• 10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pernahkah Anda merasa kesal karena komedo yang sulit dibersihkan? Untuk membersihkan komedo secara tuntas, Anda membutuhkan produk pengangkat komedo yang bertindak langsung ke pori-pori. Namun, berhati-hatilah karena sebagian produk dapat merekat kuat dan berdampak pada kesehatan kulit.

Kali ini, kami akan menjelaskan secara mendetail hal-hal apa yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk pengangkat komedo. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terbaik, seperti Innisfree, Nature Republic, The Face Shop, hingga Biore yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan dilewatkan, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 18 Desember 2019
  • 60.925 Views
Daftar isi

Apa yang menyebabkan timbulnya komedo?

Apa yang menyebabkan timbulnya komedo?
Apa yang menyebabkan hidung Anda terlihat kasar dan menggelap? Komedo adalah kotoran di pori-pori wajah sebagai akibat dari debu dan sebum. Keduanya menyumbat pori-pori kulit dan mengalami oksidasi oleh udara. Komedo awalnya berwarna putih, tetapi akan berubah hitam karena penumpukan kotoran, sebum, dan sel kulit mati. Jika Anda melakukan facial, komedo ini biasanya dibersihkan dengan alat kecil yang terbuat dari besi. Namun, hal tersebut justru dapat meninggalkan noda hitam yang membuat komedo makin menyebar.
Tentunya, sulit untuk menghindari sebum dan kotoran penyebab komedo. Komedo Anda pun tetap akan menghitam jika keratin yang terbentuk tidak dibersihkan. Untuk menangani masalah komedo, Anda membutuhkan produk pengangkat komedo yang dapat digunakan kapan pun ketika komedo mulai bermunculan. Dengan bahan aktif yang terdapat di dalamnya, masalah komedo Anda dapat segera teratasi!

Cara memilih pengangkat komedo

Supaya tidak salah memilih, kami akan menjelaskan empat poin yang harus Anda perhitungkan saat memilih produk pengangkat komedo.

Pilih produk pengangkat komedo berdasarkan tipenya

Produk pengangkat komedo yang berkembang di pasaran terbagi atas dua jenis, yaitu jenis strip dan jenis clay. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk, kita pelajari lebih lanjut!

Strip: Dapat dipakai di mana pun dan kapan pun

Strip: Dapat dipakai di mana pun dan kapan pun
Pengangkat komedo tipe strip dapat ditempelkan langsung ke hidung Anda. Tunggu hingga mengering, lalu cabut secara perlahan. Dengan cara ini, komedo dan kotoran yang menyumbat pori-pori akan terangkat bersamaan secara lebih efektif dan aman. Kelebihan dari jenis strip adalah Anda tidak perlu membilasnya dengan air. Sembari menggunakan produk ini, Anda bebas melakukan kegiatan seperti menonton televisi atau bekerja.
Akan tetapi, jenis strip memiliki kelemahan. Strip berperekat kuat tidak hanya membuat komedo dan kotoran saja yang terangkat, tetapi lapisan kulit, minyak, bulu, dan lainnya juga bisa ikut terangkat. Bagi sebagian orang, hal ini dapat menyebabkan iritasi sehingga produk semacam ini tidak cocok bagi pemilik kulit sensitif.

Clay mask: Lebih aman untuk pemilik kulit sensitif

Clay mask: Lebih aman untuk pemilik kulit sensitif
Tipe pengangkat komedo yang berbentuk lulur atau masker muka dan harus dicuci setelah pemakaian disebut clay. Umumnya, tipe clay menggunakan lumpur atau partikel-partikel baik dari dasar laut yang memiliki tingkat adsorpsi tinggi. Produk ini juga mampu membersihkan komedo hingga ke pori-pori. Beberapa bahkan dilengkapi dengan bahan anti-inflamasi dan antibakteri yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan tipe strip.
Kekurangan jenis ini adalah Anda harus membilasnya dengan air sehingga tidak dapat digunakan saat berada di luar rumah. Anda juga harus menggunakannya di kamar mandi atau wastafel karena baju dan tangan Anda kemungkinan ikut kotor. Karena dibersihkan dengan air, bukan tidak mungkin lapisan minyak dan pelembap alami kulit juga ikut terangkat.
Beberapa produk pengangkat komedo jenis clay juga dapat Anda temukan sebagai peel off mask. Bedanya adalah jika clay membutuhkan air untuk dibersihkan, peel off mask tidak. Cara kerjanya seakan menggabungkan antara clay dan strip, yaitu dengan cara mengelupas maskernya dari kulit wajah setelah mengering. Dengan cara tersebut, Anda dapat melihat seberapa banyak komedo yang terangkat.

Cek kandungan bahannya

Cek kandungan bahannya
Perlu Anda ingat, produk tipe strip maupun clay memiliki cara kerja yang sama, yaitu membersihkan komedo dengan menyerap air dan minyak dari pori wajah. Oleh sebab itu, beberapa produk pengangkat komedo mengandung bahan-bahan untuk memperbaiki struktur kulit setelah pembersihan komedo. Produk seperti ini direkomendasikan karena selain membersihkan juga dapat merawat kulit.
Lebih bagus lagi apabila Anda memilih produk yang sudah dilengkapi bahan pelembap, seperti hyaluronic acid, glycerin, dan madu di dalamnya. Bahan seperti hamamelis, charcoal, dan volcanic juga memiliki manfaat baik dalam membersihkan dan mengecilkan pori. Pilihlah produk yang sesuai dengan keadaan kulit sekaligus mampu merawat kulit Anda setelah pembersihan komedo.

Perhatikan waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan produk

Perhatikan waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan produk
Semua produk pengangkat komedo membutuhkan waktu beberapa saat untuk didiamkan sebelum Anda bersihkan. Jadi, penting untuk memperhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan suatu produk dalam membersihkan komedo. Sebaiknya, Anda menggunakan pengingat atau stopwatch saat sedang menggunakan pengangkat komedo agar tepat waktu dalam mengelupas dan membersihkannya.
Mendiamkan produk pengangkat komedo lebih lama dari waktu yang dianjurkan dapat berdampak buruk. Bukan hanya mengangkat komedo saja, dikhawatirkan produk pengangkat komedo juga dapat merusak kulit wajah. Meskipun Anda sudah mengenakan pelembap, produk pengangkat komedo tetap berisiko membebani kulit. Jadi, pastikan Anda memeriksa waktu lama pemakaiannya untuk menghindari iritasi kulit yang tidak diharapkan.

Utamakan produk yang dilengkapi dengan bahan-bahan berkualitas

Utamakan produk yang dilengkapi dengan bahan-bahan berkualitas
Produk pengangkat komedo yang berkualitas baik memang dijual dengan harga yang lumayan mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produk tersebut tidak terlalu sering digunakan.
Walau frekuensi penggunaan produk pengangkat komedo berbeda-beda untuk setiap orang, disarankan untuk menggunakannya 1-2 kali seminggu. Jadi, pilihlah produk dengan bahan-bahan berkualitas yang tidak terlalu membebani kulit. Jangan sampai kulit Anda bermasalah karena menjatuhkan pilihan pada produk yang murah meriah, tetapi kurang baik.

10 Rekomendasi pengangkat komedo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pengangkat komedo terbaik untuk menjadi pilihan Anda. Pilihlah produk sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda, ya!
10
Kandungan bahan aktifGreen tea, bamboo, charcoal, herbal
Lama pemakaian3 × 10 menit per strip
TipeStrips
9
Kandungan bahan aktifPutih telur, glycerin, allantoin
Lama pemakaian20-25 menit
TipePeel off mask
8
Kandungan bahan aktifActivated carbon
Lama pemakaian20-30 menit
TipePeel off mask
7
Kandungan bahan aktifHamamelis virginiana, bamboo charcoal, oil absorbing powder, glycerin
Lama pemakaian10-15 menit
TipeStrips
6
Kandungan bahan aktifDamyang bamboo charcoal, bentonite, kaolin, pomegranate extract, acai palm extract, cranberry fruit extract, gugjia extract, plum extract, blueberry extract, jujube extract
Lama pemakaian25-30 menit
TipeClay
5

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask

Rp 67.620,00

Kandungan bahan aktifJeju volcanic lava, allantoin
Lama pemakaian10-15 menit
TipeClay, peel off mask
4
Kandungan bahan aktifJeju volcanic lava, orchid extract, Camellia japonica leaf extract
Lama pemakaian3-5 menit
TipeClay, balm
3
Kandungan bahan aktif6.020 mg Jeju volcanic lava, glycerin, kaolin
Lama pemakaian10 menit
TipeClay
2
Kandungan bahan aktifKaolin, madu, glycerin, peppermint oil, vanili, aduki beans
Lama pemakaian15 menit
TipeClay
1

Origins Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores

Rp 420.000,00

Kandungan bahan aktifBamboo charcoal, white China clay, kaolin, bentonite, glycerin
Lama pemakaian10 menit
Keunggulan bahanClay

Tabel perbandingan produk pengangkat komedo terbaik

Gambar produk
1
Origins  Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores 1

Origins

2
Lush  Mask of Magnaminty 1

Lush

3
Innisfree  Super Volcanic Pore Clay Mask 1

Innisfree

4
Innisfree  Jeju Volcanic Blackhead Out Balm 1

Innisfree

5
The Face Shop  Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask 1

The Face Shop

6
Nature Republic  Bamboo Charcoal Mud Pack 1

Nature Republic

7
Kao  Biore Pore Pack Black 1

Kao

8
Bioaqua Activated Carbon Remove Blackhead Mask 1

Bioaqua

9
Hanasui  Egg White Peel Off Mask 1

Hanasui

10
Vienna Blackhead Remover 3 Step Nose Pack 1

Vienna

Nama produk

Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores

Mask of Magnaminty

Super Volcanic Pore Clay Mask

Jeju Volcanic Blackhead Out Balm

Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask

Bamboo Charcoal Mud Pack

Biore Pore Pack Black

Activated Carbon Remove Blackhead Mask

Egg White Peel Off Mask

Blackhead Remover 3 Step Nose Pack

KeunggulanProduk nomor satu di Amerik...Tidak hanya jerawat wajah y...Semua kotoran terangkat, ku...Tidak nyaman dengan cara pe...Semua kotoran terangkat, ku...Produk pengangkat komedo bi...Bikin kulit sehat berseri d...Wajah cantik bebas kerutan ...Dengan kandungan putih telu...Fungsi berbeda di setiap st...
HargaRp 420.000,00Rp 215.000,00Rp 190.000,00Rp 75.000,00Rp 67.620,00Rp 142.000,00Rp 11.000,00Rp 13.000,00Rp 11.200,00Rp 18.400,00
Kandungan bahan aktifBamboo charcoal, white China clay, kaolin, bentonite, glycerinKaolin, madu, glycerin, peppermint oil, vanili, aduki beans6.020 mg Jeju volcanic lava, glycerin, kaolinJeju volcanic lava, orchid extract, Camellia japonica leaf extractJeju volcanic lava, allantoinDamyang bamboo charcoal, bentonite, kaolin, pomegranate extract, acai palm extract, cranberry fruit extract, gugjia extract, plum extract, blueberry extract, jujube extract Hamamelis virginiana, bamboo charcoal, oil absorbing powder, glycerinActivated carbonPutih telur, glycerin, allantoinGreen tea, bamboo, charcoal, herbal
Lama pemakaian10 menit15 menit10 menit3-5 menit10-15 menit25-30 menit10-15 menit20-30 menit20-25 menit3 × 10 menit per strip
Keunggulan bahanClayClayClayClay, balmClay, peel off maskClayStripsPeel off maskPeel off maskStrips
Tautan produk

Tips menggunakan produk pengangkat komedo

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa poin yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan saat menggunakan produk pengangkat komedo.

Gunakan pelembap setelah mengangkat komedo

Gunakan pelembap setelah mengangkat komedo
Setelah menggunakan produk pengangkat komedo, baik yang jenis strip maupun jenis clay, tanpa Anda ketahui bisa saja ada lapisan kulit yang ikut terangkat. Karenanya, Anda perlu melakukan perawatan untuk kulit wajah, terutama jika Anda menggunakan jenis strip yang merekat kuat di kulit. Tanpa perawatan setelahnya, ada kemungkinan komedo di wajah justru akan makin parah.
Selain itu, produk pengangkat komedo juga dapat menyebabkan hilangnya kandungan minyak yang berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Jadi, gunakanlah rangkaian produk pelembap dan skincare setelah Anda membersihkan komedo.

Perhatikan frekuensi pemakaian

Perhatikan frekuensi pemakaian
Menggunakan produk pengangkat komedo lebih dari jumlah yang dianjurkan dapat menyebabkan kulit Anda rusak. Maka dari itu, perhatikanlah frekuensi pemakaian produk pengangkat komedo.
Sebenarnya, kulit akan beregenerasi secara normal pada jangka waktu tertentu. Jika proses pengangkatan komedo dilakukan secara paksa dengan menyerap kotoran hingga ke pori-pori, hal ini dapat mengganggu siklus turnover kulit akibat rangsangan yang ditimbulkan.
Waktu yang dibutuhkan kulit untuk regenerasi adalah sekitar 28-56 hari. Dengan demikian, hindarilah menggunakan produk pengangkat komedo dalam jangka waktu ketika turnover kulit mudah terganggu.

Baca juga rekomendasi pelembap yang dapat digunakan setelah mengangkat komedo!

Untuk menjaga wajah tetap lembap dan mencegah kulit kusam setelah penggunaan produk pengangkat komedo, jangan lupa menggunakan produk pelembap. Anda dapat membaca beberapa artikel rekomendasi produk pelembap terbaik di bawah ini!

Kesimpulan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kedua jenis produk pengangkat komedo memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah produk yang Anda rasa lebih nyaman untuk digunakan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.
Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda mengatasi masalah komedo membandel dan membuat Anda tampil lebih percaya diri. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    209.072 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    124.143 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    281.865 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    212.750 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    169.724 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    227.836 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lipstik Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Belakangan ini, lipstik berwarna cokelat digemari oleh banyak wanita. Berbagai brand makeup ternama bahkan telah mengeluarkan lipstik cokelat andalannya. Sebut saja Maybeline, NYX, Make Over, dan beberapa lainnya.Sebelum Anda menentukan pilihan, kami akan membahas terlebih dahulu tips memilih lipstik cokelat terbaik. Tentunya poin tersebut akan membantu Anda dalam menentukan produk terbaik yang sesuai kebutuhan. Jadi, jangan dilewatkan ya!
    Kosmetik & kesehatan
    14.923 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori