• 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)

Jam tangan mountaineering merupakan alat yang penting saat hendak mendaki gunung atau trekking. Jam tangan untuk mendaki gunung ini bisa sekaligus menjadi aksesori yang fashionable. Anda akan menemukan produk-produk yang keren dan dilengkapi berbagai fitur fungsional keluaran Casio, Garmin, Suunto, dan sebagainya.

Namun, banyaknya jam tangan mountaineering yang beredar di pasaran bisa membuat Anda bingung saat memilih. Kami akan mengulas tentang cara memilih jam tangan untuk mendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Baca sampai selesai ya, supaya Anda bisa menemukan produk yang tepat untuk Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 29 Desember 2019
  • 23.011 Views
Daftar isi

Memakai jam tangan mountaineering demi kenyamanan dan keselamatan

Memakai jam tangan mountaineering demi kenyamanan dan keselamatan

Berbeda dengan jam tangan biasa, jam tangan mountaineering dilengkapi fitur-fitur yang diperlukan saat mendaki gunung. Fitur-fitur tersebut antara lain seperti GPS, route navigation, kompas, dan sebagainya. Data dari pendakian sebelumnya juga bisa disimpan sebagai acuan untuk rencana pendakian berikutnya. 


Selain itu, jam tangan mountaineering memiliki ketahanan yang tinggi dan waterproof. Jadi, tidak hanya untuk mendaki gunung, jam tangan ini juga praktis untuk digunakan saat olahraga atau sehari-hari. Desainnya yang kukuh pun cocok dengan pakaian kasual.


Daya tarik lainnya dari jam tangan mountaineering adalah keamanannya. Sudah banyak orang yang tersesat di gunung bisa terselamatkan berkat adanya jam ini. Jadi, jangan ragu untuk membeli jam tangan mountaineering untuk mendaki gunung dengan aman, ya!

Cara memilih jam tangan untuk mendaki gunung

Berbeda dengan jam tangan biasa, jam mountaineering harus bisa menunjukkan waktu, ketinggian, temperatur, tekanan udara, dan sebagainya. Berikut akan kami jelaskan cara memilih jam tangan mountaineering dengan lebih mendetail.

Pilihlah jam tangan mountaineering sesuai fitur yang diinginkan

Setiap jam tangan mountaineering memiliki fitur andalan masing-masing. Pilihlah jam tangan mountaineering dengan fitur yang sesuai dengan kondisi dan rencana pendakian Anda.

Pastikan jam tangan tersebut memiliki fitur barometer, altimeter, dan kompas

Fitur barometer, altimeter, dan kompas adalah tiga fitur yang wajib ada pada jam tangan mountaineering. Anda bisa bersiap-siap menghadapi kemungkinan perubahan cuaca dengan melihat tekanan udara pada barometer. Anda juga dapat menghindari bahaya dan mengatur kecepatan saat mendaki dengan melihat ketinggian posisi Anda pada altimeter.


Kompas akan membantu Anda mengetahui posisi dan arah yang harus dituju selanjutnya. Meskipun sudah ada jalur pendakian, ada kalanya Anda kehilangan arah saat berada di gunung. Kompas ini juga akan berguna saat Anda mengalami kemalangan di gunung. Jadi, pastikan Anda memilih jam tangan mountaineering dengan fitur-fitur di atas, ya!

Pastikan ada fitur GPS jika ingin merekam data jejak pendakian

Pastikan ada fitur GPS jika ingin merekam data jejak pendakian

Anda yang masih pemula dalam mendaki gunung pasti sering merasa khawatir akan tersesat di gunung. Dengan jam tangan mountaineering berfitur GPS, kekhawatiran Anda akan berkurang. Fitur ini akan membantu Anda memastikan posisi sehingga Anda bisa mendaki gunung dengan lebih aman. 


Selain itu, fitur ini bisa merekam data jejak pendakian gunung Anda. Saat mendaki gunung yang sama, Anda bisa memastikan rute pendakian dengan data jejak pendakian sebelumnya. Anda juga dapat menggunakan data ini untuk merencanakan rute pendakian lain di gunung yang sama.

Pilih fitur lainnya sesuai kebutuhan dan budget Anda

Ada fitur-fitur lainnya yang mungkin dibutuhkan tergantung kondisi dan lama pendakian. Misalnya, termometer, lampu latar, serta sunrise & sunset data. Fitur-fitur ini akan berguna saat mendaki di pagi hari atau untuk pendakian yang lebih dari satu hari. Ada juga fitur stopwatch untuk mengukur kecepatan langkah Anda di jalur pendakian.


Selain itu, ada pula jam tangan dengan navigasi, accelerometer (pengukur kecepatan dan getaran), heart rate monitor, dan penghitung kalori sebagai fitur tambahan. Ada pula jam tangan mountaineering yang bisa disambungkan ke smartphone Anda. Namun, semakin banyak fitur yang menyertainya, harga jam tangan mountaineering akan semakin mahal. Anda belum tentu memakai semua fitur yang ada pada jam tangan tersebut. Jadi, pilihlah jam tangan mountaineering dengan fitur yang Anda butuhkan sesuai budget yang dimiliki.

Pilihlah jam tangan mountaineering yang tangguh dan tahan air

Pilihlah jam tangan mountaineering yang tangguh dan tahan air
Untuk mendaki gunung, pilihlah jam tangan yang tangguh dan waterproof. Jika jam tangan rusak karena hujan deras atau terjatuh, Anda bisa kehilangan petunjuk posisi dan rute pendakian. Dengan jam tangan yang tangguh dan waterproof, pendakian Anda akan lebih aman.


Pilihlah jam tangan dengan ketahanan air di atas level 10 ATM (Atmosphere Pressure). Jam tangan level ini mampu menahan tekanan air setara 100 m dalam kondisi statis atau tidak bergerak. Jam ini tetap bisa Anda gunakan saat hujan atau saat mencuci tangan di sungai. Namun, jam tangan 10 ATM ini bisa rusak jika dipakai menyelam. Anda bisa memilih jam tangan dengan ketahanan air minimal 20 ATM untuk digunakan saat menyelam.

Pilih berdasarkan power supply-nya

Secara umum ada tiga jenis sumber daya energi pada jam tangan mountaineering, yakni baterai, solar, dan rechargeable battery. Seperti jam tangan biasa, jam tangan mountaineering bertenaga baterai tidak memerlukan perawatan harian. Kekurangan jam tangan jenis ini adalah adanya kemungkinan baterai habis saat pendakian.


Oleh karena itu, jam tangan bertenaga solar lebih aman untuk pendakian karena pengoperasiannya tidak bergantung pada baterai. Namun, jam tangan jenis ini tidak dapat digunakan terlalu lama di tempat yang minim cahaya matahari. Saat tidak dipakai, disarankan untuk menyimpan jam tangan jenis ini di tempat yang terkena cahaya matahari.


Jenis terakhir adalah jam tangan bertenaga rechargeable battery yang mulai populer akhir-akhir ini. Jam tangan bertenaga rechargeable battery bisa dipakai paling lama hingga 100 jam. Alhasil, jam tangan jenis ini kurang cocok untuk pendakian gunung dalam waktu panjang. Namun, dengan berbagai fitur yang dimilikinya, Anda bisa memilih jam tangan jenis ini untuk pendakian dalam waktu pendek. Jadi, jangan lupa memeriksa battery life jam tangan Anda sebelum mendaki gunung.

Pilih tipe jam tangan mountaineering berdasarkan visibilitas dan fungsinya

Belakangan ini, selain tipe analog dan digital, ada pula tipe smart watch yang sedang naik daun. Ketiga tipe ini memiliki visibilitas dan fungsi masing-masing. Pilihlah tipe dengan visibilitas dan fungsi yang sesuai untuk diri Anda.

Pilih tipe analog atau digital untuk fungsi dan visibilitas yang tinggi

Tipe analog atau digital cocok untuk Anda yang menginginkan jam tangan dengan indikator yang mudah dibaca. Anda dapat membaca indikator pada jam tangan tipe analog tanpa harus mendekatkannya ke wajah Anda. Visibilitas tinggi ini memungkinkan Anda dapat mengecek waktu walau jangkauan penglihatan sedang rendah seperti saat hujan deras. 


Tipe digital bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mengetahui waktu dengan tepat. Jam tangan tipe ini biasanya juga dilengkapi banyak fitur-fitur yang praktis. Jika menginginkan fitur tambahan selain tiga fitur wajib untuk jam tangan mountaineering, tipe ini cocok untuk Anda. Anda dapat memilih jam tangan yang cocok dengan pakaian sehari-hari Anda. Jadi, Anda juga bisa memakai jam tangan tersebut untuk kegiatan harian Anda.

Pilih tipe smart watch untuk fitur-fitur yang canggih

Tipe smart watch cocok untuk Anda yang mementingkan kecanggihan fitur-fitur jam tangan mountaineering. Tipe ini dilengkapi touch screen sehingga bisa Anda operasikan dengan lebih mudah. Selain itu, layarnya yang colorful akan membantu Anda membaca informasi pada jam tangan. Desainnya yang keren juga cocok untuk pemakaian sehari-hari.


Ada beberapa smart watch dengan fitur yang bisa diatur dengan cara men-download aplikasinya. Jadi, Anda dapat memasukkan aplikasi yang dibutuhkan sesuai rencana dan cuaca pendakian. Dengan begitu, Anda dapat menghemat penggunaan baterai jam tangan ini.


Sayangnya, jam tangan tipe ini kurang cocok untuk pendakian selama berhari-hari. Hal ini dikarenakan battery life jam tipe ini paling lama hanya sekitar 20 jam saja. Ada beberapa smart watch yang dilengkapi mode untuk memperpanjang battery life-nya. Anda bisa memilih jam tangan seperti ini tergantung jangka waktu pendakian Anda.

10 Rekomendasi jam tangan terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, mari simak sepuluh jam tangan mountaineering yang akan kami rekomendasikan untuk Anda berikut ini. Sesuaikanlah dengan budget serta fitur yang Anda inginkan.
10
Bobot72 gram
Level waterproof100 meter
Power supplyRechargeable lithium-ion
FiturActivity tracking, sleep tracking, GPS tracking & navigation, altimeter, cuaca, dan sebagainya
TipeSmart watch
StrapSilikon
9
Bobot64 gram
Level waterproof30 meter
Power supplyBaterai
FiturTemperature display range, sea level pressure graph, depth meter, dan sebagainya
TipeDigital
StrapElastomer
8
Bobot67 gram
Level waterproof100 meter
Power supplySolar
FiturDigital compass, auto light switch, smart access, world time, dan sebagainya
TipeAnalog
StrapKain
7

North EdgeFourier 2 Sport Watch with GPS Tracking

Rp 1.800.000,00

Bobot60 gram
Level waterproof50 meter/ 5 ATM
Power supplyRechargeable battery
FiturGravity sensor, lap pace, heart rate monitor, dan sebagainya
TipeDigital
StrapTidak disebutkan
6
BobotTidak disebutkan
Level waterproof100 meter
Power supplySolar
FiturDigital compass, Duplex LC Display, hourly time signal, high/low altitude memory, dan sebagainya
TipeDigital
StrapTitanium
5
Bobot89 gram
Level waterproof200 meter
Power supplySolar
FiturMulti band 6, triple sensor, battery level indicator, dan sebagainya
TipeDigital
StrapResin
4
Bobot80 gram
Level waterproof100 meter
Power supplyRechargeable lithium-ion
FiturStorm alarm, heart rate monitor, sunrise-sunset time, FusedAlti, dan sebagainya
TipeDigital
StrapSilikon
3
Bobot89 gram
Level waterproof100 meter
Power supplyRechargeable lithium-ion
FiturRoute navigation, autopause, memory left indicator, dan sebagainya
TipeDigital
StrapElastomer
2
Bobot85 gram
Level waterproof10 ATM
Power supplyRechargeable battery
FiturMove bar, fitness age, strength workout, running dynamics, dan sebagainya
TipeDigital
StrapSilikon atau baja
1
Bobot92 gram
Level waterproof10 ATM
Power supplyRechargeable battery
FiturGPS time sync, LiveTrack, step counter, auto goal, dan sebagainya
TipeDigital
StrapBallistic nylon

Tabel perbandingan produk jam tangan terbaik untuk mendaki gunung

Gambar produk
1
Garmin tactix® Bravo 1

Garmin

2
Garmin fēnix® 5 1

Garmin

3
Suunto Ambit3 Peak 1

4
Suunto Traverse 1

5
Casio Pro Trek PRW-3500-1 1

Casio

6
Casio Pro Trek PRG-240T-7 1

Casio

7
North Edge Fourier 2 Sport Watch with GPS Tracking 1

North Edge

8
Casio Pro Trek PRG-600YB-3 1

Casio

9
Suunto Core 1

10
Suunto 9 1

Nama produk

tactix® Bravo

fēnix® 5

Suunto Ambit3 Peak

Suunto Traverse

Pro Trek PRW-3500-1

Pro Trek PRG-240T-7

Fourier 2 Sport Watch with GPS Tracking

Pro Trek PRG-600YB-3

Suunto Core

Suunto 9

KeunggulanBergerak taktis bahkan di g...Semakin versatile dengan be...GPS-nya sangat cepat lacak ...Automatic breadcrumb–nya me...Baterainya bisa tahan hingg...Tampil semakin berkarakter ...Jam GPS dengan harga miring!Tipe analog bertenaga solar...Tersedia dalam sebelas vari...Smartwatch yang tangguh unt...
HargaRp 8.213.000,00Rp 7.199.000,00Rp 6.000.000,00Rp 4.438.000,00Rp 4.428.000,00Rp 3.674.520,00Rp 1.800.000,00Rp 3.810.000,00Rp 9.660.000,00Rp 7.900.000,00
Bobot92 gram85 gram89 gram80 gram89 gramTidak disebutkan60 gram67 gram64 gram72 gram
Level waterproof10 ATM10 ATM100 meter100 meter200 meter100 meter50 meter/ 5 ATM100 meter30 meter100 meter
Power supplyRechargeable batteryRechargeable batteryRechargeable lithium-ionRechargeable lithium-ionSolarSolarRechargeable batterySolarBateraiRechargeable lithium-ion
FiturGPS time sync, LiveTrack, step counter, auto goal, dan sebagainyaMove bar, fitness age, strength workout, running dynamics, dan sebagainyaRoute navigation, autopause, memory left indicator, dan sebagainyaStorm alarm, heart rate monitor, sunrise-sunset time, FusedAlti, dan sebagainyaMulti band 6, triple sensor, battery level indicator, dan sebagainyaDigital compass, Duplex LC Display, hourly time signal, high/low altitude memory, dan sebagainyaGravity sensor, lap pace, heart rate monitor, dan sebagainyaDigital compass, auto light switch, smart access, world time, dan sebagainyaTemperature display range, sea level pressure graph, depth meter, dan sebagainyaActivity tracking, sleep tracking, GPS tracking & navigation, altimeter, cuaca, dan sebagainya
TipeDigitalDigitalDigitalDigitalDigitalDigitalDigitalAnalogDigitalSmart watch
StrapBallistic nylonSilikon atau bajaElastomerSilikonResinTitaniumTidak disebutkanKainElastomerSilikon
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jam tangan lainnya di sini

Sekarang ini, ada berbagai jenis jam tangan yang bisa Anda pilih untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Ada jam tangan khusus untuk berolahraga, ada pula smartwatch yang praktis digunakan bersama smartphone Anda. Artikel di bawah ini berisi ulasan kami mengenai jam tangan yang mampu membantu Anda beraktivitas dengan efisien. Disimak, yuk!

Baca juga rekomendasi jam tangan bermerek di sini

Tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga sudah menjadi salah satu fashion item! Tak heran banyak produsen jam tangan high-end brand berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk mereka. Kami sudah mengulas jam tangan dari brand tertentu dalam artikel di bawah ini. Check them out

Kesimpulan

Bagaimana, apakah ada produk rekomendasi kami yang menarik perhatian Anda? Dengan menggunakan jam tangan untuk mendaki gunung atau jam mountaineering, pendakian Anda akan semakin aman dan menyenangkan. Pilihlah jam tangan dengan bobot dan ketahanan akan air yang cukup baik untuk menemani perjalanan Anda.

Pastikan juga Anda memilih produk dengan fitur, power supply, dan tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, segera miliki jam tangan mountaineering favorit dan lakukan pendakian ke gunung yang Anda inginkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    145.753 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    169.731 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu moda transportasi yang simple dan digunakan tidak hanya oleh para pesepeda. Road bike yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenis, antara lain road bike keluaran merek-merek ternama seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Selain itu, komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga sering kali membuat para pemula menjadi bingung.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih road bike. Kemudian kami akan memperkenalkan rekomendasi produk road bike dalam format ranking. Produk road bike yang akan kami perkenalkan di sini memiliki banyak variasi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bersepeda Anda.
    Outdoor & sports
    62.549 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    76.758 Views
  • 10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda ingin bugar dengan berolahraga setiap hari? Atau mungkin Anda ingin menurunkan berat badan? Tidak perlu pergi ke gym, Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau.Meski bukan merupakan alat olahraga yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda. Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill terbaik. Lalu, kami juga memberikan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah.
    Outdoor & sports
    40.033 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang berencana membeli sepeda hybrid, apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilihnya? Sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang dijual di pasaran keluaran merek ternama, misalnya Polygon, United, Pacific, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak sedikit pemula yang bingung soal patokan seperti apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih sepeda hybrid.Kali ini kami akan mengulas tentang sepeda hybrid yang direkomendasikan untuk pemula dengan harga cukup terjangkau namun berkualitas, dan mengurutkannya dalam format ranking. Kami akan membandingkan segi harga, kemampuan produk, dan ulasan dari pengguna yang sudah membelinya. Tentu saja kami juga akan menjelaskan tentang cara memilih sepeda hybrid yang tepat. Jadikanlah ulasan kami ini sebagai step awal serta referensi dalam menemukan sepeda hybrid yang paling cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    32.467 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Naik Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tenda Terbaik untuk Naik Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi pencinta alam, tenda untuk mendaki gunung atau mountaineering adalah salah satu peralatan yang harus dimiliki. Tenda yang ringan, ringkas, kokoh, tahan semua cuaca, dengan ukuran yang tepat, cocok untuk pendakian gunung. Terlebih lagi, tenda tersebut harus nyaman digunakan saat pendakian.Sebut saja Mountain Hardwear, MSR, Boreas, Alps Mountaineering, Merapi Mountain, dan banyak lagi yang memberi banyak pilihan untuk tenda naik gunung Anda. Namun, bagaimana cara memilih tenda terbaik untuk naik gunung? Berikut kami paparkan cara memilih dan rekomendasi tenda terbaik untuk naik gunung, selamat membaca!
    Outdoor & sports
    4.010 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori