10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tenda untuk Touring Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tenda merupakan perlengkapan wajib dalam berkegiatan outdoor, seperti camping atau touring. Tenda baik dari merek lokal, seperti Eiger atau Consina maupun merek luar negeri, seperti Naturehike, Marmot, dan sebagainya, kini banyak beredar di pasaran.

Tahukah Anda bahwa tenda untuk touring berbeda dengan tenda yang digunakan untuk camping? Pemilihan tenda sesuai kegiatan sangat penting agar aktivitas jadi lebih lancar. Agar lebih jelas, kami akan membahas cara memilih dan 10 rekomendasi tenda terbaik untuk touring. Yuk, disimak agar tidak salah pilih!

Daftar isi

Cara memilih tenda untuk touring

Banyaknya tenda dengan spesifikasi dan fitur yang beragam tentunya membuat Anda bingung dalam menentukan tenda yang tepat dan nyaman untuk aktivitas touring. Agar Anda lebih memiliki gambaran, kami akan menjelaskan tips dalam memilih tenda.

Pilihlah jenis tenda yang sesuai dengan kondisi tempat tenda didirikan

Ada 2 jenis tenda berdasarkan cara mendirikannya, yaitu tenda freestanding dan non-freestanding. Pemilihan tenda sebaiknya diputuskan berdasarkan kondisi tempat didirikannya tenda. Yuk, bahas lebih dekat!

Tenda freestanding, dapat didirikan di kondisi medan apapun

Tenda freestanding, dapat didirikan di kondisi medan apapun

Kelebihan dari tenda jenis ini adalah dapat didirikan di lokasi dengan kondisi medan apapun, seperti di atas tanah berumput, tanah berbatu, ataupun lantai bersemen. Untuk mendirikan tenda ini, Anda tidak perlu memasang pasak karena tenda sudah dapat berdiri dengan tegak. Karena kemudahannya, tenda ini cocok untuk Anda yang pemula.

Walaupun mudah dan cukup stabil, tenda ini tidak cocok untuk digunakan saat cuaca berangin. Hal ini karena tenda ini tidak dilengkapi dengan pasak yang menancap kuat ke dalam tanah.

Tenda non-freestanding, kokoh, tetapi lebih sulit didirikan

Tenda non-freestanding, kokoh, tetapi lebih sulit didirikan

Jenis tenda ini membutuhkan penyangga dan pasak untuk membuatnya stabil berdiri sehingga pemakaian tenda ini sangat bergantung pada kondisi permukaan tempat tenda didirikan. Ada juga jenis tenda non-freestanding yang membutuhkan kayu pepohonan dan tali untuk dapat berdiri. Nantinya, tali yang diikatkan di antara 2 pohon akan menjadi kerangka atap tenda.

Jenis ini kurang praktis karena pasak tenda akan sulit dipasang di tanah berbatu atau lantai bersemen. Sementara itu, tenda dengan tali akan membutuhkan dahan pepohonan yang kokoh untuk mengikatkan tali.

Meskipun merepotkan, tenda ini sangat direkomendasikan untuk dipakai di tempat yang berangin karena lebih stabil dibandingkan dengan jenis freestanding. Karena proses pemasangannya cukup rumit, jenis ini lebih cocok untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman mendirikan tenda. Selain itu, akan lebih baik kalau Anda sudah mengetahui medan dan tempat tujuan touring Anda untuk memastikan tenda yang Anda bawa dapat dipasang.

Pilihlah tenda dengan lapisan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Jumlah lapisan tenda, yaitu single atau double akan mempengaruhi bobot tenda dan kenyamanan tenda. Berikut penjelasan tenda berdasarkan pada jumlah lapisannya.

Tenda single layer, ringan dan mudah dibawa

Tenda single layer, ringan dan mudah dibawa

Tenda jenis ini memiliki satu lapisan saja, yaitu lapisan dalam (inner) tanpa adanya lapisan luar (outer) atau flysheet. Karena hanya memiliki satu lapisan, tentunya bobot tenda menjadi ringan sehingga mudah dibawa. Apabila dibandingkan dengan tenda berlapisan ganda, tenda ini memiliki daya tahan yang rendah terhadap cuaca, terutama cuaca yang ekstrim.

Tenda ini kurang direkomendasikan untuk digunakan di tempat dengan curah hujan tinggi karena air hujan dapat merembes masuk ke dalam tenda. Selain itu, tenda ini juga tidak dianjurkan digunakan di tempat yang dingin dan berangin karena hawa dingin akan lebih mudah masuk ke dalam tenda.

Penggunaan tenda single layer pada saat cuaca sangat panas juga kurang dianjurkan karena lapisan tenda yang hanya satu memudahkan sinar matahari dan hawa panas masuk tembus ke dalam tenda. Tenda pun tidak akan bisa melindungi Anda dari panasnya matahari.

Tenda double layer, cocok untuk berbagai musim dan memberikan ruang ekstra

Tenda double layer, cocok untuk berbagai musim dan memberikan ruang ekstra

Selain memiliki lapisan dalam, tenda double layer juga memiliki lapisan luar atau biasa disebut dengan flysheet yang berguna untuk melindungi bagian dalam tenda dari hujan atau panas matahari. Lapisan ini juga melindungi tenda dari masuknya angin dingin atau panas yang dapat membuat bagian dalam tenda menjadi tidak nyaman.

Karena adanya lapisan flysheet, kebanyakan tenda double layer memiliki ruang ekstra di antara lapisan dalam dan lapisan luarnya. Sela-sela ini biasanya digunakan sebagai ruang penyimpanan tas, sepatu, atau pannier. Namun, dengan bertambahnya lapisan, tentunya bobot tenda pun bertambah sehingga lebih berat daripada tenda single layer.

Nah, masing-masing jenis tenda memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu, pemilihan tenda sebaiknya disesuaikan dengan fungsi dan tujuan penggunaannya. Apabila kegiatan touring Anda dilakukan pada pertengahan musim kemarau atau penghujan, tenda double layer lebih dianjurkan.

Pilihlah tenda dengan bobot 2-4 kg saja

Pilihlah tenda dengan bobot 2-4 kg saja

Tenda dengan berat melebihi 5 kg tidak dianjurkan untuk kegiatan touring. Umumnya, berat tenda yang ideal untuk touring adalah 2-4 kg. Bobot ini dianggap pas karena tidak terlalu berat untuk dibawa menggunakan sepeda motor. Sebelum memilih tenda, Anda perlu mempertimbangkan fitur-fitur tambahan pada tenda karena semakin banyaknya fitur tambahan, bobot tenda pun akan semakin bertambah.

Sekarang ini, Anda tidak perlu khawatir dengan bobot tenda karena sudah banyak tenda dengan fitur ultralight sehingga berbobot hanya 1 kg. Tenda jenis ini sangat dianjurkan untuk kegiatan touring, terutama bagi Anda yang menggunakan sepeda motor berukuran kecil atau sedang.

Selain bobot, ukuran tenda juga harus disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan pada motor atau pannier Anda. Ukuran ideal panjang tenda saat terbungkus adalah sekitar 60 cm.

Poin-poin tambahan yang perlu dipertimbangkan

Berikut ini adalah poin-poin tambahan yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan agar Anda tidak salah dalam memilih tenda.

Lebih baik pilih yang mudah didirikan

Lebih baik pilih yang mudah didirikan

Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendirikan tenda, bukan? Salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan adalah kemudahan dalam mendirikan tenda.

Anda dapat memilih tenda dengan fitur yang memudahkan Anda untuk mendirikannya. Misalnya, fitur one-touch setup. Tenda berfitur one-touch setup adalah jenis tenda yang dapat didirikan hanya dengan membuka tas pembungkus tenda. Cepat dan praktis, bukan? Selain praktis, tenda ini juga umumnya berbobot lebih ringan sehingga lebih mudah dibawa-bawa. Untuk Anda yang lebih mengutamakan kepraktisan dalam mendirikan tenda, fitur one-touch setup sebaiknya ada pada tenda pilihan Anda.

Pastikan tenda memiliki lubang ventilasi yang baik

Pastikan tenda memiliki lubang ventilasi yang baik

Lubang ventilasi adalah salah satu komponen penting pada tenda untuk memastikan sirkulasi udara di dalam tenda tetap baik. Tenda yang tidak memiliki ventilasi atau kurang ventilasi akan lebih mudah mengalami kondensasi ketika cuaca di luar hujan atau dingin. Air yang terkondensasi akan menyebabkan bagian dalam tenda basah dan lembap. Selain itu, sirkulasi udara di dalam tenda pun menjadi terganggu. Hal ini dapat menyebabkan tenda terasa pengap, apalagi saat cuaca sedang panas.

Semakin banyak ventilasi, bukan berarti semakin baik. Jika ventilasi terlalu banyak, hawa dingin akan mudah masuk ke dalam tenda dan menyebabkan suhu di dalam tenda menurun. Karena itu, penting juga mempertimbangkan kondisi cuaca dan suhu udara ketika memilih tenda.

Sesuaikan kapasitas tenda dengan jumlah pengguna

Sesuaikan kapasitas tenda dengan jumlah pengguna

Untuk kenyamanan, jangan lupa menyesuaikan kapasitas tenda dengan jumlah penggunanya, ya! Untuk perjalanan seorang diri, tenda berkapasitas 2 orang lebih direkomendasikan dan untuk perjalanan 2 orang, tenda berkapasitas 3 orang lebih dianjurkan. Hal ini untuk memastikan Anda memiliki ruang lebih untuk menyimpan barang dan Anda pun tidak akan merasa terlalu sempit berada di dalam tenda.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan fungsi yang Anda harapkan dari tenda. Kalau Anda menginginkan tenda hanya sebagai tempat tidur, pilihlah yang berukuran kecil dan simple. Apabila Anda ingin lebih banyak beraktivitas di dalam tenda, tenda dome yang berukuran lebih besar dapat menjadi pilihan.

10 Rekomendasi tenda terbaik untuk touring

Di bawah ini, kami telah memilih dan mengurutkan 10 rekomendasi tenda terbaik untuk touring berdasarkan fungsi, ketahanan, fitur, dan harga. Silahkan jadikan rekomendasi kami sebagai referensi dalam memilih tenda!

10. Naturehike Hiby 2-3 Person Camping Tent With One-Bedroom

10. Naturehike Hiby 2-3 Person Camping Tent With One-Bedroom

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.820.000

Mudah didirikan dan nyaman untuk sekeluarga!

Naturehike menawarkan tenda yang nyaman untuk digunakan sekeluarga. Tenda ini berjenis freestanding dan berkapasitas 3 orang sehingga mudah didirikan dan cocok untuk Anda yang ingin melakukan touring bersama keluarga kecil Anda tanpa repot. Dengan fitur ultralight-nya, tenda ini hanya berbobot 2,46 kg dan dimensi penyimpanannya adalah 17 x 54 cm saja.

Lapisan flysheet dan jahitannya yang terbuat dari bahan tahan air, dapat mencegah air hujan merembes masuk ke dalam tenda dan menjaga bagian dalam tenda tetap kering. Anda tidak perlu khawatir tidur Anda dan keluarga terganggu dan aktivitas touring Anda bersama keluarga akan terasa lebih nyaman.

9. MSR Hubba NX Solo Backpacking Tent

9. MSR Hubba NX Solo Backpacking Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.971.219

Teknologi StayDry untuk perlindungan maksimal saat hujan

Selain flysheet yang terbuat dari bahan anti air, teknologi StayDry pada bagian pintu tenda memaksimalkan kemampuan tenda untuk mencegah air hujan merembes masuk ke dalam tenda. Meski begitu, tenda ini tetap menyediakan ventilasi untuk sirkulasi udara yang baik. Dengan demikian, tenda ini cocok untuk Anda yang berkegiatan saat musim penghujan.

Untuk memberikan kenyamanan yang optimal, tenda freestanding ini memiliki desain unik dengan bagian dalam yang luas dan tinggi sehingga Anda tidak merasa sempit di dalam tenda. Tenda berbobot 1,4 kg dengan dimensi penyimpanan 15 x 46 cm ini tentunya tidak akan menjadi beban berarti bagi sepeda motor Anda, bukan?

8. Consina Superlight 2

8. Consina Superlight 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 555.000

Produk lokal kualitas internasional

Dari segi kualitas, tidak selamanya produk lokal kalah dari produk luar negeri, lho! Consina merupakan produsen peralatan outdoor asal Indonesia dengan kualitas ciamik. Salah satunya adalah tenda Consina Superlight 2 ini. Dengan teknologi ultralight, tenda berkapasitas 2 orang ini hanya memiliki berat 1,2 kg saja, lho! Harganya pun bersahabat.

Karena hanya menggunakan single stick sebagai rangkanya, tenda ini bisa dikemas dan didirikan dengan lebih mudah, hemat tempat, dan waktu. Kalau Anda membutuhkan tenda yang efisien dan simple dengan harga yang terjangkau, produk ini sayang untuk dilewatkan. Sayangnya, tenda ini kurang cocok digunakan saat musim penghujan karena kurang mampu menahan tetesan air.

7. Marmot Tungsten 3P

7. Marmot Tungsten 2P

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 12.595.000

Gantung lampunya dan nikmati malam yang terang!

Tenda ini dilengkapi dengan fitur yang sangat berguna di malam hari. Umumnya, lampu portable untuk penerangan tenda, diletakkan di bawah sehingga pencahayaan jadi tidak merata. Dengan kantung lampu pada bagian langit-langitnya, tenda ini menjadikan penerangan dalam tenda lebih optimal. Bagi Anda yang malas gelap-gelapan di dalam tenda, produk ini adalah opsi terbaik.

Tenda ini juga sudah dilengkapi dengan alas yang anti air sehingga air dari tanah yang lembap tidak akan merembes ke bagian dalam tenda. Fitur yang tentunya membuat Anda lebih nyaman, terutama bila Anda melakukan kegiatan touring di tempat yang berumput. Sayangnya, Anda harus bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan tenda ini.

6. Quechua Arpenaz Fresh&Black 2 Man

6. Quechua Arpenaz Fresh&Black 2 Man

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.690.000

Terlindung dari matahari dengan tenda anti UV (ultraviolet)

Sinar matahari yang masuk ke dalam tenda dapat membuat tenda menjadi panas dan tidak nyaman. Tenda dari Quechua ini menawarkan fitur-fitur yang dapat menambah kenyamanan aktivitas Anda di dalam tenda. Jika Anda senang menghabiskan waktu di dalam tenda pada saat siang hari, produk ini tepat untuk dibeli.

Tenda ini terbuat dari bahan berlapis senyawa TiO² yang memiliki kemampuan proteksi UV dan SPF50+ sehingga tenda ini anti UV! Keren, kan? Perlindungan terhadap matahari juga dioptimalkan dengan fitur Fresh&Black yang dapat membatasi masuknya sinar matahari ke dalam tenda sehingga tenda bisa menjadi lebih sejuk. Mantap, bukan?

5. Naturehike Cloud UP 2 Ultralight Two Men Tent

5. Naturehike Cloud UP 2 Ultralight Two Men Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.826.500

Lengkap dengan jaring agar Anda terbebas dari gigitan serangga!

Berkemah tapi takut digigit serangga atau Anda sensitif terhadap gigitan serangga? Bila Anda mengalami masalah ini, saat ini telah hadir tenda dengan lapisan jaring yang dapat mencegah serangga masuk ke dalamnya. Istirahat pun lebih nyaman karena Anda bebas dari gigitan serangga! Selain itu, bahannya yang anti air juga mampu melindungi Anda dari hujan.

Dengan bobotnya yang hanya 1,5 kg saja dan dimensinya yang mungil, tenda keluaran Naturehike yang berkapasitas 2 orang ini begitu mudah untuk disimpan dan dibawa dengan sepeda motor. Yang perlu Anda perhatikan adalah tenda ini merupakan jenis non-freestanding sehingga skill dan pengalaman dalam mendirikan tenda akan sangat dibutuhkan.

4. Nemo Galaxi Backpacking Tent & Footprint

4. Nemo Galaxi Backpacking Tent & Footprint

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 11.353.932

Tidur beratapkan langit dan bintang? Kenapa tidak?

Sensasi tidur di alam dengan tenda akan semakin bertambah jika Anda benar-benar dapat menikmati alam sekitar. Terlebih lagi, apabila Anda dapat tidur di alam terbuka sambil memandang bintang-bintang. Pasti akan jadi pengalaman luar biasa, bukan? Nah, untuk Anda yang ingin touring sambil menyatu dengan alam, produk ini bisa menjadi pertimbangan, lho!

Tenda Nemo memiliki desain khusus yang memungkinkan lapisan flysheet digulung dengan menyisakan lapisan inner yang tembus pandang. Dengan desain ini, Anda dapat tidur di dalam tenda dengan melihat langit dan bintang-bintang saat cuaca cerah. Tentunya Anda masih tetap mendapat perlindungan dari dinginnya angin malam. Menarik, bukan?

3. Desert Walker Ultralight 2 Person Tent

3. Desert Walker Ultralight 2 Person Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.866.825

Tangguh di medan sulit dengan material kuat dan anti robek

Menggunakan material nylon yang lebih kuat dibandingkan polyester, Desert Walker memastikan ketangguhan tendanya untuk digunakan di medan yang sulit, seperti tempat dengan pepohonan atau semak yang rimbun. Flysheet-nya dilapisi dengan 15D double-sided silicon dan lapisan inner-nya berbahan 20D nylon sehingga tenda tidak akan cepat robek jika tersangkut ranting pohon.

Tenda ini juga anti air dan tahan suhu dingin loh! Anda dapat menggunakan tenda ini di tempat bersuhu hingga -22ºC. Fitur windproof-nya juga mencegah masuknya angin dingin sehingga memastikan kenyamanan Anda. Bila Anda merencanakan aktivitas touring di tempat bersuhu, berangin, ataupun di medan ekstrim, tidak ada salahnya melirik tenda ini!

2. Outdoor Research Helium Bivy

2. Outdoor Research Helium Bivy

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.804.000

Simpel dan praktis. Beratnya hanya 680 gram saja, lho!

Apakah Anda merasa repot dengan tenda biasa yang butuh banyak perlengkapan, seperti pasak, rangka, atau tali untuk dapat didirikan? Tenda dari Outdoor Research ini sangat ringkas sehingga cocok untuk Anda yang membutuhkan tenda praktis. Selain itu, desain tenda yang simple juga bisa menjadi pilihan bila Anda menginginkan tenda dengan fungsi hanya sebagai shelter tidur.

Walaupun simpel, tenda ini tetap memberikan perlindungan maksimal dari hujan, dingin, dan jamur serta menyediakan sirkulasi udara yang baik. Bobotnya juga sangat ringan, yaitu hanya 680 gram! Dengan demikian, Outdoor Research Helium Bivy bukan hanya simpel dan ringan tetapi juga mampu menyediakan shelter tidur yang nyaman!

1. Eiger Riding Explorer Beta 1P Tent

1. Eiger Riding Explorer Beta 1P Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 990.000

Ringkas untuk kapasitas penyimpanan yang terbatas, aman dibawa saat touring

Satu lagi produk lokal dengan kualitas yang tak kalah dari produk luar negeri. Dengan dimensi yang kecil dan ringkas serta bobot yang ringan, produk ini akan mudah disimpan di dalam pannier sepeda motor Anda. Tidak hanya itu, banyak kelebihan lain yang membuat tenda ini cocok untuk menemani aktivitas touring Anda.

Tenda Eiger ini terbuat dari bahan dengan lapisan anti air dan jahitan yang dilapisi dengan seal yang memaksimalkan kapasitas waterproof tenda. Touring saat musim hujan atau di tempat bercurah hujan tinggi bukan lagi masalah berkat perlindungan optimal yang diberikannya. Dengan berbagai fiturnya, harga tenda ini masih berkisar di angka 6 digit rupiah. Tertarik memilikinya?

Gunakan tenda vestibule untuk ruang ekstra

Ruang ekstra pada bagian luar tenda merupakan fitur yang sangat berguna karena kegiatan touring umumnya melibatkan banyak barang bawaan. Anda akan memerlukan banyak tempat untuk menyimpan barang bawaan Anda, termasuk pannier.

Apabila tenda yang Anda bawa tidak dapat menyediakan ruang ekstra, Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara memasang tenda vestibule. Dengan menyambungkan tenda vestibule pada tenda utama, Anda akan mendapatkan teras tenda yang dapat dijadikan sebagai ruang ekstra untuk penyimpanan. Praktis, bukan?

Kesimpulan

Walaupun semua tenda terlihat sama saja, sebenarnya pemilihan tenda untuk touring dan camping berbeda. Untuk touring, Anda membutuhkan tenda yang mudah dibawa dan cukup ringan sehingga tidak menyulitkan Anda saat mengendarai motor.

Memilih tenda yang tepat juga akan membuat kualitas tidur Anda lebih baik sehingga aktivitas touring Anda menjadi lebih lancar dan nyaman. Selamat memilih tenda yang tepat agar aktivitas touring Anda lebih berkesan!