10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2018)

Aktivitas menggambar yang sudah dilakukan sejak masa kanak-kanak tidak lepas dari barang-barang seperti cat air, pensil warna dan crayon. Di antara barang-barang tersebut, crayon menjadi andalan semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa karena lebih mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, apakah Anda sudah mengerti bagaimana cara memilih crayon yang baik?

Kami akan mengenalkan apa itu crayon dan bagaimana cara memilihnya kepada Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi crayon terbaik dari produsen-produsen ternama, seperti Kenko dan Faber Castell. Simak sampai habis ya!

Daftar isi

Pengetahuan dasar mengenai crayon

Pengetahuan dasar mengenai crayon

Crayon merupakan salah satu bahan untuk menggambar yang akrab bagi anak-anak. Pertama-tama kami akan menjelaskan secara singkat apa itu crayon.

Crayon merupakan sebuah produk yang dibuat dari campuran lilin padat (solid wax) dengan berbagai pigmen warna yang dipadatkan. Crayon digemari anak-anak hingga orang dewasa untuk menghasilkan karya seni karena tidak gampang kotor dan tidak mudah rusak.

Terdapat pula crayon pastel yang terdiri dari campuran pigment extender dan minyak cair sehingga memungkinkan terciptanya lapisan warna yang menarik karena dapat menghasilkan sentuhan warna ringan yang halus. Gambar yang dihasilkan tentunya semakin terlihat cerah dan menarik.

Cara memilih crayon

Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih crayon yang baik. Dengan mengetahui karakteristik dan jenis crayon, Anda tidak perlu khawatir akan salah dalam membuat gambar. Pilihlah krayon yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan jenis krayon, sesuaikan dengan gaya Anda

Pilih berdasarkan jenis crayon, sesuaikan dengan gaya Anda

Meskipun crayon terlihat sebagai alat untuk mewarnai yang sederhana, tetapi sebenarnya terdapat beberapa jenis crayon yang berbeda, seperti crayon minyak, crayon air (aqueous crayon), dan crayon dari beeswax. Kami akan mulai memberikan penjelasan dari masing-masing jenis crayon sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum memilih crayon yang nantinya akan Anda gunakan.

Tampilkan kesan natural yang menarik dengan crayon minyak!

Tampilkan kesan natural yang menarik dengan crayon minyak!

Hasil gambar menggunakan crayon umumnya memiliki tekstur yang sedikit berminyak, memberikan kesan natural dan menarik. Oleh karena mudah digunakan dan hasilnya bagus, crayon jenis ini umum digunakan anak-anak hingga orang dewasa. Namun, karena mengandung minyak, crayon ini memiliki kekurangan yaitu akan lengket jika terkena lantai. Sebaiknya Anda menyiapkan kertas gambar ukuran besar agar si kecil dapat berkreasi dengan bebas, dan Anda tak perlu khawatir crayon akan mengenai lantai.

Pilih crayon yang bisa dihapus menggunakan air agar tidak meninggalkan kesan kotor

Pilih crayon yang bisa dihapus menggunakan air agar tidak meninggalkan kesan kotor

Anda dapat menggunakan aqueous crayon seperti crayon biasa. Bedanya, hasil coretan dari crayon ini dapat dihapus dengan air. Crayon jenis ini dapat digunakan dengan mudah dan hasil perpaduan warnanya lebih menarik. Bila anak Anda mengekspresikan kreasinya di lantai, tidak perlu panik! Anda bisa dengan mudah menghapusnya nanti. Anak bisa berkreasi dengan bebas, ibu pun gembira karena rumah tidak kotor.

Pilihan crayon untuk anak kecil? Crayon beeswax pilihan yang sempurna!

Pilihan crayon untuk anak kecil? Crayon beeswax pilihan yang sempurna!

Pasti Anda bertanya-tanya apa itu beeswax? Beeswax adalah sarang lebah yang dihancurkan dengan halus, setelah itu dipadatkan lalu dicetak. Oleh karena terbuat dari bahan alami, produk ini sangat aman apalagi untuk anak balita yang sering memasukkan benda-benda ke mulutnya. Dengan begitu, orang tua tidak perlu khawatir dan menjadi lebih tenang.

Crayon lilin lebah (beeswax) juga menghasilkan warna indah yang cocok digunakan dengan gambar dengan pola yang halus. Beberapa pelukis juga sering menjadikan crayon ini sebagai salah satu bahan lukis untuk menghasilkan kualitas gambar yang semakin cerah.

Pilihlah crayon yang mudah digunakan

Pilihlah crayon yang mudah digunakan

Pastikan Anda telah memeriksa ukuran genggaman Anda dengan crayon yang akan Anda gunakan, genggaman yang pas antara tangan dengan crayon dapat memberikan Anda kemudahan saat sedang mengerjakan lukisan Anda. Tangan Anda dapat dengan tangkas menyelesaikan gambar. Direkomendasikan bagi Anda untuk memilik crayon yang tebal karena tidak mudah patah dan anak-anak mudah menggunakannya.

Beberapa crayon memiliki pembungkus yang dapat mellindungi tangan Anda dari kontak langsung sehingga tidak mengotori tangan. Anda juga dapat memilih crayon dengan ukuran panjang yang akan memberikan Anda crayon yang tidak cepat habis.

10 Rekomendasi crayon terbaik bisa untuk dewasa dan anak-anak

Berikut ini adalah produk crayon yang sudah populer digunakan untuk menggambar atau mewarnai yang biasa digunakan baik orang dewasa maupun anak-anak. Pilih dengan cermat ya!

10. TiTi Crayon Putar

10. TiTi Crayon Putar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.000

Lebih efisien dengan crayon yang diputar seperti lipstik!

Anda sering menemukan crayon patah saat digunakan? Titi Crayon Putar merupakan satu inovasi yang dapat menjaga pemakaian crayon menjadi lebih lama, dan Anda akan terhindar dari crayon yang patah. Dengan desain yang unik, Anda dapat menggunakannya dengan memutarnya ke bagian atas, sama seperti cara menggunakan lipstik.

Agar mendapatkan hasil gambar yang baik sebaiknya ujung crayon yang Anda keluarkan tidak lebih dari 1 cm, hal itu juga untuk menghindari crayon yang patah. Crayon ini memiliki bahan oil pastels yang padat sehingga saat Anda menggunakannya terasa licin dan membuat Anda lebih mudah mengarahkannya saat menggambar.

9. Art Set Princess Crayon

9. Art Set Princess Crayon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 105.000

Pengaturan mudah dengan tiga tingkatan laci

Anda mencari crayon yang mudah untuk memisahkan warna untuk kegunaan tertentu? Import Crayon Set Art menggunakan desain unik pada wadahnya sehingga pada saat dibuka, kotak crayon akan membentuk tiga tingkatan. Anda dapat dengan mudah mengambil crayon dan perlengkapan pendukung untuk menggambar yang sudah tertata di laci terpisah.

Terdapat motif kartun pada bagian luar kemasan yang membuat crayon Anda terlihat semakin menarik. Pada bagian tutup crayon terdapat pegangan dengan jenis velcro yang membuat Anda dapat dengan mudah menjadikannya sebuah tentengan yang akan membuat crayon Anda mudah dibawa kemanapun.

8. TiTi Oil Pastels Crayon

8. TiTi Oil Pastels Crayon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 71.000

Satu set 55 buah crayon, lengkap dan tahan air!

Crayon yang rusak karena terkena air sering menjadi kendala saat sedang menggambar. Untuk mengatasinya, crayon yang tahan air ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Selain lebih awet dipakai, crayon ini juga dapat menjaga kualitas gambar agar tidak mudah pudar jika terkena cipratan air.

Tersedia dalam jumlah warna yang cukup banyak, dengan crayon ini Anda bisa membuat gambar yang lebih bervariatif. Selain itu, warna yang dihasilkan juga lembut sehingga gambar Anda kaya akan warna dan lebih menarik. Produk ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bebas berkreasi dengan anak tanpa takut gambar rusak terkena air.

7. Hulee Arts Beeswax Crayon

7. Hulee Arts Beeswax Crayon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 528.000

Crayon alami yang bebas bahan kimia beracun!

Produk ini merupakan crayon hasil buatan tangan yang mengandung lilin lebah murni yang aman karena tidak terdapat campuran kimia yang berbahaya, menjadikan produk ini pilihan yang tepat untuk anak Anda saat mulai berkarya dengan gambar-gambar untuk melatih imajinasi mereka. Saat tidak sengaja tergigit atau diemut oleh anak Anda tidak perlu khawatir ya, mom!

Warna yang dihasilkan dari Hulee Arts Beeswax Crayon begitu halus sehingga anak Anda akan senang dapat mewarnai dengan warna halus yang membuat gambar terlihat meriah. Dapatkan crayon yang akan mendukung bakat menggambar anak Anda sekarang juga!

6. Sien Collection Crayon

6. Sien Collection Crayon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.800

Kado terbaik dengan crayon bergambar tokoh animasi favorit anak Anda

Tampilan kemasan yang menarik menjadi salah satu alasan produk crayon menjadi pilihan banyak orang. Crayon ini dikemas dalam boks bentuk hexagonal, dengan tambahan gambar-gambar animasi favorit anak Anda. Dengan warna yang ceria, produk ini cocok diberikan sebagai kado untuk keponakan atau saudara yang berulang tahun.

Dalam satu boksnya, terdapat 46 pcs art set yang terdiri dari 1 set cat air, 1 set pensil warna dan rautan pensil, 6 spidol warna, dan 1 set crayon. Dengan paket lengkap seperti ini, Anda dapat menggambar dan menuangkan kreativitas Anda dengan lebih kaya. Bagi Anda yang mencari crayon sebagai sarana belajar anak Anda, gunakanlah produk ini!

5. Faber Castell Crayon Oil Pastel

5. Faber Castell Crayon Oil Pastel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 98.800

Hindari noda dengan crayon yang mudah dibersihkan!

Noda dari crayon yang menempel di pakaian memang sulit untuk dibersihkan. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan crayon dari Faber Castell ini. Mudah digunakan, produk crayon ini tidak akan meninggalkan noda permanen pada pakaian. Untuk membersihkannya, Anda cukup mencucinya seperti biasa, tak perlu sabun khusus, kotoran pun hilang seketika.

Pada bagian batang crayon ini juga sudah dilapisi dengan kertas pembungkus untuk melindungi tangan Anda dari kontak langsung ke crayon. Kebersihan tangan Anda pun akan tetap terjaga selama Anda  menggambar atau mewarnai. Produk ini cocok bagi Anda yang ingin tetap menjaga kebersihan pakaian dari kotoran membandel yang berasal dari crayon.

4. Mstore 11 Warna Crayon Baju

4. Oem Mstore 11 Warna Crayon Baju

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 238.000

Tidak ada lagi warna pudar dengan crayon kualitas premium!

Seringkali warna yang dihasilkan dari crayon dapat memudar, membuat warna dari gambar Anda kurang menarik. Produk ini memiliki kualitas warna premium yang menghasilkan warna yang tahan pudar dalam waktu lama. Cocok untuk Anda ingin terus dapat menyimpan hasil karya Anda tanpa khawatir warna gambar akan memudar.

Keunggulan lain yang dimiliki produk ini adalah dapat menghasilkan garis yang sangat halus. Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk menggambar di atas media kertas, tetapi Anda juga dapat menggunakannya pada media gambar seperti papan, kanvas, kain, dan sebagainya. Anda pun bisa lebih bebas mengekspresikan diri lewat berbagai media.

3. Artists Oil Pastels

3. Artists Oil Pastels

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 168.000

Kreativitas tanpa batas, bisa digunakan di banyak media

Masa kecil adalah masa penuh kreativitas dan rasa ingin tahu anak Anda sangat besar. Melalui crayon dari bahan oil pastel ini Anda dapat lebih leluasa lagi meningkatkan kreativitas anak Anda karena crayon ini bisa digunakan di dalam berbagai media, tidak hanyak kanvas. Media yang bisa digunakan antara lain kayu dan gelas.

Keunikan crayon berbahan oil pastel adalah hasil karyanya akan sulit kering sehingga Anda perlu berhati-hati. Warnanya bisa luntur saat Anda sentuh meskipun gambar tersebut sudah selesai beberapa hari sebelumnya. Namun, untuk kualitas dan pilihan warna, produk ini sangat memuaskan hasrat kreativitas Anda karena sangat lengkap!

2. Crayola Ultra Clean

2. Crayola Ultra Clean

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 474.000

Hasil coretan yang mudah dibersihkan!

Perkembangan anak Anda perlu difasilitasi dengan media yang dapat mendukung kreativitas anak. Namun, sering kali anak Anda mencoret-coret di tempat-tempat yang tidak Anda kehendaki. Untuk itu,  Crayola Ultra Clean memberikan inovasi berupa produk yang mudah dibersihkan sehingga coretan hasil kreasi anak Anda tidak membekas secara permanen.

Crayon ini memiliki 16 pilihan warna yang bisa dipadukan menjadi kombinasi warna yang Anda inginkan. Selain itu, bentuknya yang ringkas membuat produk ini menjadi mudah dibawa kemana-mana. Kini, Anda tak perlu bingung lagi mencari hiburan anak saat bepergian ke luar kota. Cukup berikan buku gambar dan crayon ini, anak pun akan tetap tenang selama perjalanan.

1. Silky Oil Pastel

1. Silky Oil Pastel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 397.000

Crayon kualitas premium dan multifungsi

Bosan coret-coret di kanvas? ingin mencoba hal baru seperti body painting? Crayon ini memiliki fungsi yang bermacam-macam, salah satunya yakni body painting. Selain menggunakan cat untuk kulit, ternyata Anda juga bisa melengkapi hasil karya body painting Anda dengan crayon ini. Cocok sekali untuk Anda yang anti-mainstream.

Cara penggunaannya seperti lipstik sehingga lebih mudah dikreasikan. Keunggulan lain yang tidak kalah penting adalah crayon ini mudah dicuci dengan air, baik pada kulit maupun pakaian. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu-ragu menyalurkan bakat dan kreativitas Anda. Hasilkan karya terbaikmu!

Cara menyimpan crayon dengan baik

Cara menyimpan crayon dengan baik

Anda mungkin ingin memajang hasil karya dari lukisan anak Anda atau karya favorit milik Anda sendiri. Tetapi jika Anda menyimpan gambar yang berasal dari crayon dengan cara biasa, Anda akan mendapati pigmen dan minyak dipermukan gambar dapat menempel di sekitarnya atau gambar Anda akan rusak.

Zat semprot seperti “Fixative” dan “Crayon coat” dapat Anda gunakan untuk menjaga gambar Anda dari debu dan mengindari kontaminasi gambar dari kotoran lainnya. Sebaiknya Anda menggunakan penyemprot ini agar hasil gambar bisa Anda pajang lebih lama.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan crayon yang Anda sukai? Kami telah memperkenalkan beberapa rekomendasi produk crayon yang dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk lukisan anak Anda ataupun untuk Anda sendiri.

Anda dapat mulai memilih berdasarkan bentuknya yang modis ataupun spesifikasi produk yang dapat Anda sesuaikan untuk kegunaan yang bersifat profesional atau keperluan sehari-hari. Anda pun dapat menjadikan produk pilihan ini sebagai hadiah yang sangat menarik!