• 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Penggunaan tabir surya sangat disarankan ketika beraktivitas di luar ruangan, terutama untuk bayi yang kulitnya sangat sensitif. Telah banyak merek yang mengeluarkan sunscreen atau sunblock khusus bayi, seperti Bambi, PureBB, Mustela, dan lainnya. Namun, produk mana yang terbaik dan tepat untuk bayi Anda?


Kami akan menjelaskan cara memilih tabir surya yang aman untuk bayi, baik usia 1 tahun, 2 tahun, atau balita. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus untuk Anda pilih. Telitilah dalam memilih sunscreen untuk bayi agar buah hati terlindung secara maksimal dari efek negatif sinar matahari.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Perlukah sunscreen/sunblock untuk bayi?

Perlukah sunscreen/sunblock untuk bayi?

Kulit bayi lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa karena lapisan kulitnya masih tipis. Bahkan sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, mata, atau sistem kekebalan tubuh. Kemungkinan terburuk lainnya adalah memicu penyakit berbahaya. Itulah alasannya mengapa bayi membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari.


Akan tetapi, kandungan bahan-bahan kimia dalam sunscreen juga bisa memicu ruam pada kulit bayi. Karena itu, pemberian sunscreen disarankan pada usia 6 bulan ke atas. Apabila Anda mencari sunscreen untuk bayi baru lahir, pastikan kandungannya aman dan sudah teruji secara klinis.


Tambahan lagi, sekalipun Anda sudah memakaikan sunscreen, sebaiknya tetap lindungi kulitnya dari paparan sinar matahari secara langsung. Beberapa hal ini bisa Anda lakukan ketika beraktivitas di luar bersama si kecil.


  • Jauhkan bayi dari sinar matahari pukul 10 hingga 2 siang karena sinar ultraviolet pada saat itu paling kuat dan intens.
  • Bawa bayi ke tempat yang teduh, misalnya kanopi pada kereta dorongnya, payung, tenda, atau berlindung di bawah pohon.
  • Pakaikan bayi pakaian yang longgar, tetapi tenunannya rapat dan tidak menerawang. Hal ini berguna untuk meredam sinar matahari yang bisa tembus ke lapisan kain.
  • Jika bayi mau, Anda bisa memakaikannya kacamata hitam atau topi lebar.
  • Pastikan bayi tetap terhidrasi dengan memberinya ASI atau susu formula.

Cara memilih sunscreen/sunblock untuk bayi

Sangat penting untuk memilih sunscreen atau sunblock yang aman karena kulit bayi masih sangat sensitif. Karena itu, pastikan kandungan bahan dari produk yang akan digunakan tidak menimbulkan efek negatif bagi kulit bayi.

Sesuaikan produk dengan usia bayi

Sesuaikan produk dengan usia bayi
Saat ini sudah banyak produk tabir surya yang ditujukan khusus untuk bayi. Sebagian tabir surya ini cukup aman digunakan oleh bayi, bahkan sejak usia 0 bulan atau baru lahir. Akan tetapi, umumnya orang tua baru akan mengajak bayi beraktivitas di luar ruangan pada usia dua bulan.

Penggunaan sunscreen tidak diperlukan apabila bayi hanya beraktivitas di bawah matahari kurang dari 20 menit saja. Namun, jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan lebih dari 20 menit, lindungi kulit bayi dengan sunscreen. Perhatikan anjuran usia pada label produk dan sesuaikan dengan kebutuhan.


Selanjutnya, bila anak sudah cukup besar, Anda bisa memberikannya sunscreen untuk anak. Kami juga sudah mengulas rekomendasi produknya di bawah ini.

Perhatikan kandungan bahan dan hindari yang dapat menimbulkan iritasi

Perhatikan kandungan bahan dan hindari yang dapat menimbulkan iritasi
Memeriksa komposisi bahan dalam sunscreen dan memastikan bahwa produknya aman untuk bayi merupakan hal penting. Produk yang aman dan direkomendasikan adalah produk organik yang bebas pewangi, bebas pewarna, dan bebas alkohol. Beberapa bahan alami ini juga biasa ada di dalam sunscreen untuk bayi. Anda bisa mempertimbangkannya sesuai kebutuhan bayi Anda.

  • Sunflower oil 
Sunflower oil atau minyak biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit. Minyak ini juga memiliki sifat penyembuh sehingga dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kulit bayi.

  • Avocado oil

Alpukat memiliki kandungan antioksidan dan lemak sehat yang bermanfaat untuk kulit. Alhasil, avocado oil bisa melembapkan kulit bayi yang kering atau bersisik. Tidak hanya itu saja, avocado oil juga dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit.


  • Aloe vera

Lidah buaya dapat mendinginkan serta menenangkan kulit yang terkena paparan sinar matahari. Peradangan pada kulit atau bercak kemerahan pada kulit bisa diatasi dengan tanaman ini.

Pilih physical sunscreen yang tidak menyerap sinar UV

Pilih physical sunscreen yang tidak menyerap sinar UV
Terdapat dua jenis sunscreen, yaitu chemical dan physical atau mineral. Bahan aktif kimia pada chemical sunscreen memang lebih efektif dalam menangkal sinar UV. Akan tetapi, bahan kimia cenderung membebani kulit dan dapat mengakibatkan iritasi. Bahan nonkimia pada physical sunscreen lebih lemah dalam menangkal sinar UV. Walaupun demikian, risiko iritasi yang ditimbulkan lebih rendah.

Biasanya, bayi hanya keluar rumah dalam jangka waktu yang singkat. Karena itu, tentu Anda tidak perlu memberikan produk dengan penangkal sinar UV yang kuat. Jadi, pilihlah tabir surya tipe physical atau mineral yang ramah untuk kulit bayi.

Gunakan produk dengan SPF 10-20 atau PA+ dan PA++ untuk penggunaan sehari-hari

Gunakan produk dengan SPF 10-20 atau PA+ dan PA++ untuk penggunaan sehari-hari
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sunscreen dengan penangkal UV yang tinggi akan makin membebani kulit bayi. Jadi, hindari produk dengan kandungan SPF dan PA yang terlalu tinggi.

Untuk keperluan sehari-hari, sunscreen dengan SPF 10-20 dan PA+ atau PA++ sudah cukup untuk melindungi kulit bayi. Namun, siapkan sunscreen dengan SPF dan PA yang lebih tinggi untuk digunakan di waktu-waktu tertentu saja.

Cari yang mudah diaplikasikan, tetapi tetap prioritaskan segi keamanan

Cari yang mudah diaplikasikan, tetapi tetap prioritaskan segi keamanan
Terkadang bayi akan merasa kurang nyaman dengan rasa lengket pada kulit ketika menggunakan sunscreen. Karena itu, pilihlah produk yang teksturnya ringan dan lembut sehingga lebih mudah diratakan. 

Physical atau mineral sunscreen biasanya memiliki tekstur lebih lengket dan dapat meninggalkan bekas putih di kulit. Jadi, ada baiknya Anda memeriksa review mengenai tekstur produknya terlebih dahulu sebelum membeli.


Jangan memilih produk chemical sunscreen hanya karena teksturnya tidak lengket. Untuk mengurangi rasa lengket di kulit, Anda bisa menaburkan bedak bayi setelah mengoleskan sunscreen. Tetaplah jadikan segi keamanan dan kesehatan sebagai prioritas.

10 Rekomendasi sunscreen/sunblock terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen/sunblock terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Usia6 bulan ke atas dan ibu hamil
BahanSunflower oil, jojoba seed oil, tocopherol, olive oil, hyalurounic acid, glycerin
NonkimiaYa (zinc Oxide 20% non-nano)
SPF50
Cara membersihkanTidak disebutkan
9
UsiaMulai 0 bulan
BahanCoconut oil, olive oil, sunflower oil
NonkimiaYa (zinc oxide)
SPF50
Cara membersihkanTidak disebutkan
8
UsiaMulai 0 bulan
BahanAqua/water, Aloe barbadensis leaf juice, titanium dioxide, beeswax, jojoba oil, shea butter fruit, olive leaf extract, Geranium graveolens oil, sunflower seed oil
NonkimiaYa (titanium dioxide)
SPFSPF 25
Cara membersihkanTidak disebutkan
7
UsiaMulai 0 bulan
BahanZinc oxide, glyceryl caprylate, neopentyl glycol diheptanoate, diglycerin, disodium EDTA, dicaprylyl carbonate, methylcellulose, cetyl dimethicone, sodium chloride, ethylhexylglycerin, water, zeolite, polyhydroxystearic acid, propanediol, cyclopentasiloxane, vitamin E, PEG-30 dipolyhydroxystearate, C15-19 alkane, glyceryl isostearate, apricot kernel oil
NonkimiaYa (zinc oxide micronized particle)
SPF25
Cara membersihkanTidak disebutkan
6

EdgewellBanana Boat Simply Protect Baby

Mulai dari Rp 162.500,00

Usia6 bulan ke atas
Bahan Caprylic/​capric triglyceride, butyloctyl salicylate, sodium chloride, glycerin, sodium citrate
NonkimiaYa (zinc oxide 6,5%, titanium dioxide 4,5%)
SPF50
Cara membersihkanTidak disebutkan
5
UsiaMulai 0 bulan
BahanAqua, avocado oil, glycerin
NonkimiaYa (titanium dioxide, Avocado Perseose®)
SPF50+
Cara membersihkanDibilas dengan air
4

Beauty Barn IndonesiaBeauty Barn Kid - Sun Shield

Mulai dari Rp 129.000,00

Usia6 bulan ke atas
BahanCoconut oil, rice bran oil, zinc oxide, shea butter fruit, cetyl alcohol from vegetables, beeswax, raspberry seed oil, lavender oil, kencur oil, geranium oil, rosemary leaf extract, tocopherol
NonkimiaYa (zinc oxide dan red raspberry seed)
SPF30
Cara membersihkanTidak disebutkan
3
Usia6 bulan sampai 12 tahun
BahanHelianthus, annuus seed oil, glycerine
NonkimiaYa (zinc oxide, titanium dioxide)
SPF30
Cara membersihkanTidak disebutkan
2
Usia6 bulan ke atas
BahanAvocado, sunflower, olive oil, beeswax, Aloe vera, edelweiss, rosemary extract
NonkimiaYa (zinc oxide)
SPF25
Cara membersihkanTidak disebutkan
1
Usia6 bulan ke atas
BahanChamomile extract, vitamin C, vitamin E, pro-vitamin B5, sodium hyaluronate
NonkimiaYa (zinc oxide dan titanium dioxide)
SPF39
Cara membersihkanDibilas sabun atau pembersih wajah

Tabel perbandingan produk sunscreen/sunblock terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Rohto SUNPLAY Baby Mild 1

Rohto

2
Bambi Baby Sunscreen Lotion 1

Bambi

3
Proderma Moisten Sunscreen Kids 1

Proderma

4
Beauty Barn Indonesia Beauty Barn Kid - Sun Shield 1

Beauty Barn Indonesia

5
Mustela High Protection Sun Lotion 1

Mustela

6
Edgewell Banana Boat Simply Protect Baby  1

Edgewell

7
PureBB Sunblock 1

PureBB

8
Buds Baby Solar Care Lotion SPF25 1

Buds Baby

9
NAIF Care Sunscreen SPF 50 1

NAIF Care

10
Thinkbaby  Safe Sunscreen  1

Thinkbaby

Nama produk

SUNPLAY Baby Mild

Baby Sunscreen Lotion

Moisten Sunscreen Kids

Beauty Barn Kid - Sun Shield

High Protection Sun Lotion

Banana Boat Simply Protect Baby

Sunblock

Solar Care Lotion SPF25

Sunscreen SPF 50

Safe Sunscreen

Keunggulan

Satu produk untuk kulit wajah dan tubuh

Mudah diratakan dan tidak pedih di mata!

Beri perlindungan ekstra untuk bayi hingga anak-anak

Penggunaan SPF alami untuk perlindungan maksimal dari matahari

Tidak hanya melindungi, tetapi juga membuat kulit lebih kenyal

Beri perlindungan maksimal di segala kondisi

Memberikan perlindungan maksimal dari sinar matahari hingga empat jam!

Aroma essential oil sebagai pewangi yang menenangkan

Wangi tidak menyengat dan tidak lengket di kulit

Produk bebas BPA yang aman untuk bayi dan ibu hamil

Harga mulai dariRp 81.500,00Rp 175.200,00Rp 75.000,00Rp 129.000,00Rp 368.964,00Rp 162.500,00Rp 200.000,00Rp 439.900,00Rp 419.000,00Rp 215.000,00
Usia6 bulan ke atas6 bulan ke atas6 bulan sampai 12 tahun6 bulan ke atasMulai 0 bulan6 bulan ke atasMulai 0 bulanMulai 0 bulanMulai 0 bulan6 bulan ke atas dan ibu hamil
BahanChamomile extract, vitamin C, vitamin E, pro-vitamin B5, sodium hyaluronateAvocado, sunflower, olive oil, beeswax, Aloe vera, edelweiss, rosemary extractHelianthus, annuus seed oil, glycerineCoconut oil, rice bran oil, zinc oxide, shea butter fruit, cetyl alcohol from vegetables, beeswax, raspberry seed oil, lavender oil, kencur oil, geranium oil, rosemary leaf extract, tocopherolAqua, avocado oil, glycerin Caprylic/​capric triglyceride, butyloctyl salicylate, sodium chloride, glycerin, sodium citrateZinc oxide, glyceryl caprylate, neopentyl glycol diheptanoate, diglycerin, disodium EDTA, dicaprylyl carbonate, methylcellulose, cetyl dimethicone, sodium chloride, ethylhexylglycerin, water, zeolite, polyhydroxystearic acid, propanediol, cyclopentasiloxane, vitamin E, PEG-30 dipolyhydroxystearate, C15-19 alkane, glyceryl isostearate, apricot kernel oilAqua/water, Aloe barbadensis leaf juice, titanium dioxide, beeswax, jojoba oil, shea butter fruit, olive leaf extract, Geranium graveolens oil, sunflower seed oilCoconut oil, olive oil, sunflower oilSunflower oil, jojoba seed oil, tocopherol, olive oil, hyalurounic acid, glycerin
NonkimiaYa (zinc oxide dan titanium dioxide)Ya (zinc oxide)Ya (zinc oxide, titanium dioxide)Ya (zinc oxide dan red raspberry seed)Ya (titanium dioxide, Avocado Perseose®)Ya (zinc oxide 6,5%, titanium dioxide 4,5%)Ya (zinc oxide micronized particle)Ya (titanium dioxide)Ya (zinc oxide)Ya (zinc Oxide 20% non-nano)
SPF3925303050+5025SPF 255050
Cara membersihkanDibilas sabun atau pembersih wajahTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanDibilas dengan airTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sunscreen untuk anggota keluarga lainnya di sini!

Selain untuk bayi, tentu Anda juga akan membutuhkan sunscreen atau sunblock untuk anggota keluarga lain. Kami telah mengulas artikel mengenai sunscreen dengan beberapa kategori, mulai dari remaja hingga dewasa. Silakan cek artikel di bawah ini untuk menemukan produk yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda sudah dapat memilih sunscreen yang tepat untuk bayi Anda? Kami harap Anda sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai produk yang cocok dan aman untuk si buah hati.

Lalu, walaupun Anda sudah mengaplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah, tidak ada salahnya melakukan perlindungan tambahan. Anda dapat menggunakan stroller berpenutup, mengenakan payung atau topi, dan mengaplikasikan kembali sunscreen bila diperlukan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus. Tentunya dengan mempertimbangkan bahan botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek terbaik, seperti Sweety, Baby HUKI, Pigeon, dan lainnya. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Timbangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan berat badan yang teratur menandakan perkembangan yang positif pada bayi. Biasanya, penimbangan dilakukan secara berkala di rumah sakit atau posyandu. Namun, akan lebih baik bila Anda juga memiliki timbangan bayi atau baby scale sendiri di rumah.Kini produk timbangan bayi digital, seperti Beurer, Serenity, OneMed, Gea, dan lainnya, dapat dibeli dengan mudah di pasaran. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara memilih timbangan bayi. Sebagai referensi, kami pun akan memaparkan sepuluh produk rekomendasinya untuk Anda. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori