10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kini, popok kain atau cloth diaper yang dikenal juga dengan sebutan clodi semakin populer di kalangan para ibu dan mulai menggeser kedudukan popok sekali pakai. Meski begitu, masih banyak ibu yang ragu dan khawatir akan timbulnya ruam jika menggunakan popok kain ini akibat kurangnya informasi.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai clodi beserta cara memilihnya. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi clodi terbaik sehingga Anda tidak perlu bingung lagi saat memilihnya. Selamat membaca!

Daftar isi

Pengetahuan dasar mengenai clodi

Apa itu clodi? Bagi sebagian orang mungkin produk ini belum cukup dikenal. Berikut akan kami jelaskan perbedaan antara clodi dengan popok sekali pakai dan bagaimana cara penggunaannya.

Clodi versus popok sekali pakai

Clodi versus popok sekali pakai

Perbedaan mendasar antara clodi dengan popok sekali pakai adalah clodi dapat dicuci dan dipakai berulang kali. Anda cukup mencuci clodi yang kotor agar bisa digunakan kembali, tidak seperti popok sekali pakai yang harus langsung dibuang dan dapat menyebabkan sampah bertumpuk. Dengan demikian, clodi sangat ekonomis dan ramah lingkungan karena tidak menambah sampah yang sulit diurai oleh alam.

Di sisi lain, penggunaan clodi juga berarti akan menambah jumlah cucian kotor Anda. Hal itu terjadi karena biasanya frekuensi penggantian clodi lebih tinggi daripada popok sekali pakai. Akan tetapi, seiring dengan seringnya Anda mengganti clodi bayi Anda, semakin aman juga kulit bayi Anda dari risiko ruam atau kemerahan.

Cara menggunakan clodi

Cara menggunakan clodi

Popok kain atau clodi biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu bagian luar yang disebut diaper cover dan bagian penyerap yang disebut insert. Bagian diaper cover memiliki bentuk seperti popok sekali pakai yang dikencangkan dengan velcro atau kancing, sedangkan bagian insert merupakan kain berbentuk bantalan. Ada clodi dengan insert yang terpisah dari diaper cover sehingga bisa diganti, tetapi ada pula yang sudah dijahit menjadi satu dengan diaper cover.

Tingkat penyerapan bahan setiap insert akan berbeda, begitu pula dengan lamanya proses pengeringan setelah dicuci. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda memiliki minimal 30 insert dan 4 diaper cover. Anda akan membutuhkan cukup banyak insert untuk bayi yang baru lahir. Di sisi lain, diaper cover biasanya baru diganti jika terkena kotoran bayi sehingga memiliki minimal 4 buah diaper cover dirasa masih cukup untuk mengakomodir kebutuhan Anda.

Cara memilih clodi (popok kain)

Jika Anda pemula dalam penggunaan clodi atau popok kain, mungkin Anda akan merasa bingung saat hendak memilihnya. Berikut tips kami dalam memilih cloth diaper atau clodi.

Pilih berdasarkan bentuk clodi

Clodi memiliki beberapa bentuk. Salah satu hal terpenting saat memilih clodi adalah memilih bentuknya. Pemilihan bentuk clodi ini akan mempengaruhi kemudahan pemasangan popok dan proses pencuciannya. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis clodi.

Clodi tradisional, lebih cepat kering

Clodi tradisional, lebih cepat kering

Clodi tradisional menggunakan kain persegi panjang yang dilipat sedemikian rupa sehingga dapat digunakan menjadi popok bayi. Ada pula yang sudah dijahit sehingga pengguna tidak perlu repot lagi melipatnya.

Ketika digunakan bersama diaper cover, kain ini akan berfungsi sebagai insert. Keuntungannya, Anda dapat mengatur lipatannya agar memiliki ketebalan atau lebar sesuai keinginan Anda. Selain itu, popok ini tentunya mudah kering karena terbuat dari kain tipis. Untuk clodi jenis ini, Anda cukup membeli diaper cover-nya saja, lalu Anda gabungkan dengan kain berbahan lembut pilihan Anda sendiri sebagai insert-nya. Memang akan sedikit merepotkan karena harus selalu melipatnya sebelum digunakan, tetapi clodi ini sangat pas bila Anda menginginkan clodi yang cepat kering.

Clodi langsung pakai, mudah diganti setiap saat

Clodi langsung pakai, mudah diganti setiap saat

Clodi langsung pakai memiliki insert berbentuk bantalan yang terbuat dari beberapa lapis kain dan memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Namun, bentuk jahitan dan desain clodi langsung pakai bisa berbeda satu sama lain tergantung produsennya. Lapisan kainnya juga terbuat dari bahan yang berbeda-beda, tetapi bagian yang berfungsi untuk menyerap air biasanya dibuat dari bahan nilon.

Di sisi lain, berhubung clodi ini menggunakan beberapa lapis kain, tentu proses pengeringannya akan memakan lebih banyak waktu. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan cukup banyak cadangan clodi untuk bayi Anda. Meski demikian, clodi ini cocok untuk Anda yang ingin mengganti clodi bayi Anda dengan mudah setiap saat.

Pilih berdasarkan bahan clodi

Umumnya kulit bayi masih sangat halus dan sensitif. Maka, pemilihan bahan popok menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Dari banyaknya clodi yang tersedia di pasaran, berikut adalah empat bahan terpopuler yang biasa digunakan untuk membuat clodi atau bagian insert-nya.

Bahan katun, lembut dan kuat

Bahan katun, lembut dan kuat

Sejak zaman dahulu, kain katun sudah umum digunakan oleh para ibu sebagai popok bayi. Kain yang ekonomis dan cenderung mudah ditemukan ini dipercaya tidak mudah mengiritasi kulit bayi yang lembut. Kain katun juga awet digunakan dalam waktu lama serta lembut dan tetap kuat meskipun telah berkali-kali dicuci.

Selain itu, kain ini tipis sehingga tidak membutuhkan banyak tempat untuk penyimpanannya. Akan tetapi, Anda jadi harus menggunakannya beberapa lapis agar tidak mudah bocor. Oleh karena itu, bahan kain ini cocok untuk Anda yang menginginkan clodi cepat kering, awet, dan  tidak mudah mengiritasi kulit bayi Anda.

Bahan serat sintetis, tebal dan tidak mudah bocor

Bahan serat sintetis, tebal dan tidak mudah bocor

Kain sintetis bersifat halus, biasanya terbuat dari bahan nilon dan poliester. Dibandingkan kain katun, kain sintetis memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi dan memberikan sirkulasi udara yang baik. Akan tetapi, ada kemungkinan bayi merasa kurang nyaman menggunakan kain ini karena kain ini terasa cukup tebal. Oleh sebab itu, jenis kain ini cocok bila Anda menginginkan clodi yang tidak mudah bocor.

Bahan serat bambu, cocok untuk kulit sensitif

Bahan serat bambu, cocok untuk kulit sensitif

Clodi berbahan serat bambu sangat direkomendasikan untuk bayi yang memiliki alergi atau berkulit sangat sensitif. Kain dari serat bambu sangat halus seperti sutra dan memiliki daya serap yang tinggi. Kain ini juga merupakan kain organik karena tidak mengandung pestisida atau obat-obatan lainnya. Kain serat bambu memiliki antibakteri alami sehingga aman untuk kulit bayi Anda.

Sayangnya, bahan ini membutuhkan waktu cukup lama untuk kering dan harganya cenderung lebih mahal daripada kain katun.

Bahan rami, berdaya serap sangat tinggi

Bahan rami, berdaya serap sangat tinggi

Clodi atau insert yang terbuat dari kain rami atau hemp biasanya terdiri dari campuran  55% serat rami dan 45% bahan katun. Dengan campuran tersebut, kain hemp tidak akan terasa kasar di kulit. Kemudian, insert yang terbuat dari hemp juga memiliki daya serap yang tinggi, tertinggi di antara bahan kain lainnya bahkan hingga 2,5 kali lebih besar daripada insert dari bahan serat sintetis. Insert ini cocok digunakan saat bayi dibawa bepergian atau tidur di malam hari. Selain itu, insert ini juga sangat tipis sehingga nyaman digunakan.

Meski demikian, insert hemp juga memiliki kekurangan. Daya serapnya yang tinggi menyebabkan penumpukan residu pada serat kain sehingga insert ini akan bau pesing jika pembilasannya kurang. Untuk membilasnya juga membutuhkan lebih banyak air dibandingkan pembilasan insert bahan lainnya. Jika tidak dicuci dan dibilas dengan benar, residu detergen bisa menumpuk pada insert ini dan menyebabkan kulit iritasi. Maka, pastikan Anda selalu membilasnya sampai benar-benar bersih setiap kali mencucinya.

10 Rekomendasi clodi (popok kain) terbaik

Ingin mencoba memakaikan cloth diaper alias clodi pada bayi Anda atau Anda ingin menerapkan green lifestyle? Anda bisa memulainya dengan memilih clodi terbaik, berikut rekomendasi kami.

10. Cluebebe Clodi Pull-Up Pant

10. Cluebebe Clodi Pull-Up Pant

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 95.000

Karet pinggangnya mudah disesuaikan dengan pinggang bayi Anda, lho!

Clodi celana ini bisa digunakan oleh bayi dengan berat 5-20 kg yang sudah mulai aktif bergerak. Dengan karet di bagian pinggang dan kancing pada sisi kanan dan kirinya, clodi ini bisa disesuaikan dengan lingkar pinggang bayi Anda. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot memilih ukuran clodi untuk bayi Anda lagi.

Kemudian, untuk anak yang sudah mulai aktif berjalan, juga akan tetap merasa nyaman mengenakan clodi ini karena tidak mudah melorot. Namun, popok pull-up pants ini tidak dilengkapi dengan leg gusset pada sekeliling pahanya. Jika dikenakan oleh bayi yang makanannya masih full ASI, ada kemungkinan kotorannya akan bocor ke pinggir.

9. Pempem! Cloth Diaper

9. Pempem! Cloth Diaper

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 63.000

Hindari alergi pada kulit bayi Anda dengan clodi ini

Clodi buatan Indonesia ini memiliki lapisan PUL (Polyurethane Laminate), sejenis kain berlapis bahan tahan air yang berfungsi untuk menjaga clodi tetap kering sehingga bayi pun tetap merasa nyaman. Outer clodi ini lembut dan tidak kaku saat dikenakan oleh bayi. Dengan bukaan kantung di bagian belakang, tebal tipisnya insert bisa Anda atur sesuai kebutuhan bayi.

Popok Pempem menyediakan insert Litty yang terbuat dari campuran bahan bambu dan katun. Insert ini merupakan insert tipe lipat yang memiliki daya serap tinggi dengan sifat antibakteri. Karena itu, produk ini sesuai untuk Anda yang menginginkan produk yang tidak menimbulkan alergi pada kulit bayi Anda.

8. GG Clodi Pant T-Dipe

8. GG Clodi Pant T-Dipe

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 85.000

Jadi clodi bisa, jadi celana toilet training juga bisa!

Clodi ini memiliki fungsi ganda, yakni sebagai clodi biasa dan sebagai training pant untuk masa anak berlatih ke toilet sendiri. Saat ingin menggunakannya sebagai popok, Anda bisa menggunakan beberapa lapis insert secara bersamaan, tetapi saat ingin menggunakannya sebagai training pant, Anda cukup menggunakan satu insert saja.

Paket clodi ini terdiri dari satu popok dan dua insert yang terbuat dari microfiber dan microfleece. Selain itu, sistem pull-up pants pada produk ini juga akan membuatnya mudah dikenakan sehingga produk ini sangat cocok bagi batita Anda yang aktif, dan sulit diajak berbaring untuk mengganti popok.

7. Enphilia Mini Clodi

7. Enphilia Mini Clodi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.750

Si mini untuk bayi newborn, lembut berdaya serap tinggi

Clodi dari Enphilia ini terbuat dari bahan kain microfleece yang dilapisi dengan lapisan antiair. Jika Anda mencari clodi untuk bayi newborn, popok ini akan memenuhi kebutuhan Anda. Dibuat dengan potongan kecil dengan kain super lembut, bayi newborn Anda akan merasa nyaman saat mengenakannya.

Meski tidak diberi lapisan waterproof, saat penuh popok ini hanya akan rembes sedikit. Daya resapnya juga tinggi dan permukaannya cepat kering sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengeringkannya. Kami menyarankan penggunaan popok ini untuk bayi baru lahir yang masih sering pipis.

6. NVME Snap Clodi

6. NVME Snap Clodi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Clodi bertipe diaper cover, tak repot lagi mengganti popok berulang-ulang

Clodi ini bertipe diaper cover alias clodi model outer yang dapat dipasangkan dengan insert dengan jenis dan bentuk apa pun. Clodi ini sesuai jika Anda mencari clodi yang tidak perlu diganti setiap kali insert-nya penuh. Paket clodi ini terdiri dari satu clodi diaper cover dan dua mushroom soaker (penyerap pipis) yang berdaya serap tinggi.

Bagian perut dan paha pada clodi ini juga bisa disesuaikan dengan kancing sehingga pas dengan besarnya bayi. Kemudian, clodi ini dilengkapi dengan 3D double gusset yang berfungsi menjaga kotoran bayi tetap pada soaker. Lapisan atas soaker-nya pun lembut dan memiliki kancing untuk pemasangannya sehingga tidak mudah bergeser.

5. Ecobum Arlequin Snap Clodi

5. Ecobum Arlequin Snap Clodi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 132.525

Dengan snap yang kokoh, bayi aktif Anda tidak akan mudah melepasnya

Popok kain ini memiliki dua fungsi, bisa digunakan sebagai pocket diaper dan sebagai diaper cover. Selain itu, ketinggian dan lingkar pahanya juga bisa diatur dengan snap sehingga akan terasa lebih mantap saat dipakai. Hadir dengan insert berbahan hemp, clodi ini akan menjaga bayi Anda dari kebocoran dan menjaga kulitnya tetap lembut.

Clodi ini cocok untuk bayi yang aktif karena pengait snap-nya kokoh sehingga tidak mudah terlepas karena gerakan aktif bayi. Di samping itu, Anda juga bisa memfungsikan clodi ini sebagai training pant bagi buah hati Anda hanya dengan mengurangi jumlah insert yang Anda masukkan di dalam clodi ini.

4. Fuzzibunz Cloth Diaper

4. Fuzzibunz Cloth Diaper

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 300.000

Desain rapi dan sleek untuk clodi bayi Anda

Jika Anda menyukai tampilan popok yang “bersih” tanpa kancing berderet di bagian depan popok, produk ini cocok untuk Anda. Clodi berdesain sleek dan rapi ini menggunakan karet elastis yang dapat disesuaikan dengan lingkar paha bayi Anda. Karet ini berada pada bagian dalam dan membuat popok tidak bocor dari bagian selangkangan.

Clodi ini memiliki desain dua baris kancing di bagian kiri dan kanannya untuk menyesuaikan dengan ukuran perut bayi. Fuzzibunz tidak membuat model dengan velcro agar popok tidak mudah dibuka oleh bayi. Dengan bukaan kantung di bagian belakang, Anda dapat dengan mudah memasang dan mengganti insert bayi Anda.

3. Blueberry One Size Simplex in Organic Cotton

3. Blueberry One Size Simplex in Organic Cotton

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 435.000

Bepergian bersama bayi Anda akan semakin nyaman dengan popok ini

Jika Anda sering mengajak bayi Anda bepergian, popok ini akan menjaga bayi Anda tetap kering. Popok ini memiliki dua bukaan di depan dan di belakang serta satu microterry insert yang sudah dijahit pada salah satu ujungnya untuk memudahkan saat pencucian. Anda juga bisa menambahkan insert tambahan agar daya serap popok lebih tinggi.

Bagian inner clodi ini terbuat dari bahan katun 100% sehingga akan meminimalisir timbulnya risiko alergi pada kulit bayi Anda. Popok ini disebut one size karena dapat dijadikan tiga ukuran sesuai besarnya bayi hanya dengan mengatur kancingnya saja. Ditambah motifnya yang lucu dan menarik, bayi Anda akan terlihat semakin atraktif.

2. Moo Moo Kow One Size Aplix Cloth Diaper

2. Moo Moo Kow One Size Aplix Cloth Diaper

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 382.500

Clodi yang tumbuh bersama bayi Anda

Dibandingkan dengan clodi lainnya, produk clodi ini berpotongan lebih besar sehingga cocok jika Anda mencari clodi untuk digunakan dalam jangka panjang. Popok ini bisa digunakan sejak bayi baru lahir sampai berusia 2 tahun lebih. Bagian pinggangnya yang elastis dilengkapi Velcro dan ditambah kancing untuk menyesuaikan besarnya popok.

Popok ini disertai dengan insert microfiber dengan dua ukuran, ukuran bayi dan ukuran balita. Anda bisa memasangkan kedua insert dari bukaan kantung di bagian belakang dengan mudah karena bukaannya cukup besar. Clodi ini pun mudah dibersihkan, inner-nya terbuat dari bahan suede yang lembut untuk kulit bayi.

1. Rumparooz One Size Cloth Pocket Diaper

1. Rumparooz One Size Cloth Pocket Diaper

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.500

Penyetelan insert sesuai jenis kelamin bayi, praktis!

Clodi ini merupakan produk popok impor yang dapat digunakan oleh bayi sejak baru lahir hingga balita. Bahan outer popok ini terbuat dari kain dengan lapisan TPU yang bebas bahan kimia, aman untuk kulit bayi Anda. Dengan double gusset-nya, clodi ini akan mencegah kotoran bayi Anda bocor baik dari sekitar paha maupun atas pantat.

Clodi ini disertai dengan 2 insert yang terbuat dari bahan microfiber, yaitu newborn insert dan one size insert, masing-masing dengan ketebalan 3 lapis. Insert-nya memiliki enam pengaturan yang dinamakan 6R Soaker dan bisa Anda sesuaikan dengan ukuran dan jenis kelamin bayi, cocok untuk Anda yang menginginkan clodi efisien.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan clodi yang sesuai untuk bayi Anda? Berhubung clodi ini akan digunakan langsung oleh bayi Anda, pilihlah clodi terbaik dengan mengacu pada tips yang telah kami berikan di atas. Dengan menggunakan clodi, Anda akan membiasakan anak Anda menyayangi lingkungan sejak dini. Selain itu, Anda juga akan menghemat budget untuk membeli perlengkapan popok bayi Anda dalam waktu lama. Stay go green, Mom!