10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sunblock Bayi Terbaik yang Dapat Melindungi Dari Sinar Ultra Violet (Terbaru Tahun 2018)

Sinar matahari memiliki efek negatif bagi kulit orang dewasa, apalagi bagi kulit bayi. Karena itu, penggunaan sunblock sebelum membawa bayi berpergian keluar rumah sangat dianjurkan. Sunblock bayi berbahan organik atau non chemical yang aman bagi kulitnya, bisa menjadi pilihan.

Namun, tidak hanya faktor bahan saja yang harus diperhatikan! Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sunblock yang aman untuk bayi? Kali ini, kami akan membahas cara memilih sunblock yang aman untuk bayi dan memperkenalkan 10 produk sunblock untuk bayi.

Daftar isi

Cara memilih sunblock bayi

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, faktor terpenting adalah memilih sunblock yang aman dan tidak menimbulkan efek negatif bagi kulitnya. Bagaimana cara mengetahui bahwa suatu produk sunblock aman dipakai oleh bayi?

Pilihlah sunblock yang sesuai dengan usia bayi

Pilihlah sunblock yang sesuai dengan usia bayi

Saat ini, sudah banyak produk sunblock yang ditujukan khusus untuk digunakan oleh bayi di usia tertentu, bahkan dari 0 bulan (sejak lahir). Sebenarnya, penggunaan sunblock pada bayi tidak diharuskan apabila bayi hanya beraktivitas di bawah matahari atau luar ruangan untuk jangka waktu yang pendek, seperti 20 menit.

Akan tetapi, bila Anda merencanakan untuk beraktivitas di luar ruangan lebih dari 20 menit, terutama pada rentang antara pukul 10 pagi hingga 3 sore, sebaiknya Anda melindungi kulit bayi Anda dengan sunblock.

Pemilihan sunblock harus disesuaikan dengan bayi. Umumnya, orang tua baru akan mengajak bayi mereka beraktivitas di luar ruangan pada usia 2 bulan. Untuk ini, pilihlah sunblock dengan label untuk bayi berusia 2-3 bulan atau setidaknya memiliki label anjuran penggunaan seusai dengan usia bayi.

Pilihlah sunblock dengan komposisi bahan yang aman di kulit

Pilihlah sunblock dengan komposisi bahan yang aman di kulit

Mengecek komposisi dari sunblock sangat penting untuk memastikan sunblock menggunakan bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi kulit. Banyak sunblock  yang beredar di pasaran menggunakan bahan-bahan kimia sintetis yang menyebabkan iritasi kulit, seperti surfaktan, polimer, pengawet, pewangi, pewarna, dan alkohol.

Karena kulit bayi sensitif, lebih baik jika Anda memilih sunblock yang bebas dari kandungan senyawa-senyawa berbahaya tadi. Sunblock yang menggunakan bahan-bahan alami dan organik dapat menjadi pilihan Anda.

Pilihlah sunblock yang tidak menggunakan senyawa kimia sebagai bahan aktif penangkal UV

Pilihlah sunblock yang tidak menggunakan senyawa kimia sebagai bahan aktif penangkal UV

Ada dua macam komponen penangkal UV (ultraviolet)  yang biasa digunakan pada sunblock, bahan kimia seperti octyl methoxycinnamate dan bahan non kimia atau mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide. 

Bahan aktif kimia memang memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menangkal sinar UV dibandingkan dengan bahan mineral. Akan tetapi, bahan kimia cenderung dapat terserap ke dalam kulit dan dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kulit, seperti iritasi.

Berbeda dengan bahan kimia, bahan mineral lebih aman karena tidak dapat terserap ke dalam kulit. Bahan mineral akan tetap berada di lapisan atas kulit dan membentuk lapisan pelindung. Karena itu, sunblock yang menggunakan bahan mineral sebagai komponen aktif anti-UV lebih direkomendasikan untuk bayi.

Untuk penggunaan sehari-hari, pilihlah sunblock dengan SPF 10 – 20 dan PA + atau PA ++

Untuk penggunaan sehari-hari, pilihlah sunblock dengan SPF 10 - 20 dan PA + atau PA ++
Tentunya Anda sering berpikir bahwa semakin tinggi SPF (Sun Protector Factor) dan PA (Protection Grade of UV A) dari sunblock, maka akan semakin baik pula kemampuan sunblock dalam melindungi kulit Anda. Namun, tahukah Anda bahwa semakin tinggi SPF dan PA pada sunblock, maka akan semakin banyak pula kandungan bahan-bahan kimia di dalam sunblock yang tentunya dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh, terutama kulit? Karena itu, penggunaan sunblock harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk keperluan sehari-hari, sunblock dengan SPF 10 – 20 dan PA + atau PA ++ sudah cukup untuk melindungi kulit bayi Anda dari paparan sinar matahari. Akan tetapi, bila Anda berencana melakukan kegiatan di bawah paparan sinar matahari lebih lama, seperti bermain di taman atau pantai, Anda bisa menggunakan sunblock dengan SPF dan PA yang lebih tinggi. Tentunya, penggunaan sunblock dengan SPF dan PA yang lebih tinggi tetap harus dibatasi, ya, agar kulit bayi tidak iritasi!

Pilihlah sunblock yang mudah diaplikasikan

Pilihlah sunblock yang mudah diaplikasikan

Komposisi sunblock dapat mempengaruhi tekstur sunblock yang tentunya akan mempengaruhi kepraktisan sunblock saat diaplikasikan ke kulit. Sunblock dengan tekstur yang ringan dan lembut akan lebih mudah diaplikasikan dan diratakan ke seluruh kulit tanpa kesan lengket atau meninggalkan bekas putih pada kulit dibandingkan dengan sunblock yang bertekstur lebih berat.

Umumnya, sunblock dengan bahan aktif mineral bertekstur lebih berat daripada sunblock dengan bahan aktif kimia. Karena itu, banyak yang lebih memilih sunblock dengan bahan kimia karena teksturnya yang lebih ringan dan tidak lengket sehingga lebih nyaman digunakan.

Namun, jangan lupa bahwa bahan kimia dapat menimbulkan iritasi! Sebaiknya tetap gunakan sunblock dengan bahan mineral demi keamanan dan kesehatan kulit bayi Anda. Anda bisa menaburkan bedak bayi setelah mengoleskan sunblock untuk mengurangi rasa lengket. Tetaplah jadikan keamanan dan kesehatan sebagai prioritas Anda!

Jangan lupa cek review atau penilaian konsumen

Jangan lupa cek review atau penilaian konsumen

Sebelum memutuskan membeli sunblock, tidak ada salahnya untuk mencari tahu penilaian konsumen terhadap sunblock pilihan Anda. Hal ini untuk memastikan kembali apakah sunblock benar-benar baik dan aman untuk bayi. Selain itu, Anda juga bisa memastikan kebenaran informasi yang diklaim oleh produsen melalui pengalaman para penggunanya.

Sebagai contoh, sekarang ini banyak sunblock yang mengklaim kandungan produknya mudah dibersihkan dengan hanya dengan dibilas air hangat atau sabun. Sisa sunblock di kulit yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan iritasi. Karena itu, tentunya sunblock yang mudah dibilas dengan sabun dan air hangat lebih direkomendasikan.

Dengan membaca review pengguna, Anda bisa memastikan kejujuran produsen dan lebih mengenal kelebihan serta kekurangan produk secara konkret. Anda pun terhindar dari salah pilih produk. Jadi, jangan lupa untuk cek review konsumenya!

10 Rekomendasi sunblock bayi terbaik

Sekarang, kami akan menyuguhkan kepada Anda 10 rekomendasi produk sunblock bayi pilihan kami berdasarkan manfaat dan harganya. Kebanyakan produk yang kami rekomendasikan aman untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, tetapi ada juga yang dianjurkan untuk 12 bulan ke atas. Jadi, jangan lupa sesuaikan juga dengan usia sang buah hati!

10. California Baby Super Sensitive Broad Spectrum SPF 30+ Sunscreen

10. California Baby Super Sensitive Broad Spectrum SPF 30+ Sunscreen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Tekstur yang ringan untuk kenyamanan aktivitas sehari-hari

Sunblock yang dapat digunakan oleh bayi mulai usia 6 bulan ini menggunakan titanium dioxide sebagai bahan aktif sehingga aman digunakan, lho. Walaupun berbahan aktif mineral, teksturnya yang lebih ringan dibandingkan dengan sunblock berbahan aktif mineral lain membuat sunblock terasa lebih nyaman di kulit bayi Anda tanpa meninggalkan bekas putih yang lengket.

Produk ini juga tidak menimbulkan iritasi karena tidak mengandung pewangi dan bahan kimia berbahaya. Dengan demikian, produk ini tepat untuk Anda yang memerlukan sunblock untuk perlindungan sehari-hari. Sayangnya, sunblock ini tidak dapat berfungsi sebagai pelembap sehingga sebaiknya gunakan juga pelembap tambahan agar kulit bayi tetap kenyal dan sehat.

9. ATTITUDE 100% Mineral Sunscreen SPF 30

9. ATTITUDE 100% Mineral Sunscreen SPF 30

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 285.000

Aman dengan 100% bahan aktif mineral

Penggunaan istilah ilmiah pada komposisi sunblock dapat mempersulit Anda memahami jenis bahan pada sunblock sehingga Anda bisa tidak yakin akan keamanan sunblock. Bila Anda mencari sunblock yang benar-benar aman untuk kulit bayi, Anda tak perlu ragu lagi memilih produk ini karena kandungan bahan aktif sunblock ATTITUDE ini berasal dari 100% bahan mineral.

Sunblock ini mengandung bahan aktif 20% zinc oxide yang cukup memberikan bayi perlindungan untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, produk ini juga bebas bahan-bahan kimia berbahaya, seperti paraben, PEG (Polietilena glikol), dan pengawet yang dapat membuat iritasi. Karenanya, produk ini juga aman digunakan pada bayi berusia 6 bulan. Tentu Anda semakin yakin pada produk ini, bukan?

8. Purebaby Sunblock

8. Purebaby Sunblock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Perlindungan maksimal dari matahari hingga 4 jam

Untuk memberikan perlindungan maksimal, sunblock harus sering diaplikasikan ulang.  Tentunya sangat tidak efisien, apalagi bila sunblock harus diaplikasikan ulang setiap jam. Kalau Anda merasa repot dengan hal ini, Purebaby Sunblock dapat menjadi pilihan Anda karena diformulasikan untuk dapat memberikan perlindungan hingga 4 jam.

Selain menggunakan komponen aktif bahan mineral dan bahan bebas dari kandungan senyawa kimia berbahaya seperti pewangi, alkohol, dan pengawet sintetik, sunblock ini juga sudah lulus hypoallergenic test sehingga aman dan nyaman digunakan bayi. Bahan-bahan yang digunakan juga tersertifikasi low hazard (0-2), lho! Kulit bayi dapat terlindung tanpa iritasi!

7. Chicco Sun Spray SPF 25

7. Chicco Sun Spray SPF 25

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 242.500

Sunblock spray yang praktis dipakai, tanpa rasa lengket!

Banyak sunblock lotion yang menimbulkan rasa lengket sehingga bayi merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Produk yang ditujukan untuk bayi 12 bulan ke atas ini sangat menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Komponennya yang ringan dan mudah meresap di kulit memastikan kenyamanan bayi di usia yang mulai aktif dalam beraktivitas di bawah teriknya matahari.

Bahan-bahannya pun sudah teruji secara dermatologis dan diciptakan khusus untuk perlindungan kulit bayi Anda. Dengan kemasan botol spray, produk ini akan semakin memudahkan Anda dalam pengaplikasiannya pada kulit bayi. Semprotkan saja ke seluruh permukaan kulit yang membutuhkan perlindungan, tetapi jangan sampai mengenai matanya, hidung, atau mulutnya, ya!

6. The Face Shop Natural Sun Eco Baby Sunscreen Cushion SPF 34 PA++

6. The Face Shop Natural Sun Eco Baby Sunscreen Cushion SPF 34 PA++

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Tidak ada lagi iritasi dan mudah dibersihkan hanya dengan air saja!

Berbeda dari sunblock lain, The Face Shop menawarkan sunblock yang diaplikasikan dengan cushion. Teksturnya lembut dan ringan sehingga aman digunakan oleh bayi berusia 6 bulan ke atas yang memiliki kulit sensitif. Karena teksturnya, produk ini juga dapat dibersihkan dengan hanya menggunakan air. Anda tidak perlu sabun atau pembersih khusus. Aman dan praktis, bukan?

Walaupun diaplikasikan dengan cushion, produk ini tetap memberikan perlindungan terhadap matahari dengan kandungan bahan mineral sebagai penangkal UV dan ekstrak bunga matahari sebagai komponen alami anti-UV. Jika Anda lebih memilih produk alami untuk meminimalisir sentuhan langsung bahan kimia pada kulit bayi Anda, produk dari The Face Shop ini pilihannya! 

5. Badger Baby Sunscreen Cream SPF 30

5. Badger Baby Sunscreen Cream SPF 30

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 315.000

Bahan-bahan natural dan organik untuk perlindungan yang lebih terjamin

Banyaknya produk perawatan kulit yang mengklaim mengandung bahan alami atau organik membuat Anda bertanya-tanya kebenarannya. Bila Anda menginginkan sunblock dengan bahan-bahan alami yang sudah terjamin, Sunblock ini sayang untuk dilewatkan. Produk ini bahkan diklaim menggunakan 98% bahan organik yang tersertifikasi oleh NSF (National Science Foundation)!

Produk ini juga sudah menggunakan kemasan dengan bahan yang aman, bebas dari BPA (bisphenol-A) dan phathalate yang berbahaya bagi kesehatan. Dengan bahan-bahan dan kemasan yang aman, produk ini wajib masuk ke dalam daftar produk perawatan kulit untuk bayi Anda, bukan? Namun, penggunaan pada bayi di bawah 6 bulan sebaiknya dikonsultasikan dulu ke ahlinya, ya.

4. Little Innoscents Natural Sun Lotion SPF 30+ UVA/UVB

4. Little Innoscents Natural Sun Lotion SPF 30+ UVA/UVB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Produk cruelty-free! Nyaman juga bagi Anda yang pencinta hewan

Untuk menguji keamanan produk, produsen produk perawatan kulit kadang menggunakan hewan sebagai objek uji. Aduh, tidak terbayang, ya, bagaimana efek pada hewan sebelum produk dinyatakan aman. Bila Anda sangat peduli pada kehidupan para hewan, Anda pasti lebih nyaman memilih produk ini karena sunblock Little Innoscents ini cruelty-free!

Jadi, produk aman tidak, ya? Anda tak perlu khawatir karena sunblock ini menggunakan mineral sebagai bahan aktif sehingga mengurangi resiko alergi pada kulit bayi. Tidak adanya kandungan bahan kimia, paraben, dan pewangi kimia pada komposisi produk semakin menjamin keamanannya. Sunblock ini bisa digunakan pada bayi mulai dari usia 6 bulan!

3. Buds Solar Care Lotion

3. Buds Solar Care Lotion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 419.900

Perlindungan ekstra dengan kandungan antioksidan alami

Salah satu dampak paparan sinar matahari adalah munculnya radikal bebas yang dapat berefek buruk dan menyebabkan radang pada kulit. Produk ini memberikan perlindungan ganda terhadap kulit bayi karena disamping memiliki kandungan bahan aktif titanium dioxide yang melindungi bayi dari paparan sinar matahari, produk ini juga memiliki kandungan antioksidan alami.

Kandungan alami ekstrak daun zaitun dan vitamin E-nya berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari bahaya-bahaya senyawa radikal bebas. Selain itu, sunblock ini juga water-resistant sehingga lebih tahan lama dan efektif. Bila Anda menginginkan produk dengan perlindungan lebih dan tahan lama, sunblock ini patut dicoba, lho!

2. Badger SPF 34 Sunscreen & Bug Repellent

2. Badger SPF 34 Sunscreen & Bug Repellent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 315.000

Tidak hanya terlindung dari matahari, tetapi juga dari gigitan serangga!

Serangga dapat membuat aktivitas bermain Anda dan buah hati terganggu. Apalagi, bila buah hati Anda memiliki alergi terhadap gigitan serangga. Satu lagi produk dari Badger yang perlu masuk dalam top list untuk melindungi kulit buah hati Anda, yaitu sunscreen sekaligus bug repellent dalam satu tube! Produk praktis dengan perlindungan yang optimal!

Dengan SPF 34, produk ini tetap dapat menjaga kulit bayi dari bahaya sinar matahari. Tentunya, Badger tetap menggunakan zinc oxide yang amansebagai bahan aktif. Bahan-bahan lainnya sudah tersertifikasi 94% organik oleh NSF sehingga aman untuk bayi yang berusia dini, yaitu 6 bulan ke atas. Plus, produk ini antiair dan antikeringat selama 40 menit penggunaan!

1. Beauty Barn Baby Sunblock SPF 30+

1. Beauty Barn Baby Sunblock SPF 30+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Perlindungan maksimal dari matahari yang sekaligus menutrisi kulit

Karena kulit bayi sensitif, tentunya Anda menginginkan sunblock yang tidak hanya aman tetapi juga memberikan nutrisi. Produk ini menawarkan perlindungan maksimal yang aman sekaligus menutrisi kulit bayi. Berbahan aktif zinc oxide dan kandungan 100% bahan alami tanpa pewangi, pengawet, dan mineral oil, produk ini aman untuk kulit bayi berusia 6 bulan keatas.

Kandungan minyak red raspberry seed dan shea butter nya dapat berfungsi sebagai penangkal UV alami sekaligus memberikan nutrisi optimal pada kulit bayi. Kedua bahan ini juga membantu meredakan radang dan masalah kulit, seperti dermatitis, psoriasis, dan eczema sehingga produk ini aman dan cocok untuk bayi yang memiliki masalah kulit.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan ini, kami harap Anda memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai sunblock yang cocok dan aman untuk bayi Anda. Banyak produk sunblock yang tersedia, tetapi untuk memilihnya, Anda tetap harus mengutamakan keamanan dan kesehatan bayi.

Walaupun Anda sudah mengaplikasikan sunblock sebelum keluar rumah, tidak ada salahnya melakukan perlindungan tambahan dengan stroller berpenutup, payung, atau topi dan juga mengaplikasikan kembali sunblock bila diperlukan.