10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat ini di seluruh dunia semakin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, salah satu caranya dilakukan dengan menggunakan pembalut kain. Pembalut kain dinilai lebih aman dari bahan kimia, lebih hemat, serta lebih ramah lingkungan daripada pembalut sekali pakai yang banyak terdapat di pasaran.

Memilih pembalut kain, terutama bagi para pemula, merupakan hal yang cukup membingungkan. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain dan 10 rekomendasi produk tersebut agar Anda bisa menemukan pembalut kain terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pembalut kain

Pembalut kain yang tersedia di pasaran memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain dan berbeda pula dengan pembalut sekali pakai. Silakan baca penjelasan kami di bawah ini untuk menemukan yang paling sesuai untuk Anda.

Pilih berdasarkan tipe pembalut

Pembalut kain memiliki berbagai bentuk yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentukanlah yang menurut Anda paling sesuai untuk Anda.

Tipe berlian

Tipe berlian

Pembalut kain tipe berlian memiliki bentuk yang serupa dengan pembalut sekali pakai dengan sayap. Tipe berlian memiliki tiga lapis kain yang dijahit menyatu antara bagian luar dan bagian dalam. Bagian dalam inilah yang berguna untuk menyerap darah menstruasi. Tipe ini juga direkomendasikan bagi Anda yang mau mencoba pembalut kain untuk pertama kali karena bentuknya yang mirip pembalut sekali pakai. Kemudian, kancing pada pembalut ini terpasang pada sisi sayap kiri dan kanan, karena itu Anda perlu mengancingkannya setelah meletakkan pembalut ini pada celana dalam Anda. Di Indonesia sendiri, kebanyakan pembalut kain yang tersedia adalah pembalut tipe berlian ini.

Saat mencari pembalut kain, Anda juga perlu mencari yang anti bocor dan ringkas. Saat ini sudah banyak pembalut kain tipe ini yang dibuat waterproof untuk mencegah kebocoran. Meski demikian, ketika menstruasi Anda sedang deras-derasnya, Anda tetap perlu membawa beberapa buah pembalut sebagai cadangan. Lapisan kainnya yang cukup tebal juga membuatnya tidak cepat kering sehingga mungkin akan terasa kurang praktis.

Tipe lipat

Tipe lipat

Pembalut kain tipe lipat adalah tipe yang sudah banyak digunakan sejak dulu, di luar negeri. Tampilannya berbentuk segi empat seperti saputangan dan cukup dilipat menjadi tiga bagian saja untuk menggunakannya.

Keuntungan pembalut tipe ini adalah Anda bisa menggunakannya lebih dari sekali, jika Anda mengganti arah lipatannya. Namun, tetap ada kemungkinan bocor saat volume menstruasi sedang banyak. Oleh karena itu, bawalah cadangan atau pakai hanya ketika menstruasi Anda tinggal sedikit.

Pembalut kain ini juga tipis sehingga cepat kering saat dicuci. Akan tetapi, tidak semua tipe pembalut ini bersifat waterproof sehingga mungkin Anda akan membutuhkan lapisan tambahan yang bersifat waterproof atau pembalut cadangan lain. Sayangnya, pembalut tipe ini kurang populer di Indonesia sehingga masih sulit ditemukan di pasaran.

Tipe holder

Tipe holder

Pembalut kain tipe holder merupakan kombinasi dari kedua tipe di atas. Menggabungkan karakter keduanya, tipe ini menggunakan insert untuk menyerap darah menstruasi yang dipasangkan pada holder-nya yang bersayap. Holder-nya tidak bisa digunakan tersendiri tanpa insert karena tidak bisa menampung darah menstruasi.

Dengan pembalut tipe holder, Anda bisa menyesuaikan banyaknya insert yang ingin digunakan dan tidak perlu repot mengganti holder karena Anda cukup mengganti insert-nya saja. Dengan demikian, barang bawaan Anda akan lebih ringkas.

Harga pembalut kain tipe holder ini cenderung lebih tinggi daripada pembalut kain tipe lainnya. Akan tetapi, dengan pembalut tipe ini Anda cukup menggunakan satu holder dan beberapa insert dalam satu harinya. Hal ini bisa membantu menjaga budget Anda tetap rendah. Akan tetapi, tipe ini pun masih jarang ditemukan di Indonesia. Anda yang menginginkannya mungkin bisa coba mencarinya di luar negeri.

Sesuaikan ukuran dan ketebalan pembalut dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran dan ketebalan pembalut dengan kebutuhan Anda

Bagi pengguna pemula, akan ada kekhawatiran terjadinya kebocoran saat menggunakan pembalut kain. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Seperti pembalut sekali pakai, pembalut kain juga memiliki berbagai opsi ukuran dan ketebalan yang dapat Anda pilih dan Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat menstruasi.

Selain itu, ada juga pilihan untuk menggunakan insert yang memiliki sifat waterproof dan yang tidak. Anda dapat menggabungkan keduanya untuk mendapatkan hasil terbaik pada hari-hari menstruasi Anda. Hal ini mungkin membuat pembalut kain Anda terasa lebih tebal daripada pembalut sekali pakai, tetapi tentu akan memperkecil risiko kebocoran.

Perhatikan bahan pembuat kainnya

Perhatikan bahan pembuat kainnya

Kekhawatiran lainnya saat ingin mulai menggunakan pembalut kain adalah bahan pembuat kainnya. Bahan nilon seperti yang biasa terdapat pada pembalut sekali pakai tidak cocok digunakan oleh orang yang mempunyai kulit sensitif, mudah ruam, atau kemerahan pada kulitnya. Memang, efeknya pada setiap orang dapat berbeda, tetapi bila terjadi lecet akibat pemakaian pembalut, biasanya itu terjadi akibat pemakaian pembalut sekali pakai.

Untuk menahan agar tidak ada kebocoran, pembalut sekali pakai menggunakan bahan vinyl pada lapisan luarnya. Hal ini cukup efektif untuk menahan darah menstruasi yang tertampung agar tidak bocor, tetapi juga menyebabkan udara terperangkap di dalam pembalut. Udara yang terperangkap dapat menyebabkan bau tak sedap dan kondisi lembap sehingga menimbulkan iritasi dan meningkatkan risiko masuknya bakteri pada area sensitif Anda.

Pada pembalut kain, masalah ini jarang terjadi. Bahan kain yang berpori tidak menyebabkan udara terperangkap di dalamnya dan tidak menimbulkan berbagai permasalahan kulit tadi. Sebisa mungkin, pilihlah pembalut kain yang terbuat dari katun organik atau serat bambu organik yang lembut dan aman bagi kulit Anda.

Perbaiki mood dengan motif yang Anda sukai

Perbaiki mood dengan motif yang Anda sukai

Pada saat menstruasi, bukan hanya kondisi fisik saja yang terganggu, tetapi kondisi emosi juga seringkali  terpengaruh. Pada banyak wanita, menstruasi membuat mood menjadi kacau dan naik-turun. Memilih motif pembalut kain yang Anda sukai akan mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik dan membuat Anda tetap semangat saat menstruasi. Oleh karena itu, pilihlah motif yang menarik dan Anda sukai.

10 Rekomendasi pembalut kain terbaik

Berikut kami rekomendasikan 10 pembalut kain terbaik yang ramah lingkungan. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan preferensi Anda atau pilih berdasarkan tips di atas. Selamat memilih!

10. Baby Oz Night Menspad

10. Baby Oz Night Menspad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Tidur malam hari Anda akan lebih tenang berkat pembalut ini!

Ukuran pembalut kain ini cukup panjang yakni mencapai 35 cm, tetapi sangat tipis sehingga nyaman dikenakan. Anda yang mencari pembalut kain untuk dipakai saat tidur di malam hari bisa mencoba produk ini. Tak perlu khawatir akan risiko bocor atau rembes ke samping, Anda pasti bisa tidur dengan tenang.

Dengan pembalut ini, Anda dapat menggunakan satu atau lebih insert saat menstruasi Anda sedang banyak. Meskipun harga produk ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembalut kain lainnya, kualitas produk ini sepadan dengan harganya dan sangat bisa diandalkan pada hari-hari menstruasi Anda.

9. Klodiz FantasiFlo

9. Klodiz FantasiFlo 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Motif-motif cerianya akan menyemangati saat menstruasi Anda!

Pembalut kain tipe berlian ini memiliki bentuk melebar di bagian belakang yang membuat Anda tak perlu khawatir akan rembes atau bocor. Motif-motifnya ceria dan berwarna cerah sehingga bisa membuat mood Anda membaik. Anda yang menyukai warna dan motif ceria pasti senang menggunakan pembalut kain ini.

Terbuat dari bahan lembut yang dilaminasi, bahan insert dari microfiber, serta sifatnya yang waterproof akan membuat pembalut ini nyaman untuk Anda gunakan. Kemudian, bagian dalam pembalut ini dibuat dari bahan microsuede yang membuatnya mudah dibersihkan dari noda dan tidak mengiritasi kulit.

8. Cluebebe Day & Night Menspad

8. Cluebebe Day & Night Menspad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.000

Bepergian dengan tas kecil? Tenang, pembalut ini muat di dalam tas Anda

Bagian outer dari pembalut bertipe berlian ini terbuat dari bahan polyester yang dilaminasi sehingga tahan bocor, sedangkan bagian dalamnya terbuat dari microfleece yang lembut dan menyerap keringat sehingga tidak lembap. Kemudian, insert-nya dibuat dari microfiber yang berdaya serap tinggi.

Terdapat tiga pilihan ukuran, yakni pantyliner sepanjang 17 cm, day sepanjang 28 cm, dan night sepanjang 35 cm. Paket ini sendiri terdiri dari pembalut day dan night yang bisa disesuaikan dengan volume menstruasi Anda. Ringkas dan mudah dilipat, produk ini cocok bila Anda ingin pembalut yang mudah dibawa dalam tas kecil.

7. Mwise Day Menspad

7. Mwise Day Menspad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 15.000

Tidak takut bocor meski menstruasi sedang deras-derasnya

Insert pada pembalut kain ini terbuat dari bahan polar dengan daya serap hingga 200 ml. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan bocor meski menstruasi Anda sedang deras-derasnya. Kemudian, bagian luarnya terbuat dari bahan soft polyester yang lembut, tetapi memiliki sifat waterproof.

Permukaan pembalut ini juga cepat kering berkat pori-porinya yang besar. Hal tersebut juga membuat noda menjadi lebih mudah dibersihkan. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman saat menggunakannya karena sirkulasi udara yang lancar akan membuat area kewanitaan Anda tidak lembap.

6. Queen-V Maxi Menspad

6. Queen-V Maxi Menspad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 98.000

Tidak musah rusak, lho! Malah, dapat digunakan hingga 36 kali

Satu pak pembalut kain ini berisi enam buah pembalut bertipe berlian. Dengan panjang 35 cm, pembalut ini memiliki kemampuan serap yang tinggi. Tersedia dalam pilihan warna-warna cerah dan motif beragam, tentunya pembalut ini akan membantu meringankan mood jelek Anda saat menstruasi.

Pemakaian pembalut kain, meski mahal di awal, tetapi akan terasa murah belakangan. Selain itu, produk ini juga membantu kita mengurangi sampah karena satu produk pembalut ini dapat digunakan sebanyak 36 kali. Jika Anda seorang pencinta lingkungan yang ingin mencoba pembalut kain, produk ini cocok bagi Anda.

5. Faaza Night Menspad Pack

8. Faaza Night Menspad Pack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 87.300

Satu pack isi 6? Sangat ekonomis!

Pembalut kain ini berbahan lembut dan nyaman karena terbuat dari katun dilapis jastbaby. Bentuk pembalut ini agak berbeda dengan tipe berlian lainnya, bagian sayapnya lebar sehingga menjamin tidak bocor ke samping. Insert yang terbuat dari paduan bahan bambu dan microfiber juga berguna untuk menahan cairan agar tidak bocor.

Paket pembeliannya berisi 6 buah pembalut yang bisa Anda gunakan berulang kali serta bebas dari bahan kimia. Dengan demikian, pembalut yang memiliki bahan insert antibakteri ini akan sangat ekonomis dan menghemat pengeluaran Anda. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan pembalut berkualitas nan ekonomis!

4. GG Menspad Pack

5. GG Menspad Pack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 111.000

Atasi ‘banjir’ saat hari-hari menstruasi Anda tanpa kebocoran

Pembalut kain berbentuk berlian ini memiliki tiga cara penggunaan. Dapat digunakan sebagai pantyliner, daytime, maupun overnight untuk menemani tidur malam Anda dengan rasa aman. Daya serapnya tinggi, mulai dari 20 ml sampai 110 ml sehingga Anda yang sedang menstruasi banyak tidak perlu khawatir akan kebocoran.

Memakai pembalut kain ini rasanya seperti memakai pembalut sekali pakai, Anda bisa bergerak dengan bebas dan nyaman. Bahan inner terbuat dari bahan microfleece yang sangat lembut tidak akan menyebabkan iritasi kulit dan outer yang dilaminasi PUL (Polyurethane Laminate) akan membuat pembalut ini semakin tahan bocor.

3. NVME Menspad Set

3. NVME Menspad Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Lembut dan halus seperti boneka, pembalut yang nyaman digunakan

Bagi yang menyukai bahan lembut dengan bulu-bulu halus, pembalut ini bisa menjadi pilihan Anda. Dengan bagian outer dari bahan minky, pembalut kain ini hadir dalam beberapa pilihan motif dan warna menarik. Sifat stay dry-nya membuat pembalut ini tidak lembap saat digunakan berkat microfiber berdaya serap tingginya.

Pembalut ini memiliki dua ukuran, regular untuk pemakaian siang hari dan heavy flow untuk malam hari. Ukuran regular bisa digunakan sampai 4 jam sehingga Anda perlu membawa cadangan jika ingin pergi seharian. Kedua ukuran tersebut sudah dirancang bersifat anti bocor sehingga Anda bisa bebas bergerak dan beraktivitas seperti biasa.

2. Ananda Maxi Menspad

2. Ananda Maxi Menspad

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Bentuk ergonomis, tanpa kerut, dan praktis!

Pembalut kain ini memiliki desain yang berbeda dari pembalut lainnya. Produk ini memiliki tali pinggang elastis yang bisa diatur hingga 130 cm sehingga pembalut ini bisa nyaman dipakai oleh semua wanita. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, cukup Anda kenakan seperti memakai celana dalam biasa.

Bagian dalamnya terbuat dari bahan velour yang mudah dicuci dan insert dari bahan semi microfiber berdaya serap tinggi. Desain ergonomisnya juga membuat pembalut ini tidak mudah bergeser dan berkerut. Anda yang menyukai pembalut yang praktis dan mudah dikenakan patut mencoba pembalut kain ini.

1. Sakina Night Menspad

1. Sakina Night Menspad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.000

Terdapat bukaan belakang untuk menambahkan insert, inovatif!

Pembalut kain ini bertipe berlian yang sudah dimodifikasi pada bukaan di bagian belakangnya. Dengan adanya bukaan ini, Anda bisa mencuci pembalut sampai bagian dalamnya sampai bersih. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan insert lagi bila diperlukan pada saat menstruasi Anda sedang banyak.

Dengan desain pembalut seperti ini, Anda tidak perlu membawa banyak pembalut cadangan saat bepergian. Anda hanya perlu membawa beberapa insert saja dan cukup mengganti atau menambahkan insert sesuai kebutuhan Anda. Dengan masa pakai selama 2 tahun, rasanya produk ini cukup awet, bukan?

Kesimpulan

Kami telah memberi tips cara memilih pembalut kain serta rekomendasi produknya. Dengan memakai pembalut kain berarti Anda telah ikut menjaga kelestarian bumi dengan tidak menambahkan sampah pembalut sekali pakai. Selain lebih hemat, kulit di daerah sensitif Anda juga akan terlindung dari zat-zat kimia yang berbahaya. Pastikan Anda memilih pembalut kain yang paling sesuai dengan kondisi Anda, ya. Selamat memilih!