1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Permen gummy memiliki tekstur yang menyenangkan untuk dikunyah. Permen gummy tidak hanya disukai anak-anak, tetapi juga digemari orang dewasa. Oleh karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa merek permen gummy terenak yang bisa Anda nikmati. Ada Yupi, Haribo, Kororo, dan lainnya.

Tiap-tiap permen gummy yang ada di rekomendasi produk memiliki rasa yang bervariasi. Ada rasa buah yang klasik, cola, dan sayuran. Anda dapat memilih permen gummy dengan rasa apa pun. Namun, sebelum Anda memilih salah satunya, simak tips memilih permen gummy yang enak berikut ini terlebih dahulu, yuk!

Diperbaharui 08-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih permen gummy

Ada berbagai jenis permen gummy yang dijual di pasaran, seperti gummy bear, gummy jelly, dan banyak lagi. Supaya Anda tidak kebingungan ketika memilih permen gummy, pastikan Anda mengecek poin-poin berikut ini ketika memilih permen gummy.

① Ketahui permen gummy berdasarkan teksturnya

Bahan dasar pembuatan permen gummy adalah gelatin. Rasio gelatin yang berbeda membuat tekstur permen gummy berbeda-beda. Ada permen gummy yang bertekstur kenyal (chewy) dan ada pula permen gummy yang teksturnya agak keras (rubbery).

Kenyal (chewy), mudah hancur saat dikunyah

Kenyal (chewy), mudah hancur saat dikunyah
Anda mungkin pernah mengonsumsi permen gummy yang bertekstur lembut dan mudah hancur ketika dikunyah. Kemungkinan jenis permen gummy tersebut mengandung banyak air atau gelatinnya diberi tambahan agar-agar.

Bahan lain yang bisa membuat permen gummy bertekstur kenyal adalah sirup jagung atau glukosa. Jadi, sirup jagung atau glukosa tidak hanya berfungsi sebagai pemanis, tetapi juga sebagai zat untuk mencegah pengkristalan. Tekstur permen gummy jadi tidak terasa keras, deh. Di pihak lain, sirup jagung atau glukosa juga membuat permen gummy dapat disimpan pada suhu ruangan dengan aman.

Keras (rubbery), harus dikunyah lebih lama

Keras (rubbery), harus dikunyah lebih lama
Permen gummy yang bertekstur agak keras akan terasa membal ketika ditekan. Teksturnya yang rubbery juga membuat permen harus dikunyah lebih lama. Alhasil, Anda bisa menikmati rasanya lebih lama. Jika Anda senang mengunyah permen, gummy candy tipe ini akan membuat Anda puas. Tambahan lagi, kegiatan mengunyah juga baik untuk beberapa bagian otak


Salah satu hal yang dapat memengaruhi tekstur permen gummy adalah kadar gelatin. Gelatin dalam jumlah yang cukup banyak dapat membuat tekstur permen gummy terasa lebih keras atau rubbery

② Pertimbangkan gummy dengan taburan serbuk untuk sensasi unik di lidah

Pertimbangkan gummy dengan taburan serbuk untuk sensasi unik di lidah
Selain memilih permen gummy berdasarkan teksturnya, Anda juga bisa memilih permen gummy berdasarkan ada tidaknya taburan serbuk di atasnya. Pilihan serbuk pada permen gummy ada bermacam-macam, seperti serbuk gula hingga serbuk asam


Perbedaan jenis serbuk akan memengaruhi tekstur dan rasa permen gummy. Karena itu, sebelum membeli permen gummy, Anda sebaiknya memeriksa apakah gummy tersebut diberi tambahan serbuk atau tidak. Apabila Anda ingin merasakan sensasi berbeda di lidah, tidak ada salahnya mencoba permen gummy yang diberi tambahan serbuk.

③ Cari dan cobalah varian rasa yang Anda sukai

Cari dan cobalah varian rasa yang Anda sukai

Anda bisa menemukan permen gummy dengan berbagai rasa di pasaran, seperti buah-buahan hingga cola. Selain itu, ada juga permen gummy yang diberi tambahan sayur. Sebelum Anda memilih salah satu varian rasa tersebut, kami akan menjelaskan sedikit gambaran mengenai tiap-tiap rasa tersebut.


  • Buah: Ada lima buah-buahan yang sering dijadikan rasa permen gummy, yaitu raspberry, jeruk, stroberi, nanas, dan lemon. Untuk membedakan kelima rasa tersebut, pembuat permen gummy biasanya menggunakan warna merah, oranye, hijau, transparan, dan kuning. Rasa-rasa tersebut mirip dengan rasa buah asli. Namun, ada pula yang rasanya lebih asam.


  • Cola: Varian rasa ini memiliki aroma yang mirip dengan cola, tetapi rasanya seperti perpaduan antara lemon dan sedikit rempah. Tingkat kemanisannya tidak terlalu kuat. Jika Anda kurang menyukai camilan dengan rasa dan aroma yang kuat, permen gummy rasa cola layak dipertimbangkan.


  • Sayur: Selain memiliki rasa buah atau cola, permen gummy dengan rasa sayur juga ada, lho. Namun, permen gummy dengan rasa tersebut tak terlalu banyak dijual. Beberapa di antaranya juga masih dicampur dengan rasa buah-buahan sehingga rasanya tidak terlalu kuat.

④ Jangan lupa cek kandungan kalorinya

Jangan lupa cek kandungan kalorinya

Mayoritas permen jelly gummy hanya dijadikan camilan. Namun, ada juga beberapa produsen yang menambahkan vitamin hingga kolagen ke dalamnya. Bahan tambahan tersebut membuat permen enak serta kenyal ini memiliki manfaat lain untuk tubuh hingga kulit.


Beberapa jenis gummy permen juga memiliki kalori yang cukup rendah, lho! Permen gummy jelly jenis ini sepertinya cocok untuk Anda yang sedang berdiet. Akan tetapi, Anda tetap harus mengatur jumlah konsumsinya supaya kalori dari permen jelly yang dikonsumsi tidak mengganggu diet Anda.

⑤ Pilihlah kemasan zip-lock supaya mudah dibawa dan disimpan

Pilihlah kemasan zip-lock supaya mudah dibawa dan disimpan
Beberapa macam permen gummy yang dijual di Indonesia tersedia dalam jumlah banyak per kemasannya. Akibatnya, Anda mungkin kesulitan menghabiskan permen gummy tersebut dalam sekali waktu. 

Agar Anda bisa menyimpannya di dalam tas dan mengonsumsinya lagi saat diinginkan, pilihlah permen gummy dengan kemasan zip-lock. Kemasan ini akan menjaga permen gummy tetap dalam kondisi baik tanpa perlu karet atau penjepit.

10 Rekomendasi permen gummy terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk permen gummy terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yupi

Bolicious

Yupi Bolicious 1枚目

Lebih fruity karena mengandung 20% jus buah

2

Youvit

Multivitamin Gummy

Youvit  Multivitamin Gummy 1枚目

Direkomendasikan untuk Anda yang malas minum vitamin

3

UHA Mikakuto

Kororo

UHA Mikakuto Kororo 1枚目

Jadikan dessert Anda lebih nikmat dengan Kororo

4

Cocoaland

Lot 100 Sour+ Gummy

Cocoaland Lot 100 Sour+ Gummy 1枚目

Segarkan hari Anda dengan rasa asamnya

5

Yupi

Baby Bears

Yupi Baby Bears 1枚目

Berbentuk beruang dan terdiri dari banyak warnanya

6

SOHO

Fitkom Gummy Calcium

SOHO Fitkom Gummy Calcium 1枚目

Kalsium dan vitamin D-nya baik untuk tulang serta gigi

7

vidoran

Gummy Vitamin C

vidoran Gummy Vitamin C 1枚目

Gummy berbentuk potongan jeruk untuk tingkatkan imun

8

Kalbe

Cerebrofort Marine Gummy

Kalbe Cerebrofort Marine Gummy 1枚目

Diperkaya minyak ikan tuna yang baik bagi kecerdasan anak

9

Kalbe

Fitkom Gummy Fruit & Veggie

Kalbe Fitkom Gummy Fruit & Veggie 1枚目

10

HARIBO

Happy Cola

HARIBO Happy Cola 1枚目

Cara baru nikmati cola! Lebih praktis!

Perincian produk
Close
No.1

Lebih fruity karena mengandung 20% jus buah

Ada macam-macam permen Yupi di pasaran, tetapi apakah Anda sudah tahu produk ini? Yupi Bolicious merupakan salah satu permen Yupi varian terbaru. Produk ini mengandung 20% jus buah sehingga diklaim lebih fruity. Selain itu, rasanya juga tidak monoton karena setiap varian Yupi Bolicious memiliki taste yang berbeda.


Gummy jelly berukuran agak besar ini diberi lapisan kolagen yang bisa dimakan di bagian luarnya. Namun, cara makan Yupi Bolicious ini sama seperti memakan permen gummy pada umumnya. Tambahan lagi, kemasan pouch-nya membuat permen kenyal ini cocok berada di tas anak-anak. 

No.2

Youvit Multivitamin Gummy

Mulai dari Rp14.560,00

Direkomendasikan untuk Anda yang malas minum vitamin

Anda yang memiliki segudang kegiatan tentu harus menjaga kesehatan supaya bisa terus beraktivitas dengan baik. Karena itu, Anda perlu menjaga pola hidup sehat, berolahraga, dan makan teratur. Selain menerapkan hal-hal tersebut, Anda juga perlu melengkapinya dengan vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda.

Youvit Multivitamin mengandung 10 vitamin dan 3 mineral dalam bentuk permen gummy. Anda tidak usah repot menyiapkan air dan minum tablet hanya untuk minum vitamin, deh! Produk ini memiliki rasa yang enak dan cukup dikonsumsi satu buah saja per hari. Namun, produk ini hanya boleh dikonsumsi oleh Anda yang berusia 16 tahun ke atas saja, ya.
No.3

Jadikan dessert Anda lebih nikmat dengan Kororo

Permen gummy yang terbuat dari jus buah murni ini akan memberikan sensasi pecah di mulut! Rasanya lembut dan kenyal seperti buah sungguhan. Produk ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi permen gummy yang beda dari biasanya.

Produk ini juga bisa dijadikan pelengkap dessert. Anda bisa menjadikannya sebagai pengganti buah-buahan untuk menghias kue, roti panggang, atau dikolaborasikan dengan coklat fondue. Banyak sekali kreasi dessert yang bisa Anda buat dengan Kororo. Coba di rumah, yuk!
No.4

CocoalandLot 100 Sour+ Gummy

Mulai dari Rp18.000,00

Segarkan hari Anda dengan rasa asamnya

Rasa kantuk bisa datang ketika mengerjakan tugas, belajar, atau bekerja. Akibatnya, produktivitas Anda akan terganggu. Untuk menyadarkan Anda dari kantuk, kami merekomendasikan permen gummy dengan rasa asam ini. 

Produk ini dikemas secara satuan supaya kualitas serta rasanya terjaga. Di pihak lain, Anda pun jadi lebih mudah membawanya ke mana saja. Kemasan tersebut juga memungkinkan Anda untuk membagikannya kepada teman-teman!

No.5

Berbentuk beruang dan terdiri dari banyak warnanya

Macam-macam permen gummy dengan bentuk dan rasa baru terus bermunculan untuk memuaskan para pencinta permen. Namun, permen gummy bear ini sepertinya paling cocok untuk diberikan kepada anak-anak. Bentuk yang menyerupai beruang dan warna yang beragam akan lebih menarik di mata si kecil. Selain itu, Yupi Gummy Bears ini memiliki rasa buah yang enak. 


Produk ini memang tidak dikemas dalam pouch. Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena Yupi sudah mengemasnya lagi menjadi sekitar 33 kemasan kecil. Inovasi tersebut memungkinkan anak-anak untuk menghabiskannya dalam satu waktu.

No.6

Kalsium dan vitamin D-nya baik untuk tulang serta gigi

Kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika Anda ingin memberikan asupan kalsium dan vitamin D tambahan untuk si kecil, liriklah produk ini. Permen gummy untuk anak ini juga dilengkapi dengan aneka rasa buah, seperti stroberi, jeruk, apel, blackcurrant, persik, dan lemon. Alhasil, anak-anak tidak akan cepat bosan saat mengonsumsi permen empuk dan enak ini.

No.7

Gummy berbentuk potongan jeruk untuk tingkatkan imun

Coba berikan permen gummy ini jika Anda khawatir daya tahan tubuh anak-anak menurun karena ikut banyak kegiatan. Permen gummy rasa jeruk ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak karena tinggi vitamin C. Agar anak-anak mau mengonsumsinya, bentuk permen gummy dengan taburan gula ini dibuat menyerupai potongan jeruk. Selain itu, warnanya pun mirip dengan jeruk.

No.8

KalbeCerebrofort Marine Gummy

Mulai dari Rp22.000,00

Diperkaya minyak ikan tuna yang baik bagi kecerdasan anak

Anda mencari merek permen yang aman dan sehat untuk anak? Cerebrofort Marine Gummy Mixed Fruit bisa menjadi solusinya. Permen gummy ini diperkaya minyak ikan tuna yang baik untuk anak-anak. Minyak ikan tuna mengandung DHA dan EPA yang tinggi sehingga bagus untuk tumbuh kembang dan perkembangan otak anak-anak.

Seluruh manfaatnya tersebut dihadirkan dalam bentuk permen gummy yang disukai anak-anak dengan rasa buah yang enak. Anda tidak perlu lagi repot-repot membujuk si kecil untuk memakannya! Berikan lima buah permen ini dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan Omega-3 anak-anak.
No.9

KalbeFitkom Gummy Fruit & Veggie

Mulai dari Rp10.042,00

Ekstrak buah dan sayur membuat permen gummy ini cocok untuk anak-anak yang malas mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, permen ini juga dilengkapi dengan prebiotik yang baik untuk pencernaan. Jadi, jika Anda mencari merek permen yang aman untuk anak, Fitkom Gummy Fruit & Veggie sepertinya layak dipertimbangkan.

No.10

Cara baru nikmati cola! Lebih praktis!

Menikmati cola di tengah perjalanan mungkin bisa meningkatkan semangat, tetapi hal tersebut akan merepotkan apabila berkendara seorang sendiri. Oleh karena itu, kami merekomendasikan produk ini. Permen HARIBO rasa cola ini akan memberikan sensasi cola di setiap gigitannya. Jadi, tak heran kalau merek permen luar negeri ini sering digunakan sebagai teman bepergian sejak tahun 1965.

Pertanyaan umum seputar permen gummy

Pertanyaan umum seputar permen gummy

Permen gummy adalah permen bertekstur kenyal. Permen yang diperkirakan sudah ada sejak 100 tahun lalu ini memiliki beragam bentuk, seperti beruang, botol, kacang, dan lainnya. Anda mungkin penasaran mengapa permen gummy bertekstur kenyal? Selain itu, Anda mungkin memiliki pertanyaan lain seputar permen gummy. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami membuat pembahasan singkat di bawah ini. 

Apakah permen gummy terbuat dari tulang?

Jawabannya adalah iya, tetapi tulangnya telah melewati proses dan yang digunakan hanya kolagennya saja. Kolagen tersebut akan diolah lagi menjadi gelatin. Nah, bahan bernama gelatin inilah yang akan digunakan untuk membuat permen gummy dan menyebabkan tekstur permen gummy kenyal. 

Apakah permen gummy aman?

Permen gummy aman dikonsumsi selama dikonsumsi dalam jumlah yang normal (tidak berlebihan). Sebagian dari Anda mungkin mempertanyakan status halal dari permen gummy. Dalam hal ini, Anda bisa mengecek sertifikasi halal di kemasannya atau mengecek jenis gelatin yang digunakan.

Baca juga varian permen lainnya di sini

Permen adalah sesuatu yang mudah dibawa dan bisa dikonsumsi kapan saja. Permen juga bisa menjadi salah satu camilan praktis untuk dikonsumi di perjalanan. Banyak jenis permen yang bisa dipilih, seperti permen karet, permen mint, hingga susu. Jika Anda penasaran dengan jenis-jenis permen tersebut, silakan baca artikel berikut ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan banyak permen gummy. Apakah Anda telah menemukan permen gummy yang tepat untuk dibeli? Beberapa dari Anda mungkin masih merasa kebingungan untuk menentukan pilihan. Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikan dengan tujuannya.

Jika permen gummy-nya akan diberikan kepada anak kecil, tak ada salahnya memilih produk yang mengandung vitamin dan kalsium. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan permen gummy untuk menemani perjalanan, cobalah produk dengan rasa yang segar. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer