1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Lampu
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2023)

Banyak orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Untuk itu, penggunaan lampu bohlam LED berukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain hemat energi, lampu LED ukuran kecil juga dapat menekan tagihan listrik. Namun, karena di pasaran terlalu banyak jenisnya, Anda mungkin kebingungan dalam memilih.

Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan lampu bohlam LED yang bagus dari berbagai merek, misalnya Philips, Hannoch, dan IKEA. Silakan baca artikelnya dan temukan lampu bohlam LED ukuran kecil terbaik.
Diperbaharui 10-06-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan dan fungsi lampu bohlam LED ukuran kecil

Keunggulan dan fungsi lampu bohlam LED ukuran kecil

Lampu LED (light emitting diode) adalah lampu yang menggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan cahaya. Lampu bohlam LED lebih hemat dan awet ketimbang lampu bohlam kecil tipe biasa. Hal ini karena panas yang dikeluarkan lampu LED lebih sedikit, sementara cahaya yang dihasilkan lebih terang. Jadi, ia memiliki kinerja jauh lebih baik daripada lampu bohlam kecil tipe biasa


Harganya memang lebih mahal ketimbang lampu bohlam kecil tipe biasa. Jika hanya melihat angka pada saat pembelian, Anda akan mengeluarkan dana lebih banyak. Namun, jika memperhitungkan “konsumsi daya” dan “masa hidup”, lampu bohlam LED ukuran kecil adalah pilihan tepat! Berikut beberapa karakteristik lain dari lampu LED ukuran kecil.


  • Konsumsi daya

Jika Anda bertanya apakah lampu LED hemat energi listrik? Jawabannya ya! Konsumsi daya dari lampu bohlam kecil tipe biasa adalah sekitar 5 watt. Namun, tergantung produknya, ketika diganti menjadi lampu bohlam LED, konsumsi dayanya hanya sekitar 0,5 watt. Jika dihitung berdasarkan dayanya, ini sangat menguntungkan karena biaya dapat ditekan hingga sekitar sepersepuluhnya!


  • Masa pakai

Lampu bohlam kecil tipe biasa umumnya memiliki masa pakai sekitar 2.000 jam. Walau berbeda-beda tergantung produknya, lampu bohlam LED ukuran kecil dapat memiliki masa pakai hingga 40.000 jam. Jika digunakan sebagai lampu malam, ia dapat digunakan selama lebih dari 1.600 hari. Anda pun dapat menghemat biaya pemakaian, waktu, dan tenaga karena tidak perlu sering mengganti lampu.

Cara memilih lampu bohlam LED ukuran kecil

Anda sudah mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki lampu bohlam LED ukuran kecil dibandingkan lampu lainnya. Kini mari pahami lebih jauh cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang tepat.

① Periksa ukuran steker ulir (light bulb cap/base)

Periksa ukuran steker ulir (light bulb cap/base)
Steker ulir atau light bulb cap/base adalah bagian plug-in dari lampu bohlam (bagian yang masuk ke soket peralatan pencahayaan). Sebagai contoh, pada lampu dengan ukuran steker ulir 17 mm, notasi “E17” akan tertulis pada kemasan produk.


Ada sekitar enam ukuran steker ulir, mulai dari E10 hingga E39. Ukuran E17 dan E27 biasanya digunakan untuk menyatakan lampu bohlam biasa. Di sisi lain, ukuran E10, E11, E12 dan E14 digunakan untuk lampu bohlam ukuran kecil. Kesalahan dalam memilih ukuran bisa sering terjadi bagi pemula. Jadi, pertama-tama mari periksa ukuran soket lampu Anda dan kenali ukuran steker ulir lampu yang sesuai.

② Cari tahu warna cahayanya

Cari tahu warna cahayanya

Umumnya warna lampu bohlam LED dibagi menjadi putih, kuning, dan warna lampu pijar. Dalam hal ini, kami menyarankan Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan atau keadaan ruangan.


  • Lampu warna putih paling cocok untuk senter dan lampu sepeda karena cahayanya kuat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu LED yang bercahaya putih untuk menerangi ruang kerja.

  • Lampu berwarna oranye cenderung memberikan kesan hangat. Karena itu, lampu berwarna oranye cocok dipasang di ruangan bernuansa kayu. Anda juga bisa menggunakannya di rumah bergaya klasik. Cahayanya yang mirip lilin akan membuat rumah bergaya klasik terlihat makin indah.

  • Lampu LED yang warnanya mirip lampu pijar bisa dipasang di dalam kamar dan cocok dijadikan lampu tidur. Cahayanya yang hangat dan tidak terlalu cerah akan memberikan kesan santai. Pola tidur Anda pun tidak akan terganggu jika menyalakan lampu jenis ini pada malam hari.

③ Cek tingkat kecerahannya

Lampu bohlam LED sebagian besar menggunakan satuan lumen (lm) untuk menyatakan ukuran kecerahannya. Namun, ada pula lampu LED yang memakai satuan candela (cd). Untuk mengetahui perbedaan keduanya, silakan Anda simak poin-poin di bawah ini.

Lumen: Cahayanya lebih menyebar

Lumen: Cahayanya lebih menyebar

Lampu yang menggunakan satuan lumen cenderung menyebarkan cahaya ke segala arah. Jadi, makin besar jumlah lumennya, makin luas juga area yang menerima pencahayaan. Lampu dengan satuan lumen cocok dipakai untuk menerangi ruangan.


Lampu bohlam LED dengan kecerahan 230 lm bisa dikatakan setara dengan kecerahan lampu pijar 25 watt. Sementara itu, lampu bohlam LED 760 lm setara dengan lampu pijar 60 watt. Angka ini bisa berubah tergantung pada peralatan pencahayaan yang digunakan. Untuk lampu bohlam LED ukuran biasa, rentang tingkat kecerahannya memang cukup besar, sekitar 200–1.500 lm.


Sayangnya, tingkat kecerahan lampu bohlam LED ukuran kecil tak banyak berbeda satu sama lain. Pada lampu bohlam LED ukuran kecil, tingkat kecerahannya hanya berkisar 10–100 lm. Namun, ada juga produk lampu bohlam LED berukuran kecil yang tingkat kecerahannya lebih dari 100 lm.

Candela: Cahaya diarahkan ke titik tertentu

Candela: Cahaya diarahkan ke titik tertentu

Ada juga beberapa lampu bohlam LED yang menggunakan satuan candela (cd). Nah, beberapa dari Anda mungkin ingin tahu mengapa menggunakan satuan yang berbeda untuk mengukur cahaya? Jadi, candela merupakan satuan ukur untuk mengetahui seberapa kuat radiasi yang dipancarkan ke arah tertentu dari sumber cahaya.


Lampu bohlam LED yang menggunakan satuan ukur candela biasanya digunakan oleh para mekanik. Cahaya yang berfokus ke satu titik akan memudahkan proses perbaikan mesin. Sayangnya, tidak ada cara untuk membandingkan lumen dan candela kecuali melalui eksperimen di lapangan.


Karena itu, meski hal ini masih agak membingungkan, lumen sering digunakan sebagai satuan untuk lampu bohlam dalam ruangan. Sementara itu, candela digunakan sebagai satuan untuk senter. Jadi, mari temukan lampu bohlam LED yang cocok untuk Anda.

④ Pertimbangkan lampu yang dibekali fitur Bluetooth

Pertimbangkan lampu yang dibekali fitur Bluetooth

Saat ini, Anda dapat menemukan lampu LED kecil yang dapat dikontrol dari mana saja. Hal ini memudahkan Anda dengan mengatur output cahaya yang dihasilkan ataupun warna yang cocok di ruangan. Anda cukup menggunakan smartphone dan aplikasi yang telah disambungkan dengan lampu tersebut


Fitur Smart WiFi with Bluetooth ini dapat Anda temui pada salah satu merek lampu ternama, yaitu Philips. Keunggulan lainnya adalah Anda bisa mengatur jadwal lampu menyala sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika belum menyalakan lampu. 

10 Rekomendasi lampu bohlam LED terbaik ukuran kecil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu bohlam LED terbaik ukuran kecil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Myvo

Refrigerator Lamp

Myvo Refrigerator Lamp 1枚目

Pilihan menarik dan irit daya listrik untuk lampu kulkas atau lampu hias

2

Philips

LED Candle B35

Philips LED Candle B35 1枚目

Ada EyeComfort-nya, mata jadi nyaman dan ruangan tampak indah

3

In-Lite

LED Lampu Hias Candle

In-Lite LED Lampu Hias Candle 1枚目

Awet! Lampu bisa digunakan hingga 25.000 jam

4

Krisbow

Bulb LED Corn

Krisbow Bulb LED Corn  1枚目

Penerangan maksimal berkat sudut pencahayaan 360º

5

Philips

Lampu Smart WiFi LED

Philips Lampu Smart WiFi LED 1枚目

Bohlam LED warna-warni, bisa dikontrol dari jauh!

6

IKEA

RYET

IKEA RYET 1枚目

Tahan bentur! Bola lampunya berbahan polikarbonat

7

Mitra Amertha Sejahtera

MEVAL LED Candle Crystal Clear

Mitra Amertha Sejahtera MEVAL LED Candle Crystal Clear 1枚目

Kenyamanan dan keamanan lebih terjaga dengan bohlam LED kuning ini

8

Chiyoda

C-35 Filament LED

Chiyoda C-35 Filament LED 1枚目

Masih memakai filamen, tetapi dengan kemampuan lampu LED!

9

Philips

MASTER LED Candle B38

Philips MASTER LED Candle B38 1枚目

Tingkat kecerahannya bisa diatur dan diklaim tahan hingga 15 tahun!

10

Hannochs

Candle LED 02 - Dimmable

Hannochs Candle LED 02 - Dimmable 1枚目

Desainnya klasik, cahaya putihnya tetap berkesan hangat

Perincian produk
Close
No.1

MyvoRefrigerator LampMac-01B

Mulai dari Rp8.700,00

Pilihan menarik dan irit daya listrik untuk lampu kulkas atau lampu hias

Kelebihan:

  • Memiliki daya hidup mencapai 30.000 jam

Kekurangan:

  • Tingkat kecerahan cahaya tidak dapat diatur

Apakah Anda mencari lampu kulkas dengan daya hidup mencapai 30.000 jam? Lampu bohlam LED kecil satu ini solusinya! Produk ini menawarkan dua pilihan warna, yaitu putih dan kuning. 


Anda juga dapat memilih jenis clear cover untuk mendapatkan pencahayaan yang berkilau. Sementara itu, jenis coated cover bisa dipilih untuk pencahayaan lebih sejuk. Selain untuk kulkas, produk ini juga bisa Anda pasangkan pada lampu hias atau lampu belajar dengan fitting base E12.

No.2

Ada EyeComfort-nya, mata jadi nyaman dan ruangan tampak indah

Kelebihan:

  • Kualitas pencahayaan nyaman di mata dengan klaim EyeComfort

Kekurangan:

  • Belum terdapat fitur Smart WiFi, tidak dapat dikontrol dari mana saja

Keunggulan utama dari lampu LED Philips dengan watt yang lumayan kecil ini adalah aman untuk mata. EyeComfort pada lampu juga mampu menghasilkan rendering warna dengan baik. Alhasil, perabotan di dalam rumah akan terlihat seperti aslinya. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menonjolkan keindahan dan keunikan furnitur di dalam rumah.

No.3

In-LiteLED Lampu Hias CandleINCL003

Mulai dari Rp20.000,00

Awet! Lampu bisa digunakan hingga 25.000 jam

Kelebihan:

  • Daya hidup lampu mencapai 25.000 jam
  • Mampu menghemat listrik hingga 80%

Kekurangan:

  • Tidak dapat diatur tingkat redupnya

Jika Anda memiliki lampu kristal atau lampu bunga, bohlam LED ini bisa menjadi sumber cahaya yang tepat! Dengan dua pilihan warna cahaya, produk ini dapat memberi kenyamanan dan kesan elegan. Di pihak lain, lampu ini mampu bertahan hingga 25.000 jam sehingga Anda tidak perlu sering-sering menggantinya. Alhasil, pengeluaran Anda pun jadi makin hemat!

No.4

Penerangan maksimal berkat sudut pencahayaan 360º

Kelebihan:

  • Sudut pencahayaan mencapai 360º
  • Dapat menghemat daya listrik hingga 80%

Kekurangan:

  • Cahaya tidak dapat diredupkan

Anda sedang mencari bohlam LED yang mampu memberikan pencahayaan maksimal? Desainnya membuat sudut pencahayaan lampu mencapai 360º. Artinya, cahaya dapat menyebar ke berbagai arah secara maksimal. Hal ini tentunya akan menghemat energi dan pengeluaran karena Anda tidak perlu memasang banyak lampu.

No.5

PhilipsLampu Smart WiFi LED

Mulai dari Rp175.000,00

Bohlam LED warna-warni, bisa dikontrol dari jauh!

Kelebihan:

  • Memiliki fitur Smart WiFi sehingga bisa dikontrol di mana saja menggunakan aplikasi WiZ App
  • Proses pairing makin cepat jika digabungkan dengan Bluetooth

Kekurangan:

  • Area harus terakses dengan Wi-Fi

Lampu LED satu ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai perkembangan kecanggihan teknologi. Pasalnya, lampu ini dapat dikontrol di mana saja. Anda hanya perlu menyambungkan dengan aplikasi WiZ App di gawai Anda. Jika ingin proses pairing lebih cepat, gunakanlah Bluetooth.


Suhu dan warna lampu bohlam LED ini juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati nuansa yang makin nyaman dengan bohlam LED warna-warni di ruangan.

No.6

Tahan bentur! Bola lampunya berbahan polikarbonat

Kelebihan:

  • Tidak mudah pecah berkat material plastik polikarbonat
  • Dapat digunakan pada ruangan bersuhu -20º–40º.

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna cahaya

Bola lampu berbahan kaca memiliki risiko pecah yang cukup tinggi saat terbentur. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut apabila menggunakan produk ini. Bola lampu kecilnya terbuat dari plastik polikarbonat sehingga tidak mudah pecah karena terbentur. 


Anda tidak perlu khawatir dengan cahaya yang dihasilkan karena intensitasnya sama dengan lampu pijar 40 watt. Jadi, produk ini cukup terang untuk menerangi ruangan di rumah Anda. Tambahan lagi, lampu bohlam LED ukuran kecil ini juga dapat digunakan pada ruangan bersuhu -20 ℃ hingga 40 ℃.

No.7

Mitra Amertha SejahteraMEVAL LED Candle Crystal Clear

Mulai dari Rp32.900,00

Kenyamanan dan keamanan lebih terjaga dengan bohlam LED kuning ini

Kelebihan:

  • Dilengkapi built-in safety device untuk menjaga lampu dari korsleting
  • Dilengkapi built-in IC untuk menjaga cahaya lampu tetap konstan

Kekurangan:

  • Pencahayaan tidak dapat diredupkan

Lampu yang terlalu terang bisa menimbulkan rasa tak nyaman pada indra penglihatan. Untuk mencegah hal tersebut, kami merekomendasikan lampu bohlam kecil ini. Cahaya kuning yang dikeluarkan produk ini tidak membuat mata sakit karena lembut. Di sisi lain, cahaya kuningnya juga membuat ruangan terlihat lebih elegan.


Bagaimana dengan keamanannya? Tenang! Bohlam kecil ini telah dilengkapi built-in safety device yang akan menjaga lampu dari kerusakan karena korsleting. Sementara itu, built-in IC-nya akan menjaga cahaya tetap konstan meski terjadi perubahan tegangan.

No.8

Masih memakai filamen, tetapi dengan kemampuan lampu LED!

Kelebihan:

  • Memiliki sertifikasi ISO dan SASO

Kekurangan:

  • Pencahayaan tidak dapat diredupkan

Bagi Anda yang menyukai desain lampu pijar tradisional, lampu LED dengan watt terkecil di rekomendasi produk ini bisa dipertimbangkan. Hal ini karena meski merupakan lampu LED, produk ini masih menggunakan filamen. Unik!


Di pihak lain, produk asal Indonesia ini telah terjamin keamanannya karena memiliki sertifikasi ISO dan sertifikasi internasional (SASO). SASO merupakan sebuah tanda bahwa produk ini berkualitas dan berkinerja tinggi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba lampu LED ini, ya!

No.9

PhilipsMASTER LED Candle B38871869645372800

Mulai dari Rp205.700,00

Tingkat kecerahannya bisa diatur dan diklaim tahan hingga 15 tahun!

Kelebihan:
  • Tingkat kecerahan bisa diatur sesuai kebutuhan
  • Masa hidup hingga 25.000 jam

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna cahaya

Salah satu keunggulan dari lampu ini adalah desain optik khusus yang mampu menciptakan efek cahaya hangat yang berkilau. Selain itu, tingkat kecerahan pada lampu ini juga bisa diatur sesuai selera. Makin redup cahaya yang Anda pilih, makin hangat cahaya lampu yang dihasilkan.


Anda juga tidak perlu lagi repot-repot mengganti lampu ruangan karena produk ini memiliki masa hidup hingga 25.000 jam! Produk ini sangat cocok digunakan sebagai lampu dekoratif untuk mempercantik ruangan dan menciptakan suasana yang lebih meriah.
No.10

HannochsCandle LED 02 - Dimmable

Mulai dari Rp50.000,00

Desainnya klasik, cahaya putihnya tetap berkesan hangat

Kelebihan:

  • Memiliki desain klasik cocok untuk Anda yang suka gaya klasik
  • Pencahayaan bisa diredupkan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna cahaya

Lampu bohlam jenis LED dari Hannochs ini memiliki desain klasik sehingga cocok digunakan untuk dekorasi rumah. Jadi, apabila Anda ingin mempercantik ruangan, produk ini bisa menjadi pilihan! Warna cahaya yang dihasilkan lampu ini adalah putih kekuningan. Jadi, nuansa hangat di dalam ruangan akan tetap terasa ketika menggunakan lampu LED rekomendasi kami ini.

Baca juga rekomendasi jenis lampu lainnya di sini

Selain lampu LED berukuran kecil, ada pula jenis lampu lain yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya yang dekat dengan penggunaan sehari-hari adalah lampu senter atau lampu emergency. Ada pula smart lamp untuk Anda yang modern. Yuk, simak semuanya!

Kesimpulan

Lampu bohlam LED ukuran kecil memang memiliki banyak keunggulan, mulai dari tahan lama dan hemat energi. Selain itu, beberapa lampu memiliki watt yang kecil dan harganya cukup terjangkau. Sebelum Anda membeli salah satunya, perhatikan juga cahayanya, ya!


Jika Anda menginginkan suasana hangat di dalam rumah, pilihlah lampu yang mengeluarkan cahaya kuning. Namun, apabila Anda berencana memasangnya di ruang kerja, lampu dengan cahaya putih adalah pilihan tepat. Selamat memilih dan berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer