• 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini makin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dengan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, menggunakan pembalut kain cuci ulang adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah. Dibandingkan menstrual pad sekali pakai, pembalut kain dinilai lebih aman, hemat, dan ramah lingkungan. 

Memilih pembalut kain, terutama untuk para pemula, cukup membingungkan, bukan? Oleh karena itu, kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain natural yang bagus. Temukan juga rekomendasi produk terbaik, seperti merek Hannahpad, Demibumi, dan BabyClo. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Maryami Y. Kosim
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Perawat, Maryami Y. Kosim

Profil pakar: Perawat, Maryami Y. Kosim
Maryami Y. Kosim
Perawat
Maryami Y. Kosim

Maryami adalah seorang perawat yang saat ini sedang mengambil studi doktor di bidang Bencana Nuklir di Hiroshima University. Beliau berpengalaman sebagai perawat ICU bedah jantung, aktivis NGO kebencanaan, dan dosen Ilmu Keperawatan.


Maryami juga memiliki kepedulian tinggi pada pendidikan dan penyebaran informasi kesehatan yang tepat di masyarakat. Hal ini penting dalam rangka memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, emosional, dan sosial mereka.

Apa itu pembalut kain?

Sesuai dengan namanya, pembalut kain adalah pembalut yang terbuat dari kain. Umumnya pembalut kain ini terbuat dari bahan natural yang ramah untuk kulit seperti katun. Ketimbang pembalut sekali pakai, pembalut kain memiliki bahan yang lebih breathable


Selain itu, pembalut ini juga tidak menggunakan bahan kimia seperti polimer. Oleh karena itu, pembalut ini dapat menjadi pilihan Anda yang memiliki keluhan gatal atau lecet pada area kewanitaan. Tidak lupa, pembalut kain juga ramah lingkungan karena dapat dicuci dan dipakai berulang kali


Pembalut kain juga ditawarkan dalam berbagai macam ukuran. Anda bebas memilih sesuai kebutuhan, mulai dari pembalut untuk malam hari, pembalut harian, ataupun pantylinerSama halnya dengan pembalut sekali pakai, Anda juga perlu mengganti pembalut kain setiap 4–6 jam sekali.


Banyak orang mengatakan bahwa sekali Anda mencoba pembalut kain, Anda akan ketagihan. Daripada penasaran terus, bagaimana jika mencobanya sekarang?

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pembalut kain

Pembalut kain yang tersedia di pasaran memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produknya, mari ketahui cara memilih pembalut kain yang tepat berikut ini!

Pilih tipe pembalut berdasarkan gaya hidup Anda

Di bawah ini kami akan menjelaskan tipe-tipe pembalut kain, yaitu tipe menyatu, tipe lipat, dan tipe holder. Mari temukan jenis yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda!

Tipe menyatu, penggunaannya mudah dan cocok untuk pemula

Tipe menyatu, penggunaannya mudah dan cocok untuk pemula

Tipe menyatu adalah pembalut kain yang dibuat dengan cara menjahitkan beberapa lembar kain menjadi satu. Tipe ini dibagi lagi menjadi dua model, yaitu model bersayap dan model belah ketupat.


Pada dasarnya, tipe ini dilengkapi dengan kancing di kedua sisinya untuk menjepitkan pembalut. Tipe ini direkomendasikan untuk pemula karena cara pemasangan dan desainnya tidak berbeda jauh dengan pembalut sekali pakai. Di samping itu, saat membawa cadangan, pembalut ini juga praktis dibawa ke mana-mana.


Namun, pembalut kain ini memiliki lapisan yang tebal sehingga lebih susah kering. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memiliki beberapa lembar pembalut sebagai cadangan. Di Indonesia sendiri, pembalut dengan tipe menyatu ini paling banyak ditemukan di pasaran.

Tipe lipat, satu pembalut dapat digunakan lebih dari satu kali

Tipe lipat, satu pembalut dapat digunakan lebih dari satu kali

Tipe lipat adalah pembalut berbentuk persegi empat yang digunakan dengan cara melipatnya menjadi tiga. Kelebihan pembalut ini adalah satu pembalut dapat digunakan untuk dua kali pemakaian. Anda hanya perlu melipat bagian yang sudah terkena darah ke arah dalam. Namun, tipe ini biasanya tidak disertai dengan kancing. 


  • Untuk Anda yang khawatir pembalut akan bergeser, gunakanlah holder tambahan. Anda dapat menggunakan pembalut ini dalam satu lapisan saja. Namun, jika perlu, Anda dapat menumpuknya menjadi dua lapisan. 


  • Ketika menstruasi sedang deras-derasnya, lebih aman jika Anda menambah insert ke dalam pembalutnya. Jika Anda melipatnya berlapis-lapis, pembalut ini jadi dapat digunakan saat menstruasi sedang banyak. Jika Anda melipatnya secara diagonal yang memanjang, Anda dapat menggunakannya untuk malam hari. 

Pembalut tipe ini terbilang cukup tipis dan bentuknya seperti sapu tangan sehingga mudah dikeringkan. Bagi Anda yang kurang suka menjemur pembalut, baik di luar maupun di dalam ruangan, pembalut ini dapat Anda pilih. Sayangnya, pembalut tipe ini kurang populer di Indonesia sehingga masih sulit ditemukan di pasaran.

Tipe holder, cara membersihkan dan perawatannya lebih mudah

Tipe holder, cara membersihkan dan perawatannya lebih mudah

Tipe holder digunakan dengan cara memasukkan insert untuk menyerap darah menstruasi ke dalam holder-nya. Sebagai informasi tambahan, holder ini tidak bisa digunakan sendiri tanpa insert karena tidak bisa menampung darah menstruasi.


Dengan pembalut tipe holder, Anda bisa menyesuaikan banyaknya insert yang ingin digunakan. Pada beberapa model pembalut, Anda bahkan tidak perlu repot mengganti holder karena cukup diganti insert-nya saja. Dengan demikian, barang bawaan Anda akan jadi lebih ringkas.


Harga pembalut kain tipe holder ini cenderung lebih tinggi daripada pembalut kain tipe lainnya. Akan tetapi, dengan pembalut ini, Anda cukup menggunakan satu holder dan beberapa insert dalam satu harinya. Dengan harga insert yang sangat terjangkau, Anda pun dapat menghemat bujet.

Perhatikan bahan dasar pembuatnya

Perhatikan bahan dasar pembuatnya

Selanjutnya, hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih pembalut kain adalah bahan pembuatnya. Hal ini penting terutama untuk Anda yang berkulit sensitif seperti mudah gatal saat menggunakan pembalut biasa. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah kain berserat kimia dan pilih bahan yang ramah untuk kulit Anda. 


  • Katun adalah salah satu bahan kain yang sangat dianjurkan untuk dipilih. Kain ini memiliki tekstur yang lembut, adem, dan tidak membuat udara terperangkap. Katun dibagi menjadi bermacam-macam tipe dilihat dari cara membuatnya, seperti flanel, waffle weave, pile fabric, dan lainnya. 

  • Kain sutra juga dikenal ramah untuk kulit manusia. Jenis kain ini dipercaya dapat menghindarkan pemakainya dari iritasi. Selain itu, ada juga kain dari serat bambu organik yang sekarang sedang tren karena ramah untuk kulit dan lingkungan.

Namun, ingat, seberapa pun lembut bahannya, efeknya akan berbeda-beda pada setiap pemakainya. Jadi, lebih baik kenali tipe kulit Anda dengan mencoba berbagai macam bahan kain.

Pertimbangkan produk set jika ragu memilih ukuran yang tepat

Jika Anda masih ragu memilih ukuran pembalut yang tepat, cobalah produk yang dijual dalam bentuk set. Anda juga dapat memilih ukuran pembalut kain berdasarkan banyak atau tidaknya darah yang keluar pada hari itu. Anda dapat memilih ukuran berdasarkan kategorinya, seperti pantyliner, pembalut malam, pembalut harian, dan sebagainya


Meskipun begitu, setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Pembalut yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda. Pada kasus seperti itu, pilihlah produk yang ditawarkan dalam ukuran bervariasi


Dengan begitu, Anda akan mudah menyesuaikan pembalut dengan banyaknya darah yang keluar. Nah, setelah terbiasa, Anda akan tahu ukuran mana yang tepat untuk Anda. Dari situ, Anda akan mudah menentukan pembalut yang tepat saat akan membelinya.

Perbaiki mood dengan motif yang Anda sukai

Pada saat menstruasi, bukan hanya kondisi fisik saja yang terganggu, tetapi kondisi emosi juga sering kali terpengaruh. Pada banyak wanita, menstruasi membuat mood menjadi kacau dan turun naik. 


Memilih motif pembalut kain yang Anda sukai akan mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Anda pun akan tetap bersemangat walaupun sedang menstruasi. Oleh karena itu, saat memilih pembalut kain, pilihlah motif yang menarik dan Anda sukai!

10 Rekomendasi pembalut kain terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pembalut kain terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 11 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Baby Oz Pembalut Kain memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Hannahpad Medium Pad yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Maryami Y. Kosim.

Gambar produk
1
Baby Oz Menspad 1

Baby Oz

2
Ningrat Menspad 1

Ningrat

3
Demibumi Menspad Single – Waterproof 1

Demibumi

4
BabyClo Menstrual Pad Size 21 cm X 16 cm 1

BabyClo

5
Demibumi Menstrual Pad Refill 1

Demibumi

6
Yuspin Pembalut Kain Reguler 1

Yuspin

7
Cluebebe Menstrual Pad Night 1

Cluebebe

8
Nadnad by Sakina  Pembalut Kain Mix  1

Nadnad by Sakina

9
KindKain  Reusable Menstrual Pad Day 1

KindKain

10
Hannahpad Medium Pad 1

Hannahpad

Nama produk

Menspad

Menspad

Menspad Single – Waterproof

Menstrual Pad Size 21 cm X 16 cm

Menstrual Pad Refill

Pembalut Kain Reguler

Menstrual Pad Night

Pembalut Kain Mix

Reusable Menstrual Pad Day

Medium Pad

Keunggulan

Motinya lucu, dilengkapi pocket untuk menambah daya tampung

Seperti pembalut sekali pakai, nyaman, tidak tebal, dan cepat kering

Tidak takut bocor meski menstruasi sedang deras-derasnya

Menggunakan bamboo charcoal fiber yang mampu menetralkan bau

Mudah disesuaikan dengan kebutuhan berkat insert pad yang dapat dilepas pasang

Paket hemat, beli satu pack dapat enam pembalut berukuran sama!

Pembalut kain khusus malam hari, berdaya serap tinggi dan antilembap

Satu pack isi empat menspad beragam tipe? Sangat ekonomis!

Masa pakai menstrual pad ini mencapai 7 tahun, lho

Menggunakan bahan katun organik yang ramah untuk kulit

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 17.000,00Rp 50.000,00Rp 29.700,00Rp 60.000,00Rp 151.500,00Rp 35.000,00Rp 52.000,00Rp 58.000,00Rp 189.000,00
TipeMenyatuMenyatuMenyatuMenyatuMenyatu, holderMenyatuMenyatuMenyatuMenyatuMenyatu
BahanWaterproof PUL, microfleece, bambuWaterproof PUL, microfiber, microfleeceKatunBamboo charcoal fabric, waterproof PULKatunKatunPoliester, microfleece fabricKatun, diadoraMicrofleech, microfiberKatun organik
Panjang pembalut35 cm, 27 cm, 20 cm35 cm, 30 cm, 27 cm, 20 cm20 cm, 26 cm, 32 cm21 cm32 cm, 25 cm, 20 cm35 cm, 30 cm, 27 cm, 23 cm, 18 cm34 cm20 cm, 27 cm, 35 cm27,5 cm27 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut1 pembalut1 pembalut1 pembalut1 pembalut, 2 insert refill6 pembalut berukuran sama1 pembalut1 pantyliner, 2 day, 1 night1 pembalut1 pembalut
Tautan produk
10
TipeMenyatu
BahanKatun organik
Panjang pembalut27 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut
9

KindKain Reusable Menstrual Pad Day

Mulai dari Rp 58.000,00

TipeMenyatu
BahanMicrofleech, microfiber
Panjang pembalut27,5 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut
8

Nadnad by Sakina Pembalut Kain Mix

Mulai dari Rp 52.000,00

TipeMenyatu
BahanKatun, diadora
Panjang pembalut20 cm, 27 cm, 35 cm
Isi dalam satu kemasan1 pantyliner, 2 day, 1 night
7
TipeMenyatu
BahanPoliester, microfleece fabric
Panjang pembalut34 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut
6
TipeMenyatu
BahanKatun
Panjang pembalut35 cm, 30 cm, 27 cm, 23 cm, 18 cm
Isi dalam satu kemasan6 pembalut berukuran sama
5

DemibumiMenstrual Pad Refill

Mulai dari Rp 60.000,00

TipeMenyatu, holder
BahanKatun
Panjang pembalut32 cm, 25 cm, 20 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut, 2 insert refill
4

BabyCloMenstrual Pad Size 21 cm X 16 cm

Mulai dari Rp 29.700,00

TipeMenyatu
BahanBamboo charcoal fabric, waterproof PUL
Panjang pembalut21 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut
3

DemibumiMenspad Single – Waterproof

Mulai dari Rp 50.000,00

TipeMenyatu
BahanKatun
Panjang pembalut20 cm, 26 cm, 32 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut
2
TipeMenyatu
BahanWaterproof PUL, microfiber, microfleece
Panjang pembalut35 cm, 30 cm, 27 cm, 20 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut
1
TipeMenyatu
BahanWaterproof PUL, microfleece, bambu
Panjang pembalut35 cm, 27 cm, 20 cm
Isi dalam satu kemasan1 pembalut

Tips membersihkan pembalut kain yang benar

Tips membersihkan pembalut kain yang benar
Sebenarnya, cara membersihkan pembalut kain sama seperti mencuci kain pada umumnya. Hanya saja, dibutuhkan kehati-hatian agar tidak merusak serat kain. Sebisa mungkin hindari menggunakan detergen biasa karena kandungannya yang keras berisiko menimbulkan iritasi.


Anda bisa menggunakan sabun cuci khusus untuk pembalut kain atau sabun yang dibuat untuk mencuci popok bayi. Berikut kami berikan tips membersihkan pembalut kain yang benar.


  • Gunakan air dingin untuk menghilangkan darah pada pembalut. Jangan gunakan air panas karena justru bisa meninggalkan noda darah. 
  • Diamkan minimal 30 menit agar noda darah terangkat. Pastikan sisi pembalut yang terkena darah menghadap ke bawah agar darah lebih mudah hilang.
  • Setelah direndam, cuci pembalut kain di bawah air yang mengalir. Lakukan sampai tidak ada lagi warna kemerahan.
  • Cuci seluruh permukaan pembalut kain menggunakan sabun khusus. Sebisa mungkin hindari mengucek terlalu keras. Cukup gosok secara perlahan pada bagian yang bernoda.
  • Selanjutnya, bilas pembalut kain dengan air mengalir hingga tidak ada busa yang tertinggal. Jangan memeras pembalut kain terlalu kencang agar bagian dalamnya tidak rusak atau menyusut. Cukup tekan-tekan secara perlahan untuk mengeluarkan air.
  • Lakukan pengeringan seperti cucian yang lain. Anda bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari atau menggunakan mesin pengering berkekuatan kecil. 

Baca juga rekomendasi produk kewanitaan lainnya di sini

Pembalut kain bukanlah satu-satunya produk yang dapat Anda pilih untuk menjaga area kewanitaan. Selain pembalut, ada banyak pilihan produk lain yang bisa Anda coba, seperti menstrual cup dan sebagainya. Jika Anda berencana mencobanya, jangan sampai lewatkan artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah memberi tips cara memilih pembalut kain serta membagikan rekomendasi produknya. Dengan memakai pembalut kain, Anda telah ikut menjaga kelestarian bumi dengan tidak menambah sampah pembalut sekali pakai. 

Selain lebih hemat, kulit di daerah sensitif Anda juga akan terlindungi dari zat-zat kimia yang berbahaya. Pastikan Anda memilih pembalut kain yang paling sesuai dengan kondisi Anda, ya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kaum milenial pasti sudah tak asing lagi dengan vape atau rokok elektronik. Untuk vaping, tentunya Anda memerlukan liquid vape atau vape juice. Liquid adalah cairan vape yang hadir dalam berbagai pilihan level nikotin, rasa, serta aroma yang berbeda-beda.Kali ini kami akan berbagi tips memilih liquid vape yang enak. Berbagai merek liquid vape yang bagus, seperti Oat Drips, Juicenation, Indonesia Juice Cartel, dan Movi, ada dalam rekomendasi kami. Anda bisa menemukan liquid murah dengan harga belasan ribu sampai yang mahal seharga ratusan ribu rupiah. Langsung saja simak artikelnya!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Vapor atau rokok elektronik adalah sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS.Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor terbaik, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih vapor sekaligus merekomendasikan merek vapor yang bagus, seperti Smoant, SMOK, dan Joyetech. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Pampers Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pampers Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada berbagai kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan orang dewasa kesulitan untuk menahan urine dan feses. Usia lanjut, diabetes, obesitas, atau kelainan saraf yang mengatur fungsi berkemih adalah sebagian dari contohnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai pampers dewasa atau popok dewasa.Kali ini kami akan mengulas tentang tips memilih popok dewasa yang bagus. Kami juga berbagi rekomendasi merek pampers dewasa terbaik, seperti Confidence, Certainty, dan Lifree. Harga dan ukurannya beragam, dari M, L, sampai XL. Anda juga bisa menemukan produk kemasan sachet. Mari simak artikel ini untuk menemukan popok dewasa terbaik!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Ada banyak merek pencukur miss V yang bagus di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Kemei. Kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Selain bagian luar, area kewanitaan yang tersembunyi juga harus dirawat oleh wanita, baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkannya menggunakan pembersih kewanitaan yang bagus dan aman. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya tidak salah pilih sabun kewanitaan.  Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih pembersih kewanitaan dan merekomendasikan sabun kewanitaan terbaik. Anda akan menemukan produk dari merek Betadine, Purbasari Sabun Sirih Manjakani, atau Absolute Hypoallergenic. Anda tak perlu ragu, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pembalut Terbaik untuk Malam Hari - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembalut Terbaik untuk Malam Hari - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai wanita, pastinya Anda mengetahui bagaimana repotnya bila sedang menstruasi, terlebih saat Anda tidur di malam hari. Supaya tidak bocor, Anda perlu menggunakan pembalut malam. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih pembalut malam antibocor terbaik. Berbagai merek pembalut untuk malam hari dari Laurier, Charm, dan Softex akan kami ulas dalam artikel ini. Beragam pembalut untuk tidur dan celana menstruasi juga ada, lho! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Agar tidur makin tenang saat menstruasi, yuk, simak ulasan kami sampai habis!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tampon Terbaik untuk Haid - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan tampon waktu haid kini makin diminati oleh para wanita. Dengan bentuk mungil seperti silinder, tampon menawarkan kenyamanan yang tidak didapatkan ketika memakai pembalut. Merek-merek tampon yang bagus juga mudah ditemukan di pasaran, seperti Natracare, Tampax, dan O.B.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih tampon untuk haid. Karena itu, kami akan berbagi tips memilih tampon sekaligus memberi rekomendasi produknya. Tak lupa, ada juga penjelasan cara memakai tampon yang benar di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Yuk, disimak!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori