• 10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apakah anak Anda akan memasuki usia belajar membaca dan menulis? Jika demikian, mulailah gunakan alat belajar alfabet. Produknya dapat membuat anak memahami huruf kapital dan huruf kecil, serta mengerti cara mengucapkannya sejak dini. Si kecil pun jadi lebih mudah untuk belajar membaca dan menulis nantinya.

Karena itu, kami akan membagikan cara memilih alat belajar alfabet terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Munchkin, LEGO, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas untuk Anda. Ada yang cocok untuk belajar bahasa Inggris, lho. Yuk, dimulai saja pembahasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Putri Normalita
Noni Rosliyani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih alat belajar alfabet

Mengenal alfabet adalah langkah penting dalam proses belajar membaca. Oleh karena itu, berikut ini kami akan menjabarkan poin cara memilih alat belajar alfabet untuk Anda. Silakan simak baik-baik agar Anda mendapat produk yang tepat untuk anak.

Pilih produk berdasarkan tempat belajarnya

Pastikan produknya sesuai dengan tempat yang akan Anda gunakan untuk melakukan kegiatan belajar. Pasalnya, tiap area di dalam rumah membutuhkan alat belajar alfabet yang berbeda. Berikut ini kami akan menjelaskannya lebih mendalam lagi untuk Anda.

Untuk belajar sambil main air di kamar mandi, pilih yang waterproof

Untuk belajar sambil main air di kamar mandi, pilih yang waterproof
Jika digunakan di kamar mandi, produk yang Anda pilih tentunya harus waterproof. Jika tidak, Anda akan kesulitan mempertahankan alat belajar alfabet agar tetap kering dan tidak rusak. Produk yang berbahan kertas bahkan akan lekas robek bila terpapar air.

Sebagai catatan, produk yang berbahan nonkertas pun bisa rusak saat terpapar air, misalnya cat yang luntur. Sementara itu, media pembelajaran huruf abjad yang kedap air akan tetap utuh meski terendam air sekalipun. Jadi, pastikan produknya waterproof, ya.

Untuk belajar di ruang keluarga, pilih yang simpel

Untuk belajar di ruang keluarga, pilih yang simpel
Ruang keluarga menjadi tempat yang nyaman untuk berkomunikasi dengan anak. Kami menyarankan Anda untuk memanfaatkan momen tersebut dengan alat belajar alfabet yang tepat. Pilihlah produk yang simpel agar si kecil fokus pada huruf atau abjad yang dipelajari.

Meski simpel, produknya bisa menawarkan interaksi seru. Beberapa alat belajar abjad memang memerlukan pengarahan dari orang tua untuk dapat dipahami anak. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk makin membangun ikatan bersama anak.

Untuk belajar di kamar, pilih yang menarik perhatian

Untuk belajar di kamar, pilih yang menarik perhatian
Anak Anda tentu sering menghabiskan waktu di kamarnya. Oleh karena itu, pilihlah alat peraga huruf abjad yang desainnya dapat membuat anak tertarik meski tidak Anda temani. Agar anak punya inisiatif belajar sendiri, sangat direkomendasikan untuk memilih alat pengenalan huruf abjad yang bisa dimainkan.

Produk yang bisa menciptakan suasana menyenangkan sangat tepat untuk diletakkan di kamar anak. Tanpa perlu dipaksa pun, anak akan tertarik untuk belajar membaca huruf. Dengan demikian, anak akan banyak terpapar alfabet saat berada di kamar.

Sesuaikan produk dengan suasana belajarnya, santai atau serius?

Sesuaikan produk dengan suasana belajarnya, santai atau serius?
Cobalah bayangkan suasana nyata yang ingin Anda bangun saat menggunakan alat belajar alfabet. Kriteria untuk memilih produk juga tergantung pada hal tersebut. Apakah Anda ingin menggunakannya dalam suasana belajar yang santai atau serius?

Jika Anda ingin membangun suasana belajar yang santai, cobalah fokus pada minat anak Anda. Buatlah anak tidak merasa keberatan untuk belajar dengan cara menggunakan perlengkapan yang disukainya. Perlengkapan tersebut sebaiknya juga dapat digunakan untuk bermain. Anda bisa memulainya dari produk dengan desain yang lucu atau yang menampilkan karakter favorit si kecil.


Lain halnya bila Anda ingin menggunakannya sebagai media belajar membaca. Untuk tujuan tersebut, kami menyarankan produk yang membutuhkan interaksi antara Anda dengan anak. Pilihlah produk yang dapat memudahkan si kecil untuk memahami alfabet ketimbang yang desainnya menarik. Luangkanlah waktu Anda untuk membantu anak belajar sembari berkomunikasi, serta buat mereka mengingat sambil menyukai alfabet.

Pastikan produknya cocok dengan usia dan perkembangan anak

Pastikan produknya cocok dengan usia dan perkembangan anak
Jika anak Anda belum mengenal alfabet, langkah pertama adalah membiasakan si kecil dengan bentuk setiap huruf. Kami sarankan untuk menggunakan alat belajar alfabet yang berbentuk tikar, karpet, stiker dinding, atau produk sejenis lainnya. Dengan memiliki alat-alat bantu tersebut, anak Anda akan terbiasa melihat alfabet setiap hari sejak dini.

Bagaimana bila anak sudah memasuki bangku sekolah? Akan lebih baik jika Anda tidak hanya menggunakan alat belajar alfabet yang berupa huruf. Pertimbangkanlah produk yang bisa melibatkan anak untuk membaca atau menulis agar lebih aktif belajar alfabet.


Produk yang menampilkan nama benda cocok dimanfaatkan sebagai alat bantu belajar membaca untuk anak. Sementara itu, produk yang bisa dicoret dengan alat tulis akan menstimulasi anak untuk menulis. Produk yang memungkinkan keduanya juga tersedia.


Jika produknya sesuai dengan usia, si kecil akan lebih mudah terbiasa. Selain itu, anak bisa belajar alfabet dengan gembira. Setelah terbiasa dengan huruf, anak Anda dapat diarahkan untuk belajar suku kata, membaca kalimat, bahkan mengenal bahasa asing.

Pertimbangkan produk yang memudahkan belajar bahasa Inggris

Pertimbangkan produk yang memudahkan belajar bahasa Inggris

Selain untuk mengenal huruf-huruf, alat belajar alfabet dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris sekaligus. Produk yang menampilkan nama-nama benda atau hewan dalam bahasa Inggris bisa menjadi media untuk mempelajari bahasa asing tersebut


Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang memiliki fitur audio. Dengan fitur tersebut, si kecil dapat mendengar pelafalan setiap huruf dalam bahasa Inggris. Jadi, saat masuk sekolah, anak dapat selangkah lebih baik dalam memahami pelajaran bahasa Inggris.


Produk dalam bahasa Inggris akan memperkaya kosakata anak dalam bahasa tersebut. Ia pun jadi lebih terbiasa melafalkan huruf-huruf dalam bahasa Inggris. Meski begitu, si kecil tetap memerlukan bimbingan Anda agar dapat membacanya dengan benar.


Produk buatan brand lokal pada umumnya lebih fokus dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sementara itu, produk dari brand luar negeri biasanya menampilkan bahasa Inggris saja, terlepas dari negara asalnya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Zoetoys Moveable Alphabet (with Box) 4 Sets

Mulai dari Rp 189.000,00

10 Rekomendasi alat belajar alfabet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh alat belajar alfabet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

MunchkinLearn Bath Letters & Numbers

Mulai dari Rp 80.000,00

Tempat belajar yang direkomendasikanKamar mandi
UkuranTidak tercantum
Rekomendasi umur3+
9
Tempat belajar yang direkomendasikanKamar
Ukuran7 cm x 12 cm
Rekomendasi umur1,5+
8

Mainan EdukasiSticker Dinding Alphabet

Mulai dari Rp 25.000,00

Tempat belajar yang direkomendasikanKamar
Ukuran5—10 cm x 7 cm
Rekomendasi umurTidak tercantum
7

KiddilabzPoster Edukasi Anak Wipe & Clean Alphabet

Mulai dari Rp 15.000,00

Tempat belajar yang direkomendasikanRuang tamu
Ukuran32 cm x 48 cm
Rekomendasi umur2—6 tahun
6

Early Learning CentreAlphabet Teaching Frame

Mulai dari Rp 379.000,00

Tempat belajar yang direkomendasikanRuang tamu
Ukuran25,5 cm x 10 cm x 26 cm
Rekomendasi umur2—6 tahun
5
Tempat belajar yang direkomendasikanDapur
Ukuran9,5 cm x 4,5 cm x 20,5 cm (kemasan)
Rekomendasi umur3+
4
Tempat belajar yang direkomendasikanKamar mandi
Ukuran12,4 cm x 10,9 cm
Rekomendasi umur0,5–1 tahun
3

The Gang of FurKartu Seru Alfabet

Mulai dari Rp 45.000,00

Tempat belajar yang direkomendasikanRuang tamu
Ukuran6,4 cm x 8,7 cm
Rekomendasi umur3+
2
Tempat belajar yang direkomendasikanKamar
Ukuran30 cm × 24 cm × 3 cm
Rekomendasi umur3+
1
Tempat belajar yang direkomendasikanKamar
Ukuran30 cm x 30 cm x 1 cm (per lembar)
Rekomendasi umurTidak tercantum

Tabel perbandingan produk alat belajar alfabet terbaik

Gambar produk
1
Multi Buana Indonesia Unimats Abjad Gambar 1

Multi Buana Indonesia

2
Magnetic Learning Case 1

3
The Gang of Fur Kartu Seru Alfabet 1

The Gang of Fur

4
teytoy Alphabet Cards Baby Toys 1

teytoy

5
Mideer Letter Magnets 1

Mideer

6
Early Learning Centre Alphabet Teaching Frame 1

Early Learning Centre

7
Kiddilabz Poster Edukasi Anak Wipe & Clean Alphabet 1

Kiddilabz

8
Mainan Edukasi Sticker Dinding Alphabet 1

Mainan Edukasi

9
LEGO DUPLO Alphabet Truck 1

LEGO

10
Munchkin Learn Bath Letters & Numbers 1

Munchkin

Nama produk

Unimats Abjad Gambar

Magnetic Learning Case

Kartu Seru Alfabet

Alphabet Cards Baby Toys

Letter Magnets

Alphabet Teaching Frame

Poster Edukasi Anak Wipe & Clean Alphabet

Sticker Dinding Alphabet

DUPLO Alphabet Truck

Learn Bath Letters & Numbers

Keunggulan

Dapat mengikuti perkembangan anak

Serunya berlatih menulis dengan papan alfabet magnetis

Dapat dimanfaatkan dengan beragam cara

Lebih kaya akan konten pada tiap lembarnya

Desainnya lucu dan mudah menarik perhatian anak

Efektif untuk belajar bahasa Inggris

Bisa dicoret-coret dengan marker dan dibersihkan kembali

Membuat anak terpapar pada alfabet sejak dini

Menemani anak belajar abjad saat Anda tidak bersamanya

Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk belajar alfabet

Harga mulai dariRp 185.000,00Rp 55.000,00Rp 45.000,00Rp 113.000,00Rp 79.000,00Rp 379.000,00Rp 15.000,00Rp 25.000,00Rp 589.000,00Rp 80.000,00
Tempat belajar yang direkomendasikanKamarKamarRuang tamuKamar mandiDapurRuang tamuRuang tamuKamarKamarKamar mandi
Ukuran30 cm x 30 cm x 1 cm (per lembar)30 cm × 24 cm × 3 cm6,4 cm x 8,7 cm12,4 cm x 10,9 cm9,5 cm x 4,5 cm x 20,5 cm (kemasan)25,5 cm x 10 cm x 26 cm32 cm x 48 cm5—10 cm x 7 cm7 cm x 12 cmTidak tercantum
Rekomendasi umurTidak tercantum3+3+0,5–1 tahun3+2—6 tahun2—6 tahunTidak tercantum1,5+3+
Tautan produk

Langkah-langkah belajar membaca untuk anak

Langkah-langkah belajar membaca untuk anak

Kecepatan kemampuan membaca anak dapat tergantung pada kemampuan dan minatnya. Jadi, Anda tidak perlu memaksakan anak untuk bisa cepat membaca. Namun, ada panduan umur yang dapat Anda ikuti untuk menerapkan sistem belajar yang tepat untuk anak.


Berikut ini kami akan menjelaskan cara belajar membaca berdasarkan usia anak. Simak baik-baik agar Anda bisa memberikan alat belajar membaca yang sesuai untuk anak, ya.


  • Anak usia 1—3 tahun sudah mampu mengenal alfabet. Anda bisa memanfaatkan alat belajar alfabet yang dapat dimainkan untuk menciptakan suasana menyenangkan. Dengan demikian, anak akan rutin terpapar alfabet sehingga mampu mengenali perbedaannya lebih cepat.
  • Anak usia 4—5 tahun sudah bisa membaca suku kata. Gunakanlah alat belajar alfabet yang menampilkan nama-nama benda atau makhluk hidup. Dengan begitu, perbendaharaan kata anak juga akan bertambah.
  • Anak usia 6—7 tahun sudah sanggup membaca kalimat. Anda bisa memperbanyak buku-buku bergambar. Anak tidak akan hanya memperhatikan gambarnya lagi, tetapi sudah tertarik untuk membaca kalimatnya. Namun, gambar masih diperlukan agar anak memahami konteksnya.
  • Anak usia 8 tahun ke atas sudah dapat membaca dengan lancar. Jenis bacaannya berkembang menjadi komik, majalah, dan lainnya. Anak pun akan memiliki buku bacaan favorit.

Perlu diingat, kecepatan anak dalam belajar membaca pastinya berbeda-beda. Bila anak Anda belum menguasai alfabet pada umur 4 tahun, tidak perlu dipaksakan untuk langsung belajar membaca suku kata. Sementara itu, apabila anak menunjukkan tanda-tanda bisa membaca pada usia 3 tahun, sesuaikanlah dengan alat belajar yang tepat.

Bagaimana jika anak Anda masih kesulitan membaca pada usia 7 tahun? Terapkanlah sistem belajar yang sesuai dengan kemampuannya, bukan umurnya


Jika merasa khawatir, Anda dapat membawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter tumbuh kembang atau psikolog anak. Tidak menutup kemungkinan juga anak memiliki gejala disleksia sehingga memerlukan penanganan ahli. Intinya, tetaplah cintai dan sayangi anak dengan segala kemampuan yang ia miliki.

Baca juga rekomendasi mainan edukasi lainnya untuk anak di sini

Selain alat belajar alfabet, mainan edukasi juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Produknya bisa menstimulasi kecerdasan motorik, spasial, dan lainnya. Berikut ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda, lho. Kami pun telah mengulas tiap produknya. Yuk, kunjungi link berikut ini agar referensi Anda bertambah.

Kesimpulan

Anda sudah menemukan alat belajar alfabet yang sesuai dengan kebutuhan anak? Anda dapat memulainya dari area belajar alfabet yang paling efektif untuk Anda dan anak. Selanjutnya, sesuaikan produknya dengan suasana yang ingin Anda ciptakan.


Apabila Anda masih ragu, sesuaikan saja kategori target produknya dengan usia anak. Anda juga bisa memilih produk berbahasa Inggris agar anak belajar bahasa asing sekaligus. Yuk, penuhi kebutuhan anak Anda dengan alat belajar alfabet terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi muslim, pendidikan mengenai agama Islam sangat penting dilakukan sejak dini. Supaya belajar agama menjadi lebih menyenangkan dan menarik perhatian anak, Anda dapat menggunakan mainan islami. Anak dapat mengenal huruf hijaiyah, mendengarkan bacaan Al-Qur’an, sampai mempelajari adab-adab dalam menjalankan aktivitas.Mainan anak islami dari Al-Qolam, Konsep Studio, serta Perisai Kid merupakan beberapa produk terbaik yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori