mybest
Sunscreen bayi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Tak hanya orang dewasa, bayi minimal 6 bulan bisa menggunakan tabir surya ketika berada di luar ruangan. Dengan menggunakan sunblock atau sunscreen, kulit bayi yang sensitif akan terlindungi. Namun, mulai usia berapa bayi bisa menggunakan sunscreen? Lalu, seperti apakah sunscreen yang bagus untuk si kecil?


Kami bersama dermatovenereologist, dr. Theresia, akan menjelaskan cara memilih tabir surya yang aman untuk bayi. Tipe tabir surya yang aman sampai kandungan yang perlu dihindari untuk bayi akan kami bahas semuanya untuk Anda. Ada pula rekomendasi sunscreen untuk bayi di atas 6 bulan, 1 tahun, hingga usia 2 tahun. Beberapa merek sunscreen bayi, seperti Mustela, Mama's Choice, dan Banana Boat, juga bisa Anda temukan rekomendasinya di sini. 

Diperbaharui 21/11/2023
dr. Theresia
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

dr. Theresia adalah lulusan Kedokteran Umum FKUI tahun 1999 dan Pendidikan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin FKUI tahun 2011. Memiliki minat pada dermatologi kosmetik, laser, dan anak, membuatnya banyak menulis beberapa tulisan ilmiah dan juga artikel edukasi untuk awam serta penelitian tentang laser. Saat ini, selain menjadi trainer internal di Erha, dr. Theresia juga praktek di Erha Dermacenter Kelapa Gading, Klinik Puspa Grogol, dan Klinik Sapta Mitra Pondok Kelapa. Wanita yang akrab disapa Tery ini juga menjadi wakil sekretaris umum pengurus pusat Perdoski dan anggota kelompok studi Dermatologi Kosmetik dan Dermatologi Anak Perdoski.

Profil dr. Theresia
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah bayi perlu memakai sunscreen?

Pakar
Pakar
Lapisan kulit terluar bayi baru lahir umumnya lebih tipis sehingga bahan kimia lebih mudah terserap. Karena itu, bayi sebenarnya belum perlu menggunakan sunscreen dalam kesehariannya.
Apakah bayi perlu memakai sunscreen?

Bayi sebenarnya belum perlu menggunakan sunscreen dalam kesehariannya karena sunscreen mengandung bahan kimia. Untuk diketahui, lapisan stratum corneum (lapisan terluar) kulit bayi yang baru lahir umumnya 30% lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Alhasil, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam sunscreen akan lebih mudah terserap oleh kulit bayi.

Selain itu, pada bulan-bulan pertama kehidupannya, aktivitas bayi biasanya masih sangat terbatas. Bayi mungkin hanya berjemur saat pagi hari. Pada saat berjemur pun sebaiknya bayi tidak diaplikasikan sunscreen agar bayi mendapatkan manfaat dari sinar matahari. Namun, proses menjemur bayi tidak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit agar kulit bayi tidak terbakar. Anda juga sebaiknya menjemur bayi saat posisi matahari tidak terlalu tinggi, yakni sekitar jam 8 pagi.

dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Selain diaplikasikan pada bayi, sunscreen bayi sebenarnya juga boleh digunakan pada kulit orang dewasa. Semua skincare bayi, termasuk sunscreen, umumnya menggunakan bahan-bahan yang cenderung aman sehingga nyaman juga untuk kulit orang dewasa. Bahkan, orang dewasa dengan jenis kulit sensitif.


Di samping itu, sunscreen bayi juga bisa memberikan efek perlindungan yang sama baiknya pada kulit orang dewasa. Anda hanya perlu mencari nilai SPF yang sesuai dengan kegiatan. Namun, sunscreen bayi yang berjenis physical sunscreen biasanya menghasilkan whitecast yang bisa membuat tampilan kulit tampak putih.

Kapan bayi boleh pakai sunscreen?

Kapan bayi boleh pakai sunscreen?
Meski kulit bayi belum terlalu membutuhkan sunscreen, ada beberapa kondisi yang menjadi pengecualian, yakni sebagai berikut:

  • Bayi telah berusia di atas 6 bulan
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda dengan orang dewasa. Meski begitu, kulit bayi di atas 6 bulan telah mengalami perkembangan dibandingkan saat baru lahir. Pada usia tersebut, sunscreen bayi bisa digunakan untuk melindungi kulit si kecil dari pengaruh buruk matahari jika diperlukan.

  • Bayi akan diajak ke luar ruangan dalam jangka waktu cukup lama, misalnya jalan-jalan atau berenang
Pada kondisi tersebut, Anda boleh mengaplikasikan sunscreen pada bayi, bahkan setiap hari jika memang diperlukan. Namun, pastikan untuk memilih produk sunscreen yang dirancang khusus untuk bayi, ya.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia
Sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan sunscreen, ada baiknya Anda mencoba beberapa langkah konvensional untuk melindungi bayi dari sinar matahari. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Gunakan payung
  • Kenakan topi pada bayi
  • Kenakan pakaian panjang, tetapi berbahan tipis pada bayi

Cara memilih Sunscreen/Sunblock untuk Bayi

Sangat penting untuk memilih sunscreen atau sunblock yang aman karena kulit bayi masih sangat sensitif. Anda bisa mempertimbangkan jenis sunscreen, nilai SPF, dan kandungan bahan produk tabir surya yang hendak dibeli. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan berikut ini!
1

Pastikan jenis sunscreen bayi adalah physical sunscreen dengan adanya bahan sun protector berupa zinc oxide atau titanium dioxide

Pastikan jenis sunscreen bayi adalah physical sunscreen dengan adanya bahan sun protector berupa zinc oxide atau titanium dioxide
Di pasaran, Anda akan menemukan dua jenis sunscreen untuk bayi, yakni physical sunscreen dan chemical sunscreen. Di antara keduanya, Anda lebih disarankan untuk memilih jenis physical sunscreen bila akan digunakan untuk bayi.

Physical sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di atas permukaan kulit bayi (seperti payung). Jadi, kandungan bahan-bahan di dalamnya hanya sedikit atau bahkan tidak ada yang terserap oleh kulit bayi. Hal ini sangat berbeda dengan cara kerja chemical sunscreen yang harus terserap dahulu ke kulit untuk menetralkan sinar ultraviolet.


Umumnya, jenis sunscreen akan tertulis jelas sebagai "physical sunscreen" atau "chemical sunscreen" pada kemasan produk. Namun, supaya makin yakin, Anda bisa memeriksa tabel komposisi produk. Pastikan keberadaan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide ada di dalamnya. Kedua bahan sun protector tersebut menunjukkan bahwa sunscreen bayi pilihan Anda merupakan jenis physical sunscreen.

Sebagai tambahan informasi, bahan sun protector yang biasa digunakan pada chemical sunscreen antara lain avobenzone, oxybenzone, octisalate, dan octocrylene. Nah, jika Anda menemukan bahan-bahan itu pada sunscreen bayi, sebaiknya pertimbangkan kembali penggunaannya, ya.

Jika sulit mengidentifikasinya, cek juga keberadaan label "untuk bayi" atau "for baby"

Jika sulit mengidentifikasinya, cek juga keberadaan label "untuk bayi" atau "for baby"

Selain memilih produk berjenis physical sunscreen, Anda juga sebaiknya mencari produk yang memiliki label "untuk bayi" atau "for baby". Hal ini karena physical sunscreen tidak hanya tersedia untuk bayi, tetapi juga orang dewasa. Sementara itu, kandungan bahan-bahan pada produk bayi dan produk orang dewasa tentunya berbeda. 


Dengan adanya label "untuk bayi" atau "for baby", produk tersebut dipastikan memiliki formula yang jauh lebih gentle untuk kulit. Alhasil, Anda bisa mengaplikasikannya dengan tenang pada kulit bayi yang masih sensitif.

2

Penting! Jangan lupa memastikan ketiadaan bahan iritan, seperti pewangi dan paraben; Lebih baik lagi jika produk memiliki label hypoallergenic

Penting! Jangan lupa memastikan ketiadaan bahan iritan, seperti pewangi dan paraben; Lebih baik lagi jika produk memiliki label hypoallergenic
Sama seperti skincare bayi lainnya, sunscreen untuk bayi bisa saja berpotensi menyebabkan iritasi. Produsen sunscreen bayi memang sudah mempertimbangkan kandungan bahan di dalam produknya supaya tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Namun, tak ada salahnya Anda mengecek tabel komposisi dari sunscreen bayi yang akan dibeli. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan iritan, seperti pewangi dan paraben. Berikut ini alasannya:

  • Paraben
Paraben bisa menjadi karsinogen (penyebab kanker) bila terserap dalam jangka panjang. Oleh karena itu, paraben tidak hanya dilarang pada bayi, tetapi juga orang dewasa. Dalam komposisi produk, paraben umumnya akan ditulis sebagai methylparaben, ethylparaben, propylparaben, butylparaben, atau isobutylparaben. Bila produsen tidak memasukkan paraben, biasanya mereka akan memberikan klaim "paraben-free" atau "bebas paraben" pada kemasan atau deskripsi produknya.

  • Pewangi
Pewangi juga bisa menyebabkan kanker dan merangsang iritasi pada bayi, baik iritasi kulit maupun iritasi saluran napas. Sayangnya, tidak seperti paraben yang tertulis jelas di tabel komposisi, keberadaan pewangi cukup sulit diidentifikasi karena memiliki banyak nama ilmiah. Beberapa produk mungkin menuliskan kandungan pewangi dengan jelas sebagai "fragrance" atau "parfum". Namun, ada pula produk yang tidak menuliskan secara jelas.

Pada kasus seperti ini, ada baiknya bila Anda membeli sunscreen bayi tersebut secara langsung. Jika aroma pada sunscreen bayi terlalu menyengat, sebaiknya hindari. Jika membeli secara online, Anda juga disarankan memeriksa review pembeli di laman seller sebelum membeli.


Menurut beberapa penelitian, pemakaian produk bayi yang mengandung paraben dan pewangi dalam jangka lama berpotensi mengganggu hormon saat dewasa. Silakan perhatikan hal ini sebagai pertimbangan saat memilih produk bayi.

Selain memastikan ketiadaan bahan iritan, ada baiknya bila Anda memilih sunscreen bayi yang memiliki label hypoallergenic. Label tersebut biasanya tertulis secara jelas di kemasan atau deskripsi produk. Label hypoallergenic menunjukkan bahwa sunscreen bayi tersebut memiliki kandungan bahan yang tidak berlebihan. Alhasil, risiko terjadinya iritasi pada kulit bayi menjadi minim.
3

Bila Anda akan mengajak si kecil berenang, carilah produk dengan SPF 30 serta memiliki formula water-resistant untuk perlindungan lebih lama

Bila Anda akan mengajak si kecil berenang, carilah produk dengan SPF 30 serta memiliki formula water-resistant untuk perlindungan lebih lama

Pemilihan nilai SPF pada sunscreen, tak terkecuali untuk bayi, biasanya tergantung pada jangka waktu kulit terkena paparan sinar matahari. Nilai SPF sunscreen yang tinggi bisa memberikan perlindungan lebih lama. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak memilih sunscreen ber-SPF tinggi bila bayi tidak terlalu lama terpapar sinar matahari. Alasannya adalah sebagai berikut:


  • Sunscreen ber-SPF tinggi cenderung mengandung konsentrasi bahan aktif (sun protector) yang lebih tinggi sehingga mungkin meningkatkan risiko alergi.
  • Sunscreen ber-SPF tinggi biasanya memiliki tekstur yang cenderung thick atau kental sehingga lebih berpotensi menutup pori-pori kulit bayi. Hal tersebut bisa saja menimbulkan biang keringat. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih produk dengan SPF yang sesuai dengan kegiatan bayi. Berikut ini panduannya:


  • Jika bayi hanya akan dijemur pada pagi hari (jam 8 pagi) dalam waktu sekitar 10-15 menit, sunscreen tak perlu digunakan.
  • Jika bayi akan beraktivitas outdoor dalam jangka waktu sekitar 1 jam atau akan beraktivitas di atas jam 8 pagi, carilah sunscreen minimal SPF 15.
  • Jika bayi akan diajak berenang, gunakan sunscreen ber-SPF 15 atau maksimal SPF 30 sekaligus water-resistant untuk perlindungan lebih maksimal.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Untuk anak-anak berusia di atas 2 tahun yang sudah aktif berjalan, Anda boleh mengaplikasikan sunscreen dengan nilai SPF di atas 30. Hal ini karena anak-anak pada usia tersebut biasanya sudah aktif bergerak di luar ruangan. Selain itu, anatomi kulit anak usia tersebut tergolong sudah matang. Jadi, kulit mereka sudah bisa menerima konsentrasi bahan aktif (sun protector) dengan nilai lebih dari 30.

4

Jika kulit bayi Anda cenderung kering, pertimbangkanlah produk yang mengandung bahan pelembap, seperti glycerin, Aloe vera, dan ceramide

Jika kulit bayi Anda cenderung kering, pertimbangkanlah produk yang mengandung bahan pelembap, seperti glycerin, Aloe vera, dan ceramide
Pada dasarnya, Anda tak perlu mencari sunscreen yang memiliki tambahan bahan aktif lain di samping sun protector. Namun, bila kulit bayi Anda tergolong kering atau atopi, Anda boleh saja mencari sunscreen dengan tambahan bahan pelembap. Pada bayi dengan kulit kering atau atopi, keberadaan bahan pelembap dalam sunscreen bisa membuat kulit mereka terasa lebih nyaman. Beberapa kandungan bahan pelembap dalam sunscreen bayi yang bisa dipertimbangkan antara lain:

  • Glycerin
  • Aloe vera
  • Ceramide

Untuk memastikan bahwa bahan pelembap tersebut memiliki kadar yang tinggi, Anda perlu mengecek tabel komposisi produk. Pastikan bahan pelembap terletak pada sepuluh urutan pertama. Sepuluh bahan yang dituliskan pertama menunjukkan kandungannya paling banyak dalam sunscreen bayi. Jika Anda membelinya secara online, Anda bisa membaca deskripsi produk yang biasanya mencantumkan komposisi/ingredients.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Jangan panik jika Anda telanjur membeli sunscreen bayi yang tidak mengandung pelembap, sedangkan kulit bayi Anda kering. Anda bisa mengaplikasikan baby cream atau baby lotion terlebih dahulu, baru setelahnya mengoleskan sunscreen.

Namun, tetap utamakan sunscreen bayi dengan komposisi minimal

Namun, tetap utamakan sunscreen bayi dengan komposisi minimal
Kulit bayi yang tipis membuat daya penyerapannya terhadap bahan-bahan pada sunscreen menjadi lebih cepat. Karena itu, sebaiknya Anda tetap memilih sunscreen bayi dengan komposisi bahan yang minimal. Perlu diingat pula bahwa makin banyak kandungan bahan pada sunscreen bayi, makin besar juga risiko iritasi yang mungkin terjadi.

Sebagai contoh, jika ada dua produk sunscreen bayi dengan komposisi bahan sebagai berikut:

  • Produk A: 11 komposisi bahan
  • Produk B: 30 komposisi bahan

Sebaiknya Anda memilih produk A karena kandungan bahannya lebih minimal.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Kandungan bahan aktif yang minimal biasanya membuat sunscreen bayi lebih awet masa simpannya setelah dibuka. Secara umum, sunscreen bayi yang tidak mengandung banyak bahan tambahan bisa bertahan selama 6 bulan. Namun, sebaiknya Anda tetap periksa kondisi sunscreen bayi, terlebih bila jarang digunakan. Pastikan sunscreen bayi tidak berubah warna dan aromanya tidak tengik.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 21 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe sunscreen
Bahan sun protector
SPF dan PA
Bahan pelembap
Tanpa pewangi
Paraben free
Hypoallergenic
Untuk usia
Area penggunaan
Bentuk kemasan
Isi
1

B-FREE

Kids Sunscreen Lotion

B-FREE Kids Sunscreen Lotion 1

Rp21.000

Lebih Murah

Sunscreen dengan tambahan minyak kelapa dan vitamin E yang kaya antioksidan

Hybrid

Octyl methoxycinnamte, benzophenone-3, titanium dioxide

SPF 30+

Glycerin

Tidak diketahui

1 tahun ke atas

Badan

Tube

100 ml

2

Mustela

High Protection Sun Lotion - SPF 50+

Mustela High Protection Sun Lotion - SPF 50+ 1

Rp282.784

Agak Mahal

Sunscreen bayi yang aman untuk kulit sensitif, seperti atopic

Hybrid

Ethylhexyl triazone, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, phenylbenzimidazole sulfonic acid, bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, titanium dioxide

SPF 50+

Avocado perseose, glycerin

2 bulan ke atas

Badan, wajah

Tube

40 ml, 100 ml

3

Expert Care

Physical Sunscreen

Expert Care Physical Sunscreen 1

Rp159.900

Menengah

Physical sunscreen yang aman untuk kulit sensitif

Physical sunscreen

Zinc oxide, titanium dioxide

SPF 50+ PA+++

Ceramide, hyaluronate, colloidal oatmeal

6 bulan ke atas

Badan, wajah

Tube

50 g

4

Mama's Choice

Baby Gentle Sunscreen

Mama's Choice Baby Gentle Sunscreen 1

Rp139.000

Menengah

Melindungi kulit bayi sembari menutrisinya dengan Aloe vera, avocado, dan coconut extract

Physical sunscreen

Zinc oxide, titanium dioxide

SPF 30++

Avocado, Aloe vera, coconut

6 bulan ke atas

Wajah dan tubuh

Tube

30 ml

5

Beeme

Honey Sunscreen Lotion With Niacinamide SPF 50

Beeme Honey Sunscreen Lotion With Niacinamide SPF 50 1

Rp129.000

Menengah

Sunscreen dengan niacinamide dan madu yang bisa dipakai segala usia

Hybrid

Ethylhexyl methoxycinnamate, methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol, titanium dioxide

SPF 50+++

Honey extract, Aloe vera, olive oil

Tidak diketahui

6 bulan ke atas

Wajah

Tube

25 g

6

Banana Boat

Baby Sensitive Sunscreen Lotion SPF50+

Banana Boat Baby Sensitive Sunscreen Lotion SPF50+ 1

Rp215.000

Menengah

Lindungi si kecil dengan sunscreen lembut, tanpa bahan kimia berbahaya

Physical sunscreen

Zinc oxide, titanium dioxide

SPF 50+ PA++++

Glycerin

Tidak diketahui

6 bulan ke atas

Badan, wajah

Tube

90 ml

7

Buds Organic

Solar Care Lotion

Buds Organic Solar Care Lotion 1

Rp449.900

Lebih Mahal

Telah tersertifikasi Ecocert, produk terbukti dari bahan organik

Physical sunscreen

Titanium dioxide

SPF 25

Sunflower oil, shea butter, Aloe vera, jojoba oil

(mengandung pewangi alami dari essential oil)

Tidak diketahui

Semua usia

Badan, wajah

Tube

75 ml

8

Bambi

Baby Sunscreen Lotion

Bambi Baby Sunscreen Lotion 1

Rp184.000

Menengah

Sunscreen water resistant dan waterproof yang bisa diaplikasikan di badan sekaligus wajah

Hybrid

Zinc oxide, titanium dioxide, butyl methoxydibenzoylmethan

SPF 30+ PA+++

Shea butter, beeswax, Aloe vera

6 bulan ke atas

Badan, wajah

Tube

100 ml

9

Rohto

Sunplay Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion

Rohto Sunplay Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion 1

Rp93.000

Agak Murah

Physical sunscreen bertekstur ringan untuk anak 6 bulan ke atas

Physical sunscreen

Zinc oxide, titanium dioxide

SPF 39 PA++

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6 bulan ke atas

Badan, wajah

Botol dengan tutup putar

30 g

10

Pure Premium Care

PureBB Sunblock

Pure Premium Care PureBB Sunblock 1

Rp137.500

Menengah

Memiliki tingkat keamanan tertinggi berkat kandungan bahan-bahan berkualitas standart low hazard

Physical sunscreen

Zinc oxide

SPF 25

Apricot kernel oil

Newborn

Badan, wajah

Tube

50 g, 100 g

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

B-FREEKids Sunscreen Lotion

Kids Sunscreen Lotion 1
Sumber: shopee.co.id
Kids Sunscreen Lotion 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp21.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp21.000
Lebih Murah

Sunscreen dengan tambahan minyak kelapa dan vitamin E yang kaya antioksidan

Bfree Kids Sunscreen Lotion merupakan tipikal hybrid sunscreen (perpaduan chemical dan physical sunscreen) untuk anak-anak. Tabir surya dengan broad spectrum SPF 30+ ini mengandung minyak kelapa dan vitamin E yang kaya antioksidan. Tak hanya itu, kedua kandungan tersebut juga dikenal sebagai bahan yang melembapkan kulit. Dengan memakainya, kulit si kecil akan terlindungi sekaligus terhidrasi.

Tipe sunscreenHybrid
Bahan sun protectorOctyl methoxycinnamte, benzophenone-3, titanium dioxide
SPF dan PASPF 30+
Bahan pelembapGlycerin
Tanpa pewangi
Paraben free
HypoallergenicTidak diketahui
Untuk usia1 tahun ke atas
Area penggunaanBadan
Bentuk kemasanTube
Isi100 ml
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

MustelaHigh Protection Sun Lotion - SPF 50+

Harga referensi
Rp282.784
Agak Mahal

Sunscreen bayi yang aman untuk kulit sensitif, seperti atopic

High Protection Sun Lotion dari Mustela mengandung avocado perseose yang dapat memperkuat lapisan kulit bayi. Di samping itu, kandungan tersebut juga membantu menjaga kelembapan kulit bayi. Dengan kata lain, sun lotion ini dibutuhkan sebagai perawatan dasar terhadap kulit bayi yang masih sensitif.


Produk tabir surya yang tidak lengket di kulit ini juga aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit atopic. Kulit atopic adalah jenis kulit yang mudah meradang dengan ditandai kulit kering, gatal, dan munculnya ruam. Jadi, Anda tak perlu khawatir mengaplikasikan sunscreen ini pada si kecil, ya!
Tipe sunscreenHybrid
Bahan sun protectorEthylhexyl triazone, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, phenylbenzimidazole sulfonic acid, bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, titanium dioxide
SPF dan PASPF 50+
Bahan pelembapAvocado perseose, glycerin
Tanpa pewangi
Paraben free
Hypoallergenic
Untuk usia2 bulan ke atas
Area penggunaanBadan, wajah
Bentuk kemasanTube
Isi40 ml, 100 ml
View all
No.3

Expert CarePhysical Sunscreen

Harga referensi
Rp159.900
Menengah

Physical sunscreen yang aman untuk kulit sensitif

Sedang mencari sunsceen yang aman untuk kulit sensitif? Pilihlah produk Expert Care. Produk ini adalah physical sunscreen yang aman untuk kulit sensitif. Di dalamnya terdapat bahan colloidal oatmeal sebagai antiradang serta ceramide yang melembapkan dan memperkuat skin barrierJadi, kulit tak akan kering dan iritasi setelah menggunakan sunscreen. Justru, kulit akan terlindungi dari bahaya efek sinar UVA dan UVB, serta menjadi lebih lembut dan cerah.

Tipe sunscreenPhysical sunscreen
Bahan sun protectorZinc oxide, titanium dioxide
SPF dan PASPF 50+ PA+++
Bahan pelembapCeramide, hyaluronate, colloidal oatmeal
Tanpa pewangi
Paraben free
Hypoallergenic
Untuk usia6 bulan ke atas
Area penggunaanBadan, wajah
Bentuk kemasanTube
Isi50 g
View all
No.4

Mama's ChoiceBaby Gentle Sunscreen

Harga referensi
Rp139.000
Menengah

Melindungi kulit bayi sembari menutrisinya dengan Aloe vera, avocado, dan coconut extract

Baby Gentle Sunscreen dari Mama's Choice siap mengawal saat Anda hendak membawa si kecil keluar rumah pada siang hari. Dengan SPF 30 PA++ dan formula yang water-resistant, si kecil bebas bermain di taman atau berenang. 


Mama's Choice pun menjamin sunscreen-nya hypoallergenic dan melewati uji dermatologis. Selain melindungi, sunscreen ini juga menutrisi kulit dengan adanya kandungan Aloe vera, avocado, dan coconut extract. Kulit akan tetap lembap, ternutrisi, dan terhidrasi dengan baik.

Tipe sunscreenPhysical sunscreen
Bahan sun protectorZinc oxide, titanium dioxide
SPF dan PASPF 30++
Bahan pelembapAvocado, Aloe vera, coconut
Tanpa pewangi
Paraben free
Hypoallergenic
Untuk usia6 bulan ke atas
Area penggunaanWajah dan tubuh
Bentuk kemasanTube
Isi30 ml
View all
No.5

BeemeHoney Sunscreen Lotion With Niacinamide SPF 50

Harga referensi
Rp129.000
Menengah

Sunscreen dengan niacinamide dan madu yang bisa dipakai segala usia

Beeme dikenal sebagai merek skincare berbahan alami yang menghadirkan produk untuk berbagai usia. Salah satu produk unggulannya adalah Honey Sunscreen Lotion. Tabir surya ini diklaim dapat diaplikasikan ke bayi, anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Jadi, produk ini cocok bagi Anda yang ingin menggunakannya bersama anggota keluarga lainnya.


Sunscreen yang terbuat dari niacinamide dan madu ini dilengkapi dengan SPF 50+++. Dengan begitu, kulit akan terlindungi secara maksimal dari paparan sinar matahari. Sunscreen ini mudah meresap dan mampu menjaga kelembapan kulit bayi sehingga kulit tetap segar selama memakainya.

Tipe sunscreenHybrid
Bahan sun protectorEthylhexyl methoxycinnamate, methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol, titanium dioxide
SPF dan PASPF 50+++
Bahan pelembapHoney extract, Aloe vera, olive oil
Tanpa pewangi
Paraben free
HypoallergenicTidak diketahui
Untuk usia6 bulan ke atas
Area penggunaanWajah
Bentuk kemasanTube
Isi25 g
View all
No.6

Banana BoatBaby Sensitive Sunscreen Lotion SPF50+

Harga referensi
Rp215.000
Menengah

Lindungi si kecil dengan sunscreen lembut, tanpa bahan kimia berbahaya

Liburan yang aman untuk si kecil dengan pilihan sunscreen terbaik! Banana Boat memberikan perlindungan optimal tanpa bahan kimia berbahaya seperti oxybenzone. Formulanya yang ramah bayi memberikan perlindungan maksimal sambil tetap menjaga kulitnya tetap lembut. 


Sunscreen mineral ini dengan mudah meresap dan tidak lengket, bahkan saat buah hati aktif bermain. Dapatkan kenyamanan dan perlindungan terbaik untuk kulit sensitif bayi Anda tanpa khawatir akan efek buruk bahan kimia. Jadi, berikan yang terbaik untuk si kecil dengan sunscreen yang aman dan efektif.

Tipe sunscreenPhysical sunscreen
Bahan sun protectorZinc oxide, titanium dioxide
SPF dan PASPF 50+ PA++++
Bahan pelembapGlycerin
Tanpa pewangi
Paraben free
HypoallergenicTidak diketahui
Untuk usia6 bulan ke atas
Area penggunaanBadan, wajah
Bentuk kemasanTube
Isi90 ml
View all
No.7

Buds OrganicSolar Care Lotion

Harga referensi
Rp449.900
Lebih Mahal

Telah tersertifikasi Ecocert, produk terbukti dari bahan organik

Anda pasti menginginkan sunscreen untuk bayi yang sangat terjamin keamanannya. Kami rekomendasikan produk tabir surya dari Buds Organic yang terbuat dari bahan organik dan telah tersertifikasi Ecocert. Ecocert adalah badan sertifikasi dunia yang mengeluarkan standar untuk kosmetik yang terbuat dari bahan organik.

Kulit bayi pun terawat berkat kandungan ekstrak zaitun plus vitamin E alami yang kaya antioksidan dan mampu mencegah radikal bebas. Adanya kandungan bisabolol juga bisa meredakan inflamasi. Di samping itu, kemasan sun lotion ini juga bersifat biodegradable sehingga mudah terurai dan ramah lingkungan, lho!
Tipe sunscreenPhysical sunscreen
Bahan sun protectorTitanium dioxide
SPF dan PASPF 25
Bahan pelembapSunflower oil, shea butter, Aloe vera, jojoba oil
Tanpa pewangi(mengandung pewangi alami dari essential oil)
Paraben free
HypoallergenicTidak diketahui
Untuk usiaSemua usia
Area penggunaanBadan, wajah
Bentuk kemasanTube
Isi75 ml
View all
No.8

BambiBaby Sunscreen Lotion

Harga referensi
Rp184.000
Menengah

Sunscreen water resistant dan waterproof yang bisa diaplikasikan di badan sekaligus wajah

Anda senang melatih bayi berenang kala siang hari? Kini tak perlu khawatir kulit terbakar sinar matahari karena Anda bisa mengaplikasikan sunscreen dari Bambi ke kulit bayi. Produk tabir surya yang telah teruji dermatologi ini waterproof sampai 80 menit.


Sunscreen
ini juga terasa lembut dan tidak lengket sehingga bayi tidak merasa terganggu. Di dalamnya terkandung shea butter, beeswax, dan Aloe vera yang mampu menjaga kelembapan kulit bayi.

Tipe sunscreenHybrid
Bahan sun protectorZinc oxide, titanium dioxide, butyl methoxydibenzoylmethan
SPF dan PASPF 30+ PA+++
Bahan pelembapShea butter, beeswax, Aloe vera
Tanpa pewangi
Paraben free
Hypoallergenic
Untuk usia6 bulan ke atas
Area penggunaanBadan, wajah
Bentuk kemasanTube
Isi100 ml
View all
No.9

RohtoSunplay Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion

Harga referensi
Rp93.000
Agak Murah

Physical sunscreen bertekstur ringan untuk anak 6 bulan ke atas

Jika Anda mencari sunscreen anak yang praktis, kami menyarankan Sunplay Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion. Sunscreen ini bisa digunakan pada wajah sekaligus tubuh anak Anda. Sunscreen ini terbuat dari 100% physical sunscreen dengan perlindungan SPF 39++ yang sudah teruji dermatologis dan hypoallergenic. Jadi, sunscreen ini aman untuk bayi mulai usia 6 bulan.


Teksturnya ringan, mudah diserap, dan lembut untuk kulit anak-anak. Formulanya juga tahan air sehingga bisa digunakan anak-anak saat bermain air. Ditambah lagi, kemasannya terbilang praktis sehingga cukup travel-friendly untuk dibawa saat bepergian.

Tipe sunscreenPhysical sunscreen
Bahan sun protectorZinc oxide, titanium dioxide
SPF dan PASPF 39 PA++
Bahan pelembapTidak diketahui
Tanpa pewangiTidak diketahui
Paraben free
Hypoallergenic
Untuk usia6 bulan ke atas
Area penggunaanBadan, wajah
Bentuk kemasanBotol dengan tutup putar
Isi30 g
View all
No.10

Pure Premium CarePureBB Sunblock

Harga referensi
Rp137.500
Menengah

Memiliki tingkat keamanan tertinggi berkat kandungan bahan-bahan berkualitas standart low hazard

Menggunakan sunblock memang disarankan ketika bayi berada di luar ruangan. Namun, beberapa orang tua khawatir akan kualitas keamanannya. Apakah Anda merasa demikian? Cobalah untuk menggunakan produk dari PureBB yang satu ini. Physical sunblock ini dibuat dari bahan-bahan berkualitas standar low hazard Eropa. Dengan kata lain, produk ini memiliki kualitas keamanan yang tinggi.

 
Kandungan zinc oxide micronized pada produk ini akan melindungi kulit bayi dari paparan sinar matahari. Kemudian, physical sunblock ini juga mengandung apricot kernel oil yang melembapkan sekaligus melembutkan kulit bayi. Produk ini tergolong aman untuk dipakai sebagai sunscreen bayi baru lahir.

Tipe sunscreenPhysical sunscreen
Bahan sun protectorZinc oxide
SPF dan PASPF 25
Bahan pelembapApricot kernel oil
Tanpa pewangi
Paraben free
Hypoallergenic
Untuk usiaNewborn
Area penggunaanBadan, wajah
Bentuk kemasanTube
Isi50 g, 100 g
View all

5 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi terbaik

No. 1: B-FREEKids Sunscreen Lotion

No. 2: MustelaHigh Protection Sun Lotion - SPF 50+

No. 3: Expert CarePhysical Sunscreen

No. 4: Mama's ChoiceBaby Gentle Sunscreen

No. 5: BeemeHoney Sunscreen Lotion With Niacinamide SPF 50

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.