10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaik Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaik Tahun 2018)

Memandikan bayi merupakan salah satu kegiatan yang dapat mempererat hubungan ibu dengan si bayi. Oleh karena itu, dibutuhkan sabun mandi bayi yang aman dan tepercaya agar kulit bayi tetap terjaga kebersihannya. Namun, apakah Anda tahu cara memilih sabun mandi bayi yang tepat?

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang aman dan merekomendasikan sepuluh produk sabun bayi dari berbagai macam merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Silakan menyimak artikel dari kami sampai selesai ya!

Daftar isi

Cara memilih sabun bayi

Kulit bayi sangat lembut dan cenderung lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi juga akan mengalami perubahan seiring pertambahan usia. Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang sesuai dengan kulit bayi Anda yang aman dan juga tepercaya.

Sabun dengan kandungan asam lemah atau basa? Manakah yang cocok untuk bayi Anda?

Tidak hanya sabun bayi, sabun biasa juga memiliki tiga tingkatan eksponen ion hidrogen, yaitu asam lemah, basa lemah, dan basa. Kami akan menjelaskan secara detail agar Anda dapat menemukan sabun bayi yang tepat untuk bayi Anda.

Kandungan basa mampu menghilangkan kotoran dengan baik

Kandungan basa mampu menghilangkan kotoran dengan baik

Sabun dengan kandungan basa biasanya berbentuk padat dan dapat menghasilkan busa dengan baik. Kulit bayi biasanya cenderung mudah kotor dan berkeringat. Namun, jika Anda membersihkan bayi Anda dengan sabun yang memiliki kandungan basa, kulit bayi akan menjadi bersih dan segar kembali. Sangat penting untuk membersihkan kulit bayi Anda, terutama untuk bayi berusia 0-3 bulan ketika bayi cenderung mudah berkeringat.

Akan tetapi, penggunaan sabun memiliki efek yang berbeda untuk setiap kulit. Apabila dibandingkan dengan jenis sabun yang mengandung asam lemah, sabun dengan kandungan basa ini dapat menyebabkan kulit terasa kencang, tertarik, atau mengerut, dan dapat membuat kulit bayi menjadi kering dan kasar. Oleh karena itu, pilihlah sabun yang sesuai dengan kondisi bayi Anda.

Asam lemah yang sesuai dengan kulit bayi

Asam lemah yang sesuai dengan kulit bayi

Di lain sisi, sabun bayi dengan kandungan asam lemah yang setara dengan kulit bayi biasanya memiliki keunggulan yaitu rendah iritasi dan bahan detergen yang ringan. Sabun dengan kandungan asam lemah ini direkomendasikan untuk kulit bayi yang halus, ketika sekresi sebum menurun setelah memasuki usia tiga bulan ke atas dengan kondisi kulit yang cenderung tidak stabil.

Namun, hal ini juga membutuhkan perhatian. Tergantung pada bahan kandungan yang digunakan, kandungan detergen dari sabun bayi dapat melekat ke kulit bayi Anda dan memicu alergi. Penting untuk membilasnya secara menyeluruh sampai bersih agar tidak ada residu yang tertinggal, yang dapat menyebabkan masalah pada kulit bayi Anda.

Jenis sabun busa, cair, atau padat? Pilihlah berdasarkan jenis sabunnya

Sabun bayi terdiri dari tiga jenis, yaitu berbentuk busa, cair, dan juga sabun padat. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berubah sesuai dengan usia bayi.

Pilihlah sabun dengan tekstur busa untuk bayi yang baru lahir

Pilihlah sabun dengan tekstur busa untuk bayi yang baru lahir

Sabun bayi dengan tipe busa ini direkomendasikan untuk bayi yang belum bisa duduk dan ibu yang merawat anaknya sendiri tanpa bantuan orang lain. Sabun jenis ini praktis digunakan karena busa akan mudah keluar hanya dengan satu kali pencet.

Karena sudah dalam bentuk busa, sabun ini dapat membersihkan kotoran di tubuh bayi Anda dengan mudah. Tekstur busanya yang tidak licin juga membuat Anda lebih tenang saat memandikan bayi tanpa takut tergelincir.

Namun, dibandingkan dengan tipe cair atau padat, sabun jenis busa ini cenderung lebih mahal. Selain itu, biasanya ada campuran zat aditif yang tercampur dalam sabun busa ini. Sebaiknya cek terlebih dahulu bahan kandungan yang ada di sabun busa sebelum Anda membeli dan menggunakannya untuk bayi Anda.

Jika bayi sudah bisa duduk, gunakanlah sabun cair

Jika bayi sudah bisa duduk, gunakanlah sabun cair

Sabun bayi dengan jenis cair ini lebih mudah mengeluarkan busa dibandingkan dengan sabun padat. Namun, sabun cair cukup sulit jika digunakan dengan satu tangan. Sabun cair ini aman digunakan setelah bayi sudah bisa duduk di kursi mandi.

Oleh karena teksturnya yang cair, sabun ini mudah menempel di bagian mulut botol yang bisa menyebabkan lendir dan jamur. Waktu untuk pembilasan juga lebih lama hingga kulit bayi benar-benar bersih dan kesat. Sabun cair ini kebanyakan mengandung asam lemah, tetapi ada juga beberapa yang mengandung basa. Sebaiknya periksa dengan teliti sebelum membeli sabun cair untuk bayi Anda.

Sabun batang untuk bayi dengan kulit kering

Sabun batang untuk bayi dengan kulit kering

Kelebihan sabun batang adalah hanya sedikit mengandung zat tambahan sehingga akan memberikan efek menyegarkan sesudah mandi. Sabun ini dapat membersihkan keringat dan kotoran di kulit bayi dengan baik. Sabun batang dengan kualitas minyak yang baik juga tidak akan menempel di kulit setelah dibersihkan. Untuk bayi yang memiliki jenis kulit yang kering, kami rekomendasikan sabun batang tanpa bahan kimia.

Namun, sabun batang ini tidak dapat mengeluarkan busa jika tidak Anda usapkan dengan kedua tangan maupun dengan spons mandi sehingga sedikit sulit untuk digunakan. Selain itu, karena sabun batang dapat berubah menjadi basa maka tidak cocok digunakan oleh Anda yang ingin menggunakan sabun batang dengan kandungan asam lemah.

Jangan lupa cek kandungan sabun bayi

Sebelum membeli sabun bayi, sebaiknya periksa terlebih dahulu bahan kandungan dari sabun tersebut agar aman untuk kulit bayi Anda.

Busa, jenis cairan yang mengandung zat kimia

Busa, jenis cairan yang mengandung zat kimia

Asam lemah biasanya ditemukan di dalam sabun bayi dengan jenis busa atau cair dengan air sebagai bahan utama. Karena bahan pembersih biasanya sulit larut dalam air maka digunakan tambahan zat kimia di dalam sabun.

Di antaranya, dipropylene glycol (DPG) dinilai berbahaya dan mengandung racun apabila masuk ke hidung dan mulut yang dapat mempengaruhi sistem saraf di tubuh. Karena itu, cek terlebih dahulu kandungan sabun busa atau cair yang hendak Anda beli.

Aman jika komponen pembersihnya berbahan soap base atau kalium

Aman jika komponen pembersihnya berbahan soap base atau kalium

Selanjutnya, periksa juga bahan-bahan pembersih yang terdapat di dalam sabun bayi. Jika terdapat kandungan soap base atau kalium di dalamnya, sabun bayi tersebut termasuk aman untuk kulit bayi Anda. Selain itu, lauryl glucoside, cocoyl glutamate, sodium lauroyl glutamic acid, sodium lauroyl methyl alanine, sodium cocoyl methyl alanine, dan lain-lain juga merupakan surfaktan yang relatif aman.

Namun, kandungan seperti diethanolamine atau cocamide (DEA), triethanolamine (TEA), sodium lauryl sulfate, dan propylene glycol juga sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk sabun yang dapat berdampak buruk pada bayi. Sodium lauryl sulfate dapat menyebabkan iritasi, serta DEA dan TEA bisa menyebabkan karsinogenik di dalam tubuh. Karena itu, sangat penting untuk memeriksa kandungan bahan yang digunakan di sabun bayi sebelum Anda membelinya.

Periksalah kandungan sabun di bagian kemasan dengan teliti

Periksalah kandungan sabun di bagian kemasan dengan teliti

Jika di kemasan tertulis tidak ada zat aditif, tentunya akan membuat Anda merasa aman. Namun, biarpun tertulis tidak ada zat aditif di dalam sabun bayi, belum tentu tidak mengandung zat aditif sama sekali.

Sebagai contoh, meskipun di kemasannya tertulis tidak mengandung paraben dan pewarna buatan, bukan berarti produk tersebut bebas dari paraben dan pewarna buatan. Namun, ada bahan tambahan lain yang digunakan sebagai pengganti kedua bahan tersebut. Oleh karena itu, sangatlah penting memeriksa kandungan apa saja yang ditambahkan ke dalam sabun sebelum Anda membelinya.

Carilah yang mengandung tambahan aroma minyak alami sebagai pengganti parfum

Carilah yang mengandung tambahan aroma minyak alami sebagai pengganti parfum

Para ibu tentunya menginginkan bayi mereka memiliki aroma yang wangi dan enak untuk dicium. Untuk itu dibutuhkan sabun bayi dengan kandungan minyak esensial yang wangi dan cocok untuk kulit bayi.

Jika bayi Anda memiliki kulit yang sensitif, sabun tanpa wewangian merupakan pilihan yang aman. Wewangian sintetis juga bukan merupakan hal yang bagus untuk kesehatan kulit bayi Anda. Meskipun sabun tersebut memiliki aroma yang Anda sukai, sebaiknya Anda berpikir dahulu sebelum membeli demi kesehatan kulit bayi Anda.

Hati-hati terhadap kandungan pengawet

Hati-hati terhadap kandungan pengawet

Pengawet merupakan salah satu bahan kosmetik. Ada beberapa pengawet yang digunakan dalam produk sabun bayi, seperti methylparaben dan propylparaben. Untuk orang dewasa, kandungan paraben dapat diterima untuk menjaga kualitas produk, tetapi kurang aman jika digunakan untuk bayi.

Baca ulasan produk sebelum membeli

Baca ulasan produk sebelum membeli

Sabun bayi memiliki efek yang berbeda pada setiap bayi yang menggunakannya. Karena itu, selain membaca ulasan mengenai produk sabun bayi, Anda juga perlu memeriksa bahan kandungan yang terdapat di dalamnya. Dengan adanya beberapa ulasan oleh para konsumen akan membuat Anda lebih yakin dalam memilih sabun bayi yang tepat untuk anak Anda.

Namun, fitur seperti sabun busa, wewangian, cara pakai dan lainnya akan cukup sulit dipahami jika hanya berdasarkan ulasan di internet saja. Anda harus mencoba produknya sendiri atau bertanya kepada para konsumen langsung. Anda juga bisa bertanya kepada teman atau kerabat untuk menemukan produk sabun bayi yang tepat.

10 Rekomendasi sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya untuk anak Anda dari bentuk busa, cair, dan juga sabun padat. Selamat memilih!

10. Caladine Baby Bar Soap

10. Caladine Baby Bar Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Kulit bayi mudah iritasi? Tidak lagi berkat Caladine!

Caladine sudah dikenal sejak tahun 1970-an dengan produk antiseptiknya yang dapat mengatasi gatal-gatal akibat biang keringat. Sabun batangan dari Caladine ini mengandung alpha bisabolol yang dapat mengatasi iritasi dan mengurangi kemerahan pada kulit bayi.

Kandungan lidah buaya dan minyak zaitun di dalamnya dapat membantu kesehatan kulit bayi Anda dan menjaganya tetap lembap dan halus. Dengan bahannya yang alami, sabun bayi ini tidak menimbulkan alergi pada kulit bayi, terutama bagi bayi dengan kulit sensitif.

9. Purebaby Wash

9. Purebaby Wash

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Bebas bahan kimia berbahaya dengan dua macam aroma wewangian yang segar

Perpaduan lidah buaya dan ekstrak bunga matahari di dalam sabun ini dapat menjaga kelembapan alami kulit bayi Anda. Selain itu, sabun ini juga tidak menggunakan bahan detergen SLS, paraben, alkohol, dan pewangi sintetis sehingga aman untuk kulit bayi Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari sabun bayi dengan kandungan yang aman.

Sabun ini bisa juga digunakan untuk mencuci rambut dan membersihkan seluruh tubuh bayi Anda. Terdapat dua macam aroma yang bisa Anda pilih, yaitu fruity dengan wewangian buah dan freshy dengan wewangian floral yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

8. Mothercare Little Softie Top To Toe Wash

8. Mothercare Little Softie Top To Toe Wash

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.800

Halus dan lembut untuk kulit sensitif newborn baby

Siapa yang tidak mengenal Mothercare? Merek ini sudah memproduksi berbagai macam keperluan ibu dan anak dengan kualitas yang tidak perlu diragukan. Mothercare memproduksi sabun yang dapat digunakan oleh bayi yang baru lahir, dan sudah teruji oleh ahli dermatologi dan direkomendasikan oleh dokter anak.

Sabun ini bebas paraben dan juga tidak perih di mata, membuat Anda merasa tenang memandikan bayi Anda tanpa rasa khawatir mata anak Anda akan terasa perih. Kemasannya yang 500 ml dapat Anda gunakan untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga akan menghemat pengeluaran Anda.

7.  Cussons Baby Soap Bar

7.  Cussons Baby Soap Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000

Tiga varian aroma lembut akan menjaga kesehatan kulit anak Anda!

Sabun batang dari Cussons ini terdiri dari tiga macam yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit dan usia bayi Anda. Milk & Chamomile wangi khas bayi untuk bayi yang baru lahir, Almond & Rose Oil dengan wangi bunga lembut, serta Blueberry & Yoghurt wangi buah segar untuk melembapkan kulit bayi dalam masa pertumbuhan.

Sabun bayi ini diproses sedemikian rupa dengan formula yang aman untuk bayi tercinta Anda dan dapat membantu menjaga kesehatan kulitnya. Sabun Cussons ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit bayi dan diklaim tidak akan membuat iritasi di kulit.

6. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

6. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 88.000

Kulit si kecil jadi lebih sehat berkat sabun soap free ini!

Sabun sekaligus sampo bayi ini mengandung gliserol dan panthenol yang dapat membuat kulit bayi lebih sehat dan lebih halus. Sabun ini memiliki kandungan pH seimbang yang dapat membersihkan kulit bayi secara menyeluruh dengan aman. Wanginya yang lembut juga membantu Anda merasa rileks saat memandikan bayi.

Formulanya yang bebas sabun membuat produk ini cocok digunakan oleh bayi yang memiliki masalah kulit sensitif. Menggunakan sabun ini secara rutin dapat membuat kulit bayi Anda terbebas dari debu dan kulit senantiasa terlindungi secara penuh.

5. Sebamed Baby Bubble Bath

5. Sebamed Baby Bubble Bath

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 105.000

Atasi berbagai masalah kulit buah hati Anda dengan produk ini!

Sabun dari Sebamed ini memiliki formula busa yang aman, membuat saat-saat mandi menjadi menyenangkan untuk bayi Anda. Sabun ini tidak perih di mata dan dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir. Kandungan kamomilnya akan membuat bayi Anda merasa rileks dengan aroma yang menenangkan.

Pembersih tubuh yang sangat lembut ini ditujukan untuk bayi yang memiliki masalah kulit seperti alergi, milliariasis, psoriasis, dan juga eczema. Menggunakan sabun ini secara rutin akan membuat kulit buah hati Anda lebih sehat, halus, dan tidak terasa kering.

4. Johnson’s Baby Top-to-Toe Wash

4. Johnson's Baby Top-to-Toe Wash

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

From head to toe! Membersihkan secara menyeluruh

Sabun sekaligus sampo ini dapat digunakan untuk membersihkan tubuh dan rambut bayi dengan lembut dan tidak membuat iritasi di kulit. Kadar pH yang seimbang membuat kulit bayi tetap halus dan juga lembap sepanjang hari. Tekstur cairnya tidak menimbulkan residu di kulit dan cocok untuk bayi Anda yang sudah bisa duduk.

Sabun ini juga tidak perih di mata sehingga aman untuk bayi yang baru lahir. Selain kemasan 500 mililiter, produk ini juga tersedia dalam ukuran 100 mililiter, 200 mililiter, dan 400 mililiter. Sabun dengan ukuran 100 mililiter akan berguna jika Anda bepergian dengan bayi Anda ke luar kota.

3. Pigeon Baby Foam Soap

3. Pigeon Baby Foam Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 302.500

Kandungan vernix dan ceramide akan melindungi kulit bayi dari kekeringan!

Di urutan ketiga, kami merekomendasikan Pigeon Baby Foam Soap untuk Anda. Dengan teknologi Jepang, sabun bayi foam ini menggunakan kandungan pelembap vernix yang berperan sebagai pelindung alami kulit bayi yang baru lahir.

Sabun ini dapat membantu membuat kulit bayi tetap halus dan terhindar dari kekeringan berkat kandungan ceramide di dalamnya. Kandungannya yang bebas pewangi dan pewarna membuat sabun ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit bayi. Cukup dengan satu pump sudah membuat kulit bayi Anda bersih dan juga lembut.

2. Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon

2. Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.500

Tubuh bayi rileks dan hangat berkat campuran minyak telon

Zwitsal sudah hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia dengan produk perawatan bayi yang cukup lengkap. Kini Zwitsal juga mengeluarkan sabun cair dengan campuran minyak telon yang dapat memberikan kehangatan kepada buah hati Anda setelah mandi.

Terbuat dari bahan alami, sabun Zwitsal ini dapat memberikan efek relaksasi untuk bayi Anda dan juga membuatnya tenang. Aroma minyak telonnya yang harum juga membuat Anda menjadi tenang setelah seharian lelah beraktivitas.

1. Buds Organics For Baby Super Soothing Hydrating Cleanser

1. Buds Organics For Baby Super Soothing Hydrating Cleanser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 479.900

Sabun organik yang aman untuk bayi yang alergi dan sensitif!

Sabun mandi yang terbuat dari bahan organik ini dapat membantu menyembuhkan kulit bayi Anda dari penyakit seperti eksim. Berkat kandungan probiotik di dalamnya, produk ini dapat meningkatkan daya tahan kulit bayi yang alergi dan sensitif, serta dapat melawan kuman.

Selain itu, kandungan lidah buaya dan vitamin E membuat kulit bayi Anda menjadi lembut dan ternutrisi. Sabun mandi ini juga tidak menggunakan pewangi buatan dan bahan kimia lainnya yang berbahaya untuk kulit bayi. Cocok untuk para ibu yang mementingkan kesehatan kulit bayi yang sensitif!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan beberapa produk sabun bayi untuk Anda pilih. Bagaimana menurut Anda? Semoga dengan membaca penjelasan kami ini dapat membantu Anda untuk menemukan sabun bayi yang tepat. Dengan sabun mandi bayi yang tepat, saat-saat memandikan bayi Anda pun akan lebih menyenangkan, dan kulit bayi Anda akan bersih serta sehat. Selamat memilih!