10 Rekomendasi Jigsaw Puzzle Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jigsaw Puzzle Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

Anak-anak membutuhkan permainan yang dapat melatih konsentrasi dan motorik. Dengan bermain jigsaw puzzle, anak akan diajar untuk berpikir secara logis dalam menggabungkan potongan-potongan puzzle. Kreativitas dan memori anak pun akan semakin terlatih dengan memainkan mainan ini.

Ada banyak jigsaw puzzle menarik yang dapat Anda temui di pasaran. Namun, ada poin-poin yang harus Anda perhatikan sebelum membelinya agar Anda bisa mendapatkan jigsaw puzzle terbaik untuk anak Anda. Tak ketinggalan juga kami akan memberikan rekomendasi jigsaw puzzle yang menarik untuk si kecil. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih jigsaw puzzle untuk anak

Ada banyak jenis jigsaw puzzle untuk anak-anak. Supaya Anda tidak bingung, berikut tips cara memilih jigsaw puzzle untuk anak Anda.

Pilih berdasarkan tingkat kesulitan dan usia anak

Pilih berdasarkan tingkat kesulitan dan usia anak

Hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih jigsaw puzzle adalah Anda tidak boleh memilih puzzle yang terlalu sulit. Dengan menyelesaikan puzzle yang mudah terlebih dahulu, anak akan terbiasa untuk menyelesaikan permainannya dan semakin tertantang untuk menyelesaikan puzzle yang lebih sulit. Jadi, cobalah dengan puzzle yang jumlah kepingannya sedikit dahulu sebagai permulaan.

Anak sekitar usia 1,5 tahun dapat Anda pilihkan puzzle dengan jumlah potongan sekitar 5 keping. Anda juga dapat melihat target umur permainan ini pada keterangan untuk memudahkan Anda memilih. Selain melihat target umur permainan, Anda juga harus memperhatikan apakah si kecil mahir atau tidak dalam bermain jigsaw puzzle, dan pilihlah puzzle yang menurut Anda sesuai untuk dimainkan anak Anda.

Pilih berdasarkan bahan pembuatnya

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat jigsaw puzzle adalah kertas, kayu, dan plastik. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing yang harus Anda ketahui sebelum memilih. Mau tahu? Yuk, simak penjelasan berikut!

Kertas: murah, tetapi tidak tahan basah

Kertas: murah, tetapi tidak tahan basah

Jigsaw puzzle yang ditemukan di pasaran pada umumnya terbuat dari kertas karena memiliki harga yang murah dan banyak jenisnya. Sayangnya, puzzle dari bahan kertas dapat berubah bentuk bahkan rusak jika basah. Karena itu, bahan ini sebaiknya tidak Anda pilih untuk anak-anak yang masih sering memasukkan benda ke dalam mulut.

Kayu: lebih aman dan berukuran relatif besar

Kayu: lebih aman dan berukuran relatif besar

Untuk anak yang masih sering memasukkan benda ke dalam mulutnya, Anda bisa memilih jigsaw puzzle yang terbuat dari kayu. Potongan jigsaw puzzle dari kayu biasanya berukuran besar sehingga dapat menghindari terjadinya jigsaw tertelan oleh si kecil. Meski puzzle dari kayu memiliki harga yang relatif lebih tinggi daripada kertas, disarankan Anda memilih jenis ini demi keamanan anak Anda.

Plastik: berdesain menarik dan dapat dipajang

Plastik: berdesain menarik dan dapat dipajang

Jigsaw puzzle yang terbuat dari plastik biasanya memiliki berbagai desain menarik sehingga dapat Anda jadikan sebagai dekorasi ruangan juga. Bentuknya pun beragam, ada yang berbentuk 3D, berbentuk frame dengan potongan puzzle transparan, dan sebagainya. Pada jigsaw puzzle yang berbentuk 3D, biasanya jumlah potongannya yang tidak terlalu banyak. Namun, karena bentuk dan tingkat kesulitannya, jigsaw puzzle ini tidak cocok untuk anak yang masih terlalu kecil.

Pilih berdasarkan karakter favorit anak

Pilih berdasarkan karakter favorit anak

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah gambar jigsaw puzzle. Anak-anak akan lebih bersemangat untuk memainkannya bila gambar tersebut merupakan karakter kartun favoritnya atau hal menarik lain seperti hewan dan mobil. Untuk anak yang baru pertama kali mengerjakan jigsaw puzzle, akan lebih menyenangkan jika Anda menemani anak menyusunnya bersama.

10 Rekomendasi jigsaw puzzle terbaik untuk anak

Berikutnya kami akan memberikan rekomendasi jigsaw puzzle terbaik untuk si kecil. Mari simak selengkapnya!

10. Edu Fun Kartu Edukasi What Fruit

10. Edu Fun Kartu Edukasi What Fruit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.000

Mengenal buah sambil belajar bahasa Inggris

Bahasa Inggris pastinya sangat penting untuk dipelajari anak sejak dini. Mengajari bahasa Inggris pada anak dapat dimulai dari kosakata sederhana seperti nama buah-buahan. Yuk, ajari dan tingkatkan minat belajar bahasa Inggris si kecil dengan kartu puzzle tentang buah-buahan ini!

Dalam puzzle ini terdapat gambar buah utuh dan penampangnya. Si kecil harus menggabungkan gambar buah yang benar sehingga dapat mengetahui bahasa Inggris dari buah tersebut. Wah, pasti si kecil akan menyukai dan semakin mahir berbahasa Inggris dengan permainan ini.

9. Jigsaw Puzzle Salat

9. Jigsaw Puzzle Salat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.400

Yuk, belajar salat yang benar!

Mengajari anak untuk ibadah tentu harus dilakukan orang tua sejak dini. Untuk Anda yang ingin mengajarkan si kecil untuk salat yang benar, jigsaw puzzle ini dapat Anda hadiahkan kepada si kecil. Tentunya si kecil dapat menghafal cara salat yang benar dengan puzzle ini.

Puzzle ini dilengkapi dengan urutan gerakan salat yang benar agar si kecil dapat menghapal dan menirunya sambil bermain. Selain itu, tak hanya mengajarkan cara salat, dengan puzzle ini Anda juga dapat melatih motorik si kecil serta mengajarkannya untuk mencocokkan bentuk.

8. Puzzle in a Bottle

8. Puzzle in a Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.000

Semakin menantang dengan banyak potongan

Jika si kecil gemar bermain jigsaw puzzle, tentu Anda harus memberinya puzzle dengan potongan lebih banyak agar lebih menantang. Pastinya si kecil akan senang bermain dengan potongan puzzle yang lebih banyak. Karena itu, puzzle dengan 60 keping potongan ini cocok untuk si kecil yang sudah mahir menyusun jigsaw puzzle.

Jigsaw puzzle ini juga dilengkapi dengan wadah tabung sehingga memudahkan penyimpanan jika ingin melakukan bongkar pasang. Berhubung mainan ini tidak dilengkapi dengan frame atau papan penyusunan, si kecil dapat langsung menyusunnya di atas papan bingkai dan dilem bila ingin langsung memajangnya.

7. Puzzle Alfabet Angka

7. Puzzle Alfabet Angka

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Belajar alfabet dan angka pasti lebih seru dengan jigsaw puzzle ini

Saat mendekati usia sekolah, anak-anak pastinya harus mulai belajar alfabet dan angka. Agar si kecil dapat belajar dengan gembira, gunakan metode pembelajaran menggunakan mainan seperti puzzle. Puzzle ini termasuk lengkap karena sudah memiliki alfabet dan angka sekaligus.

Untuk anak dengan usia lebih kecil, Anda dapat menggunakannya untuk mengajari anak Anda tentang menyesuaikan bentuk benda, serta melatih motoriknya. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengajarkan tentang berbagai warna kepada anak Anda. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?

6. Jigsaw Puzzle Doraemon

6. Jigsaw Puzzle Doraemon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Latih imajinasi anak bersama karakter Doraemon kesukaannya

Anak kecil mana yang tidak menyukai karakter Doraemon si robot kucing dari masa depan ini? Lengkap dengan tokoh lainnya, puzzle dengan 16 keping potongan ini akan terlihat sangat menarik di mata anak Anda. Anda pun dapat memainkannya bersama si kecil untuk meningkatkan daya imajinasi anak Anda.

Puzzle ini memiliki warna-warna cerah sehingga memudahkan anak untuk mengenali pola dan memasangnya pada papan penyusunnya. Kemudian, bahannya terbuat dari kayu sehingga mainan ini awet untuk digunakan dalam waktu lama, bahkan mungkin Anda bisa mewariskannya untuk adik anak Anda.

5. 3D Crystal Puzzle Bentuk Angsa

5. 3D Crystal Puzzle Bentuk Angsa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.000

Tingkatkan daya konsentrasi anak dengan puzzle 3D berbentuk angsa cantik ini

Memainkan puzzle 3D memang memiliki kesulitannya tersendiri dan membutuhkan daya konsentrasi lebih tinggi ketimbang memainkan jigsaw puzzle biasa. Karena itu, puzzle satu ini cocok untuk dimainkan anak Anda yang ingin tantangan lebih, dalam menyelesaikan permainan puzzle.

Bentuk angsanya yang cantik juga akan membuat anak Anda bersemangat untuk menyelesaikannya. Namun, sebaiknya Anda tetap mendampingi anak saat memainkannya agar mudah membantu saat ia kesulitan. Setelah selesai, Anda bisa memajangnya di ruang tamu atau sekadar mempercantik lemari kaca di rumah Anda.

4. Jigsaw Puzzle Kayu 6-in-1 3D

4. Jigsaw Puzzle Kayu 6-in-1 3D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.200

puzzle berisi 6 gambar berbeda? Menarik!

Biasanya anak cenderung cepat bosan terhadap sesuatu, termasuk mainannya. Supaya anak Anda tidak cepat bosan, puzzle berbentuk 3D dengan berbagai gambar berbeda pada tiap sisinya ini dapat menjadi pilihan Anda. Setiap potongan berbentuk kubus dengan 6 sisi berbeda dan dapat dirangkai menjadi gambar berbeda-beda pula.

Berhubung jigsaw puzzle seperti ini mungkin cukup sulit, Anda sebaiknya menemani anak Anda saat bermain dan membantu mengarahkannya agar anak tetap bersemangat memainkannya. Tema gambar-gambarnya pun sangat menarik dan berwarna sehingga si kecil akan senang memainkannya.

3. Jigsaw Puzzle Mickey Mouse

3. Jigsaw Puzzle Mickey Mouse

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.300

Mickey dan kawan-kawan siap menemani anak Anda mengasah daya pikirnya!

Anak Anda menyenangi karakter lucu Mickey Mouse dan kawan-kawannya? Jika ya, jigsaw puzzle satu ini tepat untuk Anda berikan bagi anak Anda. Karakter si tikus lucu yang pintar ini siap menemani anak Anda mengasah daya pikir dan motoriknya dengan warnanya yang cerah dan menarik.

Selain karakter Mickey, Anda juga dapat memilih karakter lainnya. Bahannya dibuat dari card board yang keras sehingga lebih kaku dan tidak mudah rusak. Ditambah harganya yang sangat terjangkau, Anda bisa membeli puzzle ini dengan mudah dan mengumpulkan seluruh karakternya untuk dimainkan anak Anda.

2. 3D Crystal Puzzle Bentuk Winnie the Pooh

2. 3D Crystal Puzzle Bentuk Winnie the Pooh

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 46.000

Puzzle Winnie the Pooh 3D lucu yang dapat dipajang juga

Hasil rangkaian puzzle yang dapat dipajang pasti akan membuat si kecil senang dan terus termotivasi untuk bermain. Untuk itu, jigsaw puzzle dengan karakter panda ini cocok untuk Anda berikan pada anak Anda. Melalui jigsaw puzzle ini, Anda dapat mengajarkan si kecil untuk dapat berbangga dengan hasil karyanya.

Berhubung mainan ini berbentuk 3D, puzzle dengan jumlah potongan 42 keping ini lebih pas Anda berikan untuk anak-anak di usia sekolah dasar. Anak-anak dapat belajar berimajinasi tentang bentuk akhirnya dengan menyusun potongan-potongan yang ada. Setelah selesai, Anda tinggal memajangnya saja di kamar anak Anda.

1. Tri Wijaya Sentosa – Fairy Tale Jigsaw Fun

1. Tri Wijaya Sentosa - Fairy Tale Jigsaw Fun

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Mendengarkan cerita, belajar bahasa Inggris, dan menyusun puzzle? Semua jadi satu!

Apakah Anda menginginkan mainan edukasi yang serbaguna? Jika ya, buku ini dapat Anda pilih sebagai salah satu opsi bagi si kecil. Dalam satu produk ini, Anda akan mendapatkan tidak hanya jigsaw puzzle yang terdiri dari 9 potongan, tetapi juga cerita-cerita dongeng terkenal dalam bahasa Inggris.

Buku ini terdiri dari 5 cerita dengan 5 jigsaw puzzle di dalamnya yang akan menggambarkan adegan di dalam dongeng. Dengan adanya gambar adegan pada puzzle, tentu akan memudahkan Anda saat bercerita pada anak Anda. Selain itu, puzzle yang ada sangat mudah untuk dirakit oleh si kecil.

Kesimpulan

Itulah tips dari kami tentang cara memilih jigsaw puzzle untuk si kecil. Ingat selalu untuk memperhatikan hal-hal berikut, yaitu usia anak, bahan pembuat puzzle, serta tema gambar pada jigsaw puzzle. Pastinya sangat mengasyikkan bagi si kecil ketika diberikan jigsaw puzzle sesuai karakter favoritnya.

Kami berharap Anda terbantu dengan artikel ini. Apakah ada produk jigsaw puzzle dari rekomendasi kami yang Anda inginkan? Selanjutnya, selamat bermain bersama si kecil!