat terbang, mungkin akan lebih mudah menggunakan yang siap makan. Dengan demikian, Anda tidak perlu mempersiapkan makanan dengan air panas lagi.

Pertimbangkan bubur yang mudah dibagi atau disimpan

Pertimbangkan bubur yang mudah dibagi atau disimpan
Setiap bayi memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Terkadang, bayi tidak dapat menghabiskan makanan yang banyak sekaligus sehingga bersisa. Oleh karena itu, kami sarankan Anda memilih produk yang dapat dibagi dalam beberapa bagian.

Anda dapat menggunakan wadah es batu untuk produk yang tidak tahan lama setelah dibuka. Masukkan bubur bayi yang telah diseduh ke dalam wadah es batu, lalu bekukan dalam lemari pendingin. Meski demikian, pastikan untuk menghabiskannya secepat mungkin, ya!

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Jika Anda menyiapkan bubur beberapa porsi di awal, segera pisahkan bubur per porsi ke tempat yang bisa ditutup rapat dan kedap udara. Lalu, simpan bubur yang akan dimakan di waktu nanti di dalam kulkas atau freezer dalam keadaan tertutup rapat. Anda juga bisa membuat secukupnya untuk per kali makan.

10 Rekomendasi bubur bayi organik terbaik yang enak dan aman dikonsumsi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bubur bayi organik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Organix Raspberry & Banana Muesli menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Nayz Bubur Beras Organik BB Labos Rasa Kakap memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nutritionist, Leona Victoria.

Gambar produk
1
Nayz Bubur Beras Organik BB Labos Rasa Kakap 1

Nayz

2
Milna  Bubur Bayi Organic Multigrain 1

Milna

3
Gasol Organik Tepung Ubi 1

Gasol

4
Milna Bubur Bayi Organic Pisang 1

Milna

5
Nayz Menu 2 - Bubur Beras Organik Rasa Sapi 1

Nayz

6
Ceo Baby Meals Bubur Awal MPASI Hati Ayam Kampung 1

Ceo Baby Meals

7
Pureeland Appetite Booster Porridge 1

Pureeland

8
Little Spoon Tepung Beras Putih Organik 1

Little Spoon

9
Bellamy's Organic Organic Baby Rice with Prebiotic (GOS) 1

Bellamy's Organic

10
Only Organic Mango Chicken & Coconut Rice 1

Only Organic

Nama produk

Bubur Beras Organik BB Labos Rasa Kakap

Bubur Bayi Organic Multigrain

Organik Tepung Ubi

Bubur Bayi Organic Pisang

Menu 2 - Bubur Beras Organik Rasa Sapi

Bubur Awal MPASI Hati Ayam Kampung

Appetite Booster Porridge

Tepung Beras Putih Organik

Organic Baby Rice with Prebiotic (GOS)

Mango Chicken & Coconut Rice

Keunggulan

Komposisi gizi seimbang untuk naikkan berat badan bayi

Bantu perkembangan otak bayi dengan 12 vitamin dan 8 mineral

Mudah dicerna dan bisa diolah menjadi camilan

Rasanya enak dan pembuatannya praktis sehingga meringankan tugas ibu

Mengandung daging sapi sebagai sumber protein berkualitas tinggi

Sajikan rasa alami makanan karena bebas gula, garam, dan MSG

Tersedia dalam beragam rasa dan tekstur sesuai usia bayi

Bebas dikreasikan menjadi beragam menu

Menggunakan kemasan ziplock sehingga lebih terjaga kesegarannya

Bubur organik tanpa susu sapi, aman untuk bayi yang alergi

Harga mulai dariRp 16.135,00Rp 35.000,00Rp 28.000,00Rp 35.000,00Rp 34.155,00Rp 47.000,00Rp 95.000,00Rp 35.000,00Rp 59.900,00Rp 75.000,00
Rekomendasi usia bayi9 bulan ke atas8 bulan ke atas6 bulan ke atas6–12 bulan12 bulan ke atas6 bulan6–7 bulan, 8–9 bulan, 10–11 bulan ke atas6–9 bulan4 bulan ke atas10 bulan ke atas
Isi50 g, 300 g120 g200 g120 g150 g, 275 g200 g150 ml200 g125 g170 g
PenyajianDimasakDiseduhDimasakDiseduhDimasakDimasakLangsung makan atau dihangatkanDimasakDiseduhDihangatkan
Izin edar atau sertifikatHalal MUI, BPOM, GMPBPOM, SNIBPOM, Organik Indonesia, SNIBPOM, SNIHalal MUI, BPOM, GMPTidak ada keteranganHalal MUITidak ada keteranganOrganic (NASAA), ACO (Australia)Organik Indonesia
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya×
Tanpa susu sapi×××
Tautan produk
10
Rekomendasi usia bayi10 bulan ke atas
Isi170 g
PenyajianDihangatkan
Izin edar atau sertifikatOrganik Indonesia
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi
9

Bellamy's OrganicOrganic Baby Rice with Prebiotic (GOS)

Mulai dari Rp 59.900,00

Rekomendasi usia bayi4 bulan ke atas
Isi125 g
PenyajianDiseduh
Izin edar atau sertifikatOrganic (NASAA), ACO (Australia)
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi×
8

Little SpoonTepung Beras Putih Organik

Mulai dari Rp 35.000,00

Rekomendasi usia bayi6–9 bulan
Isi200 g
PenyajianDimasak
Izin edar atau sertifikatTidak ada keterangan
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi
7

PureelandAppetite Booster Porridge

Mulai dari Rp 95.000,00

Rekomendasi usia bayi6–7 bulan, 8–9 bulan, 10–11 bulan ke atas
Isi150 ml
PenyajianLangsung makan atau dihangatkan
Izin edar atau sertifikatHalal MUI
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi
6

Ceo Baby MealsBubur Awal MPASI Hati Ayam Kampung

Mulai dari Rp 47.000,00

Rekomendasi usia bayi6 bulan
Isi200 g
PenyajianDimasak
Izin edar atau sertifikatTidak ada keterangan
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi
5

NayzMenu 2 - Bubur Beras Organik Rasa Sapi

Mulai dari Rp 34.155,00

Rekomendasi usia bayi12 bulan ke atas
Isi150 g, 275 g
PenyajianDimasak
Izin edar atau sertifikatHalal MUI, BPOM, GMP
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi
4
Rekomendasi usia bayi6–12 bulan
Isi120 g
PenyajianDiseduh
Izin edar atau sertifikatBPOM, SNI
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi×
3
Rekomendasi usia bayi6 bulan ke atas
Isi200 g
PenyajianDimasak
Izin edar atau sertifikatBPOM, Organik Indonesia, SNI
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi
2
Rekomendasi usia bayi8 bulan ke atas
Isi120 g
PenyajianDiseduh
Izin edar atau sertifikatBPOM, SNI
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya
Tanpa susu sapi×
1

NayzBubur Beras Organik BB Labos Rasa Kakap

Mulai dari Rp 16.135,00

Rekomendasi usia bayi9 bulan ke atas
Isi50 g, 300 g
PenyajianDimasak
Izin edar atau sertifikatHalal MUI, BPOM, GMP
Tanpa pestisida
Bebas pengawet dan tambahan lainnya×
Tanpa susu sapi

Pertanyaan umum seputar bubur bayi

Pertanyaan umum seputar bubur bayi

Selain review bubur bayi organik yang enak dan aman dikonsumsi, kami juga akan menjawab pertanyaan umum seputar bubur bayi. Simak uraian singkat berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Milna Goodmil itu apa?

Milna Goodmil adalah bubur bebas gluten dan susu sapi, rendah gula dan garam, serta tinggi protein, vitamin, dan mineral. Bubur bayi ini bisa diberikan mulai usia enam hingga dua belas bulan. Milna Goodmil tersedia dalam varian kombinasi rasa beras merah, ayam, sayuran, serta buah-buahan.

Bubur Milna Wgain untuk apa?

Milna Wgain adalah bubur yang diformulasikan secara khusus untuk mendorong kenaikan berat badan bayi. Bubur ini mengandung protein yang tinggi dari ayam, serta 15 vitamin dan 8 mineral dari bahan baku lainnya. Produk ini sebaiknya dikonsumsi sebanyak dua kali sehari oleh bayi usia enam dan delapan bulan ke atas.

Tips dari ahli gizi Leona Victoria, MND

Tips dari ahli gizi Leona Victoria, MND

Jangan lupa untuk melihat saran penyajian pada masing-masing kotak. Ada bubur yang perlu dimasak ulang, ada yang cukup ditambahkan air panas.

Baca juga rekomendasi baby food lainnya di sini

Bagi Anda yang mencari rekomendasi makanan bayi lainnya, Anda bisa merujuk pada artikel menarik di bawah ini. Sesuaikan baby food pilihan Anda dengan usia sang buah hati, ya!

Kesimpulan

Untuk kesehatan dan pertumbuhan yang baik, tentunya Anda ingin memberikan bubur organik berkualitas kepada bayi Anda. Usahakan memilih produk bubur bayi organik yang telah tersertifikasi dan periksa terlebih dahulu kandungan di dalamnya secara cermat.


Apakah Anda sudah menemukan bubur bayi organik yang sesuai untuk buah hati? Pastikan semua bahan yang digunakan organik dan bebas pestisida agar bayi Anda selalu sehat. Yuk, pilih makanan bayi yang aman dan bergizi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi memiliki beragam varian rasa serta kaya nutrisi.Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak, dan sehat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik dari beragam merek yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Cerelac. Ada yang berbahan organik, ada pula yang bermanfaat sebagai penambah berat badan bayi. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam tiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Maka dari itu, pemilihan susu formula untuk anak dua tahun haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Namun, nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak dua tahun?Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak dua tahun. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula dari merek terbaik, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Mulai umur 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Kandungan MPASI harus lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk menambah berat badan bayi, berikan ia makanan tinggi lemak seperti keju. Namun, Anda perlu memilih keju yang tepat untuk si kecil.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih keju yang baik dan enak untuk MPASI. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi keju MPASI terbaik dari merek-merek yang bagus, seperti Belcube, Greenfields, dan KRAFT. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Rekomendasi Makanan Instan Terbaik untuk Bayi 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Instan Terbaik untuk Bayi 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Selain minum susu, bayi mulai belajar makan ketika memasuki usia 6 bulan. Awalnya mungkin hanya beberapa suap, tetapi porsinya bisa berubah seiring pertumbuhannya. Karena itu, dibutuhkan makanan instan bayi yang aman dan mudah dikonsumsi sejak umur 1 tahun.Namun, makanan yang dijual di pasaran belum tentu memiliki kandungan yang aman bagi bayi. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih makanan instan yang aman untuk bayi umur 1 tahun. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Promina, Heinz, Cerelac, dan Peachy. Yuk, disimak!
    Makanan & susu bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori