mybest
Pasta gigi

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023)

Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau anti-inflamasi.

Kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merek. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.

Diperbaharui 11-30-2022
drg. Endah Nur Aini
Pakar
Dentist
drg. Endah Nur Aini

drg. Endah Nur Aini Endra Rukmana adalah seorang dokter gigi umum lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. Beliau telah menyelesaikan studinya di tahun 2018. Wanita yang kerap disapa dokter Endah ini saat ini bekerja di sebuah klinik gigi swasta di daerah Yogyakarta. Anda bisa menyapa beliau di akun Instagram-nya.

Profil drg. Endah Nur Aini
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar dalam artikel ini meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Apa saja masalah gusi yang sering terjadi?

Apa saja masalah gusi yang sering terjadi?
Pada dasarnya, kemunculan berbagai masalah gusi adalah akibat kurang terjaganya kebersihan mulut. Jika Anda kurang disiplin dalam merawat kesehatan mulut, bakteri penyebab berbagai masalah gusi akan cepat berkembang biak.

Gusi yang sehat memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Berwarna merah muda atau pink dengan tekstur yang halus;
  • Agak kenyal saat ditekan; dan
  • Tidak mudah berdarah saat sikat gigi.

Penyebab munculnya masalah gusi antara lain:

  • Kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga

Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik dapat menyebabkan menempelnya sisa makanan serta bakteri. Sisa makanan dan bakteri menempel terutama di bagian leher gigi, yaitu perbatasan antara mahkota gigi dengan gusi. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Apabila tidak ditangani dengan serius, peradangan pada gusi dapat berlanjut menjadi abses atau infeksi bakteri.


  • Penyikatan gigi yang tidak tepat

Penyikatan gigi yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan gusi terluka atau seriawan. Selain itu, penyikatan gigi tidak tepat juga dapat menyebabkan menurunnya ketinggian gusi dan tulang gigi sehingga berisiko membuat gigi goyah.


Tanda-tanda gusi bermasalah antara lain:

  • Seriawan

Salah satu masalah gusi yang sering terjadi adalah seriawan. Banyak orang menganggap seriawan muncul akibat luka biasa dan menyepelekannya. Faktanya, keberadaan seriawan bisa saja menunjukkan bahwa ada banyak kuman dan bakteri yang sedang bersarang di rongga mulut. Jika dibiarkan begitu saja, bakteri ini akan menginfeksi gusi sehingga menyebabkan gusi berdarah.


  • Munculnya plak

Selain itu, keberadaan plak yang menempel di sela-sela gusi dan gigi juga merupakan pertanda akan datangnya masalah gusi. Plak merupakan kumpulan bakteri lengket yang berasal dari sisa-sisa makanan dan telah lama menumpuk. Bila tidak segera dibersihkan, bakteri ini akan mengikis gusi sehingga mengakibatkan radang gusi dan gusi bengkak.


Jika telah merasakan munculnya masalah gusi, ada baiknya Anda segera menggunakan pasta gigi khusus untuk masalah gusi. Dengan begitu, proses penyikatan gigi dapat lebih terfokus untuk mengatasi masalah gusi terlebih dahulu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi

Menurut ahli, ada tiga poin utama yang harus diperhatikan saat akan memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Mari simak setiap poinnya dengan saksama agar Anda tidak salah saat membeli produk.

① Kenali bahan yang efektif mengatasi masalah gusi

Poin utama dalam memilih pasta gigi untuk mengatasi masalah gusi adalah memastikan keberadaan bahan aktif yang sesuai kebutuhan. Ada bahan yang berperan untuk membunuh bakteri, ada pula yang berfungsi untuk memperbaiki kondisi gusi. Harap perhatikan penjelasan kami di bawah ini.

Bahan antibakteri, mencegah munculnya penyakit periodontal

Bahan antibakteri, mencegah munculnya penyakit periodontal

Rongga mulut yang sehat terdapat flora normal bakteri yang dapat membantu dalam proses pencernaan. Sisa makanan dapat menyebabkan ketidakseimbangan flora normal pada mulut sehingga aktivitas bakteri dapat meningkat. Kandungan antibakteri pada pasta gigi dapat berfungsi untuk mengurangi bakteri yang berlebihan sehingga tidak terjadi peradangan pada gusi.


Untuk mencegah munculnya masalah periodontal, gunakan pasta gigi yang mengandung bahan obat. Bahan obat tersebut berfungsi untuk menghilangkan bakteri sekaligus mencegahnya datang kembali.


Beberapa bahan obat yang sering digunakan yakni:

  • Isopropyl methylphenol (IPMP)
  • Cetylpyridinium chloride (CPC)
  • Chlorhexidine hydrochloride (CHX)

Isopropyl methylphenol sendiri memiliki kemampuan untuk mengangkat plak yang menempel pada kantong periodontal antara gigi dan gusi. Selain itu, ada juga bahan lauryl sarcosine sodium (LSS) yang efektif sebagai pengendali halitosis atau bau mulut. Pasta gigi yang diperkaya vitamin E (tocopherol acetate) juga bisa menjadi pilihan karena ampuh melindungi gusi.

Bahan anti-inflamasi, meredakan gusi bengkak dan berdarah

Bahan anti-inflamasi, meredakan gusi bengkak dan berdarah

Peradangan pada gusi ditandai dengan adanya kemerahan, pembengkakan, rasa nyeri, dan mudah berdarah. Bahan anti-inflamasi pada pasta gigi dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada gusi. Jika sudah terjadi peradangan pada gusi, pilihlah pasta gigi memiliki kemampuan untuk meredakan pembengkakan dan pendarahan pada gusi. 


Bahan yang dapat meredakan peradangan gusi antara lain:

  • Tranexamic acid (TXA)
  • Glycolic acid
  • Klorheksidin

Bila Anda kesulitan menemukan pasta gigi dengan kandungan di atas, tak perlu khawatir! Anda bisa memilih pasta gigi yang mengandung bahan alami, seperti chamomile, peppermint, dan daun sirih. Ketiganya kaya akan agen anti-inflamasi sehingga efektif mengatasi gusi berdarah hingga gusi yang sering bengkak.

② Pilih pasta gigi dengan sifat abrasif rendah agar tidak menyakiti gigi

Pilih pasta gigi dengan sifat abrasif rendah agar tidak menyakiti gigi

Bahan abrasif adalah zat yang digunakan untuk mengasah atau memoles. Kandungan bahan abrasif pada pasta gigi sebaiknya berkisar antara 20–50% dari pasta gigi. Komposisi bahan abrasif yang terlalu banyak dengan penyikatan yang keras akan menyebabkan terkikisnya lapisan terluar gigi (email). Hal tersebut akan menyebabkan gigi ngilu dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Jika Anda memiliki penyakit periodontal atau gejala hipersensitivitas, keberadaan bahan ini dapat makin merusak gigi dan gusi. Pada kemasan pasta gigi, bahan abrasif biasanya dituliskan sebagai calcium hydrogen phosphate atau calcium carbonate.


Namun, bahan abrasif juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda pada gigi. Jika Anda memiliki permasalahan ini, gunakan pasta gigi berbahan abrasif seminggu sekali. Setelah terbiasa, Anda bisa menambah frekuensinya sesuai kebutuhan. Penggunaan sikat gigi elektrik (sonic) yang dapat menimbulkan gesekan tinggi juga cenderung merusak gigi dan gusi. Perhatikan hal ini juga, ya.

③ Usahakan untuk memilih produk yang menghasilkan sedikit busa

Usahakan untuk memilih produk yang menghasilkan sedikit busa

Sebenarnya, busa dari pasta gigi tidak memiliki efek langsung baik terhadap masalah gusi maupun gigi. Keberadaan busa justru berperan untuk menyebarkan bahan aktif dalam pasta gigi ke seluruh mulut. Efek busa pada pasta gigi dihasilkan oleh zat surfaktan yang bermanfaat dalam membersihkan gigi


Zat surfaktan melarutkan plak gigi serta dapat membantu menyebarkan rasa di pasta gigi. Namun, kandungan surfaktan yang berlebih dapat menghilangkan lapisan musin yang melindungi gigi dari penempelan plak. Selain itu, dampak lainnya juga dapat mengiritasi mukosa mulut.


Bila jumlah busa yang dihasilkan terlalu banyak, Anda pasti akan mengira telah menyikat seluruh bagian gigi. Kenyataannya, bisa jadi ada beberapa bagian yang belum tersikat. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih produk yang menghasilkan sedikit busa agar Anda lebih fokus dalam menyikat.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk masalah gusi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasta gigi terbaik untuk masalah gusi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Endah Nur Aini.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Pepsodent Action Herbal

Unilever Pepsodent Action Herbal 1枚目

Dinginkan radang gusi dengan jeruk nipis

2

Lion Wings

Systema Pasta Gigi Spring Fresh

Lion Wings Systema Pasta Gigi Spring Fresh 1枚目

Mulut antibau dengan pasta gigi formulasi Lion Jepang

3

Wellbeing Island

Jack N' Jill Natural Toothpaste

Wellbeing Island Jack N' Jill Natural Toothpaste 1枚目

Aman untuk gusi anak-anak yang baru belajar menyikat gigi

4

Unilever

Pepsodent Sensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care

Unilever Pepsodent Sensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care 1枚目

Merawat gusi dan gigi sensitif dengan zinc dan HAP

5

Delident

Dentova Plus Pasta Gigi

Delident  Dentova Plus Pasta Gigi 1枚目

Luka akibat seriawan dan gusi bengkak lebih cepat sembuh

6

Kino

Sasha Halal Toothpaste Antibacterial

Kino Sasha Halal Toothpaste Antibacterial 1枚目

Pasta gigi halal yang mengandung serpihan siwak asli

7

Triple Ace

Antiplaque Total Solution Toothpaste

Triple Ace Antiplaque Total Solution Toothpaste 1枚目

Bantu atasi masalah plak, sakit gigi, gusi ngilu, hingga seriawan

8

GSK

Sensodyne Herbal

GSK Sensodyne Herbal 1枚目

Perlindungan maksimal untuk gigi dan gusi sensitif

9

GSK

Parodontax

GSK Parodontax 1枚目

Hentikan gusi berdarah dengan lebih cepat

10

Enzym

Enzim 40 Plus

Enzym  Enzim 40 Plus 1枚目

Mengatasi masalah rongga mulut untuk usia 40 tahun ke atas

Perincian produk
Close
No.1

UnileverPepsodent Action Herbal

Mulai dari Rp20.200,00

Dinginkan radang gusi dengan jeruk nipis

Kelebihan:

  • Mengandung bahan alami, seperti jeruk nipis, daun sirih, serta garam yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kekurangan:

  • Bahan abrasif calcium carbonate berada pada urutan pertama komposisi bahan

Bila Anda kurang menyukai sensasi mint yang terdapat pada pasta gigi, tak ada salahnya mencoba produk ini. Dengan kandungan jeruk nipis, Pepsodent Action Herbal memberikan sensasi menyegarkan yang berbeda di mulut.


Tak heran jika produk ini juga ampuh mendinginkan gusi yang terasa meradang. Untuk mengatasi bakteri di gusi, produk ini memanfaatkan perpaduan antara jeruk nipis, daun sirih, serta garam. Ketiganya dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

No.2

Lion WingsSystema Pasta Gigi Spring Fresh

Mulai dari Rp12.500,00

Mulut antibau dengan pasta gigi formulasi Lion Jepang

Kelebihan:

  • Mengandung isopropyl methylphenol dan sodium monofluorophosphate untuk penanganan gejala awal gigi berlubang

Kekurangan:

    • Mengandung bahan abrasif, seperti calcium carbonate, SLS, dan silika

    Kehadiran bau mulut tentu akan sangat mengganggu kepercayaan diri Anda. Terlebih, hal tersebut juga merupakan pertanda awal munculnya gigi berlubang dan masalah gusi. Apabila Anda merasa tanda-tanda tersebut, memilih pasta gigi yang diformulasikan oleh Lion Jepang bisa menjadi langkah tepat.


    Keberadaan isopropyl methylphenol dan sodium monofluorophosphate menjadikan produk ini mampu mencegah sekaligus memperbaiki gejala awal gigi berlubang. Pasta gigi ini juga mengandung aroma spring fresh yang dapat memberikan sensasi segar pada mulut. 

    No.3

    Wellbeing IslandJack N' Jill Natural Toothpaste

    Mulai dari Rp98.000,00

    Aman untuk gusi anak-anak yang baru belajar menyikat gigi

    Kelebihan:

    • Kemasan praktis dengan tutup flip-top yang mudah dibuka tutup
    • Bebas SLS (detergen penghasil busa) dan pengawet sintetis
    • Aman jika tertelan

    Kekurangan:

    • Produk luar negeri, harganya lebih pricey dibandingkan dengan pasta gigi anak merek lokal

    Untuk si buah hati yang baru belajar menyikat gigi, pastikan Anda memilihkan pasta gigi yang aman untuk mereka. Jack N' Jill Natural Toothpaste bisa digunakan untuk anak mulai usia 6 bulan ke atas. Pasta gigi ini bebas detergen, pewarna, dan pengawet sintetis, serta aman jika tak sengaja tertelan. Odol ini mengandung calendula organik yang diklaim dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. 

    No.4

    UnileverPepsodent Sensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care

    Mulai dari Rp37.700,00

    Merawat gusi dan gigi sensitif dengan zinc dan HAP

    Kelebihan:

    • Mengandung zinc dan HAP untuk mengatasi gigi dan gusi ngilu serta sensitif

    Kekurangan:
    • Mengandung bahan abrasif, seperti SLS dan silika

    Sensitive Expert merupakan lini Pepsodent yang memfokuskan produknya untuk merawat gusi serta gigi sensitif. Untuk varian Gum Care ini, formulanya diperkaya zinc untuk merawat kekuatan gusi. 


    Selain zinc, terdapat pula mineral HAP yang dipercaya dapat memperkuat email gigi dan mengatasi gigi sensitif. Sebagai merek pasta gigi kepercayaan keluarga di Indonesia, odol untuk gigi dan gusi sensitif ini bisa dijadikan pilihan. 

    No.5

    Delident Dentova Plus Pasta Gigi

    Mulai dari Rp16.700,00

    Luka akibat seriawan dan gusi bengkak lebih cepat sembuh

    Kelebihan:
    • Mengandung tea tree oil untuk meringankan pendarahan gusi 
    • Terdapat allontoin yang mempercepat pemulihan luka pada gusi/seriawan

    Kekurangan:

    • Mengandung bahan abrasif (calcium carbonate) dan juga paraben, perhatikan jika Anda memiliki alergi terhadap bahan tersebut

    Munculnya seriawan, baik pada gusi maupun bagian mulut yang lain, tentu akan sangat menyiksa. Jika Anda mengalami hal ini, segera ganti pasta gigi harian ke pasta gigi dari Dentova. Kandungan allantoin dan vitamin C dalam produk ini membuatnya mampu menyembuhkan luka seriawan dengan cepat. Adanya tea tree oil sebagai bahan antibakteri juga turut membantu meringankan gusi yang bengkak dan berdarah.

    No.6

    KinoSasha Halal Toothpaste Antibacterial

    Mulai dari Rp15.900,00

    Pasta gigi halal yang mengandung serpihan siwak asli

    Kelebihan:

    • Mengandung siwak dan sirih yang terkenal dapat mencegah datangnya bakteri penyebab plak dan masalah mulut 

    Kekurangan:

    • Sensasi menyegarkan tidak begitu kuat, kurang cocok untuk Anda yang menyukai pasta gigi dengan efek mentol yang strong


    Sasha merupakan brand pasta gigi yang memiliki branding sebagai pasta gigi halal. Komposisi di dalamnya aman dari bahan-bahan hewani, serta telah terserfikasi halal. Pentingnya lagi, Sasha Antibacterial menambahkan serpihan siwak asli ke dalam produknya. 


    Menurut beberapa sumber, siwak dapat menyeimbangkan pH mulut dan mencegah gigi berlubang. Dikombinasikan dengan sirih sebagai zat antibakterial, bakteri penyebab plak dan bau mulut pun minggat. 

    No.7

    Triple AceAntiplaque Total Solution Toothpaste

    Mulai dari Rp31.500,00

    Bantu atasi masalah plak, sakit gigi, gusi ngilu, hingga seriawan

    Kelebihan:

    • Diperkaya kandungan Arnica montana extract untuk meredakan seriawan
    • Mengandung triclosan yang dipercaya dapat mencegah radang gusi
    • Diklaim efektif untuk menghambat datangnya plak, karang gigi, dan karies

    Kekurangan:

    • Mengandung triclosan, tidak disarankan dipakai ibu hamil (perlu konsultasi dahulu dengan dokter)

    Untuk Anda yang bermasalah dengan plak, karang gigi, ataupun karies gigi, cobalah pasti gigi Antiplaque ini. Formulanya diciptakan untuk mengatasi permasalahan gigi tersebut. Selain itu, produk ini mengandung Arnica montana serta clove oil yang diklaim memiliki efek antiradang.


    Dengan cloxifenol (triclosan) juga, bakteri dan jamur penyebab permasalahan mulut, seperti gusi ngilu, seriawan, dan gigi nyeri, dapat diatasi. Layak dicoba oleh Anda yang mencari pasta gigi untuk sakit gigi!

    No.8

    Perlindungan maksimal untuk gigi dan gusi sensitif

    Kelebihan:

    • Mengandung ekstrak eukaliptus yang menyegarkan napas dan melindungi gigi serta gusi yang sensitif

    Kekurangan:

    • Perhatikan penggunaan pada anak di bawah usia 12 tahun, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi

    Jika Anda gemar mengonsumsi makanan dan minuman dengan suhu ekstrem, pemakaian Sensodyne Herbal bisa menjadi solusinya. Penggunaan fennel oil pada produk ini efektif meredakan gigi dan gusi sensitif akibat suhu hidangan. Rasa ngilu saat menyantap makanan dingin maupun panas pun akan lebih terminimalkan.


    Keunikan lainnya adalah pemanfaatan minyak eucalyptus sebagai agen antimikrobial untuk membunuh bakteri penyebab masalah mulut. Dengan begitu, gigi dan gusi akan lebih terlindungi. 

    No.9

    Hentikan gusi berdarah dengan lebih cepat

    Kelebihan:
    • Mengandung bahan anti-inflamasi kamomil untuk meredakan gusi bengkak/berdarah

    Kekurangan:

    • Kandungan bahan abrasifnya cukup tinggi, yakni sekitar 67%

    Jika Anda memiliki masalah gusi berdarah akut, silakan beralih ke pasta gigi Parodontax. Produk ini mengandung 67% sodium bicarbonate yang diklaim efektif mengikis plak yang membandel. Selain itu, pasta gigi ini memanfaatkan sagepeppermint, serta wild mint untuk menyegarkan napas serta menghilangkan bakteri mulut.


    Produk ini juga diperkaya dengan ekstrak bunga kamomil yang mempunyai efek anti-inflamasi. Alhasil, pasta gigi ini memiliki kemampuan untuk mencegah sekaligus menghentikan gusi berdarah. Kemampuan pasta gigi untuk gusi bengkak dan berdarah ini dikatakan empat kali lebih baik dibandingkan produk lainnya.

    No.10

    Mengatasi masalah rongga mulut untuk usia 40 tahun ke atas

    Kelebihan:

    • Pasta gigi tanpa detergen, bersahabat untuk gigi sensitif
    • Mengatasi masalah bau mulut, gigi ngilu, dan radang gusi pada pengguna berusia 40 tahun ke atas


    Kekurangan:

    • Pasta gigi tidak berbusa, mungkin akan terasa sedikit aneh bagi yang tidak terbiasa


    Saat Anda memasuki umur empat puluh tahun ke atas, kesehatan gigi dan gusi pun akan menurun. Gigi goyang dan ngilu, mulut kering, hingga gusi bengkak mungkin banyak dirasakan oleh Anda yang berumur. Untuk mengantisipasi hal tersebut, hadir Enzim 40 Plus!


    Pasta gigi ini diformulasikan tanpa detergen sehingga nyaman saat digunakan pada gusi dan gigi sensitif. Perpaduan berbagai enzim, seperti lactoperoxidase, amyloglucosidase, dan glucose oxidase, membuatnya mampu mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut. Mulut pun akan tetap sehat dan bebas bau mulut!

    Apakah Anda bisa mengatasi masalah gusi dengan pasta gigi?

    Apakah Anda bisa mengatasi masalah gusi dengan pasta gigi?

    Pada dasarnya, gejala masalah gusi bisa dikontrol dengan membiasakan menyikat gigi secara teratur. Namun, Anda juga harus mengimbanginya dengan rutin membersihkan karang gigi ke dokter gigi.


    Masalah gusi dapat dicegah dengan teknik penyikatan gigi, pasta gigi, dan waktu penyikatan yang tepat. Waktu yang tepat yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur di malam hari. Apabila sudah mulai muncul peradangan gusi, Anda dapat melakukan tindakan rumah.


    Anda dapat berkumur dengan air garam yang hangat serta konsumsi obat antinyeri atau antiradang sesuai aturan. Namun, tindakan tersebut hanya bersifat menghilangkan sakit sementara. Segera kunjungi dokter gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan yang maksimal agar masalah gusi tidak makin parah. 


    Pembersihan karang gigi rutin 6 bulan sekali dapat mencegah terjadinya peradangan pada gusi. Silakan bersihkan karang gigi dan berkonsultasi mengenai cara terbaik menyikat gigi. Mulailah menyikat gigi setiap hari dengan rutin dan berhati-hati. Jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur mulai dari sekarang, masalah gusi tidak akan teratasi dengan baik. Ingatlah hal tersebut!

    Baca juga rekomendasi sikat gigi lainnya di sini

    Setelah Anda menemukan pasta gigi yang cocok, saatnya mencari sikat gigi untuk melengkapinya. Sikat gigi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Ada beberapa jenis sikat gigi yang bisa Anda pilih, misalnya sikat gigi elektrik. Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini.

    Kesimpulan

    Menjaga kesehatan gusi sejak dini adalah investasi jangka panjang agar terhindar dari berbagai penyakit mulut di masa tua. Memilih pasta gigi untuk gusi bengkak tentu akan sangat berbeda dengan pasta gigi untuk sakit gigi.


    Karena itu, Anda harus memperhatikan beragam aspek, mulai dari kebutuhan gusi, kandungan bahan aktif, dan lainnya. Setelah membaca artikel kami kali ini, semoga Anda bisa menentukan pasta gigi yang tepat. Selamat menjaga kesehatan gigi dan gusi!

    5 Rekomendasi Pasta Gigi Untuk Masalah Gusi terbaik

    No. 1UnileverPepsodent Action Herbal

    No. 2Lion WingsSystema Pasta Gigi Spring Fresh

    No. 3Wellbeing IslandJack N' Jill Natural Toothpaste

    No. 4UnileverPepsodent Sensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care

    No. 5Delident Dentova Plus Pasta Gigi

    Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

    Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
    Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

    Artikel terkait

    Artikel populer

    Favlist populer