10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)

Ketika beraktivitas di luar ruangan, penggunaan tabir surya sangat disarankan, terutama untuk bayi yang kulitnya sangat sensitif. Saat ini ada banyak sunblock khusus bayi di pasaran, seperti keluaran Buds Organics, Badger, Little Innoscents, dan lainnya. Namun, produk mana yang tepat untuk bayi Anda?

Kali ini, kami akan menjelaskan cara pemilihan sunblock untuk bayi dan merekomendasikan produk-produk pilihan yang bisa Anda beli secara online sehingga lebih mudah mendapatkannya. Telitilah dalam memilih sunblock untuk bayi Anda agar terlindung secara maksimal dari efek negatif sinar matahari!

Daftar isi

Cara memilih sunblock untuk bayi

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, poin terpenting adalah memilih sunblock yang aman. Untuk itu, pastikan kandungan bahan dari produk yang Anda ingin gunakan tidak menimbulkan efek negatif bagi kulit bayi.

Pilih sunblock yang sesuai dengan usia bayi

Pilih sunblock yang sesuai dengan usia bayi

Saat ini sudah banyak produk sunblock yang ditujukan khusus untuk bayi pada usia tertentu, bahkan dari 0 bulan (baru lahir). Namun, umumnya orang tua baru akan mengajak bayi mereka beraktivitas di luar ruangan pada usia 2 bulan. Penggunaan sunblock pada bayi tidak diharuskan apabila bayi hanya beraktivitas di bawah matahari dalam jangka waktu pendek, misalnya selama 20 menit.

Akan tetapi, bila Anda akan beraktivitas di luar ruangan lebih dari 20 menit, terutama pada rentang antara pukul 10 pagi hingga 3 sore, sebaiknya lindungi kulit bayi dengan sunblock. Pilihlah produk dengan label anjuran penggunaan sesuai usia bayi.

Hindari kandungan bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit

Hindari kandungan bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit

Karena akan digunakan pada kulit bayi, periksalah komposisi sunblock dengan cermat. Pastikan bahwa produk yang akan dipilih menggunakan bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi kulit. Pilihlah yang memperhatikan kesehatan kulit bayi yang sensitif, misalnya produk organik yang bebas pewangi, bebas pewarna, dan bebas alkohol.

Cukup banyak sunblock untuk bayi yang beredar di pasaran yang menggunakan bahan-bahan kimia sintetis, seperti surfaktan, polimer, pengawet, pewangi, atau pewarna. Sebaiknya hindarilah produk yang mengandung bahan-bahan semacam ini yang berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.

Pilih yang tidak menggunakan senyawa kimia sebagai bahan aktif penangkal UV

Pilih yang tidak menggunakan senyawa kimia sebagai bahan aktif penangkal UV

Ada dua macam komponen penangkal UV (ultraviolet) yang biasa digunakan pada sunblock, yaitu bahan kimia dan nonkimiaBahan aktif kimia memang lebih efektif dalam menangkal sinar UV. Akan tetapi, bahan kimia cenderung membebani kulit dan dapat mengakibatkan iritasi. Sementara bahan nonkimia lebih lemah dalam menangkal sinar UV, tetapi risiko iritasi yang ditimbulkan lebih rendah.

Karena biasanya bayi hanya keluar rumah dalam jangka waktu yang singkat, tidak dibutuhkan produk dengan penangkal sinar UV yang kuat. Jadi, pilihlah sunblock dengan bahan nonkimia yang ramah untuk kulit bayi.

Untuk penggunaan sehari-hari, pilih sunblock dengan SPF 10-20 dan PA+ atau PA++

Untuk penggunaan sehari-hari, pilih sunblock dengan SPF 10-20 dan PA+ atau PA++
Perlu diingat bahwa makin tinggi efek penangkal sinar UV, makin kuat beban yang ditimbulkan pada kulit. Untuk itu, hindari penggunaan sunblock yang memiliki angka SPF dan PA terlalu tinggi, dan pilihlah yang berisiko lebih rendah menimbulkan iritasi.

Untuk keperluan sehari-hari, sunblock dengan SPF 10-20 dan PA+ atau PA++ sudah cukup untuk melindungi kulit bayi Anda. Akan tetapi, bila akan melakukan kegiatan di bawah paparan sinar matahari lebih lama, Anda bisa menggunakan sunblock dengan SPF dan PA yang lebih tinggi.

Pilih yang mudah diaplikasikan, tetapi tetap prioritaskan segi keamanan

Pilih yang mudah diaplikasikan, tetapi tetap prioritaskan segi keamanan

Jika Anda tidak ingin bayi merasa kurang nyaman akibat rasa lengket pada kulit ketika menggunakan sunblock, pilihlah produk yang teksturnya ringan dan lembut sehingga lebih mudah diratakan. Sunblock dengan bahan nonkimia biasanya memang memiliki tekstur lebih berat dan bisa jadi meninggalkan bekas putih pada kulit. Namun, jangan lupa bahwa bahan kimia dapat menimbulkan iritasi.

Jangan memilih produk dengan bahan aktif kimia hanya karena teksturnya tidak lengket. Untuk mengurangi rasa lengket di kulit, Anda bisa menaburkan bedak bayi setelah mengoleskan sunblock. Tetaplah jadikan segi keamanan dan kesehatan sebagai prioritas!

Cek juga review atau penilaian konsumen

Cek juga review atau penilaian konsumen

Saat ini semakin banyak sunblock yang mudah dibersihkan cukup dengan dibilas air hangat atau sabun. Namun, ada baiknya memastikan kebenaran informasi yang diklaim oleh produsen melalui ulasan para penggunanya.

Mungkin saja ada produk yang mengklaim bisa dibersihkan dengan sabun atau air hangat, tetapi pada kenyataannya sulit untuk dibersihkan. Jadi, usahakan juga untuk mengecek review konsumen sebelum membeli!

10 Rekomendasi sunblock bayi terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk sunblock bayi yang kami pilih berdasarkan manfaat dan harganya. Sebagian dari produk dalam artikel ini aman untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, tetapi ada juga yang dianjurkan untuk 12 bulan ke atas. Jadi, jangan lupa sesuaikan dengan usia buah hati Anda, ya!

10. California Baby (No Fragrance) Super Sensitive Broad Spectrum SPF 30+ Sunscreen

10. California Baby (No Fragrance) Super Sensitive Broad Spectrum SPF 30+ Sunscreen

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 215.000

Sunscreen dengan kandungan mineral dan fragrance free

Jika Anda mencari sunblock yang bebas dari pewangi tambahan, produk dari California Baby adalah jawabannya! Tidak seperti sunblock kimia, produk ini menangkal radiasi sinar matahari dengan memanfaatkan titanium dioxide untuk menciptakan lapisan pelindung tanpa meresap ke dalam kulit.

Penggunaan bahan-bahan organik, seperti calendula extract, viola tricolor extract, tapioca starch pada produk ini selain ramah bagi kulit, juga menjadikannya ramah bagi lingkungan. Meski begitu, Anda tidak perlu meragukan kemampuannya karena sunscreen ini tahan air selama 80 menit, lho!

Usia 6 bulan ke atas
Nonkimia
Tekstur Krim
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 30+

9. ATTITUDE Mineral Sunscreen SPF 30 Sensitive Skin

9. ATTITUDE Mineral Sunscreen SPF 30 Sensitive Skin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 399.000

Ringankan gejala eczema dan iritasi kulit bayi Anda

Sunscreen dari ATTITUDE ini mengandung bahan yang 100% berasal dari tumbuhan dan mineral sehingga sangat ideal bagi kulit bayi dan anak-anak yang sensitif. Dengan memanfaatkan bahan aktif non-nano zinc oxide, Anda bisa memberikan perlindungan yang dibutuhkan anak dari dampak sinar matahari dalam aktivitas sehari-hari.

Kandungan 1% colloidal oatmeal di dalamnya menjadikan produk ini mampu memperkuat lapisan pelindung kulit dan meringankan gejala eczema dan iritasi kulit. Produk ini juga bebas bahan-bahan kimia berbahaya serta telah menjalani uji dermatologi hingga mendapat pengakuan dari National Eczema Association.

Usia Tidak disebutkan
Nonkimia
Tekstur Krim
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 30

8. Purebaby Sunblock

8. Purebaby Sunblock

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 128.700

Perlindungan maksimal dari matahari hingga 4 jam

Anda merasa repot jika harus mengaplikasikan sunblock secara berulang? Purebaby Sunblock bisa menjadi jawabannya! Produk ini diformulasikan untuk dapat memberi perlindungan hingga 4 jam dengan memanfaatkan partikel zinc oxide termikronisasi yang lebih mudah diratakan dan tidak meninggalkan kesan putih pada kulit.

Selain menggunakan komponen aktif bahan mineral, produk ini juga diperkaya dengan minyak apricot kernel yang dapat melembapkan kulit sekaligus berperan sebagai antioksidan. Sunblock ini juga terbuat dari bahan-bahan low hazard (0-2) sesuai standar Eropa sehingga Anda bisa yakin bahwa pemakaiannya aman bagi kulit bayi.

Usia Tidak disebutkan
Nonkimia
Tekstur Krim
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 25

7. Chicco Sun Spray SPF 25

7. Chicco Sun Spray SPF 25

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 249.000

Sunblock dalam bentuk spray yang praktis dan mudah dipakai

Dikemas dalam bentuk spray membuat Chicco Sun Spray SPF 25 sangat praktis dan mudah diaplikasikan kapan saja dan di mana saja. Pilihan tepat juga untuk Anda yang sering terburu-buru keluar rumah. Diperkaya dengan vitamin E yang memiliki manfaat sebagai antioksidan, produk ini juga dapat mencegah munculnya rasa terbakar pada kulit akibat dampak sinar matahari.

Sebagai brand perlengkapan bayi yang terpercaya, Chicco menggunakan bahan-bahan yang sudah teruji secara dermatologi, hypoallergenic, dan diformulasikan khusus untuk perlindungan kulit bayi. Anda tidak perlu khawatir akan risiko timbulnya alergi!

Usia 12 bulan ke atas
Nonkimia Tidak disebutkan
Tekstur Cair
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 25

6. The Face Shop Natural Sun Eco Baby Sunscreen Cushion SPF34 PA++

6. The Face Shop Natural Sun Eco Baby Sunscreen Cushion SPF 34 PA++

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Mudah dibersihkan, cukup dengan air saja!

Dengan menggunakan ekstrak bunga matahari organik, sunblock unik berbentuk cushion ini sangat lembut bagi kulit bayi. Membersihkannya juga mudah, cukup dengan menggunakan air tanpa perlu sabun atau pembersih khusus. Kulit bayi yang sensitif pun terhindar dari masalah kulit, seperti merah-merah atau gatal akibat digosok maupun efek pemakaian sabun.

Penggunaan bahan mineral sebagai penangkal UV dalam produk ini juga dapat meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit bayi Anda. Tanpa penambahan bahan aditif berbahaya, seperti paraben, pewarna sintetis, kandungan hewani, dan lainnya, Anda bisa menggunakan produk ini dengan tenang untuk buah hati Anda!

Usia 6 bulan ke atas
Nonkimia
Tekstur Padat
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 34/PA++

5. Badger Baby Sunscreen Cream SPF 30

5. Badger Baby Sunscreen Cream SPF 30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 315.000

Menggunakan 98% bahan organik dan mudah diaplikasikan pada kulit bayi

Badger Baby Sunscreen Cream SPF 30 menggunakan mineral non-nano zinc oxide yang efektif melindungi kulit bayi dari sinar UV pada spektrum yang lebih luas. Produk ini memiliki tekstur yang lembut ketika diaplikasikan serta mengandung sunflower seed oil yang ringan sehingga mempermudah pengaplikasiannya pada kulit bayi.

Sebanyak 98% kandungannya merupakan bahan organik, seperti beeswax, chamomile oil, calendula extract, dan sea buckthorn extract. Bisa dikatakan risiko iritasinya sangat rendah. Selain itu, sunblock ini juga telah diuji oleh dokter spesialis anak dan telah terbukti hypoallergenic. Jadi, Anda tidak perlu meragukan keamanannya!

Usia 6 bulan ke atas
Nonkimia
Tekstur Krim
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 30

4. Little Innoscents Natural Sun Lotion SPF 30+ UVA/UVB

4. Little Innoscents Natural Sun Lotion SPF 30+ UVA/UVB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 228.500

Tahan air hingga 3 jam pemakaian!

Little Innoscents Natural Sun Lotion SPF 30+ UVA/UVB diformulasikan untuk dapat menangkal efek sinar matahari selama 3 jam, bahkan saat bayi Anda terkena air. Produk yang tepat bagi Anda yang sedang memperkenalkan air atau mengajarkan bayi berenang.

Sunblock yang bebas dari bahan kimia sebagai penyerap sinar UV ini juga diperkaya dengan vitamin E, teh hijau organik, roseship extract, dan ekstrak ketimun untuk menenangkan kulit saat terpapar matahari. Dengan menggunakan mineral zinc oxide sebagai penangkal UV, produk ini semakin terjamin keamanannya untuk segala jenis kulit.

Usia 6 bulan ke atas
Nonkimia
Tekstur Krim
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 30

3. Buds Organics Solar Care Lotion

3. Buds Organics Solar Care Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 356.000

Aroma essential oils sebagai pewangi yang menenangkan

Jika Anda khawatir kulit bayi tampak terbakar atau kemerahan setelah terpapar matahari, Anda dapat mencoba menggunakan Buds Organics Solar Care Lotion! Adanya kandungan aloe vera dan fructan pada produk ini efektif untuk menghidrasi dan menenangkan kulit yang stres akibat matahari.

Sunblock ini juga diperkaya dengan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, serta titanium dioxide untuk melindungi kulit dari sinar UV. Meski memiliki aroma yang khas, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini menggunakan essential oils sebagai pewanginya.

Usia Tidak disebutkan
Nonkimia
Tekstur Krim
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 25

2. Badger SPF 34 Sunscreen & Bug Repellent

2. Badger SPF 34 Sunscreen & Bug Repellent

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 315.000

Tidak hanya melindungi dari matahari, tetapi juga dari gigitan serangga!

Jika anak Anda senang beraktivitas di luar ruangan, Badger SPF 34 Sunscreen & Bug Repellent yang dapat digunakan sebagai sunscreen sekaligus bug repellent ini merupakan pilihan yang tepat! Produk ini memanfaatkan zinc oxide sebagai penangkal sinar UV sehingga aman untuk bayi dan seluruh anggota keluarga.

Produk ini juga diperkaya dengan aroma khas lemongrass oil dan cedarwood oil, serta kandungan pelembap extra virgin olive oil dan beeswax yang menjadikannya nyaman saat diaplikasikan pada kulit. Selain itu, sunblock ini antiair dan antikeringat selama 40 menit pemakaian! Cocok juga untuk digunakan ketika jalan santai di luar rumah.

Usia 6 bulan ke atas
Nonkimia
Tekstur Krim
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 34/PA+++

1. Beauty Barn Kid Sun Shield

1. Beauty Barn Kid Sun Shield

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Penggunaan SPF alami untuk perlindungan maksimal dari matahari

Beauty Barn Kid Sun Shield berbahan aktif zinc oxide, dan diperkaya minyak red raspberry seed oil yang memiliki kandungan SPF alami antara 28 dan 50. Perpaduan yang tepat untuk perlindungan maksimal dari bahaya sinar matahari, bukan?

Selain itu, kandungan shea butter pada sunblock ini juga mampu meredakan iritasi, eczema, dermatitis, dan kulit yang terbakar matahari. Produk yang menggunakan 100% bahan alami ini akan melindungi sekaligus melembapkan kulit bayi dan mencegah agar kulitnya tidak menggelap.

Usia 6 bulan ke atas
Nonkimia
Tekstur Lotion
Perlindungan terhadap sinar UV SPF 30

Baca juga rekomendasi sunblock untuk anak-anak di sini!

Selain untuk bayi, ada juga sunblock yang ditujukan khusus untuk anak-anak. Nah, bagi Anda yang memiliki anak yang telah memasuki usia aktif berkegiatan, silakan cek artikel di bawah ini untuk menemukan sunblock yang paling tepat sesuai usia anak Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan ini, kami harap Anda memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai sunblock yang cocok dan aman untuk bayi. Banyak produk sunblock yang tersedia di pasaran. Jadi, Anda harus mengutamakan produk yang aman bagi kesehatan bayi.

Walaupun Anda sudah mengaplikasikan sunblock sebelum keluar rumah, tidak ada salahnya melakukan perlindungan tambahan dengan stroller berpenutup, mengenakan payung atau topi, dan mengaplikasikan kembali sunblock bila diperlukan.