10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Rice cooker micom atau microcomputer adalah penanak nasi yang memiliki sistem pemanas listrik di bawah dudukan inner pot-nya. Berbagai produsen, seperti Tiger, Yong Ma, Zojirushi dan sebagainya banyak mengeluarkan produk rice cooker micom dengan berbagai desain, harga, dan fitur berkualitas. Lantas, bagaimana cara memilih yang terbaik?

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tentang rekomendasi produk dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih rice cooker micom. Kami harap Anda dapat menemukan produk favorit Anda. Selamat menyimak, ya!

Daftar isi

Cara memilih rice cooker micom

Rice cooker micom mudah dioperasikan dan memiliki harga yang terjangkau. Karena itu, rice cooker micom lebih populer dibandingkan rice cooker IH (Induction Heating) dan pressure cooker. Karena itu, kami akan membantu menjelaskan beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih rice cooker micom.

Pilih kapasitas sesuai jumlah anggota keluarga

Pilih kapasitas sesuai jumlah anggota keluarga

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rice cooker micom adalah menyesuaikan kapasitas sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda. Kapasitas yang terlalu besar akan membutuhkan tempat lebih besar untuk menyimpannya. Biaya listriknya pun menjadi lebih mahal. Sebaliknya, jika memilih kapasitas yang terlalu kecil, Anda jadi repot karena harus memasak nasi berulang kali dan membuat produk jadi lebih cepat rusak. Karena itu, piihlah rice cooker dengan kapasitas yang tepat sesuai jumlah anggota keluarga Anda. Cek panduannya di bawah ini!

  • Untuk 1–2 orang, pilih kapasitas sekitar 3 cangkir/0,5 liter.
  • Untuk 3–5 orang, pilih kapasitas antara 3–5,5 cangkir/1 liter.
  • Untuk 6 orang atau lebih, pilih kapasitas lebih dari 6 cangkir/1,8 liter.

Pilih rice cooker dengan fungsi memasak sesuai kebutuhan

Pilih rice cooker dengan fungsi memasak sesuai kebutuhan

Sebagai makanan pokok di Indonesia, rasa dari nasi adalah suatu hal yang penting. Untuk mendapatkan cita rasa nasi yang pas, belakangan ini makin banyak bermunculan rice cooker micom dengan fungsi memasak khusus untuk beras putih, beras merah, dan sebagainya. Selain itu, fungsi memasak olahan beras lain seperti bubur pun sudah tersedia. Saran kami, pilihlah rice cooker micom dengan fungsi memasak nasi sesuai dengan selera Anda.

Pertimbangkan yang memiliki fungsi penghangat

Pertimbangkan yang memiliki fungsi penghangat

Selain fungsi memasak, Anda juga perlu memperhatikan fungsi penghangat yang ada di rice cooker micom. Hal ini disebabkan nasi yang dihangatkan dalam waktu lama dapat membuat cita rasanya berkurang. Belakangan, sudah ada produk rice cooker micom yang menggunakan material inner pot khusus atau memiliki sistem penghangat tertentu. Penghangat ini diklaim mampu menjaga kelezatan nasi meski terus-menerus dihangatkan. Bila nasi yang Anda buat sering bersisa, pilihlah rice cooker micom dengan penghangat yang mampu membuat nasi tetap lezat dalam waktu lama.

Pilih yang berdaya listrik rendah

Pilih yang berdaya listrik rendah

Dibandingkan rice cooker IH, sebenarnya rice cooker micom relatif lebih hemat listrik karena cara penggunaannya yang simpel. Akan tetapi, akhir-akhir ini banyak bermunculan rice cooker micom yang ikut menggunakan panas bertekanan tinggi seperti pada rice cooker IH. Akibatnya, daya listrik yang dibutuhkan pun semakin tinggi. Karena itu, jangan berasumsi semua rice cooker micom akan hemat listrik. Periksalah spesifikasinya dengan cermat dan pilih produk dengan daya listrik yang rendah.

Steker rice cooker yang terus tercolok untuk menghangatkan nasi dalam waktu lama juga akan mengonsumsi banyak daya listrik. Jadi, selain memperhatikan daya yang dibutuhkan saat memasak nasi, perhatikan juga daya yang dibutuhkan rice cooker micom saat Anda menghangatkan nasi.

Pilih yang mudah dioperasikan dan dibersihkan

Pilih yang mudah dioperasikan dan dibersihkan

Sebagai peralatan rumah tangga yang hampir setiap hari digunakan, kemudahan pengoperasian rice cooker micom merupakan satu hal yang penting. Pilihlah cara pengoperasian yang termudah untuk Anda, baik itu dengan tombol, panel sentuh, perintah suara, maupun cara lainnya. Malah, kini sudah ada rice cooker micom yang dapat dioperasikan dengan smartphone dari jarak jauh meski harganya tentu saja lebih mahal. Sayangnya, rice cooker yang dapat dikendalikan dengan perintah suara maupun smartphone masih sulit ditemukan di Indonesia.

Selain itu, menjaga kebersihan rice cooker adalah suatu hal yang wajib Anda lakukan. Untuk itu, pilihlah rice cooker dengan bagian inner pot, inner lid, katup lubang uap, dan bagian lainnya yang mudah dicopot agar mudah dibersihkan.

Pilih berdasarkan struktur material inner pot dan teknologi yang dimiliki

Salah satu cara memilih rice cooker micom adalah dengan memilihnya berdasarkan merek tertentu. Produsen besar biasanya saling bersaing dengan cara menjual teknologi khusus yang dikembangkannya pada struktur material inner pot, sistem pemanas, dan sebagainya. Setelah menentukan fungsi memasak nasi yang diinginkan, penggunaan, kemudahan perawatan, dan biaya listrik yang sesuai, selanjutnya pertimbangkanlah struktur material inner pot atau teknologi yang digunakan para produsen rice cooker micom tersebut.

Zojirushi: hasilkan nasi yang pulen dan lezat

Zojirushi: hasilkan nasi yang pulen dan lezat

Rice cooker micom keluaran Zojirushi biasanya memiliki inner pot berwarna hitam tebal yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Dua sensor yang terdapat pada bagian penutup atas dan piring pemanas rice cooker mampu menyesuaikan panas ketika nasi sedang dimasak. Hasilnya, Anda akan mendapatkan nasi yang pulen dan lezat!

Panasonic: hasilkan nasi yang empuk dan kenyal

Panasonic: hasilkan nasi yang empuk dan kenyal

Inner pot dari Panasonic menggunakan teknologi far red effect pada permukaannya. Dengan teknologi tersebut, air akan terserap secara optimal hingga ke inti beras sehingga menghasilkan nasi putih dan multi grain rice yang empuk dan kenyal. Selain itu, rice cooker micom dari Panasonic biasanya memiliki desain yang cantik, cocok untuk memperindah interior rumah Anda.

Tiger: bisa memasak berbagai menu dengan mudah

Tiger: bisa memasak berbagai menu dengan mudah

Rice cooker micom keluaran Tiger ini juga menggunakan inner pot tebal berwarna hitam dengan teknologi far red effect. Dengan begitu, hawa panas akan tersebar secara merata dan nasi yang Anda masak akan matang dengan sempurna. Selain itu, Tiger juga memiliki pilihan memasak sup dan eco mode agar Anda lebih hemat listrik.

Yong Ma: dengan inner pot berbahan gold iron untuk nasi yang lebih enak

Yong Ma: dengan inner pot berbahan gold iron untuk nasi yang lebih enak

Yong Ma memakai bahan yang berbeda pada inner pot buatannya, yakni gold iron. Bahan ini digunakan sebagai pelapis bagian dalam inner pot sehingga membuat daya konduksi inner pot menjadi tinggi serta antilengket. Nasi yang dihasilkannya pun menjadi lebih enak berkat panas yang tersalurkan secara merata.

10 Rekomendasi rice cooker micom terbaik

Karena nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, tentu Anda ingin memiliki rice cooker micom yang bagus, bukan? Berikut akan kami perkenalkan produk rice cooker micom terbaik yang bisa Anda pilih.

10. Panasonic 10-Cup One-Touch Fuzzy Logic Rice Cooker – SR-DF181

10. Panasonic 10-Cup One-Touch Fuzzy Logic Rice Cooker - SR-DF181 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 765.000

Nasi, bubur, dan sup lezat tersedia hanya dengan menekan tombol one touch cooking. Praktis banget!

Seri SR-DF181 adalah seri rice cooker micom yang canggih dengan fitur advanced fuzzy logic technology. Dengan fitur tersebut, produk secara otomatis akan menyesuaikan fungsi dan waktu menanak yang paling ideal. Anda pun akan selalu mendapatkan nasi dengan kekenyalan yang akurat.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menyiapkan nasi pulen hanya dengan memencet satu tombol. Selain mudah menyiapkan nasi putih, fungsi one touch cooking juga dapat membuat nasi merah, bubur, dan sup yang tak kalah lezatnya. Bagi yang tidak sabar menunggu nasi matang, segera pencet tombol quick cook agar nasi lebih cepat matang.

Kapasitas 1,8 liter (10 cangkir)
Ukuran 24,8 cm × 34 cm × 24,4 cm
Daya listrik 750 watt (menanak nasi), 89 watt (menghangatkan)

9. Zojirushi NS-LAQ05 (XA)

9. Zojirushi NS-LAQ05 (XA)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.550.000

Timer, mengefisiensikan waktu dan energi Anda!

Setelah beraktivitas seharian dan pulang ke rumah dalam keadaan lelah dan lapar, tentunya Anda tidak mau lagi dipusingkan untuk menanak nasi. Nah, produk berlogo gajah yang satu ini tepat untuk Anda karena memiliki fungsi timer. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat menyetel dan mengatur waktu memasak nasi yang diinginkan.

Selain itu, inner pot tebalnya telah dilengkapi dengan lapisan antilengket sehingga mudah dibersihkan. Dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, rice cooker microcomputer ini cukup ideal untuk Anda yang tinggal seorang sendiri atau berdua dengan pasangan.

Kapasitas 0,09–0,54 liter (3 cangkir)
Ukuran 23 cm × 30 cm × 19 cm
Daya listrik 410–450 watt (menanak nasi), 28 watt (menghangatkan)

8. Maspion Magic Cooker MRJ-1059 C

8. Maspion Magic Cooker MRJ-1059 C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 410.000

Fungsi 8 in 1 dengan harga ekonomis!

Produk ini merupakan rice cooker micom berkapasitas satu liter dengan fungsi 8 in 1. Selain dapat memasak nasi putih dan nasi merah, Anda juga bisa menggunakannya untuk memasak bubur, sup, hingga memasak makanan bayi. Tombol operasi pun didesain sederhana dan teratur sehingga terlihat stylish dan mudah digunakan.

Untuk ukuran sebuah rice cooker micom multifungsi, produk ini cukup hemat listrik karena hanya membutuhkan daya yang kecil. Ditambah lagi, bodi plastiknya berbobot ringan dan mampu melindungi tangan dari panas ketika menyajikan makanan. Apabila Anda mencari produk ekonomis yang memiliki banyak fitur, pilihlah rice cooker ini.

Kapasitas 1 liter
Ukuran 70 cm × 58 cm × 29 cm
Daya listrik 350 watt

7. Philips Penanak Nasi Fuzzy Logic HD3030/30

7. Philips Penanak Nasi Fuzzy Logic HD3030/30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.075.000

Nasi tetap segar dan terjaga gizinya meski dihangatkan selama 48 jam

Rice cooker dari Philips ini hadir dengan sistem fuzzy logic yang dapat mengontrol suhu saat memasak secara otomatis sehingga hasil masakan pun lebih optimal. Hal ini juga didukung oleh rangkaian pemanas 3D yang efektif memberikan panas merata dari atas, bawah, dan sekeliling inner pot. Kehangatan dan kesegaran nasi pun terjamin!

Rice cooker micom ini cocok untuk Anda yang suka membuat nasi dalam jumlah banyak dan sering menggunakan penghangat. Fungsi penghangatnya dapat menjaga tekstur dan rasa nasi tetap enak sampai 48 jam. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering memasak nasi dan nasi sisa kemarin pun dapat tetap segar untuk Anda nikmati.

Kapasitas 1 liter (6 cangkir)
Ukuran 37,7 cm × 24,5 cm × 21 cm
Daya listrik 600 watt

6. Tefal Fuzzy Electronic

6. Tefal Fuzzy Electronic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.310.000

Smart cooker. Tak butuh pintar masak untuk menghidangkan ragam kuliner lezat!

Fungsi quick cook yang disematkan di rice cooker ini memungkinkan Anda untuk memasak nasi lebih cepat dari biasanya. Jika Anda sering terburu-buru, tentu keberadaan fungsi ini akan sangat membantu. Fungsi memasak lainnya juga cukup lengkap, seperti memasak sayuran, daging, sup, membuat kue, dan sebagainya.

Inner pot milik Tefal dilapisi keramik pada bagian dalam dan memiliki ciri khas berbentuk diamond di permukaan bawahnya. Lapisan keramik akan membuatnya lebih mudah dibersihkan tanpa meninggalkan kerak dan membuat nasi yang dimasak dapat matang secara sempurna. Nasi Anda pun akan terasa lebih enak dan pulen.

Kapasitas  3 liter (6 cangkir) dan 5 liter (10 cangkir)
Ukuran 27 cm × 34,5 cm × 21,5 cm
Daya listrik 750 watt

5. Tiger Microcomputer Controlled Rice Cooker JAJ-A

5. Tiger Microcomputer Controlled Rice Cooker JAJ-A

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.500.000

Hemat waktu! Buat nasi dan lauk secara bersamaan!

Teknologi synchro-cooking tacook dari Tiger sangat cocok untuk Anda yang sibuk. Adanya cooking plate tacook memungkinkan Anda untuk memasak nasi dan lauk pada waktu bersamaan. Berhubung cooking plate ini sudah didesain khusus, Anda tidak perlu khawatir rasa dan tekstur nasi berubah akibat masakan yang dimasak bersamaan.

Fitur slow cooking dan cake baking juga sudah tersedia di rice cooker ini. Kelezatan masakan terjamin karena lapisan inner pot setebal 2,5 mm membuat tekanan panas lebih besar dan merata saat memasak. Desain yang mungil dan ikonis khas merek Tiger membuat produk ini tepat untuk Anda yang menyukai rice cooker lucu dan multifungsi.

Kapasitas 0,54 liter
Ukuran 36,1 cm × 25,1 cm × 23,4 cm
Daya listrik 385–420 watt

4. Electrolux Rice Cooker ErgoSense – ERC6503W

4. Electrolux Rice Cooker ErgoSense - ERC6503W

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 782.000

Berbagai variasi fungsi memasak dalam satu produk

Rice cooker micom dari Electrolux memiliki sembilan fungsi memasak sehingga akan menambah variasi menu masakan dan nasi Anda. Fungsi quick cook dan slow cook merupakan contoh fungsi yang ada di dalamnya. Produk ini tepat untuk Anda yang gemar berkreasi.

Rice cooker ini juga memiliki desain yang terlihat elegan dan ergonomis. Tombol operasinya akan memudahkan Anda dalam memilih fungsi memasak yang diinginkan. Selain itu, Anda tidak akan kerepotan ketika membersihkan produk ini berkat lapisan antilengket dan antigores yang dimilikinya.

Kapasitas 1,2 liter
Ukuran 20,6 cm × 25,9 cm × 38,8 cm
Daya listrik 600 watt

3. Yong Ma YMC112

3. Yong Ma YMC112

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 566.300

Ssst… Gold iron adalah kunci untuk menanak nasi lebih cepat. Buktikan sendiri!

Yong Ma menggunakan bahan rahasia terbarunya pada varian rice cooker micom yang satu ini yakni gold iron. Bahan ini mampu menyebarkan panas secara merata sehingga nasi lebih cepat matang. Selain itu, bahan ini mampu membuat pot tidak lengket dan semakin mudah dibersihkan.

Ada juga fitur auto clean agar kebersihan alat masak terjaga dari bakteri-bakteri yang tidak terlihat. Cocok untuk Anda yang selalu mengutamakan makanan yang higienis dan ingin menjaga peralatan memasak senantiasa steril. Tidak hanya itu, rice cooker ini juga memiliki kabel yang terpisah dengan sistem sakelar untuk mencegah panas berlebih.

Kapasitas 1,3 liter (6 orang)
Ukuran 36 cm × 35 cm × 28 cm
Daya listrik 635 watt

2. Mito Digital Rice Cooker R1

2. Mito Digital Rice Cooker R1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 254.300

Canggih namun tetap terjangkau, idaman anak indekos!

Produk berikutnya adalah rice cooker yang bisa menjadi idaman para anak indekos. Produk lokal ini tidak hanya dilengkapi dengan fitur yang canggih, tetapi juga hemat listrik dan berharga terjangkau. Selain dapat menanak nasi, Anda juga dapat merebus, mengukus, hingga menggoreng. Merebus mi instan dan menggoreng lauk akan menjadi sangat mudah!

Terdapat pula fitur yang jarang ada di rice cooker umumnya, yaitu adanya penutup yang tembus pandang. Anda bisa leluasa mengintip kematangan masakan tanpa harus membuka tutupnya. Selain itu, tutupnya pun juga bisa dilepas sehingga lebih mudah dibersihkan, lho!

Kapasitas 1 liter
Ukuran 23,5 cm × 22,5 cm × 23,5 cm
Daya listrik 300 watt

1. Hitachi RZ-D18VFY Microcomputer – Auto Recipe

1. Hitachi RZ-D18VFY Microcomputer – Auto Recipe

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.475.000

Pilihan menu lengkap untuk si hobi memasak

Rice cooker micom berkapasitas besar ini memiliki pilihan 20 auto recipe dan 14 fungsi memasak. Berkat itu, berbagai jenis masakan dapat dibuat dengan mudah! Apabila Anda hobi memasak, Anda pasti akan menyukai performa produk keluaran negeri sakura ini.

Produk ini memiliki katup lubang uap yang besar. Katup tersebut dirancang untuk memberikan lebih banyak ruang dalam menahan uap air agar tidak tercecer dan mengotori dapur Anda. Di samping itu, inner pot-nya sendiri terdiri dari lima lapisan yang dapat menyebarkan panas secara merata dan menghasilkan nasi yang pulen dan lezat.

Kapasitas 1,8 liter (10 cangkir)
Ukuran 30 cm × 38 cm × 26 cm
Daya listrik 820 watt (menanak nasi), 40 watt (menghangatkan)

Baca juga rekomendasi rice cooker lain dan magic jar di sini!

Selain rice cooker micom yang telah kami bahas kali ini, ada juga produk rice cooker lainnya yang dapat menanak nasi dengan praktis dan juga lezat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan magic jar, yaitu alat yang berfungsi untuk menjaga kehangatan dan kelezatan nasi yang sudah matang. Baca berbagai artikel mengenai alat-alat tersebut di sini!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan sepuluh rice cooker micom terbaik. Apakah ada yang menarik hati Anda? Rice cooker micom memiliki berbagai fungsi memasak yang pasti akan sangat membantu Anda menyiapkan makanan. Apalagi jika Anda ingin berkreasi membuat berbagai masakan menggunakan satu peralatan dapur saja.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih dan menemukan rice cooker micom terbaik pilihan Anda! Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dan acuan bagi Anda untuk memilih. Happy shopping!