• 10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi CC Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ketika akan merias wajah, Anda perlu mengaplikasikan base makeup terlebih dahulu sebagai dasarnya. CC cream kini hadir sebagai pilihan base makeup untuk Anda. Krim ini cukup populer karena memiliki banyak fungsi. CC cream dapat digunakan sebagai foundation, color corrector, bahkan skincare


Banyaknya merek produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, kami akan mengulas seputar CC cream serta cara memilih produk yang bagus. Merek produk terkenal seperti Viva, Safi, Mineral Botanica, hingga Natasha juga kami rekomendasikan untuk Anda. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Faradila
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2022
Daftar isi

CC cream, base makeup yang multifungsi

CC cream, base makeup yang multifungsi

CC cream adalah base makeup yang berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah. Pada dasarnya, foundation memiliki dua fungsi, yaitu untuk skin preparation dan untuk menyempurnakan hasil akhir makeup. Kedua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan menggunakan CC cream. Tak hanya itu, CC cream juga sangat direkomendasikan bila Anda menginginkan hasil akhir makeup yang lebih natural.


Kandungan formula dalam CC cream cenderung lebih ringan sehingga aman jika Anda gunakan sehari-hari. Kini beberapa produk CC cream telah menawarkan tingkat coverage yang tak kalah dengan foundation. Meski begitu, Anda juga tetap bisa mengombinasikan pengaplikasiannya dengan concealer atau penyempurna makeup lainnya. 

Cara memilih CC cream

Saat ini terdapat cukup banyak produk CC cream yang beredar di pasaran. Berikut ini kami ulas cara-cara memilih CC cream yang perlu untuk Anda perhatikan. Silakan simak dengan cermat, ya!

Pilihlah produk yang sesuai dengan warna dasar atau undertone Anda

Pilihlah produk yang sesuai dengan warna dasar atau undertone Anda

CC cream merupakan color corrector yang berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah. Oleh karena itu, pilihlah produk yang sesuai dengan warna dasar atau undertone kulit wajah Anda. Dengan warna yang sesuai, CC cream akan merefleksikan cahaya yang merata dan mempercantik kulit alami Anda


Warna seperti light, beige, dan natural banyak ditawarkan pada produk-produk CC cream yang populer saat ini. Tak hanya itu, ada juga produk yang kini memiliki kemampuan kontrol warna. Namun, Anda tetap harus menyesuaikannya dengan undertone kulit Anda. Hal itu karena kecocokan warna krim dan kulit dapat memberikan hasil yang natural pada wajah Anda. 

Pertimbangkan berdasarkan kebutuhan kulit

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung pelembap

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung pelembap

Jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, pilihlah produk yang mengandung pelembap. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah vitamin E, hyaluronic acid, ceramide, collagenamino acid, dan glycerin. Anda dapat memeriksa kadar bahan yang terkandung dalam produk CC cream pada tabel komposisinya. Pilihlah kandungan pelembap yang berada pada urutan teratas.

Untuk kulit berminyak, pilih CC cream dengan kandungan oil control

Untuk kulit berminyak, pilih CC cream dengan kandungan oil control

Bagi pemilik kulit wajah berminyak, Anda perlu memilih produk dengan kandungan yang bebas minyak, oil control, dan noncomedogenic. Hal itu agar tidak makin menimbulkan minyak berlebih pada wajah. Anda juga dapat memilih CC cream dengan kandungan salicylic acid yang mampu mengikat minyak. Hindari produk dengan kandungan glycolic acid yang makin menimbulkan minyak pada wajah.

Untuk kulit sensitif, pilih yang bebas dari bahan iritatif

Untuk kulit sensitif, pilih yang bebas dari bahan iritatif

Anda dapat memilih CC cream yang bebas kandungan bahan iritatif bila memiliki kulit wajah yang sensitif. Anda perlu menghindari kandungan, seperti paraben, surfaktan, lanolin, isopropyl myristate, phthalates, atau comedogenic yang rentan menimbulkan iritasi.


Anda bisa memilih CC cream dengan kandungan alami seperti vegetable oil yang cenderung memiliki tekstur kental dan lembut. Kandungan tersebut mirip dengan sebum alami manusia sehingga akan lebih ramah untuk kulit Anda.

Untuk kulit berjerawat, hindari CC cream dengan kandungan minyak tinggi

Untuk kulit berjerawat, hindari CC cream dengan kandungan minyak tinggi

Hindari CC cream dengan kandungan minyak yang tinggi jika Anda memiliki kulit wajah berjerawat. Anda dapat memilih produk yang water based sehingga tidak makin menimbulkan minyak dan jerawat pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan Aloe vera yang dapat membantu menenangkan kulit wajah Anda.

Periksa ketersediaan tabir surya jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan

Periksa ketersediaan tabir surya jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan

Sinar UVA dan UVB dari sinar matahari dapat merusak kulit Anda bila terpapar secara langsung. Sinar UVA dapat merusak lapisan dermis kulit dan memicu penuaan dini, seperti menimbulkan bintik hitam. Sinar UVB dapat membuat kulit Anda terbakar dan iritasi. Bila Anda sering melakukan aktivitas outdoor, pilihlah CC cream yang mengandung tabir surya. 


Anda dapat memilih produk dengan ketersediaan kandungan SPF (sun protection factor) dan PA (protection grade of UVA) di dalamnya. SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang biasanya dilambangkan dengan angka. Angka tersebut menunjukkan kekuatan perlindungannya. Misalnya, SPF 15 mampu menyaring sinar UVB hingga 93% dan SPF 30 mampu menyaring hingga 97%.


Sementara itu, PA berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA yang biasanya dilambangkan dengan simbol plus (+). Makin banyak simbol + pada krim, makin kuat pula kemampuan perlindungannya. Untuk negara tropis seperti Indonesia, kadar PA ++ atau +++ cukup untuk melindungi kulit Anda.

Agar makeup tahan lama dan tak mudah luntur, pertimbangkan produk berbahan dasar silikon

Agar makeup tahan lama dan tak mudah luntur, pertimbangkan produk berbahan dasar silikon

Anda juga perlu mempertimbangkan CC cream yang tak mudah luntur dan dapat menjaga makeup tetap on sepanjang hari. Pada dasarnya, base makeup tidak akan mudah luntur jika mengandung komponen silikon. Contoh bahan yang menunjukkan kandungan silikon adalah dimenthicone, trimethiconecyclopentasiloxane, dan cyclomethicone


Sayangnya, kandungan silikon mungkin tidak mudah diketahui dari keterangan yang tertera pada kemasannya. Untuk itu, Anda dapat memeriksa dari tekstur krimnya. Produk dengan kandungan silikon tinggi cenderung lembut saat disentuh. Anda dapat memilih produk yang elastis, teksturnya ringan, dan tidak lengket saat disentuh. Meski begitu, tetap perhatikan kecocokannya dengan jenis kulit Anda, ya!

10 Rekomendasi CC cream terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk CC cream terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilihnya. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Your Skin But Better CC+ Cream menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa SAFI White Expert CC Cream SPF24PA++ memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
SAFI White Expert CC Cream SPF24PA++ 1

SAFI

2
Vitapharm Viva Queen Perfect Look CC Foundation 1

Vitapharm

3
Mineral Botanica The Grail CC Cream 1

Mineral Botanica

4
Benings Indonesia Bening's Day Cream (CC Cream) 1

Benings Indonesia

5
Good Virtues Co. Brightening CC Cream SPF 30PA +++ UVA/UVB Defence 1

Good Virtues Co.

6
La Tulipe CC Cream 1

La Tulipe

7
Bourjois 1,2,3 Perfect CC Cream 1

Bourjois

8
Natasha CC Cream 1

Natasha

9
Soulyu Skin Glow CC Cream 1

Soulyu

10
Emina City Chic CC Cream 1

Emina

Nama produk

White Expert CC Cream SPF24PA++

Viva Queen Perfect Look CC Foundation

The Grail CC Cream

Bening's Day Cream (CC Cream)

Brightening CC Cream SPF 30PA +++ UVA/UVB Defence

CC Cream

1,2,3 Perfect CC Cream

CC Cream

Skin Glow CC Cream

City Chic CC Cream

Keunggulan

CC cream noncomedogenic, pilihan tepat bagi pemilik kulit wajah berminyak

Cantik maksimal dengan produk cc cream lokal!

Temukan berbagai manfaat dengan all-in-one base makeup

Wajah tampak cantik natural seperti tidak pakai krim!

Kandungan bahan alaminya bantu samarkan noda dan bintik hitam di wajah

Kemasannya mungil, bawa dan aplikasikan krim kapan saja!

Dapatkan hasil akhir makeup yang terlihat mulus seperti kulit bayi

Krim yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Kandungan alaminya bantu perkuat skin barrier, dapatkan kulit cantik ala Korea

Krim Emina yang ramah untuk remaja berkat teksturnya yang ringan

Harga mulai dariRp 79.000,00Rp 40.300,00Rp 51.900,00Rp 165.000,00Rp 112.500,00Rp 51.000,00Rp 202.000,00Rp 160.000,00Rp 149.000,00Rp 60.000,00
WarnaTidak disebutkanTidak disebutkanNatural dan beigeNatural dan IvoryTidak disebutkan01 Light dan 02 NaturalIvory, light beige, rose beigeTidak disebutkanSand, shell, beige nude, dan cinnamonNatural, light
Kandungan utamaHabbatus sauda dan oxywhiteSuper botanical extract, vitamin E, dan honey extract collagenGlycerin, glyceryl (tribehenate, isostearate, dan eicosandioate), dan allantoinTidak disebutkanMinyak habbatussauda organik, pink salt, dan vitamin ESasa quelpaertensis extract (Jeju jolitcaecha)Ethylhexylglycerin, saccharide isomerate, tocopheryl acetate, panthenol, dan pantolactoneVitamin E dan peptidaVitamin E, jojoba oil, ginseng extract, allantoinVitamin C dan vitamin E
Kadar tabir suryaSPF 24 PA ++SPF 35 PA+++Tidak disebutkanSPF 15SPF 30 PA+++SPF 34SPF 15Tidak disebutkanUVA dan UVB filterSPF 34
Kandungan silikonCyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane, dimethicone/vinyl dimethicone, crosspolymer, silica, PEG/PPG-18/18 dimethiconeTidak disebutkanCyclopentasiloxane, caprylyl methicone, hydrogen dimethicone, dimethiconeTidak disebutkanCyclopentasiloxane, PEG-10 dimethicone, silicaTidak disebutkanCapryly methicone, dimethicone, methyl trimethicone, PEG-10 dimethicone, silicaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Ukuran20 g30 gr200 g12,5 g20 ml15 g30 ml43 gTidak disebutkanTidak disebutkan
Cocok untukKulit berminyak dan berjerawatKulit keringKulit keringSemua jenis kulit, kulit kombinasiSemua jenis kulitKulit berminyakSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit sensitifSemua jenis kulit
Tautan produk
10
WarnaNatural, light
Kandungan utamaVitamin C dan vitamin E
Kadar tabir suryaSPF 34
Kandungan silikonTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Cocok untukSemua jenis kulit
9
WarnaSand, shell, beige nude, dan cinnamon
Kandungan utamaVitamin E, jojoba oil, ginseng extract, allantoin
Kadar tabir suryaUVA dan UVB filter
Kandungan silikonTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Cocok untukKulit sensitif
8
WarnaTidak disebutkan
Kandungan utamaVitamin E dan peptida
Kadar tabir suryaTidak disebutkan
Kandungan silikonTidak disebutkan
Ukuran43 g
Cocok untukSemua jenis kulit
7

Bourjois1,2,3 Perfect CC Cream

Mulai dari Rp 202.000,00

WarnaIvory, light beige, rose beige
Kandungan utamaEthylhexylglycerin, saccharide isomerate, tocopheryl acetate, panthenol, dan pantolactone
Kadar tabir suryaSPF 15
Kandungan silikonCapryly methicone, dimethicone, methyl trimethicone, PEG-10 dimethicone, silica
Ukuran30 ml
Cocok untukSemua jenis kulit
6
Warna01 Light dan 02 Natural
Kandungan utamaSasa quelpaertensis extract (Jeju jolitcaecha)
Kadar tabir suryaSPF 34
Kandungan silikonTidak disebutkan
Ukuran15 g
Cocok untukKulit berminyak
5

Good Virtues Co.Brightening CC Cream SPF 30PA +++ UVA/UVB Defence

Mulai dari Rp 112.500,00

WarnaTidak disebutkan
Kandungan utamaMinyak habbatussauda organik, pink salt, dan vitamin E
Kadar tabir suryaSPF 30 PA+++
Kandungan silikonCyclopentasiloxane, PEG-10 dimethicone, silica
Ukuran20 ml
Cocok untukSemua jenis kulit
4

Benings IndonesiaBening's Day Cream (CC Cream)

Mulai dari Rp 165.000,00

WarnaNatural dan Ivory
Kandungan utamaTidak disebutkan
Kadar tabir suryaSPF 15
Kandungan silikonTidak disebutkan
Ukuran12,5 g
Cocok untukSemua jenis kulit, kulit kombinasi
3

Mineral BotanicaThe Grail CC Cream

Mulai dari Rp 51.900,00

WarnaNatural dan beige
Kandungan utamaGlycerin, glyceryl (tribehenate, isostearate, dan eicosandioate), dan allantoin
Kadar tabir suryaTidak disebutkan
Kandungan silikonCyclopentasiloxane, caprylyl methicone, hydrogen dimethicone, dimethicone
Ukuran200 g
Cocok untukKulit kering
2

VitapharmViva Queen Perfect Look CC Foundation

Mulai dari Rp 40.300,00

WarnaTidak disebutkan
Kandungan utamaSuper botanical extract, vitamin E, dan honey extract collagen
Kadar tabir suryaSPF 35 PA+++
Kandungan silikonTidak disebutkan
Ukuran30 gr
Cocok untukKulit kering
1

SAFIWhite Expert CC Cream SPF24PA++

Mulai dari Rp 79.000,00

WarnaTidak disebutkan
Kandungan utamaHabbatus sauda dan oxywhite
Kadar tabir suryaSPF 24 PA ++
Kandungan silikonCyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane, dimethicone/vinyl dimethicone, crosspolymer, silica, PEG/PPG-18/18 dimethicone
Ukuran20 g
Cocok untukKulit berminyak dan berjerawat

Baca juga rekomendasi base makeup lainnya di sini

Selain CC cream, kami berikan juga artikel tentang rekomendasi produk base makeup lainnya yang bisa Anda coba. Silakan simak melalui tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Demikianlah ulasan kami tentang CC cream, cara-cara memilihnya, dan rekomendasi produk terbaik. Nah, apakah Anda sudah menemukan produk kesukaan Anda? Pilihlah CC cream yang sesuai dengan undertone dan jenis kulit Anda. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa kandungan yang ada di dalam produk, ya! Semoga artikel ini dapat membantu. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    BB cream adalah salah satu produk kecantikan asal Korea yang booming di seluruh dunia. Coverage BB cream yang apik sekaligus tidak berlebihan membuatnya dapat menghasilkan riasan natural. Karena itu, banyak orang menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation.Ada beragam merek BB cream yang bagus, seperti Wardah, Emina, hingga Y.O.U. Kami akan membagikan tips memilih BB cream terbaik serta merekomendasi beberapa produknya. Ada yang produksi lokal hingga asli dari Korea. BB cream untuk remaja dan untuk kulit berminyak pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup wajah
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Primer Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Makeup base atau primer menyiapkan wajah Anda seumpama kanvas yang mulus sebelum dilukis oleh makeup. Sayangnya, tidak semua primer cocok di kulit Anda, terlebih bila kulitnya sensitif berminyak dan berjerawat. Lalu, bagaimana cara memilih primer yang tepat untuk kulit sensitif?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih primer untuk kulit sensitif serta merekomendasikan sepuluh produk yang bagus. Terdapat produk dari merek impor seperti Laneige dan Marc Jacobs, ada pula primer lokal yang kualitasnya bersaing. Tidak lupa, artikel ini juga sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, simak selengkapnya!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori