• 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)

Jam tangan pendaki gunung merupakan alat penting untuk mendukung kegiatan mendaki gunung atau trekking. Beberapa fungsi penting dari jam tangan ini adalah sebagai kompas, pengukur ketinggian, barometer, dan GPS. Saat ini, terdapat banyak merek jam tangan untuk naik gunung, mulai dari SUUNTO, Casio, hingga Garmin.

Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jam tangan pendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan temukanlah jam tangan terbaik untuk mendaki gunung sebagai teman pendakian selanjutnya.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Tina Latief
  • Pembaharuan terakhir: 30 Januari 2021
  • 54.376 Views
Daftar isi

Jam tangan untuk mendaki gunung mendukung kegiatan pendakian yang aman dan nyaman

Jam tangan untuk mendaki gunung mendukung kegiatan pendakian yang aman dan nyaman

Jam tangan pendaki gunung atau jam tangan mountaineering memiliki fitur yang berbeda dengan jam tangan biasa. Jam tangan mountaineering biasanya dilengkapi fitur-fitur pendukung, seperti GPS dan route navigation. Tak hanya itu, teknologinya memungkinkan menyimpan data pendakian gunung yang telah dilakukan. Data tersebut dapat digunakan untuk rencana pendakian berikutnya. 


Dari segi kualitas, jam tangan mountaineering  memiliki daya tahan yang kuat dan waterproof. Anda tak perlu khawatir jam akan mudah pecah atau rusak saat digunakan mendaki gunung. Selain untuk mendaki, jam tangan jenis ini juga bisa digunakan untuk berolahraga atau dipakai sepanjang hari. Desainnya yang rugged akan membuatnya keren saat dipadukan dengan pakaian kasual.

Cara memilih jam tangan untuk mendaki gunung

Jam tangan untuk mendaki gunung harus bisa menunjukkan waktu, ketinggian, temperatur, tekanan udara, dan sebagainya. Berikut akan kami jelaskan cara memilih jam tangan mountaineering dengan lebih mendetail.

Pilihlah jam tangan dengan fitur yang diinginkan

Setiap jam tangan untuk mendaki gunung memiliki fitur andalan masing-masing. Pilihlah jam tangan mountaineering dengan fitur yang sesuai dengan kondisi dan rencana pendakian Anda.

Pastikan jam tangan tersebut memiliki fitur barometer, altimeter, dan kompas

Pastikan jam tangan tersebut memiliki fitur barometer, altimeter, dan kompas

Untuk pendakian yang aman dan nyaman, pastikan jam tangan mountaineering Anda memiliki fitur barometer, altimeter, dan kompas. Ketiga fitur ini akan membantu Anda dalam menghadapi segala ketidakpastian yang kerap terjadi di gunung.


Fitur barometer membuat Anda bisa bersiap-siap menghadapi kemungkinan perubahan cuaca dengan melihat tekanan udara. Adanya altimeter membuat Anda dapat melacak perjalanan dan kecepatan pendakian secara mendetail. Anda juga dapat menghindari bahaya dan mengatur kecepatan saat mendaki dengan melihat ketinggian posisi Anda.


Kemudian, fitur kompas akan membantu Anda memahami posisi dan arah yang harus dituju selanjutnya. Meskipun sudah ada jalur pendakian, ada kalanya Anda kehilangan arah saat berada di gunung. Kompas ini akan berguna saat Anda mengalami kesulitan tersebut. Jadi, pastikan Anda memilih jam tangan mountaineering dengan fitur-fitur di atas, ya!

Fitur GPS untuk memudahkan jika ingin merekam data jejak pendakian

Fitur GPS untuk memudahkan jika ingin merekam data jejak pendakian

Apabila Anda ingin merasa lebih aman saat mendaki gunung, pilih jam tangan mountaineering dengan fitur GPS. Bagi pendaki pemula, kekhawatiran tersesat di gunung pasti selalu ada. Oleh karena itu, adanya fitur GPS pada jam tangan dapat mengurangi rasa khawatir saat mendaki gunung. 


Fitur GPS ini sama dengan sistem navigasi pada mobil sehingga Anda dapat memastikan posisi secara tepat. Selain itu, fitur ini bisa merekam data jejak pendakian gunung Anda. Saat mendaki gunung yang sama, fitur ini akan berguna untuk membuat perencanaan pendakian. Anda bisa melewati rute sebelumnya atau mencoba rute yang berbeda dari yang pernah ditempuh.

Cek fitur lainnya berdasarkan kebutuhan dan budget Anda

Cek fitur lainnya berdasarkan kebutuhan dan budget Anda

Kebutuhan akan fitur tambahan pada jam tangan mountaineering tergantung pada kondisi dan lamanya waktu pendakian. Beberapa fitur tambahan yang mungkin Anda butuhkan adalah termometer, lampu latar, serta penunjuk waktu sunset dan sunrise. Fitur-fitur tersebut sangat berguna untuk pendakian yang lebih dari sehari atau saat summit attack pagi hari. Fitur stopwatch juga diperlukan untuk mengukur kecepatan langkah Anda di jalur pendakian.


Selain fitur-fitur di atas, ada pula fungsi navigasi, accelerometer (pengukur kecepatan dan getaran), heart rate monitor, dan penghitung kalori. Kemudian, terdapat jam tangan mountaineering yang bisa disambungkan ke smartphone Anda. 


Namun, seiring banyaknya fitur yang menyertainya, harga jam tangan mountaineering akan makin mahal. Anda belum tentu memakai semua fitur yang ada pada jam tangan tersebut. Untuk itu, pilihlah jam tangan mountaineering dengan fitur yang Anda butuhkan sesuai budget yang dimiliki.

Pertimbangkan jam tangan mountaineering yang tangguh dan tahan air

Pertimbangkan jam tangan mountaineering yang tangguh dan tahan air
Untuk mendaki gunung, pilihlah jam tangan yang tangguh dan waterproof. Jam yang kokoh dan waterproof tidak akan mudah rusak saat terjadi hujan deras atau saat Anda terjatuh. Apabila jam yang dikenakan mudah rusak, Anda bisa kehilangan petunjuk posisi dan rute pendakian. 


Pilihlah jam tangan untuk mendaki gunung dengan ketahanan air di atas level 10 ATM (Atmosphere Pressure). Level ini mampu menahan tekanan air setara 100 meter dalam kondisi statis atau tidak bergerak. Anda pun bisa menggunakan jam pada saat hujan atau saat mencuci tangan di sungai. Namun, jangan gunakan jam tangan 10 ATM untuk menyelam. Apabila ingin melakukan penyelaman, pilihlah jam tangan dengan ketahanan air minimal 20 ATM.

Pilih berdasarkan power supply-nya

Pilih berdasarkan power supply-nya

Secara umum ada tiga jenis sumber daya energi pada jam tangan mountaineering, yakni baterai, solar, dan rechargeable battery. Jam tangan mendaki gunung bertenaga baterai tahan guncangan dan tidak memerlukan perawatan harian. Kekurangan jam tangan jenis ini adalah adanya kemungkinan baterai habis saat pendakian.


Oleh karena itu, jam tangan bertenaga solar lebih aman untuk pendakian karena pengoperasiannya dapat menggunakan sinar matahari. Namun, jam tangan jenis ini tidak dapat digunakan terlalu lama di tempat yang minim cahaya matahari. Saat tidak dipakai, disarankan untuk menyimpan jam tangan jenis ini di tempat yang terkena cahaya matahari.


Jenis terakhir adalah jam tangan dengan rechargeable battery. Jam tangan jenis ini bisa dipakai untuk pendakian dalam waktu pendek dan kurang cocok untuk pendakian gunung dalam waktu panjang. Sebaiknya Anda jangan lupa memeriksa battery life jam tangan sebelum mendaki gunung.

Pilih tipe jam tangan mountaineering berdasarkan visibilitas dan fungsinya

Belakangan ini, selain tipe analog dan digital, ada pula tipe smartwatch yang sedang naik daun. Ketiga tipe ini memiliki visibilitas dan fungsi masing-masing. Pilihlah tipe dengan visibilitas dan fungsi yang sesuai untuk diri Anda.

Tipe analog atau digital untuk fungsi dan visibilitas yang tinggi

Tipe analog atau digital untuk fungsi dan visibilitas yang tinggi

Tipe analog dan digital cocok untuk Anda yang menginginkan jam tangan dengan indikator yang mudah dibaca. Visibilitas tinggi ini memungkinkan Anda dapat mengecek waktu walau jangkauan penglihatan sedang rendah, seperti saat hujan deras. Anda bisa mempertimbangkan jam tipe analog apabila mementingkan visibilitas.


Daya tarik tipe digital adalah Anda dapat mengetahui waktu dengan tepat. Jam tangan tipe ini biasanya juga dilengkapi banyak fitur yang praktis. Jika menginginkan fitur tambahan selain tiga fitur wajib untuk jam tangan mountaineering, pertimbangkan tipe ini. Selain itu, pilihlah jam tangan yang juga bisa dipakai untuk kegiatan harian dan matching dengan pakaian sehari-hari.

Tipe smartwatch untuk fitur-fitur yang canggih

Tipe smartwatch untuk fitur-fitur yang canggih

Tipe smartwatch cocok untuk Anda yang mementingkan kecanggihan fitur jam tangan mendaki gunung. Tipe ini dilengkapi touch screen sehingga bisa Anda operasikan dengan lebih mudah. Selain itu, layarnya yang colorful dapat meningkatkan visibilitas yang membantu Anda membaca informasi pada jam tangan. Desainnya yang keren juga cocok untuk pemakaian sehari-hari.


Ada beberapa smartwatch dengan fitur yang bisa diatur dengan cara mengunduh aplikasinya. Jadi, Anda dapat memasukkan aplikasi yang dibutuhkan sesuai rencana dan cuaca pendakian. Dengan begitu, Anda dapat menghemat penggunaan baterai jam tangan ini pada saat mendaki gunung.


Sayangnya, jam tangan tipe ini kurang cocok untuk pendakian selama berhari-hari. Meskipun demikian, ada beberapa smartwatch yang dilengkapi mode untuk memperpanjang battery life-nya. Oleh karena itu, periksa fitur untuk memperpanjang battery life apabila ingin menggunakan smartwatch saat mendaki gunung. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi jam tangan terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, mari simak sepuluh jam tangan mountaineering yang kami rekomendasikan untuk Anda berikut ini. Sesuaikanlah dengan budget serta fitur yang Anda inginkan.
10
BarometerX
Altimeter
Kompas
GPS
Fungsi lainnyaSunrise/sunset times, sleep tracking, cuaca, heart rate, dan lain-lain
Level waterproof100 meter
Power supplyRechargeable lithium-ion battery
9

Eiger Mercury-YP10515 ABC Watch, NOC, NOS

Mulai dari Rp 950.000,00

Barometer
Altimeter
Kompas
GPSX
Fungsi lainnyaTermometer, perkiraan cuaca, indikator baterai, dan lain-lain
Level waterproof100 meter
Power supplyBaterai
8

SUUNTOCORE All Black

SS014279010

Mulai dari Rp 2.400.000,00

Barometer
Altimeter
Kompas
GPSTidak diketahui
Fungsi lainnyaDepth meter for snorkeling, sunrise/sunset times, storm alarm, dan lain-lain
Level waterproof30 meter
Power supplyBaterai
7
Barometer
Altimeter
Kompas
GPSTidak disebutkan
Fungsi lainnyaTermometer, waktu dunia, indikator level baterai, dan lain-lain
Level waterproof100 meter
Power supplySolar rechargeable battery
6

SUUNTOTRAVERSE ALPHA Stealth

SS022469000

Mulai dari Rp 7.700.000,00

Barometer
Altimeter
Kompas
GPS
Fungsi lainnyaSunrise/sunset alert, weather trend indicator, storm alarm, sport expertise, dan lain-lain
Level waterproof100 meter
Power supplyRechargeable battery
5
Barometer
Altimeter
Kompas
GPS
Fungsi lainnyaCapacitive touchscreen (anti-fouling coating), Pressure (air pressure, altitude) sensor, accelerometer, gyrometer, dan lain-lain
Level waterproof50 meter
Power supplyRechargeable lithium-ion battery
4
Barometer
Altimeter
Kompas
GPS
Fungsi lainnyaStorm alarm, heart rate monitor, sunrise-sunset time, FusedAlti, dan sebagainya
Level waterproof100 meter
Power supplyRechargeable lithium-ion battery
3

Garminfēnix® 5 Slate Gray with Black Band

010-01688-00

Mulai dari Rp 6.998.000,00

Barometer
Altimeter
Kompas
GPS
Fungsi lainnyaMove bar, fitness age, strength workout, running dynamics, dan sebagainya
Level waterproof100 meter
Power supplyRechargeable battery
2
Barometer
Altimeter
Kompas
GPS
Fungsi lainnyaShock resistant, mud resistant, triple sensor with direct access button, thermometer, dan lain-lain
Level waterproof200 meter
Power supplySolar rechargeable battery
1

Garminfēnix® 6 - Pro Solar Edition Slate Gray with Black Band

010-02410-14

Mulai dari Rp 12.780.000,00

Barometer
Altimeter
Kompas
GPS
Fungsi lainnyaAutomatic daylight saving time, sunrise/sunset times, wrist-based heart rate, all day stress tracking, GLONASS, GALILEO, gyroscope, thermometer, dan lain-lain
Level waterproof100 meter
Power supplySolar rechargeable battery

Tabel perbandingan produk jam tangan terbaik untuk mendaki gunung

Gambar produk
1
Garmin fēnix® 6 - Pro Solar Edition Slate Gray with Black Band 1

Garmin

2
Casio G-Shock 1

Casio

3
Garmin fēnix® 5 Slate Gray with Black Band 1

Garmin

4
SUUNTO TRAVERSE Amber 1

SUUNTO

5
CASIO  PRO TREK Smart 1

CASIO

6
SUUNTO TRAVERSE ALPHA Stealth 1

SUUNTO

7
Casio Pro Trek 1

Casio

8
SUUNTO CORE All Black 1

SUUNTO

9
Eiger  Mercury-YP10515 ABC Watch, NOC, NOS 1

Eiger

10
SUUNTO SUUNTO 9  1

SUUNTO

Nama produk

fēnix® 6 - Pro Solar Edition Slate Gray with Black Band

G-Shock

fēnix® 5 Slate Gray with Black Band

TRAVERSE Amber

PRO TREK Smart

TRAVERSE ALPHA Stealth

Pro Trek

CORE All Black

Mercury-YP10515 ABC Watch, NOC, NOS

SUUNTO 9

Keunggulan

Menyajikan rute dan data pendakian secara real time

Rekan tangguh untuk digunakan di semua medan!

Semakin versatile dengan berbagai fitur multisport

Lacak rute perjalanan Anda dengan tepat, tak ada lagi kejadian salah jalan!

Sinyal GPS hilang? Jangan khawatir, Anda tetap dapat mengikuti jalur yang Anda inginkan!

Lolos standar militer, tangguh di segala cuaca

Tipe analog bertenaga solar dengan tali jam bebas apak

Desain trendi yang cocok digunakan pria dan wanita

Disertai fitur perkiraan cuaca yang dapat mengantisipasi medan pendakian

Menemani pendakian Anda dengan pembacaan jalur dan jarak yang lebih akurat

Harga mulai dariRp 12.780.000,00Rp 8.687.000,00Rp 6.998.000,00Rp 4.000.000,00Rp 7.000.000,00Rp 7.700.000,00Rp 7.279.000,00Rp 2.400.000,00Rp 950.000,00Rp 6.500.000,00
BarometerX
Altimeter
Kompas
GPSTidak disebutkanTidak diketahuiX
Fungsi lainnyaAutomatic daylight saving time, sunrise/sunset times, wrist-based heart rate, all day stress tracking, GLONASS, GALILEO, gyroscope, thermometer, dan lain-lainShock resistant, mud resistant, triple sensor with direct access button, thermometer, dan lain-lainMove bar, fitness age, strength workout, running dynamics, dan sebagainyaStorm alarm, heart rate monitor, sunrise-sunset time, FusedAlti, dan sebagainyaCapacitive touchscreen (anti-fouling coating), Pressure (air pressure, altitude) sensor, accelerometer, gyrometer, dan lain-lainSunrise/sunset alert, weather trend indicator, storm alarm, sport expertise, dan lain-lainTermometer, waktu dunia, indikator level baterai, dan lain-lainDepth meter for snorkeling, sunrise/sunset times, storm alarm, dan lain-lainTermometer, perkiraan cuaca, indikator baterai, dan lain-lainSunrise/sunset times, sleep tracking, cuaca, heart rate, dan lain-lain
Level waterproof100 meter200 meter100 meter100 meter50 meter100 meter100 meter30 meter100 meter100 meter
Power supplySolar rechargeable batterySolar rechargeable batteryRechargeable batteryRechargeable lithium-ion batteryRechargeable lithium-ion battery Rechargeable batterySolar rechargeable batteryBateraiBateraiRechargeable lithium-ion battery
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jam tangan lainnya di sini

Saat ini, ada berbagai jenis jam tangan yang bisa Anda pilih untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Di bawah ini kami memiliki beragam artikel mengenai jam tangan terbaik. Selamat membaca!

Kesimpulan

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang memiliki risiko tinggi, untuk itu Anda membutuhkan peralatan yang mendukung pendakian. Dengan menggunakan jam tangan untuk mendaki gunung, pendakian Anda akan makin aman dan menyenangkan. 

Apabila memilih jam tangan mountaineering yang modis dengan fitur lengkap, Anda dapat memakainya pada kegiatan sehari-hari selain mendaki gunung. Tunggu apa lagi? Yuk, segera miliki jam tangan mountaineering favorit dan lakukan pendakian ke gunung yang Anda inginkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, dan Consina adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
    65.829 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepatu trekking adalah barang wajib untuk melakukan kegiatan alam seperti mendaki gunung atau trekking. Beberapa produsen seperti Eiger, Karrimor, Consina, dan Keen sudah banyak memasarkan sepatu trekking untuk pria dan wanita. Bahan, desain, dan harganya pun beragam sehingga bisa membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini kami akan membahas sepatu trekking untuk pemula mulai dari cara memilih hingga sepuluh produk terbaiknya. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli sepatu trekking, simak artikel ini sampai habis!
    Camping & hiking
    59.680 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti camping bersama keluarga, tentu Anda menginginkan akomodasi yang nyaman dan aman. Salah satu peralatan yang wajib Anda bawa adalah tenda untuk camping. Tenda yang kuat, ruangan yang cukup, dan tidak bocor saat hujan adalah hal yang perlu dicermati saat memilihnya.Produsen peralatan outdoor seperti Coleman, Decathlon, Consina, dan Eiger sudah banyak menjual tenda camping. Masing-masing tenda memiliki perbedaan desain, keunikan, serta harga jualnya. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih tenda camping beserta beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    33.733 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    26.682 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong binokular merupakan perangkat untuk melihat objek jauh agar menjadi lebih jelas. Peralatan ini dapat mendukung berbagai aktivitas, seperti saat menonton konser, mengamati burung di hutan, dan lainnya. Maka dari itu, ada berbagai jenis teropong dengan bentuk, berat, dan bidang pandang yang berbeda-beda. Jika Anda kebingungan mencari teropong binokular, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong binokular. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang tersedia di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    25.814 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu perlengkapan yang tidak boleh lupa dibawa ketika akan mendaki gunung adalah jas hujan untuk melindungi Anda jika hujan turun saat sedang mendaki. Ada banyak produk jas hujan yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Jenisnya pun beragam.Sebelum Anda memilih jas hujan untuk mendaki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Kami akan mengulasnya bagi Anda. Setelah itu, terdapat produk-produk jas hujan terbaik yang kami rekomendasikan, seperti Eiger, Consina, Avtech, Acold dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    5.838 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori