• 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jemuran handuk sangat fungsional untuk menjemur handuk, baik handuk yang sedikit basah atau yang akan digunakan lagi. Anda akan menemukan begitu banyak jemuran handuk yang berbeda desain, bentuk, dan harga beredar di pasaran. Tentunya Anda harus memilih produk yang pas karena jemuran handuk sering kali boros tempat.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi jemuran handuk yang bagus. Anda akan menemukan beragam produk berkualitas dengan keunggulan tersendiri dalam artikel ini. Mau pilih produk dari merek IKEA, Informa, atau Liveo? Pilihlah yang sesuai dengan selera dan bujet Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih jemuran handuk

Jemuran handuk memakan cukup banyak tempat sehingga sebaiknya Anda tidak salah memilih. Berikut akan kami ulas terlebih dahulu beberapa poin penting dalam memilih jemuran handuk yang tepat. Silakan disimak!

Periksa material jemuran handuk

Pertama-tama, Anda perlu memeriksa material dari jemuran handuk yang akan dipilih. Di pasaran ada cukup banyak material yang sering digunakan untuk membuat jemuran handuk. Beberapa di antaranya yakni besi, stainless steel, aluminium, serta kayu dan plastik. Lebih lengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini.

Besi: Ketahanannya mumpuni, tampilannya modern

Dibanding dengan material lainnya, jemuran handuk yang terbuat dari besi memiliki ketahanan yang lebih kuat dan juga kukuh. Selain itu, tak akan ada rayap, kuman, dan bakteri yang berani hinggap di jemuran Anda!


Tampilan yang dihadirkan dari jemuran handuk berbahan besi pun tampak lebih modern. Dengan demikian, produk ini sangat pas diletakkan di rumah bergaya kontemporer. Namun sayangnya, produk berbahan besi tergolong berat. Jadi, jemuran handuk berbahan besi yang tidak memiliki roda tentu akan lebih merepotkan jika sering dipindahkan.

Aluminium: Mudah perawatannya dan tahan karat

Aluminium: Mudah perawatannya dan tahan karat

Jika Anda mengincar jemuran handuk dengan harga ekonomis, tetapi kualitasnya tidak murahan, produk berbahan alumunium adalah pilihan yang tepat. Berbeda dengan besi, jemuran handuk yang terbuat dari aluminium cenderung lebih ringan. 


Selain perawatannya juga lebih mudah, jemuran handuk aluminium juga tahan terhadap korosi sehingga lebih awet. Di sisi lain, karena produk ini rentan terhadap benturan dan goresan, Anda harus berhati-hati ketika memindahkannya. 

Stainless steel: Tawarkan desain yang beragam

Jemuran handuk yang dibuat dari material stainless steel terbilang paling banyak di pasaran. Desainnya pun lebih beragam, ada yang bisa dilipat ataupun dipasang di dinding. Dengan demikian, Anda jadi lebih leluasa memilih produk yang sesuai dengan selera.


Stainless steel memiliki karakteristik yang kuat dan tahan lama. Sama seperti produk berbahan aluminium, stainless steel juga mudah dibersihkan. Alasannya, karena material ini mempunyai sifat isolator sehingga tidak mudah ditempeli bakteri ataupun bahan lainnya. Dari semua kelebihan tersebut, wajar jika jemuran handuk berbahan stainless steel lebih mahal.

Kayu dan plastik: Mampu memberikan sentuhan yang lebih memikat

Kebanyakan produk yang ada di pasaran menggunakan bahan kayu sebagai aksen tambahan untuk mempermanis tampilan. Ada juga produk yang penyangganya dibuat dari medium density fiberboard (MDF). 


MDF merupakan jenis kayu olahan dengan kepadatan medium yang tidak mudah patah. Material kayu jarang dijadikan sebagai bahan utama karena mudah keropos jika digunakan untuk meletakkan handuk yang basah.


Sama seperti material kayu, plastik juga terbilang kurang kukuh untuk menampung banyak handuk yang basah. Karena itu, rata-rata bahan plastik digunakan sebagai aksen di bagian pinggir jemuran. Ada yang memiliki warna senada dengan bahan utamanya dan ada juga yang menggunakan plastik berwarna kontras.

Sesuaikan ukurannya dengan jumlah handuk yang digantung

Sebaiknya, Anda menggantung handuk pada batang jemuran tidak terlalu berdekatan. Jika jarak antar batang jemuran terlalu sempit, handuk akan lama keringnya. Hal tersebut penting terutama untuk Anda yang memiliki banyak anggota keluarga dan menjemur banyak handuk. Untuk membuat sirkulasi udara lancar, idealnya jarak antar rak atau batang jemuran, yakni ±7 cm.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan tinggi jemuran handuk yang akan dibeli. Untuk handuk dengan ukuran kecil dan standar, pilihlah jemuran dengan tinggi minimal ±80 cm. 


Sementara itu, Anda bisa memilih produk dengan tinggi lebih dari 80 cm untuk handuk berukuran besar. Jangan sampai saat menjemur handuk besar, ketinggian jemurannya tidak mencukupi sehingga handuk malah menyentuh lantai. Jadi, pilihlah jemuran handuk yang ukurannya sesuai dengan handuk Anda, ya!

Pilihlah desain yang ergonomis

Poin ketiga yang tidak boleh Anda abaikan adalah memilih produk dengan desain yang ergonomis. Agar makin nyaman, Anda bisa memilih produk yang penyimpanannya mudah ataupun produk dengan desain yang membuat handuk cepat kering.

Pastikan kemudahan penyimpanannya

Jika ruangan Anda luas, mungkin tidak masalah membentangkan jemuran handuk begitu saja meski tidak ada handuk yang dijemur. Namun, tentu tidak demikian halnya jika area yang tersedia terbatas. Untuk mengatasinya, pilih saja jemuran handuk yang ramping. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk yang bisa dilipat. Dengan begitu, ruangan pun terkesan lebih rapi dan lega.

Meskipun lebih ramping ketika dilipat, Anda tetap perlu memperhatikan ukurannya. Sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu ukurannya secara keseluruhan, baik sebelum maupun sesudah dilipat. Pilihlah produk yang ukurannya sesuai dengan area tempat Anda akan menyimpannya, ya.

Cek kemudahan ketika dipindahkan

Jemuran handuk kadang-kadang dapat terasa menghalangi jalan jika diletakkan di lokasi yang kurang pas dalam ruangan. Apabila ruangannya tidak terlalu besar, pilihlah produk yang cukup ringan dan mudah dipindahkan oleh satu orang. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang sudah dilengkapi dengan roda.

Pilih produk berdasarkan stabilitasnya

Handuk mandi yang basah tentu akan berbobot berat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jemuran handuk yang kukuh, kuat, dan stabil. Ketika Anda akan membeli jemuran handuk secara online, carilah review tambahan dan hindari untuk membeli produk yang ringkih.


Di samping itu, ada juga jemuran handuk yang perlu dirakit dan dipasang untuk bisa digunakan. Produk seperti ini umumnya memiliki harga yang bersahabat. Apabila produk seperti ini dipindahkan saat ada handuk yang tergantung, komponennya cenderung mudah terlepas. 


Tentu hal tersebut tidak akan jadi masalah jika Anda hanya akan meletakkannya di satu tempat tanpa memindahkannya. Akan tetapi, jika Anda akan sering memindahkan jemuran handuk, utamakanlah kualitas daripada harga.

Pertimbangkan desain yang memudahkan handuk untuk kering

Bakteri dan kuman mudah berkembang biak di handuk yang basah dan lembap. Jika handuk mandi Anda tidak cepat kering, akan timbul bau yang tidak sedap. Untuk menghindarinya, pilihlah jemuran handuk yang jarak antar batang gantungannya luas. Jadi, sirkulasi udaranya pun tetap lancar. 


Apabila sirkulasi udaranya lancar, tentu saja handuk pun akan lebih cepat kering. Sebagai tambahan, perhatikan juga perbedaan ketinggian antar batang. Makin besar perbedaan ketinggiannya, makin mudah pula angin mengeringkan handuk.

10 Rekomendasi jemuran handuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jemuran handuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10
Ukuran85 cm x 90 cm
BobotTidak ada keterangan
BahanAluminium
Lipat
9

Informa Jemuran Handuk 3 Gantungan - Chrome

Mulai dari Rp 299.000,00

Ukuran59 cm x 26,5 cm x 82 cm
Bobot2,25 kg
BahanBesi
Lipatx
8
Ukuran80 cm x 77 cm x 30 cm
Bobot3 kg
BahanKayu MDF (medium-density fibreboard)
Lipatx
7
Ukuran134 cm × 59 cm × 93 cm
Bobot4,14 kg
BahanBaja, lapisan serbuk polietilena berpigmen
Lipat
6

Goto IndonesiaStand Hanger Double Sisi Satu Rak Dengan 4 Roda Asli Portable

Mulai dari Rp 312.500,00

UkuranTinggi: 80–155 cm・Lebar: 80・155 cm
BobotTidak ada keterangan
BahanStainless steel, plastik
Lipat
5
Ukuran146 cm x 64 cm x 145 cm
Bobot4 kg
BahanStainless steel, aluminium, ABS
Lipat
4
Ukuran65,5 cm x 47 cm x 84,5 cm
Bobot3,75 kg
BahanPolyproplyene, wire
Lipatx
3
Ukuran110 cm x 80 cm x 110 cm
BobotTidak ada keterangan
BahanStainless steel
Lipat
2

Prima Unggul Jaya SentosaLiveo Jemuran Handuk Dinding

LV-303

Mulai dari Rp 438.000,00

Ukuran77 cm x 12 cm x 14,5 cm
Bobot3 kg
Bahan100% stainless steel
Lipat
1

COOGERRak Jemuran Handuk 24 Klip

Mulai dari Rp 320.000,00

Ukuran75 cm × 75 cm × 125 cm
Bobot0,93 kg
BahanStainless steel dan plastik
Lipat

Tabel perbandingan produk jemuran handuk terbaik

Gambar produk
1
COOGER Rak Jemuran Handuk 24 Klip 1

COOGER

2
Prima Unggul Jaya Sentosa Liveo Jemuran Handuk Dinding 1

Prima Unggul Jaya Sentosa

3
Bina Karya Cleo Stainless Steel 1

Bina Karya

4
Informa Jemuran Handuk Minimalis  1

Informa

5
Oshop Neo Haus Drying Rack 8 1

Oshop

6
Goto Indonesia Stand Hanger Double Sisi Satu Rak Dengan 4 Roda Asli Portable 1

Goto Indonesia

7
IKEA FROST Jemuran 1

IKEA

8
Sakura Jemuran Handuk Portabel 1

Sakura

9
Informa  Jemuran Handuk 3 Gantungan - Chrome 1

Informa

10
Kartini  Jemuran Handuk Alumunium 1

Kartini

Nama produk

Rak Jemuran Handuk 24 Klip

Liveo Jemuran Handuk Dinding

Cleo Stainless Steel

Jemuran Handuk Minimalis

Neo Haus Drying Rack 8

Stand Hanger Double Sisi Satu Rak Dengan 4 Roda Asli Portable

FROST Jemuran

Jemuran Handuk Portabel

Jemuran Handuk 3 Gantungan - Chrome

Jemuran Handuk Alumunium

Keunggulan

Dilengkapi jepitan, menggantung handuk kecil pun makin mudah

Paling cocok dipasang di dinding kamar mandi

Mudah dilipat dan berukuran besar, andalan tiap keluarga

Terdapat tambahan rak bikin makin fungsional

Jemuran 5 tingkat untuk rumah bergaya minimalis

Ketinggian dan lebarnya mudah diubah

Atur kemiringannya sesuai kebutuhan Anda

Tawarkan tiga pilihan karakter kartun yang menggemaskan

Tampilan makin elegan dengan lapisan chrome

Berharga ekonomis, mampu menampung banyak handuk

Harga mulai dariRp 320.000,00Rp 438.000,00Rp 261.000,00Rp 329.000,00Rp 998.000,00Rp 312.500,00Rp 299.000,00Rp 81.000,00Rp 299.000,00Rp 89.500,00
Ukuran75 cm × 75 cm × 125 cm77 cm x 12 cm x 14,5 cm110 cm x 80 cm x 110 cm65,5 cm x 47 cm x 84,5 cm146 cm x 64 cm x 145 cmTinggi: 80–155 cm・Lebar: 80・155 cm134 cm × 59 cm × 93 cm80 cm x 77 cm x 30 cm59 cm x 26,5 cm x 82 cm85 cm x 90 cm
Bobot0,93 kg3 kgTidak ada keterangan3,75 kg4 kgTidak ada keterangan4,14 kg3 kg2,25 kgTidak ada keterangan
BahanStainless steel dan plastik100% stainless steelStainless steelPolyproplyene, wireStainless steel, aluminium, ABSStainless steel, plastikBaja, lapisan serbuk polietilena berpigmenKayu MDF (medium-density fibreboard) BesiAluminium
Lipatxxx
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan jemuran dan gantungan lainnya di sini

Tidak hanya jemuran handuk, gantungan baju dan gantungan handuk pun sangat bermanfaat untuk digunakan. Selain itu, jepitan jemuran dan jemuran baju juga fungsional untuk menjemur seprai, pakaian, dan sebagainya. Ketahui cara memilih dan rekomendasi terbaik seluruh produk tersebut dengan membacanya di sini, ya!

Kesimpulan

Handuk basah yang dibiarkan lama tanpa dijemur dapat menyebabkan jamur, bakteri, dan juga bau tak sedap. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan jemuran handuk.

Pastikan produk pilihan Anda stabil saat digunakan dan memiliki desain yang memungkinkan handuk kering lebih cepat. Ketahui juga ukurannya dan sesuaikan dengan jumlah dan ukuran handuk yang akan dijemur. Kemudahan penyimpanan dan memindahkannya pun penting untuk diperhatikan. Selamat memilih jemuran handuk!

Artikel terkait

  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, banyak digemari masyarakat. Namun, agar bunga tumbuh optimal, pupuk perlu disesuaikan dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari pupuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk mengetahui jawabannya, simaklah cara memilih pupuk untuk bunga dalam artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek pupuk bunga yang bagus, seperti Mutiara dan GDM. Yuk, simak informasinya dan pastikan bunga-bunga Anda bermekaran dengan indah. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keset Depan Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keset outdoor atau keset depan rumah berguna untuk menghilangkan kotoran dan debu dari alas kaki. Selain berfungsi sebagai pengesat alas kaki, kegunaan keset ini juga termasuk melengkapi interior bagian depan rumah. Jika keset tersebut serasi dengan ornamen lain seperti tanaman hias di sekitar pintu, rumah akan terlihat lebih menarik.Kali ini, kami akan membantu Anda memilih keset untuk teras rumah dan keset pintu masuk utama rumah.  Kami akan mengulas berbagai keset terbaik yang bagus dari merek IKEA, Krisbow, dan lainnya. Artikel ini pun sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di rumah Anda.Anubias barteri dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bagus untuk dipilih. Tak ketinggalan, ada tanaman merah aquascape yaitu Ludwigia sp. 'Super Red'. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa tanaman aquascape lainnya untuk mempercantik akuarium Anda. Pembahasan di artikel ini telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Mari simak informasi selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman, dahan, atau rumput, merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Alat ini juga berguna bila Anda ingin melakukan stek atau okulasi pada tanaman.Simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus untuk bunga atau pohon di taman Anda. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah, ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Merk pot bunga mana yang sebaiknya Anda pilih?Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan merk pot plastik yang bagus, antara lain IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kangkung adalah sayuran berwarna hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga fosfor. Kini, Anda bisa membudidayakan kangkung dengan membeli benihnya di toko online. Anda bisa menanam sayuran hijau ini di darat, air, ataupun menggunakan metode hidroponik.Agar hasil panen melimpah dan berkualitas unggul, telitilah saat memilih benih kangkung. Simak cara memilih dan menanam benih kangkung berikut ini! Tersedia juga rekomendasi merek benih kangkung yang bagus, seperti Cap Panah Merah, Infarm, dan Cap Kapal Terbang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Isu tentang ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas petani. Untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan (GKP) oleh Kementerian Pertanian RI, Anda bisa mulai turut serta menanam sayur di rumah. Agar mendapatkan panen melimpah di lahan terbatas, Anda membutuhkan benih yang berkualitas.Di artikel ini, kami akan membahas tentang benih sayur yang bagus dari berbagai merek. Anda akan menemukan benih sayur dari Cap Panah Merah, Know You Seed, Benihpedia, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, ketahui tips memilih benih sayur yang baik berikut ini!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, banyak digemari masyarakat. Namun, agar bunga tumbuh optimal, pupuk perlu disesuaikan dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari pupuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk mengetahui jawabannya, simaklah cara memilih pupuk untuk bunga dalam artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek pupuk bunga yang bagus, seperti Mutiara dan GDM. Yuk, simak informasinya dan pastikan bunga-bunga Anda bermekaran dengan indah. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori