mybest
Gula

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik [Ditinjau oleh Chef]
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 1
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 2
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 3
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 4
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 5

10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

Gula merah adalah pemanis alami yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir. Gula ini memiliki indeks glikemik rendah sehingga cocok untuk menunjang program diet. Selain untuk diet, gula merah juga disarankan untuk penderita diabetes agar kadar gula darah tidak melonjak tinggi.


Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda memeriksa beberapa poin yang akan kami sampaikan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi gula merah terbaik, mulai dari merek Arutala sampai Rumah Seduh. Sudah siap memulai hidup sehat dengan mengonsumsi gula merah? Simak informasinya! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.

Diperbaharui 27/09/2023
Laire Siwi Mentari
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 10 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum dan telah menerbitkan buku berjudul "Kelana Lidah Jawa", sebuah bunga rampai fiksi sejarah kuliner yang diterbitkan oleh Ambarrukmo.

Profil Laire Siwi Mentari
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gula merah

Gula merah adalah produk yang wajib dimiliki sebagai pengganti gula putih jika Anda menginginkan pemanis yang lebih sehat. Namun, agar mendapatkan produk yang tepat, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Yuk, langsung saja ikuti tipsnya berikut ini.

1

Pilih berdasarkan jenisnya

Di Indonesia, terdapat tiga macam gula merah yang sering membuat orang kebingungan dan mengira ketiganya adalah sama. Ada gula jawa, gula aren, dan gula tebu. Mari ketahui perbedaan dari ketiganya dan pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Gula jawa: Memiliki indeks glikemik paling rendah

Gula jawa: Memiliki indeks glikemik paling rendah

Gula yang juga dikenal dengan sebutan gula jawa ini diolah dari sari batang pohon kelapa atau getah pohon palem. Bentuknya bisa berwujud padat, cair, atau bubuk, serta memiliki warna cokelat yang lebih gelap dibandingkan gula aren. Namun, gula ini biasanya agak kotor sehingga perlu disaring sebelum digunakan.


Gula jawa kaya akan mineral, seperti kalium, seng, dan zat besi. Jika jumlah kalium dalam 100 gr gula putih hanya berkisar 2 mg, pada gula jawa jumlahnya mencapai 1.030 mg. Di samping itu, indeks glikemiknya pun paling rendah dibandingkan jenis gula merah lainnya.


Meski begitu, bukan berarti gula jawa bebas dikonsumsi sesuka hati. Anda tetap harus membatasi konsumsinya, terutama jika dicampur dengan bahan yang mengandung karbohidrat. Hal tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori pada gula jawa sehingga dapat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.


Menariknya lagi, larutan gula jawa dikatakan memiliki kadar elektrolit seimbang yang mirip dengan cairan tubuh manusia. Oleh sebab itu, Anda dapat membuat minuman isotonik cukup dengan melarutkan gula jawa ke dalam air. Larutan ini tentunya lebih menyehatkan dibandingkan minuman isotonik yang sudah mengandung zat aditif.


Jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai gula jawa, khususnya gula palem, silakan klik tautan berikut ini.

Gula aren: Aromanya lebih harum sehingga cocok untuk membuat kue tradisional

Gula aren: Aromanya lebih harum sehingga cocok untuk membuat kue tradisional

Sesuai dengan namanya, gula aren adalah gula yang diperoleh dari pohon aren atau enau (kolang-kaling). Gula aren sebetulnya hampir sama dengan gula jawa. Itu sebabnya, banyak orang sulit membedakan kedua jenis gula ini. Namun, jika diperhatikan dengan baik, gula aren memiliki warna cokelat yang lebih cerah dan lebih bersih. Teksturnya pun tidak sekeras gula jawa.


Karena terbuat dari tandan bunga jantan pohon enau, gula aren memiliki aroma yang sangat harum. Apalagi jika dicampur dengan beberapa bahan dan melalui proses pengolahan seperti dibuat kue atau minuman, aromanya makin wangi. Gula aren yang terkaramelisasi, terutama pada kue tradisional, akan menghasilkan rasa yang tidak hanya manis, tetapi juga gurih dan sedap.


Indeks glikemik pada gula aren masih tergolong rendah. Namun, gula aren mengandung inulin, yaitu salah satu jenis serat dan sumber karbohidrat yang dapat membentuk bakteri baik di usus.

Brown sugar: Memiliki cita rasa karamel yang tidak pahit

Brown sugar: Memiliki cita rasa karamel yang tidak pahit

Jenis gula merah selanjutnya adalah brown sugar. Gula yang berwarna kecokelatan ini dibuat dari ekstrak tanaman tebu, sama seperti gula pasir. Hanya saja, pada pembuatannya ditambahkan sirop molase sehingga tampak bening kecokelatan. Berbeda dari gula merah lainnya, brown sugar lebih umum ditemukan dalam bentuk kristal yang tidak mudah hancur.


Karena terbuat dari ekstrak tebu, gula ini menghasilkan rasa karamel yang tidak pahit dan rasa manisnya hampir identik dengan gula pasir. Oleh karena itu, brown sugar kerap digunakan dalam pembuatan roti dan kue modern.


Akan tetapi, di antara gula merah lainnya, brown sugar memiliki indeks glikemik paling tinggi sehingga Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Meski demikian, brown sugar mengandung kalium yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

2

Periksa ada tidaknya zat aditif

Periksa ada tidaknya zat aditif

Kami menyarankan agar Anda memilih produk yang menggunakan 100% bahan baku murni, baik diolah secara tradisional maupun modern. Makin murni bahan bakunya, makin tinggi pula khasiat kesehatan yang akan Anda dapatkan. Perhatikan bahwa beberapa produk biasanya mengandung pigmen atau zat pewarna karamel.


Bahan ini sering terkandung di dalam makanan yang mengandung gula agar warna makanan menjadi lebih pekat dan menarik. Warna karamel memang bisa didapatkan secara alami dari proses pemanasan gula. Namun, pigmen karamel juga dapat dihasilkan melalui pemanasan senyawa amonium yang diproduksi dalam jumlah besar.


Akan tetapi, karena hanya diperlukan penulisan "pewarna karamel" pada pelabelan, konsumen akan sulit mengetahui metode apa yang sebenarnya digunakan. Zat aditif, pewarna, pengawet, atau bahan-bahan nonalami dalam makanan dapat memicu munculnya penyakit tertentu. Salah satu penyakit paling parah yang bisa ditimbulkan adalah kerusakan pada sel hati.

3

Utamakan produk yang tidak dimurnikan

Utamakan produk yang tidak dimurnikan

Makanan yang diproses menggunakan berbagai bahan kimia harus dihindari, terutama jika Anda mengharapkan manfaat kesehatan dari produk tersebut. Pemanis olahan seperti gula putih memang memiliki rasa dan warna yang menarik karena telah melalui proses pemurnian. Namun, Anda akan kehilangan nutrisi yang seharusnya terkandung di dalam gula.


Gula yang telah dimurnikan juga dapat memicu berbagai macam penyakit. Gula tersebut bisa mempercepat obesitas, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, dan memicu risiko penyakit jantung. Kemungkinan muncul hipoglikemia serta kekurangan vitamin dan mineral juga bisa saja muncul.


Selain itu, bahan kimia yang digunakan selama pemrosesan pun akan ikut masuk ke dalam tubuh saat Anda mengonsumsinya. Anda pasti setuju bila gula merah seharusnya mengandung banyak mineral penting dan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Untuk itu, pilihlah produk bergizi tanpa proses pemurnian dan nikmatilah rasanya yang unik serta menyehatkan.

4

Pertimbangkan produk yang harga dan kualitasnya sepadan

Pertimbangkan produk yang harga dan kualitasnya sepadan

Dengan menggunakan gula merah sebagai pengganti gula biasa, Anda akan mendapatkan asupan mineral yang penting bagi kesehatan. Namun, harga gula merah yang berkualitas umumnya sedikit lebih mahal daripada sukrosa atau gula tebu.


Jika mengganti seluruh penggunaan gula tebu dengan gula merah dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggantinya secara bertahap. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan gula merah sebagai bumbu harian atau untuk membuat minuman isotonik saat berolahraga.


Mengganti pemakaian gula merah untuk konsumsi pribadi sangat dianjurkan. Pilih gula merah yang kualitasnya paling baik sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kandungan di dalamnya. Sebisa mungkin pilihlah yang paling murni. Untuk bisnis seperti restoran dan cafe, Anda bisa perlahan mengganti sebagian menu dengan gula merah jika belum bisa mengganti seluruhnya.


Selain itu, saat ini telah banyak beredar gula merah yang ditanam secara organik. Meski tidak semurah gula merah biasa, harga gula merah organik masih cukup terjangkau. Nah, jika Anda ingin memilih gula merah, selalu pertimbangkan segi kualitas serta harga sebelum membeli, ya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Gula Merah Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Gula Merah terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 27 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Mitratani

Gula Aren Bubuk

Mitratani Gula Aren Bubuk 1

Rp31.000

Menengah

Diolah oleh petani binaan dengan metode organik

Nira aren

Pouch

1.000 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Sari Bumi Makmur Internasional

Arutala Gula Aren Cair

Sari Bumi Makmur Internasional  Arutala Gula Aren Cair 1

Rp23.000

Agak Murah

Rasa gula palem cairnya melengkapi rasa pahit kopi

Nira aren

Botol

250 ml, 1.000 ml

6 bulan

3

Cap Blast Premium Gula Aren Jawa

null Cap Blast Premium Gula Aren Jawa 1

Rp45.000

Agak Mahal

Terbuat dari sari tebu alami yang lembut dan harum

Sari tebu

Pouch

1.000 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Gulare

Gula Aren Cair Premium

Gulare Gula Aren Cair Premium 1

Rp57.899

Lebih Mahal

Kemasan yang besar dan mudah ditenteng

Nira aren

Jeriken

1.300 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Mola

Gula Aren Cair Premium

Mola Gula Aren Cair Premium 1

Rp50.000

Agak Mahal

Gula aren cair berkadar gula tinggi dengan rasa yang konsisten

Nira aren

Botol

500 ml, 1.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

Ansell

Brown Sugar Stick

Ansell Brown Sugar Stick 1

Rp34.500

Menengah

Kemasan stick, jadi lebih praktis dan higienis

Nira kelapa

Individual stick (saset)

8 g/saset

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Pondok Aren

Gula Aren Semut

Pondok Aren Gula Aren Semut 1

Rp35.000

Menengah

Proses terbaik membuatnya kering dan bersih maksimal

Nira aren

Plastik

1.000 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Rumah Seduh

Brown Sugar Syrup

Rumah Seduh Brown Sugar Syrup 1

Rp7.500

Lebih Murah

Teksturnya lembut, aromanya pun harum khas brown sugar

Palm sugar & brown sugar

Botol

100 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Beorganik

Liquid Palm Sugar

Beorganik Liquid Palm Sugar 1

Rp25.000

Agak Murah

Cita rasa alami dan autentik dengan kemurnian 100%

Nira aren

Botol

250 ml, 500 ml

12 bulan

10

Aren Mbah Mi

Gula Aren Cair

Aren Mbah Mi Gula Aren Cair 1

Rp27.000

Menengah

Kemasan pouch, lebih praktis untuk refill

Nira aren

Pouch

1.000 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MitrataniGula Aren Bubuk

Gula Aren Bubuk 1
Sumber: shopee.co.id
Gula Aren Bubuk 2
Sumber: shopee.co.id
Gula Aren Bubuk 3
Sumber: shopee.co.id
Gula Aren Bubuk 4
Sumber: shopee.co.id
Gula Aren Bubuk 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp31.000
Menengah
Harga referensi
Rp31.000
Menengah

Diolah oleh petani binaan dengan metode organik

Mitratani Gula Aren Bubuk adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang menginginkan gula alami dan sehat. Produk ini diolah oleh petani binaan dengan metode organik tanpa bahan kimia. Hasilnya pun jadi lebih sehat dan memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Salah satu keunggulan lainnya adalah keawetannya yang lebih lama, dapat bertahan hingga 1 tahun. 


Selain itu, produk ini juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan beberapa alternatif gula lainnya. Dengan semua kelebihannya, produk ini merupakan pilihan ideal bagi Anda yang peduli akan kesehatan dan anggaran.

Komposisi utamaNira aren
KemasanPouch
Berat bersih1.000 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Sari Bumi Makmur Internasional Arutala Gula Aren Cair

Harga referensi
Rp23.000
Agak Murah

Rasa gula palem cairnya melengkapi rasa pahit kopi

Kedai kopi kian menjamur di Indonesia. Nah, jika Anda juga ingin membuka kedai kopi, Anda bisa memilih Gula Aren Cair dari Arutala. Karakter rasanya sangat melengkapi rasa kopi yang kuat, terutama kopi hitam pahit.


Rasa kopi racikan Anda akan lebih pas di lidah setelah menambahkan Arutala. Dengan produk ini, Anda bisa membuat secangkir kopi gula aren ala kafe dengan bujet yang jauh lebih hemat.

Komposisi utamaNira aren
KemasanBotol
Berat bersih250 ml, 1.000 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan6 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.3

Cap Blast Premium Gula Aren Jawa

Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal

Terbuat dari sari tebu alami yang lembut dan harum

Ini dia salah satu produk gula aren berkualitas tinggi yang bisa Anda temukan di pasaran. Dengan warna coklat gelap dan rasa legit yang tidak pahit, produk ini sangat cocok untuk dicampur dengan kopi. Gula ini bisa juga digunakan sebagai tambahan dalam dessert favorit Anda.


Gula aren ini terbuat dari sari tebu alami yang memberikan tekstur lembut dan aroma khas brown sugar yang harum. Ditambah lagi, ada sentuhan karamel membuatnya makin sempurna.

Komposisi utamaSari tebu
KemasanPouch
Berat bersih1.000 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.4

GulareGula Aren Cair Premium

Harga referensi
Rp57.899
Lebih Mahal

Kemasan yang besar dan mudah ditenteng

Produk ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang menginginkan gula aren berkualitas tinggi dengan berat bersih cukup besar. Satu kemasan produk ini berisi gula aren cair sekitar 1,3 kg atau setara dengan 1 liter. Produk ini hadir dalam kemasan praktis berbahan plastik yang mudah dibawa dan ditenteng. Gula aren ini merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gula Anda dalam jumlah besar.

Komposisi utamaNira aren
KemasanJeriken
Berat bersih1.300 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.5

MolaGula Aren Cair Premium

Harga referensi
Rp50.000
Agak Mahal

Gula aren cair berkadar gula tinggi dengan rasa yang konsisten

Tak yakin memilih gula aren cair karena takut kurang manis? Gula aren cair dari Mola ini jawabannya! Gula aren cair dari Mola ini memiliki kadar gula sampai 80%. Jadi, Anda tak perlu ragu dengan rasa manisnya. 


Produk organik ini murni tanpa campuran gula pasir dan memiliki rasa yang konsisten. Kualitasnya cocok untuk Anda yang mencari gula aren cair dengan kualitas terbaik. Selain dicampur dengan makanan dan minuman, Anda juga dapat menggunakannya sebagai topping.

Komposisi utamaNira aren
KemasanBotol
Berat bersih500 ml, 1.000 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.6

AnsellBrown Sugar Stick

Harga referensi
Rp34.500
Menengah

Kemasan stick, jadi lebih praktis dan higienis

Ansell Brown Sugar Stick adalah gula merah alami yang praktis dan higienis karena dikemas dalam bentuk stick individu. Kemudahan penggunaan ini membuatnya cocok untuk dibawa saat bepergian. Produk yang ideal untuk menambah rasa dan aroma dalam minuman seperti kopi atau teh.


Selain itu, produk ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kue dan masakan. Produk ini merupakan alternatif yang lebih sehat karena memiliki indeks glikemik rendah. Dengan demikian, produk ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam batas penggunaan yang wajar. 

Komposisi utamaNira kelapa
KemasanIndividual stick (saset)
Berat bersih8 g/saset
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.7

Pondok ArenGula Aren Semut

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Proses terbaik membuatnya kering dan bersih maksimal

Dibuat dengan proses khusus dari gula cetak aren, produk ini mengalami proses pengeringan menggunakan oven rotary. Hal itu dilakukan untuk menjaga aroma khas gula aren dan tingkat kekeringan optimal dengan kadar air hanya 1%. Selain itu, produk ini juga menjalani proses sortir dan ayak dengan mesin mesh 16-18. 


Hasilnya pun jadi lebih halus dan bersih. Sementara itu, proses timbang dan kemas menggunakan mesin weigher, memastikan akurasi, kebersihan, dan kehigienisan produk. Anda yang mengutamakan kualitas dan kebersihan produk, mungkin produk ini yang Anda cari.

Komposisi utamaNira aren
KemasanPlastik
Berat bersih1.000 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.8

Rumah SeduhBrown Sugar Syrup

Harga referensi
Rp7.500
Lebih Murah

Teksturnya lembut, aromanya pun harum khas brown sugar

Dengan warna cokelat dan rasa yang legit tanpa pahit, produk ini cocok untuk dicampurkan ke dalam kopi atau dessert. Terbuat dari sari tebu alami, gula cair ini memiliki tekstur lembut dan aroma khas brown sugar yang harum. Kemampuannya untuk menyatu ke berbagai jenis minuman menjadikan produk ini pilihan yang sempurna. Dengan produk ini, Anda dapat menambahkan sentuhan istimewa pada minuman favorit Anda.

Komposisi utamaPalm sugar & brown sugar
KemasanBotol
Berat bersih100 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.9

BeorganikLiquid Palm Sugar

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Cita rasa alami dan autentik dengan kemurnian 100%

Salah satu kelebihan utama produk ini adalah keamanan konsumsinya yang terjamin, serta kualitas rasa yang unik dan tak tertandingi. Komposisinya sangat sederhana, hanya terdiri atas gula aren murni 100%. Dengan nila aren asli tanpa campuran atau pengawet tersebut, produk ini menawarkan citra rasa yang berkualitas dan alami. Anda yang suka dengan cita rasa autentik wajib mencobanya!

Komposisi utamaNira aren
KemasanBotol
Berat bersih250 ml, 500 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.10

Aren Mbah MiGula Aren Cair

Harga referensi
Rp27.000
Menengah

Kemasan pouch, lebih praktis untuk refill

Produk ini dibuat dengan menggunakan gula aren asli dan air, tanpa tambahan pengawet atau pemanis buatan. Kelebihan lainnya adalah kemasan pouch yang praktis, cocok untuk digunakan sebagai isi ulang. Hal itu juga membantu Anda untuk menghemat tempat penyimpanan. Nikmati kelezatan gula aren asli dalam bentuk cair dengan Aren Mbah Mi. Produk ini adalah pilihan yang sehat dan praktis untuk menambahkan cita rasa manis pada makanan dan minuman Anda.

Komposisi utamaNira aren
KemasanPouch
Berat bersih1.000 g
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all

Pertanyaan umum seputar gula merah

Pertanyaan umum seputar gula merah

Setelah mengulas cara memilih beserta rekomendasi produk terbaiknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar gula merah. Jika Anda ingin mengetahuinya, simak jawaban kami di bawah ini!

Apakah gula merah lebih sehat daripada gula putih?

Mengonsumsi gula merah jelas lebih baik daripada gula putih hasil rafinasi. Gula putih rafinasi telah melalui proses pengolahan dengan banyak bahan kimia. Ia mengalami rafinasi, karbonasi, dekolorisasi, dan sebagainya. Seluruh proses kimiawi itu jelas memengaruhi kandungan yang ada dalam gula putih. Makin banyak Anda mengonsumsi gula putih, artinya makin banyak pula zat kimia yang masuk ke dalam tubuh Anda.

5 Rekomendasi Gula Merah terbaik

No. 1: MitrataniGula Aren Bubuk

No. 2: Sari Bumi Makmur Internasional Arutala Gula Aren Cair

No. 3: Cap Blast Premium Gula Aren Jawa

No. 4: GulareGula Aren Cair Premium

No. 5: MolaGula Aren Cair Premium

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.