• 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)

Kulit bayi tergolong masih sensitif dan membutuhkan pembersih yang ringan. Jadi, segala sesuatu yang menyentuh kulit bayi harus benar-benar diperhatikan kandungannya, salah satunya sabun mandi. Anda tentu ingin mencari sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya. Hal ini terutama jika Anda memiliki bayi yang baru lahir. 

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus. Kami juga akan memberi rekomendasi sabun bayi dari berbagai merek, seperti Pigeon, Zwitsal, JOHNSON'S. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ony Christy
Dona Handayani
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun bayi yang aman dan tepercaya

Kulit bayi sangat lembut dan cenderung lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Kulit bayi juga akan mengalami perubahan seiring pertambahan usia. Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih sabun yang sesuai dengan kulit bayi Anda. 

Pilihlah sabun dengan derajat keasaman (pH) yang sesuai kulit bayi

Tidak hanya sabun bayi, sabun biasa juga memiliki tiga tingkatan derajat keasaman pH (ion hidrogen), yaitu asam lemah, basa lemah, dan basa. Kami akan menjelaskan secara detail agar Anda dapat menemukan sabun bayi yang tepat.

Basa, mampu menghilangkan kotoran dengan baik

Basa, mampu menghilangkan kotoran dengan baik
Sabun yang bersifat basa biasanya berbentuk padat. Jenis ini umumnya menghasilkan banyak busa, membersihkan dengan baik, dan mudah dibilas. Kulit bayi cenderung mudah kotor dan berkeringat. Terutama bayi berusia 0–3 bulan, sekresi sebum di kulit cukup sering terjadi dan cenderung menjadi eksem jika tidak dibersihkan. Untuk itulah, sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit bayi Anda.

Akan tetapi, penggunaan sabun memiliki efek berbeda untuk setiap kondisi kulit. Dibandingkan jenis sabun yang bersifat asam lemah, sabun dengan sifat basa dapat menyebabkan kulit terasa kesat. Selain itu, tipe ini dapat membuat kulit bayi menjadi kering, bahkan kasar. Jadi, pilihlah sabun yang sesuai dengan kondisi kulit bayi Anda.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Kulit bayi cenderung lebih sensitif dan mudah terkena iritasi. Hal tersebut sangat mungkin menyebabkan bayi terkena masalah kulit, seperti ruam, biang keringat, eksem, jerawat, dan lainnya.


Sehubungan dengan itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan kulit bayi. Namun, sebaiknya Anda tetap memperhatikan kondisi kulit bayi dan tidak perlu terlalu berlebihan saat memandikannya. Jika kulit bayi menjadi terlalu kering, Anda bisa mengoleskan baby lotion pada kulitnya atau mengganti sabunnya dengan jenis lain.

Asam lemah, sesuai dengan pH alami kulit bayi

Asam lemah, sesuai dengan pH alami kulit bayi
Di sisi lain, sabun bayi dengan sifat asam lemah yang setara dengan pH kulit bayi biasanya rendah iritasi. Sabun tipe ini direkomendasikan untuk kulit bayi yang masih begitu halus. Terlebih lagi, sekresi sebum biasanya menurun dengan cepat setelah memasuki usia 3 bulan ke atas. Akibatnya, kondisi kulit pun menjadi cenderung tidak stabil.

Namun, hal ini juga membutuhkan perhatian khusus. Detergen dan beberapa kandungan lainnya dari sabun bayi dapat melekat ke kulit bayi sehingga memicu alergi. Bilaslah kulit bayi secara menyeluruh hingga bersih agar tidak ada residu yang tertinggal.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Beberapa waktu setelah lahir, permukaan kulit bayi berubah dari pH netral menjadi pH agak asam. Lapisan asam pada kulit bayi ini berfungsi sebagai pelindung sehingga sebaiknya gunakan sabun bayi yang pH-nya mendekati pH kulit. Dengan demikian, sabun bayi tersebut tidak merusak lapisan asam pada kulit bayi.

Sesuaikan jenis sabun dengan kondisi kulit bayi

Dilihat dari wujudnya, ada tiga jenis sabun bayi, yaitu busa, cair, dan padat. Tiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan, serta tingkat kemudahan penggunaan yang berbeda tergantung usia bayi.

Sabun busa, untuk bayi yang baru lahir

Sabun busa, untuk bayi yang baru lahir

Jenis ini praktis digunakan karena sabun sudah berbentuk busa tanpa perlu ditambah air sekalipun. Berhubung sudah dalam wujud busa, sabun ini dapat membersihkan kotoran di tubuh bayi dengan mudah. Berkat hal tersebut pula, sabun jenis ini lebih mudah dibilas.


Namun, dibandingkan sabun bayi cair atau padat, sabun jenis busa memiliki harga lebih tinggi. Selain itu, biasanya terdapat lebih banyak zat aditif yang tercampur dalam sabun busa. Pastikan untuk memeriksa kandungan yang ada di dalam sabun sebelum Anda membelinya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sabun busa sangat cocok untuk bayi pada masa awal kelahiran karena biasanya Anda masih belajar untuk memandikan bayi. Sabun jenis ini cukup praktis digunakan dan mudah dibersihkan.


Jika Anda masih belum berani memandikan bayi dengan menggunakan ember, Anda bisa menggunakan waslap dan memandikan bayi di tempat tidur. Pastikan untuk membilas bayi hingga bersih dan menggunakan waslap yang berbeda untuk sabun dan air bersih.

Sabun cair, untuk bayi yang sudah bisa duduk

Sabun cair, untuk bayi yang sudah bisa duduk
Sabun bayi dengan wujud cair lebih mudah menghasilkan busa dibandingkan sabun batang. Namun, sabun cair cukup sulit digunakan hanya dengan satu tangan. Sabun jenis ini lebih aman dipakai setelah bayi bisa duduk tanpa harus disangga dengan tangan Anda.

Karena teksturnya cair, sabun ini mudah menempel di bagian mulut botol. Hal tersebut bisa menyebabkan jamur berkembang biak. Selain itu, diperlukan waktu cukup lama untuk membilas kulit bayi sampai benar-benar bersih dan kesat. Sabun cair kebanyakan bersifat asam lemah, tetapi ada juga yang bersifat basa.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Jika bayi sudah mulai bisa menopang kepalanya dengan tegak, Anda bisa menggunakan baby bath tub atau ember khusus untuk memandikan bayi. Dengan cara ini, Anda bisa menggunakan sabun cair yang biasanya lebih lembap untuk kulit.


Namun, sabun cair lebih sulit untuk dibilas. Jadi, pastikan Anda membaca petunjuk dalam kemasan dan mengecek kandungan sabun sebelum menggunakannya agar bayi terhindar dari alergi. 

Sabun batang, untuk bayi dengan kulit sensitif

Sabun batang, untuk bayi dengan kulit sensitif
Sabun batang mengandung sedikit zat aditif dan mudah dibilas hingga bersih. Selain itu, produk dengan kandungan minyak yang berkualitas dapat membersihkan keringat dan kotoran di kulit bayi dengan baik. Sabun seperti ini juga tidak akan menyebabkan kulit terasa seperti tertarik. Sabun batang tanpa zat aditif tentunya lebih aman bagi kulit bayi yang sensitif.

Namun, sabun batang tidak dapat menghasilkan busa jika tidak digosok dengan kedua tangan atau menggunakan spons mandi. Karena itu, jenis ini mungkin kurang praktis untuk digunakan. Selain itu, sabun batang umumnya bersifat basa sehingga kurang pas jika Anda ingin menggunakan sabun yang bersifat asam lemah.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sabun batang biasanya cenderung kesat dan menyebabkan kulit bayi kering. Oleh karena itu, sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan kandungan dalam sabun batang tersebut sebelum menggunakannya untuk bayi Anda. Selain itu, sabun batang sebaiknya juga disimpan dalam wadah yang baik dan tertutup. Permukaan sabun dapat menjadi kotor dan berubah jika tidak disimpan dengan baik.

Periksa juga kandungan bahan yang digunakan

Terdapat berbagai bahan yang terkandung dalam sabun bayi. Sebelum membeli sabun bayi, periksalah terlebih dahulu kandungannya agar aman untuk kulit bayi Anda.

Zat kimia dalam sabun busa atau cair, minimalkan risiko kesehatan

Zat kimia dalam sabun busa atau cair, minimalkan risiko kesehatan
Asam lemah biasanya ditemukan di dalam sabun bayi jenis busa atau cair dengan air sebagai bahan utama. Karena bahan pembersih biasanya sulit larut dalam air, ditambahkanlah zat kimia ke dalam sabun.

Zat kimia tersebut adalah dipropylene glycol (DPG) yang dinilai dapat menyebabkan risiko kesehatan bagi bayi. Jika sampai masuk ke hidung dan mulut, zat ini dapat memengaruhi sistem saraf di tubuh. Karena itu, periksalah terlebih dahulu kandungan sabun busa atau cair yang hendak Anda beli.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Dalam memilih produk untuk bayi, tentunya kita perlu memperhatikan kandungan kimia yang ada di dalamnya. Hal ini mengingat kondisi bayi yang masih sangat sensitif dan mudah mengalami reaksi alergi atau iritasi. Jika kulit bayi mudah mengalami iritasi atau masalah kulit, Anda bisa memilih sabun berbahan alami yang biasanya lebih aman.

Komponen pembersih berbahan kalium atau sodium, aman untuk bayi

Komponen pembersih berbahan kalium atau sodium, aman untuk bayi
Selanjutnya, periksa juga bahan-bahan pembersih yang terdapat di dalam sabun bayi. Jika terdapat kandungan berbahan kalium atau sodium di dalamnya, sabun bayi tersebut termasuk aman untuk kulit bayi. Lauryl glucoside, sodium cocoyl glutamate, sodium lauroyl glutamate, sodium lauroyl methyl alanine, sodium cocoyl methylalanine juga relatif aman.

Namun, kandungan cocamide diethanolamine (DEA) dan triethanolamine (TEA) yang juga sering ditemukan dalam sabun bayi dapat berdampak buruk. Cocamide DEA bisa menyebabkan iritasi, sedangkan TEA dapat menjadi zat karsinogenik bagi tubuh.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) maupun sodium laureth sulphate (SLES) pada produk bayi juga sebaiknya dihindari. Kandungan SLS dan SLES dapat menyebabkan peradangan pada kulit, terutama bagi kulit bayi yang sensitif. Biasanya, SLS dan SLES digunakan untuk menghasilkan busa.

Kandungan zat aditif, bisa memengaruhi kesehatan bayi

Kandungan zat aditif, bisa memengaruhi kesehatan bayi
Jika di kemasannya tertulis tidak ada zat aditif, Anda mungkin akan merasa produk tersebut aman. Namun, belum tentu di dalamnya tidak terkandung zat aditif sama sekali.

Sebagai contoh, meski terdapat keterangan bebas paraben atau pewarna buatan, bukan berarti produk tersebut bebas dari bahan-bahan tersebut. Tentu akan ada bahan tambahan lain yang digunakan sebagai pengganti kedua bahan tersebut.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sabun tidak hanya berguna untuk menjaga kebersihan, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meneliti sebelum menggunakan produk bayi. Cek apakah produk tersebut mengandung bahan-bahan berikut ini:

  • Triclosan dan triclocarban
  • DEA (diethanolamine)
  • MEA (monoethanolamine)
  • TEA (triethanolamine)
  • Phthalates dan parabens
  • Fragrance
  • SLS (sodium lauryl sulfate) dan SLES (sodium laureth sulfate)
  • Retinyl palmitate
  • DMDM hydantoin
  • Polyethylene glycol dan propylene glycol
  • Cocamidopropyl betaine
  • Quaternium-15
  • Potassium sorbate
  • Tocopheryl acetate
  • Sodium benzoate
  • Sodium lactate
  • Phenoxyethanol
  • Petrochemicals

Bahan-bahan tersebut sebaiknya diperhatikan dan dihindari karena dapat berbahaya bagi kulit bayi yang sensitif.

Minyak esensial alami, dapat dijadikan pengganti parfum

Minyak esensial alami, dapat dijadikan pengganti parfum
Memandikan bayi dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika sabunnya memiliki aroma harum menenangkan. Untuk itu, Anda dapat memilih sabun bayi dengan kandungan minyak esensial yang wangi serta ramah bagi kulit bayi.

Namun, jika bayi Anda memiliki kulit sensitif, sabun tanpa wewangian merupakan pilihan yang paling aman. Wewangian sintetis kurang bagus untuk kesehatan kulit bayi Anda. Meski sabun tersebut memiliki aroma yang Anda sukai, Anda perlu berpikir ulang sebelum membelinya demi kesehatan kulit bayi.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Memandikan bayi dengan sabun yang memiliki aroma yang harum dan menenangkan tentunya menyenangkan. Namun, jika yang digunakan adalah pengharum buatan, hal ini bisa saja justru menyebabkan kulit iritasi dan berbahaya bagi bayi. Aroma yang terlalu kuat dan keras juga bisa menyebabkan rangsangan yang berlebihan pada indra penciuman bayi.

Sabun tanpa kandungan paraben, lebih aman untuk kulit bayi

Sabun tanpa kandungan paraben, lebih aman untuk kulit bayi
Ada beberapa pengawet yang digunakan dalam produk sabun bayi, seperti methylparaben dan propylparaben. Untuk orang dewasa, kandungan paraben masih dapat diterima asalkan dalam jumlah yang wajar. Namun, kandungan ini kurang aman jika digunakan untuk kulit bayi. Jadi, ada baiknya jika Anda memilih sabun bayi yang bebas paraben.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain pengawet yang digunakan pada produk. Perhatikan juga berapa lama produk tersebut bisa digunakan setelah dibuka, berapa lama waktu simpannya, tanggal kedaluwarsa, dan cara penyimpanannya. Jangan sampai Anda menggunakan produk bayi yang sudah rusak atau kedaluwarsa karena tentunya bahaya bagi bayi.

Bacalah ulasan dari konsumen lain sebelum membeli produk

Bacalah ulasan dari konsumen lain sebelum membeli produk
Sabun bayi memiliki efek berbeda untuk setiap bayi yang menggunakannya. Karena itu, Anda perlu mencermati kandungan bahan yang terdapat di dalamnya sambil membaca ulasan mengenai produk tersebut. 

Namun, banyaknya busa, aroma, kemudahan pemakaian, dan lainnya hanya akan dipahami oleh konsumen yang sudah menggunakannya. Jadi, pertimbangkanlah review konsumen sebelum memutuskan membeli sabun produk yang tepat bagi bayi Anda.

10 Rekomendasi sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 12 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa JOHNSON'S Cotton Touch Top-To-Toe Wash memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Sanofi Lactacyd Baby yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

Gambar produk
1
JOHNSON'S Cotton Touch Top-To-Toe Wash 1

JOHNSON'S

2
Zwitsal  Natural Baby Bath with Minyak Telon 1

Zwitsal

3
Cussons Baby Bar Soap 1

Cussons Baby

4
Buds Organics Super Soothing Hydrating Cleanser 1

Buds Organics

5
Sanofi Lactacyd Baby 1

Sanofi

6
Galderma Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo 1

Galderma

7
Sebamed  Baby Bubble Bath 1

Sebamed

8
Pigeon  Baby Liquid Soap 1

Pigeon

9
Galenium  Caladine Baby Bar Soap 1

Galenium

10
Pure Premium Care PureBB Wash 1

Pure Premium Care

Nama produk

Cotton Touch Top-To-Toe Wash

Natural Baby Bath with Minyak Telon

Bar Soap

Super Soothing Hydrating Cleanser

Lactacyd Baby

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Baby Bubble Bath

Baby Liquid Soap

Caladine Baby Bar Soap

PureBB Wash

Keunggulan

From head to toe! Lebih praktis membersihkan seluruh tubuh

Tubuh bayi tetap hangat dan relaks berkat tambahan minyak telon

Tersedia dalam empat varian menyegarkan

Sabun organik untuk basmi bakteri penyebab kulit alergi dan sensitif

Formula yang lembut untuk seluruh tubuh, bahkan bagi bayi baru lahir

Aman untuk kulit sensitif dengan kandungan soap-free

Atasi berbagai masalah kulit buah hati Anda dengan satu produk

Tidak mengandung SLS, cocok untuk kulit kering

Mengatasi biang keringat pada kulit bayi

Bebas zat aditif berbahaya dan efektif menjaga kelembapan alami kulit bayi

Harga mulai dariRp 21.160,00Rp 26.900,00Rp 3.650,00Rp 289.900,00Rp 31.700,00Rp 136.300,00Rp 160.000,00Rp 16.100,00Rp 14.000,00Rp 41.400,00
Kandungan utamaKapas alami, decyl glucoside, citric acidMinyak telon, glycerin, cocamidopropyl betaine, chamomile extract, lactic acid, bisabololSoft & smooth: almond milk, rose oil・Fresh & nourish: blueberry extract, yoghurt, vitamin E・Mild & gentle: milk, chamomile・Protect care antibacterial: tea tree oilAloe vera, lavender oil, jojoba seed oil, sunflower seed oil, shea butter, tea tree oilLactic acid, lactoserum, cocamidopropyl betaineCocamidopropyl betaine, glycerin, coco-glucoside, panthenol, heliotropine, propylene glycolChamomile, plant extract, panthenol, lipid complex, squalane, lecithinGlycerin, jojoba, chamomileGlycerin, olive oil, alpha bisabolol, provitamin B5, Aloe vera, calamineProvitamin B5, celery extract, coconut, Aloe vera, sunflower extract
Tipe pHAsam lemahAsam lemahTidak diketahuiTidak diketahuiAsam lemah (pH 5,5)Asam lemahAsam lemahAsam lemah (pH 5,5)Tidak diketahuiAsam lemah (pH 5,5)
Pilihan isi200 ml, 375 ml, 500 ml200 ml, 250 ml, 300 ml75 g, 100 g225 ml, 425 ml60 ml, 150 ml, 250 ml230 ml, 400 ml200 ml, 500 ml, 1.000 ml100 ml, 200 ml, 350 ml, 400 ml85 g80 ml, 230 ml, 450 ml
Tautan produk
10

Pure Premium CarePureBB Wash

80 ml

Mulai dari Rp 41.400,00

Kandungan utamaProvitamin B5, celery extract, coconut, Aloe vera, sunflower extract
Tipe pHAsam lemah (pH 5,5)
Pilihan isi80 ml, 230 ml, 450 ml
9
Kandungan utamaGlycerin, olive oil, alpha bisabolol, provitamin B5, Aloe vera, calamine
Tipe pHTidak diketahui
Pilihan isi85 g
8
Kandungan utamaGlycerin, jojoba, chamomile
Tipe pHAsam lemah (pH 5,5)
Pilihan isi100 ml, 200 ml, 350 ml, 400 ml
7
Kandungan utamaChamomile, plant extract, panthenol, lipid complex, squalane, lecithin
Tipe pHAsam lemah
Pilihan isi200 ml, 500 ml, 1.000 ml
6

GaldermaCetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Mulai dari Rp 136.300,00

Kandungan utamaCocamidopropyl betaine, glycerin, coco-glucoside, panthenol, heliotropine, propylene glycol
Tipe pHAsam lemah
Pilihan isi230 ml, 400 ml
5
Kandungan utamaLactic acid, lactoserum, cocamidopropyl betaine
Tipe pHAsam lemah (pH 5,5)
Pilihan isi60 ml, 150 ml, 250 ml
4

Buds OrganicsSuper Soothing Hydrating Cleanser

Mulai dari Rp 289.900,00

Kandungan utamaAloe vera, lavender oil, jojoba seed oil, sunflower seed oil, shea butter, tea tree oil
Tipe pHTidak diketahui
Pilihan isi225 ml, 425 ml
3
Kandungan utamaSoft & smooth: almond milk, rose oil・Fresh & nourish: blueberry extract, yoghurt, vitamin E・Mild & gentle: milk, chamomile・Protect care antibacterial: tea tree oil
Tipe pHTidak diketahui
Pilihan isi75 g, 100 g
2

Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon

Mulai dari Rp 26.900,00

Kandungan utamaMinyak telon, glycerin, cocamidopropyl betaine, chamomile extract, lactic acid, bisabolol
Tipe pHAsam lemah
Pilihan isi200 ml, 250 ml, 300 ml
1

JOHNSON'SCotton Touch Top-To-Toe Wash

500 ml

Mulai dari Rp 21.160,00

Kandungan utamaKapas alami, decyl glucoside, citric acid
Tipe pHAsam lemah
Pilihan isi200 ml, 375 ml, 500 ml

Memilih dan menggunakan sabun bayi dengan tepat

Sudah menentukan sabun mandi yang tepat untuk bayi Anda? Anda mungkin mengira-ngira sampai kapan anak harus menggunakan sabun bayi? Silakan baca penjelasan dari kami. Ada juga tips tambahan dari pakar untuk memilih sabun bayi yang tepat, lho. 

Sampai usia berapa bayi perlu menggunakan sabun khusus bayi?

Sampai usia berapa bayi perlu menggunakan sabun khusus bayi?

Sebagian orang tua mungkin mulai beralih menggunakan sabun untuk anak-anak ketika buah hatinya sudah menginjak usia 1–3 tahun. Namun, hal tersebut dapat berbeda tergantung kondisi tiap orang.


Buah hati Anda bisa mulai menggunakan sabun anak-anak atau sabun dewasa jika mereka sudah aktif bermain di luar ruangan. Anda juga bisa beralih saat si kecil sudah tidak lagi menjilat busa atau melakukan hal berisiko lainnya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat anak sudah makin besar dan mengeksplorasi lingkungan sekitar, biasanya anak akan lebih mudah terpapar kuman. Hal tersebut menyebabkan anak membutuhkan sabun yang bisa memberikan daya bersih ekstra. 


Saat ingin beralih dari sabun bayi ke sabun dewasa, sebaiknya lakukan bertahap dan perhatikan reaksi bayi. Orang tua juga bisa memilih sabun anak-anak terlebih dahulu sebelum langsung beralih ke sabun dewasa. Hal ini berkaitan dengan kandungan sabun anak-anak yang biasanya lebih pas dan wanginya disukai anak-anak.

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Sabun bayi biasanya mengandung berbagai minyak, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak almon, atau minyak rosemary. Selain itu, sabun bayi juga mengandung pengawet, sodium hidroksida, sodium gluconate, sodium palmate. Anda juga dapat menemukan kandungan bahan alami, seperti shea butter, chamomile, dan lain-lain.


Saat memilih sabun bayi, Anda perlu memperhatikan kandungan apa saja yang ada di dalam produk tersebut. Selain itu, perhatikan juga periode kedaluwarsa, peringatan yang ada dalam kemasan, deskripsi produk, dan lamanya penyimpanan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan mandi untuk bayi lainnya di sini

Selain sabun bayi, mungkin Anda juga sedang mencari sampo atau perlengkapan mandi lainnya untuk bayi Anda. Silakan baca juga artikel rekomendasi berikut ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan produk sabun bayi pilihan untuk Anda. Apakah Anda telah menemukan sabun bayi yang sekiranya pas untuk si buah hati?

Dengan sabun mandi bayi yang tepat, saat-saat memandikan bayi Anda pun akan lebih menyenangkan. Bayi Anda pun tetap sehat dan terbebas dari kotoran serta bakteri setiap harinya. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi bagi Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Di pasaran terdapat berbagai produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape. Kami akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan.Kami akan merekomendasikan berbagai jenis gendongan bayi, termasuk gendongan SSC terbaik, dari merek Momaz, Mooi, Timang, dan lainnya. Rekomendasi gendongan bayi newborn yang bagus juga kami berikan. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori