• 10 Masker Pengangkat Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Pengangkat Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Pengangkat Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Pengangkat Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Pengangkat Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Pengangkat Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Agar dapat membersihkan komedo secara tuntas, Anda membutuhkan masker penghilang komedo. Namun, Anda sebaiknya berhati-hati karena beberapa produk penghilang komedo dapat merekat kuat dan bisa berdampak pada kesehatan kulit.


Kali ini, kami akan menjelaskan secara mendetail hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih masker pengangkat komedo. Kami juga akan membagikan rekomendasi masker komedo yang bagus dari merek Innisfree, Breylee, Skintific, Vienna, hingga Biore. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala, untuk menambah wawasan Anda. Jangan lewatkan informasinya dan temukan produk favorit Anda bersama kami!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Galih Manggala
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI dan sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional untuk meningkatkan kompetensi.


Saat ini dr. Galih berpraktek di RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, dan Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, dan sebagainya. Beliau juga aktif membuat konten edukasi di akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker pengangkat komedo

Supaya tidak salah memilih, setidaknya ada beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan saat memilih masker komedo. Untuk tahu lebih detail, simaklah informasi di bawah ini.

Sesuaikan tipe produk dengan jenis kulit dan tujuan penggunaan

Masker komedo yang ada di pasaran terbagi atas dua tipe, yaitu strip dan clay. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pelajari lebih lanjut karakteristiknya dan pilih yang cocok dengan kondisi kulit Anda!

Tipe strip: Efektif mengangkat komedo di hidung dan mudah dipakai

Tipe strip: Efektif mengangkat komedo di hidung dan mudah dipakai

Masker komedo tipe strip dapat ditempelkan langsung ke hidung Anda. Setelah ditempelkan, tunggu beberapa saat hingga mengering, lalu cabut secara perlahan. Dengan cara ini, komedo dan kotoran yang menyumbat pori-pori akan terangkat bersamaan secara efektif dan bersih. 


Kelebihan dari tipe strip ini adalah Anda tidak perlu membilasnya dengan air. Anda pun bebas melakukan kegiatan seperti menonton televisi atau bekerja sembari menggunakannya. Namun, masker komedo tipe strip juga memiliki kelemahan. Perekatnya yang kuat tidak hanya membuat komedo dan kotoran terangkat, tetapi juga lapisan kulit dan minyak wajah.


Bagi sebagian orang, hal ini dapat menyebabkan iritasi sehingga pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati saat menggunakannya. Selain itu, ada kemungkinan kulit mengalami iritasi saat perekat dicabut. Karena itu, Anda perlu memperhatikan petunjuk penggunaannya dengan baik sebelum memakainya.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Gejala iritasi kulit wajah yang dialami seseorang berbeda-beda tergantung bahan pemicu alergi atau alergen. Pada alergi, masker komedo tipe strip biasanya terbatas pada area yang tertempel maupun bersentuhan dengan masker.


Pasien akan merasakan rasa gatal yang bisa juga disertai rasa perih. Kulit area tersebut juga biasanya berwarna kemerahan disertai tekstur kulit yang terlihat kering. Pada kondisi alergi yang hebat, bisa saja muncul lepuh pada kulit, tetapi biasanya sangat jarang terjadi.

Tipe clay: Cocok untuk membersihkan komedo di seluruh bagian wajah

Tipe clay: Cocok untuk membersihkan komedo di seluruh bagian wajah

Tipe clay dapat digunakan dengan cara dioleskan ke kulit. Setelah itu, masker yang telah dioleskan tadi dibiarkan selama beberapa menit dan dikelupas setelah mengeras. Berbeda dengan tipe strip, tipe clay dapat digunakan lebih merata sehingga cocok untuk menghilangkan rambut di zona T dan area lainnya.


Selain itu, beberapa masker tipe clay juga mengandung bahan pelembap dan kecantikan yang bisa melembapkan kulit. Namun, seperti halnya tipe strip, Anda perlu berhati-hati saat mengelupas clay agar kulit tidak mengalami iritasi.


Jika Anda mencari produk yang ramah untuk kulit, kami merekomendasikan penghilang komedo tipe krim. Tipe seperti ini dapat mengangkat kotoran dari pori-pori hanya dengan dioleskan dan dilap saja. Walaupun daya pembersihannya tidak sekuat tipe lain, tipe krim lebih disarankan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Masker tipe clay biasanya mengandung beberapa bahan. Kandungan yang sering terdapat pada masker tipe clay adalah kaolin dan bentonite


Masker yang mengandung kaolin menunjukkan aktivitas terapi (pengobatan) sebagai perawatan antiacne. Sementara itu, bentonite merupakan zat tanah liat yang berasal dari abu vulkanik. Bentonite mengandung beberapa mineral alami, seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Berbagai sumber menyebutkan bahwa kandungan di dalam bentonite dapat menyerap minyak dan kotoran di kulit.

Cek kandungan bahannya

Masker komedo sangat efektif untuk membersihkan komedo dari kulit wajah Anda. Namun, produk ini juga dapat membebani kulit saat digunakan. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk yang dilengkapi dengan bahan lainnya yang dapat mendukung kesehatan kulit.

Bahan pelembap: Menjaga kelembapan dan mengurangi dampak buruk saat masker dikelupas

Bahan pelembap: Menjaga kelembapan dan mengurangi dampak buruk saat masker dikelupas

Selain menyerap sebum dan kotoran, masker komedo juga dapat menghilangkan air dan minyak yang dibutuhkan kulit. Hal tersebut bisa saja menyebabkan masalah di kulit Anda. Untuk mengatasinya, kami menyarankan Anda menggunakan produk yang mengandung bahan pelembap. Dengan begitu, Anda dapat menghilangkan komedo sekaligus menjaga kelembapan kulit.


Saat membeli, pastikan untuk memeriksa ada tidaknya kandungan pelembap pada produk incaran Anda. Contoh bahan pelembap yang umum dijumpai:

  • Glycerin
  • Ceramide
  • PCA-Na
  • Asam amino
  • Na laktat

Contoh komponen emolien:

  • Squalene
  • Minyak
  • Fat
dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Penggunaan bahan pelembap setelah menggunakan masker sangat penting, terutama pada tipe kulit sensitif. Pemilik kulit kering disarankan untuk memilih pelembap dalam bentuk salep atau body butter karena teksturnya lebih kental dan padat. Pelembap berbentuk krim lebih cocok untuk kulit normal, sedangkan bentuk lotion yang paling encer lebih cocok untuk kulit berminyak.

Ekstrak tumbuhan dan asam sitrat: Mengencangkan kulit dan mengurangi sebum berlebih

Ekstrak tumbuhan dan asam sitrat: Mengencangkan kulit dan mengurangi sebum berlebih

Jika Anda tidak merawat kulit dengan baik setelah menggunakan penghilang komedo, tekstur kulit Anda mungkin akan terganggu. Karena itu, pilihlah produk penghilang komedo terbaik yang dapat mendukung kesehatan kulit Anda. Selain pelembap, bahan untuk mengencangkan kulit, seperti ekstrak Hamamelis virginiana, ekstrak daun cha, dan asam sitrat juga disarankan.


Selain itu, beberapa produk asal Korea hadir dengan paket perawatan lanjutan dalam dua dan tiga langkah. Produk seperti ini mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Anda hanya perlu membaca panduannya dan melakukan perawatan sesuai petunjuk pemakaian.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Asam sitrat merupakan AHA yang memiliki sifat pengelupasan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Asam sitrat juga cocok digunakan pada kondisi kulit yang berminyak karena memiliki sifat astringen yang dapat mengeringkan minyak berlebih pada wajah.


Asam sitrat menjadi salah satu asam yang unik dibandingkan asam lainnya karena memiliki manfaat antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung. Antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

Tanaman mugwort: Sebagai anti-inflamasi, antibakteri, dan menenangkan kulit

Tanaman mugwort: Sebagai anti-inflamasi, antibakteri, dan menenangkan kulit

Salah satu bahan dasar skincare yang saat ini sedang digemari adalah mugwort. Kandungan ini merupakan tanaman herbal yang kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk perawatan kulit. Mugwort sering digunakan untuk produk menghilangkan komedo, mengatasi jerawat, dan melembapkan kulit. 


Mugwort dikenal memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan antioksidan. Oleh sebab itu, kandungan mugwort pada masker dapat menghilangkan komedo dan membersihkan pori-pori tersumbat akibat minyak berlebih. Meski demikian, mugwort juga dapat menenangkan dan melembapkan kulit yang kering.

Activated charcoal: Menarik bakteri, racun, dan partikel berbahaya pada kulit

Activated charcoal: Menarik bakteri, racun, dan partikel berbahaya pada kulit

Tanpa disadari, kulit wajah sering terkena debu, kotoran, polusi, ataupun zat kimia. Hal ini membuat pori-pori tersumbat dan kadar minyak tidak seimbang sehingga muncul komedo dan jerawat. Untuk itu, produk perawatan kulit mulai banyak menggunakan kandungan arang aktif atau activated charcoal, salah satunya produk pengangkat komedo. 


Arang aktif bekerja menarik bakteri, racun, kotoran, dan partikel berbahaya pada kulit. Namun, penggunaan masker komedo dengan activated charcoal tidak boleh terlalu sering. Hal ini karena daya serap charcoal yang kuat dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

10 Rekomendasi masker pengangkat komedo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker pengangkat komedo terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Charlis Gelatin Mask memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Biore Pore Pack yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 7 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Galih Manggala Mahardika.

Gambar produk
1
Laras Natura Charlis Gelatin Mask 1

Laras Natura

2
Innisfree  Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 1

Innisfree

3
Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask 1

Skintific

4
Eka Jaya Internasional Hanasui Egg White Mask 1

Eka Jaya Internasional

5
Lanbéna Bamboo Blackhead Remover Mask 1

Lanbéna

6
Breylee Blackhead Mask 1

Breylee

7
Kao  Biore Pore Pack  1

Kao

8
BIOAQUA Peel Off Mask Blackhead Care Mask 1

BIOAQUA

9
White Story Jeju Volcanic Pore Clay Mask 1

White Story

10
Vienna Blackhead Remover 3 Step Nose Pack 1

Vienna

Nama produk

Charlis Gelatin Mask

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Hanasui Egg White Mask

Bamboo Blackhead Remover Mask

Blackhead Mask

Biore Pore Pack

Peel Off Mask Blackhead Care Mask

Jeju Volcanic Pore Clay Mask

Blackhead Remover 3 Step Nose Pack

Keunggulan

Solusi angkat komedo dengan varian aroma yang menenangkan

Kulit wajah tampak sehat berkat Jeju Volcanic Clusters & Spheres-nya

Kulit tetap lembap, komedo pun terangkat

Dengan kandungan putih telur, beruntusan pun menghilang!

Bersihkan komedo sampai tuntas dan kontrol minyak berlebih

Cepat kering dan ampuh angkat komedo membandel

Dapatkan kulit sehat berseri dan bebas minyak!

Cegah komedo hitam muncul kembali

Masker komedo yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Fungsi berbeda pada setiap strip-nya untuk wajah bebas komedo

Harga mulai dariRp 5.500,00Rp 192.000,00Rp 139.000,00Rp 17.500,00Rp 39.600,00Rp 80.000,00Rp 25.500,00Rp 3.999,00Rp 47.500,00Rp 26.500,00
Isi5 g100 ml55 g85 g50 g17 ml4 strip/pack6 g60 g15 ml (3 strip)
Lama pemakaian15–20 menit10 menit10–15 menit20–25 menit10–15 menit3–5 menit10–15 menit15–20 menit10–15 menit3 × 10 menit per strip
TipeClayClayClayClayClayClayStripClayClayStrip
Kandungan bahan aktifAllantoinTitanium dioxide, glycerin, trehalose, volcanic ash, walnut shell powder, lactic acid, bentonite, kaolinSalicylic acid, mugwort, niacinamide, Centella asiaticaAlbumin, niacinamide (Vitamin B3), allantoin, glycerinSea mud, collagen, glycerol, propylene glycolTee tree oilHamamelis virginiana, bamboo charcoal, oil absorbing powder, glycerinTidak disebutkanCharcoal, bentonite, volcanic ash, kaolinGlycerin, butylene glycol, green tea leaf extract, charcoal powder, bamboo extract, witch hazel leaf extract
Tautan produk
10

ViennaBlackhead Remover 3 Step Nose Pack

Mulai dari Rp 26.500,00

Isi15 ml (3 strip)
Lama pemakaian3 × 10 menit per strip
TipeStrip
Kandungan bahan aktifGlycerin, butylene glycol, green tea leaf extract, charcoal powder, bamboo extract, witch hazel leaf extract
9

White StoryJeju Volcanic Pore Clay Mask

Mulai dari Rp 47.500,00

Isi60 g
Lama pemakaian10–15 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifCharcoal, bentonite, volcanic ash, kaolin
8

BIOAQUAPeel Off Mask Blackhead Care Mask

Mulai dari Rp 3.999,00

Isi6 g
Lama pemakaian15–20 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifTidak disebutkan
7
Isi4 strip/pack
Lama pemakaian10–15 menit
TipeStrip
Kandungan bahan aktifHamamelis virginiana, bamboo charcoal, oil absorbing powder, glycerin
6
Isi17 ml
Lama pemakaian3–5 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifTee tree oil
5
Isi50 g
Lama pemakaian10–15 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifSea mud, collagen, glycerol, propylene glycol
4

Eka Jaya InternasionalHanasui Egg White Mask

Mulai dari Rp 17.500,00

Isi85 g
Lama pemakaian20–25 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifAlbumin, niacinamide (Vitamin B3), allantoin, glycerin
3

SkintificMugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Mulai dari Rp 139.000,00

Isi55 g
Lama pemakaian10–15 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifSalicylic acid, mugwort, niacinamide, Centella asiatica
2

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Mulai dari Rp 192.000,00

Isi100 ml
Lama pemakaian10 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifTitanium dioxide, glycerin, trehalose, volcanic ash, walnut shell powder, lactic acid, bentonite, kaolin
1

Laras NaturaCharlis Gelatin Mask

Mulai dari Rp 5.500,00

Isi5 g
Lama pemakaian15–20 menit
TipeClay
Kandungan bahan aktifAllantoin

Tips menggunakan masker pengangkat komedo

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa poin yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan saat menggunakan masker pengangkat komedo.

Gunakan pelembap setelah mengangkat komedo

Gunakan pelembap setelah mengangkat komedo
Setelah menggunakan masker komedo, tanpa Anda ketahui bisa saja ada lapisan kulit yang ikut terangkat. Karena itu, Anda perlu melakukan perawatan untuk kulit wajah, terutama jika Anda menggunakan tipe strip yang merekat kuat. Tanpa perawatan setelahnya, komedo di wajah kemungkinan akan makin parah.

Selain itu, masker pengangkat komedo juga dapat menyebabkan hilangnya kandungan minyak yang berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Jadi, gunakanlah rangkaian produk pelembap dan skincare setelah Anda membersihkan komedo.

Perhatikan frekuensi pemakaian

Perhatikan frekuensi pemakaian
Menggunakan masker komedo lebih dari jumlah yang dianjurkan dapat menyebabkan kulit Anda rusak. Maka dari itu, perhatikanlah frekuensi pemakaiannya. Sebenarnya, kulit akan beregenerasi secara normal pada jangka waktu tertentu. 

Sebagai contoh, proses pengangkatan komedo dilakukan dengan menyerap kotoran hingga ke pori-pori secara paksa. Hal ini dapat mengganggu siklus turnover kulit akibat rangsangan yang ditimbulkan.


Waktu yang dibutuhkan kulit untuk regenerasi adalah sekitar 28–56 hari. Dengan demikian, hindarilah memakai masker komedo dalam jangka waktu berdekatan agar turnover kulit tidak terganggu.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Penggunaan ideal clay mask adalah 2–3 kali seminggu. Namun, pada kulit yg bermasalah dapat digunakan lebih sering. Perhatikan tanda-tanda adanya iritasi pada kulit. Bila kulit terasa menjadi sensitif, sebaiknya penggunaan masker wajah dihentikan terlebih dahulu. 

Baca juga rekomendasi produk pendamping saat menggunakan masker pengangkat komedo di sini

Anda dapat menggunakan produk skincare lain untuk menjaga kelembapan wajah sebelum dan setelah penggunaan masker komedo. Kami mempunyai rekomendasi produk, seperti double cleansing, moisturizer, dan soothing gel. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kedua tipe masker komedo memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pilihlah masker komedo terbaik yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda.


Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda mengatasi masalah komedo membandel dan membuat Anda tampil lebih percaya diri. Terima kasih telah menyimak artikel ini sampai akhir dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker LANEIGE Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker LANEIGE Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu produk unggulan dari merek LANEIGE adalah masker. Masker LANEIGE terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari kulit kering, kulit kusam, hingga berjerawat. Tak hanya masker wajah, LANEIGE pun memproduksi masker bibir dan masker mata. Banyaknya varian tersebut mungkin akan membingungkan Anda.Karena itu, kali ini kami ingin membahas cara memilih masker LANEIGE yang bagus. Sepuluh rekomendasi masker LANEIGE terbaik juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan Water Sleeping Mask, Cica Sleeping Mask, hingga Clear-C Peeling Mask. Yuk, simak artikelnya hingga selesai!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori