• 10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Rice cooker micom atau microcomputer adalah penanak nasi yang memiliki sistem pemanas listrik di bawah dudukan inner pot-nya. Berbagai produsen, seperti Tiger, Yong Ma, Zojirushi dan sebagainya banyak mengeluarkan produk rice cooker micom dengan berbagai desain, harga, dan fitur berkualitas. Lantas, bagaimana cara memilih yang terbaik?

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tentang rekomendasi produk dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih rice cooker micom. Kami harap Anda dapat menemukan produk favorit Anda. Selamat menyimak, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2020
  • 4.805 Views
Daftar isi

Cara memilih rice cooker micom

Rice cooker micom mudah dioperasikan dan memiliki harga yang terjangkau. Karena itu, rice cooker micom lebih populer dibandingkan rice cooker IH (Induction Heating) dan pressure cooker. Karena itu, kami akan membantu menjelaskan beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih rice cooker micom.

Pilih kapasitas sesuai jumlah anggota keluarga

Pilih kapasitas sesuai jumlah anggota keluarga
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rice cooker micom adalah menyesuaikan kapasitas sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda. Kapasitas yang terlalu besar akan membutuhkan tempat lebih besar untuk menyimpannya. Biaya listriknya pun menjadi lebih mahal. Sebaliknya, jika memilih kapasitas yang terlalu kecil, Anda jadi repot karena harus memasak nasi berulang kali dan membuat produk jadi lebih cepat rusak. Karena itu, piihlah rice cooker dengan kapasitas yang tepat sesuai jumlah anggota keluarga Anda. Cek panduannya di bawah ini!

  • Untuk 1–2 orang, pilih kapasitas sekitar 3 cangkir/0,5 liter.

  • Untuk 3–5 orang, pilih kapasitas antara 3–5,5 cangkir/1 liter.

  • Untuk 6 orang atau lebih, pilih kapasitas lebih dari 6 cangkir/1,8 liter.

Pilih rice cooker dengan fungsi memasak sesuai kebutuhan

Pilih rice cooker dengan fungsi memasak sesuai kebutuhan
Sebagai makanan pokok di Indonesia, rasa dari nasi adalah suatu hal yang penting. Untuk mendapatkan cita rasa nasi yang pas, belakangan ini makin banyak bermunculan rice cooker micom dengan fungsi memasak khusus untuk beras putih, beras merah, dan sebagainya. Selain itu, fungsi memasak olahan beras lain seperti bubur pun sudah tersedia. Saran kami, pilihlah rice cooker micom dengan fungsi memasak nasi sesuai dengan selera Anda.

Pertimbangkan yang memiliki fungsi penghangat

Pertimbangkan yang memiliki fungsi penghangat
Selain fungsi memasak, Anda juga perlu memperhatikan fungsi penghangat yang ada di rice cooker micom. Hal ini disebabkan nasi yang dihangatkan dalam waktu lama dapat membuat cita rasanya berkurang. Belakangan, sudah ada produk rice cooker micom yang menggunakan material inner pot khusus atau memiliki sistem penghangat tertentu. Penghangat ini diklaim mampu menjaga kelezatan nasi meski terus-menerus dihangatkan. Bila nasi yang Anda buat sering bersisa, pilihlah rice cooker micom dengan penghangat yang mampu membuat nasi tetap lezat dalam waktu lama.

Pilih yang berdaya listrik rendah

Pilih yang berdaya listrik rendah
Dibandingkan rice cooker IH, sebenarnya rice cooker micom relatif lebih hemat listrik karena cara penggunaannya yang simpel. Akan tetapi, akhir-akhir ini banyak bermunculan rice cooker micom yang ikut menggunakan panas bertekanan tinggi seperti pada rice cooker IH. Akibatnya, daya listrik yang dibutuhkan pun semakin tinggi. Karena itu, jangan berasumsi semua rice cooker micom akan hemat listrik. Periksalah spesifikasinya dengan cermat dan pilih produk dengan daya listrik yang rendah.
Steker rice cooker yang terus tercolok untuk menghangatkan nasi dalam waktu lama juga akan mengonsumsi banyak daya listrik. Jadi, selain memperhatikan daya yang dibutuhkan saat memasak nasi, perhatikan juga daya yang dibutuhkan rice cooker micom saat Anda menghangatkan nasi.

Pilih yang mudah dioperasikan dan dibersihkan

Pilih yang mudah dioperasikan dan dibersihkan
Sebagai peralatan rumah tangga yang hampir setiap hari digunakan, kemudahan pengoperasian rice cooker micom merupakan satu hal yang penting. Pilihlah cara pengoperasian yang termudah untuk Anda, baik itu dengan tombol, panel sentuh, perintah suara, maupun cara lainnya. Malah, kini sudah ada rice cooker micom yang dapat dioperasikan dengan smartphone dari jarak jauh meski harganya tentu saja lebih mahal. Sayangnya, rice cooker yang dapat dikendalikan dengan perintah suara maupun smartphone masih sulit ditemukan di Indonesia.
Selain itu, menjaga kebersihan rice cooker adalah suatu hal yang wajib Anda lakukan. Untuk itu, pilihlah rice cooker dengan bagian inner pot, inner lid, katup lubang uap, dan bagian lainnya yang mudah dicopot agar mudah dibersihkan.

Pilih berdasarkan struktur material inner pot dan teknologi yang dimiliki

Salah satu cara memilih rice cooker micom adalah dengan memilihnya berdasarkan merek tertentu. Produsen besar biasanya saling bersaing dengan cara menjual teknologi khusus yang dikembangkannya pada struktur material inner pot, sistem pemanas, dan sebagainya. Setelah menentukan fungsi memasak nasi yang diinginkan, penggunaan, kemudahan perawatan, dan biaya listrik yang sesuai, selanjutnya pertimbangkanlah struktur material inner pot atau teknologi yang digunakan para produsen rice cooker micom tersebut.
Zojirushi: hasilkan nasi yang pulen dan lezat
Pilih berdasarkan struktur material inner pot dan teknologi yang dimiliki
Rice cooker micom keluaran Zojirushi biasanya memiliki inner pot berwarna hitam tebal yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Dua sensor yang terdapat pada bagian penutup atas dan piring pemanas rice cooker mampu menyesuaikan panas ketika nasi sedang dimasak. Hasilnya, Anda akan mendapatkan nasi yang pulen dan lezat!

Panasonic: hasilkan nasi yang empuk dan kenyal

Panasonic: hasilkan nasi yang empuk dan kenyal
Inner pot dari Panasonic menggunakan teknologi far red effect pada permukaannya. Dengan teknologi tersebut, air akan terserap secara optimal hingga ke inti beras sehingga menghasilkan nasi putih dan multi grain rice yang empuk dan kenyal. Selain itu, rice cooker micom dari Panasonic biasanya memiliki desain yang cantik, cocok untuk memperindah interior rumah Anda.

Tiger: bisa memasak berbagai menu dengan mudah

Tiger: bisa memasak berbagai menu dengan mudah
Rice cooker micom keluaran Tiger ini juga menggunakan inner pot tebal berwarna hitam dengan teknologi far red effect. Dengan begitu, hawa panas akan tersebar secara merata dan nasi yang Anda masak akan matang dengan sempurna. Selain itu, Tiger juga memiliki pilihan memasak sup dan eco mode agar Anda lebih hemat listrik.

Yong Ma: dengan inner pot berbahan gold iron untuk nasi yang lebih enak

Yong Ma: dengan inner pot berbahan gold iron untuk nasi yang lebih enak
Yong Ma memakai bahan yang berbeda pada inner pot buatannya, yakni gold iron. Bahan ini digunakan sebagai pelapis bagian dalam inner pot sehingga membuat daya konduksi inner pot menjadi tinggi serta antilengket. Nasi yang dihasilkannya pun menjadi lebih enak berkat panas yang tersalurkan secara merata.

10 Rekomendasi rice cooker micom terbaik

Karena nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, tentu Anda ingin memiliki rice cooker micom yang bagus, bukan? Berikut akan kami perkenalkan produk rice cooker micom terbaik yang bisa Anda pilih.
10

Panasonic10-Cup One-Touch Fuzzy Logic Rice Cooker

SR-DF181

Rp 811.422,00

Kapasitas1,8 liter (10 cangkir)
Ukuran24,8 cm × 34 cm × 24,4 cm
Daya listrik750 watt (menanak nasi), 89 watt (menghangatkan)
9
Kapasitas0,09–0,54 liter (3 cangkir)
Ukuran23 cm × 30 cm × 19 cm
Daya listrik410–450 watt (menanak nasi), 28 watt (menghangatkan)
8
Kapasitas1 liter
Ukuran70 cm × 58 cm × 29 cm
Daya listrik350 watt
7
Kapasitas1 liter (6 cangkir)
Ukuran37,7 cm × 24,5 cm × 21 cm
Daya listrik600 watt
6
Kapasitas 3 liter (6 cangkir) dan 5 liter (10 cangkir)
Ukuran27 cm × 34,5 cm × 21,5 cm
Daya listrik750 watt
5
Kapasitas0,54 liter
Ukuran36,1 cm × 25,1 cm × 23,4 cm
Daya listrik385–420 watt
4
Kapasitas1,2 liter
Ukuran20,6 cm × 25,9 cm × 38,8 cm
Daya listrik600 watt
3
Kapasitas1,3 liter (6 orang)
Ukuran36 cm × 35 cm × 28 cm
Daya listrik635 watt
2
Kapasitas1 liter
Ukuran23,5 cm × 22,5 cm × 23,5 cm
Daya listrik300 watt
1
Kapasitas1,8 liter (10 cangkir)
Ukuran30 cm × 38 cm × 26 cm
Daya listrik820 watt (menanak nasi), 40 watt (menghangatkan)

Tabel perbandingan produk rice cooker micom terbaik

Gambar produk
1
Hitachi Microcomputer – Auto Recipe 1

Hitachi

2
Mito Digital Rice Cooker 1

Mito

3
Yong Ma Magic Com Digital 1

Yong Ma

4
Electrolux Rice Cooker ErgoSense 1

Electrolux

5
Tiger Microcomputer Controlled Rice Cooker 1

Tiger

6
Tefal Fuzzy Electronic 1

Tefal

7
Philips Penanak Nasi Fuzzy Logic 1

Philips

8
Maspion Magic Cooker 1

Maspion

9
Zojirushi Rice Cooker 1

Zojirushi

10
Panasonic 10-Cup One-Touch Fuzzy Logic Rice Cooker 1

Panasonic

Nama produk

Microcomputer – Auto Recipe

Digital Rice Cooker

Magic Com Digital

Rice Cooker ErgoSense

Microcomputer Controlled Rice Cooker

Fuzzy Electronic

Penanak Nasi Fuzzy Logic

Magic Cooker

Rice Cooker

10-Cup One-Touch Fuzzy Logic Rice Cooker

KeunggulanPilihan menu lengkap untuk ...Canggih namun tetap terjang...Ssst… Gold iron adalah kunc...Berbagai variasi fungsi mem...Hemat waktu! Buat nasi dan ...Smart cooker. Tak butuh pin...Nasi tetap segar dan terjag...Fungsi 8 in 1 dengan harga ...Timer, mengefisiensikan wak...Nasi, bubur, dan sup lezat ...
HargaRp 1.545.000,00Rp 205.000,00Rp 769.900,00Rp 795.000,00Rp 2.500.000,00Rp 1.699.900,00Rp 706.000,00Rp 391.392,00Rp 2.450.000,00Rp 811.422,00
Kapasitas1,8 liter (10 cangkir)1 liter1,3 liter (6 orang)1,2 liter0,54 liter 3 liter (6 cangkir) dan 5 liter (10 cangkir)1 liter (6 cangkir)1 liter0,09–0,54 liter (3 cangkir)1,8 liter (10 cangkir)
Ukuran30 cm × 38 cm × 26 cm23,5 cm × 22,5 cm × 23,5 cm36 cm × 35 cm × 28 cm20,6 cm × 25,9 cm × 38,8 cm36,1 cm × 25,1 cm × 23,4 cm27 cm × 34,5 cm × 21,5 cm37,7 cm × 24,5 cm × 21 cm70 cm × 58 cm × 29 cm23 cm × 30 cm × 19 cm24,8 cm × 34 cm × 24,4 cm
Daya listrik820 watt (menanak nasi), 40 watt (menghangatkan)300 watt635 watt600 watt385–420 watt750 watt600 watt350 watt410–450 watt (menanak nasi), 28 watt (menghangatkan)750 watt (menanak nasi), 89 watt (menghangatkan)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi rice cooker lain dan magic jar di sini!

Selain rice cooker micom yang telah kami bahas kali ini, ada juga produk rice cooker lainnya yang dapat menanak nasi dengan praktis dan juga lezat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan magic jar, yaitu alat yang berfungsi untuk menjaga kehangatan dan kelezatan nasi yang sudah matang. Baca berbagai artikel mengenai alat-alat tersebut di sini!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan sepuluh rice cooker micom terbaik. Apakah ada yang menarik hati Anda? Rice cooker micom memiliki berbagai fungsi memasak yang pasti akan sangat membantu Anda menyiapkan makanan. Apalagi jika Anda ingin berkreasi membuat berbagai masakan menggunakan satu peralatan dapur saja.
Oleh karena itu, pastikan Anda memilih dan menemukan rice cooker micom terbaik pilihan Anda! Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dan acuan bagi Anda untuk memilih. Happy shopping!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    183.645 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    99.001 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    120.915 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    97.609 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    75.277 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    81.796 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Rice cooker berfungsi untuk mempermudah proses memasak nasi sehingga lebih praktis. Seiring dengan perkembangan teknologi, rice cooker konvensional mulai tergantikan dengan rice cooker digital. Selain untuk menanak dan menghangatkan nasi, berbagai fungsi lainnya diberikan oleh rice cooker digital.Ada berbagai merek ternama yang memiliki produk rice cooker digital, seperti Philips, Cosmos, Tiger, sampai Xiaomi. Agar Anda tidak salah memilih rice cooker digital, kami sudah menyiapkan tipsnya di artikel ini Plus, ada rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Simak terus penjelasan kami dan temukan rice cooker digital yang pas untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    166 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori