• 10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saat ini di seluruh dunia semakin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, salah satu caranya dilakukan dengan menggunakan pembalut kain. Pembalut kain dinilai lebih aman dari bahan kimia, lebih hemat, serta lebih ramah lingkungan daripada pembalut sekali pakai yang banyak terdapat di pasaran.

Memilih pembalut kain, terutama bagi para pemula, merupakan hal yang cukup membingungkan. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain dan 10 rekomendasi produk tersebut agar Anda bisa menemukan pembalut kain terbaik. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 21 Mei 2020
  • 12.820 Views
Daftar isi

Cara memilih pembalut kain

Pembalut kain yang tersedia di pasaran memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain dan berbeda pula dengan pembalut sekali pakai. Silakan baca penjelasan kami di bawah ini untuk menemukan yang paling sesuai untuk Anda.

Pilih berdasarkan tipe pembalut

Pembalut kain memiliki berbagai bentuk yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentukanlah yang menurut Anda paling sesuai untuk Anda.

Tipe berlian

Tipe berlian
Pembalut kain tipe berlian memiliki bentuk yang serupa dengan pembalut sekali pakai dengan sayap. Tipe berlian memiliki tiga lapis kain yang dijahit menyatu antara bagian luar dan bagian dalam. Bagian dalam inilah yang berguna untuk menyerap darah menstruasi. Tipe ini juga direkomendasikan bagi Anda yang mau mencoba pembalut kain untuk pertama kali karena bentuknya yang mirip pembalut sekali pakai. Kemudian, kancing pada pembalut ini terpasang pada sisi sayap kiri dan kanan, karena itu Anda perlu mengancingkannya setelah meletakkan pembalut ini pada celana dalam Anda. Di Indonesia sendiri, kebanyakan pembalut kain yang tersedia adalah pembalut tipe berlian ini.
Saat mencari pembalut kain, Anda juga perlu mencari yang anti bocor dan ringkas. Saat ini sudah banyak pembalut kain tipe ini yang dibuat waterproof untuk mencegah kebocoran. Meski demikian, ketika menstruasi Anda sedang deras-derasnya, Anda tetap perlu membawa beberapa buah pembalut sebagai cadangan. Lapisan kainnya yang cukup tebal juga membuatnya tidak cepat kering sehingga mungkin akan terasa kurang praktis.

Tipe lipat

Tipe lipat
Pembalut kain tipe lipat adalah tipe yang sudah banyak digunakan sejak dulu, di luar negeri. Tampilannya berbentuk segi empat seperti saputangan dan cukup dilipat menjadi tiga bagian saja untuk menggunakannya.
Keuntungan pembalut tipe ini adalah Anda bisa menggunakannya lebih dari sekali, jika Anda mengganti arah lipatannya. Namun, tetap ada kemungkinan bocor saat volume menstruasi sedang banyak. Oleh karena itu, bawalah cadangan atau pakai hanya ketika menstruasi Anda tinggal sedikit.
Pembalut kain ini juga tipis sehingga cepat kering saat dicuci. Akan tetapi, tidak semua tipe pembalut ini bersifat waterproof sehingga mungkin Anda akan membutuhkan lapisan tambahan yang bersifat waterproof atau pembalut cadangan lain. Sayangnya, pembalut tipe ini kurang populer di Indonesia sehingga masih sulit ditemukan di pasaran.

Tipe holder

Tipe holder
Pembalut kain tipe holder merupakan kombinasi dari kedua tipe di atas. Menggabungkan karakter keduanya, tipe ini menggunakan insert untuk menyerap darah menstruasi yang dipasangkan pada holder-nya yang bersayap. Holder-nya tidak bisa digunakan tersendiri tanpa insert karena tidak bisa menampung darah menstruasi.
Dengan pembalut tipe holder, Anda bisa menyesuaikan banyaknya insert yang ingin digunakan dan tidak perlu repot mengganti holder karena Anda cukup mengganti insert-nya saja. Dengan demikian, barang bawaan Anda akan lebih ringkas.
Harga pembalut kain tipe holder ini cenderung lebih tinggi daripada pembalut kain tipe lainnya. Akan tetapi, dengan pembalut tipe ini Anda cukup menggunakan satu holder dan beberapa insert dalam satu harinya. Hal ini bisa membantu menjaga budget Anda tetap rendah. Akan tetapi, tipe ini pun masih jarang ditemukan di Indonesia. Anda yang menginginkannya mungkin bisa coba mencarinya di luar negeri.

Sesuaikan ukuran dan ketebalan pembalut dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran dan ketebalan pembalut dengan kebutuhan Anda
Bagi pengguna pemula, akan ada kekhawatiran terjadinya kebocoran saat menggunakan pembalut kain. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Seperti pembalut sekali pakai, pembalut kain juga memiliki berbagai opsi ukuran dan ketebalan yang dapat Anda pilih dan Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat menstruasi.
Selain itu, ada juga pilihan untuk menggunakan insert yang memiliki sifat waterproof dan yang tidak. Anda dapat menggabungkan keduanya untuk mendapatkan hasil terbaik pada hari-hari menstruasi Anda. Hal ini mungkin membuat pembalut kain Anda terasa lebih tebal daripada pembalut sekali pakai, tetapi tentu akan memperkecil risiko kebocoran.

Perhatikan bahan pembuat kainnya

Perhatikan bahan pembuat kainnya
Kekhawatiran lainnya saat ingin mulai menggunakan pembalut kain adalah bahan pembuat kainnya. Bahan nilon seperti yang biasa terdapat pada pembalut sekali pakai tidak cocok digunakan oleh orang yang mempunyai kulit sensitif, mudah ruam, atau kemerahan pada kulitnya. Memang, efeknya pada setiap orang dapat berbeda, tetapi bila terjadi lecet akibat pemakaian pembalut, biasanya itu terjadi akibat pemakaian pembalut sekali pakai.
Untuk menahan agar tidak ada kebocoran, pembalut sekali pakai menggunakan bahan vinyl pada lapisan luarnya. Hal ini cukup efektif untuk menahan darah menstruasi yang tertampung agar tidak bocor, tetapi juga menyebabkan udara terperangkap di dalam pembalut. Udara yang terperangkap dapat menyebabkan bau tak sedap dan kondisi lembap sehingga menimbulkan iritasi dan meningkatkan risiko masuknya bakteri pada area sensitif Anda.
Pada pembalut kain, masalah ini jarang terjadi. Bahan kain yang berpori tidak menyebabkan udara terperangkap di dalamnya dan tidak menimbulkan berbagai permasalahan kulit tadi. Sebisa mungkin, pilihlah pembalut kain yang terbuat dari katun organik atau serat bambu organik yang lembut dan aman bagi kulit Anda.

Perbaiki mood dengan motif yang Anda sukai

Perbaiki mood dengan motif yang Anda sukai
Pada saat menstruasi, bukan hanya kondisi fisik saja yang terganggu, tetapi kondisi emosi juga seringkali terpengaruh. Pada banyak wanita, menstruasi membuat mood menjadi kacau dan naik-turun. Memilih motif pembalut kain yang Anda sukai akan mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik dan membuat Anda tetap semangat saat menstruasi. Oleh karena itu, pilihlah motif yang menarik dan Anda sukai.

10 Rekomendasi pembalut kain terbaik

Berikut kami rekomendasikan 10 pembalut kain terbaik yang ramah lingkungan. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan preferensi Anda atau pilih berdasarkan tips di atas. Selamat memilih!
10
9
8
7
6

Queen-VMaxi Menspad

Rp 68.500,00

5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk pembalut kain terbaik

Gambar produk
1
Sakina Night Menspad 1

Sakina

2
Ananda Maxi Menspad 1

Ananda

3
NVme Menspad Set 1

NVme

4
GG Menspad Paket 1

GG

5
Faaza Night Menspad Pack 1

Faaza

6
Queen-V Maxi Menspad 1

Queen-V

7
Mwise Day Menspad 1

Mwise

8
Cluebebe Day & Night Menspad 1

Cluebebe

9
Klodiz Menspad Day 1

Klodiz

10
Baby Oz Night Menspad 1

Baby Oz

Nama produk

Night Menspad

Maxi Menspad

Menspad Set

Menspad Paket

Night Menspad Pack

Maxi Menspad

Day Menspad

Day & Night Menspad

Menspad Day

Night Menspad

KeunggulanTerdapat bukaan belakang un...Bentuk ergonomis, tanpa ker...Lembut dan halus seperti bo...Atasi ‘banjir’ saat hari-ha...Satu pack isi 6? Sangat eko...Tidak musah rusak, lho! Mal...Tidak takut bocor meski men...Bepergian dengan tas kecil?...Motif-motif cerianya akan m...Tidur malam hari Anda akan ...
HargaRp 18.000,00Rp 28.000,00Rp 80.000,00Rp 69.800,00Rp 85.000,00Rp 68.500,00Rp 34.500,00Rp 57.000,00Rp 28.800,00Rp 33.200,00
Tautan produk

Kesimpulan

Kami telah memberi tips cara memilih pembalut kain serta rekomendasi produknya. Dengan memakai pembalut kain berarti Anda telah ikut menjaga kelestarian bumi dengan tidak menambahkan sampah pembalut sekali pakai. Selain lebih hemat, kulit di daerah sensitif Anda juga akan terlindung dari zat-zat kimia yang berbahaya. Pastikan Anda memilih pembalut kain yang paling sesuai dengan kondisi Anda, ya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    401.181 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    247.578 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    275.865 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    311.727 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    318.935 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    334.474 Views
  • 10 Rekomendasi Body Serum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Body Serum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Produk serum mungkin lebih dikenal untuk perawatan kulit wajah dan area mata saja. Namun, sekarang ada produk body serum yang mampu memberikan nutrisi lebih untuk kulit tubuh Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai hal mengenai body serum.Untuk mempermudah Anda, kami telah menyiapkan tips memilih body serum yang pas untuk kulit Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk body serum terbaik, seperti Nivea, Vaseline, Mineral Botanica, dan banyak lagi. Jangan sampai ada yang terlewatkan dan selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    4.944 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori