• 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Popok kain atau disebut juga clodi (cloth diaper) sebenarnya sudah sejak lama digunakan pada bayi. Namun, kini clodi makin populer dan semakin banyak ibu yang berani memilih clodi. Meskipun begitu, terdapat bermacam-macam jenis clodi, cara pemasangan, dan pilihan bahan yang tersedia sehingga mungkin membuat Anda bingung.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai jenis-jenis clodi beserta cara memilihnya. Kami juga akan menjelaskan cara melipat clodi, cara pemakaian, dan memberikan beberapa rekomendasi clodi yang bagus untuk Anda. Berbagai merek seperti Ecobum, Pempem, FuzziBunz, dan sebagainya akan kami hadirkan di sini. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 11 April 2020
  • 34.749 Views
Daftar isi

Kelebihan dan kekurangan dari clodi

Kelebihan dan kekurangan dari clodi
Keuntungan menggunakan popok kain atau clodi adalah Anda dapat mencuci dan menggunakannya berulang kali. Bayi baru lahir biasanya menghabiskan popok sekitar 10–15 kali dalam sehari, setelah itu berkurang menjadi 5–10 kali dalam sehari. Anggaplah dalam sehari penggantian popok mencapai 10 kali, maka dalam 3 bulan Anda akan membutuhkan 900 lembar popok sekali pakai untuk bayi Anda. Karena itu, menggunakan clodi akan lebih ekonomis sekaligus mengurangi jumlah sampah sehingga lebih ramah lingkungan.
Daya tarik lainnya adalah clodi lebih lembut pada kulit bayi yang sensitif. Dibanding popok sekali pakai, Anda akan lebih sering mengganti popok bila menggunakan clodi. Semakin sering Anda mengganti popok, kulit bayi Anda akan semakin terjaga kehigienisannya. Jadi, sering mengganti popok tidak selalu terlihat sebagai sebuah kerugian. Hanya, Anda memang akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih untuk mencucinya. Kami menyarankan Anda untuk menyiapkan clodi sebanyak 30–40 buah di awal untuk dipakai secara bergantian.
Anda dapat menghemat lebih banyak saat menggunakan clodi. Selain itu, Anda bisa merasakan perasaan bangga karena bisa membesarkan bayi Anda dengan penuh kehati-hatian dan kasih sayang. Momen ini merupakan saat yang tak tergantikan dan hanya bisa Anda rasakan dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, banyak ibu yang memilih menggunakan clodi.

Cara memilih clodi (popok kain)

Jika Anda masih pemula dalam penggunaan clodi, mungkin Anda akan merasa bingung saat hendak memilih clodi untuk bayi Anda. Berikut ini kami akan memberi tips dalam memilih clodi.

Pilih clodi yang mudah diganti dan cepat kering

Clodi memiliki beberapa jenis, yaitu ada yang berbentuk prefold diaper, berbentuk insert, dan bentuk clodi langsung pakai. Jika Anda telah memahami karakteristik dari masing-masing jenis, Anda dapat memilih jenis yang mudah untuk Anda gunakan.

Clodi jenis prefold diaper, dapat mengikuti pertumbuhan bayi dan lebih cepat kering

Clodi jenis prefold diaper, dapat mengikuti pertumbuhan bayi dan lebih cepat kering
Clodi tipe ini menggunakan kain persegi panjang yang dapat dilipat sedemikian rupa mengikuti tubuh bayi saat digunakan. Tipe clodi inilah yang telah digunakan kebanyakan orang tua sejak zaman dulu. Ada produk berupa kain yang harus Anda jahit sendiri, tetapi ada juga produk yang sudah dalam kondisi terjahit dan siap pakai.
Setiap kali mengganti popok, Anda memang membutuhkan waktu dan usaha untuk melipatnya, tetapi popok ini mudah digunakan pada bayi laki-laki dan perempuan. Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan pertumbuhan bayi sehingga dapat digunakan untuk waktu cukup lama. Tipe ini juga mudah dicuci dan lebih cepat kering saat dijemur.

Clodi jenis insert, tidak perlu dilipat sehingga lebih praktis dan mudah kering saat dicuci

Clodi jenis insert, tidak perlu dilipat sehingga lebih praktis dan mudah kering saat dicuci
Clodi tipe insert merupakan lapisan clodi berbentuk pad dan diletakkan di dalam diaper cover. Meskipun bentuk dan beberapa bagian lainnya mungkin berbeda antar produsen, secara umum kemampuan menyerap airnya sangat baik karena kainnya terdiri dari beberapa lapisan.
Jenis ini lebih mudah digunakan saat mengganti popok karena tidak perlu dilipat lagi, dan bentuknya membuat clodi jenis ini mudah dijemur. Namun, tipe ini lebih tebal dari tipe prefold diaper sehingga kecepatan keringnya lebih lambat dan harganya pun sedikit lebih mahal.

Clodi jenis langsung pakai, mengganti popok lebih cepat dan mudah

Clodi jenis langsung pakai, mengganti popok lebih cepat dan mudah
Biasanya, bagian insert clodi harus digabungkan dengan diaper cover menjadi satu set saat digunakan bayi. Namun, pada tipe ini lapisan insert-nya sudah dijahit menjadi satu dengan diaper cover sehingga akan lebih menghemat waktu dan tenaga Anda saat mengganti popok si kecil.
Meski lebih mudah saat mengganti popok dibanding tipe clodi lainnya, harga yang mahal menjadi salah satu kekurangannya. Beberapa merek yang terkenal harganya malah bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Selain itu, kainnya lebih sulit kering dibanding tipe lainnya sehingga Anda perlu menyiapkan lebih banyak popok cadangan.

Pilih bahan yang nyaman dipakai, breathable, dan berdaya serap baik

Umumnya kulit bayi masih sangat halus dan sensitif. Karena itu, pemilihan bahan popok menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Kali ini kami akan memperkenalkan perbedaan dari masing-masing bahan clodi. Pilihlah yang paling cocok untuk bayi Anda berdasarkan breathability dan daya serapnya!

Bahan katun : Lembut, memiliki breathablity baik, dan tahan lama

Bahan katun : Lembut, memiliki breathablity baik, dan tahan lama
Bahan katun dikenal juga dengan nama lain, seperti saliva dan dobby, tergantung dari bagaimana kain tersebut ditenun. Bahan ini mudah didapatkan, harganya ekonomis, dan lebih lembut sehingga tidak membebani kulit bayi. Bahan katun ini terasa nyaman saat dipegang dan bahannya pun kuat, Anda bisa mencucinya berulang kali.
Namun, teksturnya yang tipis membuat bahan ini tidak mampu menahan air dengan baik sehingga kadang Anda harus memakai beberapa lapis agar tidak mudah bocor. Di sisi lain, bahan ini cepat kering dan tidak memakan banyak tempat saat mencucinya, bahkan saat Anda mencucinya dalam jumlah banyak.

Bahan serat sintetis : Daya serap air dan breathablity-nya sangat baik, cocok dipakai saat bepergian

Bahan serat sintetis : Daya serap air dan breathablity-nya sangat baik, cocok dipakai saat bepergian
Clodi berbahan serat sintetis, seperti nilon dan poliester, dikenal memiliki tekstur yang lembut. Dibanding katun, serat sintetis memiliki daya serap air yang tinggi dan sirkulasi udara sangat baik.
Namun, bahannya yang tebal terkadang membuat bayi merasa kurang nyaman. Ada pula sebagian bayi yang tidak suka memakainya karena jadi sulit bergerak atau terasa tidak pas di tubuh. Meski begitu, berhubung bahannya tebal dan bisa menyerap cairan dengan baik, jenis ini cocok dipakai saat si kecil sedang bepergian bersama Anda tanpa harus khawatir akan bocor.

Bahan serat bambu : Lembut di kulit, memiliki efek antibakteri, dan deodoran alami

Bahan serat bambu : Lembut di kulit, memiliki efek antibakteri, dan deodoran alami
Kain dari serat bambu sangat halus dan lembut seperti sutra, serta memiliki daya serap yang tinggi. Bambu pada dasarnya kuat terhadap serangga sehingga bisa dipakai sebagai pestisida organik pula. Dengan kemampuannya itu, Anda bisa memakaikannya dengan tenang pada kulit bayi Anda yang halus. Bahan ini juga memiliki kemampuan antibakteri dan deodoran alami sehingga bisa mengurangi aroma tidak sedap pada popok.
Sayangnya, bahan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk kering dan lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan katun, tetapi jenis ini sangat cocok untuk bayi yang menderita atopy atau kulit sensitif.

Bahan rami : Berdaya serap sangat tinggi, tetapi harus dibilas sampai benar-benar bersih

Bahan rami : Berdaya serap sangat tinggi, tetapi harus dibilas sampai benar-benar bersih
Clodi atau insert yang terbuat dari kain rami atau hemp biasanya terdiri dari campuran 55% serat rami dan 45% bahan katun. Dengan campuran tersebut, kain hemp tidak akan terasa kasar di kulit. Kemudian, insert yang terbuat dari hemp juga memiliki daya serap yang tinggi, tertinggi di antara bahan kain lainnya. Insert ini cocok digunakan saat bayi dibawa bepergian atau tidur di malam hari. Selain itu, insert ini juga sangat tipis sehingga nyaman digunakan.
Meski demikian, insert hemp juga memiliki kekurangan. Daya serapnya yang tinggi menyebabkan penumpukan residu pada serat kain lebih mudah terjadi sehingga insert ini akan bau pesing jika pembilasannya kurang. Untuk membilasnya juga membutuhkan lebih banyak air dibanding pembilasan insert bahan lainnya. Jika tidak dicuci dan dibilas dengan benar, residu detergen bisa menumpuk pada insert ini dan menyebabkan kulit iritasi. Maka, pastikan Anda selalu membilasnya sampai benar-benar bersih setiap kali mencucinya.

10 Rekomendasi clodi (popok kain) terbaik

Apakah Anda sudah mengerti tentang bentuk dan bahan clodi? Kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih clodi.
10
TipePrefold diaper
Material100% pure cotton unbleached
9
TipeLangsung pakai
MaterialMicrofiber & litty (75% bambu, 25% katun)
8
TipeLangsung pakai
MaterialMicrofleece & microfiber
7
TipeLangsung pakai
MaterialMicrofleece, katun
6
TipeInsert
Material3 lapis microfiber dan 2 lapis serat bambu
5
TipeLangsung pakai
MaterialHemp (55% hemp, 45% organic cotton)
4
TipeLangsung pakai
MaterialMicrofiber
3

EnphiliaCili Popo Cotton Prefold Diaper

Rp 22.000,00

TipePrefold diaper
MaterialKatun
2
TipeLangsung pakai
MaterialMicrofiber
1
TipeLangsung pakai
MaterialMicrofiber

Tabel perbandingan produk clodi (popok kain) terbaik

Gambar produk
1
Kangacare Rumparooz One Size Pocket Cloth Diaper 1

Kangacare

2
Moo Moo Kow Cloth Diaper One Size Aplix 1

Moo Moo Kow

3
Enphilia Cili Popo Cotton Prefold Diaper 1

Enphilia

4
FuzziBunz One Size Pocket Diapers 1

FuzziBunz

5
Ecobum Snap Cloth Diaper 1

Ecobum

6
Babyland Insert Bamboo 1

Babyland

7
Enphilia Mini Clodi 1

Enphilia

8
Gee Gallery T-Dipe Size 2 1

Gee Gallery

9
Pempem! Cloth Diaper 1

Pempem!

10
Ecobum Prefold Diaper 1

Ecobum

Nama produk

Rumparooz One Size Pocket Cloth Diaper

Cloth Diaper One Size Aplix

Cili Popo Cotton Prefold Diaper

One Size Pocket Diapers

Snap Cloth Diaper

Insert Bamboo

Mini Clodi

T-Dipe Size 2

Cloth Diaper

Prefold Diaper

KeunggulanPenyetelan insert sesuai je...Bisa dipakai dalam jangka w...Daya serap lebih maksimal d...One size diaper dengan desa...Dengan snap yang kokoh, bay...Insert praktis yang dapat m...Si mini untuk bayi newborn,...Jadi clodi bisa, jadi celan...Hindari alergi pada kulit b...100% katun alami yang aman ...
HargaRp 150.000,00Rp 307.000,00Rp 22.000,00Rp 320.000,00Rp 94.000,00Rp 15.000,00Rp 45.000,00Rp 66.300,00Rp 60.000,00Rp 42.500,00
TipeLangsung pakaiLangsung pakaiPrefold diaperLangsung pakaiLangsung pakaiInsertLangsung pakaiLangsung pakaiLangsung pakaiPrefold diaper
MaterialMicrofiberMicrofiberKatunMicrofiberHemp (55% hemp, 45% organic cotton)3 lapis microfiber dan 2 lapis serat bambuMicrofleece, katunMicrofleece & microfiberMicrofiber & litty (75% bambu, 25% katun)100% pure cotton unbleached
Tautan produk

Cara melipat dan memakai popok jenis kain

Cara melipat dan memakai popok jenis kain
Clodi jenis prefold diaper digunakan dengan cara dilipat, jadi kami akan menjelaskan cara melipatnya yang benar.
Letakkan kain dalam posisi terbuka lebar, kemudian lipat dua ke atas jadi bentuk landscape, setelah itu lipat lagi ke samping hingga lebarnya pas dengan cover-nya. Lipat salah satu ujungnya hingga membentuk lapisan yang tebal di ujungnya. Pada bayi laki-laki, bagian tebalnya dipasang di bagian depan, sedangkan pada bayi perempuan pasang bagian tebalnya di belakang.
Metode lipat ini adalah yang paling umum digunakan pada bayi yang baru lahir. Ada juga metode membentuk lipatan kecil di bagian kanan dan kirinya yang berfungsi sebagai penahan kotoran, metode menumpuk kain menjadi dua lapisan saat ingin pergi keluar, dan ada juga metode melipat berbentuk segitiga yang lebih optimal digunakan pada saat ekskresi bayi semakin banyak.

Jangan lupa membawa clodi atau insert cadangan

Jangan lupa membawa clodi atau insert cadangan
Clodi, selain tipe langsung pakai, tidak bisa digunakan secara terpisah. Karena itu, jangan lupa siapkan insert atau clodi cadangan sesuai kebutuhan Anda.
Bayi akan sering buang air dalam sehari, jika bagian cover-nya tidak kotor, Anda cukup mengganti insert-nya saja. Anda tidak perlu menyiapkan cadangan terlalu banyak, cukup 4 hingga 5 buah insert atau clodi sembari mempertimbangkan frekuensi buang air atau kebiasaan bayi Anda.

Baca juga rekomendasi deterjen bebas bahan aditif untuk pakaian bayi di sini!

Menggunakan clodi yang ramah lingkungan tentunya dibutuhkan usaha lebih, terutama saat mencucinya. Oleh karena itu, jangan lupa juga menyiapkan deterjen khusus bayi yang cocok dengan clodi Anda. Baca lebih lanjut tentang cara memilih deterjen untuk pakaian bayi beserta produk rekomendasinya di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan clodi yang sesuai untuk bayi Anda? Berhubung clodi ini akan digunakan langsung oleh bayi Anda, pilihlah clodi terbaik dengan mengacu pada tips yang telah kami berikan di atas.
Dengan menggunakan clodi, Anda akan membiasakan anak Anda menyayangi lingkungan sejak dini. Selain itu, Anda juga akan menghemat budget untuk membeli perlengkapan popok bayi Anda dalam waktu lama.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    257.816 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    115.515 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    138.267 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    83.373 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    86.106 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    75.325 Views
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2020)
    Baby bib atau biasa dikenal dengan celemek bayi digunakan untuk mencegah pakaian bayi kotor akibat terkena air liur atau tumpahan makanan. Dewasa ini, celemek bayi hadir dengan berbagai desain lucu dan menarik, serta terbuat dari bahan yang nyaman untuk bayi. Bagi Anda yang baru memiliki bayi mungkin bingung memilih celemek yang cocok untuk bayi Anda. Jadi, artikel ini dibuat untuk Anda dengan memberikan tips memilih celemek berdasarkan usia bayi. Selain itu, produk-produk rekomendasi seperti IKEA, Pigeon, dan Baa Baa Sheepz juga akan kami bagikan untuk Anda. Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Ibu & anak
    2.194 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori