1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti altimeter, barometer, termometer, dan GPS. Produknya kukuh dan kedap air sehingga pas untuk kegiatan outdoor.


Suunto dan Casio merupakan merek jam tangan gunung yang bagus. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Simaklah artikel ini karena kami akan berbagi cara memilih jam tangan outdoor terbaik. Rekomendasi produknya pun telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Silakan disimak!

Diperbaharui 12-27-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Fungsi jam tangan outdoor untuk mendaki gunung

Fungsi jam tangan outdoor untuk mendaki gunung

Akan lebih baik untuk menggunakan jam tangan khusus jika Anda suka melakukan kegiatan outdoor, seperti naik gunung dan trekking. Biasanya jam tangan untuk mendaki gunung didesain kukuh dan kedap air agar dapat bertahan dalam kondisi ekstrem. Jam tangan outdoor juga tidak mudah rusak meski terkena air hujan, terjatuh, atau bahkan masuk ke dalam air.


Jam tangan ini dilengkapi fitur-fitur penting untuk menunjang kegiatan outdoor Anda. Ada yang hanya sebagai penunjuk waktu dengan alarm dan lampu latar belakang (backlight) serta ada juga yang fiturnya lengkap. Fitur-fitur tersebut mencakup kompas digital, altimeter (ketinggian), suhu, barometer (tekanan udara), dan terutama koordinat lokasi (GPS) beserta peta digital.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih jam tangan untuk mendaki gunung

Jam tangan untuk mendaki gunung harus bisa menunjukkan ketinggian, temperatur, tekanan udara, dan sebagainya. Berikut akan kami jelaskan cara memilih jam tangan outdoor dengan lebih mendetail.

① Pilih tipe jam tangan berdasarkan visibilitas dan fungsinya

Selain tipe analog dan digital, ada pula tipe smartwatch yang sedang naik daun. Ketiga tipe ini memiliki visibilitas dan fungsi masing-masing. Pilihlah tipe dengan visibilitas dan fungsi yang sesuai untuk diri Anda.

Analog dan digital, fungsi dan visibilitas bagus saat mendaki

Analog dan digital, fungsi dan visibilitas bagus saat mendaki
Sumber: casio.com

Tipe analog dan digital cocok bagi Anda yang ingin jam tangan dengan indikator yang mudah dibaca. Visibilitas yang tinggi pada jam ini memungkinkan Anda melihat waktu walau jangkauan penglihatan sedang rendah, seperti saat hujan deras. 


Produk jam tangan untuk kegiatan outdoor saat ini banyak yang sudah memiliki penunjuk analog dan digital sekaligus. Fungsi analog (jarum) biasanya lebih untuk menunjukkan waktu secara cepat dalam kondisi cuaca apa pun.

Smartwatch, dilengkapi fitur-fitur canggih

Smartwatch, dilengkapi fitur-fitur canggih

Tipe smartwatch cocok untuk Anda yang mementingkan kecanggihan fitur dari jam tangan untuk mendaki gunung. Tipe ini dilengkapi touchscreen sehingga bisa Anda operasikan dengan lebih mudah. Selain itu, layarnya yang colorful bisa meningkatkan visibilitas untuk membantu Anda membaca informasi pada jam tangan. Desainnya yang keren juga cocok untuk pemakaian sehari-hari.


Ada beberapa smartwatch yang fiturnya dapat diatur dengan cara mengunduh aplikasinya. Anda dapat memasukkan aplikasi yang dibutuhkan sesuai dengan rencana dan cuaca pendakian. Jadi, Anda lebih menghemat penggunaan daya jam pada saat mendaki gunung.


Sayangnya smartwatch kurang cocok untuk pendakian selama berhari-hari. Tak heran bila teknologi penggunaan dayanya terus ditingkatkan, seperti mode hemat daya dan catu daya dengan tenaga surya. Beberapa produk juga dilengkapi mode untuk memperpanjang battery life. Karena itu, periksa ketahanan dayanya apabila Anda ingin menggunakan smartwatch untuk mendaki gunung.

② Tentukan fitur jam tangan yang Anda inginkan

Setiap jam tangan untuk mendaki gunung memiliki fitur andalan masing-masing. Untuk poin ini, kami akan memecah fitur-fitur jam tangan berdasarkan fungsinya. Simaklah dengan saksama dan tentukan jam tangan dengan fitur yang Anda butuhkan.

Fitur lokasi, melacak posisi saat mendaki jadi lebih mudah

Fitur lokasi, melacak posisi saat mendaki jadi lebih mudah

Ada beberapa fitur dari jam tangan untuk mengetahui lokasi dan menjadi navigasi saat mendaki. Dengan fitur ini, Anda dapat mengetahui posisi secara real time. Fitur-fitur tersebut adalah altimeter, GPS, kompas, dan sunrise/sunset. Simak uraiannya berikut.


  • Altimeter: mengetahui posisi ketinggian Anda saat naik gunung
  • GPS: untuk tracking jalur yang dilalui sehingga Anda tidak salah arah saat turun
  • Kompas digital: memahami posisi dan arah yang harus Anda tuju
  • Sunrise/sunset: menunjukkan posisi matahari terbit dan terbenam serta estimasi waktunya

Fungsi dasar GPS, altimeter, kompas digital, dan sunrise/sunset bisa digunakan sebagai pelengkap dari peta cetak/topografi yang dibawa serta. Hal ini jika fitur peta digital tidak terintegrasi pada jam tangan.

Fitur situasi, memantau kondisi alam agar selalu waspada

Fitur situasi, memantau kondisi alam agar selalu waspada

Jam tangan untuk mendaki gunung juga mempunyai fitur yang menampilkan kondisi pendakian Anda. Barometer, termometer, weather info, dan storm alarm adalah beberapa di antaranya. Pastikan produknya memiliki fitur yang Anda butuhkan.


  • Barometer: mengetahui tekanan udara di sekitar Anda
  • Termometer: menunjukkan suhu udara di gunung
  • Weather info dan storm alarm: menampilkan kondisi cuaca dan memberikan peringatan ketika akan ada badai

Fitur barometer dan suhu diperlukan untuk kegiatan outdoor yang kondisi alamnya cenderung berubah dengan cepat, seperti di gunung-gunung tinggi. Tekanan udara (dan suhu) yang cepat menurun biasanya menunjukkan kemungkinan terjadinya cuaca buruk atau badai. Dengan adanya fungsi barometer, Anda dapat memprakirakan perubahan cuaca yang terjadi pada suatu lokasi.

Fitur lainnya, menunjang penggunaan jam tangan untuk berbagai kebutuhan

Fitur lainnya, menunjang penggunaan jam tangan untuk berbagai kebutuhan

Anda mungkin tak ingin melewatkan fitur dasar pada jam tangan, seperti kalender, alarm, dan stopwatch. Smartwatch bahkan bisa dilengkapi sport mode untuk Anda yang senang berolahraga. Progress dari aktivitas Anda dapat dilihat pada produknya. Ada juga fitur pemantauan, seperti tracking langkah, merekam detak jantung, hingga penghitung kalori.


Beberapa jam tangan premium saat ini sudah ada yang dilengkapi perangkat untuk berhubungan langsung dengan satelit-satelit international. Dengan biaya langganan tambahan, Anda dapat mengirim pesan darurat (SOS) koordinat lokasi hingga pesan singkat (SMS).

③ Pertimbangkan jam tangan yang tangguh dan kedap air

Pertimbangkan jam tangan yang tangguh dan kedap air
Untuk mendaki gunung, pilihlah jam tangan yang tangguh dan water-resistant. Jam yang kukuh dan kedap air tidak akan mudah rusak saat hujan deras atau saat Anda terjatuh. Apabila jam yang dikenakan mudah rusak, Anda bisa kehilangan petunjuk posisi dan rute pendakian


Pilihlah jam tangan untuk mendaki gunung dengan ketahanan air di atas level 10 atm (atmosphere pressure). Level ini mampu menahan tekanan air setara 100 meter dalam kondisi statis atau tidak bergerak. Anda tetap bisa menggunakan jam pada saat hujan atau saat mencuci tangan di sungai. 


Jangan gunakan jam tangan dengan 10 atm untuk kebutuhan menyelam, seperti diving. Apabila Anda ingin melakukan penyelaman, pilih jam tangan dengan ketahanan air minimal 20 atm. Namun, harga jam tangan 20 atm biasanya cukup tinggi.


Selain ketahanan tekanan atmosfir, jam tangan outdoor juga ada yang dirancang khusus untuk suhu yang membeku. Ketahanan ini biasanya dibutuhkan untuk pendakian gunung yang sangat tinggi.

④ Periksa metode catu daya jam tangan

Periksa metode catu daya jam tangan

Terakhir, Anda perlu memeriksa metode catu daya jam tangan yang hendak dibeli. Secara umum ada tiga jenis sumber daya pada jam tangan untuk naik gunung, yakni baterai, solar, dan rechargeable battery. Mari simak pembahasannya di bawah ini.


  • Baterai 

Jam tangan untuk mendaki gunung dengan baterai umumnya tahan guncangan dan tidak memerlukan perawatan harian. Dayanya juga bertahan lama. Beberapa produk dapat menyala hingga bertahun-tahun. Namun, proses penggantian baterainya cukup sulit saat dayanya habis. Diperlukan ahli jam untuk menggantinya.


  • Solar system

Jam tangan ini lebih aman untuk pendakian karena dayanya berasal dari sinar matahari. Namun, jenis ini tidak dapat digunakan terlalu lama di tempat yang minim cahaya matahari. Saat tidak dipakai, disarankan untuk menyimpannya di tempat yang terkena cahaya matahari. Jam tangan dengan tenaga baterai atau tenaga surya disarankan untuk kegiatan outdoor yang memerlukan waktu perjalanan beberapa hari.


  • Rechargeable battery

Smartwatch biasanya menggunakan rechargeable battery. Jenis ini bisa dipakai untuk pendakian dalam waktu pendek, tetapi kurang cocok untuk pendakian dalam waktu panjang. Anda butuh daya listrik dan perangkat charging untuk mengisi ulang dayanya. Sebaiknya, Anda tidak lupa memeriksa battery life dari jam tangan sebelum mendaki gunung.

10 Rekomendasi jam tangan terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam tangan terbaik untuk mendaki gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Amazfit

T-Rex Pro

Amazfit T-Rex Pro 1枚目

Sangat kukuh dengan standar militer, tetap aman di kondisi ekstrem sekalipun

2

HONOR

Watch GS Pro

HONOR  Watch GS Pro 1枚目

Smartwatch yang kaya akan fitur, teman beragam aktivitas

3

Arei

Ultra

Arei Ultra 1枚目

Compact dan ekonomis untuk penggunaan sehari-hari

4

Eiger

Mercury

Eiger Mercury 1枚目

Makin hemat bujet dengan adanya strap tambahan

5

Digitec

DS-8100T

Digitec DS-8100T 1枚目

Budget-friendly, lengkap dengan banyak fitur mendaki

6

Suunto

Core All Black

Suunto Core All Black 1枚目

Desain trendi yang cocok digunakan pria dan wanita

7

Consina

WH-1605

Consina WH-1605 1枚目

Jam tangan perempuan dengan desain yang simpel

8

COROS

PACE 2

COROS  PACE 2 1枚目

Bobotnya yang ringan tak jadi beban untuk tangan

9

Garmin

Instinct Solar

Garmin  Instinct Solar  1枚目

Baterai lebih tahan lama karena mendukung solar system

10

CASIO

Pro Trek

CASIO Pro Trek 1枚目

Baterai tahan lama, bisa digunakan hingga 2 tahun

Perincian produk
Close
No.1

Sangat kukuh dengan standar militer, tetap aman di kondisi ekstrem sekalipun

Kelebihan:

  • Dapat mencatat heart rate dan kadar oksigen dalam tubuh saat mendaki

  • Daya tahan baterai sangat mumpuni


Kekurangan:

  • Dukungan aplikasi pihak ketiga masih sedikit


Jika Anda sering berpetualang ke tempat-tempat dengan kondisi yang ekstrem, inilah jam tangan gunung terbaik untuk dipilih. Amazfit T-Rex Pro memiliki tingkat kekukuhan yang didesain untuk para petualang. Produk ini lulus 15 tes tingkat militer sehingga kekukuhannya sudah terbukti. Anda dapat menggunakannya di gurun yang panas, hutan tropis, lautan, hingga daerah salju yang dingin.


Meski termasuk smartwatch, dayanya tahan lama. Baterainya bisa bertahan hingga 18 hari. Bepergian berhari-hari menggunakan jam tangan outdoor ini tidak akan jadi masalah. Amazfit memang lebih mengkhususkan produk-produknya pada jam tangan pintar serta perangkat monitor kesehatan. Produknya yang satu ini tepat untuk menjadi perangkat perjalanan Anda.

No.2

Smartwatch yang kaya akan fitur, teman beragam aktivitas

Kelebihan:

  • Desain jam tangan solid dan kuat
  • Konsumsi daya irit, baterai tahan lebih lama

Kekurangan:

  • Dukungan aplikasi pihak ketiga masih sedikit

          Lini produk HONOR beragam dengan fitur-fitur yang mumpuni untuk mendukung kegiatan outdoor Anda. Kualitas serta ketahanannya tidak perlu diragukan. HONOR Watch GS Pro adalah smartwatch dengan fitur yang komplet. Produk ini dilengkapi altimeter, barometer, GPS, peringatan badai, info sunrise/sunset, hingga info cuaca. Fitur-fitur tersebut akan sangat berguna saat Anda mendaki gunung.


          Jam tangan gunung ini juga mempunyai fitur-fitur yang menunjang kesehatan Anda. Mode olahraga, step tracking, heart rate tracking, dan penghitung kalori yang terbakar akan berguna saat Anda beraktivitas. Produk ini merupakan jam tangan outdoor terbaik untuk Anda yang ingin mengetahui kondisi tubuh lebih dalam.

          No.3

          Compact dan ekonomis untuk penggunaan sehari-hari

          Kelebihan:

          • Mudah dipakai karena sudah menggunakan sistem sentuh

          Kekurangan:

          • Strap tidak bisa diganti

          Untuk penggunaan sehari-hari, Anda tidak perlu menggunakan jam tangan gunung dengan banyak fitur. Jika Anda mencari jenis tersebut, kami menyarankan Arei Ultra. Ukurannya sangat compact sehingga nyaman di tangan Anda. Tidak hanya itu, produk ini sudah mendukung touchscreen sehingga mudah dioperasikan.


          Produk ini merupakan jam tangan outdoor untuk aktivitas yang tidak terlalu berat. Anda dapat menggunakannya untuk mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi atau sekadar trekking ringan. Fitur layar sentuh produk ini juga bisa menjadi pertimbangan utama untuk Anda yang ingin tampil lebih gaya.

          No.4

          Makin hemat bujet dengan adanya strap tambahan

          Kelebihan:

          • Fitur-fitur untuk mendaki gunung cukup lengkap
          • Ada strap dan baterai tambahan di paket penjualan

          Kekurangan:

          • Altimeter, barometer, dan temperatur perlu dikalibrasi dahulu

          Dalam paket pembelian jam tangan outdoor Eiger ini, Anda akan mendapatkan strap dan baterai tambahan. Saat talinya putus, Anda bisa langsung menggantinya tanpa harus mengeluarkan biaya lagi. Dengan begitu, bujet perawatan jam jadi makin hemat.


          Produk ini punya fitur-fitur fungsional, seperti ramalan cuaca, altimeter, barometer, termometer, stopwatch, kompas, dan 10 atm water-resistant. Anda bisa memakainya untuk naik gunung atau sekadar melakukan aktivitas outdoor yang ringan.

          No.5

          Budget-friendly, lengkap dengan banyak fitur mendaki

          Kelebihan:

          • Harga terjangkau untuk jam tangan outdoor altimeter, barometer, dan kompas
          • Pilihan warna yang tersedia bervariasi

          Kekurangan:

          • Material plastik membuat tampilannya tidak terlihat premium

          Umumnya harga jam tangan outdoor altimeter, barometer, dan kompas cukup tinggi. Namun, tidak demikian dengan produk ini. Digitec DS-8100T memiliki harga yang budget-friendly dan sudah dilengkapi fitur-fitur tersebut. Jadi, budget untuk mendaki gunung dengan jam tangan yang bisa mengukur ketinggian dapat dipangkas.


          Dengan harga yang cukup bersahabat, bukan berarti produk Digitec ini tidak bagus. Tampilan layar yang jelas dengan ragam pilihan warna membuatnya layak dimiliki. Produk ini merupakan salah satu jam tangan adventure terbaik untuk dipilih pemula.

          No.6

          SuuntoCore All Black

          Mulai dari Rp3.482.000,00

          Desain trendi yang cocok digunakan pria dan wanita

          Kelebihan:

          • Penggunaan mudah, bahkan untuk pemula

          • Baterai bisa menyala hingga 1 tahun


          Kekurangan:

          • Tidak ada fitur GPS

          • Layar display kadang terlalu gelap sehingga sulit dilihat


          Suunto merupakan salah satu pemimpin untuk produk-produk navigasi yang mulai merambah ke lini produk jam tangan pintar. Produk ini memiliki desain yang sleek dan fashionable sehingga cocok digunakan oleh semua kalangan dalam segala situasi. Jadi, pilih produk ini apabila Anda mencari jam tangan outdoor yang cocok digunakan secara berpasangan.


          Casing jam tangan pendaki gunung ini berbahan composite, sedangkan strap-nya terbuat dari elastomer. Perpaduan keduanya membuat Suunto Core All Black makin kuat sekaligus ringan saat digunakan untuk mendaki gunung. Produk ini bisa menjadi pertimbangan utama melihat harganya yang cukup ramah. Selain berdesain elegan dan tampil tangguh, fitur-fiturnya lengkap untuk kegiatan outdoor.

          No.7

          Jam tangan perempuan dengan desain yang simpel

          Kelebihan:

          • Harga terjangkau untuk daya tahan baterai yang lama
          • Pilihan warna yang disediakan variatif


          Kekurangan:

          • Fitur-fitur untuk mendaki gunung masih terbatas

          Consina WH-1605 merupakan jam tangan outdoor wanita dengan harga terjangkau. Produk ini memiliki ukuran yang kecil dan desain yang stylish. Pilihan warna jam tangan gunung Consina ini juga beragam. Jika Anda suka warna-warna feminin, pilihlah warna merah mudah, biru, hijau, dan putih. Sementara itu, warna ungu dan hitam bisa dipilih untuk Anda yang suka warna-warna lebih gelap.

          No.8

          Bobotnya yang ringan tak jadi beban untuk tangan

          Kelebihan:

          • Satellite positioning sangat akurat

          • Tampilan sangat jelas karena display sudah hi-res


          Kekurangan:

          • Layar terlalu gelap jika tidak menggunakan backlight


          Anda butuh rekomendasi jam tangan outdoor yang ringan? Jika iya, produk ini bisa menjadi solusinya. COROS Pace 2 diklaim memiliki bobot yang ringan sehingga tidak mengganggu kenyamanan tangan. Memakainya untuk berlari atau perjalanan panjang akan tetap nyaman.


          Sekalipun tergolong "pendatang baru" dalam dunia jam tangan pintar, produk COROS tidak kalah dari merek lainnya. Tipe ini hadir dengan fitur kegiatan outdoor yang cukup lengkap dan harga yang sesuai dengan kualitas. Jam tangan untuk naik gunung ini bahkan dilengkapi night mode. Tampilannya tetap akan jelas saat Anda mendaki pada malam hari.

          No.9

          Garmin Instinct Solar

          Mulai dari Rp5.999.000,00

          Baterai lebih tahan lama karena mendukung solar system

          Kelebihan:

          • Interface jam tangan bagus dan mudah dipahami

          • Tersedia beragam mode olahraga


          Kekurangan:

          • Display jam tangannya masih hitam putih


          Garmin kini lebih mengkhususkan produk-produknya pada jam tangan setelah sebelumnya menyediakan berbagai model perangkat GPS. Seperti namanya, Garmin Instinct Solar didukung sistem catu daya dari sinar matahari.


          Jam tangan untuk mendaki gunung ini juga memiliki mode olahraga yang lengkap. Bahkan ada mode triathlon untuk Anda yang suka lari, bersepeda, dan berenang. Dengan fitur yang beragam, daya baterainya terbilang cukup kuat. Produk ini adalah jam tangan outdoor terbaik untuk Anda yang melakukan pendakian lebih dari 3 hari.

          No.10

          CASIOPro TrekPRT-B50FE-3DR

          Mulai dari Rp4.699.000,00

          Baterai tahan lama, bisa digunakan hingga 2 tahun

          Kelebihan:

          • Fitur-fitur untuk mendaki gunungnya lengkap

          Kekurangan:

          • Ukurannya cukup besar, kurang cocok untuk yang bertangan kecil

          Casio dengan lini produk Pro Trek sudah berkecimpung lama dalam produksi jam tangan outdoor. Produknya tersedia dalam pilihan fungsi mendasar sampai fungsi penuh. Salah satu keunggulan Casio Pro Trek PRT-B50FE-3DR adalah dibekali baterai yang dayanya cukup untuk penggunaan hingga 2 tahun. Tentunya Anda tidak perlu ragu kehabisan daya, sekalipun sampai beberapa bulan perjalanan.


          Dilengkapi teknologi MAXIFRESH, tali jam tangan pendaki gunung ini tidak akan bau apak meski dikenakan dalam segala kondisi. Hal ini karena teknologinya mampu menetralkan molekul penyebab bau dengan sempurna. Bukankah ini kabar menarik bagi Anda yang kerap merasa terganggu dengan aroma apak tali jam?

          Baca juga rekomendasi peralatan untuk mendaki gunung lainnya di sini

          Ada beberapa peralatan yang harus dibawa Jika Anda hendak naik gunung, seperti trekking pole, kompor camping, dan tenda. Apakah Anda belum memiliki alat-alat tersebut? Sebelum membeli, silakan temukan rekomendasi produknya di bawah ini!

          Kesimpulan

          Dengan menggunakan jam tangan untuk naik gunung, pendakian Anda akan makin aman dan menyenangkan. Selain menjadi penunjuk waktu, jam tangan gunung mempunyai beberapa fitur khusus, seperti altimeter, barometer, dan GPS.

          Apabila memilih produk yang modis dengan fitur lengkap, Anda dapat memakainya pada kegiatan sehari-hari selain mendaki gunung. Yuk, segera miliki jam tangan outdoor terbaik dan lakukan pendakian ke gunung yang Anda inginkan!
          Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
          Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

          Artikel terkait

          Artikel populer

          Favlist populer