• 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2021)

Tenda merupakan perlengkapan wajib dalam berkegiatan outdoor seperti camping atau touring. Ada tenda merek lokal seperti Eiger atau Consina hingga merek luar negeri seperti Naturehike dan Marmot di pasaran! Kira-kira, manakah yang terbaik, ya?

Tahukah Anda bahwa tenda untuk touring berbeda dengan tenda yang digunakan untuk camping? Pemilihan tenda sesuai kegiatan sangat penting agar aktivitas jadi lebih lancar. Agar lebih jelas, kami akan membahas tips memilih beserta sepuluh rekomendasi tenda terbaik untuk touring. Yuk, disimak agar tidak salah pilih!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Iyos Kusuma
Ghozali Qodratullah
Inayati Nur
  • Pembaharuan terakhir: 16 Februari 2021
  • 6.162 Views
Daftar isi

Cara memilih tenda untuk touring

Banyaknya tenda dengan spesifikasi dan fitur beragam tentunya membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Seperti apakah tenda yang tepat dan nyaman untuk beraktivitas touring? Agar Anda lebih memiliki gambaran, kami akan menjelaskan tipsnya di bawah ini.

Pilihlah jenis tenda yang sesuai dengan kondisi tempat tenda didirikan

Ada dua jenis tenda berdasarkan cara mendirikannya yaitu tenda freestanding dan non-freestanding. Pemilihan tenda sebaiknya diputuskan berdasarkan kondisi tempat didirikannya tenda. Yuk, bahas lebih dekat!

Tenda freestanding: Dapat didirikan di berbagai kondisi medan

Kelebihan dari tenda freestanding adalah dapat didirikan di lokasi dengan berbagai kondisi medan. Tenda jenis ini dapat berdiri di atas tanah berumput, tanah berbatu, ataupun lantai bersemen. Untuk mendirikan tenda ini, Anda tidak perlu memasang pasak karena tendanya sudah dapat berdiri dengan tegak. Berkat kemudahannya, tenda ini cocok untuk Anda yang pemula.

Walaupun mudah dan cukup stabil, tenda ini tidak cocok untuk digunakan saat cuaca berangin. Hal tersebut dikarenakan tenda tidak dilengkapi dengan pasak yang menancap kuat ke dalam tanah.

Tenda non-freestanding: Kukuh, tetapi lebih sulit didirikan

Jenis tenda ini membutuhkan penyangga dan pasak untuk membuatnya stabil berdiri. Dengan demikian, pemakaian tenda ini sangat bergantung pada kondisi permukaan tempat tenda didirikan. Ada juga jenis tenda non-freestanding yang membutuhkan kayu pepohonan dan tali untuk dapat berdiri. Nantinya, tali yang diikatkan di antara dua pohon akan menjadi kerangka atap tenda. Jenis ini kurang praktis karena pasak tenda akan sulit dipasang di tanah berbatu atau lantai bersemen. Di samping itu, tenda dengan tali akan membutuhkan dahan pepohonan yang kukuh untuk mengikatkan tali. 

Meskipun merepotkan, tenda ini sangat direkomendasikan untuk dipakai di tempat yang berangin karena lebih stabil dibandingkan dengan jenis freestanding. Namun, karena proses pemasangannya cukup rumit, jenis ini lebih cocok untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman mendirikan tenda. Selain itu, akan lebih baik jika Anda sudah mengetahui medan dan tempat tujuan touring untuk memastikan tenda yang Anda bawa dapat dipasang.

Pilihlah tenda dengan lapisan yang sesuai kebutuhan

Jumlah lapisan tenda yaitu single atau double akan memengaruhi bobot tenda dan kenyamanan tenda. Berikut ini penjelasan tenda berdasarkan pada jumlah lapisannya.

Tenda single layer: Ringan dan mudah dibawa

Tenda jenis ini memiliki satu lapisan saja yaitu lapisan dalam (inner) tanpa adanya lapisan luar (outer) atau flysheet. Bentuknya sederhana dan membuat Anda mudah untuk keluar dan masuk melalui lubang pintunya. Karena hanya memiliki satu lapisan, tentunya bobot tenda menjadi ringan sehingga mudah dibawa. Namun, dibandingkan tenda berlapisan ganda, tenda ini memiliki daya tahan yang rendah terhadap cuaca, terutama cuaca ekstrem.

Air hujan dapat merembes masuk dan hawa dingin lebih mudah masuk ke dalam tenda. Alhasil, tenda ini kurang direkomendasikan untuk digunakan di tempat dengan curah hujan tinggi. Selain itu, tenda ini juga tidak dianjurkan digunakan di tempat yang dingin berangin. Penggunaan tenda single layer pada saat cuaca sangat panas pun kurang dianjurkan. Hal ini dikarenakan lapisan tenda yang hanya satu membuat sinar matahari dan hawa panas mudah menembus ke dalam tenda. Tenda pun tidak akan bisa melindungi Anda dari panasnya matahari.

Tenda double layer: Cocok untuk berbagai cuaca dan memberikan ruang ekstra

Selain memiliki lapisan dalam, tenda double layer juga memiliki lapisan luar atau biasa disebut dengan flysheet. Lapisan ini berguna untuk melindungi bagian dalam tenda dari hujan atau panas matahari. Lapisan ini juga melindungi tenda dari masuknya angin dingin atau panas. Apabila kegiatan touring Anda dilakukan pada pertengahan musim kemarau atau penghujan, tenda double layer lebih dianjurkan.

Dengan bertambahnya lapisan, tentunya bobot tenda pun bertambah sehingga lebih berat daripada tenda single layer. Namun, karena terdapat lapisan flysheet, kebanyakan tenda double layer memiliki ruang ekstra di antara lapisan dalam dan lapisan luarnya. Ruang utama biasanya lebih dari cukup untuk menyimpan tas, sepatu, atau pannier. Anda pun bisa lebih nyaman menghabiskan waktu di dalam tenda.

Pilihlah tenda dengan bobot 2-4 kg saja

Umumnya, berat tenda yang ideal untuk touring adalah 2-4 kg. Bobot ini dianggap pas karena tidak terlalu berat untuk dibawa menggunakan sepeda motor. Namun, beberapa tenda juga ada yang dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan. Makin banyak fitur tambahan, bobot tenda pun makin bertambah. Jadi, sebaiknya Anda memilih tenda dengan maksimal bobot sekitar 5 kg karena cukup berat untuk dibawa-bawa. 

Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak juga tenda dengan fitur ultralight yang berbobot hanya 1 kg. Tenda jenis ini sangat dianjurkan untuk kegiatan touring, terutama bagi Anda yang menggunakan sepeda motor berukuran kecil atau sedang.


Selain bobot, ukuran tenda juga harus disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan di motor atau pannier Anda. Idealnya, ukuran panjang tenda saat terbungkus adalah sekitar 60 cm yang tidak akan membuat penuh tempat penyimpanan Anda.

Poin-poin tambahan yang perlu dipertimbangkan

Berikut ini adalah poin-poin tambahan yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan agar Anda tidak salah dalam memilih tenda. Mari disimak!

Lebih baik pilih yang mudah didirikan

Lebih baik pilih yang mudah didirikan
Tiap produk tenda memiliki perbedaan berdasarkan cara pemasangannya. Jika Anda tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendirikan tenda, pilihlah tenda dengan fitur yang memudahkan Anda untuk mendirikannya. Misalnya, fitur one-touch setup. Tenda berfitur one-touch setup adalah jenis tenda yang dapat didirikan hanya dengan membuka tas pembungkus tenda. Cepat dan praktis, bukan? Selain praktis, tenda ini juga umumnya berbobot lebih ringan sehingga lebih mudah dibawa-bawa. 

Pastikan tenda memiliki lubang ventilasi yang baik

Lubang ventilasi adalah salah satu komponen penting untuk memastikan sirkulasi udara di dalam tenda tetap baik. Tenda yang tidak memiliki ventilasi atau kurang ventilasi akan lebih mudah mengalami kondensasi ketika cuaca di luar hujan atau dingin. Air yang terkondensasi akan menyebabkan bagian dalam tenda basah dan lembap. Selain itu, sirkulasi udara di dalam tenda pun menjadi terganggu. Hal ini dapat menyebabkan tenda terasa pengap, apalagi saat cuaca panas.

Akan lebih baik jika tenda memiliki lebih dari satu lubang ventilasi atau aliran udaranya dapat disesuaikan. Dengan begitu, tenda akan terasa nyaman walaupun cuaca panas. Namun, makin banyak terdapat ventilasi, bukan berarti makin baik. Jika ventilasinya terlalu banyak, hawa dingin akan mudah masuk ke dalam tenda dan menyebabkan suhu di dalam tenda menurun. Karena itu, penting juga mempertimbangkan kondisi cuaca dan suhu udara ketika memilih tenda.

Sesuaikan kapasitas tenda dengan kebutuhan dan jumlah pengguna

Untuk kenyamanan maksimal di dalam tenda, periksalah ukurannya. Pada umumnya, tenda untuk touring dirancang dengan bentuk horizontal yang hanya bisa dipakai untuk tidur saja. Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak tenda dome yang dapat digunakan untuk camping dan trekking.

Tenda dome memiliki ketinggian yang cukup sehingga Anda tidak akan merasa kesempitan di dalamnya. Tipe ini juga bisa dimanfaatkan sebagai outdoor living room untuk bersantai. Selanjutnya, periksalah jumlah pengguna yang akan mengisi tenda. Untuk perjalanan seorang diri, pilihlah tenda berkapasitas dua orang. Sementara untuk perjalanan dua orang, tenda berkapasitas tiga orang lebih dianjurkan. Dengan begitu, Anda memiliki ruang ekstra untuk menyimpan barang. Sebelum memilih, jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran tenda yang paling nyaman bagi Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Luxe OutdoorFirfly SL

Mulai dari Rp 3.940.000,00

Spesialis
mybest

Naturehike 2018 3P-Series NH183P-BROMO

Mulai dari Rp 1.350.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi tenda terbaik untuk touring

Di bawah ini, kami telah memilih sepuluh rekomendasi tenda terbaik untuk touring berdasarkan fungsi, ketahanan, fitur, dan harga. Silakan menjadikan rekomendasi kami sebagai referensi dalam memilih tenda!
10

NaturehikeHiby Series Family Tent 20D/210T for 3 Person

NH18K240-P

Mulai dari Rp 2.550.000,00

TipeFreestanding
LapisanDouble layer
Bobot3,2 kg
Ukuran54 cm x 17 cm (ketika disimpan)
Kapasitas2-3 orang
9
TipeNon-freestanding
LapisanSingle layer
Bobot1,2 kg
Ukuran260 cm x 140 cm x 100 cm (ketika didirikan) ・62 cm x 14 cm x 10 cm (ketika disimpan)
Kapasitas2 orang
8

MSRHubba NX Solo Backpacking Tent

Mulai dari Rp 5.750.000,00

TipeFreestanding
LapisanDouble layer
Bobot1,12 kg
Ukuran216 cm x 76 cm x 91 cm (ketika didirikan)・46 cm x 15 cm (ketika disimpan)
Kapasitas1 orang
7

NaturehikeCloud UP 2 Ultralight Two Men Tent

NH15T002-T

Mulai dari Rp 1.826.500,00

TipeNon-freestanding
LapisanDouble layer
Bobot1,24 kg (varian light gray / red) ・1,5 kg (varian orange, green)
Ukuran40 cm x 13 cm (ketika disimpan)
Kapasitas2 orang
6

MarmotVapor 3P

900817

Mulai dari Rp 6.557.000,00

TipeFreestanding
LapisanDouble layer
Bobot3,31 kg
Ukuran117 cm x 168 cm x 229 cm (ketika didirikan) ・ 56 cm x 20,3 cm (ketika disimpan)
Kapasitas3 orang
5

DecathlonQuechua Arpenaz 2 Fresh&Black

8357354

Mulai dari Rp 795.000,00

TipeFreestanding
LapisanDouble layer
Bobot2,6 kg
Ukuran120 cm x 200 cm x 105 cm (ketika didirikan) ・57 cm x 12 cm x 12 cm ( ketika disimpan)
Kapasitas2 orang
4

ColemanHooligan 2-Person Backpacking Tent

Mulai dari Rp 2.340.000,00

TipeFreestanding
LapisanDouble layer
Bobot3,9 kg
Ukuran243,8 cm x 182,8 cm x ± 138 cm (ketika didirikan)
Kapasitas2 orang
3

GeerTopToproad 2Plus 2-Person 4-Season Dome Tent

Mulai dari Rp 1.318.700,00

TipeNon-freestanding
LapisanDouble layer
Bobot2,9 kg
Ukuran210 cm x 140 cm x 115 cm (ketika didirikan) ・16 cm x 16 cm x 45 cm (ketika disimpan)
Kapasitas2 orang
2

3F UL UltraLight GearUltralight Tent 740g 3 Season 1 Single Person Professional 15D Nylon Silicon Coating

Mulai dari Rp 791.000,00

TipeNon-freestanding
LapisanSingle layer
Bobot740 gram
Ukuran220 cm x 105/60 cm x 125 cm (ketika didirikan) ・ 34 cm x 14 cm (ketika disimpan)
Kapasitas1-2 orang
1

EigerRiding Explorer Beta 1P Tent

Mulai dari Rp 1.000.000,00

TipeNon-freestanding
LapisanSingle layer
Bobot1,7 kg
Ukuran155 cm x 200 cm x 100 cm (ketika didirikan) ・38 cm x 11 cm x 11 cm (ketika disimpan)
Kapasitas1 orang

Tabel perbandingan produk tenda terbaik untuk touring

Gambar produk
1
Eiger Riding Explorer Beta 1P Tent 1

Eiger

2
3F UL UltraLight Gear Ultralight Tent 740g 3 Season 1 Single Person Professional 15D Nylon Silicon Coating 1

3F UL UltraLight Gear

3
GeerTop Toproad 2Plus 2-Person 4-Season Dome Tent 1

GeerTop

4
Coleman Hooligan 2-Person Backpacking Tent 1

Coleman

5
Decathlon Quechua Arpenaz 2 Fresh&Black 1

Decathlon

6
Marmot Vapor 3P 1

Marmot

7
Naturehike Cloud UP 2 Ultralight Two Men Tent 1

Naturehike

8
MSR Hubba NX Solo Backpacking Tent 1

MSR

9
Consina Superlight 2 1

Consina

10
Naturehike Hiby Series Family Tent 20D/210T for 3 Person 1

Naturehike

Nama produk

Riding Explorer Beta 1P Tent

Ultralight Tent 740g 3 Season 1 Single Person Professional 15D Nylon Silicon Coating

Toproad 2Plus 2-Person 4-Season Dome Tent

Hooligan 2-Person Backpacking Tent

Quechua Arpenaz 2 Fresh&Black

Vapor 3P

Cloud UP 2 Ultralight Two Men Tent

Hubba NX Solo Backpacking Tent

Superlight 2

Hiby Series Family Tent 20D/210T for 3 Person

Keunggulan

Ringkas untuk kapasitas penyimpanan yang terbatas

Simpel dan praktis. Beratnya hanya 740 gram saja, lho!

Flysheet membungkus rapat tanpa celah, angin badai no problem!

Tidur beratapkan langit dan bintang? Kenapa tidak?

Terlindung dari matahari dengan tenda anti-UV!

Gantung lampunya dan nikmati malam yang terang!

Lengkap dengan jaring agar Anda terbebas dari gigitan serangga!

Teknologi StayDry untuk perlindungan maksimal saat hujan

Produk lokal kualitas internasional

Mudah didirikan dan nyaman untuk sekeluarga!

Harga mulai dariRp 1.000.000,00Rp 791.000,00Rp 1.318.700,00Rp 2.340.000,00Rp 795.000,00Rp 6.557.000,00Rp 1.826.500,00Rp 5.750.000,00Rp 555.000,00Rp 2.550.000,00
TipeNon-freestandingNon-freestandingNon-freestandingFreestandingFreestandingFreestandingNon-freestanding FreestandingNon-freestandingFreestanding
LapisanSingle layerSingle layerDouble layerDouble layerDouble layerDouble layerDouble layerDouble layerSingle layerDouble layer
Bobot1,7 kg740 gram2,9 kg3,9 kg2,6 kg3,31 kg1,24 kg (varian light gray / red) ・1,5 kg (varian orange, green)1,12 kg1,2 kg3,2 kg
Ukuran155 cm x 200 cm x 100 cm (ketika didirikan) ・38 cm x 11 cm x 11 cm (ketika disimpan)220 cm x 105/60 cm x 125 cm (ketika didirikan) ・ 34 cm x 14 cm (ketika disimpan)210 cm x 140 cm x 115 cm (ketika didirikan) ・16 cm x 16 cm x 45 cm (ketika disimpan)243,8 cm x 182,8 cm x ± 138 cm (ketika didirikan)120 cm x 200 cm x 105 cm (ketika didirikan) ・57 cm x 12 cm x 12 cm ( ketika disimpan)117 cm x 168 cm x 229 cm (ketika didirikan) ・ 56 cm x 20,3 cm (ketika disimpan)40 cm x 13 cm (ketika disimpan)216 cm x 76 cm x 91 cm (ketika didirikan)・46 cm x 15 cm (ketika disimpan)260 cm x 140 cm x 100 cm (ketika didirikan) ・62 cm x 14 cm x 10 cm (ketika disimpan)54 cm x 17 cm (ketika disimpan)
Kapasitas1 orang1-2 orang2 orang2 orang2 orang3 orang2 orang1 orang2 orang2-3 orang
Tautan produk

Gunakan hex tarp atau tenda vestibule untuk ruang ekstra

Kegiatan touring umumnya melibatkan banyak barang bawaan. Karena itu, ruang ekstra di bagian luar tenda (area vestibule) merupakan fitur yang akan sangat berguna. Anda akan memerlukan banyak tempat untuk menyimpan barang bawaan Anda, termasuk pannier.


Apabila tenda yang Anda bawa tidak menyediakan ruang ekstra, Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara memasang hex tarp. Dengan menyambungkan hex tarp ke tenda utama, Anda akan mendapatkan teras tenda yang dapat dijadikan sebagai ruang ekstra untuk penyimpanan. Praktis, bukan?

Baca juga rekomendasi tenda lainnya di sini!

Tenda sering digunakan untuk mendukung kegiatan outdoor, seperti camping, mendaki gunung, pramuka, bahkan untuk anak-anak. Beda kegiatan tentu beda pula karakteristik tenda yang Anda perlukan. Untuk itu, Anda dapat membaca berbagai rekomendasi jenis tenda dari artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Walaupun semua tenda terlihat sama saja, sebenarnya pemilihan tenda untuk touring dan camping berbeda. Untuk touring, Anda membutuhkan tenda yang mudah dibawa dan ringan sehingga tidak menyulitkan Anda saat mengendarai motor seorang diri.

Memilih tenda yang tepat juga akan membuat kualitas tidur Anda lebih baik. Alhasil, aktivitas touring Anda menjadi lebih lancar dan nyaman. Selamat memilih tenda yang tepat agar aktivitas touring Anda lebih berkesan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan pendaki gunung merupakan alat penting untuk mendukung kegiatan mendaki gunung atau trekking. Beberapa fungsi penting dari jam tangan ini adalah sebagai kompas, pengukur ketinggian, barometer, dan GPS. Saat ini, terdapat banyak merek jam tangan untuk naik gunung, mulai dari SUUNTO, Casio, hingga Garmin.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jam tangan pendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan temukanlah jam tangan terbaik untuk mendaki gunung sebagai teman pendakian selanjutnya.
    Camping & hiking
    65.933 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking (mendaki), Anda membutuhkan sepatu hiking. Dengan begitu, kaki Anda menjadi lebih aman ketika harus melalui medan khas pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking yang bisa Anda temukan di pasaran dari berbagai merek, seperti Eiger, Consina, Arei, dan lainnya.Kali ini, kami akan mengulas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak memilih sepatu hiking untuk pemula. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa jadi pertimbangan Anda. Bacalah dengan saksama setiap poinnya dan temukan sepatu hiking sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Camping & hiking
    13.392 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti camping bersama keluarga, tentu Anda menginginkan akomodasi yang nyaman dan aman. Salah satu peralatan yang wajib Anda bawa adalah tenda untuk camping. Tenda yang kuat, ruangan yang cukup, dan tidak bocor saat hujan adalah hal yang perlu dicermati saat memilihnya.Produsen peralatan outdoor seperti Coleman, Decathlon, Consina, dan Eiger sudah banyak menjual tenda camping. Masing-masing tenda memiliki perbedaan desain, keunikan, serta harga jualnya. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih tenda camping beserta beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    40.833 Views
  • 10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan perlengkapan tambahan, seperti gaiters. Perlengkapan pribadi ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur atau debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.Saat ini banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama, seperti Consina, Kalibre, dan Naturehike. Nah, kami akan memberikan tips dalam memilih gaiters serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca dan temukan gaiters yang cocok dengan kebutuhan!
    Camping & hiking
    4.126 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Gunung Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Ransel Gunung Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Ransel gunung merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan hiking ataupun pendakian. Ada berbagai macam desain ransel gunung, mulai dari yang berkapasitas 20 L hingga 30 L, serta yang berdesain praktis dan modis untuk harian. Selain itu, terdapat pula perbedaan kriteria antara ransel gunung untuk lelaki dan perempuan.Dalam artikel ini, kami menjelaskan beberapa poin penting, seperti ukuran, kapasitas, dan merek yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih ransel gunung. Kami juga merekomendasikan produk ransel gunung untuk wanita dari merek terbaik, seperti Eiger, Montbell, dan Karrimor. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    15.427 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu perlengkapan yang tidak boleh lupa dibawa ketika akan mendaki gunung adalah jas hujan untuk melindungi Anda jika hujan turun saat sedang mendaki. Ada banyak produk jas hujan yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Jenisnya pun beragam.Sebelum Anda memilih jas hujan untuk mendaki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Kami akan mengulasnya bagi Anda. Setelah itu, terdapat produk-produk jas hujan terbaik yang kami rekomendasikan, seperti Eiger, Consina, Avtech, Acold dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    6.817 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tenda menjadi perlengkapan yang harus ada bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor seperti hiking, camping, dan lainnya. Apabila Anda ingin membeli tenda buatan produsen perlengkapan outdoor lokal, Consina bisa menjadi pilihan. Tenda produksi Consina merupakan salah satu produk yang sering digunakan di Indonesia.Ada berbagai tipe tenda yang diproduksi oleh Consina, seperti Hiker, Summer Time, Tunnel, dan lainnya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda. Nah, kami akan mengulas dan memberi rekomendasi tenda Consina terbaik yang bisa dijadikan referensi. Silakan simak dengan teliti dan temukan produk yang Anda butuhkan.
    Camping & hiking
    1.988 Views
  • 10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    The North Face merupakan brand asal Amerika yang terkenal akan produk outdoor-nya. Mulai dari sepatu, tas, sampai jaket telah diproduksi oleh brand ini. Dalam artikel kali ini, kami bakal membahas tentang jaket dari The North Face. Tidak hanya untuk pendakian saja, The North Face memiliki model jaket lainnya untuk berbagai aktivitas.Kami akan memberikan tips memilih jaket The North Face yang sesuai kebutuhan Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik dari kami, seperti Arrowood Triclimate Jacket, Flight Futurelight Jacket, dan Apex Flex GTX Down Jacket. Silakan membaca artikel ini sampai habis.
    Camping & hiking
    2.723 Views
  • 10 Rekomendasi Topi Rimba Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Rimba Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat sedang melakukan kegiatan outdoor, seperti hiking, caving, dan trekking, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak memakai topi rimba. Selain melindungi dari teriknya sinar matahari, topi rimba juga berguna untuk melindungi telinga Anda dari ranting dan duri.Nah, karena jenis dari topi rimba cukup banyak macamnya, kami akan memberikan tips memilih agar Anda tidak salah pilih. Kemudian, sepuluh rekomendasi produk dari merek ternama, seperti EIGER, Avtech Indonesia, dan Cozmeed pun akan kami ulas di artikel ini. Untuk itu, bacalah hingga akhir, ya!
    Camping & hiking
    553 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Terbaik untuk Camping (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Terbaik untuk Camping (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu aktivitas yang menyenangkan saat camping adalah memasak. Untuk itu, sebelum berangkat sebaiknya Anda siapkan peralatan masak dengan baik, salah satunya adalah kompor. Kompor untuk camping tentu berbeda dengan kompor yang digunakan di rumah. Anda harus mempertimbangkan kompor untuk camping yang berukuran kecil, portable, dan ultralight. Selain itu, perhatikan juga bahan bakar yang dibutuhkan, seperti gas atau spirtus. Jadi, kami akan berikan tips memilihnya dan memberikan beberapa ulasan kompor camping terbaik yang bagus dari berbagai rentang harga. Merk seperti Eiger dan Fire-Maple akan Anda temukan di sini. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    406 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan pendaki gunung merupakan alat penting untuk mendukung kegiatan mendaki gunung atau trekking. Beberapa fungsi penting dari jam tangan ini adalah sebagai kompas, pengukur ketinggian, barometer, dan GPS. Saat ini, terdapat banyak merek jam tangan untuk naik gunung, mulai dari SUUNTO, Casio, hingga Garmin.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jam tangan pendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan temukanlah jam tangan terbaik untuk mendaki gunung sebagai teman pendakian selanjutnya.
    Camping & hiking
    65.933 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, Consina, dan Great Outdoor adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
    80.424 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti camping bersama keluarga, tentu Anda menginginkan akomodasi yang nyaman dan aman. Salah satu peralatan yang wajib Anda bawa adalah tenda untuk camping. Tenda yang kuat, ruangan yang cukup, dan tidak bocor saat hujan adalah hal yang perlu dicermati saat memilihnya.Produsen peralatan outdoor seperti Coleman, Decathlon, Consina, dan Eiger sudah banyak menjual tenda camping. Masing-masing tenda memiliki perbedaan desain, keunikan, serta harga jualnya. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih tenda camping beserta beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    40.833 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong binokular merupakan perangkat untuk melihat objek jauh agar menjadi lebih jelas. Peralatan ini dapat mendukung berbagai aktivitas, seperti saat menonton konser, mengamati burung di hutan, dan lainnya. Maka dari itu, ada berbagai jenis teropong dengan bentuk, berat, dan bidang pandang yang berbeda-beda. Jika Anda kebingungan mencari teropong binokular, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong binokular. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang tersedia di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    30.821 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu trekking adalah barang wajib untuk melakukan kegiatan alam seperti mendaki gunung atau trekking. Beberapa produsen seperti Eiger, Karrimor, Consina, dan Keen sudah banyak memasarkan sepatu trekking untuk pria dan wanita. Bahan, desain, dan harganya pun beragam sehingga bisa membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini kami akan membahas sepatu trekking untuk pemula mulai dari cara memilih hingga sepuluh produk terbaiknya. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli sepatu trekking, simak artikel ini sampai habis!
    Camping & hiking
    67.794 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    31.764 Views
  • 10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan perlengkapan tambahan, seperti gaiters. Perlengkapan pribadi ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur atau debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.Saat ini banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama, seperti Consina, Kalibre, dan Naturehike. Nah, kami akan memberikan tips dalam memilih gaiters serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca dan temukan gaiters yang cocok dengan kebutuhan!
    Camping & hiking
    4.126 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori