10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Chia seed semakin populer karena dianggap kaya nutrisi dan cocok sebagai makanan pendamping saat menjalani diet. Chia seed awalnya dikonsumsi oleh selebriti dan model di luar negeri, serta sering disebut sebagai superfood.

Bagaimanakah cara memilih chia seed yang berkualitas? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh chia seed terbaik dari Bioglan, Nutiva, dan lainnya. Jika Anda belum mahir mengolah chia seed, perhatikan juga cara mudah untuk mengonsumsinya di akhir artikel ini.

Daftar isi

Manfaat mengonsumsi chia seed

Manfaat mengonsumsi chia seed

Chia seed merupakan biji dari tanaman Salvia hispanica yang berasal dari Amerika Selatan. Keunggulan utama chia seed terletak pada kandungan nutrisinya yang tinggi. Chia seed juga kaya akan asam lemak omega-3 yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Banyak orang berpendapat bahwa kandungan tersebut ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Chia seed juga mengandung zat besi, kalsium, mineral, dan serat seperti glukomanan yang mudah larut dalam air. Karena itu, chia seed dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Terlebih lagi, chia seed dapat mengembang sepuluh kali lipat ketika dicampur dengan air. Anda yang sedang berdiet pun akan lebih cepat kenyang jika mengonsumsi superfood ini.

Cara memilih chia seed

Poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih chia seed tentunya adalah kualitas dan harga. Banyak produk chia seed yang populer dan dijual di toko online, tetapi tidak semuanya berkualitas baik. Berikutnya, kami akan menjelaskan cara memilih chia seed agar Anda bisa menemukan produk dengan kualitas terbaik.

Supaya lebih aman, pilih chia seed yang telah memiliki sertifikasi organik

Supaya lebih aman, pilih chia seed yang telah memiliki sertifikasi organik

Jika Anda ingin mengonsumsi chia seed tanpa khawatir akan kandungan berbahaya di dalamnya, pilihlah produk bersertifikasi organik. Kualitas produk sangatlah penting mengingat makanan yang Anda konsumsi akan langsung dicerna oleh tubuh. Karena chia seed merupakan produk impor, standar pemeriksaan kualitas produknya juga akan berbeda dengan standar di Indonesia.

Berhati-hatilah karena produk chia seed yang tidak memiliki sertifikasi organik kemungkinan menggunakan pestisida atau pupuk kimia. Meski produk tersebut bernama chia seed, banyak yang dijual dengan kandungan nutrisi yang rendah. Karena itu, pilihlah chia seed yang bersertifikasi organik yang aman dikonsumsi dan sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

Meskipun begitu, bukan berarti chia seed yang tidak memiliki tanda sertifikasi organik berkualitas rendah. Jika Anda menginginkan produk yang dijamin aman, pastikan Anda memilih produk dengan sertifikasi organik.

Periksalah tabel informasi nilai gizinya

Periksalah tabel informasi nilai gizinya

Saat membeli chia seed, pastikan untuk memeriksa tabel informasi nilai gizi yang tercantum di belakang kemasan produk. Anda juga bisa mengunjungi website resmi dari produk tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Dengan demikian, Anda dapat terbebas dari masalah kesehatan atau alergi yang disebabkan oleh makanan.

Anda juga sebaiknya mengecek negara produksinya, jumlah energi, terdapat tidaknya kandungan GMO, lalu jumlah protein dan lemaknya. Tanggal kedaluwarsa juga merupakan poin yang tak kalah penting untuk diperiksa.

Untuk Anda yang sedang berdiet, pilih white chia seed

Untuk Anda yang sedang berdiet, pilih white chia seed

Berdasarkan jenisnya terdapat dua macam chia seed yaitu black chia seed dan white chia seed. Dibandingkan black chia seedwhite chia seed akan mengembang lebih besar saat dicampurkan dengan air. White chia seed juga kaya akan kandungan asam amino esensial yang efektif mencegah berbagai penyakit.

White chia seed juga ideal sebagai makanan pendamping saat sedang menjalani diet. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan black chia seed, jenis ini lebih cocok dikonsumsi untuk kebutuhan diet.

Pilih produk dengan harga dan kandungan nutrisi yang seimbang

Pilih produk dengan harga dan kandungan nutrisi yang seimbang

Chia seed berkualitas memang lah tidak murah. Kisaran harga chia seed paling mahal adalah sekitar Rp 20.000 sampai Rp 50.000 per 100 gram. Di samping itu, white chia seed yang ditanam secara organik dapat mencapai kisaran harga Rp 30.000 hingga Rp 70.000 per 100 gram.

Jika Anda ingin mengonsumsinya secara rutin, pastikan harga chia seed pilihan Anda sebanding dengan kualitasnya. Hindari memilih produk dengan harga yang terlalu murah karena berisiko tidak aman untuk dikonsumsi secara kontinu. Jika Anda menginginkan produk yang memiliki efek baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit, utamakanlah kualitasnya.

Pertama-tama, pilihlah chia seed bersertifikasi organik yang telah memiliki tabel informasi nilai gizi. Kemudian, sesuaikan produk tersebut dengan budget Anda agar bisa dikonsumsi secara berkelanjutan.

10 Rekomendasi chia seed terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi chia seed terbaik. Pilihlah dengan mempertimbangkan cara memilih yang telah kami jelaskan di atas.

10. Bob’s Red Mill Organic Chia Seeds

10. Bob's Red Mill Organic Chia Seeds

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 150.000

Yuk, tantang diri Anda untuk membuat selai dari chia seed

Jika Anda merasa bosan mencampurkan chia seed ke dalam juice atau smoothie, cobalah produk yang satu ini! Anda bisa membuat strawberry chia jam di rumah dengan produk chia seed ini, lho. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang gemar memasak makanan pendamping diet sehat.

Bob’s Red Mill juga berkomitmen terhadap kualitas produk chia seed-nya yang dibuktikan dengan adanya sertifikasi Kosher. Dengan demikian, produk ini lebih aman untuk digunakan sebagai campuran resep makanan dan minuman favorit Anda.

Sertifikasi organik USDA Organic
Informasi nilai gizi Protein 6 g, lemak 7 g, serat makanan 10 g, dan lain-lain
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 44.100

9. Kebun Kita Organic Black Chia Seeds (Mexico)

9. Kebun Kita Organic Black Chia Seeds (Mexico)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 170.000

Penuhi kebutuhan harian dengan produk yang ekonomis

Anda mengonsumsi chia seed setiap hari? Pilih produk dengan harga yang cukup terjangkau ini. Produk dari Kebun Kita ini juga sangat praktis dan mudah disimpan karena dikemas dengan resealable zip lock bag. Di samping itu, Anda bebas memilih varian kemasan hingga ukuran 900 gram sesuai dengan kebutuhan.

Sertifikasi organik Organik Indonesia dan USDA Organic
Informasi nilai gizi Protein 20%, omega-3 ALA 20%, serat makanan 37%
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 18.900

8. Nature’s Energy Organic Chia Seeds

8. Nature's Energy Organic Chia Seeds

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Cegah diabetes dan buat tubuh Anda semakin berenergi!

Produk Nature’s Energy wajib Anda pertimbangkan jika aktivitas Anda terbilang padat. Anda akan mendapatkan energi tambahan sebanyak 77 kkal per 15 gram chia seed yang Anda konsumsi. Cukup campurkan chia seed ini dengan air putih maka Anda akan kenyang lebih lama.

Kandungan glycemic index-nya pun terbilang rendah sehingga mampu menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Bagi Anda yang ingin menjaga pola makan dan terhindar dari penyakit diabetes, cobalah produk lokal ini.

Sertifikasi organik Organik Indonesia dan USDA Organic
Informasi nilai gizi Protein 3 g, lemak 5 g, karbohidrat 6 g, dan lain-lain
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 40.000

7. Lohas Organic Chia Seeds

7. Lohas Organic Chia Seeds

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga manula, lho!

Jika Anda mencari chia seed tinggi nutrisi yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak hingga manula, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Kebutuhan nutrisi harian Anda akan terpenuhi dengan mengonsumsi chia seed ini sebanyak 100 gram per hari. Produk ini pun baik untuk kesehatan tulang sehingga wajar jika direkomendasikan bagi semua kalangan.

Sertifikasi organik USDA Organic dan QCS
Informasi nilai gizi Protein 21.2 g, lemak 31.4 g, karbohidrat 37.5 g, dan lain-lain
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 31.600

6. Zestiva Organic Chia Seed USDA & JAS Certified

6. Zestiva Organic Chia Seed USDA & JAS Certified

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 118.000

Dapatkan beragam manfaat dalam satu produk

Produk Zestiva yang diambil langsung dari perkebunan Meksiko ini tidak hanya bebas gluten, tetapi juga bebas pestisida. Selain itu, kandungan antioksidannya dipercaya mampu menghindarkan tubuh dari radikal bebas.

Bagi Anda yang sedang diet juga dapat mengonsumsi chia seed ini karena protein dan asam aminonya mampu mengurangi nafsu makan berlebih. Kesehatan tulang dan saraf pun tetap terjaga berkat zat mineral dan vitaminnya. Jika Anda ingin terhindar dari sembelit, serat di dalam produk ini juga sangat efektif, lho. Lengkap, bukan?

Sertifikasi organik USDA Organic dan JAS
Informasi nilai gizi Serat 4.2 g, omega-3 2.5 g, omega-6 0.7 g, dan lain-lain
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 23.600

5. Mamma Chia Organic White Chia

5. Mamma Chia Organic White Chia

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Rasakan khasiat omega-9 yang baik untuk otak serta jantung

Manfaat omega-9 antara lain adalah untuk mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah serta meningkatkan kinerja otak. Kini, khasiat omega-9 dapat Anda rasakan dengan mengonsumsi produk Mamma Chia ini.

Selain itu, jumlah kalori pada produk ini juga cukup rendah yakni 60 kkal. Jumlah tersebut ideal untuk melengkapi nutrisi tubuh sebagai makanan tambahan atau sebagai pelengkap camilan diet Anda. Jika Anda mencari chia seed yang kaya nutrisi untuk otak dan jantung, produk ini patut dipertimbangkan.

Sertifikasi organik USDA Organic
Informasi nilai gizi Protein 3 g, lemak 4 g, karbohidrat 4 g, serat makanan 4 g, omega-3 2.43 g, omega-6 0.68 g, omega-9 0.28 g, dan lain-lain
Jenis White chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 36.800

4. Bioglan Organic Chia Seeds

4. Bioglan Organic Chia Seeds

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 149.000

Aman dikonsumsi, bahkan oleh Anda yang alergi susu atau kacang

Chia seed ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki alergi terhadap kacang dan susu. Anda tidak perlu segan untuk mengonsumsinya setiap hari karena produk ini termasuk dairy free dan nut free.

Anda yang seorang vegetarian pun bisa mengonsumsi produk ini dengan tenang. Kandungan kalori dari produk ini juga cukup tinggi yaitu 368.3 kkal. Dengan begitu, Anda akan tetap fit dan berenergi sepanjang hari jika mengonsumsinya secara rutin saat sarapan.

Sertifikasi organik Asutralian Certified Organic
Informasi nilai gizi Protein 5.5 g, lemak 7.3 g, karbohidrat 9.8 g, serat makanan 9.6 g, dan lain-lain
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ±  Rp 59.600

3. Neo Oliva Organic Chia Seed

3. Neo Oliva Organic Chia Seed

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 97.200

Sangat terjamin keamanannya karena sudah diperiksa oleh tiga lembaga pangan organik!

Produk ini memiliki sertifikasi organik baik dari tiga lembaga pangan nasional maupun internasional! Jika Anda mencari chia seed tepercaya yang telah disertifikasi oleh banyak lembaga, produk lokal inilah jawabannya. Cobalah untuk mengonsumsi 15 gram chia seed ini per hari agar kesehatan Anda selalu terjaga.

Sertifikasi organik USDA Organic, OCIA, Organik Indonesia
Informasi nilai gizi Protein 3 g, lemak 1.5 g, omega-3 (ALA) 3 g, omega-6 (LA) 1 g, karbohidrat 0.9 g dan lain-lain
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 38.900

2. Spoon Health Organic Chia Seed

2. Spoon Health Organic Chia Seed

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 125.000

Seimbangkan kadar kolesterol di dalam darah Anda

Chia seed ini mengandung soluble dan insoluble fiber, serta kombinasi asam lemak esensial. Kandungan tersebut sangat ideal bagi Anda yang ingin meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Produk Spoon Health juga bebas GMO dan bebas gluten, aman untuk Anda konsumsi setiap hari.

Sertifikasi organik USDA Organic
Informasi nilai gizi Protein 3 g, lemak 5 g, omega-3 3 g, omega-6 1 g, karbohidrat 6 g, serat makanan 5 g, dan lain-lain
Jenis Black chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 27.800

1. Nutiva Organic Chia Seed

1. Nutiva Organic Chia Seed

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 220.000

Superfood yang kaya akan kandungan antioksidan!

Antioksidan adalah nutrisi yang berperan dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Nah, kandungan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi produk dari Nutiva ini. Makanan super yang bebas gluten ini tak hanya kaya akan omega-3, tetapi juga mengandung rare antioxidants.

Jika Anda ingin merasakan manfaat kesehatan maksimal dari white chia seed, produk ini adalah pilihan terbaik. Untuk para vegetarian, Anda pun bisa menggunakan produk ini sebagai pengganti telur untuk membuat vegan baking.

Sertifikasi organik USDA Organic
Informasi nilai gizi Protein 3 g, lemak 3 g, karbohidrat 5 g, serat makanan 5 g, omega-3 2.5 g, dan lain-lain
Jenis White chia seed
Harga per 100 gram ± Rp 64.700

Supaya lebih nikmat, gunakan chia seed sebagai dressing atau campurkan ke dalam minuman

Supaya lebih nikmat, gunakan chia seed sebagai dressing atau campurkan ke dalam minuman

Chia seed mudah dikonsumsi karena tidak memiliki rasa dan tidak berbau. Anda bisa langsung meminumnya hanya dengan mencampurkannya bersama air putih.

Jika meminumnya begitu saja dirasa tidak cukup, campurkanlah dengan yogurt atau minuman favorit Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan chia seed sebagai dressing untuk salad dan menikmati teksturnya yang crispy.

Perhatikan asupan makanan Anda karena ternyata chia seed memiliki kandungan kalori yang tinggi

Perhatikan asupan makanan Anda karena ternyata chia seed memiliki kandungan kalori yang tinggi

Meski dikatakan sebagai superfood, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi chia seed secara berlebihan. Tak ada yang menduga chia seed termasuk bahan makanan berkalori tinggi. Terbukti bahwa 10 gram chia seed mengandung sekitar 50 kalori.

Jika Anda lengah, tak hanya berat badan saja yang bertambah. Konsumsi chia seed yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Oleh sebab itu, pastikan selalu untuk menjaga asupan harian Anda.

Takaran pas untuk mengonsumsi chia seed adalah 10 gram setiap harinya. Takaran ini dirasa cukup karena chia seed juga dapat mengembang saat larut dalam air. Jadi, konsumsilah chia seed dengan tepat agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Baca juga rekomendasi produk makanan sehat lainnya di sini!

Setelah Anda membaca artikel mengenai produk chia seed terbaik, di bawah ini kami telah menyiapkan artikel lainnya yang membahas tentang produk makanan sehat. Selengkapnya, simak dalam tautan berikut ini!

Kesimpulan

Chia seed adalah superfood yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi chia seed terbaik. Apakah Anda sudah menemukan produk chia seed favorit Anda?

Alangkah lebih baik jika Anda memilih produk berkualitas tinggi dan yang sudah memiliki sertifikasi organik. Harga juga perlu dipertimbangkan jika Anda akan mengonsumsinya untuk jangka panjang. Pilihlah produk sesuai kebutuhan dan tidak melebihi budget Anda, ya!