10 Rekomendasi Suplemen Lutein Terbaik untuk Kesehatan Mata (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen Lutein Terbaik untuk Kesehatan Mata (Terbaru Tahun 2018)

Kondisi kesehatan mata bisa menurun karena bertambahnya usia atau terlalu sering menatap layar elektronik. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen lutein. Dengan banyaknya produk suplemen lutein yang beredar di pasaran, mungkin Anda akan kebingungan saat hendak membelinya.

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi suplemen lutein terbaik untuk kesehatan mata. Pilihlah produk yang manfaatnya paling Anda butuhkan kemudian konsumsilah setiap hari agar mata Anda semakin sehat.

Daftar isi

Lutein, zat yang meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Lutein, zat yang meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Banyak orang yang sudah cukup berumur memiliki penglihatan kabur atau bahkan mengalami kebutaan karena menderita penyakit AMD (Age-related Macular Degeneration). Lutein, zat yang banyak terkandung dalam berbagai sayuran telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan mata. Dengan mengonsumsi lutein secara teratur, penglihatan Anda akan semakin tajam sekaligus mencegah terjadinya penyakit AMD.

Lutein juga mampu menjaga mata dan retina Anda dari UV (ultraviolet) dan cahaya biru berlebih yang dihasilkan dari layar komputer atau gadget Anda. Apalagi, orang-orang di masa kini juga semakin terbiasa untuk menggunakan mata secara berlebihan sampai terlalu lelah sehingga kebutuhan lutein menjadi semakin penting. Kemudian, lutein juga berperan penting dalam memperlambat degenerasi retina sekaligus menyehatkan kulit Anda. Lutein akan meningkatkan kandungan lipid sekaligus melembapkan kulit sehingga kulit Anda akan semakin elastis, tidak kering, bebas dari oksidasi, serta awet muda.

Anda akan memperoleh asupan lutein ketika mengonsumsi sayur-sayuran berwarna kuning atau hijau. Selain mengonsumsi sayuran tersebut, Anda sebaiknya tetap mengonsumsi suplemen lutein agar tubuh Anda dapat ternutrisi dengan lutein dalam jumlah yang cukup setiap hari. Saat ini, sudah banyak suplemen lutein yang bahannya tidak hanya berasal dari sayuran kuning dan hijau, tetapi juga dari bunga marigold. Bunga tersebut memiliki kandungan lutein yang lebih tinggi dibanding sayuran kuning atau hijau. Dengan mengonsumsi suplemen lutein yang diekstrak dari bunga marigold, kebutuhan lutein harian Anda akan terpenuhi.

Cara memilih suplemen lutein untuk kesehatan mata

Terdapat banyak jenis suplemen lutein yang beredar di pasaran sehingga Anda bisa bingung ketika hendak membelinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen lutein yang tepat. Untuk lebih lengkapnya, simaklah informasi di bawah ini!

Disarankan mengandung lutein lebih dari 10 mg per sajian

Disarankan mengandung lutein lebih dari 10 mg per sajian

Lutein dapat meningkatkan kesehatan mata dan menutrisi kulit Anda bila dikonsumsi sebanyak 10 mg atau lebih. Oleh karena itu, pilihlah suplemen lutein yang kandungan luteinnya 10 mg per sajian atau lebih. Jika kandungannya kurang dari 10 mg per sajian, dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi lebih dari 1 sajian per hari.

Kenali jenis luteinnya

Kenali jenis luteinnya

Berdasarkan susunan kimiawinya terdapat dua jenis lutein yang umum beredar di pasaran. Jenis pertama adalah lutein ester, yakni lutein yang belum dimurnikan sehingga masih ada kandungan asam lemak yang terikat dengan lutein tersebut. Meski masih belum diketahui secara pasti khasiatnya terhadap kesehatan mata, ada studi yang menyatakan bahwa mengonsumsi lutein ester dapat mencegah AMD.

Jenis kedua adalah free lutein, yaitu lutein yang telah mengalami proses pemurnian sehingga bebas dari kandungan asam lemak. Bila rutin dikonsumsi, free lutein cukup efektif untuk meningkatkan ketajaman mata Anda.

Kemudian, Kemin Industries, perusahaan Amerika yang bergerak di bidang bahan nutrisi, telah mengajukan paten atas free lutein yang diekstrak dari bunga marigold dengan merek dagang FloraGLO. Proses purifikasinya sendiri tersistem dengan baik sehingga FloraGLO dapat memberikan manfaat lutein secara optimal.

Tidak semua suplemen lutein mencantumkan jenis lutein yang dikandung. Bila Anda mencari suplemen lutein berkualitas, produk yang mengandung free lutein atau FloraGLO lebih direkomendasikan.

Apakah terdapat kandungan lain yang juga menyehatkan mata?

Apakah terdapat kandungan lain yang juga menyehatkan mata?

Zeaxanthin dan astaxanthin dapat menyehatkan mata dan menutrisi kulit Anda. Tidak hanya itu, kedua zat tersebut juga efektif untuk mencegah retinopathy atau kerusakan pada retina sehingga penglihatan Anda akan tetap tajam dan jelas. Selain kedua zat tersebut, anthocyanin yang banyak terdapat dalam buah bilberry juga mampu menyehatkan mata Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih produk yang tidak hanya mengandung lutein, tetapi juga zat-zat yang sudah kami sebutkan di atas untuk memperoleh manfaat kesehatan lebih optimal.

10 Rekomendasi suplemen lutein terbaik untuk kesehatan mata

Kami telah menjelaskan cara memilih suplemen lutein dan kini saatnya kami memberikan 10 rekomendasi produk terbaiknya. Pilihlah produk yang paling sesuai demi menjaga kesehatan mata Anda!

10. Nature’s Way Blue Light Eye Defence

10. Nature's Way Blue Light Eye Defence

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 359.000

Lindungi mata Anda dari sinar biru berlebih!

Mengandung lutein sebanyak 10 mg, zeaxanthin sebanyak 2 mg, dan ekstrak buah bilberry sebanyak 50 mg, suplemen ini bekerja secara aktif melindungi mata dari paparan sinar biru berlebih. Untuk Anda yang selalu bekerja di depan layar elektronik, suplemen ini sangat pas untuk menjaga vitalitas dan meningkatkan kesehatan mata Anda.

Tidak hanya itu, perpaduan seluruh bahan tersebut juga membuat produk ini sangat berkhasiat untuk memperkuat retina Anda. Aman untuk dikonsumsi, produk ini bebas gluten, kacang kedelai, susu, dan perasa buatan. Dengan rekomendasi takaran 1 tablet per hari, produk ini baru akan habis setelah Anda konsumsi sendiri selama 2 bulan.

9. Now Lutein 10 mg Softgels

9. Now Lutein 10 mg Softgels

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 569.603

Aman dikonsumsi! Tidak mengandung GMO dan food allergen

Bila Anda mencari suplemen lutein yang aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan reaksi alergi, produk ini layak dipertimbangkan. Suplemen lutein ini telah diformulasikan secara khusus sehingga tidak mengandung baik GMO (Genetically Modified Organism) maupun gluten yang berisiko membahayakan tubuh Anda.

Selain itu, produk ini juga tidak mengandung food allergen seperti susu, jagung, telur, gandum, kacang kedelai, ikan, dan kerang. Ketika Anda mengonsumsi produk ini, Anda akan memperoleh free lutein sebanyak 10 mg. Menjaga kesehatan makula mata dan melindunginya dari radiasi tanpa resiko? Sepertinya tidak salah bila Anda memilih produk ini.

8. Swanson Ultra Synergistic Eye Health Lutein & Zeaxanthin

 8. Swanson Ultra Synergistic Eye Health Lutein & Zeaxanthin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 230.000

Perlindungan optimal dengan OmniXan zeaxanthin yang mumpuni

Diekstrak dari bunga marigold, Anda akan ternutrisi dengan 20 mg lutein ketika mengonsumsi produk ini. Dengan demikian, Anda cukup mengonsumsi 1 softgel saja per hari untuk memenuhi kebutuhan lutein harian Anda. Tenang saja, produk ini tidak mengandung pewarna sehingga aman untuk Anda konsumsi secara rutin.

Dipadukan dengan 2 mg OmniXan zeaxanthin yang alami dan terjamin kualitasnya, mata Anda akan semakin terlindungi, baik dari oksidasi, cahaya biru, maupun cahaya UV. Bila Anda mencari suplemen lutein yang mengandung zeaxanthin berkualitas mumpuni, produk asli dari Kanada ini bisa menjadi pilihan yang terbaik.

7. Piping Rock Lutein + Zeaxanthin

7. Piping Rock Lutein + Zeaxanthin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Ingin yang harganya bersahabat? Ini dia jawabannya!

Setiap softgel pada produk ini mengandung zeaxanthin sebanyak 1 mg dan 20 mg lutein yang diekstrak dari bunga marigold kuning. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 1 atau 2 softgel per hari dan sebaiknya tidak dalam keadaan perut kosong. Bila Anda membutuhkan suplemen yang tinggi kandungan luteinnya dengan harga terjangkau, produk ini adalah solusi terbaik.

Dengan formula quick release, lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam setiap softgel-nya akan semakin cepat diserap oleh tubuh Anda. Meski begitu, bila Anda sedang hamil atau mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya Anda mengonsultasikannya dahulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen ini, ya!

6. Jarrow Formulas Lutein

6. Jarrow Formulas Lutein

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 295.000

Melindungi makula Anda dari stres oksidatif

Bila Anda ingin melindungi area makula mata Anda dari stres oksidatif yang timbul karena paparan cahaya biru dan UV berlebih setiap hari, produk ini merupakan salah satu opsi terbaik untuk Anda. Diambil dari bunga marigold, Anda akan memperoleh 20 mg lutein dan 4 mg zeaxanthin ketika mengonsumsi produk ini.

Kedua bahan tersebut akan bersinergi layaknya senyawa karotenoid dan bekerja aktif sebagai antioksidan yang melindungi area makula mata Anda. Dibuat menggunakan formula khusus LuteinSorb, suplemen lutein ini tidak hanya bernutrisi tinggi, tetapi juga diklaim mudah diserap oleh tubuh Anda.

5. GNC Herbal Plus Bilberry Extract & Lutein

5. GNC Herbal Plus Bilberry Extract & Lutein

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 843.750

Produk herbal cocok untuk semua orang, apalagi Anda yang vegan!

Diproduksi secara presisi dari tumbuhan menggunakan standar Lutemax, mata Anda akan ternutrisi dengan lutein sebanyak 10 mg. Ekstrak buah bilberry sebanyak 100 mg juga akan membuat penglihatan semakin tajam dan jelas. Dikemas dalam kapsul yang dibuat dari selulosa tumbuhan, produk ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang vegan.

Suplemen ini juga akan menutrisi mata Anda dengan zeaxanthin sebanyak 2 mg. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam setiap kapsulnya, Anda cukup mengonsumsi 1 kapsul saja per hari. Meski begitu, melihat harganya yang cukup mahal tentu Anda harus menyediakan dana lebih bila hendak mengonsumsinya untuk jangka panjang.

4. Vitacost ROOT2 Lutein 20 mg Featuring Lutemax

4. Vitacost ROOT2 Lutein 20 mg Featuring Lutemax

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 235.000

Sehatkan mata Anda dengan lutein alami dari bunga marigold!

Ketika mengonsumsi produk ini, Anda akan memperoleh lutein alami yang berasal dari bunga marigold berkualitas tinggi. Bunga tersebut diproses secara presisi sesuai standar Lutemax agar Anda memperoleh 20 mg lutein per softgel. Bila Anda menyukai suplemen berbahan alami, mengapa tidak mencoba produk ini saja?

Tidak hanya itu, produk ini juga menutrisi mata Anda dengan zeaxanthin sebanyak 840 mcg. Ditambah kandungan tocopherol, suplemen ini juga aktif bekerja sebagai antioksidan. Bila Anda alergi susu, telur, kacang, ikan, atau kacang kedelai, Anda tetap bisa mengonsumsi suplemen ini karena produk ini bebas dari bahan-bahan tersebut.

3. Doctor’s Best Lutein With FloraGLO

3. Doctor's Best Lutein With FloraGLO

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 360.000

Menajamkan penglihatan Anda dengan 20 mg FloraGLO

Mengandung lutein FloraGLO sebanyak 20 mg, mata Anda akan terlindungi dari paparan sinar biru berlebih. Tidak hanya itu, lutein FloraGLO juga terbukti secara klinis mampu menutrisi mata secara efektif sehingga kesehatan mata tetap terjaga. Bila Anda ingin menajamkan penglihatan, suplemen ini merupakan pilihan bijaksana.

Tidak hanya itu, lutein FloraGLO-nya juga berkhasiat menyehatkan kulit serta berperan penting sebagai antioksidan pada tubuh Anda. Dipadukan dengan sunflower lecithin, produk ini akan semakin cepat diserap oleh tubuh Anda. Tidak mengandung GMO, gluten, maupun kacang kedelai, produk ini juga aman untuk Anda konsumsi setiap hari.

2. Trunature Lutein & Zeaxanthin – Vision Complex

2. Trunature Lutein & Zeaxanthin - Vision Complex

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 700.000

Komposisi lutein dan zeaxanthin-nya pas, semakin mudah diserap tubuh

Produk ini sangat tepat bila Anda mencari suplemen lutein yang mudah diserap tubuh. Dibuat dengan rasio lutein dan zeaxanthin 5 : 1 atau sesuai keseimbangan alami tubuh manusia, Trunature mengklaim bahwa suplemen ini mudah diserap tubuh. Dengan begitu, kandungan lutein 25 mg dan zeaxanthin 5 mg per softgel akan diserap secara optimal.

Bentuk softgel-nya tentu akan membuat Anda tidak kesulitan saat menelan suplemen ini. Selain itu, karena suplemen ini tinggi lutein, Anda cukup mengonsumsi 1 softgel saja per hari. Meski begitu, bila Anda alergi lecithin mungkin sebaiknya Anda memilih produk lain karena suplemen ini mengandung lecithin dari kacang kedelai.

1. Puritan’s Pride Lutein 40 mg with Zeaxanthin

1. Puritan's Pride Lutein 40 mg with Zeaxanthin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Kandungan lutein melimpah untuk mencukupi kebutuhan lutein harian Anda

Mengandung 40 mg lutein, kebutuhan lutein harian Anda bisa langsung tercukupi ketika mengonsumsi produk ini. Cukup 1 softgel perhari, area makula Anda akan ternutrisi optimal sehingga kesehatan mata Anda semakin terjaga. Bila Anda mencari produk dengan kandungan lutein melimpah, produk ini adalah pilihan terbaik.

Dikombinasikan dengan zeaxanthin, penglihatan Anda juga akan tetap tajam meski dalam kondisi pencahayaan kurang sekalipun! Misalnya, saat menyetir di malam hari. Apalagi, produk ini juga tidak mengandung gula, gluten, sodium, pengawet, pemanis, dan pewarna buatan sehingga tidak membahayakan Anda dan sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Kesimpulan

Konsumsi suplemen lutein secara rutin akan meningkatkan kesehatan mata Anda. Tidak hanya itu, lutein juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya AMD, melindungi mata Anda dari efek buruk sinar UV dan cahaya biru berlebih, serta menyehatkan kulit.

Bila dibutuhkan, Anda juga bisa memilih produk yang tidak hanya mengandung lutein, tetapi juga mengandung zeaxanthin, astaxanthin, atau anthocyanin untuk memperoleh manfaat kesehatan lebih optimal. Nah, jangan sampai salah pilih, ya!