1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Touring (Terbaru Tahun 2023)

Tenda merupakan perlengkapan wajib dalam berkegiatan outdoor, seperti camping atau touring. Ada tenda merek lokal, seperti Eiger dan Arei, serta merek tenda luar negeri, seperti Speeds dan Decathlon. Setiap tenda tersebut memiliki kualitas yang berbeda-beda. Jadi, baca dahulu review tenda touring berikut ini sebelum Anda membelinya.

 
Kami akan memberi tips memilih tenda touring yang bagus dan memberikan rekomendasi produknya. Tenda dengan berbagai kapasitas serta model ada di sini. Bahkan, Anda juga bisa menemukan tenda camping motor juga. lho. Yuk, langsung saja cari tenda terbaik untuk menemani touring Anda di sini.

Diperbaharui 09-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Perbedaan tenda touring dan tenda camping

Perbedaan tenda touring dan tenda camping

Touring adalah kegiatan melakukan perjalanan jauh ke luar kota atau luar daerah. Istilah touring memang dekat dengan motor, walaupun bisa juga dengan mengendarai mobil atau campervan. Sebagai tempat untuk beristirahat selama di tengah perjalanan, Anda membutuhkan tenda touring.

 
Lantas, apa perbedaan tenda touring dan tenda camping? Tenda touring berbentuk ringkas, ringan, dan mudah dibawa tanpa membebani bawaan. Saat Anda melakukan touring, waktu istirahat tidak terlalu lama, mungkin hanya semalam saja. Jadi, tenda touring harus bisa dibongkar dan dipasang dalam waktu singkat.


Sementara itu, tenda camping biasa dipakai saat hiking. Cuaca di hutan atau gunung biasanya tidak menentu sehingga tenda camping haruslah berbahan tebal dan waterproof. Selain itu, ukuran tenda camping umumnya juga lebih lebar supaya Anda bisa beraktivitas di dalamnya dengan nyaman.

Cara memilih tenda untuk touring

Banyaknya tenda dengan spesifikasi dan fitur beragam tentunya membuat Anda bingung. Seperti apakah tenda yang pas dan nyaman untuk beraktivitas touring? Berikut ini adalah tipsnya.

① Sesuaikan jenis tenda dengan tempat didirikannya tenda

Ada dua jenis tenda berdasarkan cara mendirikannya, yaitu tenda freestanding dan non-freestanding. Pemilihan tenda sebaiknya diputuskan berdasarkan kondisi tempat didirikannya tenda. 

Tenda freestanding: Dapat didirikan di berbagai kondisi medan

Tenda freestanding: Dapat didirikan di berbagai kondisi medan
Kelebihan dari tenda freestanding adalah dapat didirikan di lokasi dengan berbagai kondisi. Anda dapat mendirikannya di atas tanah berumput, tanah berbatu, atau jalan beraspal. Untuk mendirikan tenda ini, Anda tak memerlukan pasak karena tenda sudah dapat berdiri dengan tegak. Karena itu, tenda ini cocok untuk pemula.

Walaupun mudah didirikan dan cukup stabil, tenda ini tidak cocok digunakan saat cuaca berangin. Hal tersebut karena tenda tidak ditahan oleh pasak yang menancap kuat di dalam tanah.

Tenda non-freestanding: Kukuh, tetapi lebih sulit didirikan

Tenda non-freestanding: Kukuh, tetapi lebih sulit didirikan
Jenis tenda ini membutuhkan penyangga dan pasak untuk membuatnya stabil berdiri. Artinya, pemakaian tenda ini bergantung kepada kondisi permukaan tempat tenda didirikan. Tenda jenis ini harus dipasang di atas permukaan tanah atau rumput yang padat supaya pasak bisa menancap kuat.

Namun, karena proses pemasangannya cukup rumit, jenis ini lebih cocok untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman mendirikan tenda. Selain itu, akan lebih baik jika Anda sudah mengetahui medan dan tempat tujuan touring untuk memastikan tenda dapat dipasang.

② Pilih tenda dengan lapisan yang sesuai kebutuhan

Jumlah lapisan tenda, yaitu single atau double, akan memengaruhi bobot tenda serta kenyamanannya. Berikut ini penjelasan tenda berdasarkan pada jumlah lapisannya.

Tenda single layer: Ringan dan mudah dibawa

Tenda single layer: Ringan dan mudah dibawa
Tenda jenis ini memiliki satu lapisan saja yaitu lapisan dalam (inner) tanpa adanya lapisan luar (outer) atau flysheet. Bentuknya sederhana sehingga Anda mudah untuk keluar dan masuk melalui lubang pintunya. Karena hanya memiliki satu lapisan, tentunya bobot tenda menjadi ringan sehingga mudah dibawa. 

Namun, dibandingkan tenda double layer, tenda ini memiliki daya tahan yang rendah terhadap cuaca, terutama cuaca ekstrem. Air hujan bisa merembes dan hawa dingin lebih mudah masuk ke dalam tenda. Jadi, tenda ini kurang cocok untuk digunakan di tempat dengan curah hujan tinggi. 


Selain itu, tenda ini juga tidak dianjurkan digunakan di tempat yang dingin berangin. Penggunaan tenda single layer pada saat cuaca sangat panas pun kurang dianjurkan. Hal ini karena lapisan tenda yang hanya satu membuat sinar matahari dan hawa panas mudah menembus ke dalam tenda. Tenda pun kurang bisa melindungi Anda dari panasnya matahari.

Tenda double layer: Cocok untuk berbagai cuaca dan memberikan ruang ekstra

Tenda double layer: Cocok untuk berbagai cuaca dan memberikan ruang ekstra
Tenda double layer memiliki lapisan dalam dan lapisan luar (disebut dengan flysheet). Lapisan ini berguna melindungi bagian dalam tenda dari hujan atau panas matahari. Lapisan ini juga mencegah masuknya udara dingin atau panas. Apabila kegiatan touring dilakukan pada pertengahan musim kemarau atau penghujan, tenda double layer lebih dianjurkan.

Karena terdapat lapisan flysheet, kebanyakan tenda double layer memiliki ruang ekstra di antara lapisan dalam dan lapisan luarnya. Ruang utama biasanya lebih dari cukup untuk menyimpan tas, sepatu, atau pannier. Namun, dengan bertambahnya lapisan, tentunya bobot tenda double layer lebih berat daripada tenda single layer.

③ Pertimbangkan tenda dengan bobot 2–4 kg saja

Umumnya, berat tenda yang ideal untuk touring adalah 2–4 kg. Bobot ini dianggap pas karena tidak terlalu berat dibawa menggunakan sepeda motor. Namun, beberapa tenda juga ada yang dilengkapi fitur-fitur tambahan. Makin banyak fitur tambahannya, bobot tenda pun makin bertambah. Anda bisa memilih tenda dengan maksimal bobot sekitar 5 kg supaya mudah dibawa-bawa.

Sekarang ini sudah banyak tenda dengan fitur ultralight yang berbobot hanya 1 kg. Tenda jenis ini sangat dianjurkan untuk kegiatan touring, terutama bagi Anda yang menggunakan sepeda motor berukuran kecil atau sedang.


Selain memperhatikan bobot, ukuran tenda juga harus disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan di motor atau pannier Anda. Idealnya, ukuran panjang tenda ketika terbungkus adalah 60 cm agar tidak membuat penuh tempat penyimpanan Anda.

④ Perhatikan poin-poin tambahan lainnya

Berikut ini adalah poin-poin tambahan yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan agar Anda tidak salah dalam memilih tenda. Mari simak setiap poinnya agar tenda yang dipilih benar-benar sesuai dengan keperluan Anda.

Mudah didirikan: Dapat menghemat waktu

Mudah didirikan: Dapat menghemat waktu
Tiap produk tenda memiliki perbedaan berdasarkan cara pemasangannya. Jika tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendirikan tenda, pilihlah tenda dengan fitur yang memudahkan Anda untuk mendirikannya.

Misalnya, ada tenda dengan fitur one-touch setup yang dapat didirikan hanya dengan membuka tas pembungkus tenda. Selain praktis, tenda seperti ini juga umumnya berbobot lebih ringan sehingga lebih mudah dibawa-bawa. Namun, tenda jenis ini biasanya tidak terlalu banyak dijual.

Memiliki lubang ventilasi: Lebih nyaman saat berada di dalam tenda

Memiliki lubang ventilasi: Lebih nyaman saat berada di dalam tenda
Lubang ventilasi adalah salah satu komponen penting untuk memastikan sirkulasi udara di dalam tenda tetap baik. Tenda yang tidak memiliki ventilasi atau kurang ventilasi lebih mudah mengalami kondensasi ketika cuaca di luar hujan atau dingin.

Air yang terkondensasi menyebabkan bagian dalam tenda basah dan lembap. Selain itu, sirkulasi udara di dalam tenda pun jadi terganggu. Hal ini dapat menyebabkan tenda terasa pengap, apalagi saat cuaca panas. Akan lebih baik jika tenda memiliki lebih dari satu lubang ventilasi agar aliran udaranya dapat disesuaikan. Dengan begitu, tenda akan terasa nyaman walaupun cuaca panas.


Namun, makin banyak ventilasi, bukan berarti makin baik. Jika ventilasi terlalu banyak, hawa dingin akan mudah masuk ke dalam tenda dan menyebabkan suhu di dalam tenda menurun. Karena itu, penting juga mempertimbangkan kondisi cuaca dan suhu udara ketika memilih tenda.

Kapasitas tenda: Memberi keleluasaan saat beraktivitas di dalamnya

Kapasitas tenda: Memberi keleluasaan saat beraktivitas di dalamnya
Untuk kenyamanan maksimal di dalam tenda, periksalah ukurannya. Tenda untuk touring umumnya dirancang dengan bentuk horizontal yang hanya bisa dipakai untuk tidur. Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak tenda dome yang dapat digunakan untuk camping dan trekking.

Tenda dome memiliki ketinggian yang cukup sehingga Anda tidak akan merasa kesempitan di dalamnya. Tipe ini juga dapat dimanfaatkan sebagai outdoor living room untuk bersantai.


Selanjutnya, periksalah jumlah pengguna yang akan mengisi tenda. Untuk perjalanan seorang diri, pilihlah tenda berkapasitas dua orang. Sementara untuk perjalanan dua orang, tenda berkapasitas tiga orang lebih dianjurkan. Dengan begitu, Anda memiliki ruang ekstra untuk menyimpan barang.

Waterproof: Tidak bocor dan rembes saat kehujanan

Waterproof: Tidak bocor dan rembes saat kehujanan

Ketika touring, Anda harus siap dengan cuaca tidak menentu, contohnya hujan. Artinya, memilih tenda touring dengan lapisan waterproof lebih disarankan. Tenda waterproof biasanya terbuat dari bahan polyester atau nylon dengan lapisan atau coating polyurethane (PU).


Ketebalan coating PU tiap tenda berbeda-beda, ada 300 mm, 2500 mm, bahkan 3000 mm. Makin tinggi ketebalan coating PU, makin kuat kemampuan tenda menahan hujan dan tentunya tidak mudah bocor.

10 Rekomendasi tenda terbaik untuk touring

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tenda terbaik untuk touring yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tendaki

Borneo 4

Tendaki Borneo 4 1枚目

Lebih asyik bersantai di depan tenda dengan kanopi

2

Speeds

Tenda Camping Manual

Speeds Tenda Camping Manual  1枚目

Hujan ataupun panas, tetap nyaman di dalam tenda

3

Naturehike

Cloud UP 2 Ultralight Two Men Tent

Naturehike Cloud UP 2 Ultralight Two Men Tent 1枚目

Lengkap dengan jaring agar Anda terbebas dari gigitan serangga!

4

Arei

Tenda Cladonia

Arei Tenda Cladonia 1枚目

Tenda antilembap, cuaca dingin dan hujan pun tak jadi masalah

5

Tenda Ultralight Pyramid 2P

 Tenda Ultralight Pyramid 2P 1枚目

Simpel, praktis, dan tidak berat, lho!

6

BigAdventure

Semeru Series

BigAdventure Semeru Series 1枚目

Bahan dan konstruksi kuat, tidak mudah robek ataupun patah

7

Merapi Mountain

Cantigi 2

Merapi Mountain Cantigi 2 1枚目

Tidur beratapkan langit dan bintang, kenapa tidak?

8

Eiger

Rendezvous 6P Tents

Eiger Rendezvous 6P Tents 1枚目

Tenda touring motor dengan kapasitas luas

9

Forester

Tenda Alchemist

Forester  Tenda Alchemist 1枚目

Bentuk unik kerangka outer layer untuk melindungi dari panas

10

Decathlon

Quechua Pole-supported camping living area

Decathlon Quechua Pole-supported camping living area 1枚目

Terlindung dari matahari dengan tenda anti-UV

Perincian produk
Close
No.1

Lebih asyik bersantai di depan tenda dengan kanopi

Kelebihan:

  • Memiliki teras dengan kanopi untuk tempat bersantai di luar tenda
  • Terdapat kantong kecil di dalam tenda

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen beropini mengenai pasak yang bisa lebih dimaksimalkan lagi

Berada di dalam tenda terus pasti membosankan. Maka, Anda perlu mencoba bersantai di luar tenda dengan beratapkan kanopi. Tenda Borneo 4 dengan teras beratap kanopi pada bagian pintu depannya ini bisa Anda jadikan pilihan.


Saat ingin istirahat, Anda tinggal memasang kanopinya dengan pasak. Jika sudah ingin beristirahat di dalam, lipat kembali kanopi menutup pintu tenda. Mudah, bukan? Touring Anda jadi lebih menyenangkan karena bisa sekaligus menikmati pemandangan di luar tenda dengan nyaman.

No.2

SpeedsTenda Camping Manual LX 018-33

Mulai dari Rp200.000,00

Hujan ataupun panas, tetap nyaman di dalam tenda

Kelebihan:
  • Terdapat jaring atau kelambu di atap dan pintu depan
  • Terdapat kantong handphone di dalam tenda

Kekurangan:

  • Tidak terdapat tempat untuk menggantung lampu 

Apabila Anda mencari tenda sederhana dengan harga terjangkau, produk dari Speeds ini adalah jawabannya. Tenda ini bentuknya sangat simpel, tetapi kekuatannya bagus untuk menahan hujan dan juga panas.


Dengan bahan poliester berkualitas, tenda ini bisa menahan air hujan dan cuaca panas. Alas tenda berbahan terpal pun sudah terpasang. Jadi, Anda cukup membawa tenda dan sleeping bag, lalu tidur dengan nyaman di dalamnya.

No.3

NaturehikeCloud UP 2 Ultralight Two Men TentNH17T001-T

Mulai dari Rp1.283.180,00

Lengkap dengan jaring agar Anda terbebas dari gigitan serangga!

Kelebihan:
  • Mudah didirikan dengan klaim hanya lima atau sepuluh menit untuk pemula
  • Terdapat pengait untuk menggantung lampu di dalam tenda

Kekurangan:

  • Kurang banyak kantong di dalam tenda

Anda ingin berkemah, tetapi takut digigit serangga? Tenang! Saat ini telah hadir tenda dengan lapisan jaring yang dapat mencegah serangga masuk ke dalam. Istirahat pun lebih nyaman karena Anda bebas dari gigitan serangga. Selain itu, sirkulasi udara juga lebih lancar tanpa membuka jendela mesh terlalu lebar.


Dengan ukuran tidak terlalu bulky saat dilipat, tenda keluaran brand asal Tiongkok ini mudah disimpan dan dibawa dengan motor. Namun, tenda ini merupakan jenis non-freestanding sehingga skill dan pengalaman dalam mendirikan tenda akan sangat dibutuhkan.
No.4

Tenda antilembap, cuaca dingin dan hujan pun tak jadi masalah

Kelebihan:

  • Berbahan anti-UV dan antilembap
  • Tidak mudah berkarat
  • Mudah didirikan, bahkan oleh satu orang saja

Kekurangan:

  • Tidak terdapat kanopi
  • Hanya ada satu kantong kecil di dalam tenda

Cuaca yang dingin dan hujan biasanya menyebabkan kelembapan meningkat. Berada di dalam tenda yang lembap tentu tidaklah nyaman. Nah, bila Anda berencana touring di musim hujan, jatuhkan pilihan Anda pada tenda Cladonia dari Arei ini.


Tenda dengan lapisan waterproof ini didesain antilembap. Sirkulasi udaranya cukup baik dengan lapisan mesh atau jaring pada bagian pintu dan atap. Dengan demikian, Anda bisa merasa lebih hangat tanpa pengap saat berada di dalam tenda.

No.5

Tenda Ultralight Pyramid 2P

Mulai dari Rp349.000,00

Simpel, praktis, dan tidak berat, lho!

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan
  • Terdapat jaring untuk menghalau serangga

Kekurangan:

  • Matras tenda dipasang terpisah
  • Tidak terdapat kantong di dalam tenda

Tenda untuk menemani kegiatan solo touring Anda ini berbobot sangat ringan, hanya 800 gram saja! Jika Anda menginginkan tenda ultralight untuk mendukung mobilitas yang tinggi, tenda ini cocok dijadikan pilihan. Desain tenda yang simpel juga bisa menjadi pilihan jika Anda membutuhkan tenda hanya sebagai shelter tidur. Touring sambil membawa tenda jadi tidak merepotkan, deh!

No.6

BigAdventureSemeru Series

Mulai dari Rp1.399.000,00

Bahan dan konstruksi kuat, tidak mudah robek ataupun patah

Kelebihan:

  • Berbahan ripstop polyester dengan ketebalan PU 3000 mm yang lebih kuat dan tidak mudah robek
  • Terdapat banyak kantong, baik kecil maupun besar
  • Setiap pembelian sudah termasuk footprint atau alas tenda

Kekurangan:

  • Tidak ada penanda pada frame sehingga agak sulit saat pertama kali mendirikannya

Anda menginginkan tenda yang bahannya kuat dan kokoh? Tenda BigAdventure adalah pilihan yang tepat. Tenda ini berbahan ripstop polyester yang tidak mudah robek sekalipun tergores ranting pohon. Kalaupun tenda tergores ranting, robekannya diklaim tidak akan menyebar. Ketebalannya juga mencapai PU 3000 mm yang kuat menahan air hujan dan tidak mudah bocor.


Untuk konstruksinya sendiri, tenda Semeru ini berbahan aluminium alloy yang kuat dan tidak mudah patah. Jadi, tidak salah Anda menjatuhkan pilihan pada tenda ini. Kekuatannya menjadikan tenda ini lebih awet digunakan jangka panjang. Cocok bagi Anda yang hobi touring.

No.7

Merapi MountainCantigi 2

Mulai dari Rp790.000,00

Tidur beratapkan langit dan bintang, kenapa tidak?

Kelebihan:

  • Terdapat kantong kecil untuk meletakkan barang di dalam tenda
  • Terdapat hook untuk menggantungkan lampu di dalam tenda

Kekurangan:

  • Footprint atau alas tenda dijual terpisah

Nah, untuk Anda yang ingin touring sambil menyatu dengan alam, produk ini bisa menjadi pertimbangan. Tenda Merapi Mountain ini memiliki desain khusus yang memungkinkan lapisan flysheet digulung dengan menyisakan lapisan inner yang tembus pandang.


Dengan desain tersebut, Anda dapat tidur di dalam tenda dengan melihat langit dan bintang-bintang saat cuaca cerah. Tentunya Anda masih tetap mendapat perlindungan dari dinginnya angin malam. Sebaliknya, jika Anda berkegiatan touring saat cuaca panas, mesh interior-nya membuat sirkulasi udara di dalam tenda supersejuk!

No.8

EigerRendezvous 6P Tents

Mulai dari Rp2.549.000,00

Tenda touring motor dengan kapasitas luas

Kelebihan:

  • Muat banyak hingga enam orang
  • Tiang terbuat dari fiberglass dan baja yang kuat
  • Alas bagian tengah bisa digulung untuk memasukkan motor

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat

Touring dengan motor mungkin membuat sebagian dari Anda khawatir tentang keamanan motor saat sedang beristirahat. Jika demikian, gunakan saja tenda ini. Bagian tengahnya dapat dipakai sebagai tenda motor.


Ukuran tenda ini juga tinggi sehingga motor Anda bisa masuk dan tersimpan aman di dalamnya. Bahkan, Anda dan rombongan bisa beristirahat di tenda dengan nyaman karena ruangan di dalamnya dapat diisi hingga enam orang.

No.9

Forester Tenda AlchemistTDF 005

Mulai dari Rp555.000,00

Bentuk unik kerangka outer layer untuk melindungi dari panas

Kelebihan:

  • Sirkulasi udara lebih lancar
  • Terdapat pintu dan jendela dengan jaring

Kekurangan:

  • Kurang bisa menahan hujan deras karena outer layer tidak menutupi keseluruhan tenda

Berbeda dari kebanyakan tenda double layer lainnya. Outer layer tenda ini berbentuk menyerupai atap rumah. Hal ini membuat tenda bisa terlindungi dari hujan karena derai hujan akan tertahan dahulu oleh outer layer. Anda pun bisa berlindung dengan nyaman di dalam tenda tanpa terganggu oleh terpaan hujan secara langsung.

No.10

DecathlonQuechua Pole-supported camping living area8373958

Mulai dari Rp1.750.000,00

Terlindung dari matahari dengan tenda anti-UV

Kelebihan:

  • Desainnya setinggi orang dewasa sehingga bisa berdiri tanpa membungkuk
  • Terdapat hook untuk menggantungkan lampu
  • Ada banyak jendela yang bisa dibuka

Kekurangan:

  • Kurang ada banyak kantong di dalam tenda

Anda senang menghabiskan waktu di dalam tenda pada siang hari? Inilah tenda yang tepat untuk Anda. Tenda ini berbahan kain poliester waterproof yang bisa menyaring sinar UV dengan UPF 30. Keren, kan? Anda pun bisa berteduh di dalamnya dan terlindung dari bahaya sinar matahari. Anda juga tak perlu khawatir kepanasan karena tenda ini memiliki banyak jendela yang bisa digulung.

Gunakan hex tarp atau tenda vestibule untuk ruang ekstra

Gunakan hex tarp atau tenda vestibule untuk ruang ekstra

Kegiatan touring umumnya melibatkan banyak barang bawaan. Karena itu, ruang ekstra di bagian luar tenda (area vestibule) merupakan fitur yang akan sangat berguna. Anda akan memerlukan banyak tempat untuk menyimpan barang bawaan, termasuk pannier.


Jika tenda yang Anda bawa tidak menyediakan ruang ekstra, Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara memasang hex tarp. Dengan menyambungkan hex tarp ke tenda utama, Anda akan mendapatkan teras tenda yang dapat dijadikan ruang ekstra untuk penyimpanan. Praktis, bukan?

Baca juga rekomendasi tenda lainnya di sini

Tenda sering digunakan untuk mendukung kegiatan outdoor, seperti camping, mendaki gunung, atau kegiatan pramuka. Beda kegiatan tentu beda pula karakteristik tenda yang Anda perlukan. Untuk itu, Anda dapat membaca berbagai rekomendasi jenis tenda dari artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Walaupun semua tenda terlihat sama saja, sebenarnya pemilihan tenda untuk touring dan camping berbeda. Untuk touring, Anda membutuhkan tenda yang mudah dibawa dan ringan sehingga tidak menyulitkan Anda saat mengendarai motor seorang diri.

Memilih tenda yang tepat juga akan membuat kualitas tidur Anda lebih baik. Alhasil, aktivitas touring Anda menjadi lebih lancar dan nyaman. Selamat memilih tenda yang tepat agar aktivitas touring Anda lebih berkesan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer