• 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Gula merah adalah pemanis alami yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir. Gula ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk menunjang program diet Anda. Selain untuk diet, gula merah juga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tidak melonjak tinggi.


Nah, sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda memeriksa beberapa poin yang akan kami sampaikan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik, mulai dari Singabera hingga Javara. Sudah siap memulai hidup sehat dengan mengonsumsi gula merah? Mari simak informasinya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Mei 2022
Daftar isi

Cara memilih gula merah

Gula merah adalah produk yang wajib dimiliki sebagai pengganti gula putih jika Anda menginginkan pemanis yang lebih sehat. Namun, agar mendapatkan produk yang tepat, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Yuk, langsung saja ikuti tipsnya berikut ini.

Pilih berdasarkan jenisnya

Di Indonesia, terdapat tiga macam gula merah yang sering membuat orang kebingungan dan mengira ketiganya adalah sama. Ada gula jawa, gula aren, dan gula tebu. Mari ketahui perbedaan dari ketiganya dan pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Gula jawa: Memiliki indeks glikemik paling rendah

Gula jawa: Memiliki indeks glikemik paling rendah

Gula yang juga dikenal dengan sebutan gula jawa ini diolah dari sari batang pohon kelapa atau getah pohon palem. Bentuknya bisa berwujud padat, cair, atau bubuk, serta memiliki warna cokelat yang lebih gelap dibandingkan gula aren. Namun, gula ini biasanya agak kotor sehingga perlu disaring sebelum digunakan.


Gula jawa kaya akan mineral, seperti kalium, seng, dan zat besi. Jika jumlah kalium dalam 100 gr gula putih hanya berkisar 2 mg, pada gula jawa jumlahnya mencapai 1030 mg. Di samping itu, indeks glikemiknya pun paling rendah dibandingkan jenis gula merah lainnya.


Menariknya lagi, larutan gula jawa dikatakan memiliki kadar elektrolit seimbang yang mirip dengan cairan tubuh manusia. Oleh sebab itu, Anda dapat membuat minuman isotonik cukup dengan melarutkan gula jawa ke dalam air. Larutan ini tentunya lebih menyehatkan dibandingkan minuman isotonik yang sudah mengandung zat aditif.

Jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai gula jawa, khususnya gula palem, silakan klik tautan berikut ini.

Gula aren: Aromanya lebih harum sehingga cocok untuk membuat kue tradisional

Gula aren: Aromanya lebih harum sehingga cocok untuk membuat kue tradisional

Sesuai dengan namanya, gula aren adalah gula yang diperoleh dari pohon aren atau enau (kolang-kaling). Gula aren sebetulnya hampir sama dengan gula jawa. Itu sebabnya, banyak orang sulit membedakan kedua jenis gula ini. Namun, jika diperhatikan dengan baik, gula aren memiliki warna cokelat yang lebih cerah dan lebih bersih. Teksturnya pun tidak sekeras gula jawa.


Gula aren memiliki aroma yang lebih harum sehingga cenderung disukai untuk pembuatan kue tradisional dan penganan lainnya. Namun, gula ini konon memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi daripada gula jawa. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsinya, terutama jika sedang menjalani program diet.

Brown sugar: Memiliki cita rasa karamel yang tidak pahit

Brown sugar: Memiliki cita rasa karamel yang tidak pahit

Jenis gula merah selanjutnya adalah brown sugar. Gula yang berwarna kecokelatan ini dibuat dari ekstrak tanaman tebu, sama seperti gula pasir. Hanya saja, pada pembuatannya ditambahkan sirop molases sehingga tampak bening kecokelatan. Berbeda dari gula merah lainnya, brown sugar lebih umum ditemukan dalam bentuk kristal yang tidak mudah hancur.


Gula ini menghasilkan rasa karamel yang tidak pahit dan rasa manisnya hampir identik dengan gula pasir. Oleh karena itu, brown sugar kerap digunakan dalam pembuatan roti dan kue modern. Namun, di antara gula merah lainnya, brown sugar memiliki indeks glikemik paling tinggi sehingga Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Periksa ada tidaknya zat aditif

Periksa ada tidaknya zat aditif

Kami menyarankan agar Anda memilih produk yang menggunakan 100% bahan baku murni, baik diolah secara tradisional maupun modern. Makin murni bahan bakunya, makin tinggi pula khasiat kesehatan yang akan Anda dapatkan. Perhatikan bahwa beberapa produk biasanya mengandung pigmen atau zat pewarna karamel. 


Bahan ini sering terkandung di dalam makanan yang mengandung gula agar warna makanan menjadi lebih pekat dan menarik. Warna karamel memang bisa didapatkan secara alami dari proses pemanasan gula. Namun, pigmen karamel juga dapat dihasilkan melalui pemanasan senyawa amonium yang diproduksi dalam jumlah besar.


Namun, karena hanya diperlukan penulisan "pewarna karamel" pada pelabelan, konsumen akan sulit mengetahui metode apa yang sebenarnya digunakan. Zat aditif, bagaimanapun bentuknya, tidaklah baik bagi tubuh. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang bebas dari pewarna, pengawet, dan juga zat aditif.

Utamakan produk yang tidak dimurnikan

Utamakan produk yang tidak dimurnikan

Makanan yang diproses menggunakan berbagai bahan kimia harus dihindari, terutama jika Anda mengharapkan manfaat kesehatan dari produk tersebut. Pemanis olahan seperti gula putih memang memiliki rasa dan warna yang menarik karena telah melalui proses pemurnian. Namun, Anda akan kehilangan nutrisi yang seharusnya terkandung di dalam gula.


Selain itu, bahan kimia yang digunakan selama pemrosesan pun akan ikut masuk ke dalam tubuh saat Anda mengonsumsinya. Anda pasti setuju bila gula merah seharusnya mengandung banyak mineral penting dan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Untuk itu, pilihlah produk bergizi tanpa proses pemurnian dan nikmatilah rasanya yang unik serta menyehatkan.

Pertimbangkan produk yang harga dan kualitasnya sepadan

Pertimbangkan produk yang harga dan kualitasnya sepadan

Dengan menggunakan gula merah sebagai pengganti gula biasa, Anda akan mendapatkan asupan mineral yang penting bagi kesehatan. Namun, harga gula merah yang berkualitas umumnya sedikit lebih mahal daripada sukrosa atau gula tebu.


Jika mengganti seluruh penggunaan gula tebu dengan gula merah dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggantinya secara bertahap. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan gula merah sebagai bumbu harian atau untuk membuat minuman isotonik saat berolahraga.


Selain itu, saat ini telah banyak beredar gula merah yang ditanam secara organik. Meski tidak semurah gula merah biasa, harga gula merah organik masih cukup terjangkau. Nah, jika Anda ingin memilih gula merah, selalu pertimbangkan segi kualitas serta harga sebelum membeli, ya.

10 Rekomendasi gula merah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gula merah terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisBrown sugar
Isi250 g, 1 kg, 2 kg
OrganikTidak ada keterangan
Zat aditif×
Harga per 100 g atau mlRp4.375
9

Gula Energi NusantaraGULANAS Gula Merah Cair

Mulai dari Rp 35.700,00

JenisGula aren
Isi500 ml
OrganikTidak ada keterangan
Zat aditifTidak ada keterangan
Harga per 100 g atau mlRp7.140
8

Intrafood Singabera IndonesiaOrganic Coconut Sugar

Mulai dari Rp 27.900,00

JenisGula jawa
Isi160 g
OrganikYa
Zat aditif×
Harga per 100 g atau mlRp17.437
7
JenisGula jawa
Isi300 g
OrganikYa
Zat aditif×
Harga per 100 g atau mlRp10.700
6
JenisGula jawa
Isi300 g
OrganikYa
Zat aditif×
Harga per 100 g atau mlRp15.000
5
JenisGula aren
Isi1000 ml
OrganikYa
Zat aditifTidak ada keterangan
Harga per 100 g atau mlRp4.990
4
JenisGula aren
Isi250 g
OrganikYa
Zat aditifTidak ada keterangan
Harga per 100 g atau mlRp8.800
3
JenisBrown sugar
Isi1 liter
OrganikTidak ada keterangan
Zat aditifTidak ada keterangan
Harga per 100 g atau mlRp6.980
2

House of OrganixOrganic Coconut Sugar

Mulai dari Rp 15.000,00

JenisGula jawa
Isi250 g, 500 g, 1000 g
OrganikYa
Zat aditif×
Harga per 100 g atau mlMulai dari Rp6.000
1
JenisBrown sugar
Isi500 g, 1 kg
OrganikTidak ada keterangan
Zat aditif×
Harga per 100 g atau mlRp5.900

Tabel perbandingan produk gula merah terbaik

Gambar produk
1
Ricoman Light Brown Sugar 1

Ricoman

2
House of Organix Organic Coconut Sugar 1

House of Organix

3
Mola Brown Sugar Syrup 1

Mola

4
Javara Moulded Arenga Sugar 1

Javara

5
Mahorahora  Gula Aren Cair 1

Mahorahora

6
Mezzaluna 100% Pure Coconut Sugar 1

Mezzaluna

7
Java Blossom Organic Coconut Sugar 1

Java Blossom

8
Intrafood Singabera Indonesia Organic Coconut Sugar 1

Intrafood Singabera Indonesia

9
Gula Energi Nusantara GULANAS Gula Merah Cair  1

Gula Energi Nusantara

10
Aromanis Brown Sugar 1

Aromanis

Nama produk

Light Brown Sugar

Organic Coconut Sugar

Brown Sugar Syrup

Moulded Arenga Sugar

Gula Aren Cair

100% Pure Coconut Sugar

Organic Coconut Sugar

Organic Coconut Sugar

GULANAS Gula Merah Cair

Brown Sugar

Keunggulan

Teksturnya lebih halus dan lebih mudah larut dibandingkan gula pasir

Memulai hidup sehat tak harus rumit dan mahal!

Bikin minuman kekinian di rumah jadi lebih mudah!

Jaga kadar gula darah dengan low GI sugar

Alternatif pemanis untuk kopi dan teh

Mulai diet sehat dengan gula merah rendah kalori ini

Buat camilan kue sehat dengan gula merah organik, yuk!

Awali pagi dengan mencampurkan produk ini ke sarapan Anda!

Langganan dipakai oleh industri kecap dan restoran terkenal!

Buat hasil baking Anda lebih harum dan legit dengan produk ini

Harga mulai dariRp 29.500,00Rp 15.000,00Rp 69.800,00Rp 22.000,00Rp 49.900,00Rp 45.000,00Rp 32.000,00Rp 27.900,00Rp 35.700,00Rp 35.800,00
JenisBrown sugarGula jawaBrown sugarGula arenGula arenGula jawaGula jawaGula jawaGula arenBrown sugar
Isi500 g, 1 kg250 g, 500 g, 1000 g1 liter250 g1000 ml300 g300 g160 g500 ml250 g, 1 kg, 2 kg
OrganikTidak ada keteranganYaTidak ada keteranganYaYaYaYaYaTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Zat aditif××Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan×××Tidak ada keterangan×
Harga per 100 g atau mlRp5.900Mulai dari Rp6.000Rp6.980Rp8.800Rp4.990Rp15.000Rp10.700Rp17.437Rp7.140Rp4.375
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pemanis terbaik lainnya di sini

Kami berharap Anda sudah menemukan merek gula merah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain gula merah, kami juga mempunyai rekomendasi produk pemanis lainnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Gula merah mengandung mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Apabila Anda ingin mengganti gula putih dengan gula merah, sebaiknya lakukanlah secara bertahap. Cukup tambahkan sedikit demi sedikit setiap harinya hingga lidah Anda terbiasa.


Dengan rasa dan aroma yang khas, gula ini akan menutrisi dan menyehatkan tubuh Anda. Jadi, sudahkah Anda menemukan produk yang Anda sukai? Silakan gunakan penjelasan dan rekomendasi kami sebagai referensi saat memilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Bumbu Ayam Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bumbu Ayam Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta ayam goreng? Sekarang ini memasak ayam goreng makin mudah dengan adanya bumbu instan. Anda tidak perlu meracik dan menghaluskan bumbu lagi. Aneka bumbu olahan ayam goreng, seperti ayam goreng lengkuas, ayam goreng Kalasan, dan ayam goreng bumbu kuning sudah banyak dijual.Sajiku, Indofood, dan Bamboe merupakan beberapa merek bumbu ayam goreng yang populer di pasaran. Supaya Anda tidak bingung menentukan pilihan, pada kesempatan ini akan kami sampaikan cara memilih bumbu ayam goreng yang tepat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Simak terus artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori