10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya cetakan donat tersedia dalam berbagai variasi bentuk, material, dan cara penggunaan. Anda mungkin akan kebingungan memilih saat ingin membelinya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Selain itu, kami juga akan memberikan tips-tips untuk memilih cetakan donat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca dan semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Daftar isi

Cara memilih cetakan donat

Berikut kami akan memberikan cara memilih cetakan donat untuk mempermudah Anda dalam membuat donat di rumah. Untuk lebih jelasnya, simak terus informasi dari kami!

Pilih tipe yang Anda inginkan

Secara garis besar, cetakan donat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe cutter, tipe loyang, dan tipe dispenser. Masing-masing tipe memiliki karakteristiknya sendiri. Nah, tipe mana yang sesuai dengan gaya memasak Anda?

Tipe cutter untuk donat goreng dan panggang

Tipe cutter untuk donat goreng dan panggang

Cetakan donat tipe ini digunakan dengan cara menekan dan memotong adonan hingga terbentuk lingkaran berlubang ditengahnya. Cetakan ini termasuk serbaguna karena hasil potongan adonan dapat dimasak menggunakan metode menggoreng atau panggang.

Cetakan donat tipe ini juga tersedia dalam varian bentuk yang unik, seperti bunga atau bentuk binatang sehingga membuat tampilan donat Anda lebih menarik dan tidak membosankan.

Tipe loyang untuk donat panggang

Tipe loyang untuk donat panggang

Belakangan ini, donat panggang dinilai lebih sehat karena dimasak tanpa menggunakan minyak. Nah, cetakan donat tipe ini lebih dikhususkan untuk Anda yang ingin membuat donat panggang. Anda cukup meletakkan adonan di cetakan yang tersedia, kemudian memasukannya ke dalam oven.

Tidak hanya donat, Anda dapat menggunakan cetakan ini untuk membuat makanan lain seperti kue muffin, agar-agar, dan lainnya. Cetakan donat tipe ini juga ada yang tersedia dalam bahan silikon yang bisa digunakan untuk memanggang di oven dan microwave.

Tipe dispenser untuk kemudahan membuat donat

Tipe dispenser untuk kemudahan membuat donat

Untuk Anda yang ingin membuat donat dengan mudah, kami merekomendasikan tipe dispenser ini. Cetakan donat ini memiliki penampung dan tuas yang cukup ditekan saja. Anda dapat membentuk adonan donat dengan mudah tanpa perlu mengotori tangan Anda.

Namun, keberhasilan membuat donat dengan cetakan donat ini sangat bergantung dengan keras dan lunaknya tekstur adonan. Bila dibandingkan dengan tipe cetakan lainnya, Anda memerlukan keahlian lebih untuk memahami tesktur adonan donat agar adonan bisa lancar melewati mulut dispenser tanpa lengket di pinggiran tabungnya. Selain itu, cetakan donat tipe ini umumnya terdiri dari beberapa bagian rumit sehingga Anda membutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya.

Pilih produk yang menghasilkan ukuran donat sesuai keinginan

Pilih produk yang menghasilkan ukuran donat sesuai keinginan

Meskipun donat memiliki bentuk yang sama pada umumnya, ukuran donat bisa berbeda-beda. Ukuran donat juga dapat mempengaruhi tekstur donat setelah matang, lho. Agar donat buatan Anda persis seperti yang Anda bayangkan, pilihlah ukuran cetakan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Sebagai patokan, donat dari salah satu toko donat waralaba terkenal, yaitu Master Donuts berdiameter sekitar 10 cm. Apabila Anda ingin membuat donat dengan ukuran satu suapan, kami merekomendasikan ukuran 5 cm. Ukuran mini sekali suap ini juga mempermudah Anda dalam menikmati donat.

Periksalah material atau bahan cetakannya

Material mempengaruhi performa dan kemudahan pembersihan cetakan donat tipe loyang. Begitu juga dengan cetakan donat tipe lainnya yang performanya juga dipengaruhi oleh material pembuatnya. Berikut kami akan memperkenalkan material yang umum digunakan sebagai bahan pembuat cetakan donat, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Bahan silikon yang mudah dibersihkan

Bahan silikon yang mudah dibersihkan

Cetakan donat dari bahan silikon adalah yang paling populer saat ini. Bahan silikon lebih fleksibel sehingga memudahkan Anda untuk mengeluarkan donat dari cetakan. Bahan ini pun lebih mudah dibersihkan. Bila Anda memilih produk yang juga tahan dingin, Anda pun dapat sekaligus menggunakan cetakan tersebut untuk membuat jeli atau es.

Namun, bahan silikon ini lebih sulit menghantarkan panas secara merata dibandingkan dengan bahan besi dan stainless steel. Apabila Anda tidak memperhatikan suhu dan waktu memanggangnya dengan baik, donat Anda mungkin tidak akan mengembang atau matang sesuai perkiraan Anda.

Bahan stainless steel yang keras dan tahan lama

Bahan stainless steel yang keras dan tahan lama

Cetakan donat tipe cutter biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Berbeda dari bahan aluminium atau besi, stainless steel tahan karat dan tidak mudah berubah bentuk sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Bahan antilengket yang praktis digunakan

Bahan antilengket yang praktis digunakan

Untuk menghindari adonan Anda lengket dan sulit dikeluarkan dari cetakan, pilihlah bahan yang dilapisi lapisan antilengket. Lapisan yang biasa digunakan sebagai antilengket pada umumnya adalah teflon atau olahan silikon. Donat pun dapat dengan mudah dilepas dari cetakan tanpa perlu diolesi minyak sebelumnya. Selain itu, lapisan antilengket juga membantu mencegah donat Anda gosong.

Namun, cetakan yang diberikan lapisan tambahan ini biasanya mudah terkelupas. Karena itu, hindarilah pendinginan secara tiba-tiba dan hindari gesekan dengan benda yang tajam dan keras saat membersihkannya, ya.

10 Rekomendasi cetakan donat terbaik

Apakah Anda sudah memiliki bayangan mengenai cetakan donat yang cocok dengan gaya memasak Anda? Nah, berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk Anda!

10. Cetakan Kue Donat Set Isi 3

10. Cetakan Kue Donat Set Isi 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Tersedia beragam ukuran dalam 1 set produk

Apakah Anda ingin membuat donat dengan ukuran yang bervariasi? Jika iya, kami menyarankan Anda untuk menggunakan cetakan donat yang tersedia dalam satu set ini. Setiap set terdiri dari 3 buah cetakan donat yang berukuran besar, sedang, dan kecil. Anda dapat membuat berbagai ukuran donat sesuai dengan keinginan.

Untuk kualitas, Anda tidak perlu khawatir karena cetakan donat ini terbuat dari bahan aluminium steel yang tebal dan sehingga dijamin antikarat. Bagaimana dengan harganya? Anda tidak perlu khawatir karena 1 set cetakan donat ini tersedia dengan harga yang murah. Sudah murah, langsung dapat 3 buah pula, tentu sangat menarik, bukan?

9. Cetakan Donat Model Kucing

9. Cetakan Donat Model Kucing

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Ngemil menjadi lebih menyenangkan dengan donat berbentuk lucu

Bosan dengan bentuk donat yang biasa? Kalau begitu Anda perlu cek produk yang satu ini. Cetakan yang terbuat dari bahan stainless steel ini dibuat dengan desain menarik menyerupai kepala kucing. Dengan bentuk donat yang tetap berlubang di tengah, tetapi memiliki telinga di pinggirnya, acara ngemil Anda pasti lebih menyenangkan.

Untuk mempermudah pembersihan karena bentuknya yang cukup rumit, Anda dapat merendamnya di dalam air hangat setelah digunakan sebelum dibersihkan. Bila Anda ingin membuat donat antimainstream untuk suguhan acara ulang tahun anak Anda, produk ini bisa jadi pilihan utama. Anak-anak pun dijamin akan menyukainya!

8. Happy Call Cetakan Donat

8. Happy Call Cetakan Donat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 157.500

Bebas repot dengan lapisan antilengket yang mudah dibersihkan

Cetakan donat tipe loyang ini terbuat dari bahan die cast aluminium yang kuat dan tebal. Meskipun bertipe loyang, produk ini bukan untuk digunakan di dalam oven, ya. Cetakan donat ini digunakan dengan cara dipanaskan di atas api seperti layaknya wajan teflon. Setelah panas, Anda tinggal menuangkan adonan saja ke dalamnya.

Kelebihan dari cetakan donat ini adalah adanya lapisan antilengket untuk mencegah donat sulit diangkat dan tertinggalnya noda membandel pada cetakan. Untuk Anda yang sering merasa kerepotan membersihkan peralatan dapur, produk ini dijamin tidak akan merepotkan Anda. Dilengkapi tutup, donat Anda pasti bisa matang dengan merata.

7. Rosita Cetakan Kue Donat

7. Rosita Cetakan Kue Donat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 21.850

Membuat donat goreng menjadi lebih praktis dan mudah

Cetakan donat dari bahan stainless steel dengan gagang panjang berlapis kayu ini memiliki bentuk menyerupai sendok sayur dengan lubang di bagian tengahnya. Anda cukup menuangkan adonan di dalam cetakan dan memasukkannya dengan perlahan ke dalam minyak goreng panas. Kemudian, lepaskan adonan dengan perlahan. Donat Anda pun jadi dalam seketika!

Adonan donat cair menjadi populer karena kemudahannya untuk dimasak. Nah, produk ini tentu akan berguna bagi Anda yang ingin membuat donat goreng dari adonan cair. Anda memang perlu telaten karena produk ini hanya dapat menghasilkan 1 donat dalam 1 waktu. Namun, sudah cukup bila Anda hanya ingin membuat donat untuk konsumsi sendiri di rumah, bukan?

6. Plastic Donut Maker

6. Plastic Donut Maker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.000

Desain yang nyaman dan stylish

Tidak dapat dipungkiri, kenyamanan adalah faktor penting saat memasak, begitu juga saat membuat donat. Bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan, produk ini bisa menjawab harapan Anda. Bagian penekan produk berdesain menawan ini didesain lebar sehingga telapak tangan Anda tidak akan merasa sakit meski membuat donat dalam jumlah banyak.

Keunggulan produk ini juga didukung dengan bahan plastiknya yang tebal sehingga tidak penyok saat digunakan. Mulut cetakan yang kaku menjamin donat Anda terpotong dengan rapi. Dengan diameter 8,5 cm, ukuran donat buatan Anda mendekati ukuran donat yang dijual di toko-toko. Dengan struktur yang sederhana, produk ini pun jadi mudah dibersihkan.

5. Silicone Donut Maker

5. Silicone Donut Maker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 68.000

Bentuk donat lebih sempurna dengan cetakan berbahan silikon

Ketika mengeluarkan donat dari loyangnya, seringkali donat justru hancur karena lengket di dalam loyang. Hal tersebut dapat diatasi dengan cetakan berbahan silikon ini. Cukup bengkokan saja loyangnya, donat Anda pun dapat tersaji dalam keadaan mulus. Dibandingkan bahan lain, bahan silikon cetakan donat yang tahan hingga suhu 210°C ini pun mudah dibersihkan.

Cetakan dengan 8 lubang berukuran sedang ini juga tahan pada suhu hingga -40°C! Bila Anda sedang tidak mood untuk membuat donat, Anda dapat menggunakannya sebagai cetakan jeli, agar-agar, atau es. Cetakan donat multifungsi yang dijamin non-toxic dan dust resistant ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mempertahankan kecantikan bentuk donat Anda.

4. Loyang Donat Teflon

4. Loyang Donat Teflon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Lebih efisien dengan cetakan donat berkapasitas banyak

Memanggang donat memang tidak membutuhkan waktu berjam-jam, tetapi tentu akan lebih efisien bila Anda bisa memanggang donat lebih banyak dalam 1 batch proses pemanggangan. Untuk Anda yang ingin lebih hemat waktu, pilih saja cetakan donat dengan 12 lubang ini. Jumlah sebanyak itu tentu ideal menghasilkan donat untuk dinikmati bersama keluarga atau sahabat.

Berbahan tebal, cetakan donat ini tidak mudah penyok sehingga kuat digunakan berkali-kali. Dilengkapi dengan lapisan antilengket, membersihkannya setelah digunakan pun bukan lagi masalah. Apalagi bila Anda sering mengadakan acara di rumah, manfaat produk ini tentu lebih optimal. Meski harganya lumayan, tetapi setimpal dengan waktu dan tenaga yang bisa dihemat!

3. Mold Plastic Donut Maker

3. Mold Plastic Donut Maker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 55.250

Praktis! 2 alat dalam 1 produk

Cetakan donat tipe cutter yang terbuat dari bahan plastik ABS ini memiliki desain yang mengutamakan kemudahan saat membuat donat. Anda cukup menekan tuas yang tersedia untuk membentuk adonan menjadi donat. Tuasnya sendiri sudah didesain agar empuk saat ditekan dan mudah digunakan. Hal ini tentu membantu Anda untuk menghemat tenaga ketika memasak.

Selain itu, cetakan donat hadir sekaligus dengan penjepit plastik berukuran sesuai dengan lubang di bagian tengah donat. Penjepit ini digunakan untuk mencelupkan permukaan donat ke dalam topping pelengkapnya, seperti cokelat leleh, meses, atau gula halus, tanpa merusak bentuk donat. Untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan dan kemudahan, produk ini pilihan sempurna!

2. Carcool Fast Revolving Doughnut Mold

2. Carcool Fast Revolving Doughnut Mold

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 154.000

Mencetak donat cukup di-roll saja!

Mencetak donat dalam jumlah banyak tentu sangat menghabiskan waktu dan melelahkan, tetapi sekarang tidak lagi dengan cetakan donat ini. Paduan antara alat roll dan cetakan donat ini menghasilkan inovasi yang membantu Anda untuk mencetak banyak donat dalam waktu singkat dan mudah. Namun, pastikan adonan donat memiliki ketebalan tepat dan cukup lebar, ya! Alat ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki bisnis donat kecil-kecilan.

Untuk membersihkan dan menyimpannya pun tidak merepotkan karena parts cetakan donat ini dapat dilepas ketika dibersihkan. Selain itu, bahan plastiknya yang berkualitas tinggi juga awet dan aman digunakan. Harganya yang lumayan, jadi masuk akal setelah Anda tahu inovasi produk ini, kan?

1. V587 Dispenser Donut Maker

1. V587 Dispenser Donut Maker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.930

Membuat donat dengan simpel, hemat waktu, biaya, dan tenaga!

Masukkan adonan ke dalam dispenser, arahkan mulutnya ke minyak panas di dalam wajan, tekan, kemudian donat pun langsung masuk ke dalam penggorengan. Mudah, bukan? Kini membuat donat dalam jumlah banyak bisa lebih cepat tanpa terlalu banyak wadah untuk membentuk donat sehingga Anda lebih hemat cucian. Namun, pastikan kekentalan adonan sudah tepat, ya!

Apabila dapur Anda tidak terlalu luas, produk ini tentu sangat membantu ketika Anda membuat donat. Dominasi bahan plastiknya membuat cetakan ini ringan dan nyaman digunakan. Parts-nya yang kompleks, memang menuntut Anda harus telaten saat membersihkannya. Namun, berkat alat ini, tangan Anda jadi tidak belepotan saat memasak donat. Jadi, mengapa tidak dipilih saja?

Kesimpulan

Ketika memilih cetakan donat, Anda harus menyesuaikannya dengan cara memasak donat yang biasa Anda lakukan. Dalam memilih material pembuatnya, Anda juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan skill Anda dalam membuat kue yang jadi favorit banyak orang ini.

Meskipun terkesan rumit, semoga Anda dapat lebih mudah dalam memilih cetakan donat favorit Anda setelah membaca artikel kami. Setelah memiliki cetakan donat, selanjutnya belilah bahan-bahan berkualitas agar donat yang Anda hasilkan tidak hanya cantik, tetapi juga lezat. Selamat berkreasi!