10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tabel Alafabet Terbaik (Terbaru 2018)

Ketika anak sudah mulai memasuki usia untuk belajar membaca dan menulis, orang tua akan mulai dengan mengenalkan mereka pada alfabet. Tujuannya adalah mengajari anak membaca, memahami huruf kapital atau kecil, serta mengerti cara mengucapkannya sehingga akan menjadi lebih mudah untuk belajar menulis nantinya.

Namun, Anda perlu memperhatikan usia anak, lokasi belajar, dan tujuan penggunaannya agar variasi alat belajar alfabet dapat digunakan secara optimal. Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi alat belajar alfabet yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda berdasarkan urutan. Silakan temukan alat belajar alfabet yang cocok untuk anak Anda!

Daftar isi

Cara memilih alat belajar alfabet

Ketika memasuki usia 2 tahun, biasanya anak Anda akan mulai penasaran dengan hal-hal di sekitarnya. Ia akan mencari tahu, menjelajah, mengamati kemudian bertanya tentang apa yang ia lihat pada orang tuanya. Biasanya anak pada usia dini belum dapat memahami konsep huruf dan angka. Saat mereka benar-benar siap dan mulai menunjukkan minat terhadap benda-benda di sekitarnya, saat inilah orang tua bisa mulai mengenalkan huruf alfabet pada anak dengan menggunakan alat yang dapat mendukung keingintahuannya.

Mengenal alfabet adalah langkah penting untuk proses pembelajaran dasar anak, sudah pasti sebisa mungkin Anda ingin memberikan yang terbaik, bukan? Silakan jadikan beberapa kriteria di bawah ini sebagai acuan dalam memilih alat belajar alfabet yang sesuai untuk anak Anda!

Sesuaikan dengan tempat belajar

Pertama, pilih yang sesuai dengan tempat yang akan Anda gunakan untuk melakukan kegiatan belajar. Karakteristik alat belajar alfabet yang diperlukan akan berubah tergantung pada ruangan yang Anda gunakan.

Ada 3 tempat yang sering digunakan untuk mengajari anak dengan alat belajar alfabet yaitu, kamar mandi, ruang tamu, dan kamar anak. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan!

Produk tahan air untuk belajar sambil main air dan tidak mudah rusak

Produk tahan air untuk belajar sambil main air dan tidak mudah rusak

Jika digunakan di kamar mandi, maka produk yang diperlukan adalah yang memiliki ketahanan terhadap air. Anda tentu akan merasa kesulitan untuk mempertahankan alat belajar alfabet agar tidak basah jika hanya terbuat dari bahan kertas, bukan?

Anda tidak perlu khawatir bila membeli alat belajar alfabet yang tahan terhadap air. Apalagi, saat ini sudah banyak produk yang dapat ditempel di dinding kamar mandi dan tahan terhadap air, jadi tidak akan menyulitkan Anda dan nyaman saat digunakan.

Gunakan barang yang familiar, untuk berkomunikasi di ruang tamu

Gunakan barang yang familiar, untuk berkomunikasi di ruang tamu

Ruang tamu menjadi tempat yang nyaman untuk berkomunikasi dengan anak. Kami menyarankan alat belajar alfabet yang memungkinkan Anda memanfaatkan kelebihan tersebut. Jika Anda menggunakan karakter-karakter, makanan, hewan, ataupun kendaraan sebagai bahan belajar, akan mudah bagi Anda untuk menciptakan kesempatan berbicara tentang kehidupan sehari-hari.

Jika Anda berencana menggunakannya di meja daripada menempelnya di dinding, pilihlah bahan yang dapat dibersihkan untuk berjaga-jaga jika alat belajar alfabet kotor terkena makanan dan minuman. Selain itu, Anda juga dapat menghias ruangan dengan menempelkan stiker alfabet bersama sang anak.

Temukan hal menarik yang membuat anak betah belajar di kamarnya

Temukan hal menarik yang membuat anak betah belajar di kamarnya

Anak sering menghabiskan waktu di kamarnya sehingga Anda bisa meletakkan alat belajar alfabet dengan desain atau model yang membuat anak tertarik meskipun tidak sedang bersama orang tua. Sangat disarankan untuk menggunakan benda yang dapat menimbulkan ketertarikan anak seperti yang menyerupai permainan untuk mendorong anak agar mau belajar secara sukarela.

Bila Anda ingin anak terbiasa dengan huruf alfabet itu sendiri, Anda hanya perlu meletakkannya di tempat yang bisa sering dilihat dengan mudah seperti karpet dan pada dinding.

Belajar dengan santai atau serius? Sesuaikan alat belajar alfabet dengan suasana belajarnya

Belajar dengan santai atau serius? Sesuaikan alat belajar alfabet dengan suasana belajarnya

Bayangkan, dalam suasana nyata yang seperti apa Anda ingin menggunakan alat belajar alfabet? Kriteria untuk memilih produk tergantung pada apakah Anda ingin menggunakannya dalam suasana belajar yang santai atau benar-benar dalam suasana belajar yang serius.

Jika Anda belum akan memulai pelajaran yang serius, cobalah fokus pada minat anak Anda. Buat anak mau belajar tanpa merasa keberatan dengan memahami sesuatu yang mereka sukai dan dapat digunakan untuk bermain.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk belajar serius, kami sarankan alfabet yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama antara orang tua dan anak. Pilih produk yang bisa membuat anak Anda mudah mengerti alfabet daripada desainnya. Luangkanlah waktu Anda untuk membantu anak belajar alfabet dengan berkomunikasi dan buat mereka mengingat sambil menikmati.

Beda tingkat pemahaman beda pula caranya! Sesuaikan dengan usia anak!

Beda tingkat pemahaman beda pula caranya! Sesuaikan dengan usia anak!

Jika anak Anda adalah murid TK yang baru pertama kali menyentuh alfabet, langkah pertama adalah membiasakan anak dengan tampilan karakter. Kami sarankan untuk menggunakan alat belajar alfabet yang berbentuk tikar makan siang, karpet atau wall sticker agar anak terbiasa melihatnya setiap hari.

Namun jika anak Anda masih di bangku SD, akan lebih baik jika tidak hanya menggunakan alat belajar alfabet yang berupa huruf saja, tetapi gunakanlah alat belajar alfabet yang memiliki ilustrasi dan kata benda dalam bahasa Inggris. Sambil berkomunikasi antara orang tua dan anak, cobalah untuk membantunya meniru penyebutan nama mahluk hidup, atau minta anak menyebutkan nama bagian tubuhnya sambil merasakannya. Dengan begitu anak akan belajar dengan gembira.

Dengan memilih alat belajar alfabet yang sesuai dengan usia anak, akan memudahkan mereka untuk terbiasa. Anak akan mengingat gambar dan biasakan untuk selalu mengucapkan ejaan kata bendanya sehingga pada akhirnya perlahan-lahan mereka dapat belajar membaca dan mengingat kata dalam bahasa asing, bukan?

Belajar ejaan alfabet dalam bahasa asing, untuk memperkaya pengetahuan anak

Belajar ejaan alfabet dalam bahasa asing, untuk memperkaya pengetahuan anak

Jika anak Anda sudah menguasai alfabet dan bisa membaca serta menuliskannya dengan benar, selanjutnya adalah mengajari anak bahasa asing seperti bahasa Inggris. Saat ini banyak sekolah dasar yang sudah memberikan pelajaran bahasa Inggris sejak kelas 1 SD. Agar anak tidak merasa minder karena merasa kesulitan, cobalah memberikan pengenalan alfabet menggunakan ejaan bahasa Inggris.

Ada banyak alfabet yang berbeda pengucapannya dengan bahasa Indonesia, apalagi pengucapannya akan menjadi berbeda lagi ketika sudah berada di dalam sebuah kata. Oleh karena itu, gunakanlah metode belajar yang menyenangkan seperti nyanyian dan alat belajar alfabet yang dilengkapi dengan CD audio visual.

10 Rekomendasi alat belajar alfabet terbaik

Berikut ini, kami berikan 10 rekomendasi alat belajar alfabet dengan beragam variasi dan jenis sesuai kebutuhan anak Anda, silakan pilih mana yang paling cocok!

10. Mainan Poster Edukasi Seri Pengenalan huruf

10. Mainan Poster Edukasi Seri Pengenalan huruf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.450

Mulai ajarkan anak dari hal yang sederhana! Tingkatkan fokus anak Anda!

Mengajari anak tentu harus dimulai dengan sederhana dan tidak membuat anak kebingungan, bukan? Untuk belajar alfabet, anak harus bisa membedakan huruf kapital dan huruf kecil serta memahami urutan alfabet dari A sampai Z dengan jelas. Produk ini menawarkan desain yang simpel sehingga anak Anda tidak akan kebingungan!

Dibuat dengan bahan karton yang dilapisi bahan licin, produk ini membuat alfabet dalam kotak-kotak dengan ukuran yang cukup besar. Dengan begitu anak Anda dapat membacanya dengan jelas, Anda pun juga dapat menunjuk alfabet di dalam kotak tanpa takut salah tunjuk. Menarik bukan? Untuk mengajari anak yang baru mulai belajar alfabet, belilah produk ini. Harganya juga sangat terjangkau, lho mom!

9. Flashcard Animal Alphabet

9. Flashcard Animal Alphabet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Rangsang daya imajinasi dan ingatan anak Anda dengan Flashcard bergambar hewan!

Masa kecil adalah masa tumbuh kembang anak yang paling krusial, Anda perlu menanamkan hal-hal dasar yang baik serta merangsang pertumbuhan otak kanan maupun kirinya dengan baik pula. Untuk itu, produk ini dapat menjadi salah satu media belajar anak Anda dalam menghafal alfabet sekaligus memahami jenis-jenis hewan.

Flashcard bergambar hewan yang didesain menarik dan colorful dapat memudahkan anak dalam melatih daya ingat serta imajinasinya. Anda pun dapat mengembangkannya dengan menirukan suara-suara binatang tersebut agar suasana belajar lebih santai. Tingkatkan kemampuan otak kanan dan kiri anak Anda sedari kecil. Tersedia dalam bahasa Inggrisnya juga, lho!

8. Mainan Edukasi / Kartu Pintar Alfabet

8. Mainan Edukasi / Kartu Pintar Alfabet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.000

Belajar alfabet kapan saja dan di mana saja dengan kartu pintar alfabet

Untuk anak Anda yang baru duduk di kelas 1 SD, berikan kartu alfabet ini untuk membantunya belajar alfabet dalam bahasa Inggris. Produk ini menyertakan gambar benda berdasarkan foto aslinya sehingga itu akan memudahkan anak dalam mengingat nama benda dengan melihat gambarnya.

Selain itu, karena produk ini berbentuk kartu maka akan mudah untuk dibawa kemana pun. Anak jadi tidak hanya harus belajar di rumah saja, tetapi bisa belajar bersama teman-temannya kapan saja dan dimana saja. Anda juga bisa menguji hafalan anak Anda dengan sedikit permainan, acak kartu agar alfabetnya tidak berurutan lalu tes daya ingat anak Anda dengan menunjukkan kartu secara acak. Selamat mencoba!

7. 3D Magnet Kulkas Huruf Alphabet A Z Baby Animal

7. 3D Magnet Kulkas Huruf Alphabet A Z Baby Animal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.500

Kenalkan bentuk nyata alfabet dengan magnet alfabet 3D!

Ketika Anak Anda sudah mulai terbiasa dan hafal dengan alfabet, kini saatnya untuk mengenalkan mereka dengan bentuknya. Magnet alfabet ini terbuat dari bahan kayu ringan dan dicat dengan bahan non toxic sehingga aman untuk anak-anak. Desain yang lucu, juga bentuknya yang 3D serta warnanya yang cerah bisa membantu anak mengenal bentuk alfabet secara lebih nyata.

Anda bisa menempelkan magnet alfabet pada kulkas dan minta anak Anda membawakan huruf yang sesuai dengan huruf awal makanan yang mereka ambil dari dalam kulkas. Dengan melakukan kegiatan tersebut, anak akan menjadi terbiasa dan menguasai bentuk alfabet. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu anak mengingat nama-nama makanan, bukan?

6. Buku Bantal : Mengenal Abjad

6. Buku Bantal : Mengenal Abjad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Buku bantal yang aman untuk bayi dan balita

Produk ini adalah seri buku pertama untuk mengenalkan anak pada huruf alfabet, cocok bagi Anda yang memiliki anak usia balita karena produk ini juga disertai dengan gambar ilustrasi yang menarik. Anda bisa mengenalkan alfabet dengan buku bantal ini seperti Anda menceritakan dongeng pada anak sebelum mereka tidur.

Selain itu, buku ini juga aman untuk bayi dan balita karena terbuat dari bahan kain yang lembut, ringan dan tentu saja empuk. Anda tidak perlu khawatir produk ini akan melukai anak Anda karena tidak bisa sobek, tertelan juga tidak keras. Jadi, tunggu apa lagi? kenalkan anak pada alfabet sejak dini!

5. Puzzle Kayu Alphabet Huruf Angka Gambar Binatang Mainan Edukasi

5. Puzzle Kayu Alphabet Huruf Angka Gambar Binatang Mainan Edukasi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.500

Latih keterampilan kognitif dengan puzzle alfabet beraneka bentuk juga warna

Produk yang berupa puzzle ini bagus untuk perkembangan motorik dan meningkatkan keterampilan kognitif anak. Anda bisa melatih aspek kognitif tersebut mulai dari kemampuan mengingat sampai dengan kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Puzzle juga dapat membuat anak fokus untuk menyelesaikan satu persoalan dan melatih kesabaran.

Karena tersedia dalam berbagai bentuk dan pola seperti hewan ataupun buah, Anda bisa meminta anak Anda menyelesaikan keping-keping puzzle berdasarkan pola yang ada. Meskipun anak belum begitu paham dengan alfabet, jika anak Anda bisa memecahkan puzzle tersebut, lama-lama ia akan hafal dengan susunan alfabet. Setelah itu, Anda bisa mulai mengajari anak dengan konsep alfabet! Seru bukan?

4. Evamats Alphabet Matras Puzzle

4. Evamats Alphabet Matras Puzzle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 157.000

Mengenalkan anak dengan alfabet dan warna menggunakan matras puzzle!

Bagi Anda yang ingin agar anak segera familiar dengan alfabet tanpa membuat mereka tertekan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti alas bermain anak dengan matras puzzle alfabet. Jika anak sering melihat sesuatu secara terus menerus, ia akan menjadi familiar dengan itu. Anda bisa mulai dengan memintanya untuk membantu Anda setiap kali memasang dan membongkar matras puzzle ini.

Tidak hanya berisi alfabet, namun Anda juga bisa sekaligus mengenalkan warna pada anak. Terbuat dari bahan spons empuk yang mudah dibersihkan sehingga aman dan juga nyaman digunakan sebagai alas bermain anak. Latih kreativitas anak dengan memintanya menyusun alfabet secara berurutan, silakan mencoba!

3. Munchkin 36 Bath Letters And Numbers

3. Munchkin 36 Bath Letters And Numbers

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 80.000

Belajar sambil bermain air dengan spons alfabet munchkin

Anak Anda termasuk yang sulit diajak mandi? Nah, Anda bisa mempertimbangkan produk spons munchkin ini lho, mom untuk mengajak si kecil mandi dengan suasana yang menyenangkan. Mainan edukasi yang bebas zat kimia berbahaya ini aman dimainkan balita saat mandi. Selain itu warnanya juga tidak akan pudar meskipun terkena air.

Produk munchkin ini terbuat dari bahan spons yang akan menempel dengan mudah di keramik ketika dibasahi dengan air. Kini, belajar alfabet tidak melulu dilakukan di kamar atau ruang tamu, tetapi Anda bisa mengajak anak belajar mengeja benda-benda yang ada di kamar mandi dengan produk ini. Buat acara mandi anak Anda terasa lebih menyenangkan dan tentu saja lebih pintar!

2. Wall Sticker Alfabet Besar Stiker Dinding Huruf Abjad

2. Wall Sticker Alfabet Besar Stiker Dinding Huruf Abjad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Ceriakan kamar anak dengan warna-warni alfabet!

Buat suasana kamar si buah hati lebih ceria dengan warna-warni wall sticker alfabet yang cute dan colorful! Ini memang bukan metode belajar yang mengharuskan anak duduk dan fokus belajar, tetapi Anda dapat membiasakan anak melihat alfabet dengan warna-warni yang membangkitkan semangat. Dengan begitu, anak akan secara alami mengingat huruf-huruf alfabet yang tertempel di dinding kamarnya.

Namun, wall sticker ini hanya menyediakan alfabet dengan huruf besar, jadi memang kurang cocok ya untuk Anda yang menginginkan anak belajar secara serius. Cara memasangnya mudah, buka segel di belakang masing-masing huruf lalu tempelkan di dinding. Ajak juga anak Anda memasang bersama agar ia lebih cepat lagi mengingat huruf-huruf yang dipasangnya. Voila! Ucapkan selamat tinggal pada suasana kamar yang membosankan.

1. Tomindo Magnetic Learning Case

1. Tomindo Magnetic Learning Case

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.500

Serunya berlatih menulis dengan papan alfabet magnetik!

Bagi Anda, orang tua yang sedang mengajarkan anak membaca dan menulis alfabet, produk ini bisa menjadi alternatif media belajar yang cocok karena telah dilengkapi dengan papan tulis mini, spidol dan penghapusnya. Anda tidak perlu repot lagi menyiapkan alat tulis lain. Selain itu, dinding Anda juga akan aman dari ancaman serangan coretan, bukan?

Produk yang berbentuk seperti mainan ini sudah pasti akan memancing rasa tertarik anak untuk mencoba. Anda bisa menaruhnya di kamar anak Anda dan biarkan mereka berkreasi menggunakan mainan edukasi alfabet magnetik ini. Jika isi spidol habis, Anda bisa mengisi ulang dengan isi spidol non permanen, mudah sekali, ya!

Kesimpulan

Kami telah mengenalkan 10 produk alat belajar alfabet terbaik dan populer yang bisa Anda pilih untuk digunakan sesuai tempat, tujuan dan usia anak Anda. Sudahkah Anda menemukan mana yang akan disukai oleh si kecil?

Jangan lupa untuk mencoba mengajari anak ejaan dalam bahasa asing setelah menguasai alfabet. Pilihlah alat belajar alfabet yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anak Anda! Selamat mencoba ya, Bunda!