• 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Jika ingin mengabadikan keindahan alam bawah laut atau momen berenang anak, Anda dapat mengandalkan waterproof camera. Saat ini ada banyak produk waterproof camera yang tersebar di pasaran, seperti Olympus, Nikon, dan Fujifilm. Tipe yang tersedia pun beragam, mulai dari kamera pocket, kamera disposable, hingga kamera canggih dengan banyak fungsi.


Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih waterproof camera sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Temukan waterproof camera favorit dan abadikan foto underwater yang memesona!

  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 9.296 Views
Daftar isi

Apa itu waterproof camera?

Apa itu waterproof camera?

Waterproof camera adalah kamera yang memiliki fungsi tahan air. Berbeda dengan kamera berfitur water-resistant yang hanya mampu bertahan dari cipratan air, waterproof camera memang difungsikan untuk fotografi bawah air atau underwater. Kamera ini tentunya sangat ideal untuk Anda yang menggemari kegiatan diving.


Sebenarnya, terdapat pula tipe action camera yang terkadang difungsikan juga sebagai waterproof camera. Namun, artikel ini akan lebih fokus membahas tipe kamera yang khusus digunakan di dalam air.

Cara memilih waterproof camera

Meskipun sudah memutuskan untuk membeli waterproof camera, terkadang Anda masih belum tahu hal yang harus dicek. Untuk itu, simaklah poin-poin cara memilih waterproof camera berikut ini.

Periksa performa dasar secara teliti

Ada beberapa performa dasar waterproof camera yang sangat diperlukan pada pemakaian luar ruangan. Sebut saja antiair (waterproof), antidebu (dustproof), dan ketahanan terhadap benturan (shockproof).

Mampu bertahan di kedalaman 10 meter atau lebih

Mampu bertahan di kedalaman 10 meter atau lebih

Seperti yang diketahui, waterproof camera harus mampu bertahan saat terkena air dan saat berada di kedalaman. Meski begitu, masing-masing kamera memiliki tingkat ketahanan air yang berbeda. Makin tinggi tingkat ketahanannya, maka kamera bisa dibawa makin dalam masuk ke air. Kamera yang mampu bertahan di kedalaman 10 meter atau lebih akan memberikan pengalaman fotografi underwater yang memuaskan.


Bagi Anda yang ingin memotret sambil menyelam, pilihlah kamera yang mampu dibawa hingga kedalaman 30 meter. Anda juga bisa memilih waterproof camera yang dilengkapi waterproof case dengan performa sama.

Fitur dustproof pun tak kalah penting, pilih IP6X sebagai acuan

Fitur dustproof pun tak kalah penting, pilih IP6X sebagai acuan

Mungkin Anda pernah melihat perangkat elektronik yang bertanda “IP○△”. Simbol ○ menunjukkan grade atau tingkat ketahanan terhadap debu, sedangkan △ ditujukan untuk ketahanan terhadap air. Tingkat ketahanan produk dari debu memiliki grade 0—6. Untuk waterproof camera sendiri, sangat disarankan untuk memilih produk dengan grade 6 (IP6X).


Berikut ini penjelasan tingkat proteksi terhadap debu.

  • Grade 1: benda padat dengan diameter 50 mm atau lebih tidak dapat masuk.
  • Grade 2: benda padat dengan diameter 12 mm atau lebih tidak dapat masuk.
  • Grade 3: benda padat dengan diameter 2,5 mm atau lebih tidak dapat masuk.
  • Grade 4: benda padat dengan diameter 1 mm atau lebih tidak dapat masuk.
  • Grade 5: debu yang menyebabkan efek berbahaya tidak dapat masuk.
  • Grade 6: debu tidak dapat masuk sama sekali.

Kamera yang tahan banting tentu lebih nyaman digunakan

Kamera yang tahan banting tentu lebih nyaman digunakan

Karena waterproof camera ditujukan untuk penggunaan luar ruangan, ada kemungkinan produk akan terjatuh. Untuk itu, pilihlah produk yang tahan banting. Kamera yang memiliki ketahanan terhadap benturan (shockproof) dari jarak 2 meter atau lebih tentu lebih aman digunakan.


Shockproof ditandai dengan angka-angka yang menunjukkan ketinggian saat produk melalui rangkaian tes. Makin tinggi angka yang tertera, kamera tersebut makin tahan banting. Namun, hal tersebut tidak menjadi jaminan bahwa kamera tidak akan rusak karena terjatuh dari ketinggian.

Periksa ukuran piksel dan kemampuan zoom kamera

Anda tentu akan kecewa jika foto yang dihasilkan blur. Karena itu, periksa juga ukuran piksel dan kemampuan zoom berdasarkan media yang digunakan untuk melihat. Hal ini juga berlaku untuk ukuran gambar yang akan dicetak.

Pilih ukuran piksel sesuai budget dan tujuan fotografi

Pilih ukuran piksel sesuai budget dan tujuan fotografi

Waterproof camera biasanya dilengkapi dengan 12—16 juta piksel terlepas dari ukuran sensornya. Ukuran piksel tersebut sebenarnya sudah sangat mencukupi kebutuhan fotografi underwater. Jika terbiasa menggunakan kamera DSLR berpiksel besar, Anda mungkin kurang puas dengan performa waterproof camera. Namun, ingatlah bahwa kondisi bawah air lebih gelap daripada permukaan. Maka, diperlukan kamera dengan tingkat sensitivitas tinggi serta sensor berpiksel kecil untuk mendapatkan hasil yang bagus.


Selain itu, makin besar ukuran piksel juga membuat kamera makin mahal harganya. Waterproof camera dengan piksel besar juga menghasilkan data berkapasitas besar. Pilihlah produk dengan ukuran piksel yang tepat sesuai hasil yang ingin Anda cetak. Ada baiknya juga untuk menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.


Meskipun tergantung pada performa printer yang digunakan, ukuran 2 juta piksel sudah memenuhi standar foto ukuran 3R (89×127 mm). Dengan ukuran 4 juta piksel, foto dapat dicetak di kertas A4. Lalu, ukuran 7 juta piksel dapat dicetak sebesar A3. Bagaimana dengan 10 juta piksel? Foto Anda dapat dicetak dalam ukuran poster! Jika tidak berencana untuk mencetaknya di kertas yang besar, Anda sudah mendapatkan hasil yang cukup bagus dengan ukuran piksel yang kecil.

Pilih produk dengan fitur optical zoom

Pilih produk dengan fitur optical zoom

Terdapat dua metode zoom yang ada pada kamera digital, yaitu digital zoom dan optical zoom. Ketika memilih waterproof camera, pilihlah yang memiliki fitur optical zoom.


Karena digital zoom hanya memotong gambar asli, ukuran piksel akan menurun dan hasil gambar menjadi pecah. Sementara itu, optical zoom dapat melakukan pembesaran pada objek bidikan sehingga hasil gambar akan jernih.


Saat memotret underwater, Anda mungkin tidak dapat membidik objek dari tempat yang diinginkan. Untuk itu, fitur optical zoom dapat berguna untuk membidik objek dari jarak jauh. Namun, terdapat pula produk yang dapat memperbesar gambar dengan menggabungkan dua fitur optical zoom dan digital zoom.

Pilih kamera dengan nilai aperture kecil

Pilih kamera dengan nilai aperture kecil

Nilai F (aperture) pada kamera merepresentasikan cahaya yang ditangkap lensa. Makin kecil nilai F, lensa mampu menangkap cahaya lebih banyak. Kamera juga akan menghasilkan gambar yang lebih terang dengan shutter speed yang lebih cepat. Ketika menyelam makin dalam, intensitas cahaya makin sedikit. Untuk itu, sangat disarankan untuk memilih waterproof camera dengan nilai F kecil seperti F2.8.

Perhatikan juga focal length-nya

Anda juga perlu memperhatikan focal length, baik saat ingin memotret secara close-up ataupun jarak jauh. Focal length adalah jarak dari lensa ke objek gambar yang biasanya ditulis dalam satuan milimeter, misalnya 25—100 mm.


Makin kecil angka minimum pada focal length, makin lebar pula area yang dapat masuk ke dalam layar bidikan. Sementara itu, makin besar angka maksimum, kemampuan telephoto yang dihasilkan akan lebih baik. Jika Anda ingin mendapatkan gambar wide angle, pilihlah produk dengan focal length kecil. Sebaliknya, pilihlah produk dengan focal length besar untuk kenyamanan memotret dari jarak jauh.

Pilih tipe image stabilization berdasarkan tingkat akurasi dan harga

Anda tentu akan kecewa jika semua hasil foto menjadi blur akibat kamera yang goyang. Waterproof camera memang berpotensi mengalami guncangan saat tengah digunakan. Karena itu, perhatikan fungsi image stabilization agar foto Anda lebih jernih dan stabil.

Tipe optical: kualitas gambarnya tak perlu diragukan

Tipe optical: kualitas gambarnya tak perlu diragukan

Kamera dengan image stabilization tipe optical ditujukan untuk Anda yang mengutamakan kualitas gambar tinggi. Tipe ini akan menggerakkan lensa dan sensor sebelum mengambil gambar yang bertujuan untuk mengurangi guncangan kamera. Anda pun akan mendapatkan hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan tipe electronic.


Waterproof camera yang memiliki image stabilization tipe optical memang lebih menguras kantong. Namun, jika ingin menghendaki hasil gambar dengan kualitas terjamin, tipe ini merupakan pilihan yang tepat.

Tipe electronic: harganya lebih ramah di kantong

Tipe electronic: harganya lebih ramah di kantong

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, produk dengan fitur image stabilization tipe electronic sudah cukup bagus. Cara kerja tipe ini ialah mengurangi blur setelah pengambilan gambar melalui proses komputer. Tipe electronic memang biasanya terpasang pada kamera yang berharga terjangkau.


Proses yang dilakukan untuk mengurangi blur pada gambar juga terbatas sehingga hasilnya tidak akan sebagus tipe optical. Namun, hasil gambarnya tetap lebih baik jika dibandingkan dengan kamera tanpa image stabilization.

Pilih kamera yang mudah dioperasikan di dalam air

Pilih kamera yang mudah dioperasikan di dalam air

Ketika menggunakan kamera di dalam air, Anda bisa saja kesulitan mengoperasikannya karena ada tekanan dan aliran air. Jika kamera yang Anda gunakan memiliki sistem pengoperasian yang rumit, banyak momen yang akan terlewat. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah kamera yang memiliki sistem sederhana dan juga mudah digunakan bahkan oleh anak-anak.


Anda juga perlu memastikan ukuran tombol pada kamera. Khususnya ketika Anda mengoperasikan kamera menggunakan sarung tangan, ukuran tombol yang besar tentu akan sangat membantu.

Periksa juga fitur tambahan lainnya

Periksa juga fitur tambahan lainnya

Kegunaan waterproof camera tidak hanya untuk fotografi underwater. Bagi Anda yang ingin menggunakannya sebagai kamera sehari-hari, pilihlah produk yang memberikan kemudahan saat dioperasikan.


Jika LCD kamera dapat diputar, Anda dapat mengecek hasil gambar dengan lebih mudah. Fitur ini tentunya juga memudahkan Anda untuk mengambil foto selfie. Saat ini juga banyak waterproof camera yang mendukung perekaman video berkualitas 4K. Menariknya lagi, ada produk yang ditambahkan mode untuk membuat kulit tampak mulus. Ideal untuk digunakan saat merekam momen liburan.

Gunakan waterproof case untuk smartphone dan kamera Anda

Gunakan waterproof case untuk smartphone dan kamera Anda

Jika Anda tidak terlalu sering mengambil gambar underwater, sebaiknya gunakan saja waterproof case. Cukup dengan memasang waterproof case si smartphone atau kamera, Anda tidak perlu membeli waterproof camera. Meskipun tidak secanggih waterproof camera, Anda tetap dapat mengambil gambar underwater dengan mudah. Tak ada salahnya mengandalkan waterproof case untuk fotografi underwater sesekali, bukan?

10 Rekomendasi waterproof camera terbaik

Berikut kami berikan rekomendasi waterproof camera terbaik dengan berbagai keunggulan masing-masing. Pilihlah sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki!

10
WaterproofIPX8 (10 m)
DustproofIP6X
Shockproof1,8 m
Effective pixels13,2 MP
Zoom method3x optical zoom & 4x digital zoom
ApertureF3.3—F5.9
Focal length4,1—12,3 mm (angle of view equivalent to that of 30—90 mm lens in 35 mm format)
9
WaterproofIPX8 (20 m)
DustproofIP6X
Shockproof1,75 m
Effective pixels16,4 MP
Zoom method5x optical zoom & 10x digital zoom
ApertureF3.9—F4.9
Focal length5—25 mm, equivalent to 28—140 mm on a 35 mm format
8
WaterproofIPX8 (30 m)
DustproofIP6X
Shockproof2,1 m
Effective pixels16 MP
Zoom method5x optical zoom & 4x digital zoom
ApertureF2.8—4.9
Focal length4,3—21,5 mm (angle of view equivalent to that of 24—120 mm lens in 35 mm format)
7
WaterproofIPX8 (15 m)
DustproofIP6X
Shockproof1,75 m
Effective pixels16,4 MP
Zoom method5x optical zoom & 10x digital zoom
ApertureF3.9—F4.9
Focal length5—25 mm, equivalent to 28—140 mm on a 35 mm format
6
WaterproofIPX8 (14 m)
DustproofIP6X
Shockproof1,6 m
Effective pixels16 MP
Zoom method5x optical zoom & 7,2x digital zoom
ApertureF3.5—F5.5
Focal length5—25 mm
5
WaterproofIPX8 (30 m)
DustproofIP6X
Shockproof2,4 m
Effective pixels16 MP
Zoom method5x optical zoom & 4x digital zoom
ApertureF2.8—F4.9
Focal length4,3—21,5 mm (angle of view equivalent to that of 24—120 mm lens in 35 mm format)
4
WaterproofIPX8 (15 m)
DustproofIP6X
Shockproof2,1 m
Effective pixels12 MP
Zoom method4x optical zoom
ApertureF2.0—F4.9
Focal length4,5—18 mm (25—100 mm)
3
WaterproofIPX8 (20 m)
DustproofIP6X
Shockproof2,1 m
Effective pixels20 MP
Zoom method5x optical zoom & 8,1x digital zoom
ApertureF3.5—F5.5
Focal length5—25 mm
2
WaterproofIPX8 (15 m)
DustproofIP6X
Shockproof2,1 m
Effective pixels12 MP
Zoom method4x optical zoom
ApertureF2.0—F4.9
Focal length4,5—18 mm (25—100 mm)
1

SeaLifeMicro 2.0 Underwater Digital Camera

Mulai dari Rp 8.468.900,00

Waterproof60 m
DustproofTidak disebutkan
ShockproofTidak disebutkan
Effective pixels16 MP
Zoom methodTidak disebutkan
ApertureF2.8
Focal length3,5 mm (film equivalent=20 mm)

Tabel perbandingan produk waterproof camera terbaik

Gambar produk
1
SeaLife Micro 2.0 Underwater Digital Camera 1

SeaLife

2
Olympus Tough TG-5 1

Olympus

3
Ricoh WG-6 1

Ricoh

4
Olympus Tough TG-6 1

Olympus

5
Nikon COOLPIX W300 1

Nikon

6
Ricoh WG-50 1

Ricoh

7
Fujifilm FinePix XP80 1

Fujifilm

8
Nikon COOLPIX AW130 1

Nikon

9
Fujifilm FinePix XP130 1

Fujifilm

10
Nikon COOLPIX W150 1

Nikon

Nama produk

Micro 2.0 Underwater Digital Camera

Tough TG-5

WG-6

Tough TG-6

COOLPIX W300

WG-50

FinePix XP80

COOLPIX AW130

FinePix XP130

COOLPIX W150

Keunggulan

Bisa dibawa menyelam hingga 60 meter!

Tersedia empat pilihan mode foto bawah air

Dapatkan hasil gambar beresolusi tinggi dan noise rendah

Kamera tangguh yang didedikasikan untuk petualang sejati

Wow! Ada lampu LED yang bisa jadi senter!

Spesialis fotografi outdoor

Keren! Bisa memotret hingga 5x pembesaran

Berbagi foto dan video lebih mudah ke perangkat smartphone

Harga ekonomis dengan hasil memuaskan

Kamera waterproof yang colorful

Harga mulai dariRp 8.468.900,00Rp 6.499.000,00Rp 5.500.000,00Rp 7.399.000,00Rp 4.250.000,00Rp 2.990.000,00Rp 2.999.000,00Rp 2.999.000,00Rp 2.050.000,00Rp 2.199.000,00
Waterproof60 mIPX8 (15 m)IPX8 (20 m)IPX8 (15 m)IPX8 (30 m)IPX8 (14 m)IPX8 (15 m)IPX8 (30 m)IPX8 (20 m)IPX8 (10 m)
DustproofTidak disebutkanIP6XIP6XIP6XIP6XIP6XIP6XIP6XIP6XIP6X
ShockproofTidak disebutkan2,1 m2,1 m2,1 m2,4 m1,6 m1,75 m2,1 m1,75 m1,8 m
Effective pixels16 MP12 MP20 MP12 MP 16 MP16 MP16,4 MP16 MP16,4 MP13,2 MP
Zoom methodTidak disebutkan4x optical zoom5x optical zoom & 8,1x digital zoom4x optical zoom5x optical zoom & 4x digital zoom5x optical zoom & 7,2x digital zoom5x optical zoom & 10x digital zoom5x optical zoom & 4x digital zoom5x optical zoom & 10x digital zoom3x optical zoom & 4x digital zoom
ApertureF2.8F2.0—F4.9F3.5—F5.5F2.0—F4.9F2.8—F4.9F3.5—F5.5F3.9—F4.9F2.8—4.9F3.9—F4.9F3.3—F5.9
Focal length3,5 mm (film equivalent=20 mm)4,5—18 mm (25—100 mm)5—25 mm4,5—18 mm (25—100 mm)4,3—21,5 mm (angle of view equivalent to that of 24—120 mm lens in 35 mm format)5—25 mm5—25 mm, equivalent to 28—140 mm on a 35 mm format4,3—21,5 mm (angle of view equivalent to that of 24—120 mm lens in 35 mm format)5—25 mm, equivalent to 28—140 mm on a 35 mm format4,1—12,3 mm (angle of view equivalent to that of 30—90 mm lens in 35 mm format)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk waterproof case di sini

Anda ingin mengabadikan momen underwater dengan mudah tanpa waterproof camera? Anda dapat menggunakan peranti rekam yang telah dimiliki dengan menambahkan waterproof case agar gawai terlindung dari air. Berikut ini kami berikan rekomendasi waterproof case untuk kamera dan smartphone.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan produk waterproof camera terbaik yang dapat dibeli secara online. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat?


Selain memiliki kegunaan utama untuk fotografi underwater, waterproof camera juga dapat digunakan untuk kondisi lain. Misalnya saja untuk memotret saat cuaca dingin dan ketika mendaki gunung. Setelah mendapatkan produk yang sesuai, bersiaplah untuk mengabadikan banyak momen yang penuh kenangan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    10.828 Views
  • 10 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Daya tarik dari kamera instan adalah Anda bisa mencetak foto secara langsung setelah mengambil gambar. Belakangan ini, Fujifilm sebagai salah satu produsen kamera instan yang terkemuka memproduksi kamera instan dengan berbagai warna, ukuran, dan karakter. Anda pasti bingung saat harus memilih yang terbaik, bukan?Jadi, kali ini kami akan merekomendasikan 10 kamera instan terbaik dari Fujifilm yang bisa Anda beli secara online dari e-commerce tepercaya, seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Namun, sebelumnya mari simak cara memilih kamera instan secara saksama berikut ini!
    Kamera lainnya
    28.072 Views
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan menggunakan action camera atau kamera aksi, Anda bisa mendapatkan “first person view” untuk merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. GoPro, Olympus, Ricoh, dan Sony merupakan beberapa perusahaan yang terdepan dalam memproduksi action camera.Setiap produsen memiliki keunggulan masing-masing, seperti kualitas gambar 4K, fitur wide angle, hingga penahan guncangan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kamera aksi, serta merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Silakan merujuk artikel ini guna menemukan kamera yang Anda idamkan!
    Kamera lainnya
    37.865 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Kamera lainnya
    17.802 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    10.458 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.019 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    24.381 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera Polaroid merupakan kamera instan pertama yang diciptakan di dunia. Ada beragam jenis kamera Polaroid yang dapat Anda miliki seperti kamera klasik tipe SX-70 atau kamera 600. Ada juga yang merupakan kamera digital instan seperti kamera Polaroid Mint atau Snap Touch. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan kebingungan memilih kamera terbaik.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih kamera terbaik. Tak ketinggalan, kami juga mengulas rekomendasi kamera terbaik dari Polaroid. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan kamera Polaroid yang tepat untuk Anda!
    Kamera lainnya
    1.119 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang petualang yang menyukai kegiatan outdoor? Bagi seorang traveler, kamera 360 menjadi perlengkapan dokumentasi yang wajib dimiliki. Kamera ini memiliki bentuk kecil sehingga praktis dibawa-bawa. Kemudian, kamera ini juga memiliki kelebihan lain, yakni mampu menangkap gambar 360 derajat dengan berbagai mode.Ada banyak jenis kamera 360, mulai dari yang memiliki harga murah hingga produk terbaik berspesifikasi tinggi. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih kamera 360. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Xiaomi, GoPro, Samsung, dan Insta360 sebagai referensi pilihan Anda. Selamat membaca!
    Kamera lainnya
    261 Views
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, IP camera menjadi kamera pengawas yang populer. Dibandingkan CCTV, IP camera diketahui lebih praktis dengan teknologi lebih modern. Anda dapat menyambungkan IP camera ke Wi-Fi agar dapat dikendalikan melalui ponsel. Resolusi gambar pada IP camera pun besar, hingga 4K. Selain itu, ada IP camera yang mampu merekam hingga 360 derajat.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli IP camera. Kami juga memberikan rekomendasi merk IP camera yang bagus, seperti Hikvision dan Xiaomi. Jika Anda sedang mencari IP camera, silakan baca artikel ini hingga akhir.
    Kamera lainnya
    81 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan menggunakan action camera atau kamera aksi, Anda bisa mendapatkan “first person view” untuk merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. GoPro, Olympus, Ricoh, dan Sony merupakan beberapa perusahaan yang terdepan dalam memproduksi action camera.Setiap produsen memiliki keunggulan masing-masing, seperti kualitas gambar 4K, fitur wide angle, hingga penahan guncangan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kamera aksi, serta merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Silakan merujuk artikel ini guna menemukan kamera yang Anda idamkan!
    Kamera lainnya
    37.865 Views
  • 10 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Daya tarik dari kamera instan adalah Anda bisa mencetak foto secara langsung setelah mengambil gambar. Belakangan ini, Fujifilm sebagai salah satu produsen kamera instan yang terkemuka memproduksi kamera instan dengan berbagai warna, ukuran, dan karakter. Anda pasti bingung saat harus memilih yang terbaik, bukan?Jadi, kali ini kami akan merekomendasikan 10 kamera instan terbaik dari Fujifilm yang bisa Anda beli secara online dari e-commerce tepercaya, seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Namun, sebelumnya mari simak cara memilih kamera instan secara saksama berikut ini!
    Kamera lainnya
    28.072 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Kamera lainnya
    17.802 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera 360 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang petualang yang menyukai kegiatan outdoor? Bagi seorang traveler, kamera 360 menjadi perlengkapan dokumentasi yang wajib dimiliki. Kamera ini memiliki bentuk kecil sehingga praktis dibawa-bawa. Kemudian, kamera ini juga memiliki kelebihan lain, yakni mampu menangkap gambar 360 derajat dengan berbagai mode.Ada banyak jenis kamera 360, mulai dari yang memiliki harga murah hingga produk terbaik berspesifikasi tinggi. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih kamera 360. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Xiaomi, GoPro, Samsung, dan Insta360 sebagai referensi pilihan Anda. Selamat membaca!
    Kamera lainnya
    261 Views
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, IP camera menjadi kamera pengawas yang populer. Dibandingkan CCTV, IP camera diketahui lebih praktis dengan teknologi lebih modern. Anda dapat menyambungkan IP camera ke Wi-Fi agar dapat dikendalikan melalui ponsel. Resolusi gambar pada IP camera pun besar, hingga 4K. Selain itu, ada IP camera yang mampu merekam hingga 360 derajat.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli IP camera. Kami juga memberikan rekomendasi merk IP camera yang bagus, seperti Hikvision dan Xiaomi. Jika Anda sedang mencari IP camera, silakan baca artikel ini hingga akhir.
    Kamera lainnya
    81 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera Polaroid merupakan kamera instan pertama yang diciptakan di dunia. Ada beragam jenis kamera Polaroid yang dapat Anda miliki seperti kamera klasik tipe SX-70 atau kamera 600. Ada juga yang merupakan kamera digital instan seperti kamera Polaroid Mint atau Snap Touch. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan kebingungan memilih kamera terbaik.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih kamera terbaik. Tak ketinggalan, kami juga mengulas rekomendasi kamera terbaik dari Polaroid. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan kamera Polaroid yang tepat untuk Anda!
    Kamera lainnya
    1.119 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori