• 10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya cetakan donat tersedia dalam berbagai variasi bentuk, material, dan cara penggunaan. Manakah yang pas dengan gaya memasak Anda?

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilih cetakan donat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Membuat donat akan semakin menyenangkan dengan cetakan yang tepat!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.632 Views
Daftar isi

Cara memilih cetakan donat

Berikut ini kami akan membahas cara memilih cetakan donat untuk mempermudah Anda dalam membuat donat di rumah. Untuk lebih jelasnya, simak terus informasi dari kami!

Pilih tipe yang Anda inginkan

Secara garis besar, cetakan donat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe cutter, tipe loyang, dan tipe dispenser. Meski begitu, ada pula model cetakan donat lain, seperti tipe wajan, tipe irus, dan sebagainya. Kali ini kami akan membahas tiga saja dari sekian banyaknya tipe yang ada. Nah, tipe mana yang sesuai dengan gaya memasak Anda?

Tipe cutter untuk donat goreng dan panggang

Tipe cutter untuk donat goreng dan panggang
Cetakan donat tipe ini digunakan dengan cara menekan dan memotong adonan hingga terbentuk lingkaran berlubang di tengahnya. Cetakan ini termasuk serbaguna karena hasil potongan adonan dapat dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Tipe cutter juga tersedia dalam varian bentuk yang unik seperti bunga atau bentuk binatang sehingga tampilan donat akan lebih menarik dan tidak membosankan.

Tipe loyang untuk donat panggang

Tipe loyang untuk donat panggang
Belakangan ini, donat panggang dinilai lebih sehat karena dimasak tanpa menggunakan minyak. Nah, cetakan donat tipe ini lebih dikhususkan untuk Anda yang ingin membuat donat panggang. Anda cukup meletakkan adonan ke dalam cetakan yang tersedia, kemudian memasukannya ke dalam oven. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari yang biasa, pon de ring, hingga bergelombang seperti bunga.
Tidak hanya donat, Anda juga dapat menggunakan cetakan ini untuk membuat makanan lain seperti kue muffin, agar-agar, dan lainnya. Cetakan donat tipe ini juga ada yang terbuat dari bahan silikon dan bisa digunakan untuk memanggang di oven ataupun microwave.

Tipe dispenser untuk kemudahan membuat donat

Tipe dispenser untuk kemudahan membuat donat
Untuk Anda yang ingin membuat donat dengan mudah, kami merekomendasikan tipe dispenser. Cetakan donat ini memiliki penampung dan tuas yang cukup ditekan saja untuk mengeluarkan adonan. Anda dapat membentuk adonan donat dengan mudah tanpa perlu mengotori tangan.
Namun, keberhasilan membuat donat dengan cetakan donat seperti ini sangat bergantung pada tekstur adonan. Bila dibandingkan dengan tipe cetakan lainnya, Anda memerlukan keahlian lebih untuk memahami tesktur adonan donat agar adonan bisa keluar dengan lancar dari mulut dispenser tanpa lengket di pinggiran tabungnya. Selain itu, cetakan donat tipe ini umumnya terdiri dari beberapa bagian rumit sehingga Anda membutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya.

Pilih sesuai ukuran donat yang diinginkan

Pilih sesuai ukuran donat yang diinginkan
Meskipun donat memiliki bentuk yang sama pada umumnya, ukuran donat bisa berbeda-beda. Ukuran donat juga dapat mempengaruhi teksturnya setelah matang. Agar donat buatan Anda persis seperti yang dibayangkan, pilihlah ukuran cetakan yang sesuai dengan keinginan.
Sebagai patokan, donat dari salah satu toko donat waralaba Jepang yang cukup terkenal, yaitu Mister Donuts berdiameter sekitar 10 cm. Apabila Anda ingin membuat donat dengan ukuran satu suapan, kami merekomendasikan ukuran 5 cm. Ukuran mini sekali suap ini juga akan mempermudah Anda dalam menikmati donat.

Periksalah material atau bahan cetakannya

Bahan pembuat cetakan donat akan memengaruhi performa dan kemudahan pembersihannya. Berikut kami akan memperkenalkan material yang umum digunakan, beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bahan silikon yang mudah dibersihkan

Bahan silikon yang mudah dibersihkan
Cetakan donat dari bahan silikon begitu populer belakangan ini. Bahan silikon lebih fleksibel sehingga memudahkan Anda untuk mengeluarkan donat dari cetakan. Bahan ini pun lebih mudah dibersihkan. Bila Anda memilih produk yang juga tahan dingin, Anda pun dapat sekaligus menggunakan cetakan tersebut untuk membuat jeli atau es.
Namun, bahan silikon lebih sulit menghantarkan panas secara merata dibandingkan bahan besi dan stainless steel. Apabila Anda tidak memperhatikan suhu dan waktu memanggangnya dengan baik, donat Anda mungkin tidak akan mengembang atau matang sesuai perkiraan.

Bahan stainless steel yang kuat dan tahan lama

Bahan stainless steel yang kuat dan tahan lama
Cetakan donat tipe cutter biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Berbeda dari bahan aluminium atau besi, stainless steel memiliki sifat tahan karat dan tidak mudah berubah bentuk sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Bahan antilengket yang praktis digunakan

Bahan antilengket yang praktis digunakan
Untuk menghindari adonan yang lengket dan sulit dikeluarkan dari cetakan, pilihlah produk yang dilapisi lapisan antilengket. Lapisan yang biasa digunakan sebagai antilengket pada umumnya adalah teflon atau olahan silikon. Adonan donat pun dapat dengan mudah dilepas dari cetakan tanpa perlu diolesi minyak sebelumnya. Selain itu, lapisan antilengket juga membantu mencegah donat Anda gosong.
Namun, cetakan yang diberikan lapisan tambahan ini biasanya mudah terkelupas. Karena itu, hindarilah pendinginan secara tiba-tiba dan hindari gesekan dengan benda yang tajam dan keras saat membersihkannya, ya.

10 Rekomendasi cetakan donat terbaik

Apakah Anda sudah memiliki bayangan mengenai cetakan donat yang cocok dengan gaya memasak Anda? Nah, berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk Anda!
TipeCutter
BahanPressed aluminium
UkuranDiameter S : 5,5 cm, M : 6,5 cm, L : 7,5 cm
TipeCutter
BahanStainless steel
Ukuran6 × 6 × 2 cm
TipeWajan
BahanDie cast aluminium
UkuranDiameter dan tinggi keseluruhan : 28 dan 4,5 cm<br>Diameter dan tinggi lubang : 8 dan 3 cm
TipeIrus
BahanKayu dan stainless steel
UkuranPanjang gagang 27 cm<br>Diameter dan tebal cetakan : 8,5 × 1,5 cm
TipeCutter
BahanPlastik
UkuranTinggi : 5,5 cm<br>Lingkaran luar dan dalam : 8,5 dan 3 cm
TipeLoyang
BahanSilikon
UkuranPanjang dan lebar keseluruhan : 29 dan 17 cm<br>Diameter dan tinggi lubang : 6 dan 2 cm
TipeLoyang
BahanTeflon
UkuranTidak disebutkan
TipeCutter
BahanPlastik
UkuranDiameter : 8 cm<br>Tinggi : 9 cm<br>Panjang tang : 11 cm
TipeLoyang
BahanTeflon
Ukuran23 × 18,5 × 2,7 cm
TipeDispenser
BahanPlastik
UkuranDiameter : 9,5 cm<br>Tinggi : 18 cm

Baca juga rekomendasi loyang dan cetakan kue lainnya di sini!

Selain membuat donat sendiri di dapur, Anda yang hobi membuat hidangan manis tentu ingin mencoba membuat kue-kue lainnya. Yuk, lengkapi perlengkapan membuat kue dan roti di dapur Anda! Jangan lupa cek artikel-artikel ini, ya.

Kesimpulan

Ketika memilih cetakan donat, Anda harus menyesuaikannya dengan cara memasak donat yang biasa Anda lakukan. Dalam memilih material pembuatnya, carilah yang sesuai dengan kebutuhan dan skill Anda dalam membuat kue yang jadi favorit banyak orang ini.
Meskipun terkesan rumit, semoga setelah membaca artikel kami kali ini Anda dapat lebih mudah dalam memilih cetakan donat favorit. Setelah memiliki cetakan donat, selanjutnya belilah bahan-bahan berkualitas agar donat yang Anda hasilkan tidak hanya cantik, tetapi juga lezat. Selamat berkreasi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    33.779 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
    Peralatan dapur
    17.140 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    20.583 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    16.671 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    20.858 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    14.691 Views
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak, yaitu harus mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Akan tetapi, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam variasi fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilihnya. Kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk food chopper yang paling diminati di pasaran ataupun di online shopping. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan dapur
    7.050 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori