• 10 Rekomendasi Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Deodorant yang Bagus untuk Ketiak Basah dan Bau (Terbaru Tahun 2022)

Deodorant adalah zat yang dapat menghilangkan bau badan karena keringat. Kini deodorant juga mengandung antiperspiran yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih. Menggunakan deodorant dapat membantu Anda mengatasi ketiak basah dan bau. Wangi deodorant juga dapat mengatasi permasalahan bau badan.

Rexona, Nivea, Lady Speed Stick, dan Perspirex adalah beberapa merek deodorant yang bagus untuk pria dan wanita. Simak tips dari kami untuk memilih deodorant yang bagus untuk ketiak basah dan bau. Setelahnya, kami akan merekomendasikan deodorant roll on, lotion, stick, dan spray dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Grace Mulyani
  • Pembaharuan terakhir: 18 September 2022
Daftar isi

Cara memilih deodorant untuk ketiak basah dan bau

Jadi apa saja hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk deodoran roll on? Kami akan menjelaskannya untuk Anda pada ulasan di bawah ini.

Kenali beragam jenis deodrant

Kami terlebih dahulu akan memperkenalkan beberapa jenis produk deodoran yang ada di pasaran. Pertimbangkan kelebihan serta kekurangannya sebelum Anda membeli deodoran untuk digunakan sehari-hari.

Deodorant roll on, jenis deodorant yang umum digunakan

Deodorant roll on, jenis deodorant yang umum digunakan

Deodoran jenis roll on adalah jenis deodoran yang paling umum ditemui di pasaran. Isinya merupakan cairan yang cenderung kental. Jenis deodoran roll on juga paling banyak digunakan karena lebih praktis dengan bola aplikatornya.


Harga deodoran roll on cenderung lebih terjangkau. Satu botol deodoran roll on bisa digunakan sekitar 2–3 bulan pemakaian. Hal penting lainnya adalah deodoran roll on tidak mengandung bahan yang mencemari udara.


Meski begitu, deodoran roll on sering meninggalkan noda kekuningan pada pakaian. Setelah diaplikasikan di ketiak, Anda perlu menunggu sampai deodoran benar-benar kering sebelum menggunakan pakaian. Hal ini akan membantu mencegah deodoran menempel pada pakaian Anda. 

Deodorant lotion, penggunaannya cukup sedikit saja

Produk deodoran losion memang tidak sebanyak roll on. Penggunaannya sama seperti menggunakan pelembap. Anda cukup mengoleskannya di area ketiak. Penggunaannya pun tidak banyak karena cukup seujung jari saja.


Namun, karena berbentuk losion, deodoran jenis ini sering meninggalkan rasa lengket pada ketiak Anda. Penggunaannya juga dirasa kurang praktis karena mengotori jari Anda. Sama seperti deodoran roll on, deodoran losion juga dapat meninggalkan noda pada pakaian.


Anda tak perlu khawatir memilih deodoran losion karena sekarang ada jenis produk dry serum yang lebih cepat kering tanpa lengket. Produk deodoran dry serum juga mengandung serum yang dapat merawat kulit ketiak agar lebih cerah dan lembut. Meski begitu, produk deodoran dry serum memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis deodoran lainnya.

Deodorant spray, lebih travel friendly dan tidak meninggalkan noda pada pakaian

Deodorant spray, lebih travel friendly dan tidak meninggalkan noda pada pakaian

Jenis deodoran spray merupakan deodoran yang praktis dan travel friendly. Anda tidak perlu khawatir isinya tumpah saat dibawa bepergian. Selain itu, deodoran tipe spray memiliki risiko yang lebih minim untuk meninggalkan noda di pakaian karena lebih cepat kering. Aroma deodoran spray juga lebih harum dibandingkan jenis lainnya.


Beberapa produk deodoran spray sayangnya mengandung zat yang dapat mencemari udara. Selain itu, deodoran spray lebih cepat habis karena sulit mengontrol semprotannya.


Jika Anda lebih nyaman menggunakan deodoran spray, simaklah artikel kami yang lainnya. Langsung saja klik tautan berikut untuk menemukan produk deodoran spray terbaik yang wangi.

Deodorant stick atau solid, tidak basah saat digunakan

Deodorant stick atau solid, tidak basah saat digunakan

Deodoran solid atau deodoran padat memiliki keunggulan tidak basah di kulit. Deodoran jenis ini akan memberikan hasil yang powdery di kulit Anda. Noda kekuningan mungkin saja masih bisa muncul pada pakaian Anda, tetapi peluangnya lebih sedikit.


Hanya saja, deodoran solid terasa kurang praktis karena Anda perlu menggunakannya dengan tangan. Sebagai solusinya, Anda bisa mencari produk dengan tampilan seperti lem kertas agar praktis digunakan. Jenis deodoran ini disebut juga sebagai deodoran stick


Deodoran stick memang cukup praktis digunakan. Apabila Anda tertarik dengan jenis deodoran ini, kami punya artikelnya untuk Anda. Yuk, klik tautan berikut ini dan temukan deodoran stick yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Periksa formula deodorant yang sesuai kebutuhan

Deodoran memang berfungsi untuk mengatasi keringat berlebih dan bau badan. Kini deodoran juga dapat mengatasi permasalahan kulit ketiak lainnya, seperti kulit ketiak kehitaman. Kami akan menjelaskan beberapa bahan aktif yang ada di dalam formula deodoran sesuai dengan kebutuhan Anda.

Antiperspiran: Mengurangi produksi keringat pada kulit

Antiperspiran: Mengurangi produksi keringat pada kulit

Dahulu deodoran dan antiperspiran adalah produk yang berbeda. Deodoran berfungsi untuk mengurangi bau badan, sedangkan antiperspiran bermanfaat untuk mengurangi produksi keringat. Kini deodoran pun ada yang mengandung antiperspiran.


Antiperspiran bekerja dengan menutup dan menyumbat kelenjar keringat di kulit. Kandungan antiperspiran dapat berupa aluminium chlorohydrate, zinc ricinoleateataupun zinc phenolsulfonate.


Deodoran dengan kandungan antiperspiran sangat dibutuhkan untuk Anda yang memiliki masalah keringat berlebih. Dengan begitu, basah ketiak atau "basket" dapat dicegah berkat kandungan antiperspiran.

Antibakteri: Menekan pertumbuhan kuman penyebab bau badan

Antibakteri: Menekan pertumbuhan kuman penyebab bau badan
Penyebab bau tidak sedap sebenarnya bukanlah keringat, melainkan bakteri yang berkembang saat Anda berkeringat. Karena itu, tepat jika Anda memilih produk yang memiliki kandungan antibakteri. Dengan terhambatnya pertumbuhan bakteri, bau badan pun bisa dicegah.

Beberapa bahan antibakteri adalah isopropyl methylphenol dan benzalkonium chloride. Selain itu, ekstrak lavender dan tea tree oil juga memiliki mengandung zat antibakteri.

Niacinamide dan vitamin C: Mencerahkan kulit ketiak

Niacinamide dan vitamin C: Mencerahkan kulit ketiak

Permasalahan kulit ketiak yang hitam sering terjadi akibat pigmentasi atau sering mencukur. Untuk itu, sekarang ada banyak produk deodoran yang mengandung bahan aktif mencerahkan.


Deodoran untuk mencerahkan kulit ketiak biasanya mengandung niacinamide dan vitamin C. Keduanya biasanya ditemui di dalam kandungan skincare untuk mencerahkan kulit. Efek brightening tersebut memang tidak instan. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakannya secara rutin ditambah dengan eksfoliasi.

Hal yang perlu diperhatikan untuk pemilik kulit sensitif

Hal yang perlu diperhatikan untuk pemilik kulit sensitif

Kebanyakan deodoran memang mengandung alkohol dan parfum. Namun, alkohol dan parfum dapat menjadi iritan bagi pemilik kulit sensitif. Apabila kulit ketiak Anda cukup sensitif, hindarilah produk yang mengandung alkohol, parfum, dan paraben.


Selain itu, Anda bisa langsung memilih produk dengan label untuk kulit sensitif. Deodoran kulit sensitif sudah diformulasikan dengan bahan tanpa iritan sekaligus pH yang sesuai dengan pH kulit sehat.

10 Rekomendasi deodorant terbaik untuk ketiak basah dan bau

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deodorant terbaik untuk ketiak basah dan bau yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 18 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Crystal Mineral Deodorant Roll-On - Pomegranate menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Rexona Men - Deodorant Roll On Antiperspirant Invisible Dry memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Rexona Rexona Men - Deodorant Roll On Antiperspirant Invisible Dry 1

Rexona

2
Lady Speed Stick Deodorant Orchard Blossom 1

Lady Speed Stick

3
Avero Solid Deodoran  1

Avero

4
Dove  Deodorant Dry Serum Regenerate Care  1

Dove

5
Perspirex  Perspirex Original 1

Perspirex

6
Mama's Choice Dry Serum Deodorant 1

Mama's Choice

7
Grace and Glow Black Opium Bright and Smooth Deodorant Roll On Serum 1

Grace and Glow

8
NIVEA Brightening Hijab Fresh Deodorant Spray 1

NIVEA

9
Sensatia Botanicals  Hinako Bloom Natural Deodorant 1

Sensatia Botanicals

10
Sebamed Balsam Deodorant Sensitive Roll-On 1

Sebamed

Nama produk

Rexona Men - Deodorant Roll On Antiperspirant Invisible Dry

Deodorant Orchard Blossom

Solid Deodoran

Deodorant Dry Serum Regenerate Care

Perspirex Original

Dry Serum Deodorant

Black Opium Bright and Smooth Deodorant Roll On Serum

Brightening Hijab Fresh Deodorant Spray

Hinako Bloom Natural Deodorant

Balsam Deodorant Sensitive Roll-On

Keunggulan

Deodorant roll on untuk pria dengan aroma maskulin

Melindungi Anda dari keringat berlebih dan bau badan selama 48 jam

Deodorant balm organik dengan bahan-bahan alami

Merawat kulit ketiak sampai 20 lapisan terdalam

Deodorant dengan 15% antiperspiran untuk ketiak basah berlebih

Mengatasi ketiak hitam, keringat, dan bau badan ibu hamil

Hilangkan bau badan dengan aroma Black Opium yang supermewah

Deodorant spray yang wanginya tahan lama sepanjang hari

Produk natural untuk wanita dengan aroma bunga yang feminin

Deodorant roll on dengan pH 5,5 untuk pemilik kulit sensitif

Harga mulai dariRp 19.600,00Rp 53.500,00Rp 69.000,00Rp 23.400,00Rp 240.000,00Rp 119.000,00Rp 56.000,00Rp 52.500,00Rp 125.000,00Rp 130.000,00
JenisDeodorant roll onDeodorant solidDeodorant solidDeodorant lotionDeodorant roll onDeodorant lotionDeodorant roll onDeodorant sprayDeodorant roll onDeodorant roll on
Isi45 ml45 gram30 gram50 ml20 ml50 ml50 ml150 ml50 ml50 ml
Bahan aktifAluminium sesquichlorohydrateAluminium zirconiumTea tree oil, VCO, sunflower oil, Moringa oleifera extract, kaolinCollagen, omega-6Aluminium chlorideDead sea mineral, lemon extract, niacinamideAluminium chlorohydrate, sunflower seed oil, jojoba seed oil, niacinamide, menthol, glutathione, Morus alba fruit extractAluminium hydroxide, Prunus speciosa flower extract, vitamin CZinc ricinoleate, niacinamide, jojoba oil. castor seed oil, vitamin E, flower extractZinc ricinoleate, squalene, xanthan gum
AromaFreshFloralVanilla, Peppermint, Lemon, Green Tea, LavenderFloralFreshBlack OpiumFloralFloral
Tautan produk
10
JenisDeodorant roll on
Isi50 ml
Bahan aktifZinc ricinoleate, squalene, xanthan gum
Aroma
9

Sensatia Botanicals Hinako Bloom Natural Deodorant

Mulai dari Rp 125.000,00

JenisDeodorant roll on
Isi50 ml
Bahan aktifZinc ricinoleate, niacinamide, jojoba oil. castor seed oil, vitamin E, flower extract
AromaFloral
8

NIVEABrightening Hijab Fresh Deodorant Spray

Mulai dari Rp 52.500,00

JenisDeodorant spray
Isi150 ml
Bahan aktifAluminium hydroxide, Prunus speciosa flower extract, vitamin C
AromaFloral
7

Grace and GlowBlack Opium Bright and Smooth Deodorant Roll On Serum

Mulai dari Rp 56.000,00

JenisDeodorant roll on
Isi50 ml
Bahan aktifAluminium chlorohydrate, sunflower seed oil, jojoba seed oil, niacinamide, menthol, glutathione, Morus alba fruit extract
AromaBlack Opium
6
JenisDeodorant lotion
Isi50 ml
Bahan aktifDead sea mineral, lemon extract, niacinamide
AromaFresh
5
JenisDeodorant roll on
Isi20 ml
Bahan aktifAluminium chloride
Aroma
4

Dove Deodorant Dry Serum Regenerate Care

Mulai dari Rp 23.400,00

JenisDeodorant lotion
Isi50 ml
Bahan aktifCollagen, omega-6
AromaFloral
3
JenisDeodorant solid
Isi30 gram
Bahan aktifTea tree oil, VCO, sunflower oil, Moringa oleifera extract, kaolin
AromaVanilla, Peppermint, Lemon, Green Tea, Lavender
2

Lady Speed StickDeodorant Orchard Blossom

Mulai dari Rp 53.500,00

JenisDeodorant solid
Isi45 gram
Bahan aktifAluminium zirconium
AromaFloral
1

RexonaRexona Men - Deodorant Roll On Antiperspirant Invisible Dry

Mulai dari Rp 19.600,00

JenisDeodorant roll on
Isi45 ml
Bahan aktifAluminium sesquichlorohydrate
AromaFresh

Baca juga rekomendasi produk deodorant lainnya di sini

Kami memahami bahwa permasalahan bau badan bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Hal itulah yang membuat banyaknya deodoran di pasaran untuk mengatasi bau badan dan keringat berlebih. Jika Anda masih belum menemukan produk yang tepat, Anda bisa mencari lebih lanjut pada artikel kami berikut ini.

Kesimpulan

Deodoran akan membantu Anda mengatasi keringat berlebih dan bau badan. Ada banyak pilihan deodoran dengan wangi yang tahan lama sekaligus dapat mencerahkan. Meski begitu, sesuaikan bahan aktif deodoran dengan kebutuhan Anda. 


Menggunakan deodoran saja belum tentu cukup untuk mengatasi bau badan. Tetaplah menjaga sanitasi dengan mandi secara rutin dan mengganti pakaian kotor. Jika masalah keringat berlebih dan bau badan terus berlanjut, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut yang tumbuh di bagian kaki, tangan, atau ketiak bisa menjadi hal yang mengganggu. Tak jarang waxing dan shaving dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan rambut-rambut tersebut. Namun, prosesnya menyakitkan dan bulu lekas tumbuh kembali. Karena itu, banyak yang beralih ke produk hair growth inhibitor atau penghambat pertumbuhan bulu.Beberapa produk tidak hanya berfungsi untuk merontokkan, tetapi juga melambatkan pertumbuhan bulu hingga menipiskan helaian. Kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut beserta tips memilihnya. Ada beberapa merek yang bagus dan efektif, seperti Prev Cream, Pansly, dan Silky Touch My Way. Simak artikelnya!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori