10 Rekomendasi USB Flash Drive OTG Terbaik untuk Memindahkan Data dan Menyimpan File (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik untuk Memindahkan Data dan Menyimpan File (Terbaru Tahun 2018)

USB flash drive OTG (on-the-go) memiliki kapasitas penyimpanan besar dan ukuran kecil sehingga mudah untuk Anda bawa ke mana pun. Tidak hanya itu, USB flash drive OTG juga cocok Anda gunakan untuk memindahkan file lagu, video, gambar, atau file lainnya dari komputer langsung ke gadget Anda.

Namun, dengan banyaknya jenis USB flash drive OTG dengan berbagai keistimewaannya malah mungkin membuat Anda kebingungan saat hendak membelinya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi USB flash drive OTG terbaik untuk memindahkan data dan menyimpan file. Pilihlah produk yang paling Anda sukai, ya!

Daftar isi

Cara memilih USB flash drive OTG untuk memindahkan data dan menyimpan file

Saat memilih USB flash drive OTG, Anda harus memperhatikan tipe USB port-nya. Hal tersebut sangat penting karena terdapat beberapa jenis USB port.

Selain itu, Anda pun harus mengetahui kecepatan transfer serta kapasitas penyimpanan dari flash drive yang hendak Anda beli. Anda tidak akan membuang banyak waktu bila memindahkan data menggunakan flash drive yang kecepatan transfernya tinggi. Kemudian, bila kapasitas penyimpanannya cukup besar, Anda bisa menyimpan banyak file tanpa perlu mengkhawatirkan sisa space yang masih tersedia.

Anda juga harus memperhatikan apakah flash drive tersebut mempunyai pelindung agar tidak mudah rusak. Desainnya juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Tentu Anda akan semakin senang membawa flash drive yang desainnya Anda sukai, bukan?

Pilihlah berdasarkan tipe USB port-nya

Pilihlah berdasarkan tipe USB port-nya

Bila gadget yang Anda miliki kebanyakan memiliki port USB tipe C, Anda juga sebaiknya membeli flash drive yang memiliki port USB tipe C.

Bila Anda sering memindahkan data dari komputer ke perangkat Android, Anda dapat memilih produk yang memiliki port jenis USB micro B dan USB tipe A. Bila Anda memiliki produk keluaran Apple, Anda harus memilih produk yang memiliki USB port jenis lightning.

Pilihlah USB 3.0 untuk proses pemindahan data yang lebih cepat

Pilihlah USB 3.0 untuk proses pemindahan data yang lebih cepat

Saat memilih flash drive, Anda harus mengetahui kecepatan transfer/pemindahan datanya. Flash drive yang sudah termasuk kategori USB 3.0 lebih direkomendasikan karena mampu memindahkan data lebih cepat dibanding 2.0.

Apalagi, USB 3.0 dapat digunakan juga pada komputer atau laptop baik dengan USB port 2.0 maupun 3.0. Meski begitu, bila Anda memasukkan flash drive tipe USB 3.0 ke port 2.0, kecepatan pemindahan datanya akan menurun menjadi secepat USB 2.0 saja.

Adapun kecepatan pemindahan data secara berturut-turut adalah seperti berikut: USB 1.1 kecepatannya 12 megabit per detik, USB 2.0 kecepatannya 4.080 megabit per detik, USB 3.0 kecepatannya mencapai 5 gigabit per detik, dan USB 3.1 kecepatannya bisa mencapai 10 gigabit per detik.

Penting untuk diingat, kecepatan maksimum tersebut hanya bisa dicapai bila piranti lunak maupun piranti keras pada gadget dan komputer Anda juga mendukung. Jadi, jangan kaget bila ternyata kecepatan maksimum tersebut jarang tercapai, ya!

Kapasitas penyimpanan 64 GB atau 128 GB sudah mencukupi

Kapasitas penyimpanan 64 GB atau 128 GB sudah mencukupi

Salah satu poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli flash drive adalah kapasitas penyimpanannya. Bila kapasitasnya terlalu kecil, Anda tidak akan bisa leluasa menyimpan  file yang Anda inginkan. Namun, bukan berarti Anda harus membeli flash drive berkapasitas 256 GB maupun yang berkapastitas lebih besar karena sebenarnya kapasitas 64 GB atau 128 GB saja juga sudah mencukupi untuk pemakaian wajar.

Pilihlah yang desainnya Anda sukai

Pilihlah yang desainnya Anda sukai

Ketika mencari flash drive, Anda akan menemukan berbagai produk dengan desain, mulai dari yang biasa hingga yang unik atau trendi. Anda bisa memilih produk berukuran kecil dengan desain yang Anda sukai agar Anda semakin menikmati saat-saat menggunakannya.

Pilihlah produk yang memiliki fitur tambahan

Pilihlah produk yang memiliki fitur tambahan

Fitur utama dari flash drive adalah kemampuannya untuk terkoneksi dengan gadget dan komputer. Anda bisa memastikan kompatibilitasnya dengan cara mengeceknya di manual penggunaan atau situs resmi produsen flash drive tersebut.

Selain fitur utama tersebut, sebaiknya Anda memilih flash drive yang memiliki fitur tambahan seperti waterproof, dustproof, atau shockproof. Meski di Indonesia masih jarang ditemui, ada juga flash drive yang sudah dilengkapi dengan password sebagai sistem keamanan tambahan untuk mencegah flash drive Anda dibuka atau digunakan oleh orang yang tidak berkepentingan.

10 Rekomendasi USB flash drive OTG terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi flash drive OTG terbaik untuk memindahkan data dan menyimpan file. Meskipun semuanya merupakan produk berkualitas, pesifikasi dan fitur masing-masing produk berbeda satu sama lain. Jadi, pilihlah produk yang paling Anda sukai, ya!

10. SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0

10. SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.900

Harga terjangkau plus data transfer speed yang tinggi, tunggu apa lagi?

Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, tetapi membutuhkan flash drive dengan data transfer speed yang tinggi, produk ini adalah jawaban tepat. USB 3.0 ini mampu memindahkan data Anda dengan kecepatan mencapai 150 MB per detik. Sangat cepat! Ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau, tentu Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk ini.

Memiliki port USB tipe A dan port USB micro B, Anda tidak akan kesulitan untuk menggunakan produk ini pada komputer maupun perangkat Android Anda. Kedua port-nya juga aman terlindungi karena bisa Anda masukkan full ke dalam casing-nya. Selain itu, Anda bisa menyimpan cukup banyak file dalam flash drive ini karena kapasitas penyimpanannya mencapai 32 GB.

9. Team M132 OTG USB Flash Drive

9. Team M132 OTG USB Flash Drive

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 370.000

Bodi semakin kuat dengan casing aluminium

Berdimensi 3,7 x 1,2 x 0,4 cm, produk ini berukuran compact dan mudah untuk Anda bawa. Adanya lubang kecil di dekat penutup port juga akan semakin memudahkan Anda untuk menggantungkannya di tas, handphone, atau tempat lainnya. Dengan kapasitas 64 GB, USB 3.0 ini cocok Anda gunakan untuk menyimpan baik file penting tentang pekerjaan maupun film favorit.

Dengan casing berbahan aluminium, produk ini cukup kuat dan tidak mudah rusak untuk pemakaian sehari-hari. Ditambah dengan penutup berwarna hitam yang berfungsi untuk menjaga port-nya dari guncangan dan debu, flash drive ini menjadi semakin awet. Bila Anda mencari flash drive yang kuat dan mudah dibawa, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik.

8. Addlink T50 OTG Flash Drive

8. Addlink T50 OTG Flash Drive

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 249.000

Bobotnya hanya 4 gram, sangat ringan, ya!

Memiliki bobot hanya 4 gram, flash drive yang satu ini begitu mini dan ringan. Meski ukurannya mungil, Anda tidak perlu khawatir produk ini mudah hilang karena produk ini memiliki casing berwarna terang yang terlihat sangat eyecatching. Bila Anda menginginkan flash drive yang ringan, tetapi tidak mudah hilang, produk ini wajib dimasukkan ke dalam daftar belanja Anda.

Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 32 GB, cukup banyak data yang dapat Anda simpan di dalam flash drive ini. Memiliki 2 port, Anda dapat menghubungkan produk ini dengan komputer melalui port USB tipe A-nya dan menghubungkan ke smartphone Anda melalui port USB micro B. Meski begitu, Anda harus lebih bersabar saat memindahkan data karena produk ini masih USB 2.0.

7. Kingston DataTraveler microDuo 3C

7. Kingston DataTraveler microDuo 3C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 259.000

Ukuran mini, kualitas mumpuni

Bila Anda mencari flash drive berukuran mini dengan kualitas jempolan, produk inilah jawabannya. Ukuran produk ini hanya 2,9 x 1,6 x 0,8 cm, bahkan mungkin lebih kecil dari jempol Anda! Dengan kecepatan pemindahan data mencapai 100 MB per detik, kualitas mumpuni USB 3.1 ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Kemudian, Anda akan menemukan port USB tipe A dan port USB tipe C pada produk ini. Karena ukurannya yang mini, SanDisk melengkapi produk ini dengan pelindung berbahan plastik transparan agar masing-masing port-nya terlindungi. Dengan kapasitas mencapai 32 GB, produk ini tentu cocok Anda gunakan untuk menyimpan file-file penting Anda.

6. SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

6. SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 279.000

Kecepatan transfer datanya bisa mencapai 150 MB per detik, lho!

Memiliki port USB tipe A dan port USB micro B, produk ini sangat cocok untuk Anda gunakan pada smartphone Android Anda. Dilapisi dengan casing transparan, produk ini terlihat menawan. Casing-nya tidak hanya menawan, tetapi juga fungsional karena Anda dapat memasukkan kedua port-nya ke dalam casing tersebut agar semakin aman.

Bila Anda mencari flash drive yang dapat memindahkan data dengan cepat, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik. Produk ini mampu memindahkan data Anda sebanyak 150 MB per detik. Mantap, ya! Dengan kecepatan pemindahan data seperti itu, tidak aneh bila banyak yang menginginkan flash drive berkapasitas 64 GB ini, bukan?

5. SanDisk iXpand Mini Flash Drive for iPhone and iPad

5. SanDisk iXpand Mini Flash Drive for iPhone and iPad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 620.000

Amankan seluruh foto dan video dengan Automatic Camera Roll Backup

Dilengkapi dengan port tipe lightning dan port USB tipe A, produk ini adalah jodohnya gadget keluaran Apple milik Anda. USB 3.0 ini mampu memindahkan data dengan kecepatan mencapai 90 MB per detik. Dengan kecepatan seperti itu, tentu Anda hanya membutuhkan waktu sebentar saja untuk memindahkan data dari komputer ke flash drive berkapasitas 64 GB ini.

Ketika Anda mengaktifkan fitur Automatic Camera Roll Backup, setiap kali terkoneksi dengan iPhone atau iPad secara otomatis produk ini akan melakukan backup terhadap seluruh file foto dan video yang ada. Bila Anda ingin seluruh foto dan video di dalam gadget Anda aman tersimpan tanpa ada satupun yang hilang, produk ini wajib Anda miliki.

4. PQI Connect 303 Lucky Cat

4. PQI Connect 303 Lucky Cat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Tampilan anti-mainstream dengan desain kucing imut yang menggemaskan

Untuk Anda yang menginginkan USB flash drive OTG berdesain imut, produk ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Dengan tema desain lucky cat, cover produk ini berbentuk kepala kucing yang sedang tersenyum dan terlihat sangat menggemaskan. Bila Anda kurang suka dengan warna kuning, Anda bisa memilih warna biru atau merah yang tentunya tidak kalah menggemaskan!

Dengan kapasitas penyimpanan sebesar 32 GB, Anda bisa menyimpan cukup banyak data di dalam flash drive ini. Proses pemindahan datanya pun cepat dan tidak akan menyita banyak waktu Anda karena produk ini sudah USB 3.0. Memiliki dimensi 2,55 x 4,17 x 1,25 cm, produk ini juga cocok untuk Anda jadikan sebagai gantungan handphone, lho!

3. SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

3. SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Jelas ngebut banget transfer datanya, kan sudah USB 3.1!

Bila Anda tidak sabaran ketika harus menunggu transfer data yang lumayan menyita waktu, produk ini adalah opsi terbaik untuk Anda. Sudah berteknologi USB 3.1, produk ini mampu memindahkan data Anda dengan sangat cepat. Dengan kapasitas penyimpanan 32 GB, tentu Anda tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk mengisi flash drive ini dengan data yang Anda mau.

Menggunakan sistem dual connector, Anda akan mendapati 2 port pada produk ini, yakni USB tipe C dan USB tipe A. Tentu sangat cocok untuk Anda gunakan memindahkan data dari komputer ke gadget Anda yang masih menggunakan port USB tipe C. Agar produk lebih awet dan terlindungi, Anda juga bisa memasukkan kedua port tersebut ke dalam casing-nya.

2. SanDisk iXpand Flash Drive for iPhone And iPad

2. SanDisk iXpand Flash Drive for iPhone And iPad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.002.500

Unik dengan performa tinggi! Flash drive OTG plus lightning connector elastis

Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk memindahkan data karena produk ini sudah berteknologi USB 3.0. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB, tentu tersedia banyak space untuk menyimpan film maupun video favorit Anda. Dengan dimensi 1,3 x 1,7 x 5,9 cm dan bodi ramping, produk ini begitu mudah untuk diselipkan ke dalam saku baju atau celana Anda.

Bila Anda mencari flash drive OTG berdesain unik yang kompatibel dengan iPhone maupun iPad Anda, produk ini layak dipertimbangkan. Lightning connector-nya elastis dan dibuat melengkung sehingga terlihat unik dan khas. Saat tidak digunakan, Anda bisa memasukan ujung lightning connector ke dalam lubang yang tersedia di tengah bodi flash drive agar lebih terlindungi.

1. Samsung USB 3.0 Flash Drive DUO 128GB MUF-128CB/AM

1. Samsung USB 3.0 Flash Drive DUO 128GB MUF-128CB/AM 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 525.000

Sangat awet! 5 Proof Technology yang mengagumkan

Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB, Anda bisa menyimpan banyak data menggunakan produk ini. USB 3.0 ini dapat Anda hubungkan dengan komputer atau laptop serta gadget Anda melalui port USB tipe A dan port USB micro B yang tersedia. Dibuat menggunakan bahan metal, produk ini menjadi tidak mudah rusak.

Produk ini juga sudah menggunakan 5 Proof Technology sehingga membuatnya semakin kuat dan sangat awet. Dengan adanya teknologi tersebut, flash drive ini menjadi waterproof, shockproof, temp proof, magnetic proof, dan x-ray proof. Luar biasa, bukan? Bila Anda membutuhkan flash drive berkapasitas besar yang super tangguh, produk ini adalah jawaban mutlak.

Kesimpulan

Untuk penggunaan jangka panjang, pilihlah USB flash drive OTG yang memiliki fitur shockproof, waterproof, dustproof, dan fitur sejenis lainnya agar semakin awet. Yang tidak kalah penting, pilihlah USB flash drive OTG berukuran compact dengan desain yang paling Anda sukai agar Anda semakin betah menggunakannya.

Semoga rekomendasi kami membantu Anda dalam memilih produk yang tepat