• 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Popok kain atau disebut juga clodi (cloth diaper) sebenarnya sudah sejak lama digunakan pada bayi. Namun, kini clodi kian populer dan makin banyak ibu yang memilih menggunakannya dengan alasan ingin menjaga lingkungan. Jika ingin memakainya juga, Anda mungkin akan bingung karena banyaknya tipe clodi dan pilihan bahan yang tersedia.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai tipe-tipe clodi beserta cara memilihnya. Kami juga akan mengulas produk dari berbagai merek, seperti Gee Gallery, PemPem!, dan juga GroVia sebagai bahan referensi Anda sebelum membeli. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Rahmi Aziza
  • Pembaharuan terakhir: 16 Februari 2021
  • 82.796 Views
Daftar isi

Kelebihan dan kekurangan dari clodi

Kelebihan dan kekurangan dari clodi

Clodi merupakan popok kain yang bisa digunakan berulang kali. Karena itu, kelebihan utama clodi adalah dapat mengurangi jumlah sampah dibandingkan dengan popok sekali pakai. Anda pun tak perlu sering membeli popok jika sudah memiliki clodi. Namun, Anda harus mencucinya tiap kali anak berganti popok. Selain itu, daya serap clodi yang cukup rendah daripada popok sekali pakai juga membuat Anda harus sering menggantinya. Bayi baru lahir biasanya perlu penggantian popok sekitar 10-20 kali dalam sehari. Jadi, kami sarankan Anda untuk menyiapkan 30-40 lembar clodi supaya tidak kekurangan.


Menyiapkan 30 lembar clodi sekaligus memang bukan hal yang mudah. Akan tetapi, jika dihitung dalam jangka panjang, clodi jauh lebih ekonomis dibandingkan popok sekali pakai. Mari kita coba menghitung perbandingan harga kedua popok di atas untuk pemakaian hingga bayi usia tiga tahun. Misalnya, harga satu lembar popok sekali pakai adalah Rp 1.500 dan clodi adalah Rp 100.000. Berikut penghitungannya :


  • Popok sekali pakai: Rp 1.500 x 6 (jumlah penggantian popok dalam sehari) x 365 hari x 3 tahun = Rp 9.855.000.
  • Clodi: Rp 100.000 x 30 + Rp 1.500 (total pemakaian detergen dan listrik dalam sehari) x 365 hari x 3 tahun = Rp 4.642.500.

Lihat, perbedaan biayanya mencapai Rp 5.215.500! Padahal, frekuensi penggantian popok yang dipakai di atas hanyalah penggantian standar. Apabila bayi Anda ganti popok lebih dari enam kali sehari, tentu biayanya akan makin tinggi. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba clodi?

Cara memilih clodi (popok kain)

Jika Anda baru pertama kali menggunakan clodi, mungkin Anda akan merasa bingung saat hendak memilih produk yang tepat untuk bayi Anda. Berikut ini kami akan memberi tips dalam memilih clodi.

Pilih clodi berdasarkan tipenya

Clodi terbagi menjadi empat tipe, yakni popok tali, pocket diaper, diaper cover, dan pull-up pants diaper. Setiap tipe memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Yuk, cek penjelasannya lebih jauh!

Popok tali, kainnya cenderung tipis dan harganya terjangkau

Popok tali, kainnya cenderung tipis dan harganya terjangkau

Popok tali merupakan popok tradisional yang juga disebut sebagai popok ikat. Cara pemakaiannya adalah dengan mengikatkan kedua utas tali mengelilingi pinggang bayi. Umumnya, popok tipe ini dibuat dari bahan cotton yang lembut sehingga aman untuk kulit bayi.


Namun, karena cenderung tipis, popok ini harus segera diganti setelah terkena pipis atau kotoran meski hanya satu kali. Ada beberapa produk yang ditambahkan dengan lapisan kain agak tebal di bagian tengahnya. Popok tali biasanya dijual per paket dengan harga yang relatif terjangkau.

Pocket diaper, dilengkapi kantong sebagai wadah insert

Sesuai dengan namanya, clodi tipe ini memiliki pocket (kantong) sebagai tempat memasukkan insert atau kain penyerap. Insert yang digunakan pada popok ini ini bisa dikeluarkan dari kantong serta dapat dicuci ketika sudah kotor. Anda dapat mengisi kantong dengan insert yang bahan serta ukurannya sesuai keinginan.


Ada dua jenis perekat yang dipakai pada pocket diaper, yaitu velcro dan snap. Kebanyakan bahan lapisan luar clodi ini terbuat dari bahan antiair (waterproof) dan lapisan dalam dari bahan stay dry

Diaper cover, lebih hemat insert dan tenaga mencuci

Clodi tipe ini tidak memiliki kantong untuk wadah insert. Bagian luar clodi terpisah dengan insert. Cara pemakaiannya yaitu dengan menempelkan insert di atas cover menggunakan kancing. Jika insert sudah penuh oleh pipis, Anda hanya perlu mengganti insert-nya saja tanpa perlu mengganti seluruh clodi.


Dengan diaper cover, Anda bisa menghemat pembelian insert dan tenaga mencuci clodi. Namun, tentu saja Anda harus mengganti semuanya jika bagian luar clodi terkena kotoran atau pipis bayi yang tembus hingga lapisan terluar.

Pull-up pants diaper, cocok untuk bayi yang aktif bergerak

Pull-up pants diaper, cocok untuk bayi yang aktif bergerak

Kami merekomendasikan clodi tipe ini untuk bayi yang sudah aktif bergerak atau berjalan. Clodi ini berbentuk seperti celana, sama seperti popok sekali pakai tipe celana. Berkat bentuknya, pull-up pants diaper sangat mudah dipakai. Clodi ini juga memiliki insert yang menyatu dengan bagian dalam popok. Bagian pinggang tipe ini diatur menggunakan karet yang juga dilengkapi snap.

Perhatikan bahan yang digunakan

Kulit bayi masih sangat halus dan sensitif, sementara inner dari clodi akan menyentuh kulit bayi secara langsung. Untuk itu, pemilihan bahan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Kali ini kami akan memperkenalkan perbedaan dari masing-masing bahan yang biasa dipakai pada clodi.

Bahan cotton yang lembut di kulit

Bahan cotton yang lembut di kulit

Clodi berbahan cotton biasanya dijual dalam bentuk set. Tentunya ini merupakan pilihan tepat bagi yang ingin berhemat, terutama bagi Anda yang mengandalkan clodi setiap hari. Anda akan sering menemukan penggunaan bahan ini pada popok kain dan insert. Kain pile yang seperti handuk dan kain dobby adalah dua jenis cotton yang kerap dipakai pada clodi. Kain dobby tergolong lembut dan memiliki tekstur serat yang menonjol. Sayangnya, ujung kain ini akan tergulung dan tidak bisa kembali ke bentuk semula setelah dicuci. 


Sementara itu, kain pile sering digunakan sebagai bahan insert. Dibandingkan kain dobby, kain pile lebih tebal sehingga perlu waktu lama untuk mengeringkannya setelah pencucian. Namun, serat kainnya yang panjang tidak mudah membuat kotoran tembus keluar. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan kebocoran ketika menggunakan clodi berbahan ini. Ketika pertama kali digunakan, ada beberapa produk berbahan pile yang tidak bisa menyerap pipis sama sekali. Pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu, ya!

Serat sintetis yang mudah kering

Serat sintetis yang mudah kering

Clodi berbahan serat sintetis, seperti nylon dan polyester, memiliki permukaan yang lembut dan terasa halus saat disentuh. Karena sirkulasi udaranya sangat baik, bahan ini sangat mudah kering. Jadi, tak perlu cemas stok clodi Anda akan habis.


Bahan fleece juga termasuk salah satu serat sintetis yang sering dipakai pada clodi. Sayangnya, bagian serat terluar bahan ini cenderung mudah mengelupas saat dicuci. Apabila dicuci bersamaan dengan pakaian lain, pisahkan clodi berbahan fleece ke dalam jaring pakaian agar tidak mudah rusak.

Serat bambu yang memiliki efek antibakteri dan deodoran alami

Serat bambu yang memiliki efek antibakteri dan deodoran alami

Meski terdengar kurang familier, ada juga insert yang terbuat dari serat bambu. Serat bambu lebih halus dari cotton dan permukaannya juga cukup lembut. Bahan yang berasal dari serat alami ini memiliki efek antibakteri dan deodoran alami.


Bahan ini bisa digunakan dalam jangka panjang karena kerusakannya tidak begitu kentara walau sering dicuci. Namun, clodi berbahan serat bambu lebih mahal dibandingkan clodi dari cotton dan serat sintetis. Selain itu, bahan ini membutuhkan waktu lama untuk kering karena lebih tebal. Bahan serat bambu kurang cocok untuk Anda yang ingin memakai clodi setiap hari dan tidak memiliki mesin pengering.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi clodi (popok kain) terbaik

Apakah Anda sudah mengerti tentang perbedaan tipe dan bahan dari clodi? Kali ini kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih clodi.
10

Libby BabyTali Motif Batik Set Popok Kain Bayi

Mulai dari Rp 43.800,00

TipePopok tali
Bahan innerCotton
Bahan insert-
9

PemPem!Cloth Diaper Velcro dengan Insert Litty

Mulai dari Rp 75.000,00

TipePocket diaper
Bahan innerSuede
Bahan insertSerat bambu
8
TipePull-up pants
Bahan innerMicrofleece
Bahan insertMicrofiber
7
TipePull-up pants
Bahan innerMicrofleece
Bahan insertMicrofiber
6
TipePull-up pants, swim diaper
Bahan innerPolyester
Bahan insert-
5
TipeAll-in-one diaper
Bahan innerPolyester
Bahan insertMicrofiber
4

FuzziBunzOne Size Pocket Diapers

Mulai dari Rp 320.000,00

TipePocket diaper
Bahan innerTidak diketahui
Bahan insertOrganic cotton/hemp
3

Gee GalleryTutu Dipe (Fancy Pocket Diaper)

Mulai dari Rp 85.000,00

TipePocket diaper
Bahan innerMicrofleece
Bahan insertTidak diketahui
2

GroViaHybrid Diaper Shell

Mulai dari Rp 211.500,00

TipeDiaper cover
Bahan innerPolyester mesh
Bahan insert-
1

Kanga CareRumparooz One Size Cloth Diaper - Charlie

Mulai dari Rp 330.000,00

TipePocket diaper
Bahan innerTidak diketahui
Bahan insertMicrofiber

Tabel perbandingan produk clodi (popok kain) terbaik

Gambar produk
1
Kanga Care Rumparooz One Size Cloth Diaper - Charlie 1

Kanga Care

2
GroVia Hybrid Diaper Shell 1

GroVia

3
Gee Gallery Tutu Dipe (Fancy Pocket Diaper) 1

Gee Gallery

4
FuzziBunz One Size Pocket Diapers 1

FuzziBunz

5
Kanga Care Lil Joey Newborn AIO 1

Kanga Care

6
Swimava Yellow Duck Diaper 1

Swimava

7
Gee Gallery T-Dipe Size 2 1

Gee Gallery

8
Cluebebe Pull Up Pant 1

Cluebebe

9
PemPem! Cloth Diaper Velcro dengan Insert Litty 1

PemPem!

10
Libby Baby Tali Motif Batik Set Popok Kain Bayi 1

Libby Baby

Nama produk

Rumparooz One Size Cloth Diaper - Charlie

Hybrid Diaper Shell

Tutu Dipe (Fancy Pocket Diaper)

One Size Pocket Diapers

Lil Joey Newborn AIO

Yellow Duck Diaper

T-Dipe Size 2

Pull Up Pant

Cloth Diaper Velcro dengan Insert Litty

Tali Motif Batik Set Popok Kain Bayi

Keunggulan

Double gusset-nya mencegah bocor dari sekitar paha

Dengan dua jenis sistem penutup yang bisa dipilih

Dilengkapi ruffle! Makin cute seperti pakai rok!

Desain fit dan tampak rapi saat dikenakan

Lindungi tali pusar newborn dengan snap down front

Tak akan bocor meski sedang berenang

Dua fungsi dalam satu produk!

Bebas lembap, bebas ruam popok!

Hindari alergi pada kulit bayi dengan insert berbahan antibakteri

Supermurah! Sekali beli langsung dapat tiga

Harga mulai dariRp 330.000,00Rp 211.500,00Rp 85.000,00Rp 320.000,00Rp 175.000,00Rp 225.000,00Rp 95.000,00Rp 85.000,00Rp 75.000,00Rp 43.800,00
TipePocket diaperDiaper coverPocket diaperPocket diaperAll-in-one diaperPull-up pants, swim diaperPull-up pantsPull-up pantsPocket diaperPopok tali
Bahan innerTidak diketahuiPolyester meshMicrofleeceTidak diketahuiPolyesterPolyesterMicrofleeceMicrofleeceSuedeCotton
Bahan insertMicrofiber-Tidak diketahuiOrganic cotton/hempMicrofiber-MicrofiberMicrofiberSerat bambu-
Tautan produk

Baca juga rekomendasi salep ruam popok untuk bayi di sini

Penggunaan popok kain ataupun popok sekali pakai yang kurang tepat bisa menimbulkan ruam pada kulit bayi. Karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan salep untuk berjaga-jaga jika bayi mengalami ruam popok. Produk-produk salep ruam popok terbaik sudah kami ulas di bawah ini. Silakan Anda buka tautan berikut untuk mengetahui detailnya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan clodi yang sesuai untuk bayi Anda? Clodi akan digunakan langsung di kulit si kecil. Jadi, pilihlah clodi terbaik dengan mengacu pada tips yang telah kami berikan di atas. Dengan menggunakan clodi, Anda akan membiasakan si kecil menyayangi lingkungan sejak dini. Selain itu, Anda juga bisa menghemat anggaran untuk membeli popok dalam waktu yang cukup lama.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    266.798 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    261.802 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    200.307 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    52.783 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang aman dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Mari simak terus artikel ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    154.299 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering adalah musuh besar bagi kulit bayi yang lembut. Untuk itu, diperlukan baby lotion yang dapat memberikan kelembapan pada wajah dan tubuh bayi. Bahkan, jika diperlukan, Anda perlu memilih baby lotion yang dapat mengatasi ruam dan jerawat pada bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion, seperti Zwitsal, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan simak artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    124.301 Views
  • 9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Baby Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby oil merupakan salah satu produk perawatan bayi yang wajib dimiliki oleh para orang tua. Selain melembutkan kulit, baby oil juga berguna untuk memijat, bahkan membersihkan lipatan pada kulit bayi. Beragam merek baby oil, seperti Cussons Baby, Cetaphil, dan Zwitsal memiliki komposisi kandungan minyak dan kelebihan masing-masing.Untuk itu, kami akan membantu Anda memilih produk baby oil yang berkualitas dan aman dengan menjelaskan cara jitu dalam memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk baby oil terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Yuk, simak langsung tips-tipsnya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    42.932 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori