• 10 Rekomendasi Cotton Bud Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cotton Bud Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cotton Bud Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cotton Bud Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cotton Bud Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cotton Bud Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cotton bud merupakan barang yang sangat diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Anda bisa menggunakan cotton bud untuk berbagai macam fungsi, salah satunya untuk makeup dan membersihkan telinga. Selain itu, Anda mungkin juga mencari cotton bud untuk bayi, berbentuk sendok, atau jenis cotton bud lainnya.

 

Banyaknya pilihan cotton bud mungkin membuat Anda bingung. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih cotton bud. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan merek cotton bud yang bagus, seperti Charmi dan Selection. Jadi, jangan lewatkan artikel ini dan selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa kegunaan cotton bud?

Apa kegunaan cotton bud?

Penggunaan cotton bud tidak berbahaya selama Anda memakainya sesuai petunjuk. Malahan, ada banyak sekali kegunaan cotton bud untuk kehidupan sehari-hari. Berikut akan kami jelaskan beragam cara penggunaan cotton bud.


  • Untuk membersihkan bagian luar telinga

Masih banyak orang yang menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga. Sebenarnya, cotton bud untuk membersihkan telinga justru tidak disarankan, lho. Cotton bud disarankan hanya untuk membersihkan bagian luar telinga atau daun telinga saja. Lebih lengkapnya akan kami jelaskan lewat tips membersihkan telinga di bagian akhir artikel. 


  • Memperbaiki makeup

Banyak juga orang yang menggunakan cotton bud untuk makeup. Cotton bud bisa dijadikan pengganti kuas eye shadow, bisa pula untuk mengoreksi makeup yang berantakan. Bila Anda hobi memakai makeup, jangan lupa untuk menyediakan cotton bud di rumah. 


  • Untuk menghilangkan kotoran dan komedo pada hidung

Ada pula jenis cotton bud yang bisa dipakai untuk menghilangkan kotoran dan komedo pada hidung. Anda bisa mencari cotton bud yang memiliki kandungan minyak. Selain cotton bud yang mengandung minyak, Anda juga dapat menggunakan cotton bud yang ditujukan khusus untuk pembersihan.


  • Untuk membersihkan bagian-bagian mendetail pada keyboard komputer

Apakah terdapat debu dan kotoran yang menempel pada sela-sela keyboard? Untuk itu, penggunaan cotton bud berujung runcing akan sangat membantu. Tipe tersebut akan lebih cepat membersihkan area-area sempit pada keyboard. Jika menambahkan etanol, Anda pun bisa sekaligus mensterilkan keyboard.


  • Untuk perawatan kuku

Cotton bud minyak sangat berguna untuk menghapus kotoran pada kuku dan melembutkan kutikula kuku. Cotton bud juga bisa dipakai untuk membersihkan kutek yang berantakan dengan mudah. 


  • Untuk membersihkan telinga hewan peliharaan

Tidak hanya manusia, hewan peliharaan juga harus dibersihkan area telinganya. Jadi, jangan lupa memperhatikan kebersihan hewan peliharaan Anda, ya! Bahkan, cotton bud khusus hewan juga telah terdapat di pasaran, lho.

Cara memilih cotton bud

Umumnya, orang-orang menganggap semua cotton bud sama. Meski terlihat sama, ternyata cotton bud mempunyai jenis yang berbeda-beda. Untuk itu, mari perhatikan poin-poin berikut agar dapat menemukan cotton bud yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentukan jenis dan bentuk cotton bud sesuai kebutuhan

Bentuk cotton bud sangat beragam, mulai dari yang ujungnya kecil, besar, hingga bergelombang. Mari pilih yang mudah untuk digunakan dengan mempertimbangkan kebutuhan Anda.

Tipe ujung bulat: Cocok untuk berbagai kebutuhan

Tipe ujung bulat: Cocok untuk berbagai kebutuhan
Tipe ujung bulat adalah tipe cotton bud yang paling umum ditemui dan dijual di pasaran. Bentuk ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa memakainya untuk membersihkan telinga, pusar bayi, makeup, membubuhkan obat luka, dan sebagainya.

Cotton bud ujung bulat sendiri memiliki banyak jenis. Ada yang ukurannya kecil dan ada juga yang besar. Lalu, ada yang berbentuk tipis dan tebal. Jenis cotton bud bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. Produk ini adalah salah satu item yang wajib Anda miliki di rumah.

Tipe ujung runcing: Mudah digunakan untuk memperbaiki makeup

Tipe ujung runcing: Mudah digunakan untuk memperbaiki makeup
Cotton bud berujung runcing sangat nyaman untuk dipakai memperbaiki makeup. Anda dapat menggunakannya untuk menyempurnakan garis mata atau menghapus sisa maskara yang tertinggal di sekitar mata

Penggunaannya pun cukup sederhana karena Anda hanya perlu mengoleskan cotton bud pada bagian yang ingin dirapikan. Riasan makeup Anda pun akan terlihat rapi dalam sekejap.

Tipe spiral: Ideal untuk membersihkan telinga

Tipe spiral: Ideal untuk membersihkan telinga

Ada lagi tipe cotton bud dengan bentuk spiral atau bergerigi. Bentuk ini dinilai paling ideal untuk membersihkan telinga karena memudahkan kotoran menempel pada cotton bud


Anda tinggal memutarnya, kotoran yang menempel pada dinding telinga pun akan terangkat ke cotton bud. Jadi, Anda tak perlu kesulitan menjangkau kotoran sampai mengorek dinding telinga yang bisa menyebabkan iritasi. 

Tipe 2-way: Dapat dipakai untuk dua fungsi sekaligus

Tipe 2-way: Dapat dipakai untuk dua fungsi sekaligus
Cotton bud tipe 2-way memiliki dua fungsi dalam satu produk. Anda bisa memilih cotton bud dengan sisi bulat dan ujung satunya berbentuk spiral, runcing, atau earpick. Namun, earpick atau korek kuping bukanlah jenis cotton bud

Jenis ini juga sering disebut cotton bud congkel yang memiliki ujung bengkok. Bahannya kaku dan tidak dilapisi kapas sama sekali. Earpick ini berfungsi untuk mengambil kotoran telinga yang mengeras.

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Setelah mengetahui preferensi penggunaan cotton bud, Anda juga perlu mempertimbangkan kemasannya. Perhatikan kehigienisan dan kemudahan dalam membawanya, ya!

Tipe kemasan satuan yang mudah dibawa dan terjaga kebersihannya

Tipe kemasan satuan yang mudah dibawa dan terjaga kebersihannya
Ada beberapa produk cotton bud yang bagian kapasnya mengandung minyak atau cairan lain. Untuk produk demikian, biasanya cotton bud dikemas secara satuan menggunakan aluminium atau vinil agar tidak mengering. 

Selain kebersihannya lebih terjaga, Anda pun lebih nyaman menggunakan dan membawanya sesuai kebutuhan. Cukup bawa beberapa kemasan satuan cotton bud ke dalam tas dan segera gunakan ketika dibutuhkan saat bepergian.

Tipe kemasan dalam wadah cocok untuk digunakan di rumah

Tipe kemasan dalam wadah cocok untuk digunakan di rumah
Jenis cotton bud yang dikemas dalam wadah sangat cocok untuk digunakan di rumah. Anda dapat menggunakan cotton bud ini untuk mengaplikasikan skincare atau masker sebelum tidur

Untuk menjaga isinya tetap bersih, pastikan selalu menutup kembali tutupnya sehabis mengambil cotton bud. Jika Anda ingin membawanya saat bepergian, silakan membungkusnya dengan lap, tissue, atau kantong zip.

Periksa komponen pembersih di dalamnya

Mari lanjutkan dengan komponen pembersih yang digunakan pada cotton bud. Bahan pembersih ini sangat bervariasi tergantung pada produknya. Yuk, lihat lebih jauh!

Komponen alkohol, menyegarkan dan nyaman digunakan

Komponen alkohol, menyegarkan dan nyaman digunakan
Salah satu keunggulan dari cotton bud yang mengandung alkohol seperti etanol adalah makeup mudah dibersihkan dengan cepat. Namun, pemilik kulit kering dan sensitif sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan cotton bud jenis ini. 

Alkohol dapat membuat kulit menjadi kering karena kadar iritasinya yang tinggi. Jika khawatir, sebaiknya Anda memilih cotton bud dengan kandungan pelembap. Selain untuk makeup, Anda juga bisa menggunakan cotton bud alkohol untuk membersihkan luka. 

Komponen minyak, mudah untuk membersihkan makeup tebal

Komponen minyak, mudah untuk membersihkan makeup tebal
Di antara berbagai komponen pembersih, tipe yang paling kuat adalah komponen yang mengandung minyak. Meski komponen minyak mungkin akan lebih membebani kulit, jenis ini sangat aman karena kadar pelembapnya cukup tinggi. Jika Anda ingin menggunakan bahan ini, carilah yang mengandung 100% minyak alami

Gunakanlah secara benar dan perlahan-lahan agar mendapatkan hasil maksimal. Sayangnya, cotton bud yang dilapisi minyak sangat jarang, bahkan hampir tidak bisa ditemukan di Indonesia. Namun, Anda mungkin bisa menemukan produk buatan luar di e-commerce

10 Rekomendasi cotton bud terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cotton bud terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Isi20 batang (dikemas satuan)
Tipe2 way
Kandungan komponenAcrylic acid ester resin, chitosan
FungsiMembersihkan keyboard dan celah yang sulit terjangkau lainnya
9

Alcohol Swab Individual Cotton First Aid

Mulai dari Rp 4.000,00

IsiSatuan
TipeUjung bulat
Kandungan komponenAlkohol
FungsiMembersihkan luka
8

BulkSourceBamboo Cotton Bud Isi 100 pcs

Mulai dari Rp 27.500,00

Isi100 batang
TipeUjung bulat
Kandungan komponenTidak ada
FungsiBeragam fungsi
7

MothercareAll We Know Cotton Buds

Mulai dari Rp 49.000,00

Isi60 batang
TipeUjung khusus
Kandungan komponenTidak ada
FungsiMembersihkan telinga luar, hidung, pusar, dan area lainnya pada bayi
6

BabysafeCotton Bud Regular Tip (Refill 100S)

CB9128

Mulai dari Rp 5.500,00

Isi100 batang
TipeUjung bulat
Kandungan komponenTidak ada
FungsiBeragam fungsi
5
Isi100 batang
Tipe2 way
Kandungan komponenTidak ada
FungsiMakeup, membersihkan telinga
4
Isi36 batang
Tipe2 way
Kandungan komponenTidak ada
FungsiMembersihkan telinga
3

DodoAlat Pembersih Telinga Cotton Bud Baby Dwi Fungsi

143

Mulai dari Rp 28.400,00

Isi100 batang
Tipe2 way
Kandungan komponenTidak ada
FungsiMembersihkan telinga, makeup, dan lain-lain
2
Isi50 pcs ujung bulat kecil, 160 pcs ujung bulat besar
TipeUjung bulat
Kandungan komponenTidak ada
FungsiBeragam fungsi
1
Isi180 batang
TipeUjung bulat
Kandungan komponenTidak ada
FungsiBeragam fungsi

Tabel perbandingan produk cotton bud terbaik

Gambar produk
1
Selection Cotton Bud 180 1

Selection

2
Pigeon Cotton Swab Mix 1

Pigeon

3
Dodo Alat Pembersih Telinga Cotton Bud Baby Dwi Fungsi  1

Dodo

4
Char-mi Cotton Buds Earpick 36 pcs  1

Char-mi

5
Miss U2 Cotton Buds Isi 100 pcs 1

Miss U2

6
Babysafe Cotton Bud Regular Tip (Refill 100S) 1

Babysafe

7
Mothercare All We Know Cotton Buds 1

Mothercare

8
BulkSource Bamboo Cotton Bud Isi 100 pcs 1

BulkSource

9
Alcohol Swab Individual Cotton First Aid 1

10
Japan Sticky Ring Cotton Bud 1

Nama produk

Cotton Bud 180

Cotton Swab Mix

Alat Pembersih Telinga Cotton Bud Baby Dwi Fungsi

Cotton Buds Earpick 36 pcs

Cotton Buds Isi 100 pcs

Cotton Bud Regular Tip (Refill 100S)

All We Know Cotton Buds

Bamboo Cotton Bud Isi 100 pcs

Alcohol Swab Individual Cotton First Aid

Japan Sticky Ring Cotton Bud

Keunggulan

Kemasan wadah flip top yang mudah disimpan, aman, dan higienis

Tersedia dua ukuran untuk berbagai kebutuhan

Dwifungsi, bisa dipakai untuk membersihkan telinga dan kebutuhan lainnya

Mampu membersihkan telinga dengan dua cara

Hasilkan riasan wajah yang lebih rapi

Proses pembuatan dengan sistem komputerisasi, sangat higienis!

Didesain khusus untuk membersihkan area khusus di tubuh bayi

Stick dan kertas pembungkusnya 100% terbuat dari bahan ramah lingkungan

Ampuh untuk membersihkan dan merawat luka

Tekstur lengketnya memudahkan pengambilan kotoran di tempat yang sulit dijangkau

Harga mulai dariRp 8.700,00Rp 20.900,00Rp 28.400,00Rp 7.500,00Rp 29.900,00Rp 5.500,00Rp 49.000,00Rp 27.500,00Rp 4.000,00Rp 45.000,00
Isi180 batang50 pcs ujung bulat kecil, 160 pcs ujung bulat besar100 batang36 batang100 batang100 batang60 batang100 batangSatuan20 batang (dikemas satuan)
TipeUjung bulatUjung bulat2 way2 way2 wayUjung bulatUjung khususUjung bulatUjung bulat2 way
Kandungan komponenTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaAlkoholAcrylic acid ester resin, chitosan
FungsiBeragam fungsiBeragam fungsiMembersihkan telinga, makeup, dan lain-lainMembersihkan telingaMakeup, membersihkan telingaBeragam fungsiMembersihkan telinga luar, hidung, pusar, dan area lainnya pada bayiBeragam fungsiMembersihkan lukaMembersihkan keyboard dan celah yang sulit terjangkau lainnya
Tautan produk

Cara membersihkan telinga dengan cotton bud

Cara membersihkan telinga dengan cotton bud
Sesungguhnya, telinga memiliki mekanisme sendiri untuk mengeluarkan kotoran. Ketika Anda mengunyah dan berbicara, secara otomatis kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu dikorek. Jadi, Anda tidak membutuhkan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga.

 

Ketika Anda membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud, hal itu justru mendorong kotoran sehingga membuatnya terperangkap di dalam telinga. Maka dari itu, yang bisa dibersihkan menggunakan cotton bud hanya bagian luar telinga saja. Anda cukup membersihkan daun telinga dan lubang telinga secara berkala agar tetap bersih.

Baca juga rekomendasi kapas untuk makeup di sini

Sama seperti cotton bud, kapas juga merupakan barang penting dalam ber-makeup. Untuk itu, kami telah menuliskan artikel tentang pemilihan kapas makeup terbaik. Jika Anda tertarik, silakan kunjungi artikel kami melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips cara memilih cotton bud yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan penggunaan yang dibutuhkan. Sebagai contoh, untuk membersihkan telinga, memperbaiki makeup, membersihkan luka, atau berbagai tujuan lainnya.

Jadi, apakah Anda sudah menemukan cotton bud favorit untuk digunakan? Semoga rekomendasi produk yang telah kami berikan dapat membantu Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali melindungi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Beragam sunscreen yang bagus untuk badan dan muka banyak beredar di pasaran. Merek impor, seperti Cetaphil dan Skin Aqua, maupun produk lokal seperti Wardah dan Somethinc, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK. Simak sampai akhir, yuk!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar UV (ultraviolet), diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Misalnya, merek Nivea, Banana Boat, Neutrogena, dan masih banyak lagi.Simaklah dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Setelah itu, jangan lewatkan sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik yang bagus untuk anak-anak. Sunscreen untuk balita hingga sunscreen untuk anak SD (sekolah dasar), ada di sini! Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sabun Lifebuoy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Lifebuoy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lifebuoy merupakan salah satu merek paling populer yang memproduksi sabun. Sabun mandi dan sabun cuci tangan Lifebuoy memiliki banyak varian, kemasan, dan ukurannya. Sabun Lifebuoy juga tersedia dalam bentuk batang atau cair. Tiap-tiap varian, bentuk, kemasan, dan ukuran tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Hal tersebut barangkali membuat Anda bingung.Kami akan membantu Anda menemukan sabun Lifebuoy yang bagus. Produk sabun Lifebuoy terbaik dan populer seperti Matcha, Total 10, dan Mild Care ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis agar Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori