10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Belakangan, chia seed semakin populer karena dianggap sebagai super food yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, mencegah hipertensi, menutrisi tubuh saat diet, dan sebagainya. Bahan pangan ini bisa dicampurkan ke berbagai jenis makanan sehingga tidak sulit mengonsumsinya.

Meski begitu, terdapat berbagai jenis produk chia seed yang beredar di pasaran sehingga Anda mungkin kesulitan menemukan produk yang terbaik. Untuk mengatasinya, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi chia seed terbaik.

Daftar isi

Cara memilih chia seed

Chia seed mengandung banyak nutrisi sehingga banyak orang yang mengonsumsinya secara rutin. Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih chia seed. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda.

Pilih produk yang memiliki sertifikasi organik

Pilih produk yang memiliki sertifikasi organik

Untuk memperoleh sertifikasi organik, produsen chia seed harus diperiksa oleh pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut biasanya berupa organisasi atau lembaga yang diberi wewenang oleh pemerintah. Lembaga tersebut akan mengecek kesesuaian proses produksi dengan standar organik yang telah ditentukan sebelumnya.

Bila produsen chia seed berhasil melewati semua proses pemeriksaan dan memenuhi syarat yang ditentukan, mereka akan mendapatkan sertifikasi organik. Sertifikasi organik yang diperoleh tidak hanya akan berlaku di negara asalnya saja, tetapi juga berlaku secara internasional. Produk dengan sertifikasi organik lebih terjamin keamanannya untuk dikonsumsi.

Karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang telah memiliki sertifikasi organik agar lebih aman untuk dikonsumsi.

Pilih produk dengan komposisi bahan-bahan yang jelas

Pilih produk dengan komposisi bahan-bahan yang jelas

Ketika memilih chia seed, Anda harus memilih produk yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Penjelasan mengenai komposisi bahan-bahan yang terkandung biasanya terdapat pada kemasan produk, tetapi banyak juga yang hanya mencantumkannya di website resmi. Karena itu, disarankan Anda tetap mencari info produk dari website resminya juga, ya!

Anda bisa memilih produk yang tidak mengandung GMO (Genetically Modified Organism), food allergen, pemanis, pengawet, pewarna buatan, atau bahan berbahaya lainnya. Anda juga bisa memilih produk yang mengandung nutrisi tambahan, seperti protein, lipid, dan sebagainya.

Pilih produk dengan harga dan kandungan nutrisi yang sebanding

Pilih produk dengan harga dan kandungan nutrisi yang sebanding

Chia seed memang dianggap sebagai super food, tetapi tentu Anda harus mengonsumsinya setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Karena itu, Anda harus memilih produk dengan harga yang ekonomis agar tidak melebihi anggaran belanja Anda.

Chia seed yang memiliki sertifikasi organik harganya sudah pasti lebih mahal. Selain itu, berdasarkan jenisnya terdapat 2 jenis chia seed, yaitu chia seed hitam dan chia seed putih. Chia seed putih lebih bernutrisi sehingga harganya lebih mahal dibandingkan dengan chia seed hitam.

Produk mahal memang tidak selalu berarti lebih bagus daripada produk yang harganya lebih murah. Akan tetapi, memilih produk yang harganya terlalu murah pun dikhawatirkan kurang aman dikonsumsi atau kurang bernutrisi. Karena itu, Anda harus memilih chia seed bernutrisi tinggi dengan harga yang masih masuk akal dan wajar.

10 Rekomendasi chia seed terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi chia seed terbaik. Pilihlah dengan mempertimbangkan cara memilih yang telah kami jelaskan sebelumnya di atas.

10. Fit Joy Chia Seeds Grade A 300 Gram Black Chia Seed Mexico

10. Fit Joy Chia Seeds Grade A 300 Gram Black Chia Seed Mexico

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.000

Harganya sangat ramah di kantong!

Ketika Anda membeli produk ini, Anda akan memperoleh 300 gram chia seed hitam Meksiko. Tubuh Anda akan ternutrisi dengan omega-3, kalsium, protein, kalium, zat besi, dan magnesium ketika mengonsumsi produk ini. Dengan harga amat terjangkau, produk ini pas untuk Anda yang memiliki dana terbatas dan ingin tetap sehat.

Dengan rekomendasi sajian 1-2 kali sehari sebanyak 1-2 sendok makan per sajian, produk ini tidak akan cepat habis bila Anda hanya mengonsumsinya sendirian. Apakah memakannya secara langsung kurang menggugah selera? Tenang saja, Anda bisa mencampurkannya pada minuman, kue, dan buah-buahan favorit Anda.

9. Kalbe H2 Health and Happiness Chia Seed

9. Kalbe H2 Health and Happiness Chia Seed

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 126.500

Dapatkan manfaat omega-3 meski alergi ikan atau seafood!

Tidak dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, Anda akan memperoleh 100% chia seed ketika membeli produk ini. Dengan mengonsumsi chia seed ini secara rutin, Anda bisa mengontrol gula darah berkat serat pangannya yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Para vegetarian pun bisa mengonsumsi produk ini dengan tenang.

Kemudian, bila Anda membutuhkan omega-3, tetapi alergi ikan atau seafood, produk ini adalah solusi tepat! Anda tetap bisa memperoleh manfaat omega-3 yang diperlukan tubuh dengan mengonsumsi chia seed ini. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir reaksi alergi akan muncul seperti saat Anda mengonsumsi ikan atau seafood.

8. Nature’s Energy Organic Chia Seeds

8. Nature's Energy Organic Chia Seeds

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Tubuh semakin berenergi dengan kandungan karbohidrat plus kalorinya

Bila Anda memiliki kesibukan atau aktivitas yang padat, produk ini wajib dipertimbangkan sebagai salah satu variasi bahan makanan Anda. Dengan kalori sebanyak 77 kkal dan karbohidrat sebanyak 6 gram per 15 gram chia seed yang Anda konsumsi, produk ini akan memberi Anda energi tambahan untuk beraktivitas lebih lama.

Tidak hanya itu, dengan 5 gram serat per 15 gram chia seed yang Anda makan, pencernaan Anda juga akan semakin sehat. Bila ingin lebih kenyang, Anda bisa mencampurkan chia seed ini dengan air. Selain itu, produk ini sudah memiliki sertifikasi organik dan bebas gluten sehingga cukup terjamin keamanannya untuk Anda konsumsi.

7. Lohas Organic Chia Seeds

7. Lohas Organic Chia Seeds

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga manula, lho!

Bila Anda mencari chia seed tinggi nutrisi yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak hingga manula, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Ketika Anda mengonsumsi chia seed ini sebanyak 100 g, Anda akan memperoleh 600 mg potasium, 500 mg kalsium dan omega-3 sebanyak 20,36 gram sehingga cukup membantu memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda.

Selain itu, pencernaan Anda juga akan semakin lancar karena produk ini mengandung serat sebanyak 33,7 gram per 100 gramnya. Kandungan karbohidrat dan protein pada produk ini juga cukup untuk memberikan asupan energi. Apalagi, produk ini juga tidak mengandung gluten sehingga wajar bila produk organik ini semakin disukai, bukan?

6. Connect Foods Organic Black Chia Seeds

6. Connect Foods Organic Black Chia Seeds

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Kandungan tinggi proteinnya sangat cocok untuk diet

Diambil langsung dari perkebunan tanaman chia di Argentina dan Paraguay, produk ini tidak hanya organik, tetapi juga bebas GMO atau bahan kimia berbahaya lainnya. Saat mengonsumsinya Anda akan memperoleh mineral, serat, kalsium, dan EFA (essential fatty acid) yang dibutuhkan oleh tubuh. Slow release carbs-nya juga membuat Anda kenyang lebih lama!

Sebagai tambahan, Anda bisa merendam chia seed ini sepanjang malam hingga bijinya berkembang dan menghasilkan vitamin C. Tidak hanya itu, produk ini juga mengandung protein hingga mencapai 30%, lho! Kandungan protein setinggi itu membuat produk ini sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin diet.

5. Mamma Chia Organic Black Chia Seeds

5. Mamma Chia Organic Black Chia Seeds

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Dikemas dengan bahan berkualitas, chia seed-nya aman dari BPA

Per satu sendok makan, tubuh Anda akan ternutrisi dengan 2.430 mg omega-3, 4 gram serat, 3 gram protein, dan 60 kalori. Jumlah yang cukup ideal untuk melengkapi nutrisi tubuh Anda, baik saat chia seed organik ini Anda jadikan sebagai bahan makanan tambahan maupun sebagai bahan makanan diet Anda.

Yang menarik, produk ini dikemas menggunakan bahan berkualitas sehingga chia seed-nya tidak akan terkontaminasi BPA (bisphenol-A) yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Bila Anda mencari chia seed yang tidak hanya bebas gluten dan GMO, tetapi juga bebas kontaminasi BPA, produk ini wajib masuk list Anda.

4. Bioglan Organic Chia Seeds

4. Bioglan Organic Chia Seeds

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Aman dikonsumsi bahkan oleh Anda yang alergi susu atau kacang

Tidak perlu ragu pada kualitasnya, produk ini sudah tersertifikasi oleh Australian Certified Organic. Produk ini juga tidak mengandung GMO dan gluten sehingga Anda tidak perlu segan untuk mengonsumsinya setiap hari. Bahkan, Anda yang seorang vegan juga bisa mengonsumsi produk ini dengan tenang.

Produk ini juga tidak mengandung kacang dan susu sehingga chia seed ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang alergi dengan kedua bahan tersebut. Apalagi dengan kandungan kalori dan fosfor dalam jumlah yang cukup banyak, chia seed ini akan membantu Anda untuk tetap fit dan berenergi setiap hari.

3. Neo Oliva Organic Chia Seed

3. Neo Oliva Organic Chia Seed

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 98.000

Sangat terjamin keamanannya karena sudah diperiksa oleh 4 lembaga

Bila Anda ingin semakin sehat, Anda bisa mencoba mengonsumsi 15 gram chia seed ini per hari. Anda bisa mencampurkannya di makanan, sereal, jus, atau air minum. Produk dengan kemasan plastik seal yang mudah dibuka-tutup ini tidak mengandung GMO sehingga tidak akan membahayakan kesehatan Anda bila dikonsumsi setiap hari.

Produk ini juga memiliki sertifikasi organik dari USDA (United States Department of Agriculture), OCIA (Organic Crop Improvement Association), Lembaga Sertifikasi Organik, dan terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) juga. Bila Anda mencari chia seed meyakinkan yang telah disertifikasi banyak lembaga, produk inilah jawabannya.

2. Spoon Health Organic Chia Seed

2. Spoon Health Organic Chia Seed

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Lebih tenang berkat label sertifikasi halalnya

Bila Anda menginginkan chia seed yang jelas-jelas halal, produk ini wajib dimasukkan ke dalam daftar belanja Anda. Telah melewati serangkaian proses pemeriksaan ketat, produk ini memiliki sertifikasi halal sehingga semakin terjamin keamanannya untuk dikonsumsi oleh Anda dan keluarga Anda yang Muslim.

Chia seed hitam ini juga diproduksi tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya sehingga mampu memperoleh sertifikasi organik, bebas GMO, dan bebas gluten. Dengan begitu, tentu produk ini aman untuk Anda konsumsi setiap hari. Bila Anda seorang vegan, Anda juga bisa menambahkan produk ini sebagai tambahan asupan makanan Anda.

1. Nutiva Organic White Chia Seed

1. Nutiva Organic White Chia Seed

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 277.000

Rasakan kemurnian chia seed putih tanpa kandungan hexane!

Tidak melalui proses pemurnian, chia seed putih ini akan memberi Anda segala nutrisi dan kebaikan chia seed secara utuh. Apalagi, produk ini juga tidak melalui pemrosesan hexane yang biasa dilakukan saat pengolahan bji-bijian. Tanpa adanya pemrosesan tersebut, chia seed ini menjadi sangat aman untuk Anda konsumsi.

Tidak hanya itu, chia seed ini juga sudah memiliki sertifikasi organik. Diformulasikan secara khusus, chia seed ini juga bisa dikonsumsi oleh Anda yang vegan, lho! Bila Anda ingin merasakan manfaat kesehatan maksimal dari chia seed putih yang sangat murni dan bebas hexane, produk ini adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan 10 rekomendasi chia seed terbaik yang dapat menutrisi dan menyehatkan tubuh Anda. Anda dapat memilih produk bernutrisi tinggi yang sudah memiliki sertifikasi organik. Lebih baik lagi bila produk tidak mengandung bahan berbahaya seperti GMO, food allergen, pemanis atau pewarna buatan, serta berbagai jenis zat lainnya.

Harga juga perlu dipertimbangkan bila Anda akan mengonsumsinya untuk jangka panjang. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan harganya tidak melebihi budget Anda!