• 10 Rekomendasi Clodi yang Bagus untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Clodi yang Bagus untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Clodi yang Bagus untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Clodi yang Bagus untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Clodi yang Bagus untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Clodi yang Bagus untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Clodi adalah popok kain yang bisa digunakan berulang kali. Kini, clodi (cloth diaper) kian populer dan makin banyak ibu yang memilih menggunakannya dengan alasan ingin menjaga lingkungan. Jika ingin memakainya juga, Anda mungkin akan bingung karena banyaknya tipe clodi yang bagus dan pilihan bahan yang tersedia.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai tipe-tipe clodi beserta cara memilihnya. Kami juga akan mengulas clodi terbaik dari berbagai merek, seperti Ningrat, Libby, dan Gol Baby. Gunakan artikel sebagai bahan referensi Anda sebelum membeli clodi, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2022
Daftar isi

Kelebihan dan kekurangan dari clodi

Kelebihan dan kekurangan dari clodi

Sebagai pertimbangan, kami akan sedikit membahas kelebihan dan kekurangan clodi. Dengan begitu, Anda dapat lebih yakin untuk memilihnya.


Kelebihan clodi:

  • Dapat digunakan berulang kali
  • Mengurangi jumlah sampah bila dibandingkan dengan popok sekali pakai
  • Tidak perlu sering membeli popok
  • Lebih ekonomis dalam jangka panjang

Kekurangan clodi:

  • Anda harus mencucinya tiap kali anak berganti popok
  • Daya serap lebih rendah sehingga perlu sering diganti
  • Kurang travel-friendly

Bayi baru lahir biasanya perlu penggantian popok sekitar 10–20 kali dalam sehari. Jadi, kami sarankan Anda untuk menyiapkan 30–40 lembar clodi supaya tidak kekurangan. Jika dihitung dalam jangka panjang, clodi jauh lebih ekonomis dibandingkan popok sekali pakai. 

Cara memilih clodi (popok kain)

Jika Anda baru pertama kali menggunakan clodi, mungkin Anda akan merasa bingung saat hendak memilih produk yang tepat untuk bayi Anda. Berikut ini kami akan memberi tips dalam memilih clodi.

Pilih clodi berdasarkan tipenya

Clodi terbagi menjadi empat tipe, yakni popok tali, pocket diaper, diaper cover, dan pull-up pants diaper. Setiap tipe memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Yuk, cek penjelasannya lebih jauh!

Popok tali, kainnya cenderung tipis dan harganya terjangkau

Popok tali, kainnya cenderung tipis dan harganya terjangkau

Popok tali merupakan popok tradisional yang juga disebut sebagai popok ikat. Cara pemakaiannya adalah dengan mengikatkan kedua utas tali mengelilingi pinggang bayi. Umumnya, popok tipe ini dibuat dari bahan cotton yang lembut sehingga aman untuk kulit bayi.


Namun, karena cenderung tipis, popok ini harus segera diganti setelah terkena pipis atau kotoran meski hanya satu kali. Ada beberapa produk yang ditambahkan dengan lapisan kain agak tebal di bagian tengahnya. Popok tali biasanya dijual per paket dengan harga yang relatif terjangkau.

Pocket diaper, dilengkapi kantong sebagai wadah insert

Pocket diaper, dilengkapi kantong sebagai wadah insert

Sesuai dengan namanya, clodi tipe ini memiliki pocket (kantong) sebagai tempat memasukkan insert atau kain penyerap. Insert yang digunakan pada popok ini bisa dikeluarkan dari kantong serta dapat dicuci ketika sudah kotor. Anda dapat mengisi kantong menggunakan insert yang bahan serta ukurannya sesuai dengan keinginan.


Ada dua jenis perekat yang dipakai pada pocket diaper, yaitu velcro dan snap. Kebanyakan bahan lapisan luar clodi ini terbuat dari bahan antiair (waterproof) dan lapisan dalam dari bahan stay dry

Diaper cover, lebih hemat insert dan tenaga untuk mencuci

Diaper cover, lebih hemat insert dan tenaga untuk mencuci

Clodi tipe ini tidak memiliki kantong untuk wadah insert. Bagian luar clodi terpisah dengan insert. Cara pemakaiannya adalah dengan menempelkan insert di atas cover menggunakan kancing. Jika insert sudah penuh oleh pipis, Anda hanya perlu mengganti insert-nya saja tanpa perlu mengganti seluruh clodi.


Dengan diaper cover, Anda bisa menghemat pembelian insert dan tenaga mencuci clodi. Namun, tentu saja Anda harus mengganti semuanya jika bagian luar clodi terkena kotoran atau pipis bayi yang tembus hingga lapisan terluar.

Pull-up pants diaper, cocok untuk bayi yang aktif bergerak

Pull-up pants diaper, cocok untuk bayi yang aktif bergerak

Kami merekomendasikan clodi tipe ini untuk bayi yang sudah aktif bergerak atau berjalan. Clodi ini berbentuk seperti celana, sama seperti popok sekali pakai tipe celana. Berkat bentuknya, pull-up pants diaper sangat mudah dipakaiClodi ini juga memiliki insert yang menyatu dengan bagian dalam popok. Bagian pinggang tipe ini diatur menggunakan karet yang juga dilengkapi snap.

Perhatikan bahan yang digunakan

Kulit bayi masih sangat halus dan sensitif, sementara inner dari clodi akan menyentuh kulit bayi secara langsung. Untuk itu, pemilihan bahan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Kali ini, kami akan memperkenalkan perbedaan dari tiap-tiap bahan yang biasa dipakai pada clodi.

Bahan cotton: Terasa lembut di kulit

Bahan cotton: Terasa lembut di kulit

Clodi berbahan cotton biasanya dijual dalam bentuk set. Tentunya ini merupakan pilihan tepat bagi yang ingin berhemat, terutama bagi Anda yang mengandalkan clodi setiap hari. Anda akan sering menemukan penggunaan bahan ini pada popok kain dan insert


Kain pile yang seperti handuk dan kain dobby adalah dua jenis cotton yang kerap dipakai pada clodiKain dobby tergolong lembut dan memiliki tekstur serat yang menonjol. Sayangnya, ujung kain ini akan tergulung dan tidak bisa kembali ke bentuk semula setelah dicuci. Dibandingkan kain dobby, kain pile lebih tebal sehingga perlu waktu lama untuk mengeringkannya setelah pencucian. 

Serat sintetis: Mudah kering karena memiliki sirkulasi udara yang baik

Serat sintetis: Mudah kering karena memiliki sirkulasi udara yang baik

Clodi berbahan serat sintetis, seperti nylon dan polyester, memiliki permukaan yang lembut dan terasa halus saat disentuh. Karena sirkulasi udaranya sangat baik, bahan ini sangat mudah kering. Jadi, tak perlu cemas stok clodi Anda akan habis.


Bahan fleece juga termasuk salah satu serat sintetis yang sering dipakai pada clodi. Sayangnya, bagian serat terluar bahan ini cenderung mudah mengelupas saat dicuci. Apabila dicuci bersamaan dengan pakaian lain, pisahkan clodi berbahan fleece ke dalam jaring pakaian agar tidak mudah rusak.

Serat bambu: Memiliki efek antibakteri dan deodoran alami

Serat bambu: Memiliki efek antibakteri dan deodoran alami

Meski terdengar kurang familier, ada juga insert yang terbuat dari serat bambu. Serat bambu lebih halus dari cotton dan permukaannya juga cukup lembut. Bahan yang berasal dari serat alami ini memiliki efek antibakteri dan deodoran alami.


Bahan ini bisa digunakan dalam jangka panjang karena kerusakannya tidak begitu kentara walau sering dicuci. Namun, clodi berbahan serat bambu lebih mahal dibandingkan clodi dari cotton dan serat sintetis. Selain itu, bahan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk kering karena lebih tebal. Bahan serat bambu kurang cocok untuk Anda yang ingin memakai clodi setiap hari dan tidak memiliki mesin pengering.

Sesuaikan dengan ukuran bayi

Sesuaikan dengan ukuran bayi

Sama seperti popok sekali pakai, popok kain umumnya memiliki sejumlah tipe ukuran. Namun, detail ukuran tiap merek belum tentu sama sehingga Anda perlu cermat memilihnya


Popok kain yang terlalu pas akan membuat bayi merasa tidak nyaman karena sulit bergerak. Sebaliknya, popok kain yang terlalu besar akan terasa longgar dan berisiko bocor. Karena itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan popok kain dengan pengencang yang mudah disesuaikan.

10 Rekomendasi clodi (popok kain) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk clodi (popok kain) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Kanga Care Rumparooz One Size Cloth Diaper - Charlie menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Gol BabyTraining Pants 4 Layer memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Gol Baby Training Pants 4 Layer 1

Gol Baby

2
Baby Leon Premium Popok Bayi Motif 1

Baby Leon

3
Libby Popok Tali Motif 1

Libby

4
Fluffy Baby Wear Popok Kain Bayi Modern 1

Fluffy Baby Wear

5
Ningrat Clodi Front Snap 1

Ningrat

6
Moms Nature Waterproof Diaper Cover 1

Moms Nature

7
Royale Bebe Celana Renang Bayi (Swim Diaper) 1

Royale Bebe

8
Gorillux Popok Kain Bayi 3 Pcs 1

Gorillux

9
I am Cotton Popok Bayi/Popok Kain Isi 4 1

I am Cotton

10
Mom's Baby Diapers Baby Aplikasi Print 1

Mom's Baby

Nama produk

Training Pants 4 Layer

Premium Popok Bayi Motif

Popok Tali Motif

Popok Kain Bayi Modern

Clodi Front Snap

Waterproof Diaper Cover

Celana Renang Bayi (Swim Diaper)

Popok Kain Bayi 3 Pcs

Popok Bayi/Popok Kain Isi 4

Diapers Baby Aplikasi Print

Keunggulan

Melatih anak untuk disiplin buang air ke toilet

Penampilan bayi tampak lebih rapi dengan clodi berdesain fit

Harga terjangkau dengan banyak pilihan motif lucu

Inovasi popok bayi modern untuk para newborn

Si kecil lebih nyaman berkat bebas dari lembap dan ruam popok

Popok kain dari Korea yang terbuat dari katun organik ramah lingkungan

Ringan dan tidak akan bocor saat si kecil bermain air

Rentang ukurannya beragam dengan pilihan warna netral

Cocok jadi hadiah para bunda penggemar nuansa earth tone

Bisa difungsikan juga sebagai celana toilet training, lho

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 60.000,00Rp 15.600,00Rp 88.000,00Rp 65.000,00Rp 240.000,00Rp 82.500,00Rp 67.000,00Rp 74.000,00Rp 55.000,00
TipePull-up pantsPocket diaperPopok taliDiaper coverPocket diaperDiaper coverPull-up pantsPopok taliPopok taliPocket diaper
Bahan innerCottonSerat bambuCottonTeteron cottonMicrofleeceOrganic cottonPolyesterTeteron cottonCotton interlock premiumKaus dengan lapisan waterproof
Bahan insertTidak disebutkanSerat bambuTidak disebutkanTidak disebutkanOpsional (serat bambu, staydry, dan microfiber)Premium waterproof fiberTidak disebutkanTidak adaTidak adaTidak disebutkan
Ukuran (berat badan)80 cm, 90 cm, 100 cmAll size ( 3-15 kg)All size 45 cmAll size (bisa untuk newborn)All size (3-18 kg)S untuk 0-6 bulan (max. 8,5 kg), M untuk 6-12 bulan (max. 10 kg), L untuk 12-24 bulan (max. 12 kg)M (6,5–9 kg), L (9–12 kg)NB untuk 0–3 bulan (3–5 kg), S untuk 3–6 bulan (5–7 kg), M untuk 6-9 bulan (7–9 kg), L untuk 9–12 bulan (9–12 kg)All sizeTidak disebutkan
Tautan produk
10

Mom's BabyDiapers Baby Aplikasi Print

Mulai dari Rp 55.000,00

TipePocket diaper
Bahan innerKaus dengan lapisan waterproof
Bahan insertTidak disebutkan
Ukuran (berat badan)Tidak disebutkan
9

I am CottonPopok Bayi/Popok Kain Isi 4

Mulai dari Rp 74.000,00

TipePopok tali
Bahan innerCotton interlock premium
Bahan insertTidak ada
Ukuran (berat badan)All size
8
TipePopok tali
Bahan innerTeteron cotton
Bahan insertTidak ada
Ukuran (berat badan)NB untuk 0–3 bulan (3–5 kg), S untuk 3–6 bulan (5–7 kg), M untuk 6-9 bulan (7–9 kg), L untuk 9–12 bulan (9–12 kg)
7

Royale BebeCelana Renang Bayi (Swim Diaper)

Mulai dari Rp 82.500,00

TipePull-up pants
Bahan innerPolyester
Bahan insertTidak disebutkan
Ukuran (berat badan)M (6,5–9 kg), L (9–12 kg)
6

Moms NatureWaterproof Diaper Cover

Mulai dari Rp 240.000,00

TipeDiaper cover
Bahan innerOrganic cotton
Bahan insertPremium waterproof fiber
Ukuran (berat badan)S untuk 0-6 bulan (max. 8,5 kg), M untuk 6-12 bulan (max. 10 kg), L untuk 12-24 bulan (max. 12 kg)
5
TipePocket diaper
Bahan innerMicrofleece
Bahan insertOpsional (serat bambu, staydry, dan microfiber)
Ukuran (berat badan)All size (3-18 kg)
4

Fluffy Baby WearPopok Kain Bayi Modern

Mulai dari Rp 88.000,00

TipeDiaper cover
Bahan innerTeteron cotton
Bahan insertTidak disebutkan
Ukuran (berat badan)All size (bisa untuk newborn)
3
TipePopok tali
Bahan innerCotton
Bahan insertTidak disebutkan
Ukuran (berat badan)All size 45 cm
2

Baby LeonPremium Popok Bayi Motif

Mulai dari Rp 60.000,00

TipePocket diaper
Bahan innerSerat bambu
Bahan insertSerat bambu
Ukuran (berat badan)All size ( 3-15 kg)
1
TipePull-up pants
Bahan innerCotton
Bahan insertTidak disebutkan
Ukuran (berat badan)80 cm, 90 cm, 100 cm

Baca juga rekomendasi popok lainnya untuk bayi di sini

Jika Anda masih ingin mempertimbangkan popok sekali pakai, kami juga sudah mengulasnya. Anda bisa menyimak melalui tautan berikut jika ingin mengetahui lebih jauh.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips memilih dan merekomendasikan clodi terbaik. Apakah Anda sudah menemukan clodi yang sesuai untuk bayi Anda? Clodi akan digunakan langsung di kulit si kecil. Jadi, pilihlah clodi terbaik dengan mengacu pada tips yang telah kami berikan di atas. 

Dengan menggunakan clodi, Anda akan membiasakan si kecil menyayangi lingkungan sejak dini. Selain itu, Anda juga bisa menghemat anggaran untuk membeli popok dalam waktu yang cukup lama.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Di pasaran terdapat berbagai produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape. Kami akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan.Kami akan merekomendasikan berbagai jenis gendongan bayi, termasuk gendongan SSC terbaik, dari merek Momaz, Mooi, Timang, dan lainnya. Rekomendasi gendongan bayi newborn yang bagus juga kami berikan. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Mitu Baby Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tisu Basah Mitu Baby Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tisu basah merupakan item yang wajib dimiliki ibu untuk menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari kotoran. Salah satu merk tisu basah ternama di Indonesia adalah Mitu Baby. Mitu Baby memiliki banyak varian tisu basah yang kegunaannya dibedakan berdasarkan kandungan di dalamnya.Agar Anda bisa menemukan tisu basah Mitu Baby yang bagus, kami akan membagikan tips memilihnya. Rekomendasi produk tisu basah Mitu Baby antiseptic, tisu basah untuk newborn, dan sebagainya tersedia di sini. Di akhir artikel kami juga akan menjelaskan manfaat tisu basah Mitu Baby untuk wajah. Mari disimak!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori