mybest
Softlens

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan mata
  4. 10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan, alat bantu penglihatan tentu menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alat bantu penglihatan yang banyak dipakai adalah lensa kontak atau softlens. Softlens cocok untuk Anda yang ingin leluasa beraktivitas tanpa terganggu keberadaan kacamata.

Anda dapat memilih softlens sekali pakai untuk pemakaian yang lebih aman dan higienis. Pilihlah produk softlens yang memberi kenyamanan untuk mata Anda, seperti pada merek ACUVUE, FreshKon®, X2, dan lainnya. Simak ulasan lengkap cara memilih produk softlens sekali pakai terbaik dan ternyaman berikut ini!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih softlens sekali pakai

Soft lens sekali pakai rata-rata aman dipakai seharian, mulai dari pagi hingga malam hari. Di pasaran ada banyak soft lens sekali pakai dengan berbagai kelebihan dan keunggulan. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih soft lens sekali pakai.
1

Carilah ukuran lensa sesuai kebutuhan mata

Carilah ukuran lensa sesuai kebutuhan mata
Sebelum memutuskan membeli lensa kontak, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mata. Hal tersebut untuk mengetahui kondisi mata Anda, seperti rabun, silinder, kelengkungan kornea, dan sebagainya. Setelah itu, barulah Anda dapat memilih lensa kontak sesuai kondisi mata Anda.

Lensa kontak biasanya memiliki diameter antara 14 mm hingga 14,5 mm. Selain itu, setiap produsen memiliki varian ukuran dioptri yang berbeda-beda. Sebagai contoh, suatu merek lensa kontak memiliki rentang dioptri antara -1,00 hingga -9,00. Sementara itu, merek lainnya memiliki rentang dioptri antara -0,50 hingga -12,00. Jadi, carilah soft lens sekali pakai yang menyediakan kebutuhan mata Anda, ya. 

2

Pilih yang dapat meneruskan suplai oksigen ke mata

Pilih yang dapat meneruskan suplai oksigen ke mata

Carilah lensa kontak yang dapat meneruskan suplai oksigen ke dalam mata. Jika Anda sering berada di depan layar atau memiliki gangguan penglihatan, lensa kontak model ini akan sangat berguna. Ketika Anda sedang berada di depan layar, frekuensi mata untuk berkedip cenderung berkurang. Hal tersebut menyebabkan suplai oksigen ke mata berkurang dan membuat mata menjadi kering.


Anda bisa memilih soft lens yang terbuat dari silicone hydrogelBahan ini dapat meneruskan oksigen ke mata. Lensa kontak berbahan silicone hydrogel memiliki level oxygen permeability sekitar 118 atau lebih. 


Makin tinggi angka oxygen permeability-nya, makin banyak pula oksigen yang dihantarkan ke dalam mata. Sayangnya, tak banyak produsen soft lens yang menyertakan informasi mengenai level oxygen permeability yang dimiliki produknya.

3

Gunakan lensa kontak yang tidak mudah kering

Gunakan lensa kontak yang tidak mudah kering
Jumlah kadar air yang baik untuk soft lens memang perlu disesuaikan dengan kondisi mata Anda. Apabila mata Anda cepat kering, pilihlah soft lens yang memiliki kadar air rendah. Lensa kontak yang kadar airnya kurang dari 50% disebut low water content (lensa kontak berkadar air rendah). 

Sementara itu, soft lens dengan kadar air lebih dari 50% disebut high water content (lensa kontak berkadar air tinggi). Lensa kontak dengan kadar air tinggi memang nyaman digunakan. Namun, ketika kadar air pada lensa kontak berkurang, lensa akan menyerap air mata. Akibatnya, mata Anda menjadi mudah kering. 


Jika Anda memiliki tipikal mata kering, sebaiknya pilihlah soft lens dengan kadar air di bawah 50%. Sebagai informasi tambahan, soft lens terasa perih tak hanya perihal kurangnya jumlah air mata saja. Akan tetapi, bisa jadi karena lensa kontak yang kotor atau sobek. 


Anda memiliki mata cenderung lembap? Kami punya artikel khusus yang mengulas soft lens berkadar air tinggi, lho. Klik tautan di bawah ini untuk membacanya, ya.

4

Pertimbangkan yang memiliki perlindungan dari sinar UV

Pertimbangkan yang memiliki perlindungan dari sinar UV

Jika Anda peduli terhadap paparan sinar ultraviolet yang masuk ke mata, pilihlah soft lens yang dilengkapi dengan anti-UV. Teknologi tersebut dapat memblokir sinar UV dan memberikan perlindungan untuk mata Anda.


Ada juga lensa kontak yang dapat mereduksi paparan cahaya biru (blue light). Adanya anti-blue light sangat cocok bagi Anda yang kerap berada di depan layar komputer dan gadget. Sayangnya, saat ini belum banyak soft lens sekali pakai yang dilengkapi anti-blue light. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa memilih soft lens sekali pakai yang dilengkapi anti-UV saja.

5

Beli dalam jumlah banyak agar lebih terjangkau

Beli dalam jumlah banyak agar lebih terjangkau

Jika Anda berencana menggunakan lensa kontak sekali pakai setiap hari, pertimbangkan harga lensa kontak yang hendak digunakan. Apabila sudah menemukan produk yang cocok, belilah dalam jumlah banyak sekaligus. Anda juga bisa memilih produk dengan kemasan versi besar atau isi yang lebih banyak. Pembelian dalam jumlah banyak biasanya lebih ekonomis dibandingkan membeli dalam jumlah sedikit. 


Harap perhatikan juga jika mata kanan dan kiri Anda memiliki rentang minus, plus, atau silinder yang berbeda. Perbedaan itu, misalnya mata kanan -1,00, sedangkan mata kiri -2,00. Jika Anda termasuk yang mengalami hal tersebut, Anda perlu membeli dua pak lensa kontak dengan ukuran berbeda

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi softlens sekali pakai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk soft lens sekali pakai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Johnson & Johnson Vision Care

1-DAY ACUVUE® DEFINE®

Johnson & Johnson Vision Care 1-DAY ACUVUE® DEFINE® 1

Rp526.050

Lebih Mahal

Sensasi kelembapan alami dengan pilihan warna yang menarik

2

Johnson & Johnson

1-DAY ACUVUE® TruEye®

Johnson & Johnson 1-DAY ACUVUE® TruEye® 1

Rp250.000

Menengah

Memiliki ukuran minus yang besar? Percayakan pada produk ini

3

Alcon

DAILIES® AquaComfort Plus® Contact Lenses

Alcon DAILIES® AquaComfort Plus® Contact Lenses 1

Rp290.000

Menengah

Satu-satunya lensa kontak sekali pakai dengan teknologi Blink-Activated Moisture

4

FreshKon®

Daily Clear Contact Lenses

FreshKon® Daily Clear Contact Lenses 1

Rp79.000

Lebih Murah

Lensa bening yang nyaman dipakai sepanjang hari

5

FreshKon

Colors Fusion Cosmetic Contact Lenses

FreshKon Colors Fusion Cosmetic Contact Lenses 1

Rp350.000

Menengah

Tampil beda bersama lensa kontak berwarna ikonik! Mau?

6

Sinar Rejeki Selaras

Schön Comfort Dailies

Sinar Rejeki Selaras Schön Comfort Dailies 1

Rp145.000

Agak Murah

Mudah dipakai dan tidak gampang terlipat, cocok untuk pemula

7

SEED

1dayPure moisture for Astigmatism

SEED 1dayPure moisture for Astigmatism 1

Rp400.000

Agak Mahal

Solusi bagi Anda yang memiliki mata silinder

8

EXOTICON

1 Day X2 Clear

EXOTICON 1 Day X2 Clear 1

Rp178.000

Agak Murah

Mata tampak lebih jernih dan bersih dengan harga yang ekonomis

9

SEED

1dayPure Moisture Multistage

SEED 1dayPure Moisture Multistage 1

Rp450.000

Agak Mahal

Lensa kontak untuk penyandang mata minus sekaligus plus

10

Bausch + Lomb

Biotrue ONEday Contact Lenses

Bausch + Lomb Biotrue ONEday Contact Lenses 1

Rp239.999

Menengah

Dirancang menyerupai kinerja mata manusia, kualitasnya tak perlu diragukan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Johnson & Johnson Vision Care1-DAY ACUVUE® DEFINE®

1-DAY ACUVUE® DEFINE® 1
Sumber: acuvue.co.id
1-DAY ACUVUE® DEFINE® 2
Sumber: acuvue.co.id
1-DAY ACUVUE® DEFINE® 3
Sumber: acuvue.co.id
1-DAY ACUVUE® DEFINE® 4
Sumber: acuvue.co.id
1-DAY ACUVUE® DEFINE® 5
Sumber: acuvue.co.id
Harga referensi
Rp526.050
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp526.050
Lebih Mahal

Sensasi kelembapan alami dengan pilihan warna yang menarik

Lensa kontak ini dilengkapi teknologi LACREON® yang menjaga permukaan lensa agar tetap lembap sepanjang hari. Teknologi tersebut tentu akan membuat mata Anda tidak gampang kering ataupun pedih.

Selain itu, produk dari ACUVUE ini memiliki tujuh pilihan warna yang cantik dan menarik. Anda yang mencari lensa kontak dengan banyak pilihan warna tentu layak mempertimbangkan produk ini. Pilihlah warna lensa sesuai dengan selera dan suasana hati Anda, ya!
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Johnson & Johnson1-DAY ACUVUE® TruEye®

Harga referensi
Rp250.000
Menengah

Memiliki ukuran minus yang besar? Percayakan pada produk ini

Kami menyarankan produk ini jika Anda memiliki mata dengan ukuran minus yang besar. Lensa kontak yang diproduksi oleh ACUVUE ini memiliki rentang minus hingga -12,00. Selain menyediakan pilihan lensa untuk rabun jauh, ada juga pilihan untuk rabun dekat, lho.

Produk ini memiliki teknologi HYDRACLEAR® 1 yang menjaga permukaan lensa tetap lembap dan nyaman dipakai seharian. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kandungan anti-UV sehingga akan selalu nyaman saat digunakan sepanjang hari.
No.3

AlconDAILIES® AquaComfort Plus® Contact Lenses

Harga referensi
Rp290.000
Menengah

Satu-satunya lensa kontak sekali pakai dengan teknologi Blink-Activated Moisture

Produk dari Alcon ini dilengkapi teknologi Blink-Activated Moisture yang memberikan kelembapan pada mata sepanjang hari. Setiap kali Anda mengedipkan mata, lensa kontak ini akan bekerja untuk melembapkan dan menyegarkan mata. 

Dengan teknologi yang diusung oleh produk ini, Anda akan mendapatkan penglihatan yang lebih baik serta rasa nyaman dan segar. Selain itu, lensa kontak ini juga bisa digunakan untuk anak-anak, lho.
No.4

FreshKon®Daily Clear Contact Lenses

Harga referensi
Rp79.000
Lebih Murah

Lensa bening yang nyaman dipakai sepanjang hari

Lensa kontak ini didesain sangat tipis dan lembut agar terasa nyaman saat digunakan. Produk ini juga dilengkapi teknologi hyaluronic acid yang menjaga agar pelumas dari lensa kontak bekerja optimal saat digunakan.


Berbagai keunggulan tersebut menjaga mata Anda senantiasa nyaman dan lembap saat menggunakan produk ini. Anda pun tak perlu khawatir mengalami mata pedih akibat memakai lensa kontak seharian penuh!

No.5

FreshKonColors Fusion Cosmetic Contact Lenses

Harga referensi
Rp350.000
Menengah

Tampil beda bersama lensa kontak berwarna ikonik! Mau?

Bagi Anda yang suka tampil beda dan penuh gaya, lensa kontak keluaran FreshKon ini wajib dilirik. Terdiri dari pilihan warna yang ikonik, mata Anda akan tampak makin memesona saat memakainya

Tidak hanya mempercantik mata, lensa kontak ini juga memiliki fungsi kesehatan. Produk ini dilengkapi Hydro Micro-Insulation Technology yang membuat lensa kontak bekerja optimal dan sirkulasi oksigen menuju mata lancar. Anda pun akan merasa nyaman seperti tidak sedang memakai lensa kontak. 
No.6

Sinar Rejeki SelarasSchön Comfort Dailies

Harga referensi
Rp145.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp145.000
Agak Murah

Mudah dipakai dan tidak gampang terlipat, cocok untuk pemula

Schön merupakan lensa kontak merek Indonesia yang dirancang agar kelengkungan lensanya cocok dengan mata orang Indonesia. Selain itu, rentang ukuran minus yang disediakan juga cukup besar, yaitu antara -0,50 hingga -10,00 dioptri.

Produk ini juga dirancang agar mudah diaplikasikan ke mata dan nyaman digunakan. Lensa kontak ini tidak mudah terlipat sehingga tidak merepotkan saat hendak dipakai. Hal tersebut tentu cocok bagi Anda yang baru pertama mencoba menggunakan lensa kontak.
No.7

SEED1dayPure moisture for Astigmatism

Harga referensi
Rp400.000
Agak Mahal

Solusi bagi Anda yang memiliki mata silinder

Jika Anda memiliki masalah mata silinder, lensa kontak ini cocok untuk Anda. Lensa kontak produksi Jepang ini dirancang agar memiliki stabilitas yang baik saat digunakan. Bahan, desain, serta sistem pelembapnya telah melewati proses penelitian hingga menghasilkan produk yang nyaman untuk pemilik mata silinder.

Saat Anda menggunakan lensa kontak ini, Anda akan terhindar dari keluhan mata kering. Lensa kontak ini dirancang agar dapat menahan air mata di antara mata dan lensa. Dengan demikian, mata Anda akan tetap lembap saat menggunakan produk ini.
No.8

EXOTICON1 Day X2 Clear

Harga referensi
Rp178.000
Agak Murah

Mata tampak lebih jernih dan bersih dengan harga yang ekonomis

Penggunaan lensa kontak berisiko membuat mata Anda menjadi cepat kering. Lensa kontak ini terbuat dari silicone hydrogel yang dirancang khusus agar mata tetap lembap dan dapat bernapas alami. Sesuai namanya, lensa kontak dari X2 ini juga akan membuat mata Anda tampak lebih jernih dan bersih.

Keunggulan lain dari produk ini adalah dari segi harganya. Harga yang tertera di atas adalah harga untuk 30 lensa kontak (15 pasang). Jika dibandingkan merek lain, harga tersebut relatif lebih terjangkau, lho. Jadi, pilihlah produk ini apabila Anda mencari produk dengan harga ekonomis yang nyaman dipakai seharian, ya!

No.9

SEED1dayPure Moisture Multistage

Harga referensi
Rp450.000
Agak Mahal

Lensa kontak untuk penyandang mata minus sekaligus plus

Produk ini ditujukan bagi Anda yang membutuhkan lensa kontak progresif. Lensa ini memiliki ukuran yang berbeda antara sisi atas dan bawah sehingga dapat mempertajam penglihatan dari berbagai jarak. Anda pun dapat tampil maksimal tanpa terganggu tampilan kacamata progresif lagi. 

Anda mungkin membutuhkan waktu untuk beradaptasi saat pertama menggunakan lensa kontak progresif. Nah, produk dari SEED ini dirancang agar Anda lebih mudah beradaptasi dan merasa nyaman saat mengenakannya.
No.10

Bausch + LombBiotrue ONEday Contact Lenses

Harga referensi
Rp239.999
Menengah

Dirancang menyerupai kinerja mata manusia, kualitasnya tak perlu diragukan

Lensa kontak dari Bausch + Lomb dirancang dengan kadar air yang tinggi, yaitu 78%, seperti kadar air mata manusia. Selain itu, produk ini dibuat dari bahan yang memiliki teknologi menyerupai cara kerja mata manusia. Bahan tersebut meniru lipid layer pada mata yang berfungsi menjaga cairan mata dan mencegah dehidrasi pada mata. 

Karena memiliki cara kerja yang menyerupai mata manusia, produk ini akan tetap terasa nyaman dipakai hingga 16 jam. Jadi, Anda yang harus beraktivitas seharian di ruangan ber-AC, produk ini cocok dipilih. Mata Anda tidak gampang kering dan senantiasa rileks sepanjang hari walau sedang menggunakan lensa kontak.

Baca juga rekomendasi lensa kontak lainnya di sini

Selain lensa kontak sekali pakai, ada juga lensa kontak yang dapat dipakai beberapa kali. Lensa kontak yang dapat dipakai beberapa kali harus rajin dirawat agar awet dan higienis. Anda dapat merawatnya dengan mencuci lensa kontak menggunakan cairan pembersih dan menempatkannya pada kotak khusus soft lens. Silakan lihat tautan di bawah ini untuk membaca lebih detail mengenai hal tersebut.

Kesimpulan

Lensa kontak bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mempercantik mata atau bosan memakai kacamata. Pilihlah lensa kontak sekali pakai jika Anda tidak ingin repot mencuci dan menyimpan lensa kontak setelah menggunakannya seharian. 


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini terdapat lensa kontak sekali pakai dengan berbagai ukuran, warna, dan fungsi. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda? Selamat memilih yang terbaik bagi mata Anda!

5 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai terbaik

No. 1: Johnson & Johnson Vision Care1-DAY ACUVUE® DEFINE®

No. 2: Johnson & Johnson1-DAY ACUVUE® TruEye®

No. 3: AlconDAILIES® AquaComfort Plus® Contact Lenses

No. 4: FreshKon®Daily Clear Contact Lenses

No. 5: FreshKonColors Fusion Cosmetic Contact Lenses

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan mata
  4. 10 Rekomendasi Softlens Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.