• 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Anda dapat menemukan berbagai media mewarnai, seperti cat air, pensil warna, dan crayon atau krayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa yang dimaksud dengan krayon?

Apa yang dimaksud dengan krayon?
Crayon atau krayon adalah salah satu alat menggambar yang familier bagi anak-anak. Crayon terbuat dari lilin padat (solid wax) dan dibentuk menyerupai stick. Keunggulan krayon adalah tidak mudah patah dan warnanya sulit luntur. Tidak semua jenis gambar bisa dihasilkan dengan krayon, tetapi krayon sangat cocok untuk jenis gambar line art

Terdapat pula crayon yang terbuat dari campuran pigment extender dan minyak cair sehingga makin mudah digunakan. Warna yang dihasilkan juga terlihat lembut. Dengan tipe crayon ini, Anda akan mendapatkan sentuhan warna ringan yang halus. 

Cara memilih crayon

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih crayon yang tepat untuk Anda atau anak Anda. Mari simak penjelasan kami di bawah ini!

Kenali berbagai jenis crayon berdasarkan bahannya

Meskipun krayon adalah alat mewarnai yang sederhana, terdapat berbagai jenis krayon yang berbeda-beda. Macam-macam crayon bisa dibedakan berdasarkan bahan dasarnya, seperti crayon yang terbuat dari parafin wax, beeswax, clay, oil, dan sebagainya. Simak perbedaan masing-masing jenis dan temukan crayon yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda! 

Parafin wax crayon, jenis yang umum digunakan dan harganya ekonomis

Jenis krayon berbahan parafin wax atau lilin parafin adalah jenis krayon yang paling umum Anda temui di pasaran. Bentuknya lebih padat dan tidak lengket. Harganya tergolong cukup ekonomis untuk dipakai sehari-hari. Jenis krayon ini sangat mudah digunakan sehingga menjadi pilihan media mewarnai favorit.


Pilihan warna jenis krayon ini cukup beragam, mulai dari warna-warna netral, pastel, sampai warna neon. Ukurannya pun beragam dan Anda dapat memilih yang paling nyaman digenggam.

Beeswax crayons, pilihan sempurna untuk anak kecil

Berikutnya, ada beeswax crayons atau krayon yang terbuat dari wax sarang lebah. Beeswax crayons lebih aman digunakan oleh anak-anak karena terbuat dari bahan alami. Selain aman, beeswax crayon juga lebih ramah lingkungan.


Jenis krayon ini memberikan hasil yang lebih halus dibandingkan jenis krayon berbahan lilin parafin. Ciri khas beeswax crayons adalah warnanya lebih vibrant, bahkan lebih tampak jika diaplikasikan di kertas hitam. Lalu, warna krayon beeswax pun lebih mudah dicampurkan. Jadi, Anda dapat menghasilkan warna-warna baru dari pencampuran tersebut.

Crayon minyak atau oil pastel crayon, hasilkan goresan lebih mulus dibandingkan crayon biasa

Selain wax dan beeswax, Anda mungkin pernah mendengar minyak atau oil pastel crayon. Krayon ini berbahan dasar wax dengan tambahan oil atau minyak. Oil pastel crayon menghasilkan goresan yang lebih mulus dibandingkan krayon biasaKandungan minyak di dalam krayon ini membuatnya lebih licin. Jadi, Anda perlu membersihkan ekstra saat krayon ini menempel di lantai ataupun tembok.


Sebetulnya, oil pastel merupakan jenis media melukis yang berbeda dengan crayonNamun, karena sama-sama berbahan dasar wax dan memiliki bentuk yang mirip, oil pastel sering dianggap sama dengan crayon dan disebut oil pastel crayon. Maka dari itu, di artikel ini pun kami akan merekomendasikan beberapa produk oil pastel. 


Jika Anda tertarik mengetahui apa itu oil pastel dan melihat rekomendasi produk oil pastel yang bagus, cek artikel kami lainnya, ya.

Conte crayon, crayon dengan tambahan charcoal atau grafit

Conte crayon, crayon dengan tambahan charcoal atau grafit

Jenis conte crayon mungkin terdengar asing untuk Anda. Jenis krayon yang satu ini dapat terbuat dari wax ataupun clay. Biasanya charcoal ataupun grafit juga ditambahkan dalam campuran conte crayon. Oleh karena itu, conte crayons hadir dalam pilihan warna krayon yang lebih netral, seperti hitam, cokelat, merah, dan putih.


Conte crayon memiliki tekstur yang lebih padat dan keras. Krayon ini biasanya digunakan untuk membuat sketsa ataupun highlighting. Mencampurkan warna juga lebih baik saat menggunakan conte crayon serta tidak meninggalkan residu debu.

Pilihlah crayon yang mudah digenggam

Hal yang perlu Anda pertimbangkan berikutnya adalah kenyamanan menggenggam. Berikut ini adalah beberapa poin tentang tips memilih bentuk krayon yang nyaman digenggam.


  • Pilih krayon dengan diameter besar untuk anak-anak. Kemampuan motorik anak memang belum terlalu baik. Dengan memilih krayon yang besar, anak akan lebih mudah menggenggamnya. Krayon yang diameternya terlalu kecil akan lebih mudah patah jika digunakan anak-anak.

  • Krayon dengan bentuk segi enam ataupun segitiga lebih nyaman digenggam. Selain bulat, ada juga krayon yang bersudut.

  • Krayon dengan lapisan atau selongsong membuat tangan tidak kotor dan licin. Bahan parafin dan wax yang dipakai sebagai bahan dasar krayon membuat krayon terasa licin di tangan.

Perhatikan pemilihan crayon non toxic untuk anak-anak

Perhatikan pemilihan crayon non toxic untuk anak-anak

Beberapa produk krayon mengandung VOC (volatile organic compounds), PVC, formaldehida, amonia, timbal, xylene, dan toluene. Bahan-bahan tersebut dapat terhirup dari serbuk-serbuk krayon yang tersisa saat mewarnai. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan.


Jika Anda memilih krayon untuk anak-anak dan bayi, pastikan bahannya tidak beracun. Krayon non toxic tentu saja lebih aman untuk anak-anak serta orang dewasa. Sebagai solusinya, Anda dapat memilih krayon berbahan dasar beeswax dan soybean wax. 


Pertimbangkan juga produk krayon yang menggunakan pigmen warna dari ekstrak tumbuhan. Krayon dengan pigmen warna ini lebih aman digunakan bayi dan anak-anak. Apabila ada potongan krayon yang tidak sengaja tertelan, Anda tak perlu khawatir karena produk tersebut tidak berbahaya.

Pertimbangkan water soluble crayon untuk teknik menggambar yang lebih beragam

Kini sudah ada banyak produk water soluble crayon dari berbagai merek. Krayon ini sebetulnya tetap terbuat dari wax, tetapi menggunakan binder yang larut di dalam air. 


Water soluble crayon dapat dipakai untuk beragam teknik menggambar. Setelah selesai menggoreskan krayon, Anda dapat menggunakan kuas basah untuk mendapatkan efek warna berbeda. Anda juga dapat mencampurkan warna-warna tersebut demi mendapatkan warna baru.


Selain itu, water soluble crayon juga lebih mudah dibersihkan. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat anak-anak menggunakan krayon untuk mencoret tembok, lantai, sampai pakaian. 

10 Rekomendasi crayon terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk crayon terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis crayonWax oil crayon
Diameter8,65 mm
Isi10 pcs, 15 pcs, 30 pcs, 40 pcs, 84 pcs
Non-toxicTidak disebutkan
Water soluble✔︎
9
Jenis crayonBeeswax crayon
DiameterTidak berdiameter
Isi12 pcs
Non-toxic✔︎
Water solubleX
8
Jenis crayonWax crayon
DiameterTidak disebutkan
Isi12 pcs, 24 pcs
Non-toxic✔︎
Water soluble✔︎
7

CrayolaUltra-Clean Washable Crayons 16 Count

Mulai dari Rp 69.900,00

Jenis crayonWax crayon
DiameterTidak disebutkan
Isi8 pcs, 16 pcs, 24 pcs, 48 pcs, 64 pcs
Non-toxic✔︎
Water soluble✔︎
6
Jenis crayonOil pastel crayon
DiameterTidak disebutkan
Isi12 pcs
Non-toxic✔︎
Water solubleX
5
Jenis crayonWax crayon
Diameter11 mm
Isi12 pcs
Non-toxic✔︎
Water solubleX
4

Faber CastellHexagonal Oil Pastel

Mulai dari Rp 30.000,00

Jenis crayonOil pastel crayon
DiameterTidak disebutkan
Isi12 pcs, 24 pcs, 48 pcs, 60 pcs, 72 pcs
Non-toxic✔︎
Water solubleX
3
Jenis crayonWax crayon
DiameterTidak disebutkan
Isi6 pcs, 12 pcs, 24 pcs
Non-toxic✔︎
Water soluble✔︎
2
Jenis crayonOil pastel crayon
DiameterTidak disebutkan
Isi12 pcs, 24 pcs, 36 pcs
Non-toxic✔︎
Water solubleX
1

JoykoTiTi Twist Crayon Putar Mini 12

TWCR-12

Mulai dari Rp 22.000,00

Jenis crayonWax crayon
Diameter10 mm
Isi12 pcs
Non-toxic✔︎
Water solubleX

Tabel perbandingan produk crayon terbaik

Gambar produk
1
Joyko TiTi Twist Crayon Putar Mini 12 1

Joyko

2
Deli Oil Pastel Crayon 1

Deli

3
MACS Gel Crayon 1

MACS

4
Faber Castell Hexagonal Oil Pastel 1

Faber Castell

Joyko Paper Roll Crayon  1

Joyko

6
Greebel Crayon Neon Metallic  1

Greebel

7
Crayola Ultra-Clean Washable Crayons 16 Count 1

Crayola

8
Faber Castell Erasable Crayons 1

Faber Castell

9
Joan Miro Bees Wax Crayon 1

Joan Miro

10
Caran d'Ache Neocolor II 1

Caran d'Ache

Nama produk

TiTi Twist Crayon Putar Mini 12

Oil Pastel Crayon

Gel Crayon

Hexagonal Oil Pastel

Paper Roll Crayon

Crayon Neon Metallic

Ultra-Clean Washable Crayons 16 Count

Erasable Crayons

Bees Wax Crayon

Neocolor II

Keunggulan

Crayon putar yang harganya sangat ramah di kantong

Model crayon minyak klasik yang banyak diminati

Crayon putar yang bisa untuk face painting

Bentuk hexagonal membuatnya mudah digenggam

Tangan bebas kotor dan licin berkat kertas pembungkus

Crayon warna metalik untuk berbagai teknik mewarnai

Noda crayon bisa dicuci, dinding, baju, dan kulit aman dari noda crayon!

Bisa dihapus, tak perlu khawatir salah menggambar

Crayon dengan bentuk menggemaskan, aman untuk anak dan bayi

Crayon khusus para profesional dengan hasil yang tahan luntur

Harga mulai dariRp 22.000,00Rp 19.000,00Rp 40.000,00Rp 30.000,00Rp 33.800,00Rp 32.000,00Rp 69.900,00Rp 33.744,00Rp 89.000,00Rp 418.000,00
Jenis crayonWax crayonOil pastel crayonWax crayonOil pastel crayonWax crayonOil pastel crayonWax crayonWax crayonBeeswax crayonWax oil crayon
Diameter10 mmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan11 mmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak berdiameter8,65 mm
Isi12 pcs12 pcs, 24 pcs, 36 pcs6 pcs, 12 pcs, 24 pcs12 pcs, 24 pcs, 48 pcs, 60 pcs, 72 pcs12 pcs12 pcs8 pcs, 16 pcs, 24 pcs, 48 pcs, 64 pcs12 pcs, 24 pcs12 pcs10 pcs, 15 pcs, 30 pcs, 40 pcs, 84 pcs
Non-toxic✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎Tidak disebutkan
Water solubleXX✔︎XXX✔︎✔︎X✔︎
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar crayon

Kami juga sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan umum seputar krayon. Simak jawabannya agar Anda dapat mengenali krayon lebih mendalam.

Apakah crayon berbasis kapur?

Apakah crayon berbasis kapur?

Krayon umumnya tidak mengandung kapur. Namun, ada produk chalk crayon yang terbuat dari kapur, clay, dan pewarna. Chalk crayon tidak dapat digunakan di atas kertas, tetapi dapat digunakan di kaca, papan tulis kapur, dan kayu.

Apa perbedaan oil pastel dan crayon?

Oil pastel dan krayon adalah media mewarnai yang berbeda. Krayon pada umumnya terbuat dari wax, sedangkan oil pastel terbuat dari wax dengan campuran oil. Tekstur oil pastel lebih lembut dan warnanya lebih mudah menempel di tangan.

Cara menyimpan gambaran crayon dengan baik

Cara menyimpan gambaran crayon dengan baik
Anda mungkin ingin memajang hasil lukisan anak atau karya favorit milik Anda sendiri. Namun, crayon merupakan alat mewarnai yang kurang bisa bertahan lama pada media gambarnya. Jika membiarkan hasil gambar begitu saja, Anda akan mendapati pigmen dan minyak di permukaan gambar menempel di area sekitarnya. Selain itu, gambar Anda mungkin mudah rusak ketika digosok dengan tangan.

Untuk mencegahnya, kami merekomendasikan Anda menggunakan semacam zat semprot fixative dan crayon coat. Penggunaan produk ini mampu untuk menjaga hasil gambaran crayon atau pastel Anda dari debu dan kontaminasi kotoran lainnya. Kami menyarankan Anda menggunakan penyemprot ini agar hasil gambar bisa dipajang lebih lama.

Baca juga rekomendasi alat mewarnai lainnya di sini

Pada artikel ini Anda telah membaca penjelasan beserta rekomendasi krayon terbaik yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Selain krayon, alat lain yang sering digunakan untuk menggambar dan mewarnai adalah pensil warna dan cat air. Anda dapat membaca produk rekomendasi kami di bawah ini!

Kesimpulan

Wax crayon, beeswax crayon, hingga oil pastel crayon adalah jenis krayon yang banyak Anda temui di pasaran. Tiap jenis krayon memiliki kelebihan tersendiri. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kenyamanan Anda ataupun anak-anak.

Pastikan Anda memilih krayon yang aman untuk anak-anak, ya. Hal ini mencegah terjadinya keracunan akibat bahan-bahan kimia berbahaya di dalam krayon. Terakhir, pastikan isi dan warna krayon sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dan berkreasi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak jenis benang rajut, mulai dari benang polyester, benang katun, benang nilon, hingga benang polycherry.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart, Papiput Yarn, dan DROPS Design. Artikel ini sudah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita. Jika Anda ingin mulai belajar merajut, baca ulasan dari kami terlebih dahulu!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mulai belajar menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Karena itu, produsen-produsen, seperti merek Brother, Butterfly, Janome, dan lainnya berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit yang cocok untuk pemula.Setiap mesin jahit dari setiap produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Simak sampai akhir, ya!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin jahit portable banyak dicari karena ukurannya tidak terlalu besar, bobotnya relatif ringan, dan kepraktisan fitur-fiturnya. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan mesin jahit biasa, kemampuannya dalam membantu Anda menjahit tidak perlu diragukan. Ada beragam pilihan, dari mesin jahit multifungsi, heavy duty, hingga mesin jahit portable mini. Jika sedang mencari-cari mesin jahit portable yang bagus, Anda bisa memeriksa produk merek Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Apa saja keunggulan dan fitur setiap mesin jahit portable tersebut? Simak artikel ini sampai akhir!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin obras adalah mesin untuk merapikan tepian kain agar benang-benangnya tidak terurai berantakan. Mesin ini akan menjahit tepian kain sekaligus memotong bagian yang tidak diperlukan dalam sekali jalan. Hasilnya adalah baju Anda terlihat rapi dan jadi lebih awet tanpa benang yang menjulur semrawut. Memilih mesin obras, entah untuk tujuan hobi atau profesional, patut dipertimbangkan secara matang. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin obras yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin obras terbaik dari merek Singer, Janome, hingga Butterfly. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Membuat kerajinan dari clay memang merupakan kegiatan yang asyik dilakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satu jenis clay yang sedang menjadi primadona di kalangan crafter adalah polymer clay. Polymer clay termasuk bahan lunak yang terbuat dari polivinil klorida (PVC). Tak heran jika bahan ini sangat mudah dibentuk.Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan beragam merek polymer clay yang bagus di pasaran. Sculpey, FIMO, dan Cernit merupakan beberapa contohnya. Supaya Anda bisa mendapatkan produk terbaik, kali ini kami akan menjelaskan tips-tips memilih polymer clay. Mari simak dengan saksama!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Origami merupakan seni melipat kertas dari Jepang. Origami telah diajarkan sejak masa kanak-kanak, bahkan masih menjadi hobi bagi beberapa orang dewasa. Dengan kertas origami, Anda dapat membuat burung, bunga, ikan, dan lainnya. Untuk membantu Anda menghasilkan objek yang diinginkan, pemilihan kertas origami sangat penting.Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kertas origami beserta tips memilihnya. Simak juga rekomendasi kertas origami terbaik dari kami. Berbagai merek kertas origami, seperti Sinar Dunia, Asturo, Deli, sampai Faber Castell ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, segera simak sampai habis, ya!
    Kerajinan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori