10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cuaca tropis Indonesia membuat Anda banyak berkeringat. Karena itu, Anda membutuhkan kipas angin yang dapat digunakan di mana saja. Kini, Anda dapat dengan mudah menemukan kipas angin portable yang menggunakan tenaga baterai atau dicolokkan melalui port USB. Desainnya pun beragam, mulai dari yang mini, berkarakter kartun, digantungkan di leher, mudah digenggam tangan, dan sebagainya.

Supaya Anda bisa mendapatkan kipas angin portable yang pas untuk dibawa-bawa, baca dulu artikel ini. Kami akan membahas tentang cara memilih kipas angin portable yang sesuai dengan penggunaannya serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Seperti apa? Yuk, disimak!

Daftar isi

Cara memilih kipas angin portable

Kipas angin portable memang mudah dibawa-bawa. Namun, apa sajakah yang harus diperhatikan saat memilih kipas angin portable? Berikut ulasannya untuk Anda.

Pilih kipas yang sesuai dengan tempat dan kondisi Anda

Kipas angin portable hadir dalam ukuran dan bentuk yang beragam. Agar Anda nyaman menggunakannya, pilihlah model kipas angin portable yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe desk fan, pas diletakkan di meja dan nyaman dengan tombol pengaturan suhu

Tipe desk fan, pas diletakkan di meja dan nyaman dengan tombol pengaturan suhu

Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin menggunakannya di atas meja, seperti meja kantor atau meja belajar. Tipe desk fan ini memiliki “kaki” sehingga dapat berdiri di atas meja sembari meniupkan angin tanpa perlu Anda pegangi lagi.

Untuk tipe kipas angin ini, perlu Anda perhatikan apakah terdapat tombol pengaturan kekuatan anginnya atau tidak. Jika kekuatan anginnya tidak dapat diatur, bisa saja malah membuat dokumen Anda beterbangan. Mungkin juga suara kipas menjadi terlalu berisik sehingga tidak bisa digunakan di tempat tenang seperti perpustakaan. Karena itu, jika Anda kemungkinan sering menggunakan kipas tipe ini di luar rumah, pastikan terdapat tombol pengatur kekuatan anginnya juga.

Tipe yang digenggam tangan, disertai pegangan dan mudah dibawa ke mana saja

Tipe yang digenggam tangan, disertai pegangan dan mudah dibawa ke mana saja

Jika Anda ingin memakai kipas angin di perjalanan menggunakan kendaraan umum atau saat berjalan kaki, pilihlah tipe kipas angin portable yang memiliki pegangan. Anda dapat langsung mengarahkan angin ke arah Anda dengan memegangnya. Saat udara terasa panas dan lembap, Anda bisa langsung memakainya. Karena itu, pilihlah kipas yang bentuk dan ukurannya pas untuk dimasukkan ke dalam tas Anda.

Tipe yang dikalungkan di leher, tangan dapat bergerak bebas dan mudah digunakan

Tipe yang dikalungkan di leher, tangan dapat bergerak bebas dan mudah digunakan

Kipas angin portable yang dilengkapi dengan tali, dapat dikalungkan di leher sehingga membuat tangan Anda lebih bebas bergerak. Model ini pas digunakan saat berbelanja, membawa banyak barang, atau saat Anda harus menggandeng tangan anak Anda. Agar leher Anda tidak pegal, pilihlah yang bobotnya ringan. Namun sayangnya, jenis ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Sesuaikan frekuensi penggunaan dengan sumber energi

Kebanyakan sumber tenaga kipas angin portable berasal dari baterai atau dengan dicolokkan ke peralatan elektronik lainnya menggunakan port USB. Agar kipas lebih awet, Anda harus menyesuaikan sumber energi kipas dengan frekuensi penggunaannya. Yuk, simak penjelasan berikut dan pilihlah yang paling sesuai dengan cara penggunaan Anda.

Tipe baterai untuk yang Anda menggunakan kipas angin sesekali saja

Tipe baterai untuk yang Anda menggunakan kipas angin sesekali saja

Kipas angin portable dengan baterai merupakan model yang cukup populer. Jika baterai tiba-tiba habis, Anda bisa langsung membeli gantinya di minimarket atau toko kelontong sehingga tipe kipas ini nyaman dibawa saat bepergian.

Jika Anda sering menggunakan kipas angin portable, mengganti baterai berulang kali tentu merepotkan serta membutuhkan biaya tidak sedikit. Karena itu, kipas angin portable dengan baterai lebih pas untuk Anda yang menggunakannya pada saat-saat tertentu saja.

Tipe USB yang harus disambungkan dengan laptop, smartphone, atau power bank

Tipe USB yang harus disambungkan dengan laptop, smartphone, atau power bank

Jika Anda sering menggunakan laptop atau komputer untuk bekerja, Anda dapat menggunakan kipas angin portable tipe USB. Sumber listrik untuk kipas tipe ini didapat dengan menyambungkannya ke port USB laptop, smartphone, maupun power bank dan tidak membutuhkan stopkontak lagi. Selama Anda membawa laptop, smartphone, atau power bank tersebut, Anda bisa menggunakan kipas ini dengan mudah di mana saja.

Namun, jika Anda biasa menyambungkan mouse saat memakai laptop atau komputer, pastikan terdapat port USB lebih untuk mencolokkan kipas ini.

Tipe rechargeable yang efisien dan hemat

Tipe rechargeable yang efisien dan hemat

Tipe ini sangat efisien dan hemat untuk digunakan karena baterainya dapat diisi ulang. Tidak banyak memakan biaya, tipe kipas ini cocok untuk Anda yang sangat bergantung pada kipas angin saat cuaca sedang panas. Tentunya Anda tidak dapat menggunakan kipas angin ini ketika baterainya kosong. Karena itu, pastikan berapa lama kipas dapat beroperasi setelah baterai terisi penuh.

Bacalah review pengguna mengenai suara yang dihasilkan kipas

Bacalah review pengguna mengenai suara yang dihasilkan kipas

Besar suara kipas saat dinyalakan juga merupakan salah satu poin yang harus Anda pertimbangkan saat memilih kipas angin. Kini sudah ada model kipas angin portable yang tidak berisik saat digunakan. Jadi, periksalah suara yang dihasilkan sebelum memutuskan membelinya.

Meski poin ini penting, jarang sekali ada yang menuliskan secara spesifik sebesar apa suara yang dihasilkan saat kipas dinyalakan. Solusinya, Anda bisa mencoba menyalakan kipas tersebut bila Anda ingin membelinya di toko, atau membaca review pengguna bila Anda ingin membelinya lewat online shop. Disarankan Anda memilih kipas yang memberikan keterangan tidak berisik pada deskripsi produknya.

Perhatikan keamanan, kenyamanan penggunaan, dan poin-poin lainnya

Agar Anda dapat menggunakan kipas dengan nyaman, perhatikan pula keamanan produk, kemudahannya saat dibawa, ketahanan produk, serta desain kipas angin portable yang Anda sukai.

Jika akan digunakan anak-anak, pilih yang aman dengan baling-baling lembut

Jika akan digunakan anak-anak, pilih yang aman dengan baling-baling lembut

Saat Anda membeli kipas angin portable, pilihlah tipe yang aman digunakan bahkan untuk anak kecil karena baling-baling kipas angin dapat membahayakan. Jika baling-balingnya lembut, Anda tidak perlu takut akan terluka saat tidak sengaja menyentuhnya. Selain itu, pilihlah struktur kipas yang dapat mencegah overcharging dan panas berlebih. Hal ini untuk menghindari terjadinya korsleting sehingga akan tetap aman jika anak Anda tak sengaja menyentuhnya.

Bobot yang ringan dan compact akan semakin memudahkan Anda membawanya

Bobot yang ringan dan compact akan semakin memudahkan Anda membawanya

Jika Anda ingin menggunakan tipe desk fan, sebaiknya Anda memilih yang bobotnya agak berat agar lebih stabil. Sementara untuk tipe yang digenggam dan digantung di leher, akan lebih baik bila bobotnya ringan agar lebih nyaman dan mudah digunakan. Ada juga model kipas angin portable yang dapat dilipat menjadi lebih compact sehingga lebih mudah dibawa-bawa. Jadi, pertimbangkan juga ukurannya, ya!

Bila kipas angin portable Anda tidak memiliki tutup, simpanlah kipas angin tersebut di dalam pouch agar baling-balingnya tidak cepat rusak.

Desain juga penting, lho! Pilihlah yang Anda sukai

Desain juga penting, lho! Pilihlah yang Anda sukai

Pilihan desain juga penting karena Anda akan menggunakan kipas angin portable di tempat umum. Ada begitu banyak desain yang menarik untuk Anda pilih, karena itu pilihlah desain yang paling Anda sukai.

Jika Anda seorang wanita, desain yang cantik dengan warna menarik pasti akan Anda sukai, sedangkan bila Anda seorang pria, pilihlah desain yang simpel dan sederhana. Ada juga kipas yang dibuat dengan desain unik dan terlihat sangat menarik, karena itu pertimbangkanlah desain kipas sebelum Anda membelinya.

10 Rekomendasi kipas angin portable terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi kipas angin portable terbaik untuk Anda.

10. REMAX Sunflower Clip Fan F12

10. REMAX Sunflower Clip Fan F12

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Tempatkan dan arahkan kipasnya ke mana saja sesuka Anda!

Kipas satu ini memiliki tombol untuk mengatur kecepatan angin sampai 3 level sehingga memudahkan Anda untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Kemudian, kipas ini pun dapat digunakan dengan menyambungkannya ke port USB dan telah disertai baterai yang rechargeable.

Bila Anda mencari kipas yang praktis dan multifungsi, produk ini tepat untuk Anda. Kipas berdesain bunga matahari lucu ini memiliki bagian leher yang fleksibel sehingga Anda dapat mengarahkan angin ke mana saja. Klip yang ada pada kipas ini juga akan membuat Anda bisa menempatkannya di mana saja.

9. Limonada Kipas Angin Portable

9. Limonada Kipas Angin Portable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Kipas angin ditambah aromaterapi? Pastinya makin rileks dan sejuk

Untuk meningkatkan kembali performa kerja yang menurun akibat stres, Anda membutuhkan suasana yang rileks dan nyaman. Maka, kipas angin portable yang dilengkapi dengan tempat aromaterapi di bagian tengahnya ini akan sangat pas untuk Anda! Aromaterapinya akan membuat Anda semakin rileks, sementara anginnya membuat suasana lebih sejuk.

Kipas angin ini juga memiliki desain yang stylish untuk Anda gunakan di kantor dengan pilihan warna netral. Selain bentuknya yang minimalis, kipas angin ini telah memiliki 4 pengaturan kecepatan angin. Anda pun tak perlu khawatir mengenai suaranya karena produk ini diklaim tidak berisik sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi Anda.

8. Apple Mini Fan Portable

8. Apple Mini Fan Portable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.000

Ceriakan meja kerja Anda dengan kipas berbentuk bunga ini

Dekorasi meja kerja yang menarik pastinya akan membangkitkan semangat bekerja Anda. Agar meja kerja Anda semakin ceria, kipas angin portable berbentuk bunga ini adalah pilihan tepat untuk menyemangati hari-hari sibuk Anda. Apalagi, kombinasi warnanya pun cerah sehingga membuat tampilan meja Anda semakin menarik.

Selain untuk Anda, kipas angin berbentuk bunga ini juga dapat Anda berikan untuk si kecil. Warna-warni kipas yang cerah dan semarak pastinya membuat si kecil semakin menyukainya. Kemudian, baling-baling kipas angin ini pastinya aman dan tidak akan melukai si kecil karena terbuat dari bahan yang lunak.

7. Exquisite Mini Portable Fan

7. Exquisite Mini Portable Fan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 91.000

Model compact dan stylish untuk dibawa ke mana saja!

Ketika matahari sedang terik, tentu Anda banyak berkeringat dan akan menggunakan payung agar tidak kepanasan. Untuk mengatasi badan yang gerah akibat keringat tersebut, kipas angin portable ini solusinya! Tidak hanya dapat Anda letakkan dengan stabil di atas meja, kipas angin ini dapat Anda pasangkan di payung dengan menggantungnya di gagang payung Anda.

Kipas angin berbentuk bulat ini juga terlihat stylish dan sangat compact sehingga mudah dibawa ke mana saja di dalam tas. Anda tak perlu khawatir saat membawa kipas angin ini keluar karena kipas angin rechargeable ini memiliki kapasitas baterai sampai 2 jam penggunaan. Kekuatan anginnya pun dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

6. Baseus Desktop Mini Fan

6. Baseus Desktop Mini Fan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Semakin aman untuk anak-anak berkat pelindung depannya

Anda sedang mencari kipas angin portable yang aman untuk digunakan di kamar si kecil? Jika jawabannya iya, kipas angin portable dari Baseus dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pelindung depan pada kipas angin portable ini akan menjaga agar si kecil tidak bisa memasukkan jari-jari ke dalamnya.

Kemudian, kipas angin portable ini memiliki panjang kabel 1,5 m sehingga dapat digunakan pada jarak yang cukup jauh dari sumber listriknya. Apalagi, kipas angin yang memiliki berbagai sertifikasi keamanan ini memiliki motor ganda sehingga mampu menghasilkan angin yang kencang dan menyejukkan.

5. REMAX Cute Mini Fan F4

5. REMAX Cute Mini Fan F4

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Desain menggemaskan yang multifungsi!

Anda berencana traveling di alam terbuka, seperti camping di pantai atau gunung pada musim liburan mendatang? Untuk menemani perjalanan Anda, kami merekomendasikan produk satu ini. Kipas angin portable yang berbobot hanya 127 gram ini dilengkapi dengan lampu LED yang dapat Anda gunakan sebagai senter di malam hari.

Desain kipas angin yang imut ini cocok untuk para wanita, atau bisa juga Anda berikan untuk si kecil yang akan bepergian. Tenang saja, baling-balingnya terbuat dari bahan yang lembut sehingga tidak akan melukai anak Anda. Ditambah dengan tutup, pastinya kipas ini akan semakin awet dan aman saat disimpan.

4. Robot Portable Mini Fan RT-BF04

4. Robot Portable Mini Fan RT-BF04 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.000

Nyaman di genggaman, kokoh di atas meja!

Bila Anda setiap hari menggunakan angkutan umum untuk bekerja, Anda tentu sangat mengerti kondisi panas dan pengap akibat berdesakan dengan banyak orang. Nah, dengan adanya kipas angin portable yang nyaman di genggaman ini, perjalanan Anda pulang-pergi kantor akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Kipas angin portable dari Robot ini memiliki bentuk mermaid yang membuatnya pas saat digenggam. Tak hanya dapat digunakan saat di perjalanan, kipas angin ini juga dapat Anda tempatkan di atas meja, lho! Dikalungkan pun bisa karena kipas ini memiliki lubang di bagian atasnya yang dapat Anda pasangkan tali.

3. Kipas Angin Portable dengan Spray

3. Kipas Angin Portable dengan Spray

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Wajah terasa sejuk dan segar sepanjang hari

Cuaca panas dan lelah setelah seharian bekerja dapat membuat wajah terlihat kusam dan berminyak. Biasanya, cara menjaga wajah tetap segar sepanjang hari adalah dengan menyemprotkan face mist. Dengan kipas ini, Anda bisa mendapatkan face mist sekaligus merasakan sejuknya angin dalam waktu bersamaan.

Kipas angin portable ini dilengkapi dengan semprotan yang dapat Anda refill dengan face mist untuk menjaga kesegaran wajah sepanjang hari. Perpaduan face mist dan sejuknya angin tentunya sangat menyegarkan. Desain telinga yang imut pada kipas angin ini juga pas untuk para wanita maupun pria yang ingin menghadiahi pasangannya.

2. Double Mini Fan Portable

2. Double Mini Fan Portable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.900

Satu kipas kurang? Produk ini memberikan dua kipas langsung!

Duduk di meja kecil bersama dengan kerabat atau teman di tengah cuaca terik pastinya membutuhkan kipas angin. Kipas angin portable dengan 2 kipas ini pas digunakan saat Anda sedang berbincang santai berdua. Anda dapat mengatur arah kipas angin ini agar memberikan kesejukan yang pas untuk Anda dan lawan bicara Anda.

Digunakan sendiri pun tak masalah, Anda akan mendapatkan angin yang lebih sejuk dengan adanya 2 kipas di tengah cuaca terik. Bentuk kipas angin yang kokoh membuatnya awet dan kuat untuk digunakan setiap hari. Anda pun tidak perlu membeli baterai karena kipas angin yang satu ini dapat diisi ulang kembali.

1. Mini Portable Fan Clip

1. Mini Portable Fan Clip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.600

Klip yang memudahkan penempatan di mana saja

Jika Anda membutuhkan sebuah kipas angin yang dapat Anda letakkan di mana saja dengan mudah, sebaiknya Anda tidak melewatkan produk satu ini. Dengan klip ukuran besarnya, Anda bisa menempelkan kipas ini pada berbagai tempat, mulai dari permukaan meja, stroller bayi, besi pada pinggir kasur, dan sebagainya.

Kipas angin ini memiliki daya angin yang cukup besar, tetapi tidak menghasilkan suara bising yang dapat mengganggu Anda. Selain itu, Anda tetap dapat mengatur besarnya kekuatan angin yang Anda inginkan plus mengubah arah kipas hingga sudut 360°. Ditambah baterainya yang rechargeable, produk ini terasa sangat luar biasa!

Kesimpulan

Tidak sulit bukan memilih kipas angin portable? Pastikan bentuknya sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan sumber listrik, kebisingan, desain, dan poin-poin penting lainnya. Jangan sampai salah memilih kipas angin portable ya.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Mana kipas angin portable pilihan Anda? Selamat memilih kipas angin portable untuk tetap sejuk sepanjang hari!