mybest
Masker

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Apakah masker bisa mengangkat komedo? Penggunaan masker memang bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan komedo secara instan. Namun, komedo mungkin muncul kembali setelah beberapa waktu. Meskipun begitu, penggunaan masker komedo yang tepat tentu tetap bermanfaat untuk perawatan kulit Anda.

Bersama dermatovenereologist, dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E, kami telah menyusun cara memilih masker komedo untuk membantu Anda. Jadi, Anda bisa memilih masker komedo yang sesuai kondisi kulit Anda, yaitu berminyak, kering, atau sensitif. Kami juga akan merekomendasikan masker komedo yang bagus dari berbagai merek, seperti Bioaqua, Biore, dan Innisfree. Selamat membaca!

Diperbaharui 29/09/2023
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah masker bisa mengangkat komedo?

Apakah masker bisa mengangkat komedo?

Masker pengangkat komedo, terutama yang berbentuk strip pore maskbisa digunakan untuk membersihkan komedo secara instan. Namun, perlu diingat bahwa komedo mungkin akan muncul kembali setelah beberapa waktu. Selain itu, masker yang bersifat "menarik" seperti strip pore mask mungkin tidak hanya mengangkat komedo. Namun, masker ini juga mengeluarkan isi pori-pori dan mengangkat lapisan atas kulit Anda.


Sebagai informasi, pori-pori setiap orang terisi minyak atau sebum. Selama tidak ada penyumbatan, produksi minyak dan kondisi pori-pori biasanya tidak bermasalah. Oleh karena itu, perawatan kulit yang efektif seharusnya fokus pada menghilangkan penyumbatan. Penggunaan masker komedo yang ideal adalah satu atau dua kali dalam sebulan. Sementara itu, perawatan rutin dengan rangkaian skincare yang tepat bisa dijadikan prioritas untuk mencegah penyumbatan. 

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Saat Anda menggunakan masker yang 'mengangkat' komedo, komponen yang terangkat belum tentu komedo. Mungkin saja Anda mengeluarkan isi pori-pori. Sebagian besar isi pori-pori ialah minyak, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan masker ini secara berlebihan.

Perlu diingat, sebum atau minyak alami sebetulnya dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit. Terlalu sering mengangkat minyak alami dari pori-pori akan membuat kulit kering dan mendorong kulit mengeluarkan lebih banyak minyak.

Cara memilih masker komedo

Dalam pemilihan masker komedo, Anda perlu memperhatikan kandungan bahan aktifnya. Anda juga perlu memperhatikan durasi pemakaian masker serta rangkaian skincare yang perlu dipakai berikutnya, terutama bila kulit Anda sensitif. Untuk tahu lebih detail tentang cara pemilihan masker komedo, simaklah informasi di bawah ini.

1

Utamakan yang memiliki bahan eksfoliator: AHA, BHA, citric acid, activated charcoal, atau mugwort

Utamakan yang memiliki bahan eksfoliator: AHA, BHA, citric acid, activated charcoal, atau mugwort

Beberapa komedo mungkin sulit untuk dikeluarkan secara manual. Bisa jadi Anda memerlukan bantuan jarum atau bahan eksfoliasi untuk membersihkan kelenjar minyak atau sel kulit mati. Nah, melakukan eksfoliasi secara rutin diharapkan dapat membantu mencegah terbentuknya komedo baru. Oleh karena itu, penting untuk memilih masker yang memiliki kandungan aktif yang bersifat mengeksfoliasi, seperti:


  • AHA (alpha hydroxy acid)
AHA digunakan untuk eksfoliasi kulit mati yang ada di permukaan kulit. Manfaatnya termasuk meningkatkan tekstur kulit, mengurangi noda gelap, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang lebih sehat.


  • BHA (beta hydroxy acid)

BHA bekerja dengan meresap lebih dalam ke dalam pori-pori kulit sehingga efektif membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. BHA juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan akibat jerawat. Beta Hydroxy Acid yang paling umum adalah asam salisilat.


  • Citric acid
Asam sitrat (citric acid) memiliki sifat eksfoliasi ringan. Karena itu, citric acid bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan memunculkan kulit baru yang warnanya lebih cerah dan teksturnya lebih merata. Citric acid juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Activated charcoal (arang aktif)
Activated charcoal dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi komedo. Namun, pemakaian masker yang mengandung activated charcoal sebaiknya tidak terlalu lama karena dapat membuat kulit jadi kering.

  • Mugwort (artemisia)
Mugwort memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Dengan demikian, mugwort dapat membantu meredakan kulit yang meradang dan meratakan warna kulit. Selain itu, mugwort juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih yang berisiko memicu komedo bila pengeluarannya tersumbat.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Jika ditilik secara saksama, terdapat jenis jerawat yang meradang dan jerawat yang tidak meradang. Jerawat yang tidak meradang lebih dikenal sebagai komedo. Secara sederhana, komedo terjadi karena sumbatan pada muara kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous


Apabila sumbatan ini mencapai permukaan kulit, minyak yang menyumbat dapat teroksidasi oleh udara luar dan menjadi hitam (komedo terbuka atau black head). Di sisi lain, ada pula komedo tertutup atau white head, yaitu jika sumbatan tertutup lapisan kulit dan tidak terkena udara luar. Kedua jenis komedo ini bisa dicegah dengan penggunaan bahan eksfoliator yang bisa membersihkan pori.

2

Namun, bila kulit Anda berminyak dan banyak komedo, pertimbangkan bahan tambahan, seperti kandungan niacinamide, PHA, atau retinoid

Namun, bila kulit Anda berminyak dan banyak komedo, pertimbangkan bahan tambahan, seperti kandungan niacinamide, PHA, atau retinoid

Kondisi pori-pori pada jenis kulit berminyak akan terlihat lebih jelas. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan minyak di dalam pori-pori sehingga diameter pori-pori terlihat lebih besar. Apalagi bila terdapat banyak komedo di wajah Anda, pori-pori akan makin terlihat jelas. Pori-pori cenderung terlihat lebih kecil ketika kulit tetap terhidrasi. Oleh karena itu, pertimbangkan juga bahan aktif yang tidak hanya membersihkan kulit, tetapi juga memiliki efek pelembap, seperti: 


  • Niacinamide
Selain melembapkan, masker komedo yang mengandung niacinamide akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit berminyak. Dengan demikian, masker komedo Anda dapat lebih efektif untuk merawat kulit yang tampilan pori-porinya besar dan berkomedo. 

  • PHA (polyhydroxy acid)
Polyhydroxy acid merupakan jenis exfoliating agent yang lembut, bahkan diklaim relatif aman untuk kulit sensitif. PHA memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, bahan ini membantu kulit berminyak Anda tetap dalam keadaan terhidrasi sekaligus bebas dari tumpukan kulit mati.

  • Retinoid
Retinoid dikenal karena kemampuannya dalam merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga tekstur kulit lebih halus dan minim komedo. Retinoid juga dapat membantu mengatur produksi minyak berlebih pada kulit berminyak. Beberapa produk juga dirancang untuk mengurangi efek pengeringan, maka kelembapan kulit terjaga.
3

Untuk Anda yang punya kulit sensitif atau kering, selain bahan eksfoliator, kurangi durasi waktu pemakaian masker dan aplikasikan pelembap yang tepat setelahnya

Kulit kering relatif lebih rentan mengalami iritasi dibandingkan dengan jenis kulit lain. Oleh sebab itu, perawatan kulit kering dapat disamakan dengan perawatan kulit sensitif. Alasannya, kedua jenis kulit ini sama-sama rentan iritasi. 

Gunakan masker lebih singkat: Untuk mengurangi risiko iritasi

Gunakan masker lebih singkat: Untuk mengurangi risiko iritasi
Jika kulit kering atau sensitif Anda juga memiliki masalah komedo, Anda dapat menggunakan masker yang mengandung bahan aktif eksfoliator yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, Anda perlu mengurangi waktu penggunaannya. Gunakan masker selama setengah dari waktu yang direkomendasikan. Sebagai contoh, jika masker direkomendasikan digunakan selama 10 menit, Anda dapat menggunakan masker selama 5 menit saja. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko timbulnya iritasi.

Pakai pelembap setelah penggunaan masker: Agar kulit tidak makin kering

Pakai pelembap setelah penggunaan masker: Agar kulit tidak makin kering
Selain itu, setelah Anda menggunakan masker, pastikan Anda memakai pelembap yang sesuai. Hal ini karena bahan-bahan seperti AHA, activated charcoal, dan lainnya akan mengangkat minyak dari kulit. Akhirnya, kulit bisa menjadi kering, terutama jika kulit Anda sensitif. Pelembap dengan kandungan seperti ceramide yang bisa membantu memperbaiki skin barrier dapat Anda pilih.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Bila kulit Anda sensitif sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu. Cara patch test, yaitu oleskan masker di bagian belakang telinga dan biarkan sesuai durasi waktu yang direkomendasikan, misalnya 5-10 menit. Lalu, perhatikan dalam kurun 24 jam selanjutnya ada reaksi gatal dan merah atau tidak. Bila aman, baru Anda bisa menggunakannya di seluruh wajah.

4

Paling penting, gunakan strip pore mask atau comedo peel off mask sesekali saja

Paling penting, gunakan strip pore mask atau comedo peel off mask sesekali saja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perawatan komedo yang efektif lebih tepat dilakukan dalam jangka panjang, misalnya dengan rutin eksfoliasi. Penggunaan masker instan seperti strip pore mask atau comedo peel off mask bukanlah opsi terbaik untuk perawatan yang berkelanjutan.


Jika Anda perlu hasil instan untuk suatu acara penting, strip pore mask bisa digunakan sesekali. Namun, harus diingat untuk tidak menggunakannya terlalu sering. Alasannya, agar tidak mengakibatkan pengeluaran isi pori, yaitu minyak alami kulit, dan pengangkatan lapisan kulit yang tidak disengaja.


Kulit yang sehat memiliki pertahanan alami yang mencegah bahan-bahan asing seperti bakteri masuk ke dalamnya. Penggunaan masker yang secara paksa "menarik" komedo keluar dapat menyebabkan pori-pori terbuka. Hal ini bisa meningkatkan risiko penetrasi bahan asing dan menyebabkan peradangan.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Masker yang bersifat "mengangkat" komedo bisa saja ikut menarik kulit normal sehingga sesaat barrier kulit terganggu. Karena itu, Anda perlu menggunakan skincare yang bisa memastikan barrier kulit terjaga setelah penggunaan masker komedo, contohnya pelembap.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi masker komedo terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Masker Komedo terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 28 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Isi
Rekomendasi jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
Tipe
Kandungan lain
Kemasan
Area pemakaian
Kandungan anti-acne
Kandungan brightening
Kandungan anti-aging
Durasi pemakaian
All-day/night
Nomor BPOM
1

SKINTIFIC

Mugwort Acne Clay Stick

SKINTIFIC Mugwort Acne Clay Stick 1

Rp139.000

Agak Mahal

Membersihkan komedo jadi lebih mudah dan praktis dengan masker ini

Mugwort, salicylic acid, niacinamide

Centella asiatica

40 gram

Kulit berminyak dan berjerawat

Clay mask

Tidak ada

Stick

Seluruh area wajah

Salicylic Acid

Niacinamide

Mugwort, Centella asiatica

10-15 menit

NA11220200288

2

SKINTIFIC

Mugwort Acne Clay Mask

SKINTIFIC Mugwort Acne Clay Mask 1

Rp139.000

Agak Mahal

Masker mugwort untuk bersihkan pori-pori dan atasi jerawat beserta bekasnya

Salicylic acid, Centella asiatica, mugwort, niacinamide

Centella asiatica

55 gram

Kulit berminyak

Clay mask

Montmorillonite

Jar

Seluruh area wajah

Centella asiatica, mugwort, salicylic acid

Niacinamide

Tidak ada

10-20 menit

Tidak diketahui

NA11230200029

3

Breylee

Step 1 Blackhead Remover Mask

Breylee Step 1 Blackhead Remover Mask  1

Rp63.900

Menengah

Cepat kering dan ampuh menjangkau komedo yang sulit terangkat

Tea tree oil, calendula extract, Aloe vera extract

Aloe vera, glycerin, royal jelly

17 ml

Semua jenis kulit

Peel-off mask

Tidak ada

Botol

Hidung, pipi, dan dagu

Tea tree oil, Aloe vera

Tidak ada

Royal jelly

3-5 menit

Tidak diketahui

NA11220200131

4

Eka Jaya Internasional

Hanasui Naturgo Peel Off Mask Black Tube

Eka Jaya Internasional Hanasui Naturgo Peel Off Mask Black Tube 1

Rp23.100

Agak Murah

Bersihkan komedo dan mengurangi minyak berlebih

Niacinamide

Niacinamide

60 gram

Semua jenis kulit

Peel-off mask

Tidak diketahui

Tube

Seluruh area wajah

Niacinamide

Niacinamide

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18190205324

5

Innisfree

Super Volcanic Pore Clay Mask

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 1

Rp225.000

Lebih Mahal

Masker clay legendaris dengan formula dan kemasan baru!

Jeju volcanic cluster & spheres, AHA

Butylene glycol, glycerin

100 ml

Kulit berminyak dan kombinasi

Tidak diketahui

Clay mask

Trehalose, tocopherol (vitamin E)

Jar

Seluruh area wajah

Tidak ada

Citrus unshiu peel extract

Lactic acid

10 menit

Tidak diketahui

NA26190205138

6

KAO

BIORE Pore Pack Black 4S

KAO BIORE Pore Pack Black 4S 1

Rp18.000

Lebih Murah

Berbentuk plester, lebih praktis angkat komedo dari dalam pori

Bamboo charcoal, oil absorbing powder

Tidak ada

4 lembar

Semua jenis kulit

Plester

Tidak ada

Pack

Hidung

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

10-15 menit

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

SKINTIFIC

Alaska Volcano Clay Stick

SKINTIFIC  Alaska Volcano Clay Stick 1

Rp169.000

Agak Mahal

Atasi komedo sekaligus merawat skin barrier untuk kulit lebih sehat berseri

Alaska volcano clay, glycolic acid, probiotic complex, black charcoal

Alaska volcano clay, Glycolic acid, probiotic complex

40 gram

Kulit berminyak

Clay mask

Tidak ada

Stick

Seluruh area wajah kecuali mata dan mulut

Alaska volcano clay, glycolic acid, probiotic complex, black charcoal

Glycolic acid, probiotic complex

Glycolic acid, probiotic complex

10-15 menit

Tidak diketahui

NA11220200290

8

Azrina

Pure Charcoal Mud Mask

Azrina Pure Charcoal Mud Mask 1

Rp38.000

Agak Murah

Bersihkan pori-pori dan komedo secara mendalam untuk kulit wajah yang lebih cerah

Charcoal, kaolin, hydrolyzed algae extract

Hydrolyzed algae extract

25 ml

Semua jenis kulit

Mud mask

Bentonite, castor oil

Tube

Seluruh area wajah kecuali mata dan mulut

Bentonite

Tidak ada

Castor oil, hydrolyzed algae extract

10-15 menit

Tidak diketahui

NA18190205573

9

N’Pure

Cica Chocomint Clay Mask

N’Pure Cica Chocomint Clay Mask 1

Rp119.000

Agak Mahal

Efek soothing dan calming-nya cocok untuk acne prone skin

Centella asiatica extract, niacinamide, Sodium hyaluronate, bentonite, kaolin

Sodium hyaluronate, Fomes officinalis extract

50 gram

Semua jenis kulit terutama acne prone skin

Clay mask

Fomes officinalis extract, Cacao shell powder

Jar

Seluruh area wajah kecuali mata dan mulut

Centella asiatica extract, bentonite, kaolin

Niacinamide

Sodium hyaluronate, Centella asiatica extract

10-15 menit

Tidak diketahui

NA18200200618

10

BIOAQUA

Peel Off Mask Activated Charcoal

BIOAQUA Peel Off Mask Activated Charcoal 1

Rp49.000

Agak Murah

Ucapkan selamat tinggal pada komedo hitam di wajah!

Bamboo charcoal

Propylene glycol

60 g

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

Peel-off mask

Centella asiatica, chamomile, water lily

Tube

Hidung

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

15-20 menit

Tidak

NA11210200146

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SKINTIFICMugwort Acne Clay Stick

Mugwort Acne Clay Stick 1
Sumber: skintificcanada.com
Mugwort Acne Clay Stick 4
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Membersihkan komedo jadi lebih mudah dan praktis dengan masker ini

Traveling dalam waktu lama bukan alasan untuk skip perawatan kulit wajah. Kali ini, SKINTIFIC menghadirkan clay mask dalam bentuk stik yang praktis dipakai kapan pun dan di mana pun. Anda yang gemar traveling dan tetap ingin kulit sehat bebas komedo bisa memilih produk ini. Diformulasikan dengan mugwort, masker ini juga diklaim dapat meredakan jerawat. Pemakaiannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengaplikasikan stiknya ke area wajah.


Selain itu, kandungan niacinamide, salicylic acid, dan Centella dalam masker ini dapat mengontrol produksi minyak dan membersihkan pori-pori. Kandungannya ini pun mampu membersihkan komedo dan menenangkan kulit yang sedang meradang. Memakai masker jadi lebih praktis dan menyenangkan dengan clay mask antiribet ini.

Kandungan utamaMugwort, salicylic acid, niacinamide
Kandungan pelembapCentella asiatica
Isi40 gram
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan berjerawat
Aman untuk kulit sensitif
TipeClay mask
Kandungan lainTidak ada
KemasanStick
Area pemakaian Seluruh area wajah
Kandungan anti-acneSalicylic Acid
Kandungan brighteningNiacinamide
Kandungan anti-agingMugwort, Centella asiatica
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/night
Nomor BPOMNA11220200288
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SKINTIFICMugwort Acne Clay Mask

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Masker mugwort untuk bersihkan pori-pori dan atasi jerawat beserta bekasnya

Selain produk 5X Ceramide yang viral, SKINTIFIC juga memiliki produk Mugwort Acne Clay Mask untuk kulit berjerawat dan berkomedo. Masker ini mengandung mugwort, salicylic acid, dan Centella asiatica. Ketiganya bersifat antibakteri serta dapat menenangkan jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada kulit Anda.


Untuk membersihkan pori-pori dari komedo, kandungan mugwort pada masker akan bekerja mewujudkannya untuk Anda. Sementara itu, tambahan kandungan niacinamide-nya dapat membantu mengatasi flek bekas jerawat. Masker ini alhasil sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga kebersihan pori-pori dari komedo serta mengatasi jerawat dan bekasnya.

Kandungan utamaSalicylic acid, Centella asiatica, mugwort, niacinamide
Kandungan pelembapCentella asiatica
Isi55 gram
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak
Aman untuk kulit sensitif
TipeClay mask
Kandungan lainMontmorillonite
KemasanJar
Area pemakaian Seluruh area wajah
Kandungan anti-acneCentella asiatica, mugwort, salicylic acid
Kandungan brighteningNiacinamide
Kandungan anti-agingTidak ada
Durasi pemakaian10-20 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA11230200029
View all
No.3

BreyleeStep 1 Blackhead Remover Mask

Harga referensi
Rp63.900
Menengah

Cepat kering dan ampuh menjangkau komedo yang sulit terangkat

Produk untuk menghilangkan komedo dari Breylee ini memiliki cara yang unik dalam penggunaannya. Setelah membersihkan wajah dan mengompres dengan air hangat, Anda dapat mengoleskan masker ini dengan kuas yang tersedia. Setelah itu, tempelkan kertas pada bagian yang sudah dioles.


Masker ini menembus ke dalam pori-pori dan menarik komedo keluar dari bawah sehingga mampu menjangkau komedo yang sulit terangkat. Anda hanya perlu waktu selama 3-5 menit untuk memakainya.
Kandungan utamaTea tree oil, calendula extract, Aloe vera extract
Kandungan pelembapAloe vera, glycerin, royal jelly
Isi17 ml
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
TipePeel-off mask
Kandungan lainTidak ada
KemasanBotol
Area pemakaian Hidung, pipi, dan dagu
Kandungan anti-acneTea tree oil, Aloe vera
Kandungan brighteningTidak ada
Kandungan anti-agingRoyal jelly
Durasi pemakaian3-5 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA11220200131
View all
No.4

Eka Jaya InternasionalHanasui Naturgo Peel Off Mask Black Tube

Harga referensi
Rp23.100
Agak Murah

Bersihkan komedo dan mengurangi minyak berlebih

Hanasui Naturgo Peel Off Mask Black merupakan masker untuk perawatan kulit wajah yang efektif mengangkat komedo dan mengatasi kulit kusam. Kandungan niacinamide (Vitamin B3) pada masker ini mampu membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, dan membuatnya jadi lebih halus. 


Untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, produk ini bisa Anda pertimbangkan. Selain efektif mengangkat komedo, peel off mask ini diklaim dapat mengurangi kadar minyak berlebih di wajah Anda. Wajah pun tampak lebih bersih dan bebas kilap sepanjang hari.

Kandungan utamaNiacinamide
Kandungan pelembapNiacinamide
Isi60 gram
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
TipePeel-off mask
Kandungan lainTidak diketahui
KemasanTube
Area pemakaian Seluruh area wajah
Kandungan anti-acneNiacinamide
Kandungan brighteningNiacinamide
Kandungan anti-agingTidak ada
Durasi pemakaianTidak diketahui
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18190205324
View all
No.5

InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask

Harga referensi
Rp225.000
Lebih Mahal

Masker clay legendaris dengan formula dan kemasan baru!

Anda pasti tidak asing dengan masker yang satu ini. Masker Innisfree ini hadir dengan formula dan kemasan baru. Dalam sekali pemakaian, masker ini bisa mengangkat 98% sebum berlebih berkat kandungan Jeju Volcanic Cluster & Spheres dan AHA. 


Dengan pemakaian teratur, masker ini akan membantu memperbaiki tampilan dan tekstur kulit secara keseluruhan. Jika pori-pori bersih, jerawat pun akan enggan muncul pada wajah Anda.

Kandungan utamaJeju volcanic cluster & spheres, AHA
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin
Isi100 ml
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan kombinasi
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipeClay mask
Kandungan lainTrehalose, tocopherol (vitamin E)
KemasanJar
Area pemakaian Seluruh area wajah
Kandungan anti-acneTidak ada
Kandungan brighteningCitrus unshiu peel extract
Kandungan anti-agingLactic acid
Durasi pemakaian10 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA26190205138
View all
No.6

KAOBIORE Pore Pack Black 4S

Harga referensi
Rp18.000
Lebih Murah

Berbentuk plester, lebih praktis angkat komedo dari dalam pori

Biore Pore Pack merupakan salah satu cara praktis untuk menghilangkan komedo. Plester berwarna hitam ini mampu mengangkat komedo dan membuat kulit tetap berseri. Dengan kandungan bamboo charcoal dan oil absorbing powder, produk ini juga dapat mengurangi minyak berlebih di bagian hidung. 


Untuk pemakaiannya, Anda cukup membasahi hidung Anda dengan air setelah dibersihkan. Lalu, tempel pore pack di hidung dan pastikan pore pack melekat dengan sempurna. Setelah didiamkan 10-15 menit, Anda bisa melepas pore pack dengan hati-hati dan komedo pun akan tercabut dari pori-pori. Anda yang bermasalah dengan komedo membandel di area hidung bisa mengandalkan produk ini.

Kandungan utamaBamboo charcoal, oil absorbing powder
Kandungan pelembapTidak ada
Isi4 lembar
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
TipePlester
Kandungan lainTidak ada
KemasanPack
Area pemakaian Hidung
Kandungan anti-acneTidak ada
Kandungan brighteningTidak ada
Kandungan anti-agingTidak ada
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMTidak diketahui
View all
No.7

SKINTIFIC Alaska Volcano Clay Stick

Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal

Atasi komedo sekaligus merawat skin barrier untuk kulit lebih sehat berseri

Bagi Anda yang mencari masker yang mampu mengangkat komedo sekaligus meningkatkan perlindungan kulit, masker ini bisa jadi solusinya. Alaska Volcano Pore Clay Stick Mask dari SKINTIFIC ini mengandung partikel halus yang secara alami dapat mengeksfoliasi kulit wajah. Kulit wajah Anda dijamin lebih bersih dan bebas komedo.


Masker ini juga dilengkapi dengan glycolic acid dan probiotic complex yang dapat menjaga skin barrier serta menyegarkan kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda disarankan menggunakannya secara rutin 2-3 kali seminggu.

Kandungan utamaAlaska volcano clay, glycolic acid, probiotic complex, black charcoal
Kandungan pelembapAlaska volcano clay, Glycolic acid, probiotic complex
Isi40 gram
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak
Aman untuk kulit sensitif
TipeClay mask
Kandungan lainTidak ada
KemasanStick
Area pemakaian Seluruh area wajah kecuali mata dan mulut
Kandungan anti-acneAlaska volcano clay, glycolic acid, probiotic complex, black charcoal
Kandungan brighteningGlycolic acid, probiotic complex
Kandungan anti-agingGlycolic acid, probiotic complex
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA11220200290
View all
No.8

AzrinaPure Charcoal Mud Mask

Harga referensi
Rp38.000
Agak Murah

Bersihkan pori-pori dan komedo secara mendalam untuk kulit wajah yang lebih cerah

Masker Charcoal dari Azrina ini memiliki 3 kandungan utama, yaitu charcoal, kaolin dan hydrolyzed algae extract. Charcoal dapat membantu detoksifikasi kulit, menghilangkan komedo, mengecilkan dan membersihkan pori-pori, hingga mengangkat sel kulit mati. Sementara itu, kaolin mampu mengontrol minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori. Produk ini cocok untuk para wanita yang masker komedo yang dapat sekaligus membersihkan pori-pori secara mendalam.

Tak hanya membersihkan, masker ini juga memiliki kandungan pelembap, yaitu hydrolyzed algae extract. Alhasil, kulit tidak akan terasa tertarik saat dan setelah pemakaian masker. Dengan pemakaian yang teratur, kulit wajah Anda akan tampak lebih bersih dan cerah. 

Kandungan utamaCharcoal, kaolin, hydrolyzed algae extract
Kandungan pelembapHydrolyzed algae extract
Isi25 ml
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
TipeMud mask
Kandungan lainBentonite, castor oil
KemasanTube
Area pemakaian Seluruh area wajah kecuali mata dan mulut
Kandungan anti-acneBentonite
Kandungan brighteningTidak ada
Kandungan anti-agingCastor oil, hydrolyzed algae extract
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18190205573
View all
No.9

N’PureCica Chocomint Clay Mask

Harga referensi
Rp119.000
Agak Mahal

Efek soothing dan calming-nya cocok untuk acne prone skin

Untuk Anda yang memiliki kulit dengan jerawat meradang, Anda bisa mencoba clay mask dari N’Pure ini. N’PURE Cica Chocomint Clay Mask adalah masker dengan taburan cokelat asli dan aroma peppermint yang menyegarkan. Selain jerawat, masker ini juga bisa membantu mengatasi komedo.


Dengan kandungan Cantella asiatica extract, masker ini akan memberikan efek menenangkan bagi kulit. Selain itu, masker ini juga diklaim mampu mencegah jerawat muncul kembali. Masker ini dapat digunakan mulai dari usia 14 tahun sehingga aman untuk para remaja dan ibu hamil. 

Kandungan utamaCentella asiatica extract, niacinamide, Sodium hyaluronate, bentonite, kaolin
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, Fomes officinalis extract
Isi50 gram
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit terutama acne prone skin
Aman untuk kulit sensitif
TipeClay mask
Kandungan lainFomes officinalis extract, Cacao shell powder
KemasanJar
Area pemakaian Seluruh area wajah kecuali mata dan mulut
Kandungan anti-acneCentella asiatica extract, bentonite, kaolin
Kandungan brighteningNiacinamide
Kandungan anti-agingSodium hyaluronate, Centella asiatica extract
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18200200618
View all
No.10

BIOAQUAPeel Off Mask Activated Charcoal

Harga referensi
Rp49.000
Agak Murah

Ucapkan selamat tinggal pada komedo hitam di wajah!

Peel off mask dari BIOAQUA ini diklaim mampu menghilangkan komedo hitam yang membandel dengan mudah. Masker ini memiliki empat langkah untuk membersihkan komedo dan kotoran pada pori-pori secara menyeluruh.


Pertama, masker ini akan membuka pori-pori wajah Anda. Lalu, produk ini akan menyedot dan mengangkat komedo yang membandel di wajah Anda. Segera masukkan produk ini dalam keranjang belanja Anda apabila Anda memiliki masalah blackheads.

Kandungan utamaBamboo charcoal
Kandungan pelembapPropylene glycol
Isi60 g
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipePeel-off mask
Kandungan lainCentella asiatica, chamomile, water lily
KemasanTube
Area pemakaian Hidung
Kandungan anti-acneTidak ada
Kandungan brighteningTidak ada
Kandungan anti-agingTidak ada
Durasi pemakaian15-20 menit
All-day/nightTidak
Nomor BPOMNA11210200146
View all

Bagaimana cara menghilangkan komedo yang benar?

Bagaimana cara menghilangkan komedo yang benar?

Jika Anda ingin mencoba merawat komedo di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:


  • Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pencuci muka.
  • Selanjutnya, gunakan toner eksfoliasi secara bergantian dengan toner yang memiliki efek hidrasi.
  • Pada siang hari, gunakan pelembap yang mengandung tea tree oil atau sulfur, kemudian pastikan melanjutkannya dengan penggunaan tabir surya.
  • Ketika malam tiba, pilih pelembap yang mengandung niacinamide, retinol, atau bakuchiol.
  • Jika diperlukan, Anda dapat sesekali menggunakan masker sesuai dengan panduan dalam tips pemilihan yang telah disebutkan di atas. Gunakan setelah mencuci wajah.

5 Rekomendasi Masker Komedo terbaik

No. 1: SKINTIFICMugwort Acne Clay Stick

No. 2: SKINTIFICMugwort Acne Clay Mask

No. 3: BreyleeStep 1 Blackhead Remover Mask

No. 4: Eka Jaya InternasionalHanasui Naturgo Peel Off Mask Black Tube

No. 5: InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Masker Komedo Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.