10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria Usia 30-an (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria Usia 30-an (Terbaru Tahun 2018)

Pada umur 20-an biasanya pria lebih menyukai aroma yang segar dan energik, tetapi saat memasuki usia 30-an, perlahan-lahan preferensinya akan berubah menjadi lebih menyukai aroma maskulin. Di pasaran sendiri terdapat banyak merek parfum dengan berbagai aroma seperti Channel, Bvlgari, Gucci, Hugo Boss, Dior, dan sebagainya. Jadi, temukanlah parfum yang cocok dengan preferensi Anda.

Kali ini, kami akan merekomendasikan 10 parfum terbaik untuk pria usia 30-an beserta cara memilihnya. Silakan jadikan artikel ini sebagai bahan referensi Anda dalam memilih parfum dan buatlah diri Anda semakin menarik dan percaya diri dengan parfum yang tepat!

Daftar isi

Aroma apa yang cocok untuk pria dewasa umur 30-an?

Aroma apa yang cocok untuk pria dewasa umur 30-an?

Usia 30-an merupakan usia saat Anda mulai berada dalam puncak karir sekaligus masa ketika Anda sudah dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial dan siap melangkah maju. Ketika berumur 20-an, Anda cenderung memilih parfum dengan aroma yang menyegarkan, tetapi saat Anda beranjak ke umur 30-an, selera Anda dalam memilih parfum pun berubah. Anda akan cenderung memilih parfum dengan aroma yang sedikit maskulin dan seksi.

Aroma jeruk, sabun, dan laut merupakan aroma yang populer di kalangan pria usia 20-an, tetapi untuk pria usia 30-an, akan lebih baik jika Anda memilih parfum dengan aroma yang lebih berat. Sangat direkomendasikan bila Anda menggunakan parfum dengan aroma seperti vanila, amber, sandalwood, oakmoss, rempah-rempah, dan sebagainya untuk meningkatkan daya tarik Anda.

Cara memilih parfum untuk pria usia 30-an

Nah, apakah Anda sudah mendapatkan bayangan aroma apa yang cocok untuk Anda? Sekarang kami akan membahas cara memilih parfum yang tepat. Selamat membaca!

Pilih berdasarkan aroma favorit Anda

Pilih berdasarkan aroma favorit Anda

Parfum dibuat dengan mencampurkan berbagai macam wewangian. Kombinasi wewangiannya memang bervariasi, tetapi sebenarnya wangi parfum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe.

Jika Anda menyukai aroma yang segar, Anda bisa memilih parfum tipe floral atau tipe citrus. Bila Anda menyukai aroma yang lebih maskulin, Anda bisa memilih parfum tipe woody, tipe oriental, atau tipe chypre yang merupakan campuran aroma nilam (patchouli), oakmoss, dan bergamot. Akan tetapi, jika Anda menyukai kombinasi aroma segar dan maskulin, Anda bisa memilih tipe fougere yang memadukan aroma chypre dengan aroma floral dan fruity.

Meski klasifikasi di atas tidak dapat dijadikan patokan, jika Anda dapat menentukan tipe aroma favorit Anda, tentu akan lebih mudah menemukan parfum yang cocok untuk Anda.

Gunakan parfum sesuai situasi dan kondisi Anda

Menggunakan parfum bukan hanya mengenai aroma favorit saja, tetapi Anda juga perlu menyesuaikan aroma parfum dengan situasi yang tepat. Terkadang bagi pria dewasa, penggunaan parfum yang tepat sangat memengaruhi situasi dan dapat memberikan impresi berbeda. Oleh karena itu, gunakanlah parfum dengan aroma yang sesuai dengan kegiatan yang akan Anda jalani.

Ketika Anda akan menghadiri acara formal

Ketika Anda akan menghadiri acara formal

Saat Anda berada di umur 30-an, Anda akan banyak menghadiri acara-acara formal, seperti pesta perusahaan, berbagai macam seremonial, maupun acara lainnya. Parfum yang direkomendasikan untuk acara-acara tersebut adalah tipe fougere. Ketajaman aroma oakmoss dipadu dengan aroma chypre bercampur aroma floral dan fruity akan memberikan kesan yang menawan.

Ketika Anda akan melaksanakan proyek besar

Ketika Anda akan melaksanakan proyek besar

Di umur 30-an, biasanya kesempatan munculnya proyek besar akan semakin banyak. Parfum dengan aroma chypre cocok digunakan saat pertemuan negosiasi bisnis, seminar, dan berbagai acara penting lainnya. Aroma oakmoss dicampur aroma citrus serta aroma kayu yang hangat akan memberikan kesan yang kuat dan memesona.

Ketika Anda akan berkencan

Ketika Anda akan berkencan

Ketika Anda berumur 30-an, Anda mulai dapat menikmati kencan yang lebih elegan daripada saat Anda berumur 20-an. Menikmati percakapan santai dengan suasana kafe yang cozy atau mungkin Anda berada pada situasi saat Anda melamar kekasih Anda di restoran berkelas. Untuk kondisi seperti itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan parfum tipe oriental yang eksotis dan misterius dicampur aroma kayu atau rempah seperti musk dan amber.

Pastikan aroma middle note-nya

Pastikan aroma middle note-nya

Aroma parfum tersusun bertingkat, mulai dari aroma top note yang kuat di awal, kemudian dilanjutkan aroma middle note yang paling menonjol, dan diakhiri aroma base note yang bertahan lama. Durasi dari masing-masing aroma parfum itu berbeda, tetapi aroma middle note memiliki aroma yang paling menonjol dan stabil.

Middle note dapat tercium dari 10 sampai 20 menit setelah parfum dipakai. Oleh karena itu, pada saat Anda akan membeli parfum, periksalah middle note-nya, bukan top note­-nya yang tercium sesaat setelah parfum disemprotkan. Anda dapat memeriksa middle note-nya dengan membeli ukuran kecilnya terlebih dahulu atau mencium aromanya dari kertas tester parfum yang dapat Anda bawa sambil berjalan-jalan.

Periksa juga konsentrasi parfumnya

Parfum juga dibagi berdasarkan konsentrasi dan tingkat daya tahan aromanya. Tidak ada aturan pasti yang mengatur mengenai takaran konsentrasi pada pembuatan suatu parfum, karena itulah para produsen parfum memiliki acuan takarannya masing-masing. Meski demikian, Anda masih bisa menentukan parfum berdasarkan tipenya seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Perfume, tahan lama meski hanya digunakan sedikit

Perfume, tahan lama meski hanya digunakan sedikit

Jumlah konsentrasi yang tinggi pada parfum jenis ini membuatnya dapat bertahan lama meski Anda hanya menggunakannya dalam jumlah sedikit. Selain jumlah konsentrasi yang tinggi, produsen juga menggunakan bahan-bahan mentah berkualitas bagus untuk pembuatan perfume. Konsentrasi etanol pada parfum ini sekitar 15-30 % dan dapat bertahan selama 5-12 jam.

Eau de perfume, menyegarkan dan memiliki kualitas hampir setara perfume

Eau de perfume, menyegarkan dan memiliki kualitas hampir setara perfume

Konsentrasi dan ketahanannya tidak begitu berbeda dengan perfume, tetapi harga eau de perfume lebih murah dibandingkan dengan perfume. Eau de perfume akan memberikan kesan lebih elegan dan keanggunan yang lebih mendalam. Konsentrasi etanolnya berkisar antara 10-15 % dan dapat bertahan selama 5-12 jam juga.

Eau de toilette, cocok untuk penggunaan sehari-hari

Eau de toilette, cocok untuk penggunaan sehari-hari

Konsentrasi pada parfum tipe ini sangat cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari dengan wangi yang dapat bertahan selama beberapa jam. Oleh karena itu, parfum ini dapat dikatakan sebagai parfum yang mudah didapatkan dan lazim dipakai kebanyakan orang. Konsentrasi etanolnya sekitar 5-10 % dan dapat bertahan kira-kira 2-5 jam.

Eau de cologne, beraroma ringan dan menyegarkan seperti habis mandi

Eau de cologne, beraroma ringan dan menyegarkan seperti habis mandi

Parfum dengan tipe ini memiliki aroma yang ringan sehingga wanginya tidak bertahan lama. Parfum jenis ini cocok digunakan ketika Anda ingin menghilangkan bau keringat saat cuaca panas atau saat Anda ingin bergonta-ganti aroma dengan cepat. Eau de cologne akan memberikan sensasi kesegaran seperti habis mandi. Konsentrasi etanolnya berkisar 1-5 % dengan ketahanan wangi sekitar 1 -2 jam saja.

10 Rekomendasi parfum terbaik untuk pria usia 30-an

Sekarang kami akan merekomendasikan parfum terbaik untuk pria usia 30-an. Beragam aroma menarik dari parfum-parfum bermerek dan terkenal bisa Anda temukan di sini. Silakan disimak!

10. Vogues Fragancia Invernouz

10. Vogues Fragancia Invernouz

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 295.000

Aroma kayu hangatnya akan membuat kencan Anda semakin tak terlupakan

Kombinasi notes parfum ini yang berasal dari berbagai macam rempah-rempah menghasilkan aroma yang mempesona dan menggoda. Wanginya diawali dengan aroma mint dan bergamot, dilanjutkan middle note beraroma juniper berry, cendana, dan kayu cedar, serta diakhiri dengan aroma patchoulimusk, dan amber.

Vogues Invernouz cocok digunakan untuk berkencan karena aroma rempah oriental woody-nya akan memberikan Anda kesan pria maskulin dan berani. Inilah parfum yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin memikat hati pasangan dengan aroma kuat rempah-rempah dan kayu yang menggoda.

9. Gucci Guilty Black Pour Homme

9. Gucci Guilty Black Pour Homme

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 790.000

Kombinasi aromatic fougere yang maskulin dan menggoda

Memiliki kombinasi aroma lavendel dan green coriander pada top note, aroma orange flower pada middle note, dan aroma patchouli pada base note-nya, parfum ini akan memberikan kesan aroma yang maskulin dan menggoda. Dengan ketahanan aroma hingga 5 jam, Anda bisa menggunakannya untuk menghadiri acara-acara formal Anda.

Aroma orange flower pada middle note-nya juga dikenal sebagai aroma yang mengandung zat afrodisiak sehingga lawan jenis Anda akan semakin tertarik pada Anda. Kini Anda bisa semakin percaya diri menikmati jamuan makan malam yang berkesan bersama kolega Anda dengan aroma menggoda dari produk ini.

8. Hugo Boss The Scent Intense for Him

8. Hugo Boss The Scent Intense for Him

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 899.000

Tingkatkan kepercayaan diri Anda dengan aromanya yang kuat!

Bagi Anda yang akan menghadiri pertemuan penting, parfum beraroma kuat sangat direkomendasikan untuk Anda pakai. Parfum yang memiliki top note beraroma jahe, middle note beraroma lavendel dan buah maninka, serta base note beraroma vanila dan kulit ini akan memberikan kesan yang kuat sehingga menambah kepercayaan diri Anda.

Campuran aroma pedas rempah-rempah serta aroma segarnya buah dan bunga akan membuat parfum ini memberikan kesan maskulin yang menawan pada diri Anda. Bahan-bahan pembuatnya yang tergolong eksotis, pastinya menghasilkan aroma kuat yang Anda harapkan.

7. Abercrombie and Fitch Fierce Cologne

7. Abercrombie and Fitch Fierce Cologne

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 785.000

Middle note beraroma bunga, segar dan menenangkan

Cuaca panas akan membuat Anda banyak berkeringat dan menimbulkan bau badan tidak sedap, karena itu parfum ini sangat Anda perlukan pada kondisi tersebut. Produk ini memiliki aroma middle note campuran bunga mawar, lili, melati, dan rosemary yang menggantikan bau badan tidak sedap menjadi aroma yang segar dan menenangkan.

Selain aroma middle note-nya yang segar, parfum ini juga memiliki top note yang segar juga, terdiri dari aroma lemon, jeruk, kapulaga, dan pohon cemara. Aroma base note yang tidak kalah menariknya terdiri dari aroma akar wangi, rosewood, musk, dan oakmoss yang semakin memberikan kesan maskulin.

6. Calvin Klein Eternity for Men

6. Calvin Klein Eternity for Men

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 409.000

Kombinasi aromanya banyak, lho!

Produk ini memiliki jenis aroma aromatic fougere yang memiliki kombinasi aroma melimpah. Top note-nya memiliki aroma segar citrus dan bunga lavendel, middle note­-nya memiliki aroma manis buah juniper berry, bunga-bungaan hingga 7 macam bunga plus coriander, kemudian diakhiri base note beraroma musksandalwood, dan amber.

Setelah dipakai, aromanya dapat bertahan kurang lebih hingga 5 jam. Dengan paduan aroma seperti ini, parfum ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan parfum dengan kombinasi aroma beragam, mulai dari rempah-rempah, bunga, buah, hingga aroma kekayuan. Jadi, Anda tunggu apalagi?

5. Polo Ralph Lauren Supreme Oud

5. Polo Ralph Lauren Supreme Oud

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 410.000

Wangi yang tahan lama, dengan aroma oriental woody

Parfum ini memiliki aroma oriental woody yang memberikan Anda kesan lebih elegan, cocok Anda gunakan untuk makan malam romantis bersama pujaan hati. Aroma parfum bertipe eau de perfume ini juga dapat bertahan lama sampai 12 jam sehingga Anda tidak perlu sering menyemprot ulang dan lebih menghemat budget Anda.

Kemudian, kombinasi aroma dari Ralph Lauren Supreme Oud ini terdiri dari kayu manis dan pink pepper pada top note-nya, agarwood pada middle note-nya, serta akar wangi dan kayu guaiac pada base note-nya. Inilah parfum yang direkomendasikan untuk Anda yang menyukai aroma woody bercampur rempah-rempah.

4. Dior Sauvage Eau de Toilette

4. Dior Sauvage Eau de Toilette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.499.000

Kesegaran aroma jeruk bergamot yang dicintai para pembuat parfum

Nama jeruk bergamot mungkin masih asing di telinga Anda, tetapi bagi para pembuat parfum aroma jeruk bergamot merupakan salah satu aroma favorit mereka. Parfum yang memiliki aroma khas gabungan bergamot dan pepper ini sangat cocok Anda gunakan untuk pergi bekerja atau sekedar hang out bersama teman di kafe.

Selain aroma segarnya yang unik, produk ini juga memiliki aroma floral manis yang berasal dari bunga lavendel dan geranium. Inilah parfum yang dapat memberikan kenyamanan untuk Anda dan orang sekitar Anda dengan campuran aroma segar dari jeruk bergamot sekaligus aroma manis dari bunga-bungaan.

3. Giorgio Armani Acqua Di Giò

3. Giorgio Armani Acqua Di Giò

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Andalan businessman masa kini, aroma laut dari parfum tipe chypre

Wangi bunga hyacinthus yang bercampur dengan kesegaran berbagai aroma jeruk membuat parfum ini memiliki aroma yang menyenangkan. Selain aroma tadi, parfum ini juga memiliki aroma oakmoss dan kayu cedar untuk kesan yang kuat dan memesona. Oleh karena itu, parfum ini cocok bila Anda ingin memenangkan hati rekan bisnis atau klien Anda.

Parfum bertipe chypre ini juga memiliki aroma kesegaran air laut bercampur buah persik dan bunga melati yang akan membangkitkan semangat Anda. Dengan demikian, negosiasi bisnis atau presentasi penting Anda bisa berjalan lancar berkat kepercayaan diri yang meningkat dan membuat karir Anda semakin cemerlang.

2. Bvlgari Man in Black

2. Bvlgari Man in Black

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 875.000

Hadirkan aroma oriental menawan dan berkelas untuk kencan Anda

Bvlgari Man in Black merupakan tipe eau de perfume yang cocok Anda gunakan untuk berkencan. Dengan aroma oriental floral yang menawan, parfum ini dapat memberikan kesan yang maskulin. Aroma middle note yang terdiri dari aroma bunga iris dan sedap malam cocok digunakan saat acara makan malam romantis bersama kekasih Anda.

Selain memberikan kenyamanan untuk orang sekitar Anda dengan aromanya yang hangat, parfum ini juga memiliki kemasan botol yang terlihat mewah berkat kombinasi warna emas dengan hitam matte-nya. Inilah parfum yang cocok untuk Anda yang ingin memberikan kesan istimewa kepada belahan jiwa Anda.

1. Al Haramain Oudi Pure Perfume

1. Al Haramain Oudi Pure Perfume

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.900

Parfum tanpa alkohol dengan aroma yang penuh gairah

Parfum ini memiliki tipe aroma oriental dan akan membuat Anda jatuh cinta dengan kombinasi aroma agarwood, mawar, sandalwood, amber, saffron, dan patchouli yang terdapat di dalamnya. Keseluruh aroma tersebut akan membaur dan menghasilkan aroma yang menggairahkan hari-hari Anda. Terlebih, wanginya tahan hingga 12 jam, lho!

Kombinasi aroma woody dan bunga akan membuat parfum bertipe pure perfume ini memiliki aroma menarik yang akan menambah kepercayaan diri Anda. Bagi Anda yang menyukai parfum murni tanpa tambahan alkohol sama sekali, maka parfum ini cocok Anda masukan ke dalam salah satu pilihan parfum terbaik Anda.

Cara memakai parfum yang benar

Cara memakai parfum yang benar

Jika Anda memakai parfum terlalu banyak, tentu aromanya akan menjadi terlalu menyengat. Terutama untuk pria pada usia 30-an, penggunaan parfum yang tepat akan memengaruhi impresi orang lain terhadap Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara memakai parfum yang benar agar aroma yang tercium terasa pas.

Banyak orang berpikir menggunakan parfum yang benar adalah dengan menyemprotkannya di bagian leher dan pergelangan tangan. Akan tetapi, jika Anda ingin memakainya secara lebih kasual, Anda bisa menyemprotkan pada area pinggang atau pergelangan kaki Anda. Pergelangan tangan dan leher merupakan bagian yang memiliki suhu paling tinggi daripada bagian tubuh lain dan bisa membuat aroma parfum semakin menyengat. Selain itu, bagian tubuh tersebut paling mudah tercium orang lain dan bisa membuat tidak nyaman karena aroma yang terlalu kuat. Jadi, dengan menyemprotkan parfum pada bagian tubuh bawah, akan membuat wangi parfum tidak terlalu menyengat.

Cara lainnya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan parfum ke udara dan Anda cukup berjalan melewatinya.

Berapa lama parfum dapat digunakan dan bagaimana cara menyimpannya?

Terkadang ada situasi saat Anda merasa parfum yang Anda gunakan sedikit berkurang atau Anda merasa sepertinya sudah terlalu lama memakainya. Lalu, apakah Anda batas waktu menggunakan parfum? Kami akan menjelaskannya beserta cara menyimpannya.

Berapa lama masa kedaluwarsa parfum?

Berapa lama masa kedaluwarsa parfum?

Sebenarnya, parfum tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Akan tetapi, semakin lama kualitas parfum akan semakin menurun karena faktor tempat penyimpanan dan beragam faktor lainnya. Bahan-bahan parfum terbuat dari berbagai macam wewangian dan etanol (alkohol) yang memiliki masa pakai berbeda-beda, karena itulah tidak bisa diputuskan berapa lama masa kedaluwarsa dari suatu parfum.

Semakin lama Anda menggunakannya, kualitas parfum juga akan semakin menurun. Oleh karena itu, agar parfum tetap terjaga kualitasnya dan bisa digunakan lebih lama, perhatikanlah cara penyimpanan parfum yang tepat.

Cara menyimpan parfum dengan benar

Jadi, bagaimana caranya agar parfum kesayangan Anda dapat terhindar dari kerusakan? Berikut akan kami jelaskan bagaimana cara menyimpan parfum dengan benar.

Tutup parfum dengan rapat

Tutup parfum dengan rapat

Oksidasi yaitu peristiwa ketika oksigen berinteraksi dengan semua zat lain dan merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada makanan, kosmetik, dan tubuh manusia. Tentu saja tidak terkecuali parfum. Oleh karena itu, tutuplah dengan rapat penutup parfum Anda agar tidak terjadi oksidasi.

Hindari sinar matahari langsung

Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari memiliki kekuatan untuk merubah zat apa pun. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menaruh parfum di tempat yang gelap atau yang tidak terkena langsung sinar matahari.

Pilihlah tempat bersuhu rendah untuk menyimpan parfum

Pilihlah tempat bersuhu rendah untuk menyimpan parfum

Ketika suhu berubah-ubah, maka material akan menyusut dan memuai mengikuti perubahan suhu secara terus-menerus. Penyusutan dan pemuaian yang terjadi berulang kali akan menyebabkan kerusakan zat-zat yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, lebih baik Anda menaruh parfum di tempat bersuhu rendah yang tidak banyak terjadi perubahan suhu, contohnya ditaruh di kulkas. Akan tetapi, Anda juga tetap harus hati-hati terhadap risiko pencemaran makanan akibat terkena aroma parfum.

Kesimpulan

Untuk pria usia 30-an sangat direkomendasikan untuk menggunakan parfum beraroma lebih maskulin dan unik yang berbeda dari pria usia 20-an. Artikel tentang parfum kali ini memang sedikit panjang, tetapi sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi parfum terbaik untuk Anda pakai. Oleh karena itu, kami berharap melalui artikel ini Anda dapat menemukan parfum yang cocok dengan kepribadian Anda.