• 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)

Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor Anda. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti GPS, altimeter, barometer, dan termometer. Produknya pun kukuh dan kedap air sehingga aman untuk kegiatan outdoor.


Ada banyak merek jam tangan gunung yang bagus, seperti Suunto dan Casio. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Jika Anda mencari jam tangan outdoor terbaik, simaklah artikel ini karena kami akan membagikan cara memilihnya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 September 2022
Daftar isi

Fungsi jam tangan outdoor untuk mendaki gunung

Fungsi jam tangan outdoor untuk mendaki gunung

Akan lebih baik untuk menggunakan jam tangan khusus jika Anda suka melakukan kegiatan outdoor, seperti naik gunung dan trekking. Biasanya jam tangan untuk mendaki gunung didesain kukuh dan kedap air agar dapat bertahan dalam kondisi ekstrem sekalipun. Jam tangan outdoor juga tidak mudah rusak meski terkena air hujan, terjatuh, atau bahkan masuk ke dalam air.


Jam tangan ini dilengkapi fitur-fitur penting untuk menunjang kegiatan mendaki gunung Anda. Dengan produknya, Anda bisa bereaksi secara lebih baik pada kondisi di sekitar. Anda akan mendapatkan informasi penting selama mendaki. Jam tangan biasa tidak akan dapat memberi kelebihan yang sama selain menunjukkan waktu.

Cara memilih jam tangan untuk mendaki gunung

Jam tangan untuk mendaki gunung harus bisa menunjukkan ketinggian, temperatur, tekanan udara, dan sebagainya. Berikut akan kami jelaskan cara memilih jam tangan outdoor dengan lebih mendetail.

Pilih tipe jam tangan berdasarkan visibilitas dan fungsinya

Selain tipe analog dan digital, ada pula tipe smartwatch yang sedang naik daun. Ketiga tipe ini memiliki visibilitas dan fungsi masing-masing. Pilihlah tipe dengan visibilitas dan fungsi yang sesuai untuk diri Anda.

Analog dan digital, fungsi dan visibilitas bagus saat mendaki

Tipe analog dan digital cocok untuk Anda yang menginginkan jam tangan dengan indikator yang mudah dibaca. Visibilitas yang tinggi pada jam ini memungkinkan Anda mengecek waktu walau jangkauan penglihatan sedang rendah, seperti saat hujan deras. 


Selain itu, daya tarik tipe digital adalah Anda dapat mengetahui waktu dengan tepat. Jam tangan tipe ini biasanya juga dilengkapi banyak fitur yang praktis. Produknya pun bisa dipakai untuk kegiatan harian dan matching dengan pakaian sehari-hari.

Smartwatch, dilengkapi fitur-fitur canggih

Smartwatch, dilengkapi fitur-fitur canggih

Tipe smartwatch cocok untuk Anda yang mementingkan kecanggihan fitur dari jam tangan untuk mendaki gunung. Tipe ini dilengkapi touchscreen sehingga bisa Anda operasikan dengan lebih mudah. Selain itu, layarnya yang colorful bisa meningkatkan visibilitas untuk membantu Anda membaca informasi pada jam tangan. Desainnya yang keren juga cocok untuk pemakaian sehari-hari.


Ada beberapa smartwatch yang fiturnya bisa diatur dengan cara mengunduh aplikasinya. Jadi, Anda dapat memasukkan aplikasi yang dibutuhkan sesuai rencana dan cuaca pendakian. Dengan begitu, Anda lebih menghemat penggunaan daya jam pada saat mendaki gunung.


Sayangnya, smartwatch kurang cocok untuk pendakian selama berhari-hari. Meskipun demikian, ada beberapa produk yang dilengkapi mode untuk memperpanjang battery life. Karena itu, periksa fitur untuk memperpanjang battery life apabila Anda ingin menggunakan smartwatch untuk mendaki gunung.

Tentukan fitur jam tangan yang Anda inginkan

Setiap jam tangan untuk mendaki gunung memiliki fitur andalan masing-masing. Untuk poin ini, kami akan memecah fitur-fitur jam tangan berdasarkan fungsinya. Simaklah dengan saksama dan tentukan jam tangan dengan fitur yang Anda butuhkan.

Fitur lokasi, melacak posisi saat mendaki jadi lebih mudah

Fitur lokasi, melacak posisi saat mendaki jadi lebih mudah

Ada beberapa fitur dari jam tangan untuk mengetahui lokasi dan menjadi navigasi saat mendaki. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui posisi secara real time. Fitur-fitur tersebut adalah altimeter, GPS, kompas, dan sunrise/sunset. Simak uraiannya berikut.


  • Altimeter: Untuk mengetahui posisi ketinggian Anda saat naik gunung
  • GPS: Untuk tracking jalur yang dilalui sehingga Anda tidak salah arah saat turun
  • Kompas: Untuk memahami posisi dan arah yang harus Anda tuju
  • Sunrise/sunset: Untuk menunjukkan posisi matahari terbit dan terbenam serta estimasi waktunya

Fitur situasi, memantau kondisi alam agar selalu waspada

Fitur situasi, memantau kondisi alam agar selalu waspada

Jam tangan untuk mendaki gunung juga mempunyai fitur yang menampilkan kondisi pendakian Anda. Barometer, termometer, weather info, dan storm alarm adalah beberapa di antaranya. Pastikan produknya memiliki fitur yang Anda butuhkan.


  • Barometer: Untuk mengetahui tekanan udara di sekitar Anda
  • Termometer: Untuk menunjukkan suhu udara di gunung
  • Weather info dan storm alarm: Untuk menampilkan kondisi cuaca dan memberikan peringatan ketika akan ada badai

Fitur lainnya, menunjang penggunaan jam tangan untuk berbagai kebutuhan

Fitur lainnya, menunjang penggunaan jam tangan untuk berbagai kebutuhan

Anda mungkin tak ingin melewatkan fitur dasar pada jam tangan, seperti kalender, alarm, dan stopwatch. Smartwatch bahkan bisa dilengkapi sport mode untuk Anda yang senang berolahraga. Progress dari aktivitas Anda bisa dilihat pada produknya.


Ada juga fitur pemantauan, seperti tracking langkah, merekam detak jantung, hingga penghitung kalori. Jangan lupa untuk memeriksanya jika Anda memerlukan fitur-fitur tersebut, ya.

Pertimbangkan jam tangan yang tangguh dan kedap air

Pertimbangkan jam tangan yang tangguh dan kedap air
Untuk mendaki gunung, pilihlah jam tangan yang tangguh dan water-resistant. Jam yang kukuh dan kedap air tidak akan mudah rusak saat hujan deras atau saat Anda terjatuh. Apabila jam yang dikenakan mudah rusak, Anda bisa kehilangan petunjuk posisi dan rute pendakian


Pilihlah jam tangan untuk mendaki gunung dengan ketahanan air di atas level 10 atm (atmosphere pressure). Level ini mampu menahan tekanan air setara 100 meter dalam kondisi statis atau tidak bergerak. Anda tetap bisa menggunakan jam pada saat hujan atau saat mencuci tangan di sungai. 


Jangan gunakan jam tangan dengan 10 atm untuk kebutuhan menyelam, seperti diving. Apabila Anda ingin melakukan penyelaman, pilih jam tangan dengan ketahanan air minimal 20 atm. Namun, jam tangan 20 atm biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Jadi, pertimbangkanlah hal ini juga.

Periksa metode catu daya jam tangan

Periksa metode catu daya jam tangan

Terakhir, Anda perlu memeriksa metode catu daya jam tangan yang hendak dibeli. Secara umum ada tiga jenis sumber daya pada jam tangan untuk naik gunung, yakni baterai, solar, dan rechargeable battery. Mari simak pembahasannya di bawah ini.


  • Baterai 

Jam tangan untuk mendaki gunung dengan baterai umumnya tahan guncangan dan tidak memerlukan perawatan harian. Dayanya juga bertahan sangat lama. Beberapa produk dapat menyala hingga bertahun-tahun. Namun, proses penggantian baterainya cukup sulit saat dayanya habis. Diperlukan ahli jam untuk menggantinya.


  • Solar system

Jam tangan bertenaga solar lebih aman untuk pendakian karena dayanya berasal dari sinar matahari. Namun, jenis ini tidak dapat digunakan terlalu lama di tempat yang minim cahaya matahari. Saat tidak dipakai, disarankan untuk menyimpannya di tempat yang terkena cahaya matahari.


  • Rechargeable battery

Smartwatch biasanya menggunakan rechargeable battery. Jenis ini bisa dipakai untuk pendakian dalam waktu pendek, tetapi kurang cocok untuk pendakian dalam waktu panjang. Anda butuh daya listrik dan perangkat charging untuk mengisi ulang dayanya. Sebaiknya, Anda tidak lupa memeriksa battery life dari jam tangan sebelum mendaki gunung.

10 Rekomendasi jam tangan terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam tangan terbaik untuk mendaki gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 26 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Garmin fenix 6 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Amazfit T-Rex Pro memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Amazfit  T-Rex Pro Smartwatch  1

Amazfit

2
HONOR  Watch GS Pro 1

HONOR

3
Arei Ultra Watch 1

Arei

4
Eiger Mercury 1

Eiger

5
Digitec DS-8100T 1

Digitec

6
Suunto Core All Black 1

Suunto

7
Consina WH-1605 1

Consina

8
COROS  PACE 2 1

COROS

9
Garmin  Instinct Solar  1

Garmin

10
CASIO Pro Trek 1

CASIO

Nama produk

T-Rex Pro Smartwatch

Watch GS Pro

Ultra Watch

Mercury

DS-8100T

Core All Black

WH-1605

PACE 2

Instinct Solar

Pro Trek

Keunggulan

Sangat kukuh dengan standar militer, tetap aman di kondisi ekstrem sekalipun

Smartwatch yang kaya akan fitur, teman beragam aktivitas

Compact dan ekonomis untuk penggunaan sehari-hari

Makin hemat bujet dengan adanya strap tambahan

Budget-friendly, lengkap dengan banyak fitur mendaki

Desain trendi yang cocok digunakan pria dan wanita

Jam tangan perempuan dengan desain yang simpel

Bobotnya yang ringan tak jadi beban untuk tangan

Baterai lebih tahan lama karena mendukung solar system

Baterai tahan lama, bisa digunakan hingga 2 tahun

Harga mulai dariRp 3.499.000,00Rp 3.399.000,00Rp 379.000,00Rp 1.099.000,00Rp 555.000,00Rp 3.800.000,00Rp 185.000,00Rp 3.350.000,00Rp 5.999.000,00Rp 4.699.000,00
Tipe SmartwatchSmartwatchDigitalDigitalDigitalSmartwatchDigitalSmartwatchSmartwatchAnalog, digital, smartwatch
Fitur lokasiAltimeter, GPS, kompas, sunrise/sunsetAltimeter, GPS, kompas, sunrise-sunset-Altimeter, kompasAltimeter, kompasAltimeter, kompas, sunrise/sunset-Altimeter, GPS, kompasAltimeter, GPS, kompasAltimeter, GPS, kompas, sunrise/sunset
Fitur situasiBarometer, weather infoBarometer, weather info, storm alarm-Barometer, termometer, weather infoBarometer, termometerBarometer, termometer, weather info, storm alarm-BarometerBarometerBarometer, termometer
Fitur lainnyaKalender. alarm, stopwatch, sport mode, heart rate, step trackingKalender, alarm, stopwatch, sport mode, step tracking, heart rate, calorie measurementKalender, alarm, stopwatchKalender, alarm, stopwatchKalender, alarm, stopwatchKalender, alarm, stopwatchKalender, alarm, stopwatchKalender, alarm, stopwatch, sport mode, step tracking, heart rate, calorie measurementKalender, alarm, stopwatch, sport mode, step tracking, heart rateKalender, alarm, stopwatch, step tracking, calorie measurement
Level kedap air100 meterTidak ada keterangan50 meter100 meter100 meter10 meter50 meter50 meter100 meter100 meter
Power supplyRechargeable batteryRechargeable batteryBateraiBateraiBaterai, rechargeable batteryBateraiBateraiRechargeable batterySolar systemBaterai
Tautan produk
10
Tipe Analog, digital, smartwatch
Fitur lokasiAltimeter, GPS, kompas, sunrise/sunset
Fitur situasiBarometer, termometer
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch, step tracking, calorie measurement
Level kedap air100 meter
Power supplyBaterai
9
Tipe Smartwatch
Fitur lokasiAltimeter, GPS, kompas
Fitur situasiBarometer
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch, sport mode, step tracking, heart rate
Level kedap air100 meter
Power supplySolar system
8
Tipe Smartwatch
Fitur lokasiAltimeter, GPS, kompas
Fitur situasiBarometer
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch, sport mode, step tracking, heart rate, calorie measurement
Level kedap air50 meter
Power supplyRechargeable battery
7
Tipe Digital
Fitur lokasi-
Fitur situasi-
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch
Level kedap air50 meter
Power supplyBaterai
6
Tipe Smartwatch
Fitur lokasiAltimeter, kompas, sunrise/sunset
Fitur situasiBarometer, termometer, weather info, storm alarm
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch
Level kedap air10 meter
Power supplyBaterai
5
Tipe Digital
Fitur lokasiAltimeter, kompas
Fitur situasiBarometer, termometer
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch
Level kedap air100 meter
Power supplyBaterai, rechargeable battery
4
Tipe Digital
Fitur lokasiAltimeter, kompas
Fitur situasiBarometer, termometer, weather info
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch
Level kedap air100 meter
Power supplyBaterai
3
Tipe Digital
Fitur lokasi-
Fitur situasi-
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch
Level kedap air50 meter
Power supplyBaterai
2
Tipe Smartwatch
Fitur lokasiAltimeter, GPS, kompas, sunrise-sunset
Fitur situasiBarometer, weather info, storm alarm
Fitur lainnyaKalender, alarm, stopwatch, sport mode, step tracking, heart rate, calorie measurement
Level kedap airTidak ada keterangan
Power supplyRechargeable battery
1
Tipe Smartwatch
Fitur lokasiAltimeter, GPS, kompas, sunrise/sunset
Fitur situasiBarometer, weather info
Fitur lainnyaKalender. alarm, stopwatch, sport mode, heart rate, step tracking
Level kedap air100 meter
Power supplyRechargeable battery

Baca juga rekomendasi peralatan untuk mendaki gunung lainnya di sini

Ada beberapa peralatan yang harus dibawa Jika Anda hendak naik gunung, seperti trekking pole, kompor camping, dan tenda. Apakah Anda belum memiliki alat-alat tersebut? Sebelum membeli, silakan temukan rekomendasi produknya di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan menggunakan jam tangan untuk naik gunung, pendakian Anda akan makin aman dan menyenangkan. Selain menjadi penunjuk waktu, jam tangan gunung mempunyai beberapa fitur khusus, seperti altimeter, barometer, dan GPS.

Apabila memilih produk yang modis dengan fitur lengkap, Anda dapat memakainya pada kegiatan sehari-hari selain mendaki gunung. Yuk, segera miliki jam tangan outdoor terbaik dan lakukan pendakian ke gunung yang Anda inginkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Eiger, Consina, dan Naturehike adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome yang bagus. Anda akan menemukan tenda pop up untuk satu orang hingga tenda dome 4 orang/8 orang. Bahkan, ada juga tenda dome double layer.Setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya. Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda dome. Kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, Arei, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang. Ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada tenda yang memiliki harga yang mahal, ada yang murah. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang aman digunakan ketika Anda harus melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu hiking yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar camping di alam terbuka, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Sleeping bag dapat menjaga tubuh Anda agar tetap hangat. Tidur Anda akan lebih lelap bila menggunakan sleeping bag yang nyaman. Ada bermacam merek sleeping bag yang bagus, seperti Eiger, Consina, Naturehike, dan sebagainya.Karena itu, ketahuilah cara memilih sleeping bag untuk mendapatkan produk yang tepat. Di samping itu, kami juga memberikan rekomendasi sleeping bag terbaik dengan harga bervariasi. Ada sleeping bag ultralight, sleeping bag polar, sleeping bag untuk anak, dan masih banyak lagi.
    Camping & hiking
  • 10 Topi Rimba Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Topi Rimba Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat sedang melakukan kegiatan outdoor, seperti hiking, caving, dan trekking, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak memakai topi rimba. Selain melindungi dari teriknya sinar matahari, topi rimba juga berguna untuk melindungi telinga Anda dari ranting dan duri.Karena jenis dari topi rimba cukup banyak macamnya, kami akan memberikan tips memilih agar Anda tidak salah pilih. Sepuluh rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan CARTENZ TACTICAL pun kami ulas di artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Untuk itu, bacalah hingga akhir, ya!
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori