• 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Untuk itu, penggunaan lampu bohlam LED berukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain hemat energi, lampu LED ukuran kecil juga dapat menekan tagihan listrik. Namun, karena di pasaran terlalu banyak jenisnya, Anda mungkin kebingungan dalam memilih.

Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan lampu bohlam LED yang bagus dari berbagai merek. Ada Philips, Chiyoda, hingga IKEA. Silakan baca artikelnya dan temukan merek lampu bohlam LED ukuran kecil terbaik.
  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2022
Daftar isi

Lampu bohlam LED ukuran kecil memiliki cost performance yang tinggi!

Lampu bohlam LED ukuran biasa lebih hemat dan awet dibandingkan lampu pijar biasa. Lantas bagaimana dengan lampu bohlam LED ukuran kecil? Lampu bohlam LED ukuran kecil memiliki kinerja jauh lebih baik daripada lampu bohlam kecil tipe biasa


Harganya pun lebih mahal ketimbang lampu bohlam kecil tipe biasa. Jika hanya melihat angka pada saat pembelian, memang Anda mengeluarkan dana lebih banyak. Namun, bila memperhitungkan “konsumsi daya” dan “masa hidup”, lampu bohlam LED ukuran kecil adalah pilihan tepat!

Konsumsi daya: Sepuluh kali lebih hemat dari lampu bohlam kecil tipe biasa

Konsumsi daya: Sepuluh kali lebih hemat dari lampu bohlam kecil tipe biasa

Konsumsi daya dari lampu bohlam kecil tipe biasa adalah sekitar 5 watt. Namun, tergantung produknya, ketika diganti menjadi lampu bohlam LED, konsumsi dayanya hanya sekitar 0,5 watt. Jika dihitung berdasarkan dayanya, ini sangat menguntungkan karena biaya dapat ditekan hingga sekitar sepersepuluhnya!


Tambahan lagi, beberapa dari Anda mungkin ingin mengetahui apakah makin besar watt lampu makin terang? Jawabannya adalah iya. Namun, perbandingan tersebut hanya bisa dilakukan pada lampu yang sejenis, seperti LED 5 watt dengan LED 10 watt. Apabila Anda memiliki lampu LED 5 watt dan lampu pijar 10 watt, Anda tidak bisa membandingkan keduanya.

Masa hidup: Dua puluh kali lebih lama dari lampu bohlam biasa

Masa hidup: Dua puluh kali lebih lama dari lampu bohlam biasa

Lampu bohlam kecil tipe biasa umumnya memiliki masa pakai sekitar 2.000 jam. Walau berbeda-beda tergantung produknya, lampu bohlam LED ukuran kecil dapat memiliki masa pakai hingga 40.000 jam. 


Apabila digunakan sebagai lampu malam, lampu bohlam LED ukuran kecil dapat digunakan selama lebih dari 1.600 hari. Hal ini sama dengan sekitar lima setengah tahun! Anda pun dapat menghemat biaya pemakaian, waktu, dan tenaga karena tidak perlu sering mengganti lampu.

Cara memilih lampu bohlam LED ukuran kecil

Anda sudah mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki lampu bohlam LED ukuran kecil dibanding lampu lainnya. Kini mari pahami lebih jauh cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang tepat.

Periksa ukuran steker ulir (light bulb cap/base)

Periksa ukuran steker ulir (light bulb cap/base)
Steker ulir atau light bulb cap/base adalah bagian plug-in dari lampu bohlam (bagian yang masuk ke soket peralatan pencahayaan). Sebagai contoh, pada lampu dengan ukuran steker ulir 17 mm, notasi “E17” akan tertulis pada kemasan produk.

Ada sekitar enam ukuran steker ulir, mulai dari E10 hingga E39. Ukuran E17 dan E27 biasanya digunakan untuk menyatakan lampu bohlam biasa. Di sisi lain, ukuran E10, E11, E12 dan E14 digunakan untuk lampu bohlam ukuran kecil. Kesalahan dalam memilih ukuran bisa sering terjadi bagi pemula. Jadi, pertama-tama mari periksa ukuran soket lampu Anda dan kenali ukuran steker ulir lampu yang sesuai.

Cari tahu warna cahayanya

Cari tahu warna cahayanya

Umumnya warna lampu bohlam LED dibagi menjadi putih, oranye, dan warna lampu pijar. Dalam hal ini, kami menyarankan Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan atau keadaan ruangan, misalnya:


  • Lampu warna putih paling cocok untuk senter dan lampu sepeda karena cahayanya kuat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu LED yang bercahaya putih untuk menerangi ruang kerja.

  • Lampu berwarna oranye cenderung memberikan kesan hangat. Karena itu, lampu berwarna oranye cocok dipasang di ruangan bernuansa kayu. Anda juga bisa menggunakannya di rumah bergaya klasik. Cahayanya yang mirip lilin akan membuat rumah bergaya klasik terlihat makin indah.

  • Lampu LED yang warnanya mirip lampu pijar bisa dipasang di dalam kamar dan cocok dijadikan lampu tidur. Cahayanya yang hangat dan tidak terlalu cerah akan memberikan kesan santai. Pola tidur Anda pun tidak akan terganggu jika menyalakan lampu jenis ini pada malam hari.

Cek tingkat kecerahannya

Lampu bohlam LED sebagian besar menggunakan satuan lumen (lm) untuk menyatakan ukuran kecerahannya. Namun, ada pula lampu LED yang memakai satuan candela (cd). Untuk mengetahui perbedaan keduanya, silakan Anda simak poin-poin di bawah ini.

Lumen: Cahayanya lebih menyebar

Lumen: Cahayanya lebih menyebar

Lampu yang menggunakan satuan lumen cenderung menyebarkan cahaya ke segala arah. Jadi, makin besar jumlah lumennya, makin luas juga area yang menerima pencahayaan. Lampu dengan satuan lumen cocok dipakai untuk menerangi ruangan.


Lampu bohlam LED dengan kecerahan 230 lm bisa dikatakan setara dengan kecerahan lampu pijar 25 watt. Sementara itu, lampu bohlam LED 760 lm setara dengan lampu pijar 60 watt. Angka ini bisa berubah tergantung pada peralatan pencahayaan yang digunakan. Untuk lampu bohlam LED ukuran biasa, rentang tingkat kecerahannya memang cukup besar, sekitar 200–1.500 lm.


Sayangnya tingkat kecerahan lampu bohlam LED ukuran kecil tak banyak berbeda satu sama lain. Pada lampu bohlam LED ukuran kecil, tingkat kecerahannya hanya berkisar 10–100 lm. Namun, ada juga produk lampu bohlam LED berukuran kecil yang tingkat kecerahannya lebih dari 100 lm.

Candela: Cahaya diarahkan ke titik tertentu

Candela: Cahaya diarahkan ke titik tertentu

Ada juga beberapa lampu bohlam LED yang menggunakan satuan candela (cd). Nah, beberapa dari Anda mungkin ingin tahu mengapa menggunakan satuan yang berbeda untuk mengukur cahaya? Jadi, candela merupakan satuan ukur untuk mengetahui seberapa kuat radiasi yang dipancarkan ke arah tertentu dari sumber cahaya.


Lampu bohlam LED yang menggunakan satuan ukur candela biasanya digunakan oleh para mekanik. Cahaya yang berfokus ke satu titik akan memudahkan proses perbaikan mesin. Sayangnya, tidak ada cara untuk membandingkan lumen dan candela kecuali dalam eksperimen di lapangan.

Karena itu, meski hal ini masih agak membingungkan, lumen sering digunakan sebagai satuan untuk lampu bohlam dalam ruangan. Sementara itu, candela digunakan sebagai satuan untuk senter. Jadi, mari temukan lampu bohlam LED yang cocok untuk Anda.

10 Rekomendasi lampu bohlam LED terbaik ukuran kecil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu bohlam LED terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Ukuran lampuTidak disebutkan
Ukuran baseE12
Konsumsi daya3 watt
Warna lampuWarm White
Lumen260
9
Ukuran lampuPanjang: 10 cm・Diameter: 3,8 cm
Ukuran baseE14
Konsumsi daya6 watt
Warna lampuWarm White
Lumen470
8
Ukuran lampuPanjang: 7,6 cm・Diameter: 4,5 cm
Ukuran baseE14
Konsumsi daya4,5 watt
Warna lampuPutih
Lumen470
7
Ukuran lampuTidak disebutkan
Ukuran baseE14
Konsumsi daya2 watt
Warna lampuWarm White
Lumen220
6
Ukuran lampuPanjang: 11,3 cm・Diameter: 3,8 cm
Ukuran baseE14
Konsumsi daya4 watt
Warna lampuWarm White
Lumen250
5

Mitra Amertha SejahteraMEVAL Lampu Lilin LED

Mulai dari Rp 37.900,00

Ukuran lampuTinggi: 12 cm ・ Diameter: 4 cm
Ukuran baseE14
Konsumsi daya3,3 watt
Warna lampuKuning
Lumen250
4
Ukuran lampuPanjang: 11,2 cm ・ Diameter: 3,2 cm
Ukuran baseE14
Konsumsi daya4 watt
Warna lampuCool Daylight (putih), Warm White (kuning)
Lumen230
3
Ukuran lampuTidak disebutkan
Ukuran baseE14
Konsumsi daya5 watt
Warna lampuCool White, Warm White
Lumen500
2
Ukuran lampuPanjang: 10,6 cm・Diameter: 3,5 cm
Ukuran baseE14
Konsumsi daya4 watt
Warna lampuKuning
Lumen250
1

HamatsuLampu LED Candle

Mulai dari Rp 7.900,00

Ukuran lampuPanjang: 10 cm・Diameter: 5 cm
Ukuran baseE14
Konsumsi daya5 watt
Warna lampuWarm White
Lumen400

Tabel perbandingan produk lampu bohlam LED terbaik ukuran kecil

Gambar produk
1
Hamatsu Lampu LED Candle 1

Hamatsu

2
Philips LED Candle B35 1

Philips

3
Allumia Lampu LED Candle Milky 1

Allumia

4
In-Lite LED Lampu Hias Candle 1

In-Lite

5
Mitra Amertha Sejahtera MEVAL Lampu Lilin LED 1

Mitra Amertha Sejahtera

6
Philips MASTER LED Candle B38 1

Philips

7
Chiyoda C-35 Filament LED 1

Chiyoda

8
IKEA RYET 1

IKEA

9
Hannochs Candle LED 02 - Dimmable 1

Hannochs

10
Krisbow Bulb LED Corn 1

Krisbow

Nama produk

Lampu LED Candle

LED Candle B35

Lampu LED Candle Milky

LED Lampu Hias Candle

MEVAL Lampu Lilin LED

MASTER LED Candle B38

C-35 Filament LED

RYET

Candle LED 02 - Dimmable

Bulb LED Corn

Keunggulan

Lebih irit! Mampu menghemat energi hingga 90%

Ada EyeComfort-nya, mata jadi nyaman dan ruangan tampak indah

Tetap mampu beroperasi saat tegangan listrik rendah

Awet! Lampu bisa digunakan hingga 25.000 jam

Kenyamanan dan keamanan lebih terjaga dengan lampu LED kecil ini

Tingkat kecerahannya bisa diatur dan diklaim tahan hingga 15 tahun!

Masih memakai filamen, tetapi dengan kemampuan lampu LED!

Tahan bentur! Bola lampunya berbahan polikarbonat

Desainnya klasik, cahaya putihnya tetap berkesan hangat

Penerangan maksimal berkat sudut pencahayaan 360º

Harga mulai dariRp 7.900,00Rp 29.000,00Rp 40.500,00Rp 17.000,00Rp 37.900,00Rp 144.100,00Rp 26.800,00Rp 69.900,00Rp 47.500,00Rp 35.000,00
Ukuran lampuPanjang: 10 cm・Diameter: 5 cmPanjang: 10,6 cm・Diameter: 3,5 cmTidak disebutkanPanjang: 11,2 cm ・ Diameter: 3,2 cmTinggi: 12 cm ・ Diameter: 4 cmPanjang: 11,3 cm・Diameter: 3,8 cmTidak disebutkanPanjang: 7,6 cm・Diameter: 4,5 cmPanjang: 10 cm・Diameter: 3,8 cmTidak disebutkan
Ukuran baseE14E14E14E14E14E14E14E14E14E12
Konsumsi daya5 watt4 watt5 watt4 watt3,3 watt4 watt2 watt4,5 watt6 watt3 watt
Warna lampuWarm WhiteKuningCool White, Warm WhiteCool Daylight (putih), Warm White (kuning)KuningWarm WhiteWarm WhitePutihWarm WhiteWarm White
Lumen400250500230250250220470470260
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jenis lampu lainnya di sini

Selain lampu LED berukuran kecil, ada pula jenis lampu lain yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya yang dekat dengan penggunaan sehari-hari adalah lampu senter atau lampu emergency. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang jenis lampu tersebut, silakan menyimak artikel di bawah ini! Kami juga menyiapkan artikel tentang lampu jenis lainnya, lho!

Kesimpulan

Lampu bohlam LED ukuran kecil memang memiliki banyak keunggulan, mulai dari tahan lama dan hemat energi. Selain itu, beberapa lampu memiliki watt yang kecil dan harganya cukup terjangkau. Sebelum Anda membeli salah satunya, perhatikan juga cahayanya, ya!


Jika Anda menginginkan suasana hangat di dalam rumah, pilihlah lampu yang mengeluarkan cahaya kuning. Namun, apabila Anda berencana memasangnya di ruang kerja, lampu dengan cahaya putih adalah pilihan tepat. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika melakukan pekerjaan di tempat gelap, Anda tentu akan membutuhkan lampu senter. Lampu senter juga berguna sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat, bahkan bencana. Alat penerang ini wajib tersedia di setiap rumah. Di pasaran, lampu senter hadir dalam ukuran, tingkat pencahayaan, serta harga yang berbeda-beda. Karena itu, Anda mungkin jadi bingung saat memilihnya. Untuk membantu Anda, kami akan mengulas tips memilih dan merekomendasikan sepuluh lampu senter yang bagus. Produk dari Krisbow, Olight, dan Pocketman dapat Anda peroleh melalui situs belanja online. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lampu pintar merupakan peralatan rumah tangga berbasis IoT (internet of things) yang membuat ruangan Anda makin berwarna. Lampu pintar atau smart LED ini dilengkapi teknologi Bluetooth sehingga dapat dikontrol menggunakan iPhone dan Android. Selain bisa diatur waktu dan tingkat pencahayaannya, beberapa produk lampu pintar bahkan dilengkapi speaker internal.Agar tak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli lampu pintar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek, seperti Xiaomi, Philips, dan Bardi. Jangan sampai terlewatkan, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fitting lampu adalah salah satu bagian penting dalam instalasi lampu. Anda tidak akan bisa memasang lampu jika tidak ada komponen ini. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tips dan rekomendasi fitting lampu untuk Anda. Ada banyak jenis fitting lampu yang bisa Anda pilih, mulai dari jenis gantung, plafon, hingga fitting lampu colok. Bahkan, ada banyak pilihan merek fitting lampu yang bagus. Kami juga akan memberikan ulasan singkat fitting lampu merek Broco, Panasonic, Starco, dan lainnya. Silakan Anda baca hingga tuntas agar bisa mendapatkan produk fitting lampu terbaik!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lampu adalah barang esensial yang diperlukan, khususnya saat malam hari atau keadaan minim cahaya. Lampu membantu menerangi suatu area atau ruangan tertentu. Agar lampu berfungsi maksimal, pilihlah lampu yang jelas kualitasnya. Untuk itu, jatuhkanlah pilihan Anda pada lampu Philips yang sudah terkenal akan kualitasnya.Lampu Philips memiliki beragam tipe dan varian. Lalu, tipe lampu Philips mana yang tepat untuk kebutuhan Anda? Untuk menjawabnya, silakan simak ulasan lengkap mengenai lampu Philips di sini. Kami akan memberikan tips memilih lampu Philips beserta ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pencahayaan sebuah ruangan merupakan sesuatu yang vital karena pencahayaan yang baik dapat membuat penghuni ruangan menjadi nyaman. Ada berbagai model lampu yang bisa digunakan untuk mengatur pencahayaan suatu ruangan, salah satunya lampu plafon.Di pasaran, ada berbagai tipe dan merek lampu plafon yang bagus. Jika Anda bingung memilihnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi lampu plafon terbaik dari Philips, BARDI, dan sebagainya. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips memilih lampu plafon untuk Anda. Simak hingga akhir, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lampu meja merupakan benda praktis yang perlu dimiliki bila Anda ingin mengganti suasana ruangan. Atmosfer ruangan sangat bergantung pada jenis lampu meja yang dipilih. Mungkin Anda bingung memilih karena ada berbagai variasi desain, bentuk, warna, dan harga dari lampu meja.Kali ini, kami akan memperkenalkan poin-poin penting dalam memilih lampu meja dan memberikan produk rekomendasi untuk Anda. Beberapa merek yang dapat Anda jumpai, yaitu IKEA, Vanstar, dan Jiamei. Dengan begitu, kami yakin Anda akan lebih mudah mempertimbangkan lampu meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori