10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pengangkat Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pernahkah Anda merasa kesal karena komedo yang sulit dibersihkan? Untuk membersihkan komedo secara tuntas, Anda membutuhkan produk pengangkat komedo yang bertindak langsung ke pori-pori. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih. Produk ini akan merekat kuat pada lapisan kulit dan dapat memengaruhi kesehatan kulit wajah.

Kali ini, kami akan menjelaskan secara mendetail hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk pengangkat komedo. Kami juga memberikan rekomendasi produk pengangkat komedo dari merek terbaik Innisfree, Nature Republic, Lush, The face Shop, hingga Biore yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, jangan dilewatkan ya!

Daftar isi

Apa yang menyebabkan timbulnya komedo?

Apa yang menyebabkan timbulnya komedo?

Apa yang menyebabkan hidung Anda terlihat kasar dan menggelap? Komedo sebenarnya adalah kotoran yang ada di pori-pori wajah. Penyebabnya adalah debu atau kosmetik mengandung sebum yang masuk ke dalam pori-pori dan mengalami oksidasi oleh udara. Komedo berwarna putih, tetapi akan berubah menjadi gelap akibat penumpukan kotoran, sebum, dan sel kulit mati di dalam pori-pori. Jika Anda melakukan facial, komedo-komedo ini biasanya dibersihkan dengan alat kecil yang terbuat dari besi. Namun, hal tersebut justru dapat meninggalkan noda hitam, lalu membuat komedo semakin menyebar.

Tentunya sulit untuk menghindari sebum dan kotoran penyebab komedo. Komedo Anda pun tetap akan menghitam jika tidak dihilangkan. Untuk menangani masalah komedo ini, Anda membutuhkan produk pengangkat komedo yang dapat Anda gunakan kapan pun Anda melihat komedo mulai bermunculan. Dengan bahan aktif yang terdapat di dalamnya, masalah komedo Anda akan segera teratasi!

Cara memilih pengangkat komedo

Supaya tidak salah memilih, kami akan menjelaskan empat poin yang harus Anda perhitungkan dalam memilih produk pengangkat komedo.

Pilih produk berdasarkan jenisnya

Produk pengangkat komedo yang berkembang di pasaran terbagi atas dua jenis yaitu jenis strip dan jenis clay. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk, kita pelajari lebih lanjut!

Jenis strip: dapat dipakai di mana pun dan kapan pun

Jenis strip: dapat dipakai di mana pun dan kapan pun

Pengangkat komedo jenis strip ini langsung ditempelkan ke hidung Anda. Sebelum diaplikasikan, hidung harus dalam keadaan basah agar produk ini dapat menempel sempurna. Anda harus menunggu selama 10-15 menit supaya semua air benar-benar terserap dan membuat komedo menempel pada strip, lalu Anda cabut secara perlahan. Dengan cara ini, komedo dan kotoran yang menyumbat pori-pori akan terangkat bersamaan secara lebih efektif dan aman. Kelebihan dari jenis strip adalah Anda tidak perlu membilasnya dengan air. Anda juga dapat melakukan kegiatan seperti menonton televisi atau bekerja tanpa takut produknya mengotori barang-barang di sekitar Anda.

Akan tetapi, jenis strip memiliki kelemahan karena menempel langsung di kulit dan sering kali terasa sakit pada saat dicabut. Setelah dicabut, Anda juga akan melihat sisa perekat yang harus dibersihkan dengan cara digosok. Selain itu, strip berperekat kuat tidak hanya membuat komedo dan kotoran saja yang terangkat, tetapi lapisan kulit, minyak, bulu, dan lainnya juga bisa ikut terangkat. Bagi sebagian orang, hal ini dapat menyebabkan iritasi.

Jenis clay: lebih aman untuk pemilik kulit sensitif

Jenis clay: lebih aman untuk pemilik kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi, kami sarankan Anda memilih produk pengangkat komedo jenis clay. Umumnya, pengangkat komedo jenis clay menggunakan lumpur atau partikel-partikel baik dari dasar laut yang memiliki tingkat adsorpsi tinggi. Sama dengan jenis strip, produk ini juga akan membersihkan komedo hingga ke pori-pori. Beberapa produk bahkan dilengkapi dengan bahan anti-inflamasi dan antibakteri yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan jenis strip. Namun, produk semacam ini masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Kekurangan jenis ini adalah Anda harus membersihkannya dengan air sehingga tidak dapat digunakan saat berada di luar rumah. Anda juga harus membersihkannya di kamar mandi atau wastafel karena tentunya tangan Anda akan ikut kotor. Bagaimanapun juga, jenis clay memiliki pengaplikasian yang juga menempel langsung di kulit, walau tidak sekuat jenis strip. Jadi, bukan tidak mungkin ada lapisan kulit lain yang juga ikut terangkat.

Beberapa produk pengangkat komedo jenis clay juga dapat Anda temukan sebagai peel off mask. Jika jenis clay umumnya membutuhkan air untuk membersihkannya, peel off mask tidak. Cara kerjanya seakan menggabungkan antara jenis clay dan strip yaitu dengan cara mengelupas maskernya dari kulit wajah setelah mengering. Tentunya dengan cara tersebut Anda dapat melihat seberapa banyak komedo yang terangkat.

Perhatikan kandungan bahannya

Perhatikan kandungan bahannya

Perlu Anda ingat, baik itu jenis strip maupun jenis clay, keduanya memiliki cara kerja yang sama yaitu membersihkan komedo dengan menyerap air dan minyak dari pori wajah. Oleh sebab itu, beberapa produk pengangkat komedo menambahkan bahan-bahan untuk memperbaiki struktur kulit setelah pembersihan komedo. Produk seperti ini akan memberi kenyamanan bagi penggunanya karena selain membersihkan juga dapat merawat kulit.

Kebanyakan produk pengangkat komedo diperkaya kandungan volcanic lava karena kemampuannya untuk membersihkan kulit tidak perlu diragukan lagi. Produk dengan kandungan volcanic lava dari merek terkenal juga mudah didapatkan di toko online di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk dengan kandungan ekstrak mint atau bamboo charcoal yang mampu mengecilkan pori-pori.

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah selesai menggunakan produk pengangkat komedo. Lebih bagus lagi apabila Anda memilih produk yang sudah dilengkapi kandungan pelembap, seperti gliserol, madu, dan hyaluronic acid di dalamnya. Pilihlah produk yang sesuai dengan keadaan kulit Anda agar terhindar dari iritasi.

Perhatikan juga waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan produk

Perhatikan juga waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan produk

Semua produk pengangkat komedo membutuhkan waktu beberapa saat untuk didiamkan sebelum Anda bersihkan. Jadi, penting untuk Anda memperhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh suatu produk dalam membersihkan komedo. Sebaiknya, Anda menggunakan pengingat atau stopwatch saat sedang menggunakan produk agar tepat waktu dalam mengelupas dan membersihkannya.

Mengapa kita perlu memperhatikan berapa lama waktu untuk mendiamkan dan mengangkat produk? Perlu Anda ingat, mendiamkan produk pengangkat komedo lebih lama dari waktu yang dianjurkan dapat berdampak buruk. Bukan hanya mengangkat komedo saja, dikhawatirkan produk pengangkat komedo juga dapat merusak kulit wajah. Sering kali kita merasa kesal karena tidak banyak komedo yang terangkat pada saat produk dicabut, kemudian mengulangi step-nya dari awal lagi. Hindarilah hal seperti ini. Ingatlah bahwa produk pengangkat komedo perlu dipakai secara rutin sampai kulit Anda benar-benar bersih, tetapi dalam jangka waktu beberapa hari dan tidak bisa secara instan. Untuk itu, dibutuhkan kesabaran dalam membersihkan komedo.

Utamakan produk yang dilengkapi dengan bahan-bahan berkualitas

Pilih produk yang dilengkapi dengan bahan-bahan berkualitas

Produk pengangkat komedo yang berkualitas baik memang dijual dengan harga yang lumayan mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produk tersebut tidak akan sering digunakan.

Walau frekuensi penggunaan produk pengangkat komedo berbeda-beda untuk setiap orang, tetapi kami sarankan untuk menggunakannya 1-2 kali seminggu. Oleh karena itu, prioritaskanlah produk yang dilengkapi dengan bahan-bahan berkualitas. Jangan sampai kulit Anda menjadi bermasalah karena menjatuhkan pilihan pada produk yang kurang baik.

10 Rekomendasi pengangkat komedo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pengangkat komedo terbaik untuk menjadi pilihan Anda. Pilihlah produk sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda, ya!

10. Vienna Blackhead Remover

10. Vienna Blackhead Remover

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.500

Fungsi yang berbeda pada setiap strip-nya untuk wajah bebas komedo!

Anda merasa produk pengangkat komedo tidak bekerja maksimal? Coba yang satu ini! Vienna menawarkan produk dengan tiga strip yang memiliki fungsi berbeda. Strip pertama berfungsi untuk membuka pori-pori, strip kedua berfungsi mengangkat komedo, dan strip ketiga mengecilkan pori-pori yang sebelumnya terbuka.

Untuk setiap step-nya, Anda disarankan untuk mendiamkan produk selama 10 menit. Jadi, Anda harus menyediakan waktu 30 menit untuk mengaplikasikan produk ini supaya bekerja maksimal. Bagi Anda yang hobi memanjakan diri pada akhir pekan, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini.

9. Hanasui Egg White Peel Off Mask

9. Hanasui Egg White Peel Off Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.200

Waw, dengan kandungan putih telur bruntusan menghilang!

Bagi Anda yang memiliki kulit kasar akibat bruntusan atau bekas jerawat, produk yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda. Kandungan putih telur yang ada di dalamnya mampu mengencangkan dan secara perlahan akan memperbaiki tekstur kulit Anda.

Anda akan mendapatkan kulit yang halus, bersih, tanpa kerutan, dan lebih cerah dengan menggunakan produk ini sebanyak 2-3 kali seminggu. Efek menyejukkan yang diberikan produk pengangkat komedo ini juga akan merelaksasi kulit dan pikiran Anda saat menggunakannya. Kulit mulus dan bercahaya sekarang bukan mimpi lagi!

8. Bioaqua Activated Carbon Remove Blackhead Mask

8. Bioaqua Activated Carbon Remove Blackhead Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.000

Wajah cantik bebas kerutan bisa Anda dapatkan dengan mudah

Garis halus dan kerutan mulai muncul di kulit wajah Anda? Bioaqua Activated Carbon Remove Blackhead Mask dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dengan bahan-bahan herbal, produk ini akan mempercepat proses metabolisme kulit dan memperlambat proses penuaan.

Tidak hanya komedo, produk pengangkat komedo ini juga akan mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah Anda terlihat lebih bersih, serta segar setelah menggunakannya. Gunakan secara rutin 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah kencang yang bebas kerutan!

7. Kao Biore Pore Pack Black

7. Kao Biore Pore Pack Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.800

Pekerjaan tidak bisa ditinggal? Pakai produk ini membuat Anda tetap dapat bekerja

Dengan strip berwarna hitam, Biore Pore Pack Black dari Kao menawarkan produk pengangkat komedo yang mampu mengangkat komedo dalam satu kali pemakaian. Dikarenakan warnanya yang hitam, Anda dapat melihat seberapa banyak komedo yang terangkat dengan jelas.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan oil absorbing powder yang akan menyerap minyak berlebih. Anda juga akan melihat pori-pori di wajah mengecil setelah menggunakannya. Produk ini cocok bagi Anda yang jarang memiliki waktu luang. Praktis karena tidak perlu dibilas dengan air dan dapat digunakan sambil melakukan kegiatan lain.

6. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

6. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Menutrisi kulit dengan kandungan bamboo charcoal

Nature Republic menawarkan produk pengangkat komedo yang diperkaya kandungan bamboo charcoal yang berfungsi mengangkat komedo dan kotoran di wajah. Anda dapat memfokuskan pemakaiannya di area T-zone atau bagian-bagian yang memiliki pori-pori besar karena produk ini mampu mengecilkan pori-pori.

Produk ini mengandung bentonite yang membantu menyerap minyak berlebih dan kaolin yang lembut membersihkan kulit. Kaolin adalah kandungan yang paling sedikit menyerap minyak. Oleh sebab itu, produk ini cocok bagi pemilik kulit kering. Anda juga akan merasakan kulit lebih kencang setelah menggunakannya. Kulit akan semakin ternutrisi dan tidak lagi terlihat kusam!

5. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask

5. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 47.000

Semua kotoran terangkat, kulit terasa lebih bersih sejak penggunaan pertama

Volcanic lava memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kecantikan kulit, seperti produk satu ini yang juga diperkaya dengan volcanic lava. Wajah Anda akan dibersihkan secara menyeluruh hingga ke dalam pori-pori. Tidak hanya komedo, sisa-sisa debu dan serum yang ada di kulit Anda juga akan ikut terangkat.

Berjenis peel off mask, pengangkat komedo ini akan melekat kuat pada kulit wajah dan menarik semua kotoran yang menempel saat Anda membersihkannya. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit terutama yang memiliki pori-pori besar. Diamkan hingga 10-15 menit agar produk ini mengering sempurna dan wajah Anda akan bersih dari komedo juga kotoran lainnya.

4. Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm

4. Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 58.500

Tidak nyaman dengan cara pembersihan komedo yang biasa? Coba produk ini!

Berbentuk balm, produk ini akan berubah menjadi minyak saat Anda aplikasikan di wajah. Berbeda dengan produk pengangkat komedo lain, produk ini Anda pakai seperti menggunakan facial wash. Dalam keadaan kulit kering, gosok perlahan dengan sedikit ditekan di bagian hidung sampai Anda melihat banyak komedo yang keluar.

Diperkaya kandungan volcanic lava, Blackhead Out Balm tidak hanya mampu mengangkat komedo, tetapi juga menyerap minyak, kotoran, dan sebum hingga ke dalam pori-pori. Walau teksturnya berupa minyak, tetapi Anda tidak akan menemukan kesulitan saat membilasnya. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi.

3. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

3. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 155.000

Semua kotoran terangkat, kulit cerah yang Anda dapatkan!

Innisfree sebagai brand skin care dari Korea memang sudah dikenal secara global. Kembali mengandalkan manfaat dari volcanic lava, produk pengangkat komedo ini akan membersihkan kotoran hingga ke pori-pori terdalam. Kemampuan mengontrol minyak pada produk ini menjadikannya cocok digunakan pemilik kulit berminyak.

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask juga mampu mengecilkan pori, mengontrol sebum, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan kulit. Anda juga akan merasakan efek menyejukkan setiap kali menggunakan produk ini. Daya rekatnya di kulit juga tidak terlalu kuat sehingga Anda akan merasa nyaman menggunakannya.

2. Lush Mask of Magnaminty

2. Lush Mask of Magnaminty

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 230.000

Tidak hanya jerawat wajah yang hilang, tetapi juga jerawat punggung!

Jika Anda menyukai aroma mint, kami jamin Anda akan menyukai produk ini. Produk clay mask ini mengandung tanah liat kaolin dan minyak peppermint. Selain membersihkan, produk ini akan mendinginkan kulit dan menenangkan pikiran Anda dengan wanginya. Scrub halusnya membersihkan komedo dan sel kulit mati, serta menyerap minyak berlebih.

Di samping itu, produk ini memiliki kandungan gliserol dan madu sehingga kulit tidak menjadi kering. Sebagai pengangkat komedo yang multifungsi, produk ini adalah pilihan yang tepat. Selain untuk wajah, Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker tubuh untuk mengatasi jerawat di punggung. Sensasi mint yang menyejukkan hanya Anda dapatkan dari produk ini!

1. Origins Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores

 

1. Origins Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 480.000

Produk nomor satu di Amerika Utara, akankah jadi nomor satu di hati Anda?!

Bebas kandungan paraben, sulfat, dan phthalates menjadikan produk ini aman digunakan untuk semua jenis kulit, terutama pemilik kulit sensitif! Diklaim sebagai masker nomor satu di Amerika Utara, Origins Active Charcoal Mask membantu membersihkan kulit dari racun dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Kandungan bamboo charcoal-nya akan menyerap kelebihan minyak di wajah penyebab komedo, sedangkan kandungan white China clay bertindak sebagai pelarut kotoran dan racun. Produk ini akan mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori kulit. Jadikan produk ini sebagai solusi terbaik yang akan menghindarkan Anda dari kulit kusam dan tekstur kulit bermasalah.

Catatan tentang penggunaan produk pengangkat komedo

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa poin yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan saat menggunakan produk pengangkat komedo.

Gunakan pelembap setelah menggunakan produk pengangkat komedo

Gunakan pelembap setelah menggunakan produk pengangkat komedo

Setelah menggunakan produk pengangkat komedo, baik yang jenis strip maupun jenis clay, tanpa Anda ketahui bisa saja ada lapisan kulit yang ikut terangkat. Untuk menanganinya Anda harus memberi perawatan untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak. Terutama jika Anda menggunakan jenis strip yang perekatnya merekat dengan kuat di kulit. Tanpa perawatan setelah penggunaan produk, ada kemungkinan muncul noda hitam di wajah.

Selain itu, penggunaan jenis yang harus dibilas dengan air, seperti jenis clay, juga dapat menyebabkan hilangnya kandungan minyak yang berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Karenanya, Anda juga perlu melakukan perawatan untuk kulit Anda. Gunakanlah pelembap setelah Anda menggunakan toner atau langkah perawatan kulit lainnya, untuk mencegah kemungkinan munculnya noda hitam di wajah.

Untuk menjaga wajah tetap lembap setelah penggunaan produk pengangkat komedo, Anda dapat membaca artikel rekomendasi produk lainnya di bawah ini.

Perhatikan frekuensi pemakaian produk pengangkat komedo

Perhatikan frekuensi pemakaian produk pengangkat komedo

Hal penting lainnya adalah memperhatikan frekuensi pemakaian produk pengangkat komedo. Menggunakan produk pengangkat komedo lebih dari jumlah yang dianjurkan dapat menyebabkan kulit Anda rusak.

Sebenarnya, kulit akan beregenerasi secara normal pada jangka waktu tertentu. Dikarenakan proses pengangkatan komedo dilakukan secara paksa dengan menyerap kotoran hingga ke pori-pori, hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pada stimulasi kulit. Penyebabnya adalah sel kulit mati terangkat sebelum waktunya.

Waktu yang dibutuhkan kulit untuk regenerasi yaitu sekitar 28-56 hari. Maka dari itu, tidak kami sarankan Anda kembali menggunakan produk pengangkat komedo dalam jangka waktu tersebut.

Kesimpulan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bawah kedua jenis produk pengangkat komedo memiliki cara kerja yang sama. Pilihlah produk yang Anda rasa lebih nyaman untuk digunakan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda mengatasi masalah komedo membandel dan membuat Anda tampil lebih percaya diri. Selamat memilih!