• 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gula Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Gula merah, atau dikenal dengan sebutan gula jawa dan gula kelapa, adalah pemanis yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir. Gula ini memiliki kadar indeks glikemik rendah yang cocok untuk menunjang program diet sehat. Penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsinya.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan sepuluh gula merah terbaik dari Tropicana Slim, Singabera, hingga Big Tree Farms yang dipuji oleh Dr. Oz! Siapkah Anda memulai hidup sehat dengan mengonsumsi gula merah setiap harinya?
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.780 Views
Daftar isi

Apa itu gula merah?

Apa itu gula merah?
Di Indonesia, terdapat tiga macam gula merah yang sering membuat orang kebingungan dan mengira ketiganya adalah sama. Ada gula jawa, gula aren, dan gula tebu. Apakah Anda bisa mengenali perbedaan di antara ketiganya? Supaya lebih mudah, Anda dapat membedakannya berdasarkan bahan baku pembuatannya. Gula merah kelapa terbuat dari kelapa (Cocos nucifera), gula merah aren terbuat dari nira aren (Arenga pinata), dan gula merah tebu terbuat dari pohon tebu.
Yang akan kami bahas di dalam artikel ini adalah gula merah yang secara internasional dinamai coconut sugar atau gula kelapa. Gula yang juga terkenal dengan sebutan gula jawa ini diolah dari sari batang pohon kelapa. Bentuknya dapat berwujud padat, cair, atau bubuk gula dengan warna cokelat.

Apa saja khasiat gula merah?

Apa saja khasiat gula merah?
Pada umumnya, gula merah dibuat dengan cara memotong sedikit bagian pucuk bunga kuning yang mekar di pohon kelapa. Bagian cairan nektarnya diambil, lalu direbus. Di dalam gula kelapa terdapat kandungan yang kaya akan mineral penting, seperti kalium, seng, dan zat besi. Selain itu, jumlah kalium yang terkandung di dalam 100 gram gula putih hanya sebesar 2 mg. Sementara itu, gula kelapa memiliki kandungan sebesar 1030 mg!
Hanya dengan melarutkan gula kelapa di dalam air, Anda sudah mendapatkan kadar elektrolit seimbang yang dinilai mendekati cairan tubuh manusia. Oleh sebab itu, air gula kelapa yang dilarutkan sudah setara dengan air minum isotonik yang dijual di pasaran. Tidak heran, saat ini cukup banyak orang yang sadar kesehatan lebih memilih air gula kelapa sebagai minuman olahraga. Air gula kelapa tentunya menyehatkan dibandingkan minuman isotonik yang sudah mengandung zat pewarna dan zat aditif.
Bagi Anda yang membutuhkan konsumsi mineral penting atau rajin berolahraga setiap harinya, gula merah adalah pemanis ideal untuk menggantikan gula putih. Di samping itu, gula merah dikenal memiliki kadar Indeks Glikemik (IG) yang rendah sejumlah 35 (lebih rendah dibandingkan gula aren yang berjumlah 70!). Kadar IG yang rendah akan mendukung kesehatan pencernaan dan membantu meningkatkan glukosa darah secara lebih perlahan dibandingkan gula putih.

Cara memilih gula merah

Bagi orang yang sadar akan pentingnya kesehatan, gula merah sudah menjadi pilihan sebagai pengganti gula putih. Di bawah ini, kami membagikan tips cara memilih gula merah yang baik. Sebisa mungkin Anda memilih gula merah alami dengan kualitas tertinggi.

Periksa apakah ada zat aditif di dalam gula merah Anda!

Periksa apakah ada zat aditif di dalam gula merah Anda!
Disarankan agar Anda memilih produk gula merah yang menggunakan 100% bahan mentah baik melalui proses olahan tradisional maupun modern. Semakin sederhana cara pengolahan dan semakin murni bahan bakunya, Anda akan mendapatkan khasiat kesehatan yang diinginkan. Perhatikan bahwa beberapa produk biasanya mengandung pigmen atau zat pewarna karamel. Bahan ini sering terkandung di dalam makanan yang mengandung gula agar warna makanan menjadi lebih pekat dan menarik. Pigmen karamel diolah melalui metode sintesis dengan pemanasan senyawa amonium yang diproduksi dalam jumlah besar.
Karena warna cokelat karamel di dalam sebuah produk terlihat natural, konsumen cenderung tidak peduli dengan proses pembuatannya. Tambahan zat aditif, bagaimanapun bentuknya, bukanlah zat yang baik bagi tubuh. Karena itu, mulai sekarang Anda dapat lebih bijaksana dalam memilih gula merah tanpa tambahan zat aditif. Hindarilah produk yang mengandung pewarna dan pengawet buatan untuk mengoptimalkan kesehatan. Apabila tidak bisa dihindari, sebisa mungkin pilihlah gula merah dengan zat aditif yang sangat sedikit.

Apakah proses pembuatannya pun sudah tepat?

Apakah proses pembuatannya pun sudah tepat?
Selain tambahan zat aditif, beberapa produk makanan juga melalui proses pengolahan dengan campuran zat kimia tertentu. Sebaiknya, Anda menghindari produk semacam ini. Gula murni yang diolah secara khusus demi meningkatkan rasa dan tampilan warnanya memang digemari khalayak umum. Namun, kandungan nutrisi di dalam gula mestinya bisa kita dapatkan secara utuh. Pengolahan gula merah dengan zat kimia akan menghilangkan banyak khasiat baiknya.
Dalam mengonsumsi gula merah, Anda seharusnya mendapatkan nutrisi mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh. Gula merah sudah memiliki cita rasa yang lezat tanpa perlu menggunakan perasa buatan atau diolah sedemikian rupa dengan zat kimia. Pilihlah produk gula merah yang aman untuk mendapatkan manfaat nutrisinya secara maksimal.

Pilih produk gula merah yang murah, tetapi terjamin kualitasnya!

Pilih produk gula merah yang murah, tetapi terjamin kualitasnya!
Ketika Anda memutuskan untuk mengganti konsumsi gula putih dengan gula merah, tentu Anda akan mengonsumsinya sebagai bumbu harian. Gula merah sebaiknya rutin dikonsumsi untuk mencukupi nutrisi tubuh Anda dengan kandungan mineral pentingnya.
Di Indonesia, umumnya gula merah dibuat secara tradisional. Gula merah memiliki harga yang bervariasi di pasaran untuk kebutuhan rumah tangga dan usaha kuliner. Meski kepopulerannya masih kalah dibandingkan gula putih, saat ini produsen gula merah dan petani kelapa di Indonesia terus berkembang. Produknya dijual dalam bentuk gula cair yang praktis, gula kristal, dan gula bubuk yang mudah dilarutkan. Harganya pun dinilai lebih murah dibandingkan gula putih biasa! Anda dapat membandingkannya dengan gula kelapa produksi negara lain, misalnya Jepang, yang umumnya berharga cukup mahal untuk dijadikan sebagai bumbu harian. Kita harus bangga karena tinggal di negara Indonesia yang kaya akan sumber daya alam.
Selain itu, saat ini telah banyak beredar gula merah kelapa dengan budidaya organik yang sangat direkomendasikan. Produk gula merah organik ini dapat dibeli dalam kemasan ukuran 300-1000 gram untuk memenuhi kebutuhan gula harian. Anda juga dapat menjadikannya sebagai minuman isotonik untuk berolahraga. Meski tidak semurah gula merah tradisional, harga gula merah organik masih dinilai cukup terjangkau. Lagi pula, Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang tidak ternilai harganya.

10 Rekomendasi gula merah terbaik

Selanjutnya, kami merekomendasikan sepuluh gula merah terbaik di bawah ini! Pilihlah gula merah yang tepat berdasarkan kebutuhan Anda.
Terbuat dariNektar kelapa organik
Berat isi500 gram
KeunggulanHarga terjangkau. Bahan baku organik dan non-GMO
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 4.750
Terbuat dariKelapa murni dan air
Berat isi1000 ml
KeunggulanTanpa bahan kimia pemanis, bebas gluten, bebas dari fruktosa tinggi, larut langsung dalam minuman panas dan dingin ataupun makanan, dapat dijadikan sirop, dan lebih tahan lama
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 mlRp 4.230
Terbuat dariNira kelapa organik
Berat isi300 gram
KeunggulanTidak mengandung tambahan zat kimia. Bahan baku 100% organik. Rendah kalori
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 12.666

7. Natura 100% Pure Organic Coconut Sugar

Rp 40.000,00

Terbuat dariNektar kelapa organik
Berat isi300 gram
KeunggulanMendapat sertifikat organik oleh USDA dan EcoCert. Bebas GMO
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 13.333
Terbuat dariNektar kelapa organik
Berat isi250 gram
KeunggulanMendapatkan sertifikat dari USDA, EU, dan JAS. Bahan baku alami dan bebas GMO. Tidak mengandung tambahan kimia dan zat aditif
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 12.800
Terbuat dariNira kelapa organik
Berat isi454 gram
KeunggulanTanpa tambahan zat kimia. Telah mendapat sertifikasi organik dari UHA, JAS, dan EU Organic. Bahan bakunya diolah menggunakan tangan dan direbus dalam waktu yang lama demi mengoptimalkan khasiat kesehatannya
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 10.199
Terbuat dariNira kelapa organik
Berat isi454 gram
KeunggulanMendapat sertifikat Fair Trade, Kosher. Bahan baku bebas dari GMO dan gluten
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 14.317
Terbuat dariPemanis alami dan air
Berat isi350 ml
KeunggulanBebas gula. Mudah ditemukan di banyak swalayan. Botol yang praktis siap tuang. Rendah kalori hanya 35 kalori/20 ml
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 mlRp 16.971
Terbuat dariNektar kelapa organik
Berat isi250 gram
KeunggulanMendapat sertifikat organik, Kosher, vegan, GMO, ISO 22000, dan sertifikat halal. Tidak mengandung obat kimia dan zat aditif
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 11.880

1. Good Life Organik Gula Kelapa Kristal Organik

Rp 33.000,00

Terbuat dariNira kelapa organik
Berat isi800 gram
KeunggulanHarga paling terjangkau. Tidak mengandung campuran bahan kimia dan pengawet. Dibudidayakan organik tanpa pupuk kimia, insektisida, dan pestisida. Dapat disimpan hingga 2 tahun
Negara produksiIndonesia
Biaya per 100 gramRp 4.125

Baca juga rekomendasi produk gula terbaik lainnya di sini!

Di dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan gula merah terbaik. Jika Anda tertarik ingin membeli produk gula lainnya, simak artikel-artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Gula merah atau gula kelapa mengandung mineral dan vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh. Apabila Anda ingin mulai menukar gula putih dengan gula merah, lakukan secara bijak dengan mencampurkan takaran yang cukup ke dalam teh atau kopi pagi Anda. Tambahkan sedikit demi sedikit saja setiap harinya hingga terbiasa. Dengan rasa dan aroma yang khas, gula tinggi gizi ini diharapkan dapat mendukung gaya hidup sehat, terutama jika Anda sibuk beraktivitas dan berolahraga. Semoga artikel dari kami dapat membantu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    40.101 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    16.442 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    51.663 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    17.177 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    51.916 Views
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    18.713 Views
  • 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bermacam masalah tenggorokan seperti batuk, tenggorokan sakit atau gatal bisa datang tiba-tiba. Tentunya, masalah tersebut bisa membuat hari Anda kurang nyaman. Apalagi jika Anda sehari-hari harus sering bertemu dengan banyak orang. Salah satu solusi tercepat dalam menanganinya adalah mengonsumsi permen pelega tenggorakan.Merek-merek terkenal, seperti Ricola, Woods, dan Strepsils sudah sejak lama memproduksi permen pelega tenggorokan yang ampuh meredakan masalah tenggorokan. Kali ini kami akan menjelaskan cara tepat memilih permen pelega tenggorokan dan merekomendasikan sepuluh produk yang telah kami seleksi. Simak sampai habis, ya!
    Makanan & minuman
    25.211 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori