10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaik Tahun 2018)

Salah satu cara untuk menekan tagihan listrik adalah dengan menggunakan lampu hemat energi seperti lampu LED. Namun, masih sedikit orang yang menyadari bahwa lampu bohlam LED ukuran kecil bisa menjadi solusi yang tepat untuk berbagai pemakaian, misalnya sebagai lampu tidur.

Lampu bohlam LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan lampu biasa dan tersedia dalam jenis beragam. Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produk yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk rekomendasi yang dapat menjadi referensi Anda!

Daftar isi

Lampu bohlam LED ukuran kecil memiliki cost performance yang tinggi!

Umumnya, lampu bohlam LED ukuran biasa mengonsumsi daya sekitar 8 kali lebih sedikit dibandingkan lampu pijar biasa, dan memiliki masa hidup sekitar 4 kali lebih lama dibandingkan lampu neon. Lantas, bagaimana dengan lampu bohlam LED ukuran kecil?

Jika disimpulkan secara langsung, bisa dikatakan bahwa lampu bohlam LED ukuran kecil memiliki kinerja yang jauh lebih baik daripada lampu bohlam kecil tipe biasa! Harga yang ditawarkan rata-rata berkisar antara 50 ribu rupiah untuk lampu bohlam LED ukuran kecil, dan sekitar 10 ribu rupiah untuk lampu bohlam kecil tipe biasa. Jika Anda hanya melihat angka pada saat pembelian lampu bohlam LED, tentu akan terlihat lebih mahal. Akan tetapi, jika Anda memperhitungkan “konsumsi daya” dan “masa hidup”, lampu bohlam LED ukuran kecil adalah pilihan yang paling tepat!

Konsumsi daya: 10 kali lebih hemat dari lampu bohlam kecil tipe biasa!

Konsumsi daya: 10 kali lebih hemat dari lampu bohlam kecil tipe biasa!

Konsumsi daya dari lampu bohlam kecil tipe biasa adalah sekitar 5 W, tetapi ketika diganti menjadi lampu bohlam LED, konsumsi dayanya hanya sekitar 0,5 W. Jika dihitung berdasarkan dayanya, ini sangat menguntungkan karena biaya dapat ditekan hingga sekitar sepersepuluhnya!

Masa hidup: 20 kali lebih lama dari lampu bohlam biasa!

Masa hidup: 20 kali lebih lama dari lampu bohlam biasa!

Lampu bohlam kecil tipe biasa memiliki masa pakai sekitar 2.000 jam. Walaupun bisa berbeda-beda tergantung pada produknya, lampu bohlam LED ukuran kecil memiliki masa pakai lebih lama, yaitu sekitar 40.000 jam. Selain dapat menghemat banyak dalam biaya pemakaian, hal ini merupakan poin yang dapat menjadi pertimbangan karena Anda dapat menghemat waktu dan tenaga tanpa perlu mengganti lampu dalam waktu lama. Bahkan jika digunakan sebagai lampu malam, lampu bohlam LED ukuran kecil ini dapat digunakan selama lebih dari 1.600 hari, atau sekitar lima setengah tahun!

Cara memilih lampu bohlam LED ukuran kecil

Periksa ukuran steker ulir (light bulb cap/base)

Periksa ukuran dasar

Steker ulir, atau light bulb cap/base, adalah bagian plug-in dari lampu bohlam (bagian yang masuk ke soket peralatan pencahayaan). Sebagai contoh untuk lampu bohlam dengan ukuran steker ulir 17 mm, notasi “E 17” akan tertulis pada kemasan produk tersebut.

Ada sekitar enam ukuran mulai dari E10 hingga E39. Ukuran E17 dan E26 biasanya digunakan untuk menyatakan lampu bohlam biasa, dan E10, E11, E12 dan E17 digunakan terutama untuk lampu bohlam ukuran kecil. Kesalahan dalam memilih ukuran bisa sering terjadi bagi pemula. Jadi, pertama-tama mari periksa ukuran soket lampu Anda dan kenali ukuran steker ulir lampu yang sesuai.

Periksa warna cahayanya

Periksa warna cahayanya

Secara umum, warna lampu bohlam LED dibagi menjadi putih, oranye, dan warna lampu pijar. Di antara jenis tersebut, warna putih paling cocok untuk senter dan lampu sepeda, karena cahayanya yang kuat. Saat menggunakan lampu bohlam LED sebagai lampu malam dalam ruangan, Anda dapat memilih warna yang mendekati oranye atau warna lampu pijar yang hangat.

Periksa tingkat kecerahannya

Periksa tingkat kecerahannya

Lampu bohlam LED sebagian besar menggunakan satuan lumen (lm) untuk menyatakan ukuran kecerahan. Angka ini juga bisa berubah tergantung pada peralatan pencahayaan yang digunakan. Lampu bohlam LED dengan kecerahan 230 lm bisa dikatakan setara dengan kecerahan lampu pijar 25 W, dan lampu bohlam LED 760 lm setara dengan lampu pijar 60 W.

Hanya saja, tingkat kecerahan untuk lampu bohlam LED ukuran kecil bisa dikatakan tidak banyak berbeda satu sama lain. Untuk lampu bohlam LED ukuran biasa, tingkat kecerahannya memang memiliki rentang cukup besar mulai dari 200 hingga 1.500 lm. Sementara untuk lampu bohlam LED ukuran kecil, tingkat kecerahannya cukup rendah dengan rentang sekitar 10-100 lm. Akan tetapi, ada juga produk yang tingkat kecerahannya lebih dari 100 lm meskipun berukuran kecil.

Ada juga beberapa produk yang menggunakan satuan candela (cd) daripada lumen. Meski agak membingungkan, lumen adalah satuan yang menyatakan fluks cahaya radiasi, yaitu jumlah kecerahan secara keseluruhan dari semua cahaya yang dipancarkan dalam arah tertentu oleh sumber cahaya. Sedangkan candela menyatakan tingkat kecerahan, yaitu seberapa kuat radiasi yang dipancarkan dalam arah tertentu dari sumber cahaya.

Sayangnya, tidak ada cara untuk membandingkan lumen dan candela kecuali dalam eksperimen di lapangan. Oleh karena itu, meski masih menjadi sebuah kebingungan, sering kali lumen digunakan sebagai satuan untuk lampu bohlam di dalam ruangan, sementara candela digunakan sebagai satuan untuk senter. Jadi, mari temukan lampu bohlam LED yang cocok untuk Anda.

10 Rekomendasi lampu bohlam LED terbaik ukuran kecil

Pada bagian ini, kami akan memberi 10 rekomendasi produk lampu bohlam LED ukuran kecil. Produk-produk terbaik ini telah kami pertimbangkan berdasarkan cost & performance-nya. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10.Chiyoda C-35 Nano LED Premium (Candle)

10.Chiyoda C-35 Nano LED Premium (Candle)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Atur keterangan cahaya sesuai mood Anda

Lampu LED berbentuk candle dari Chiyoda ini menggunakan daya sebesar 3 watt sehingga sangat hemat energi! Tingkat kecerahan Chiyoda C-35 Nano LED Premium ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu warna daylight (6500 K) dan warm white (3000 K) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian, misalnya untuk memberi kesan romantis pada ruangan Anda.

Lampu LED ini dapat diatur tingkat kecerahan cahayanya (bersifat dimmable) sehingga Anda bisa menyesuaikannya sesuai mood. Seperti halnya produk Chiyoda lainnya, lampu LED ini juga telah memiliki sertikasi dari ISO dan SASO sehingga aman digunakan.

9. Hannochs Candle LED E14 3 Watt

9. Hannochs Candle LED E14 3 Watt

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Sentuhan romantis dan hangat pada ruangan Anda

Hannochs Candle LED memiliki desain yang klasik sehingga sangat cocok digunakan untuk dekorasi rumah. Produk yang memadukan lampu lilin klasik dengan LED ini menghasilkan lampu berdaya 3 watt yang setara dengan 25 watt sehingga mampu menghemat lebih banyak energi dan tahan lebih lama.

Lampu LED ini menghasilkan cahaya warm white yang akan memberikan kesan romantis dan hangat pada ruangan Anda. Lampu bohlam LED yang mampu bertahan hingga 15.000 jam penggunaan ini tidak menghasilkan radiasi inframerah dan UV sehingga aman digunakan.

8. In-Lite Smart Saver’s LED Lighting INCL003

8. In-Lite Smart Saver's LED Lighting INCL003

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.000

Berikan kesan elegan dan hangat pada ruangan Anda

Warna cahaya warm white yang memberi kenyamanan dan kesan elegan dari In-Lite Smart Saver’s LED Lighting INCL003 ini hanya menggunakan daya sebesar 4 watt yang sangat hemat energi. Lampu LED ini tahan lama dengan masa pakai hingga 25.000 jam dan tersedia juga dalam pilihan warna cool daylight yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat menggunakan produk ini untuk menggantikan lampu bohlam biasa pada ruangan indoor maupun di luar ruangan dengan menghemat energi hingga 80%! Produk ini juga aman digunakan karena tidak menggunakan bahan yang mengandung merkuri serta tidak menimbulkan panas yang tinggi.

7. Chiyoda C-35 Filament LED

7. Chiyoda C-35 Filament LED

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.000

Produk lokal dengan sertifikasi internasional

Steker ulir berukuran E14 dan desain lampu yang transparan dari Chiyoda C-35 Filament LED ini menjadikannya sangat pas untuk digunakan sebagai lampu hias pada rumah Anda. Dengan pijar lampu berwarna warm white yang hangat, lampu LED yang memiliki masa pakai hingga 20.000 jam ini akan memberikan nuansa tersendiri pada pencahayaan ruangan Anda.

Lampu ini menghasilkan cahaya pijar hingga 220 lumen dan dengan daya hanya 2 watt! Anda juga tidak perlu khawatir menggunakan produk asal Indonesia ini karena telah dijamin keamanannya dengan sertifikasi internasional yang dimilikinya. Meskipun merupakan lampu LED, produk ini masih menggunakan filamen sehingga cocok untuk Anda yang menyukai desain lampu pijar tradisional.

6. IKEA Ryet LED Bulb (E14 200 lumen)

6. IKEA Ryet LED Bulb (E14 200 lumen)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.900

Bahan berkualitas tinggi yang aman digunakan

IKEA Ryet LED Bulb ini memiliki tingkat kecerahan 200 lumen dan mampu menghasilkan cahaya setara dengan lampu pijar berdaya 21 watt dengan menghemat energi hingga 85%! Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat pemakaian listrik, tetapi tetap mementingkan kecerahan cahaya untuk menerangi ruangan.

Lampu LED ini menggunakan bahan dasar polycarbonate plastic dan tidak mengandung merkuri sehingga aman digunakan. Produk dari IKEA ini memancarkan warna warm white yang akan memberikan nuansa hangat pada ruangan Anda dan memiliki masa pakai hingga 15.000 jam yang tahan lebih lama hingga 10 kali lipat dibandingkan lampu bohlam biasa.

5. Philips LED Candle Dimmable (E14/4W)

5. Philips LED Candle Dimmable (E14/4W)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Lampu bohlam dengan cahaya berkilau yang bisa diatur tingkat kecerahannya

Salah satu keunggulan dari Philips LED Candle (Dimmable) ini adalah desain optik khusus yang mampu menciptakan efek cahaya hangat yang berkilau. Fitur lainnya dari produk ini adalah tingkat kecerahannya yang bisa diatur sesuai selera. Semakin redup cahaya yang Anda pilih, semakin hangat cahaya lampu yang dihasilkan.

Anda tidak perlu lagi repot-repot mengganti lampu ruangan karena lampu dengan konsumsi daya 4 watt ini memiliki masa hidup hingga 15 tahun! Lampu bohlam ini sangat cocok digunakan sebagai lampu dekoratif untuk mempercantik ruangan dengan menempatkannya pada lampu hias atau kipas gantung di langit-langit ruangan untuk menciptakan suasana yang lebih meriah.

4. Osram Parathom Retrofit Classic B (E14/2,8W)

4. Osram Parathom Retrofit Classic B (E14/2,8W)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Mudah dipasang dan tahan terhadap getaran!

Lampu bohlam LED keluaran Osram yang satu ini sangat hemat listrik dengan konsumsi daya 2,8 watt untuk menghasilkan pijar setara lampu biasa berdaya 25 watt! Anda dapat memasangnya di dalam atau luar ruangan, dan bahkan sebagai lampu dekorasi. Lampu yang bebas merkuri ini dapat memancarkan cahaya seketika begitu dinyalakan, tanpa memerlukan waktu untuk pemanasan.

Lampu bohlam LED dengan warna warm white ini mudah dipasang dan tahan terhadap getaran sehingga tidak akan mudah rusak. Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahannya sesuai selera. Selain itu, lampu dengan dudukan berukuran E14 ini memiliki masa pakai hingga 15.000 jam! Sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan lampu yang tahan lama, bukan?

3. Philips LED Bulb (E14/6,5W)

3. Philips LED Bulb (E14/6,5W)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.900

Desain klasik lampu bohlam

Philips LED Buld dengan daya 6,5 watt ini menawarkan pencahayaan yang sangat terang, yaitu 600 lumen dan tersedia dalam pilihan warna cool daylight atau warm white yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Cahaya yang dihasilkan setara dengan lampu pijar biasa berdaya 60 watt sehingga Anda bisa menghemat energi hingga 89%!

Untuk Anda yang tidak menyukai cahaya lampu yang menyilaukan, produk ini merupakan pilihan yang tepat karena memanfaatkan teknologi LED yang teroptimasi untuk mengurangi efek silau hingga 60%. Produk ini juga mempertahankan bentuk dan tampilan bohlam lampu klasik sehingga sangat cocok untuk melengkapi interior rumah Anda.

2. IKEA Ledare LED Bulb (E14 400 lumen)

2. IKEA Ledare LED Bulb (E14 400 lumen)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.900

Tingkat cahaya yang dapat disesuaikan untuk berbagai suasana

IKEA Ledare LED Bulb dengan tingkat kecerahan 400 lumen ini mengonsumsi daya 85% lebih kecil dibandingkan lampu biasa berdaya 35 watt yang menghasilkan cahaya setara. Daya tahannya pun mencapai hingga 25.000 jam, atau sekitar 20 kali lebih lama dibandingkan lampu pijar biasa. Sangat tepat untuk menghemat pengeluaran Anda untuk biaya listrik!

Lampu LED dengan fitting ukuran E14 ini dapat bertahan pada segala cuaca karena memiliki toleransi temperatur mulai dari -20° hingga 40°C. Cahayanya juga dapat diatur tingkat kecerahannya sesuai kebutuhan sehingga bisa digunakan untuk segala suasana. Fitur ini juga bisa membantu mengurangi pemakaian listrik saat diredupkan, misalnya ketika Anda tidur.

1. Xiaomi Philips Zhirui Candle Light Bulb (Scrub)

1. Xiaomi Philips Zhirui Candle Light Bulb Scrub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 205.000

Atur warna dan kecerahan lampu dengan smartphone Anda!

Zhirui Candle Light Bulb ini merupakan lampu LED salah satu produk kolaborasi antara Xiaomi dengan Philips yang menghasilkan lampu yang memungkinkan Anda mengatur warna dan kecerahan cahayanya melalui aplikasi dari smartphone. Sangat cocok untuk Anda yang mementingkan kepraktisan teknologi! Pilihan pengaturannya pun tersedia dalam empat mode berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.

Lampu hemat energi ini terbuat dari bahan plastik ramah lingkungan yang berkualitas tinggi dan memiliki masa pakai hingga 10 tahun. Warna pijar dengan konsumsi daya 3,5 watt pada lampu ini sangat tepat untuk menerangi berbagai sudut ruangan, mulai dari kamar tidur, ruang keluarga, bahkan untuk restoran, hotel, dan coffee shop.

Kesimpulan

Lampu bohlam LED ukuran kecil memang memiliki banyak keunggulan, mulai dari tahan lama, hemat energi, dan beberapa produk yang bahkan sangat terjangkau harganya. Selain itu, masing-masing produsen juga melengkapi produknya dengan keunikan khusus yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga pembahasan di atas dapat menjadi referensi Anda dalam memilih produk lampu bohlam LED ukuran kecil yang paling sesuai dengan kebutuhan!