1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023)

Anak-anak membutuhkan permainan yang dapat melatih konsentrasi dan kemampuan motorik. Dengan bermain puzzle, anak akan belajar berpikir secara logis dalam menggabungkan potongan-potongan puzzle. Kreativitas dan memori anak pun makin terlatih dengan permainan ini.

Namun, ada poin-poin yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan puzzle terbaik. Kami akan membahasnya dalam artikel kali ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi puzzle bagus untuk dimainkan si kecil. Anda akan menemukan puzzle terbaik untuk anak merek Rolife, Edu Fun, dan sebagainya. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapis bermain kami, Grace Melia juga.

Diperbaharui 11-30-2022
Pakar
Play-based parenting
Grace Melia

Grace adalah seorang play and mental health advocate. Sejak 2019, ia memberikan layanan play therapy bagi anak-anak usia 4–16 tahun dengan permasalahan emosi, sosial, dan perilaku. Saat ini, Grace berpraktik di Jogja Medical Center. Grace mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, ia juga dianugerahi 10 Anugrah Kemenkes dari Kementerian Kesehatan. Ia sering sharing seputar pengasuhan, kesehatan mental dalam keluarga, dan kegiatan anak yang bisa Anda baca di Instagram-nya.

Profil Grace Melia
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih puzzle untuk anak

Ada banyak jenis puzzle untuk anak-anak. Supaya tidak bingung, berikut tips cara memilih puzzle yang tepat untuk anak Anda.

① Pilih produk sesuai tingkat kesulitan dan usia anak

Pilih produk sesuai tingkat kesulitan dan usia anak
Ketika Anda hendak membeli puzzle untuk anak-anak, hindari memilih puzzle yang terlalu sulit. Dengan menyelesaikan puzzle yang mudah terlebih dahulu, anak akan terbiasa untuk menyelesaikan permainannya. Hal tersebut juga akan membuatnya makin tertantang untuk menyelesaikan puzzle yang lebih sulit. Jadi, cobalah dengan puzzle yang jumlah kepingannya sedikit sebagai permulaan.

  • Puzzle mencocokkan bentuk, puzzle yang diberikan sebagai permulaan. Anda juga bisa menyuguhkan puzzle dengan knob atau peg yang mudah digenggam si kecil atau puzzle dua keping.

  • Puzzle dengan jumlah potongan sekitar lima keping, bisa diberikan untuk anak sekitar usia 1,5 tahun. Anda juga bisa memilih berdasarkan target usia yang tertera pada puzzle tersebut. 


Meski begitu, tidak semua anak mahir memainkan puzzle. Terlepas dari usia dan target penggunanya, pilihlah puzzle yang paling cocok dimainkan anak Anda.

② Perhatikan bahan dari jigsaw puzzle

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat jigsaw puzzle adalah kertas, kayu, dan plastik. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing yang harus Anda ketahui sebelum memilih. Mau tahu? Mari simak penjelasan berikut!

Bahan kertas, harganya ekonomis meski tidak tahan basah

Bahan kertas, harganya ekonomis meski tidak tahan basah
Puzzle yang umum beredar biasanya terbuat dari kertas karena harganya terjangkau dan banyak jenisnya. Sayangnya, puzzle dari bahan kertas dapat berubah bentuk dan bahkan rusak jika basah. Apabila Anda ingin memainkan puzzle berbahan kertas dengan anak yang masih berada pada fase oral, pilihlah yang materialnya tebal.

Bahan kayu, aman digunakan dan berukuran relatif besar

Bahan kayu, aman digunakan dan berukuran relatif besar
Untuk anak yang masih sering memasukkan benda ke dalam mulutnya, Anda bisa memilih puzzle berbahan kayu. Potongan jigsaw puzzle kayu biasanya berukuran besar sehingga minim risiko tertelan oleh si kecil. 


Puzzle dari kayu memang memiliki harga yang relatif lebih tinggi daripada kertas. Akan tetapi, bila Anda mengutamakan keamanan penggunaan, produk ini sangat pantas dipertimbangkan. Saat memilih puzzle kayu, perhatikanlah kualitas material dan catnya. Tidak semua puzzle kayu memiliki sudut tidak tajam dan jenis cat yang aman. 

Bahan plastik, berdesain menarik dan dapat dipajang

Bahan plastik, berdesain menarik dan dapat dipajang
Puzzle yang terbuat dari plastik biasanya memiliki berbagai desain menarik. Hal tersebut membuatnya cocok juga untuk Anda jadikan dekorasi ruangan. Bentuknya pun beragam, ada yang berbentuk tiga dimensi (3D), ada yang frame-nya terbuat dari potongan puzzle transparan, dan sebagainya


Jigsaw puzzle 3D memang memiliki jumlah potongan yang tidak terlalu banyak. Namun, puzzle 3D tersebut cukup sulit disusun sehingga kurang cocok untuk dimainkan oleh anak yang masih terlalu kecil. Puzzle jenis 3D ini juga cocok dikerjakan bersama orangtua dan menjadi family project.

③ Sesuaikan dengan karakter favorit anak

Sesuaikan dengan karakter favorit anak
Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah gambar jigsaw puzzle. Anda bisa memilih puzzle bergambar karakter kartun, hewan, mobil, atau hal lain yang disukai anak Anda. Dengan begitu, anak Anda akan lebih bersemangat saat menyusunnya.

Bila anak Anda baru pertama kali mengerjakan jigsaw puzzle, Anda bisa menemaninya menyusun puzzle tersebut. Dengan begitu, momen bermain puzzle pun akan terasa lebih menyenangkan!

10 Rekomendasi puzzle terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk puzzle terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Grace Melia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KKV

Puzzle 100 pcs Mainan Anak

KKV  Puzzle 100 pcs Mainan Anak 1枚目

Seru berimajinasi dalam berbagai petualangan

2

Wooden Puzzle Alphabet 5 Level

 Wooden Puzzle Alphabet 5 Level 1枚目

Bikin belajar alfabet dan angka makin asyik!

3

Penguin Clock Puzzle

 Penguin Clock Puzzle 1枚目

Sarana tepat kenalkan konsep bentuk dan jam

4

Edufuntoys

Chunky Puzzle Animals

Edufuntoys Chunky Puzzle Animals 1枚目

Hadirkan hewan-hewan cute untuk anak Anda

5

100 pcs Wooden Puzzle with Box

 100 pcs Wooden Puzzle with Box 1枚目

Sepaket dengan kotak penyimpanan, lho!

6

Puzzle Karton Edukasi Anak 28 cm

 Puzzle Karton Edukasi Anak 28 cm 1枚目

Asyik berpikir ditemani berbagai karakter populer favorit anak

7

Rolife

Modern 3D Wooden Puzzle

Rolife Modern 3D Wooden Puzzle  1枚目

Hadirkan berbagai objek sehari-hari dalam wujud puzzle 3D

8

Edu Fun

Kartu Edukasi What Fruit

Edu Fun  Kartu Edukasi What Fruit 1枚目

Kenalkan buah sembari belajar bahasa Inggris

9

Jigsaw Puzzle Kayu 6-in-1 3D

 Jigsaw Puzzle Kayu 6-in-1 3D 1枚目

Enam gambar dalam satu puzzle, sangat menarik!

10

3D Crystal Puzzle Swan

 3D Crystal Puzzle Swan 1枚目

Tampilannya menawan, anak penyuka seni makin suka

Perincian produk
Close
No.1

KKV Puzzle 100 pcs Mainan Anak

Mulai dari Rp49.900,00

Seru berimajinasi dalam berbagai petualangan

Kelebihan:

  • Ada banyak tema gambar yang bisa dipilih untuk sang buah hati

Kekurangan:

  • Ada seratus keping puzzle, kurang tepat diberikan pada anak yang baru pertama kali menyusun puzzle

Untuk melatih daya imajinasi sekaligus kemampuan bercerita anak, puzzle ini layak diperhitungkan. KKV mengeluarkan puzzle bertema petualangan di berbagai lokasi, mulai dari luar angkasa, dasar laut, hingga zaman prasejarah. Semua varian puzzle terlihat colorful dan memiliki gambar menarik, anak Anda pun akan makin tertarik menyusunnya.

No.2

Wooden Puzzle Alphabet 5 LevelFH-M94

Mulai dari Rp150.000,00

Bikin belajar alfabet dan angka makin asyik!

Kelebihan:
  • Sudah ada angka dan alfabet dalam satu produk

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi tempat penyimpanan, kepingan puzzle rentan hilang

Saat mendekati usia sekolah, anak-anak pastinya harus mulai belajar alfabet dan angka. Agar si kecil dapat belajar dengan gembira, gunakan metode pembelajaran menggunakan mainan seperti puzzle. Puzzle yang satu ini termasuk lengkap karena sudah memiliki alfabet dan angka sekaligus.


Bila anak Anda berusia kurang dari empat tahun, Anda dapat menggunakan puzzle ini untuk mengajarinya mengenali bentuk benda. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengajarkan tentang berbagai warna kepada anak Anda. Solusi cerdas untuk mengajari anak tentang alfabet dan angka dengan cara yang menyenangkan!
No.3

Sarana tepat kenalkan konsep bentuk dan jam

Kelebihan:

  • Tampil unik dengan model jam

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian desain

Produk ini adalah opsi tepat untuk mengenalkan berbagai bentuk benda dan cara penghitungan jam kepada anak sejak dini. Berwujud jam dinding lengkap dengan jarum jam, Anda bisa menggunakan puzzle ini untuk mengajarkan anak tentang konsep penghitungan waktu. Tiap-tiap angka memiliki bentuk berbeda, anak pun lebih cepat memahami perbedaan bentuk setiap benda.

No.4

EdufuntoysChunky Puzzle Animals

Mulai dari Rp59.900,00

Hadirkan hewan-hewan cute untuk anak Anda

Kelebihan:

  • Desain hewannya cute dan kaya warna

Kekurangan:

  • Hanya ada tujuh hewan per varian


Puzzle yang satu ini menghadirkan banyak jenis hewan berbeda untuk menemani anak Anda bermain. Ada hewan laut, ada juga hewan darat. Semua hewannya memiliki tampilan yang imut dan menggemaskan, anak Anda akan sangat tertarik memainkannya. Pilihan tepat bila Anda mencari puzzle hewan-hewan superimut sebagai teman bermain sekaligus belajar si kecil.

No.5

100 pcs Wooden Puzzle with Box

Mulai dari Rp60.000,00

Sepaket dengan kotak penyimpanan, lho!

Kelebihan:

  • Kotak penyimpanannya fungsional sekaligus memiliki gambar menarik

Kekurangan:

  • Material kayu rentan patah jika terbanting atau tertimpa benda keras

Adanya potongan puzzle yang hilang karena kepingan puzzle tidak tersimpan di satu tempat adalah hal yang menyebalkan, bukan? Nah, produk ini mampu mencegah anak Anda mengalami hal tersebut. 


Sepaket dengan kotak penyimpanan, seluruh kepingan puzzle bisa Anda simpan sekaligus dalam kotak tersebut. Tenang saja, material besi menjadikan box penyimpanannya cukup kuat digunakan, kok

No.6

Puzzle Karton Edukasi Anak 28 cm

Mulai dari Rp4.000,00

Asyik berpikir ditemani berbagai karakter populer favorit anak

Kelebihan:
  • Jumlah keping puzzle tidak terlalu banyak, kian cepat disusun

Kekurangan:

  • Bagian permukaan puzzle rentan terkelupas bila tergores 


Puzzle ini tersedia dalam beberapa varian yang akan menampilkan Boboi Boy dan karakter Super Wings. Tidak hanya itu, tokoh populer dari seri Avengers, Transformers, dan Ultraman juga ada, lho! 


Menariknya lagi, jigsaw puzzle ini dibuat dar karton dan kayu sehingga lebih kaku dan tidak mudah rusak. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau. Anda bisa mengumpulkan seluruh karakternya untuk dimainkan anak tanpa membuat kantong bolong. Opsi cerdas untuk menghadirkan berbagai karakter kesukaan anak tanpa keluar banyak dana.

No.7

RolifeModern 3D Wooden Puzzle

Mulai dari Rp159.000,00

Hadirkan berbagai objek sehari-hari dalam wujud puzzle 3D

Kelebihan:

  • Sediakan berbagai jenis benda menarik yang bisa disusun anak Anda

Kekurangan:

  • Belum full color, perlu dicat sendiri oleh anak agar tampilan puzzle makin cerah

Rolife menghadirkan puzzle 3D berbagai jenis benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mobil klasik, bianglala, bahkan balon udara bisa disusun oleh anak Anda. Usai disusun, anak Anda pun bisa menjadikannya sebagai pajangan di kamar. Bila Anda mencari puzzle yang relate dengan benda-benda umum yang sering dilihat anak, pertimbangkanlah produk ini.

No.8

Edu Fun Kartu Edukasi What Fruit

Mulai dari Rp28.500,00

Kenalkan buah sembari belajar bahasa Inggris

Kelebihan:
  • Sudah dilengkapi kata-kata dalam bahasa Inggris

Kekurangan:

  • Ukuran puzzle tidak terlalu besar, rentan terselip jika tidak disimpan dengan hati-hati

Bahasa Inggris pastinya sangat penting untuk dipelajari anak sejak dini. Mengajari bahasa Inggris pada anak dapat dimulai dari kosakata sederhana seperti nama buah-buahan. Yuk, ajari dan tingkatkan minat belajar bahasa Inggris si kecil dengan kartu puzzle tentang buah-buahan ini!


Dalam puzzle ini terdapat gambar buah utuh dan penampangnya. Si kecil harus menggabungkan gambar buah yang benar sehingga dapat mengetahui bahasa Inggris dari buah tersebut. Wah, pasti si kecil akan suka dan makin mahir berbahasa Inggris dengan permainan ini, ya!
No.9

Jigsaw Puzzle Kayu 6-in-1 3D

Mulai dari Rp35.000,00

Enam gambar dalam satu puzzle, sangat menarik!

Kelebihan:
  • Hadirkan enam gambar berbeda dalam satu produk yang sama

Kekurangan:

  • Bahan kayu rentan rusak akibat rayap atau air

Biasanya anak cenderung cepat bosan terhadap sesuatu, termasuk mainannya. Supaya anak Anda tidak cepat bosan, puzzle 3D dengan berbagai gambar berbeda pada tiap sisinya ini layak dimiliki. Setiap keping puzzle-nya berbentuk kubus dengan enam sisi berbeda yang dapat disusun menjadi enam gambar.


Setiap gambarnya lucu-lucu dan penuh warna, anak Anda pasti akan keasyikan memainkannya. Produk ini pun hanya terdiri dari sembilan keping puzzle sehingga tidak akan terlalu membingungkan anak. Selain itu, kepingan puzzle-nya berbahan kayu yang membuat produk ini makin awet dan minim risiko tertelan.
No.10

3D Crystal Puzzle Swan

Mulai dari Rp37.999,00

Tampilannya menawan, anak penyuka seni makin suka

Kelebihan:
  • Cantik usai selesai disusun, cocok dijadikan hiasan rumah

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian warna


Puzzle ini memiliki tampilan transparan dan desain yang cantik, anak Anda akan berdecak kagum setelah selesai menyusun puzzle ini. Anak pencinta benda-benda artistik dan terlihat menawan akan sangat senang dibelikan produk ini untuk menyalurkan kecintaannya akan seni.


Tampilannya yang menawan tersebut juga membuat produk ini sangat cocok dijadikan pajangan di rumah Anda. Dibuat menggunakan bahan plastik, Anda juga akan makin mudah membersihkannya. Kepingan puzzle-nya pun tergolong ideal, hanya 45 keping sehingga tidak akan terlalu sulit disusun.

Tips dari therapeutic play practitioner kami, Grace Melia

Tips dari therapeutic play practitioner kami, Grace Melia

Ada kalanya anak merasa frustasi akibat kesulitan menyusun puzzle yang telah Anda belikan. Tidak perlu khawatir, kami memiliki tips mengajarkan anak bersabar saat mengerjakan puzzle.


Perlu diingat, bermain puzzle membutuhkan fokus dan kemampuan berpikir logis. Kadang anak merasa kurang sabar untuk menyelesaikan puzzle yang sedang dikerjakan. Orangtua perlu mendampingi anak dan memberikan bantuan sejauh yang diperlukan. 


Hindari serta-merta menyelesaikan seluruh puzzle untuk anak. Kemampuan anak dalam bersabar, berusaha, dan kegigihan akan terbangun perlahan dengan pendampingan Anda sebagai orangtua. Apabila anak sudah terlihat lelah, hindari memaksanya menyelesaikan puzzle saat itu juga. Berikan break atau lanjutkan puzzle di hari selanjutnya.

Baca juga rekomendasi puzzle dan mainan edukasi lainnya di sini

Terdapat berbagai macam puzzle yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Agar anak memiliki mainan mendidik yang variatif, beragam mainan edukasi pun layak Anda belikan. Anda bisa membaca lebih jauh tentang seluruh produk tersebut di sini.

Kesimpulan

Itulah tips dari kami tentang cara memilih jigsaw puzzle untuk si kecil. Ingat selalu untuk memperhatikan hal-hal berikut, yaitu usia anak, bahan dasar puzzle, serta tema gambar pada jigsaw puzzle. Pastinya sangat mengasyikkan bagi si kecil ketika diberikan jigsaw puzzle sesuai karakter favoritnya.

Kami berharap Anda terbantu dengan artikel ini. Apakah ada produk jigsaw puzzle dari rekomendasi kami yang Anda inginkan? Selanjutnya, selamat bermain bersama si kecil!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer