10 Rekomendasi Lensa Kontak Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lensa Kontak Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penglihatan, seperti mata minus, tentu membutuhkan alat bantu untuk memperjelas penglihatan. Salah satu alat bantu penglihatan yang banyak dipakai adalah lensa kontak. Dengan menggunakan lensa kontak, Anda dapat beraktivitas dengan leluasa tanpa terganggu oleh keberadaan kacamata.

Di antara beberapa jenis lensa kontak yang ada, kami menyarankan produk lensa kontak sekali pakai karena lebih praktis. Anda tidak perlu membersihkan lensa kontak tersebut setelah digunakan. Artikel ini akan membantu Anda memilih lensa kontak sekali pakai yang terbaik, nyaman, mudah digunakan, serta memiliki harga yang sesuai kemampuan Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih lensa kontak sekali pakai

Lensa kontak terdiri dari beberapa tipe, ada yang dirancang untuk penggunaan selama dua minggu, satu bulan, dan ada yang lebih lama lagi. Lensa kontak yang paling mudah untuk digunakan adalah lensa kontak sekali pakai. Lensa kontak tersebut hanya dapat digunakan selama satu hari sehingga Anda tidak perlu repot mencuci dan membersihkan lensa kontak. Anda dapat langsung membuang lensa tersebut setelah digunakan.

Saat ini, sudah banyak merek lensa kontak sekali pakai yang dijual. Dengan berbagai keunggulan dan kelemahan masing-masing merek, Anda mungkin bingung memilih mana yang terbaik. Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih lensa kontak sekali pakai.

Pilih lensa kontak sekali pakai yang tidak mudah kering

Pilih lensa kontak sekali pakai yang tidak mudah kering

Sering kali lensa kontak Anda mengering saat sedang dipakai. Tentu saja rasanya akan sangat tidak nyaman. Selain itu, lensa kontak yang kering dapat menyebabkan iritasi mata. Perlu diingat bahwa lensa kontak adalah benda yang menempel langsung dengan mata sehingga Anda harus sangat berhati-hati agar lensa kontak tersebut tidak melukai mata. Demi menjaga kesehatan mata, kami menyarankan Anda untuk memilih lensa kontak yang tidak mudah kering.

Terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah lensa kontak Anda termasuk yang mudah kering atau tidak. Simak penjelasan berikut ini:

  • Perhatikan bahan dari lensa kontak tersebut. Bahan silicone hydrogel adalah bahan yang paling mudah kering.
  • Perhatikan kadar airnya. Lensa kontak dengan kadar air yang rendah akan tidak mudah kering.
  • Pilihlah lensa kontak yang memang dirancang secara khusus agar tidak mudah kering.

Lensa kontak yang terbuat dari bahan silicone hydrogel dan yang memiliki kadar air rendah umumnya kurang nyaman saat digunakan. Namun, ada juga lensa kontak berbahan silicone hydrogel yang didukung dengan teknologi kelembapan. Akan lebih baik jika Anda juga mempertimbangkan aspek-aspek lain dalam memilih.

Jangan mudah tergoda oleh merek terkenal, pilihlah yang sesuai anggaran

Jangan mudah tergoda oleh merek terkenal, pilihlah yang sesuai anggaran

Jika Anda berencana untuk menggunakan lensa kontak sekali pakai setiap hari, pertimbangkanlah harga lensa kontak yang hendak Anda gunakan. Pilihlah lensa kontak yang harganya sesuai dengan anggaran sehingga Anda dapat terus membeli dan menggunakan lensa kontak tersebut. Akan menjadi sia-sia jika membeli lensa kontak yang sangat berkualitas, tetapi harganya terlalu mahal sehingga Anda tidak dapat melanjutkan pemakaian lensa kontak tersebut.

Anda juga sebaiknya tidak mudah tergoda oleh merek-merek terkenal. Merek-merek seperti Acuvue dan Freshkon memang berkualitas tinggi dan banyak diiklankan. Namun, sebenarnya masih terdapat banyak merek lain dengan harga yang lebih terjangkau. Tergantung bagaimana kebutuhan dan anggaran Anda.

Memang terasa kurang nyaman jika harus menggunakan produk dari merek yang kurang terkenal dan terasa asing. Sesungguhnya, banyak merek tidak terkenal yang mengalihkan anggaran mereka untuk biaya penelitian dan pengembangan produk, bukan untuk iklan. Akibatnya, mereka menjadi kurang dikenal walaupun memiliki kualitas yang baik.

Oleh karena itu, pilihlah lensa kontak sekali pakai yang sesuai dengan kebutuhan mata Anda, bukan hanya berdasarkan merek saja.

Pilihlah yang terasa nyaman di mata Anda

Pilihlah yang terasa nyaman di mata Anda

Anda mungkin ingin membeli suatu merek lensa kontak karena telah mendengar kabar bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang baik dan nyaman saat digunakan. Akan tetapi, lensa kontak yang terasa nyaman bagi seseorang belum tentu akan terasa nyaman juga bagi Anda. Ingatlah bahwa lensa kontak merupakan benda yang akan Anda tempelkan di mata. Jadi, pilihlah yang sungguh-sungguh terasa nyaman di mata Anda.

Contohnya, lensa berbahan silikon yang merupakan bahan dengan sirkulasi oksigen yang baik, serta telah dinyatakan ramah untuk mata, bagi sebagian orang terasa tidak nyaman karena bahannya yang kaku. Selain itu, lensa kontak memiliki kelengkungan dan ukuran yang berbeda-beda sehingga belum tentu cocok untuk semua orang.

Jika Anda telah menemukan lensa kontak yang berkualitas, tetapi terasa tidak nyaman di mata atau terasa kering, kami sarankan Anda untuk mengganti lensa kontak tersebut.

Perhatikan rentang ukuran minus dan silinder dari lensa kontak pilihan Anda

Perhatikan rentang ukuran minus dan silinder dari lensa kontak pilihan Anda

Setiap produsen lensa kontak memiliki rentang ukuran minus dan silinder yang berbeda. Misalnya, suatu merek lensa kontak memproduksi lensa kontak dengan rentang ukuran minus antara -1,00 hingga -9,00. Sementara itu, merek lainnya memproduksi dengan ukuran minus antara -0,50 hingga -10,00. Hal tersebut berbeda-beda untuk setiap merek. Jika mata Anda memiliki ukuran minus yang kecil, Anda tidak perlu mengkhawatirkan rentang tersebut. Namun, jika ukuran minus Anda cukup besar, seperti misalnya -9,00, sebaiknya mencari merek lensa kontak yang memproduksi lensa kontak dengan ukuran minus sangat tinggi.

Ukuran minus dan silinder pada mata umumnya akan bertambah. Terlebih lagi jika usia Anda masih remaja. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memilih lensa kontak dengan ukuran minus dan silinder yang sesuai dengan batas atas dari kondisi Anda saat ini.

10 Rekomendasi lensa kontak sekali pakai terbaik

Setelah menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih lensa kontak sekali pakai, sekarang kami akan memberi rekomendasi lensa kontak sekali pakai yang terbaik. Demi kesehatan mata Anda, pilihlah lensa kontak sekali pakai yang paling sesuai untuk mata Anda dengan mengacu pada penjelasan kami di atas.

10. Schon Comfort Dailies

10. Schon Comfort Dailies

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Ukuran dan kelengkungan produk ini akan pas dengan mata khas Indonesia

Schön merupakan merek lensa kontak dari Indonesia. Lensa kontak ini telah dirancang agar cocok dengan warna, tingkat kelengkungan, serta lebar mata orang Indonesia. Anda akan merasa nyaman saat menggunakan lensa kontak ini. Selain itu, rentang ukuran minus yang disediakan juga cukup besar, yaitu antara -0,50 hingga -10,00.

Keunggulan lainnya adalah, produk ini dirancang agar dapat digunakan dengan mudah. Lensa kontak ini tidak mudah terlipat sehingga tidak merepotkan saat digunakan. Hal tersebut akan menguntungkan bagi Anda yang baru pertama kali mencoba menggunakan lensa kontak.

9. X2 1 Day X2 Clear

9. X2 1 Day X2 Clear

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 204.000

Mata Anda akan terlihat lebih jernih

Penggunaan lensa kontak berisiko membuat mata Anda menjadi kemerahan. Dengan produk ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai mata merah yang akan mengganggu kenyamanan serta penampilan Anda. Lensa kontak ini dirancang secara khusus untuk mengurangi kemerahan di daerah cincin limbal mata sehingga mata akan terlihat jernih dan bersih.

Keunggulan lain dari produk ini adalah dari segi harganya. Harga yang tertera di atas adalah harga tiap-tiap lima belas pasang. Jika dibandingkan dengan merek lain, harga tersebut relatif lebih murah. Dengan demikian, Anda akan dapat menggunakan produk ini secara berkesinambungan.

8. Alcon FreshLook ONE-DAY contact lenses

8. Alcon FreshLook ONE-DAY contact lenses

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Untuk mata yang sehat serta terlihat cantik alami!

Freshlook merupakan merek lensa kontak yang telah dikenal dengan lensa kontaknya yang berwarna-warni. Produknya telah membuat mata banyak orang menjadi semakin terlihat menarik. Lensa kontak ini menggunakan 3-in-1 Color Technology yang akan membuat mata Anda memiliki warna yang indah alami.

Selain mengedepankan sisi estetika, produk ini juga memiliki kualitas yang baik.  Lensa kontak ini telah melalui banyak proses penelitian dan uji coba sebelum akhirnya diproduksi. Mata Anda tidak hanya akan terlihat semakin menarik, tetapi juga tetap terjaga kesehatannya.

7. Acuvue 1 Day Acuvue Define

7. Acuvue 1 Day Acuvue Define

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Dapatkan sensasi kelembapan alami, dengan pilihan warna mata yang menarik

Lensa kontak ini diperlengkapi dengan teknologi Lacreon yang berfungsi menjaga permukaan lensa agar tetap memiliki kandungan air seperti air mata alami. Teknologi tersebut tentu akan membuat mata Anda terasa lembap dan tidak pedih.

Selain itu, produk ini memiliki banyak pilihan warna yang menarik. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan selera. Dengan demikian, Anda dapat menjalani hari-hari dengan lebih bersemangat karena telah menggunakan lensa kontak yang nyaman sekaligus penuh gaya.

6. Alcon Dailies AquaComfort Plus Contact Lenses

6. Alcon Dailies AquaComfort Plus Contact Lenses

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Mata Anda akan terasa segar dengan adanya Blink-activated Moisture

Teknologi Blink-activated Moisture pada produk ini mampu menjaga kelembapan mata Anda sehingga terasa segar. Setiap kali Anda mengedipkan mata, lensa kontak ini akan bekerja untuk melembapkan dan menyegarkan mata. Selain itu, kadar air mata Anda juga akan terjaga.

Dengan teknologi yang diusung oleh produk ini, Anda akan mendapatkan penglihatan yang lebih baik serta rasa nyaman dan segar di mata. Anda dapat menggunakan lensa kontak ini untuk berbagai kegiatan tanpa khawatir menderita iritasi mata atau mata kering.

5. FreshKon Everyday+ HA Contact Lenses

5. FreshKon Everyday+ HA Contact Lenses

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 240.000

Memiliki bagian tepi lensa yang lembut sehingga nyaman bagi mata

Lensa kontak ini didesain dengan bagian tepi yang lembut agar terasa nyaman saat Anda gunakan. Anda akan merasa seperti tidak menggunakan lensa kontak. Selain itu, produk ini memiliki hyaluronic acid yang akan menjaga agar pelumas dari lensa kontak mampu bekerja secara optimal saat digunakan.

Berbagai keunggulan tersebut menjaga mata Anda senantiasa terasa nyaman dan lembap saat menggunakan produk ini. Di samping itu, kemasan produk ini dibuat dari bahan yang ramah lingkungan sehingga Anda dapat turut berkontribusi dalam upaya menjaga alam semesta.

4. Seed 1 Day Pure Moisture Multistage

4. Seed 1 Day Pure Moisture Multistage

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 405.000

Ampuh mengatasi masalah mata minus sekaligus plus!

Produk ini ditujukan bagi Anda yang membutuhkan lensa kontak progresif. Lensa ini memiliki ukuran yang berbeda antara sisi atas dengan sisi bawah sehingga akan mempertajam penglihatan seseorang dari berbagai jarak. Dengan demikian, Anda yang memiliki masalah dengan mata minus sekaligus plus akan sangat terbantu dengan lensa kontak ini.

Akan tetapi, Anda mungkin membutuhkan waktu untuk beradaptasi saat pertama kali menggunakan lensa kontak progresif. Oleh karena itu, produk ini juga dirancang agar Anda lebih mudah beradaptasi dan merasa nyaman saat pemakaian lensa kontak ini.

3. Seed 1 Day Pure Moisture for Astigmatism

3. Seed 1 Day Pure Moisture for Astigmatism

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 405.000

Solusi bagi mata silinder Anda

Jika Anda memiliki masalah mata silinder, lensa kontak ini cocok bagi Anda. Lensa kontak produksi Jepang ini dirancang agar memiliki stabilitas yang baik saat digunakan. Bahan, desain, serta sistem pelembapnya telah melewati proses penelitian hingga menghasilkan lensa kontak yang nyaman digunakan oleh pemilik mata silinder.

Saat Anda menggunakan lensa kontak ini, Anda akan terhindar dari keluhan mata kering. Lensa kontak ini dirancang agar dapat menahan air mata di antara mata dan lensa. Dengan demikian, mata Anda akan tetap lembap saat menggunakan produk ini.

2. Acuvue 1 Day Acuvue TruEye

2. Acuvue 1 Day Acuvue TruEye

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 300.000

Anda memiliki ukuran minus yang besar? Percayakan pada produk ini

Kami menyarankan produk ini bagi Anda yang memiliki ukuran minus yang besar. Lensa kontak yang diproduksi oleh Acuvue ini memiliki rentang minus hingga -12,00. Dengan demikian, Anda dapat dengan leluasa memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran Anda.

Meski terbuat dari bahan silicone hydrogel, lensa kontak ini memiliki teknologi Hydraclear yang mampu menjaga agar permukaan lensa tetap mengandung air dan lembap. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kandungan anti-UV sehingga akan selalu nyaman saat digunakan sepanjang hari.

1. Bausch and Lomb Biotrue ONEday Contact Lenses

1. Bausch and Lomb Biotrue ONEday Contact Lenses

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 270.000

Dirancang menyerupai kinerja mata manusia, kualitasnya tak diragukan

Lensa kontak merek Bausch and Lomb ini terbuat dari bahan yang memiliki cara kerja menyerupai cara kerja mata manusia. Bahan tersebut meniru lipid layer pada mata yang berfungsi menjaga cairan mata dan mencegah dehidrasi pada mata. Anda tidak perlu khawatir bahwa mata Anda akan menjadi kering ketika menggunakan lensa kontak ini.

Selain itu, karena memiliki cara kerja yang menyerupai mata manusia, produk ini akan tetap terasa nyaman untuk digunakan hingga 16 jam. Dengan demikian, Anda akan selalu nyaman menjalankan aktivitas sepanjang hari walaupun sedang menggunakan lensa kontak.

Kesimpulan

Saat ini sudah semakin banyak dijual produk lensa kontak dengan beragam bahan. Anda sebaiknya memperhatikan dengan hati-hati dan detail sebelum membeli suatu produk. Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi lensa kontak sekali pakai yang dapat Anda jadikan acuan saat memilih. Apakah kini Anda sudah yakin dengan pilihan Anda? Selamat memilih yang terbaik bagi mata Anda!